Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126067 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyu Suprapti
"ABSTRAK
Peningkatan kwalitas Sumberdaya Manusia merupakan pilihan strategis dalam rangka peningkatan kinerja organisasi. Ini berarti bahwa perlu dilakukan upaya pembinaan terns menerus dan berkesinambungan. Salah satu perwujudan pembinaan adalah melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat). Keberhasilan suatu di1dat sapgat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu di antaranya adalah widyaiswara yang memiliki tugas pokok dan fungsi
•melaksanakan pendidikan dan pelatihan. Widyaiswara memegang perana strategis dalam peningkatan kwalitas sumberdaya manusia perlu mendapatkan pembinaan yang terus menerus dan berkesinambungan agar mencapai kwalitas widyaiswara yang berkinerja tinggi. Guna mengetahui tingkat pencapaian kinerjanya perlu dilakukan kegiatan penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang efektif akan memotivasi widyaiswara dalam meningkatkan kinerjanya secara terus menerus. Untuk mendukung efektivitas penilaian kinerja perlu didukung dengan instrumen dan prosedur penilaian kinerja. Mengacu pada hasil pooling terhadap para responden dapat disimpulkan bahwa perlunya perbaikan instrumen dan prosedur penilaian kinerja agar dapat meningkatkan motivasi Widyaiswara. Perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja widyaiswara secara optimal sehingga dapat mendukung kinerja organisasi dalam pelaksanaan kediklatan. Berkaitan dengan hal ini maka dalam tulisan ini dibahas :"Rancangan Program Perbaikan Instrumen dan Prosedur Penilaian Kinerja Pejabat Fungsional Widyaiswara untuk mengingkatkan kinerja""
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T38331
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Suprapti
"ABSTRAK
Peningkatan kwalitas Sumberdaya Manusia merupakan pilihan strategis dalam
rangka peningkatan kinenja organisasi. Ini berarti bahwa perlu dilakukan upaya
pembinaan terus menerus dan berkesinambungan. Salah satu pewvujudan
pembinaan adalah melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat).
Keberhasilan suatu diklat sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, saiah satu di
antaranya adalah widyaiswara yang memiliki tugas pokok dan finngsi
melaksanakan pendidikan dan pelatihan.
Widyaiswara memegang peranan strategis dalam peningkatan kwalims
sumberdaya manusia perlu mendapatkan pembinaan yang terus menems dan
berkesinambungan agar mencapai kwalitas widyaiswara yang bcrkinerja tinggi.
Guna mengetahui tingkat pencapaian kinerjanya pcrlu dilakukan kqgiatan
penilaian kinerja. Penilaian kinexja yang efektif akan memotivasi widyaiswara
dalam meningkatkan kinerjanya secara tems menerus . Untuk mendukung
efektivitas penilaian kinerja perlu didukung dengan instmmen dan prosedur
penilaian kinerja. Mengacu pada hasil pooling terhadap para responden dapat
disimpulkan bahwa perlunya perbaikan instrumen dan prosedur penilaian kinerja
agar dapat meningkatkan motivasi Widyaiswara. Pcrbaikan ini diharapkan dapat
meningkatkan kineria widyaiswara secara optimal sehingga dapat mendukung
kine1ja organisasi dalam pelaksanaan kediklatan. Berkaitan dengan hal ini maka
dalam tulisan ini dibahas ."?Rancangan Program Perbaikan Instrumen dan
Prosedur Penilaian Kine&a Pejabat Fungsiona! Widyaiswara unruk
menginglratkan kinerja?

ABSTRACT
Improving the quality of Human Resources being represent strategic choice in
order to make-up of organizational performance. This means that require to strive
continual and continuous constmction. One ofthe materialization of construction
is to through activity of training and education. Efficacy a training very influenced
by some factor, one ofthe among others is widyaiswara owning fundamental duty
and function execute training and education.
Widyaiswara playing a part strategic in improving of quality of human resources
being require to get continual and continuous construction. Perfomance appraisal
represent one of the materialization of construction. ln order to effectiveness in
performance appraisal is to relating to procedure and instrument performance
appraisal. Relate at result of pooling to all responder can be concluded that the
importance of repair of procedure and instrument performance appraisal so that
can improve motivation of Widyaiswara This Repair is expected can improve
performance of widyaiswara in an optimal fashion so that can support
organizational performance in execution of training. Relate to this matter hence in
this article is studied :" Device Program Repair of Instrument and Procedure
Performance Appraisal Of Widyaiswara in order to Improving Performance"

"
2007
T34101
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Riani Tiurlina Soerjodibroto
"Menghadapi era bebas perdagangan yang mengakibatkan persaingan menjadi
semakin ketat dimana sektor pendidikan mengalami imbasnya membuat Perguruan Tinggi
pun akan harus menghadapi tantangan-tantangan yang rumit dalam meningkatkan mutu.
Untuk menjawab tantangan-tantangan ini maka organisasi yang ditata dengan baik merupakan jawabannya. Penataan organisasi dilakukan melalui perencanaan dan
penggunaan sumber daya manusia secara efektif, yang berarti menghasilkan barang/jasa
yang tepat dan efisien. Semakin baik organisasi bekerja, semakin mudah pula baginya
mengatasi tantangan dan memperoleh kesempatan untuk berkembang.
Sebagai bagian yang penting dari Universitas, Perpustakaan harus pula melakukan
penataan organisasi melalui penggunaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien
agar mendukung sasaran Perguruan Tinggi. Studi Kasus ini memusatkan perhatian
kepada Perpustakaan yang sekalipun merupakan bagian dari Universitas, namun dalam
hal ini dapat dijadikan proyek perintis dalam pemecahan masalah.
Permasalahan yang dihadapi oleh perpustakaan banyak ragamnya dimana dimensi
yang satu dengan lainnya saling terkait. Dan penelitian yang telah diiakukan atas
masalah-masalah yang dihadapi perpustakaan Universitas X, perlu segera diterapkan
penataan organisasi sehingga individu sebagai anggota dari suatu organisasi berperilaku
memberi unjuk kinerja yang diharapkan demi tercapainya tujuan organisasi. Penilalan
kinerja direncanakan secara terpadu dengan program-program lainnya yang mendukung
perencanaan sumber daya manusia. Dengan mengimplementasikan semua program
secara terpadu, maka masalah-masalah yang ada dapat diatasi secara terpadu pula, tidak secara parsial. Namun demikian, untuk pelaksanaan tahap awal perlu ditentukan prioritas
dengan mendahulukan penilaian kinerja yang telah dimodifikasi sebagai alat untuk
meningkatkan kinerja dan mengelola remunerasi. Faktor-faktor penilaian terhadap
karyawan yang sebelumnya adalah sifat (trails) perlu dimodifikasi menjadi perilaku dan
hasil kerja, dengan demikian aspek yang dinilai tidak hanya proses pencapaian sasaran,
namun juga hasil akhir yang dilakukan berdasarkan uraian kerja karyawan. Pengelolaan
remunerasi kemudian dikaitkan dengan penilaian kinerja dan ini akan menumbuhkan
pemahaman pada karyawan mengenai perilaku dan hasil apa yang diharapkan daripadanya dan mengerti bahwa kontribusi yang diberikannya berarti dalam pencapaian
sasaran organisasi.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
T38541
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monica Senjaya
"Era globalisasi telah menuntut perkembangan dan kompetisi yang ketat bagi setiap organisasi. Setiap organisasi perlu mempertahankan eksistensinya di dunia industri dengan Cara memperkuat elemen-elemen yang ada di dalamnya. Salah sate elemen yang penting dalam organisasi adalah sumber daya manusia (SDM). Kemampuan SDM dari organisasi ditentukan sejak awal proses seleksi hingga proses penilaian kinerja.
Suatu proses penilaian kinerja yang efektif dapat memberikan informasi mengenai kinerja karyawan dan mereinforce perilaku penting dalam organisasi. Sehubungan dengan kriteria penilaian kinerja yang efektif tersebut, Penulis menemukan indikasi adanya masalah pada pengelolaan kinerja di PT X, yang terlihat dari (1) dimensi-dimensi dalam instrumen penilaian kinerja yang tidak relevan dengan pekerjaan yang ada, (2) terdapat aspek-aspek yang sulit dinilai dalam penilaian kinerja, (3) adanya ambiguitas pada kriteria yang menjadi ukuran dalam instrumen penilaian kinerja, dan (4) tidak adanya sosialisasi mengenai tujuan dan proses dari penilaian kinerja.
Pada Tugas Akhir ini diajukan usulan penyusunan rancangan instrumen penilaian kinerja berbasis mixed modeldi PT.X. UsuIan penilaian kinerja yang diajukan meliputi (1) Panduan pembuatan instrumen penilaian kinerja, (2) Lembar penilaian kinerja berdasarkan performance dan kompetensi, dan (3) Contoh instrumen penilaian kinerja berdasarkan mixed model. Usulan yang diberikan menggunakan pendekatan performance dan pendekatan kompetensi yang dikemukakan oleh Spencer & Spencer (1993)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17427
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Istiqomah
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T38369
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akmal Yadi
"Instrumen penilaian kinerja perawat merupakan suatu perangkat manajerial untuk mengetahui tingkat pencapaian kinerja perawat dalam melayani pasien. Kebutuhan terhadap instrumen penilaian kinerja perawat sangat panting, mengingat besarnya jumlah dan peran mereka dalam pelayanan rumah sakit. Instrumen penilaian kinerja perawat dirumah sakit Qadr belum spesifik untuk menilai kinerja perawat berdasarkan uraian tugasnya, sehingga perlu dlakukan pengembangan instrumen penilaian kinerja perawat ruang rawat inap.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan instrumen penilaian kinerja perawat ruang rawat inap yang memiliki kriteria : berhubungan dengan pekerjaan, praktis, memilki ukuran kinerja, memiliki standar kinerja yang sesuai dengan pekerjaan perawat. Dilakukan penelitian kualitatif dengan metode penelitian operasionai, data diperoleh melalui kegiatan wawancara mendalam, studi dokumen dan pengamatan. Kerangka pikir dikembangkan dari kerangka teori Handoko(1999) yang telah dimodifikasi.
Hasil penelitian berupa rancangan instrumen penilaian kinerja perawat ruang rawat inap yang terdiri dari 16 komponen pekerjaan, 45 ukuran kinerja beserta standar kinerja untuk setiap ukuran. Hubungan instrumen penilaian dengan pekerjaan diperoleh dengan memasukkan komponen pekerjaan yang ada diuraian tugas menjadi materi penilaian. Keparaktisan instrumen terlihat dari kejelasan komponen penilaian dan kejelasan penentuan skor, mudah dimengerti dan dilaksanakan serta hasil penilaian dapat dirasakan manfaatnya oleh perawat, peningkatan kinerja, dan dapat membantu tercapainya tujuan profesi perawat dan rumah sakit. Ukuran kinerja yang jelas dan standar kinerja yang sesuai dengan pekerjaan. Uji validitas dan reliabilitas menghasilkan 12 jenis indikator yang tidak memenuhi syarat valid dan telah dilakukan usulan koreksi.
Dengan adanya instrumen penilaian kinerja ini diharapkan dapat membantu manajemen dalam melakukan penilaian kinerja perawat ruang rawat inap dirumah sakit Qadr setelah mengalami penyesuaian.
Daftar bacaan : 26 ( 1989-2001 )

Nursing performance appraisal instrument is one of the management tools to assess nurse performance achievement in providing patient care. This instrument is very important because of the great number of nurses and their roles in hospital. The existing nursing performance appraisal instrument at Qadr hospital was not specifically to measure nursing performance, so that there is a need to develop better nursing performance appraisal instrument.
The objective of this study to develop nursing performance instrument design for in- patient room Qadr Hospital that have four criteria: job-related, practicality, performance measured and performance standard. The qualitative method used with operations research approach. Data were collected through in-depth interview, documentation, observation and questionnaires. The conceptual framework is modified based on Handoko theory (1999).
Result of this study is nursing performance instrument design for in patient room; consist of 16 job components and 45 performance indicators. Relation between measurement instrument and job are obtained through organizing assessment component from job description of bedside nurse, mission, and hospital regulation. Instrument is practical if understandable and straightforward, clear assessment criteria, useful in achieving professional and hospital objectives, having appropriate performance measured with job, and performance standard which have job achievement criteria. Based on validity and reliability test of instrument, there are 12 items performance not valid and had been corrected.
This nursing performance appraisal instrument is recommended to use in assessing nurse for in-patient room after several adjustment.
References: 26 (1989-2001)
"
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T12809
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuniek Yuniati
"Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan dalam rangka menghadapi tuntutan perubahan dan terutama mencapai tujuan adalah dengan meningkatkan produktivitas dan efektivitas kinerja para karyawannya. Dalam kenyataannya, karyawan memiliki kinerja yang berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Cascio (2003) menyatakan bahwa hasil dari pengamatan terhadap sejumlah individu yang sama-sama melakukan suatu jenis pekerjaan menunjukkan bahwa beberapa diantaranya bekerja lebih efektif dibanding yang lain.
Menghadapi kenyataan tersebut, perusahaan membutuhkan suatu sistem yang dapat digunakan dalam mengawasi dan mengevaluasi kinerja karyawan sehingga pihak manajemen dapat memastikan sejauh mana kinerja karyawan mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Sistem ini dikenal dengan penilaian kinerja karyawan. Penilaian kinerja merupakan suatu upaya meninjau kekuatan dan kelemahan individu atau kelompok dalam melaksanakan pekerjaan sehingga dapat ditentukan efektivitas kinerjanya (Cascio, 2003 & Ivanchevich, 2001).
Perusahaan N sebagai sebagai salah satu perusahaan yang sedang berupaya mengembangkan diri dan meningkatkan daya saing ditengah bisnis perikianan, saat ini sedang menghadapi tantangan dan permasalahan yang menyangkut kinerja karyawan. Permasalahan utama yang dihadapi perusahaan berkaitan dengan terbatasnya data dan informasi yang akurat dan aktual tentang kinerja karyawannya. Permasalahan ini kemudian memicu munculnya permasalahan-permasalahan Iain yang berdampak pada kesulitan pihak manajemen dalam menentukan kebijakan dan keputusan di bidang somber daya manusia.
Berdasarkan hasil analisa terhadap permasalahan perusahaan N, diketahui bahwa perrnasalahan yang dialami perusahaan N umumnya disebabkan oleh dua hal yaitu: Pertama, tidak adanya suatu sistem evaluasi yang dapat memberikan informasi dan umpan balik tentang kinerja karyawan, dan kedua, tidak adanya standar atau kriteria yang jelas tentang kinerja seperti apa yang diharapkan perusahaan. Oleh karena itu, usulan yang dijadikan solusi pemecahan masalah perusahaan N adalah sebuah rancangan penilaian kinerja yang nantinya diharapkan dapat digunakan perusahaan sebagai alat evaluasi kinerja karyawan.
Rancangan formulir penilaian kinerja yang diusulkan menggunakan metode graphic rating scale_ Pihak yang menjadi penilai merupakan atasan langsung dari karyawan yang bersangkutan dan pelaksanaannya dilakukan dalam periode satu tahun dengan penilaian sementara di awal semester . Format penilaian menggunakan kombinasi dari penilaian kuantitatif dan kualitatif sehingga dalam format penilaian terdapat kolom penulisan angka dan penulisan esai. Format penilaian diakhiri dengan kolom tanda tangan dari pihak karyawan maupun atasan sebagai tanda persetujuan kedua belah pihak atas penilaian yang diberikan.
Selain usulan rancangan, selanjutnya juga diajukan rencana langkahlangkah yang dilakukan dalam penilaian kinerja mulai dari penyusunan hingga evaluasi. Langkah-langkah tersebut terdiri dari empat tahapan yaitu; tahap persiapan, tahap penyusunan, tahap ujicoba dan terakhir tahap evaluasi. Keseluruhan rangkaian tahapan kegiatan tersebut direncanakan akan memakan waktu selama kurang lebih dua bulan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
T17888
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuniek Yuniati
"ABSTRAK
Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan dalam rangka
menghadapi tuntutan perubahan dan terutama mencapai tujuan adalah
dengan meningkatkan produktivitas dan efektivitas kineija para
karyawannya. Dalam kenyataannya, karyawan memiliki kineija yang
berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Cascio (2003)
menyatakan bahwa hasil dari pengamatan terhadap sejumlah individu yang
sama-sama melakukan suatu jenis pekerjaan menunjukkan bahwa beberapa
diantaranya bekerja lebih efektif dibanding yang lain.
Menghadapi kenyataan tersebut, perusahaan membutuhkan suatu
sistem yang dapat digunakan dalam mengawasi dan mengevaluasi kinerja
karyawan sehingga pihak manajemen dapat memastikan sejauh mana
kinerja karyawan mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Sistem ini
dikenal dengan penilaian kinerja karyawan. Penilaian kineija merupakan
suatu upaya meninjau kekuatan dan kelemahan individu atau kelompok
dalam melaksanakan pekerjaan sehingga dapat ditentukan efektivitas
kineijanya (Cascio, 2003 & Ivanchevich, 2001).
Perusahaan N sebagai sebagai salah satu perusahaan yang sedang
berupaya mengembangkan diri dan meningkatkan daya saing ditengah
bisnis periklanan, saat ini sedang menghadapi tantangan dan permasalahan
yang menyangkut kineija karyawan. Permasalahan utama yang dihadapi
perusahaan berkaitan dengan terbatasnya data dan informasi yang akurat
dan aktual tentang kinerja karyawannya. Permasalahan ini kemudian
memicu munculnya permasalahan-permasalahan lain yang berdampak pada
kesulitan pihak manajemen dalam menentukan kebijakan dan keputusan di
bidang sumber daya manusia. Berdasarkan hasil analisa terhadap permasalahan perusahaan N,
diketahui bahwa permasalahan yang dialami perusahaan N umumnya
disebabkan oleh dua hal yaitu: Pertama, tidak adanya suatu sistem evaluasi
yang dapat memberikan informasi dan umpan balik tentang kineija
karyawan, dan kedua, tidak adanya standar atau kriteria yang jelas tentang
kinerja seperti apa yang diharapkan perusahaan. Oleh karena itu, usulan
yang dijadikan solusi pemecahan masalah perusahaan N adalah sebuah
rancangan penilaian kinerja yang nantinya diharapkan dapat digunakan
perusahaan sebagai alat evaluasi kinerja karyawan.
Rancangan formulir penilaian kinerja yang diusulkan menggunakan
metode graphic rating scale. Pihak yang menjadi penilai merupakan atasan
langsung dari karyawan yang bersangkutan dan pelaksanaannya dilakukan
dalam periode satu tahun dengan penilaian sementara di awal semester .
Format penilaian menggunakan kombinasi dari penilaian kuantitatif dan
kualitatif sehingga dalam format penilaian terdapat kolom penulisan angka
dan penulisan esai. Format penilaian diakhiri dengan kolom tanda tangan
dari pihak karyawan maupun atasan sebagai tanda persetujuan kedua belah
pihak atas penilaian yang diberikan.
Selain usulan rancangan, selanjutnya juga diajukan rencana langkahlangkah
yang dilakukan dalam penilaian kineija mulai dari penyusunan
hingga evaluasi. Langkah-langkah tersebut terdiri dari empat tahapan yaitu;
tahap persiapan, tahap penyusunan, tahap ujicoba dan terakhir tahap
evaluasi. Keseluruhan rangkaian tahapan kegiatan tersebut direncanakan
akan memakan waktu selama kurang lebih dua bulan."
2006
T37883
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jihan Oktary
"ABSTRAK
Lingkungan bisnis yang terus berubah dan kompctisi global mcnuntut
perusahaan untuk lcbih memfolcuskan dirinya pada sumber daya manusia.
Kebcrhasilan perusahaan dalam memperbaiki kinexja pemsahaannya sangat
tergantung dari lcualitas SDM yang bersangkutan dalam bekexja sehingga
perusahaan pcrlu memiliki karyawan yang berkemampuan tinggi. Saiah satu
usaha yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat
kemampuan karyawan adalah dengan melakukan penilaian alas performa yang
ditampilkan karyawan dalam melaksanalcan pekerjaannya.
Penilaian kinmja adalah deskripsi mengenai kekuatan dan kelemahan
individu (Cascio,l998). Penilaian kinenja ini memiliki peran penting di
perusahaan untuk mengukur atau menilai tingkat performa karyawannya.
Kesalahan-kesalahan yang muncul dalam penilaian dapat mempengaruhi hasil
penilaian kinmja. Sehubungan dengan hal tezsebut, penulis menemukan indikasi
adanya masalah dalam penilaian kinexja PTA yaitu adanya ambiguitas baik itu
pads aspek yang menjadi ulcuran dalam instrumen penilaian kinelja serta teknik
skoring penilaiannya. Ambiguitas ini dapat membuat basil penilaian kinexja
menjadi tidak akurat karena tidak dapat menilai kinerja knryawan yang
sebenamya sehingga informasi yang diperoleh tidak dapat digunakan sebagai
dasar pengambilan keputusan. Selain itu juga penggunnan instmmen menurut
penulis dirasakan cukup rumit sehingga dapat membingungkan dalam mengisi
penilaian.
Mengacu pada permasaiahan tersebut maka diajukan usulan pcrbaikan
instmmen penilaian kinezja PT.A. Perbaikan tersebut meliputi operasionalisasi
aspck penilaian, teknik skoring penilaian menggunakan metode BARS dengan
lima rentzmg skala, scrta perbaikan insuumen ke format yang men] adi lebih
mudah untuk dipahami dan digunakan. Selain itu untuk mcningkatkan keakuratan
penilaian, diusulkan untuk membuat buku hzuian untnk mencatat aktivitas
bawahan sehari-hari sebagai alat bantu mernori bagi para penilai.

ABSTRACT
Business Environment which keep changing and global competition,
challenge company more focussed himself at Human Resources Area. Company
succesful! in improving working performance were very depend on HR quality
which connected at works, until company needs employee that have high skill.
One way which can be used is to know difference employee working performance
by doing scoring for working performace that employee perform when doing their
jobs.
Perfomance appraisal is a description about the strength and the weakness
of individual (Cascio,1998). Working performance have imporant role in
company to measure or review employee working performance. Errors that
emerge can be infltmce in performance appraisal results. With that reason, the
writer found indication of problems in performance appraisal at P'I`.A which is
ambiguity ofthe aspect of instrument criterion standard and from the scoring
method. The ambiguity can made the outcomes of appraisal can be inaccurate
because it can not measuring the real individuals perfonnance. Because of this,
the information obtained can not be used as the basis of decision making. In
addition, the writer thinks that the use of instrrunent is a little complicated so it
can be confusing for appraiser in filling up the appraisal.
Refering to these problems, the writer propose revising of performance
appraisal. Revising performance appraisal includes operasionalizing the aspects of
dimensions and make scoring methods by using BARS (Behavior Anchors Rating
Scale) and revising the instrumental of performance appraisal into friendly used.
To improve the acuracy of appraisal, is suggested to make log book in order to
record daily activities ofthe employees and as a memory aid for the appraiser or
employer.
"
2007
T34169
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Retnoadi
"Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk peningkatan etos kerja bagi auditor di instansi ABC, sehubungan dengan permasalahan akibat adanya perubahan organisasi yaitu restrukturisasi, reposisi dan redifinisi peran internal auditor. Perubahan ini memunculkan sikap penolakan. Sikap penolakan ini muncul pada beberapa perilaku yang kurang mendukung kelancaran tugas-tugas organisasi antara lain adalah tidak aktif berusaha, masih ingin merdapatkan pelayanan dari orang lain, maupun sangat rendah kinerjanya. Perilaku yang menunjukkan gejala penolakan terhadap perubahan organisasi ini juga nampak pada etos kerja pejabat fungsional auditor di instansi ABC yaitu adanya penurunan beberapa Perilaku kerja yang berdampak pada kurang lancarnya tugas-tugas mereka.
Teori yang dirujuk sebagai dasar dalam pembuaian rancangan program peningkaran etos kerja ini adalah teori tentang perubahan organisasi, teori tentang etos kerja. teori tentang sikap, dan teori tentang training. Instansi ABC merupakan unit organisasi pengawasan intern pemerintah yang telah melakukan perubahan organisasi yang sangat mendasar, di mana sebelumnya organisasi ini mempunyai kewenangan penuh dari pemerintah dalam menjalankan tugas auditnya, kemudian saat ini penugasan-penugasan itu hanya berdasarkan permintaan dari "klien".
Ketika suatu organisasi niengalami perubahan, maka banyak aspek yang juga dituntut mengalami perubahan, diantaranya adalah mindset atau pola pikir karyawan. Salah satu strategi yang digunakan untuk melakukan intervensi dalam hal ini adalah melalui training. Oleh karena itu adanya perubahan organisasi di instansi ABC ini perlu dilakukan juga perubahan pola pikir auditornva melalui training."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18581
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>