Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 224769 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nigar Pandrianto
"Iklan yang bermunculan di media massa tidak hanya bertujuan memberikan informasi, namun juga melakukan persuasi. Salah satu cara yang dilakuan adalah dengan mengonstruksi citra tertentu dalam Man. Citra yang dimunculkan adalah gaya hidup masyarakat kontemporer yanbg dimunculkan lewat Sejumlah penggambaran praktik sosial. Namun persoalannya apakah penggambaran ini bertentangan dengan etika atau tidak. Sebab penggambaran gaya hidup kontemporer yang berlebihan dapat menjurus ke arah manipulasi yang potensial melanggar etika. Penelitian ini untuk menemukan bagaimana dan apa saja citra gaya hidup masyarakat kontemporer yang digambarkan dalam iklan, peneliti akan menggunakan teknik semiotik. ini dilakukan karena gaya hidup masyarakal kontemporer digambarkan dalam iklan Iewat tanda-tanda_ Sampel penelitian ini adalah iklan apartemen. Iklan apartemen dijadikan sampel penelitian karena produk apartemen merupakan salah satu ciri dan simbol masyarakat kontemporer perkotaan. Setelah membaca tanda-tanda dalam iklan dan menemukan bagaimana dan apa penggambaran manusia kontemporer, maka peneliti akan melakukann penelitian etis terhadap iklan tersebut. Etika komunikasi digunakan karena iklan adalah proses komunikasi yang melibatkan prinspi-prisnip komunikasi. Sedangakan Etika Pariwara Indonesia digunakan karena ini merupakan hasil kesepakatan praktisi periklanan di Indonesia untuk merespon persoalan-persolan etika yang teriadi di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan apartemen yang dileliti memperlihatkan sebuah usaha penggambaran gaya hidup masyarakat kontemporer yang cenderung melanggar etika.

The Representation of Contemporary Society Lifestyle image in Advertisement, in the View of Ethics Communication (Semiotlc Analysis of Advertisement and Lifestyle image in Contemporary Society, and it's Ethical Judgement) The advertisements that appear in the mass media not only provide information about a product, but also do the persuation. It's done by constructing particular image in the advertisement. image construction that conducted continously, will form the image in consumer mind that the image is the the truth. Finally it will end in the actrbn akan consumption. One of the construction of the image that appears in advertisement is the contemporary society lifestyle. The contemporary society lifestyle appears in the advertisement through numbers of social practices representation. The problems is, whether this representation against the ethics or not. The excessive description of the lifestyle in contemporary society can be form the manipulation thay potentially rise the ethics problem. This research, try to lind out how and what the contemporary society lifestyle that is represented in the advertisement. The researchers will use technique of semlotic. This is technique was chosen because the lifestyle of contemporary society cand be recognized thmugh advertising signs. The object of this research is apartment advertisement. This object was chosen because apartment has become the symbols of contemporary society. After reading the signs in the adavertisement and lind what and how the depiction ol contemporary society in the advertisement, the researcher we will conduct an ethical assessment of the advertisement. Ethics of communication is used because the advertisement is a process that involves the communication principal. The results of this research indicate that apartement advertisement gives a description the contemporary society lifestyle that tends against communication ethics."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33866
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Asmiyanto
"Sistem etika dibangun untuk memandu manusia menemukan keselarasan hidup. Namun, ketika sebuah etika dikembangkan dengan menafikan keberadaan manusia, maka timbul pertanyaan: untuk kebutuhan siapakah etika tersebut? Disertasi ini bertujuan untuk menyingkap selubung makna atas gagasan Luciano Floridi yang membangun etika informasi dengan menjadikan informasi sebagai pusat refleksinya. Informasi tidak lagi sekadar masalah epistemologis. Namun, informasi ditempatkan menjadi persoalan ontologis (reontologization), sehingga manusia beralih-pusat dari subjek (decentering subject) menjadi setara dengan entitas lainnya. Semua entitas yang ada dipahami sebagai objek informasi yang memiliki hak yang sama untuk dihargai dan dihormati (the ontological equality principle). Penilaian moral didasarkan pada prinsip moral yang bersifat formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi proses alih-pusat yang berakibat pada distribusi peran antara manusia (responsibility) dan entitas nonmanusia (accountability). Sebagai konsekuensinya, distribusi tersebut melahirkan dualisme peranan yang memisahkan masalah moralitas (responsibility) dengan hukum (accountability) yang selama ini keduanya dicampuradukkan tanpa disadari. Namun, pandangan ini justru menyisakan kontroversi bahwa agen moral buatan dapat dikenai sangsi hukum (accountability). Sementara, agen moral manusia hanya dimintai pertanggungjawaban moral (responsibility).

An ethical system is built to guide people to find harmony in life. However, when an ethic is developed by denying human existence, then the question arises: for whose needs is the ethic? This study aims to disclose the veil of meaning in Luciano Floridi's idea of establishing information ethics by making information as its center of reflection. Information is no longer a mere an epistemological problem; it turns, however, into an ontological issue (reontologized). Thus, humans are no longer subjects (decentered subjects), equal with other entities. All entities are understood to be objects of information, having equal rights to be appreciated and respected (the ontological equality principle). Moral judgment is based on four formal moral principles. Hermeneutics Phenomenology of Paul Ricoeur is used to disclose the veil. The results showed that there was a dehumanization process, resulted in the delegation of moral responsibility from human (responsibility) to entity artificial intelligence (accountability). Thus, it gives birth to a dualism of responsibility that precisely clarifies matters of morality (responsibility) and law (accountability) which had been both mixed up unnoticed. However, this view also leaves the controversy that an artificial moral agent can be subject to legal sanction (accountability). Meanwhile, human moral agents are only accounted for moral responsibility."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
D2796
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nicholas Pandu Djiwandono
"Ketatnya persaingan dalam industri sepeda motor di Indonesia berimbas pada persaingan iklan-iklan dari beraneka ragam merek sepeda motor. Tak terkecuali untuk iklan televisi. Persaingan dalam iklan tersebut kerap kali memunculkan persaingan yang tidak sehat dengan memunculkan iklan yang merendahkan produk pesaing. Tak hanya itu, kreativitas yang menjadi salah satu senjata utama dalam iklan juga tak jarang melewati batas-batas etika yang telah diatur dalam Etika Pariwara Indonesia (EPI), seperti penggunaan kata superlatif, menampilkan adegan yang berbahaya, dan unsur pornografi. Tulisan ini akan menganalisis delapan iklan sepeda motor, yaitu Yamaha MX King 150, Bajaj Pulsar, Suzuki Satria 150 FU Injeksi, Suzuki Nex, Kymco Jetmatic Free, TVC Rockz, TVS Apache RTR 160, dan Yamaha Jupiter MX 135. Kedelapan iklan sepeda motor tersebut menampilkan beberapa pelanggaran EPI. Sanksi pelanggaran EPI yang berupa sanksi etik nampaknya masih kurang diindahkan oleh para pengiklan. Oleh karena itu, untuk dapat menegakkan EPI perlu ditingkatkan koordinasi dan pengawasan untuk memperkuat MoU antara P3I dengan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) yang sudah ada sebelumnya untuk dapat memberikan sanksi yang dapat lebih membuat efek jera bagi para pengiklan yang melanggar dan mencegah kembali tayangnya iklan yang sudah diputuskan melanggar dan diberi peringatan.

Intense competition in the motorcycle industry in Indonesia impact on advertisements competition of diverse brands of motorcycles. No exception for television advertising. Competition in these ads often raises unfair competition by generating ads that disparage a competitor's product. Not only that, creativity is becoming one of the main weapons in the ad are also not infrequently pass ethical boundaries that have been set in Indonesia Advertisements Ethics (EPI), such as the use of superlatives, featuring dangerous scene, and pornography. This paper will analyze the eight motorcycles ads: Yamaha MX King 150, Bajaj Pulsar, Suzuki Satria FU 150 Injection, Suzuki Nex, Kymco Jetmatic Free, TVC RockZ, TVS Apache RTR 160, and Yamaha Jupiter MX 135. These eight motorcycle ads display multiple violations of EPI. Ethical sanctions for EPI’s offenders still seems to be ignored by advertisers. Therefore, to be able to enforce EPI needs to be improved coordination and supervision to strengthen the preexisting MoU between P3I with KPI (Indonesian Broadcasting Commission) so it can impose sanctions that could be making a deterrent effect for advertisers who abuse and prevent re-broadcast advertising that had been decided violate and given a warning."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Berpuluh tahun yang lalu, ketika masyarakat kita belum dibebani oleh persoalan-persoalan sosial ekonomi dan politik yang berat, etika sosial berjalan baik. Keserasian terasa dan terdengar dalam berbagai bentuk interaksi sosial. Beberapa tahun kemudian, kondisi sosial berubah seiring dengan perkembangan situasi ekonomi dan politik. Beban berat dalam persoalan-persoalan ekonomi, perembesan persoalan-persoalan politik, dan penghapusan pelajaran budi pekerti mengurangi perhatian orang terhadap etika. Menurunnya perhatian terhadap etika sosial dapat terlihat dan terdengar dalam beberapa aspek pergaulan sosial, di sekolah-sekolah dan lingkungan universitas. Para siswa dan mahasiswa berpakaian, berperilaku, dan berbicara dengan cara-cara tidak sopan."
WAC 4:16 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Salfa Nafisa Nuha
"Di Lebanon, film series “Dollar” dikenal sebagai salah satu tayangan film favorit yang memiliki alur menarik dan berbagai nilai moral yang terdapat dari setiap adegannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah tentang moral. Penelitian ini membahas tentang nilai moral yang terdapat dalam film tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena bertumpu pada fenomenologi. Selain itu, metode yang digunakan lainnya yaitu metode strukturalisme sastra karena pendekatannya yang menekankan unsur intrinsik yang terdapat di dalam suatu karya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa aspek moral yang paling banyak adalah nilai moral etika dan kesusilaan yang tidak baik yang menggunakan dollar sebagai objeknya.

In Lebanon, the film series "Dollar" is known as one of the favorite film shows that has an interesting plot and various moral values contained in each scene. Therefore, the purpose of this study is about morals. This study discusses the moral values contained in the film. The method used in this study is a qualitative method because it is based on phenomenology. In addition, another method used is the method of literary structuralism because of its approach which emphasizes the intrinsic elements contained in a work. From the results of this study it was found that the moral aspects that were most prevalent were ethical and decency moral values that were not good which used dollars as their object."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Wijaya
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh antara dimensi atau variabel intrinsik religiusitas, ekstrinsik religiusitas, materialisme dan long term orientation terhadap tujuh dimensi dari etika konsumen. Pengumpulan data menggunakan teknik convenience sampling secara offline. Dari pengumpulan dan pengolahan data dengan program IBM SPSS Statistic 22 yang dilakukan terhadap 550 responden masyarakat kota Depok, dapat ditemukan bahwa social (ekstrinsik religiusitas) dan planning (long-term orientation) berpengaruh negatif terhadap passive, active, legal, dan no harm/no foul. Sedangkan materialisme berpengaruh positif terhadap active, illegal, passive, active, legal, no harm/no foul dan downloading. Social (ekstrinsik religiusitas), tradition dan planning (long-term orientation) berpengaruh positif terhadap recycling dan doing good. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa sikap negatif akan menyukai atau melakukan kegiatan tidak etis dan menghindari kegiatan yang etis dari perilaku konsumen.

ABSTRACT
This study aimed to investigate the influence between dimensions or variables of intrinsic religiosity, extrinsic religiosity, materialism and long-term orientation towards 7 dimensions of ethical consumers. Data collected using a convenience sample techniques and delivered offline. From the collection and processing of data by IBM SPSS Statistics 22 program, conducted on 550 respondents from Depok city community. It can be found that social (extrinsic religiosity) and planning (long-term orientation) negatively affect the passive, active, legal, and no harm / no foul. While materialism have positive affect on active, illegal, passive, active, legally, no harm / no foul and downloading. Social (extrinsic religiosity), tradition and planning (long-term orientation) have positive affect on recycling and doing good. This suggests that some of the negative attitudes would have or liked unethical behavior and avoid activities that ethical towards consumer behavior.
"
2016
S63113
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Arya Rangga Pradipta, auahtor
"Penelitian ini mencoba memaparkan mengenai persepsi mahasiswa dan dosen tentang pendidikan etika profesi akuntansi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai perbedaan persepsi tentang pendidikan etika profesi akuntansi antara mahasiswa dan dosen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 134 dosen dan mahasiswa akuntansi di tiga universitas di Jakarta. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji beda (Independent samples t-test). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa dan dosen, dosen menganggap pendidikan etika profesi akuntansi lebih penting dibandingkan mahasiswa.

This paper examines whether accounting stundents' perception on accounting ethics education are different from the perception of accounting lecturers. The purpose of this paper is to provide evidence about accounting students' and lecturers' perception on the importance of accounting ethics education. This study uses a survey instrument to elicit student and lecturer responses to various questions concerning accounting ethics education and analysed using Indepent-Samples T-Test. The results of this study conclude that there is a significant difference between students' and lecturers' perceptions about accounting ethics education, lecturers consider accounting ethics education more important than students."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Farhan
"Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis gaya kepemimpinan dan efektivitas komunikasi pada PT ABC. Partisipan penelitian ini adalah karyawan PT ABC dengan jumlah 20 partisipan. Penelitian ini menggunakan metode campuran mixed methods dengan pengumpulan data melalui penyebaran open questions kepada partisipan. Hasil dari open questions dianalisis dengan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang ada di dalam PT ABC adalah gaya kepemimpinan yang tidak suportif. Sedangkan terkait komunikasi, diperoleh hasil bahwa komunikasi yang terjadi kurang efektif akibat masih terdapat miskomunikasi antara atasan dan bawahan. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan bahasa antara atasan dan bawahan. Miskomunikasi tersebut sejauh ini tidak terlalu berpengaruh terhadap interaksi kerja antara atasan dan bawahan karena dapat diatasi dengan penggunaan media lain dalam berkomunikasi.

This study aims to determine The Influence of Visual Merchandising on Impulse Buying Behavior Case Study on Fashion Retail Store H M Grand Indonesia Central Jakarta. Respondents in this study are the consumers of H M Grand Indonesia Central Jakarta who have experienced an impulse buying transaction for a product in H M Grand Indonesia Central Jakarta in the last two months with 120 respondents. Design of this research is quantitative. This research data is processed by softwares SPSS and Lisrel. The results showed that window display, in store form, floor merchandising, and promotional signage proved to affect impulse buying behavior in H M Grand Indonesia Central Jakarta.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Toronto : Nelson Education, 2013
172.2 ETH
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Putri Ariesti
"Penelitian ini ingin memaparkan mitos masyarakat informasi di Indonesia yang direpresentasikan melalui media iklan televisi. Tiga iklan televisi yang dianggap merepresentasikan ciri-ciri masyarakat informasi yaitu iklan layanan masyarakat Indonesia Berkualitas dari Perpustakaan Nasional, iklan aplikasi belajar online Quipper Video, dan iklan E-Paper Kompas Siang. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik Rolland Bathes yaitu mitos mythology dengan konsep denotasi dan konotasi untuk melihat mitos masyarakat informasi di Indonesia yang direpresentasikan melalui media iklan televisi.
Kesimpulan dari penelitian ini, ingin memaparkan bahwa masyarakat di Indonesia telah direpresentasikan oleh media sebagai masyarakat yang berevolusi dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi berdasarkan teori dan ciri-ciri masyarakat informasi menurut beberapa ahli seperti John Feather 2004 , William J. Martin 1995 , Hornby Clarke 2004 dan Manuel Castell 2002 . Diharapkan, skripsi ini dapat memberikan masukan bagi pemirsa iklan dan pemerhati masalah kepustakawanan tentang metode menafsirkan iklan dan menyadari bahwa Indonesia telah memasuki era informasi.

This research explains information society myth in Indonesia represented through television advertisements. This study uses Roland Barthes rsquo s semiotic approach, myth mythology with denotation and connotation concepts to understand information society myth in Indonesia represented through television advertisements. Analysis unit consists of three television advertisements which are considered represent the characteristics of information society, they are Indonesia Berkualitas from National Library public service announcement, Quipper Video online learning application advertisement, and Kompas Siang e Paper advertisement.
This research aims to provide suggestion for advertisement audiences and librarianship experts on advertisement interpretation methods and to realize that Indonesia has entered the information era. The result of this research shows that the society is experiencing information revolution and has the characteristics of information society. This research can be further analysed by advertisement audiences or librarianship experts to understand the future representation of information society in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S66794
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>