Ditemukan 142639 dokumen yang sesuai dengan query
Fiki Agus Setiawan
"Pegadaian adalah perusahaan bisnis jasa gadai satu satunya di Indonesia. Seiring berjalannya waktu perkembangan bisnis gadai mengalami pertumbuhan yang pesat. Pertumbuhan bisnis jasa gadai tidak lepas dari peran Karyawan dalam memacu kinerja untuk mencapai hasil yang optimal. Karyawan yang dikelola dan dipelihara dengan baik akan menghasilkan hasil kinerja yang baik. Salah satu bentuk memelihara karyawan ialah dengan menjaga keterikatan karyawan di perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survey kepada 31 pegawai tetap kantor wilayah VIII Jakarta PT Pegadaian. Analisis data menggunakan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan kuat antara keterikatan karyawan dan kinerja karyawan.
Pawn is a pawn of the corporate services business in Indonesia only. Over time the development of the pawn business experienced rapid growth. Fiduciary services business growth can not be separated from the role of employees in a performance boost to achieve optimal results. Employees are managed and maintained properly will result in good performance results. One form of maintaining employee engagement is to keep the employees in the company. This study uses a quantitative approach with a survey of 31 full time employees of regional offices VIII Jakarta PT Pawn. Data analysis using Spearman rank correlation. The results showed a strong positive correlation between employee engagement and employee performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S52840
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurul Badria Fitriani
"Penelitian ini menjelaskan dua variabel, yaitu budaya organisasi dan kinerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja pegawai. Variabel budaya organisasi diuji dengan menggunakan 10 dimensi oleh Stephens P. Robbins. Variabel kinerja pegawai diuji dengan menggunakan 7 dimensi oleh John M. Ivancevich. Penelitian ini dilakukan di Divisi Sentra Operasi Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 99 pegawai tetap pada Divisi Sentra Operasi Kantor Pusat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini merupakan cross sectional study. Analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman dengan menggunakan SPSS versi 17. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi mempunyai hubungan positif dan sangat kuat terhadap kinerja pegawai.
This research describes two variables, namely organizational culture and employee performance.The purpose of this research was to determine the relation between organizational culture with employee performance. Organizational culture variables were tested using 10 dimensions by Stephens P. Robbins. Employee performance variables was tested using 7 dimensions by John M. Ivancevich. The research was conducted at the Operations Center Division Head Office of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. The research method used is quantitative research, data collection techniques performed by distributing questionnaires to the respondents. The sample in this research was 99 employees remain at the Operations Center Division Head Office of PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. This research is a cross sectional study. Analysis of the data used is the Spearman Rank correlation using SPSS version 17. The results show that organizational culture has a very strong and positive relation on employee performance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S52775
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fajar Gunawan
"Penelitian ini menganalisa efektifitas penggunaan situs online recruitment dalam rekrutmen pegawai tetap non-manajerial direktorat Commercial & Business Banking Bank Mandiri. Analisis dilakukan berdasarkan delapan dimensi yang terdiri dari 10 indikator. Penelitian bersifat univariabel dan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dengan metode survey melalui kuesioner skala likert. Responden diambil dari 30 pegawai tetap non-manajerial yang baru direkrut direktorat Commercial & Business Banking Bank Mandiri melalui situs online recruitment antara periode November 2013 hingga awal Desember 2013. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan situs online recruitment Bank Mandiri telah efektif untuk merekrut pegawai tetap non-manajerial direktorat Commercial & Business Banking.
This research analyzed the effectiveness of online recruitment sites utilization in the recruitment of permanent non-managerial employee within Bank Mandiri's Commercial & Business Banking directorate. The analysis conducted based on eight dimensions that consisted of 10 indicators. The research is a univariable research and used likert scale questionnaire for the data collection. Participants taken from 30 permanent non-managerial employee newly recruit from online recruitment sites between November and December 2013 by Bank Mandiri. The research result shows that the online recruitment sites utilization by Bank Mandiri was effectively recruited Commercial & Business Banking directorate non-managerial staff."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53628
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fitrah Lestari
"Dewasa ini, masalah antara pihak perusahan dan karyawan semakin bervariasi yang berakibat pada pemberhentian karyawan baik dari kemauan karyawan sendiri ataupun kemauan dari perusahaan. Pemberhentian/perpindahan karyawan atau yang sering disebut turnover merupakan masalah umum bagi perusahaan. Turn over karyawan merupakan penyebab dikarenakan tidak adanya rasa engaged (terikat) karyawan terhadap perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang terikat maka faktor kepuasan kerja karyawan juga harus dipenuhi. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap employee engagement pada karyawan tetap non manajerial Bank BRI Kantor Wilayah Jakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini yaitu penelitian eksplanatif yaitu memberikan pengaruh kepuasan kerja terhadap employee engagement. Kemudian data kuesioner dibagikan kepada seluruh responden dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan antara kepuasan kerja dengan employee engagement pada karyawan tetap non manajerial Bank BRI Kantor Wilayah Jakarta I.
Today, the problems between the company and employees increasingly varied which resulted in the dismissal of employees from either the employee’s own volition or the will of the company. Termination / transfer of employees or turnover are often called a general problem for the company. Employee turnover is a caused by there is no sense engaged (bound) to the company's employees. To obtain the bound employee job satisfaction factors must fulfilled. The purpose of this study is to determine the effect of job satisfaction on employee engagement on non- managerial permanent employees of Bank BRI Jakarta Regional Office I. This research is a quantitative study. The purpose of this research is to explanative impact of job satisfaction on employee engagement. Then the data questionnaire distributed to all respondents using total sampling technique. The results of this study is to prove that there are significant and the relationship between job satisfaction and employee engagement on a non- managerial permanent employees of Bank BRI Jakarta Regional Office I."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53712
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andi Muhammad Raihan Rasyidi
"Komitmen karyawan pada dasarnya didefinisikan sebagai kekuatan yang timbul dan mengikat seorang individu untuk suatu tindakan tertentu yang relevan untuk target tertentu. Sehingga karyawan yang memiliki komitmen yang tinggi adalah karyawan yang lebih stabil dan lebih produktif dalam hal yang berkaitan dengan kinerja yang mereka miliki. Pada dasarnya, penelitian ini menjelaskan tentang dua variabel dalam hal ini komitmen karyawan dan kinerja. Dimana penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan pengaruh komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan tetap non manajerial PT. Bank Sulselbar Kantor Cabang Utama Makassar. Selanjutnya, dalam mengukur pengaruh yang timbul dari kedua variabel tersebut maka digunakan teori-teori untuk mengujinya. Variabel Komitmen Karyawan pada penelitian ini menggunakan teori Mayer dan Allen (1997), sedangkan untuk variabel kinerja digunakan teori Bernardin dan Russel (1993) sebagai teori utamanya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey yang menggunakan teknik total sampling terhadap seluruh karyawan tetap non manajerial PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen karyawan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.
Employee commitment is basically defined as a force that arises to an individual to do a specific action that is relevant to a particular target. So that employees who are highly committed to the organization, that employees are more stable and more productive relating to their performance. Originally, this study explains two variables, the variables were employee commitment and employee performance. The purpose of this study is to explain the effect of employee commitment on fixed employee non managerial performance in PT. Bank Sulselbar Makassar head office. Furthermore, this study will be used a theory, in order to measure the effects arising from the two variables. Employee Commitment variables using the commitment theory from Mayer and Allen (1997), and for the employee performance variables using performance theory by Bernardin Russel (1993). This study used the quantitative approach with survay method that used total sampling technique to all fixed employee non managerial in PT. Bank Sulselbar Makassar head office. The result from this study showed that employee commitment had a significant effect on employee performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53766
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anugrah Priatama Lagosa
"Pertumbuhan jumlah penumpang pesawat udara pada kompetisi pasar yang meningkat secara signifikan harus diikuti oleh pertumbuhan dan ketersediaan infrakstruktur dan tenaga ahli yang bertalenta. Kemampuan memenangkan perang talenta berpengaruh pada kemampuan memenangkan pasar. Hal ini menimbulkan tuntutan bagi perusahaan agar lebih mumpuni dalam melakukan proses penyeleksian talenta serta perusahaan dituntut lebih baik lagi dalam memotivasi dan memelihara talenta-talenta terbaik yang ada di perusahaan. Salah satu tujuan dari proses talent management bagi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. adalah untuk mempertahankan pegawai. Engagement selain berkorelasi dengan performa bisnis juga memberikan informasi seberapa atraktif perusahaan dalam persaingan talent. Selain itu engagement juga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menarik, memotivasi, dan mempertahankan talent yang sangat bernilai yang pada akhirnya dapat mengurangi pegawai yang berkinerja rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh talent management terhadap employee engagement pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data penelitian yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar ke seluruh responden. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara talent management terhadap employee engagement pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
The growth of passenger numbers in aircraft market competition that have increased significantly must be followed with the growth and availability of infrastructures and talented experts. The ability to win the competition in finding the best talent affects the ability to win the market. This requires the company to! be!more! competent in performing talent selection process, and the company is demanded to be one step ahead in motivating and retaining the best talents in the company. One of the goals of the talent management process for PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. is to retain employees. Engagement not only correlate with business performance but also provide information on how attractive the company is in the talent competition. This can enhance the company's ability to attract, motivate, and retain valuable talents, which eventually could reduce lowperforming employees. This study is an explanatory study that aims to elaborate the effect of talent management practices on employee engagement at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. This research is a quantitative study made through questionnaires which have been distributed to all respondents. The finding of this research proves an impact between talent management practices and employee engagement at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53715
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dhimastri Sembodo
"Skripsi ini membahas mengenai analisis kinerja pegawai non-manajerial divisi Human Capital management pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Kuesioner disebarkan kepada responden untuk menilai dirinya sendiri, kemudian hasil penilaian tersebut didukung dengan wawancara tidak terstruktur terhadap atasan dan unit diluar divisi Human Capital Management. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara keseluruhan mayoritas kinerja pegawai non-manajerial divisi Human Capital Management pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. berada pada kategori "Baik".
This thesis discusses about performance analysis of non-managerial employees of the Human Capital Management division at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. This research is descriptive quantitative research design. The questionnaire distributed to respondents to rate themselves, then the results of these assessments are supported by unstructured interviews to superiors and unit outside the Human Capital Management division. The study concluded that overall the performance of non-managerial employees of the Human Capital Management division at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. are in the category of "Good"."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53629
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maya Mazaya Kiasatina
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pengaruh kepemimpinan terhadap sense of belonging karyawan non manajerial divisi Piping PT. Inti Karya Persada Tehnik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 102 karyawan non manajerial yang bekerja pada divisi Piping. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sense of belonging karyawan non manajerial divisi Piping. Angka 46,8% sense of belonging dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel kepemimpinan sedangkan sisanya, yaitu 53,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor penyebab lainnya.
The objective of this research is to analyze how the effect of leadership toward sense of belonging non managerial employee in piping division at PT. Inti Karya Persada Tehnik. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 102 non managerial employees ini piping division. Researher used probability sampling method with Total Sampling. This research used questionaire as research instrument and analyzed with simple regression. The result of this research is indicate that leadership have a effect toward sense of belonging. The effect is strong. Leadership effect sense of belonging equal to 46,8% and the residue equal to 53,2% effected by other factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S52865
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Simanjuntak, Alfredo
"Pensiun dini adalah pensiun lebih awal daripada ketentuan normal. Skripsi ini membahas implementasi kebijakan program pensiun dini pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya & Tangerang dan faktor-faktor penghambat dalam implementasinya. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif (positivis) dengan menggunakan wawancara mandalam.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi program pensiun dini PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya & Tangerang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Keputusan Direksi PT. PLN (Persero) No. 310.K/DIR/2009. Faktor penghambat antara lain: kurangnya sosialisasi, staf pelaksana yang berlebihan, kurangnya keterbukaan manajemen, keterlambatan dalam sistem administrasi dan pelayanan, kurangnya penyeleksian sasaran program, dan tidak memiliki evaluasi program.
Early retirement is retiring earlier than normal provision. This research discusses the implementation of early retirement programs at PT. PLN (Persero) Jakarta Raya & Tangerang Distribution and the inhibiting factors of its implementation. The research is a quantitative (positivist) study using in-depth interviews. The research results shows that the early retirement programs has already been properly implemented based on the Board of Directors Decision No. 310.K/DIR/2009. The inhibiting factors include: lack of socialization, excessive implementers staff, lack of transparency, delay in administrative systems and services, the lack of targeted screening programs, and does not have a program evaluation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53931
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Agisa Kuntias
"BKSP Jabodetabekjur merupakan lembaga kerjasama antardaerah yang didirikan guna melaksanakan fungsi koordinasi, integrasi, simplifikasi dan sinkronisasi (KISS) dalam penyelenggaraan kerjasama antardaerah. Namun selama 36 tahun lembaga ini didirikan, kinerja lembaga tersebut belum optimal untuk mencapai tujuan keterpaduan pembangunan di Wilayah Jabodetabekjur.
Bertolak dari hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja BKSP Jabodetabekjur dalam penyelenggaraan kerjasama antardaerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan positivis dengan teknik pengumpulan data secara kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif pada dimensi kebijakan, organisasional dan operasional.
Hasil dari penelitian ini faktor yang menghambat kinerja BKSP Jabodetabekjur diantaranya faktor kebijakan, faktor komitmen kerjasama, faktor perencanaan, faktor dukungan sumber daya dan faktor sarana prasarana serta teknologi.
BKSP Jabodetabekjur established to serve coordination, integration, simplification and synchronization (KISS) in implementing inter-regional relationship. But for 36 years this institution was founded, the performance of this institution are considered not effective to achieve the integration of development in the Region of Jabodetabekjur. Starting from this, the purpose of this study is to analyzing the factors that affect the performance of BKSP Jabodetabekjur. This study uses a positivist approach with qualitative data collection techniques. The technique of data analysis using descriptive-qualitative on the policy, organizational and operational dimension. The results of this study shows the factors that influence the performance of BKSP Jabodetabekjur are policies, commitment, bad planning, resources, infrastructure and technological factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S52784
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library