Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112199 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chaerunnisa
"Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan PBL terhadap layanan perpustakaan fakultas: studi kasus perpustakaan fakultas psikologi UI. Problem-based learning adalah suatu metode belajar yang menempatkan masalah sebagai stimulan dalam proses belajar. Siswa dipertemukan dengan masalah, dan melalui masalah siswa belajar mengenai materi yang hendak dipelajari hari itu. Dalam metode ini pengajar atau dosen hanya berperan sebagai fasilitator bukan pemberi materi seperti dalam metode tradisional. Metode ini mengubah peran siswa yang sebelumnya hanya penerima materi menjadi pencari informasi. Format berkelompok yang diterapkan dalam PBL menuntut siswa untuk dapat bekerja sama dalam mencari sumber-sumber informasi yang dibutuhkan. Metode PBL juga menuntut siswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki kelas, karena dalam kelas mereka tidak akan hanya menerima tapi membagi pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya kepada siswa lainnya. Metode ini menuntut siswa untuk lebih aktif mencari informasi, tidak hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh pengajar karena pengajar hanya berperan sebagai fasilitator. Penerapan PBL pun kemudian berpengaruh terhadap layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Penerapan PBL pun tidak hanya merubah siswa dalam kelas tetapi juga merubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan. PBL mengubah peran siswa sebagai pengguna perpustakaan menjadi pengguna aktif perpustakaan bukan pasif seperti dalam metode sebelumnya. Berubahnya peran siswa menjadi pengguna aktif perpustakaan diakibatkan oleh siswa yang lebih sering berkunjung ke perpustakaan untuk mencari sumber informasi yang dibutuhkan, Sumber informasi tersebut dapat berupa buku teks, jurnal tercetak maupun jurnal online.-Selain memanfaatkan sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan, siswa sebagai pengguna perpustakaan juga menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan seperti ruang baca dan ruang diskusi.-Penerapan PBL di Fakultas Psikologi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap layanan perpustakaan fakultas seperti jumlah pengunjung perpustakaan meningkat, peminjaman koleksi seperti buku teks dan referens meningkat, kebutuhan akan akses jurnal online maupun pemanfaatan fasilitas hotspot bertambah. Pengaruh yang besar dari penerapan metode ini cukup mampu diatasi oleh perpustakaan fakultas. Penambahan ruang baca meski bukan karena pengaruh penerapan PBL cukup membantu menjawab tantangan PBL, jumlah koleksi yang cukup banyak dan lengkap pun membantu siswa dalam proses belajar berbasis metode PBL. Namun sayangnya, fasilitas dan layanan yang disediakan oleh perpustakaan fakultas psikologi UI belum digunakan secara maksimal oleh pengajar. Hal ini dikarenakan pengajar lebih memilih memanfaatkan fasilitas hot spot yang terdapat di seluruh lingkungan fakultas psikologi UI kecuali perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herry Prasetyo
"Penelitian tentang Sikap Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Sastra terhadap layanan Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) telah dilaksanakan. Jenis layanan Perpustakaan FSU1 yang menjadi obyek dalam penelitian ini meliputi sirkulasi, referensi 1 rujukan. surat kabar, majalah 1 jurnal ilmiah, skripsi 1 laporan penelitian, penelusuran informasi 1 literatur, fotokopi dan internet. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperolch inlormasi mengenai sikap mahasiswa Program Sarjana PSUI terhadap layanan Perpustakaan FSUI scbagai unsur penunjang lerlaksananya tri dharma perguruan tinggi. Selain itu dapat mengetahui sikap mahasiswa sebagai pemakai perpustakaan terhadap pctugas perpustakaan dalam membantu pemakai mcmperoleh informasi dan bahan pustaka yang dibutuhkan, dengan dcmikian dapat diketahui apakah pctugas Perpustakaan FSU1 telah dianggap baik oleh pemakai dalam melaksanakan tugasnya. khususnya menyangkut layanan yang diberikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan adalah dengan melakukan penelitian dcskriptif, dengan pendekatan penelitian pemakai atau user survey. Populasi pada penelitian ini mahasiswa Program Sarjana FSUI, besaran contoh ditetapkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 100 orang mahasiswa Program Sarjana FSU1 sebagai responden. Conioh pada penelitian ini diambil secara kebetulan (accidental sampling). Pcnarikan contoh secara kebetulan dilakukan karena adanya keterbatasan, populasi yang tidak diketahui dengan pasti. Cara ini mudah dilaksanakan, karateritik populasi tidak dipertimbangkan. Dengan demikian hasil/kesimpulan yang ditarik hanya berlaku untuk populasi yang diambil bukan sebagai kesimpulan umum. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada skala Liken.
Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa pada dasarnya jenis layanan yang ada di Perpustakaan FSUI, dan menjadi obyek pada penelitian ini telah dianggap baik oleh mahasiswa dan membantu menyelesaikan tugas perkuliahan, demikian juga halnya dengan petugas dalam memberikan layanan telah melakukan tugasnya dcngan baik. Namun demikian ada beberapa jenis layanan di Perpustakaan FSU1 yang masih harus diperbaiki keberadaanya dalam rangka meningkatkan layanan untuk masa mendatang. Jenis layanan yang dimaksud misalnya menurut mahasiswa, prosedur permintaan fotokopi dianggap lambat serla hasilnya yang kurang baik dan kurang memuaskan, demikian juga dengan waktu akses/keterhubungan pada layanan internet menurut mahasiswa dianggap lambat.
Dari hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak Perpustakaan FSUI dalam mempertahankan bahkan lebih meningkatkan lagi jenis layanan yang telah dianggap baik oleh mahasiswa. Untuk jenis layanan yang dianggap kurang baik masih kurang oleh mahasiswa, dapat dicarikan alternatif pemecahannya guna memperbaiki/meningkatan layanan tersebut. Selain itu, hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk kelanjutan dari penelitian ini, dengan topik yang sama atau berkaitan dalam dunia perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15122
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
"Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hisyami Adib A.
"Standard Operating Procedures atau sering disingkat SOP adalah sebuah rangkaian (alur) kerja dan kegiatan dari suatu institusi yang bersifat baku dan dibuat dengan tujuan untuk mencapai efisiensi dalam melakukan pekerjaan rutin dari institusi tersebut. Selain itu SOP juga dirancang untuk mengantisipasi ketidakseragaman langkah-langkah dan cara setiap individu pekerja perpustakaan dalam melakukan tugasnya dan menimbulkan ketidakteraturan dan inefisiensi pada lembaga yang bersangkutan, dalam hal ini adalah perpustakaan. Perpustakaan Universitas Indonesia yang memiliki tujuan untuk mendukung institusi induknya (Universitas Indonesia) menjadi sebuah World Class University dan juga menjadi Research University berusaha untuk terus menerus meningkatkan kinerjanya sebagai sebuah institusi pendukung pendidikan salah satunya dengan mengaplikasikan SOP dalam kegiatan operasional sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SOP yang disusun oleh berbagai pihak yang berkompetensi baik secara akademis maupun empiris terhadap situasi yang terjadi di perpustakaan ini pada awal implementasinya direspon dengan baik oleh para staf yang bekerja di lapangan karena mereka berpendapat bahwa adanya SOP memang mempermudah pekerjaan mereka, terutama jika mereka harus berpindah bagian. Akan tetapi situasi lapangan yang dinamis dan cepat berubah tidak diikuti dengan revisi berkesinambungan pada SOP yang telah ada sehingga para staf perpustakaan mengalami kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan mereka sesuai dengan SOP dan menjadikan tidak lagi bekerja sesuai dengan SOP yang baku. Situasi ini merupakan hal yang dilematis bagi para staf karena di satu sisi mereka ingin bekerja sesuai dengan standar yang baku namun di sisi lain standar yang ada tidak lagi sesuai dengan apa yang mereka hadapi di lapangan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15111
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adji Wiandjono
"Penelitian mengenai layanan sirkulasi via SMS telah dilakukan di Perpustakaan MMUI jalan Salemba, Jakarta Pusat pada bulan Februari sampai dengan awal April 2005. Namun pada bulan Oktober - Desember 2004 dilakukan komunikasi dengan pihak perpustakaan MMUI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan gambaran deskriptif mengenai sarana SMS yang telah diterapkan oleh Perpustakaan MMUI berdasarkan sudut pandang staf perpustakaan dengan konteks evaluasi layanan.Pengumpulan data dilakukan melalui seranakaian wawancara dan kunjungan observasi Jangsung terhadapa fasilitas layanan SMS.Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa sarana SMS di Perpustakaan MMUI memiliki kecepatan waktu akses secara singkat dengan layanan selama 24 jam, bersifat mobile, efektif, dan multi fungsi. Disamping kelebihan di atas, ada juga beberapa kekurangnya yaitu tampilan program penerima pesan SMS tidak efektif, tanda pesan masuk tidak ada, petugas kesulitan memahami setiap fitur tampilan SMS, jumlah pemakai sarana SMS masih sangat sedikit. Janis hambatan utama adalah apabila sistem komputer mengalami 'hang'. Layanan sistem sirkulasi via SMS di Pepustakaan MMUI masih perlu diterapkan dan diharapkan lagi dapat dikembangkan menjadi lebih luas cakupan layanannya. Untuk itu pengembangan dan pelatihan serta promosi terhadap sarana SMS perlu dilakukan secara periodik. Penyempurnaan tampilan SMS berdasarkan pendapat dari petugas operator SMS. Pemberian pelatihan kepada petugas secara jelas dan mendalam dengan disertai suatu modul pembahasan tentang sarana SMS. Proses promosi harus menjadi perhatian yang panting dalam usaha memperkenalkan sarana SMS sehingga kemanfaatanya dapat dirasakan oleh seluruh pengguna."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S14897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Susilowati
"Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa program pendidikan pemakai itu penting bagi pemakai perpustakaan untuk menambah pengetahuan khususnya dalam pemanfaatan fasilitas perpustakaan dan penggunaan sarana dan sumber-sumber informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Fakultas IImu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah (I) Mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (2) Mengetahui pengetahuan peserta sesudah mengikuti program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI terutama pengetahuan tentang perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (3) Mengetahui pengaruh program pendidikan pemakai di Perpustakaan FIB UI terhadap tingkat pengetahuan peserta program mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog serta bahan rujukan; (4) Mengetahui gambaran tentang pendapat peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI mengenai pelaksanaan program pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI (kelebihan dan kekurangannya).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uji awal dan tes uji akhir, dengan sampel yang berjumlah 150 responden, yang diambil dari 212 orang yang menjadi peserta program pendidikan pemakai perpustakaan FIB UI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengetahuan rata-rata responden sebelum mengikuti pendidikan pemakai di perpustakaan FIB UI mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan masih cukup rendah, hal ini dilihat dari perolehan nilai responden pada tes uji awal, dan dengan waktu yang relatif singkat yaitu satu bulan sejak responden mengikuti pendidikan pemakai sampai dengan responden mengisi tes uji akhir, tingkat pengetahaun responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan uji tanda pada taraf signifikansi 0,05 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan diantara responden sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan pemakai. Dengan membandingkan hasil yang diperoleh responden pada tes uji awal dan tes uji akhir dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan program pendidikan pemakai perpustakaan berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden mengenai perpustakaan; nomor klasifikasi dan katalog; serta bahan rujukan.."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asep Rachmat H.
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh renovasi di Perpustakaan FKGUI terhadap kenyamanan pemakai. Metode yang digunakan adalah metode survai menggunakan kuesioner dengan alat analisis Regresi dan Korelasi Linear Berganda (dengan bantuan program microstart).
Populasi sasaran penelitian ini adalah semua mahasiswa FKGUI pemakai perpustakaan dengan besar sampel 100 orang, untuk mengetahui besamya pengaruh variabel bebas digunakan 'Koefisien Determinasi Ganda (R2)'. Uji hipotesis korelasi ganda digunakan uji-f, sedangkan untuk melihat dampak secara individu atau terpisah digunakan Koefisien Determinasi Parsial (r2) dan untuk menguji hipotesis digunakan uji-t.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, secara keseluruhan renovasi mendapat respon yang baik dari pemakai perpustakaan, tetapi secara individu, variabel fasilitas mempunyai pengaruh yang kurang baik. Ini menunjukkan bahwa fasilitas dianggap tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemakai.

This study was conducted to find out the effect of the renovation of FKG-UI library towards the comforts of its visitors. The method used in this study was a questionairre survey method using regression and double linier correlation with microstart program.
The target population was the students of the faculty of Dentistry, University of Indonesia who's visiting the FKG-U1 library (n=100). Double determination coefficient was used (R2) to access the effect of free variable. A double correlation hypotesis was tested with f-test, meanwhile, a partial determination coefficient (r2) was used to see the effect individually. The hypotesis was tested with t-test.
The result of this study indicated that, in overall, the library renovation gained a positive response from its visitors, but individually, the response for the facility variable was negative. It showed that the facility in FKG-Ul library had considered unappropriate with the visitors expectation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S15165
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Debora Eflina
"Skripsi ini mengenai persepsi staf pengajar terhadap tugas dan status pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi di Fakultas Sastra, FISIP dan Fakultas Psikologi-Ul. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap pentingnya perpustakaan fakultas bagi mereka, menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan, persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan, dan kontak/hubungan yang terjadi antara pustakawan fakultas dan staf pengajar di ketiga fakultas tersebut di atas. Teknik pengumpalan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan langsung kepada staf pengajar yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 72 responden yang diteliti, per_sepsi mereka terhadap pentingnya perpustakaan bagi penelitian dan pengajaran mereka cukup baik. Staf pengajar di FS Iebih menghargai koleksi perpustakaannya dibanding staf pengajar di FISIP dan F-Psi. Persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan pada umumnya positif walaupun staf pengajar yang mengerti tugas-tugas seorang pustakawan jumlahnya hanya sebagian dari seluruh responden. Persepsi staf pengajar yang mengerti dan yang tidak mengerti ada perbe-daan tugas pustakawan dan non pustakawan di perpustakaan tidak berbeda jauh, dan staf pengajar di FS dalam beberapa hal lebih mengerti tugas-tugas seorang pustakawan. Persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan pada umwnnya positif, sebagian staf pengajar setuju jika pustakawan memiliki status dan kedudukan yang sama dengan staf pengajar. Staf pengajar yang menyetujui per_samaan status dan kedudukan antara pustakawan dan staf pengajar lebih besar jumlahnya di FS (73,91% staf pengajar FS setuju tentang hal ini). Sebagian be_sar staf pengajar (81,94%) menganggap pustakawan sebagai profesional. Kon_tak/hubungan antara pustakawan dan staf pengajar belum berjalan efektif. Pada umumnya staf pengajar merasa tidak pernah mendapat informasi buku-buku baru di perpustakaan, belum ada kontak dalam Pendidikan Pemakai, dan jarang sekali terjadi kontak dalam hal pemilihan dan pengembangan koleksi dan pembuatan kebijakan untuk perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manggarsari
"ABSTRAK
Penerapan Collaborative Learning dan Problem-based Learning dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi merupakan stimulus bagi mahasiswa karena baru diterapkan
pada program studi keperawatan Universitas Indonesia sejak tahun 2008. Penelitian
ini menggunakan desain deskriptif untuk menggambarkan karakteristik serta persepsi
mahasiswa Keperawatan program sarjana mengenai penerapan metode Collaborative
Learning dan Problem-based Learning dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Responden penelitian berjumlah 107 orang. Hasil penelitian menunjukkan persepsi
yang dibentuk mahasiswa adalah positif (51,4%). Masih ada hal yang perlu
diperbaiki, seperti keseragaman pemahaman mahasiswa, komunikasi mahasiswa dan
pengajar, serta peran pengajar sebagai fasilitator dan motivator. Evaluasi lebih lanjut
perlu dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat.

ABSTRACT
The Collaborative Learning and Problem-based Learning in Competency-based
Curriculum could be a stimulus for students because it was newly applied in Nursing
Major in University of Indonesia since 2008. This research used descriptive design to
describe the undergraduate Nursing student's characteristics and perceptions about
the application of Collaborative Learning and Problem-based Learning in
Competency-based Curriculum. The respondents were 107 students. Student's
perception in this research was positive (51,4%). The evaluation could be in the
uniformity of student's comprehension, communication between student and lecturer
and the role of lecturer as a facilitator and motivator. Further evaluation is needed to
find the best solution.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43694
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yuyun Rahmawati
"Penelitian mengenai organisasi pembelajaran di perpustakaan perguruan tinggi dengan studi kasus di perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia telah dilakukan selama bulan Januari - Juli 1999. Waktu pelaksanaan tersebut meliputi pra-penelitian, pengumpulan data, dan evaluasi hasil penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep organisasi pembelajaran di perpustakaan perguruan tinggi yang berfungsi sebagai Learning Center di perguruan tinggi tersebut. Namun dalam penelitian lebih ditekankan kepada fungsi perpustakaan sebagai organisasi pembelajaran dengan maksud agar penelitian lebih spesifik. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada staf perpustakaan FEUI sebagai responden. Cara penyusunan kuesioner, pembentukan kerangka sampel, dan pemilihan sampel dijelaskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan FEUI menurut sebagian para stafnya merupakan organisasi pembelajaran berdasarkan karakteristik suatu organisasi pembelajaran yang dikemukakan oleh Marquadt dan Reynolds. Beberapa faktor yang mendukungnya menjadi organisasi pembelajaran yaitu pandangan staf yang dapat menerima berbagai perubahan dengan positif, pola relasi dan komunikasi dengan berbagai pihak telah terjalin dengan baik, pemberian kesempatan belajar yang luas, dan tersedianyan dana bagi pembelajaran staf. Faktor lain yang menghambat perpustakaan FEUI sebagai organisasi pembelajaran adalah faktor budaya yang cenderung tertutup dan birokratis, manajemen waktu pembelajaran, dan kurangnya penyediaan sarana dan prasarana bagi staf untuk pembelajaran di perpustakaan serta belum terciptanya kesamaan visi seluruh staf. Usaha untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah dengan menciptakan budaya yang demokratis, terbuka, bebas berpendapat dan mengeluarkan ide-ide (gagasan), dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan hasil pembelajaran yang dilakukan melalui pemberian wewenang/tanggung jawab sesuai dengan bidangnya dan pemberian sistem balas jasa yang tepat."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
S15872
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>