Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172656 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bastio
"Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa. Iklan terkait dengan Hochwerwörter, Schlüsselwörter, dan Plastikwörter. Dengan menganalisis kosakata-kosakata yang termasuk ke dalam Hochwerwörter, Schlüsselwörter, dan Plastikwörter, kita dapat mengetahui pesan yang digunakan pembuat iklan untuk memperlihatkan kekuatan produk yang pada akhirnya diharapkan dapat mempengaruhi konsumen untuk membelinya. Di dalam setiap iklan pasti terdapat sebuah pesan. Kesuksesan suatu produk tidak lepas dari konsep iklan yang menyiratkan pesan di dalamnya. Mobil BMW merupakan salah satu produk mobil yang penjualannya sukses di Jerman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hochwerwörter, Schlüsselwörter, dan Plastikwörter apa saja yang terkandung pada iklan mobil BMW dan apa makna dari penggunaan Hochwerwörter, Schlüsselwörter, dan Plastikwörter tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengumpulkan data serta menganalisis makna dari penggunaan Hochwerwörter, Schlüsselwörter, dan Plastikwörter.

Advertising is promotion about a product or a service that being sold and installed in the mass media. Advertising consists of Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter. By analyzing the Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter, we can understand the message that used to show how could the advertising influence the consumers to buy it. The success of product can not be separated from concept of advertising that implies a message in it. BMW is one of the most successful car product in Germany, The purpose of this study was to determine Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter that is contained in the BMW commercials and what is the function of the Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and the Plastikwörter. The method that used in this journal is a literature study to collect data and analyze the meaning of the use Hochwertwörter, Schlüsselwörter, and Plastikwörter.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rafif Eka Putra
"Perusahaan-perusahaan seperti BMW dan Mercedes-Benz menggunakan iklan untuk menjual produknya dengan menyentuh sisi sentimen dari calon konsumennya. Iklan- iklan mereka memiliki nilai-nilai tersirat yang ingin sebuah perusahaan tanamkan di dalam produknya. Dengan menganalisa aspek sinematografi beberapa tangkapan layer dari kedua iklan menggunakan analisis multimodal, artikel ini akan menganalisis iklan terbaru dari BMW  dan Mercedes-Benz yang dirilis pada tahun 2018 untuk mengungkap bagaimana iklan tersebut  merepresentasikan identitas maskulinitas dan feminimitas. Selain itu artikel ini juga akan mengungkap alasan mengapa maskulinitas dan feminimitas direpresentasikan seperti yang tersaji di masing-masing iklan dan membandingkan keduanya. Penelitian ini menemukan bahwa terlepas dari persaingan ketat antara kedua pabrikan otomotif dari Jerman ini, mereka memiliki cara yang berbeda dalam merepresentasikan gender dalam iklan mereka. Dalam iklannya, BMW berfokus untuk menunjukkan aspek maskulinitas seseorang dan bagaimana produknya, BMW Seri-8, dapat meningkatkan hal tersebut. Di sisi lain, Mercedes-Benz berfokus dalam menyampaikan pesan memberdayakan perempuan dan kenyataan bahwa peremupan juga bisa melakukan hal-hal yang dianggap oleh sebagian orang hanya eksklusif kepada laki-laki.

Companies like BMW and Mercedes-Benz use advertisements to sell their products by touching the heart of their soon-to-be customers. Their advertisements have certain implied values in them that the company wants to attribute to their advertised product. By analyzing cinematography aspects of screenshots of both advertisements using multimodal discourse analysis, this article will analyze new advertisements both released in 2018 by BMW and Mercedes-Benz to see how their advertisements represent masculinity and femininity. In addition, this article will also analyze why they are represented that way and compare the result between the two advertisements. This research discovered that although the rivalry of the two advertisements and their companies, they have a different idea in representing masculinity and femininity. BMW focuses on showing masculinity aspects and how their product can boost them, while Mercedes-Benz focuses on encouraging femininity and the fact that female can do as much as male.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fae Dea Adelia
"[ ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang makna dari tanda yang muncul dalam Iklan pariwisata Korea di Youtube
?Imagine Your Korea-The Movie?. Iklan ini adalah bagian dari kampanye global Korea Tourism Organization
yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran target khalayak akan daya tarik pariwisata Korea sehingga dapat
meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara. Menggunakan pendekatan Semiotika sebagai metode analisis
oleh Charles Sanders Peirce, makna di balik tanda yang meliputi ikon, indeks, dan simbol diinterpretasi secara
mendalam melalui penjabaran tanda, objek, dan interpretan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tanda
yang muncul dalam iklan tersebut memiliki makna yang berkaitan dengan target khalayak industri pariwisata
Korea, karakteristik warga Korea, ciri khas negara Korea, dan fenomena Korean Wave sebagai daya tarik
pariwisata Korea.
ABSTRACT This paper discusses about the meaning of signs that appear in South Korea?s tourism advertisement on
Youtube ?Imagine Your Korea-The Movie?. This ads is a part of Korea Tourism Organization?s global
campaign which objectives are to increase target audience?s awareness about the attractions of Korea?s tourism
and to increase the numbers of foreign visitors. Using Semiotics approach by Charles Sanders Peirce as the
analythical method, the meaning behind signs including icons, index, and symbol are deeply interpreted through
the elaboration of signs, objects, and interpretants. The result of the research showed that every signs that
appeared in the ads have meanings that are related to the target audience of Korea?s tourism, the
characteristics of Koreans, the nation characteristics of Korea, and the Korean Wave phenomenon as the
attraction of Korea?s tourism., This paper discusses about the meaning of signs that appear in South Korea’s tourism advertisement on
Youtube “Imagine Your Korea-The Movie”. This ads is a part of Korea Tourism Organization’s global
campaign which objectives are to increase target audience’s awareness about the attractions of Korea’s tourism
and to increase the numbers of foreign visitors. Using Semiotics approach by Charles Sanders Peirce as the
analythical method, the meaning behind signs including icons, index, and symbol are deeply interpreted through
the elaboration of signs, objects, and interpretants. The result of the research showed that every signs that
appeared in the ads have meanings that are related to the target audience of Korea’s tourism, the
characteristics of Koreans, the nation characteristics of Korea, and the Korean Wave phenomenon as the
attraction of Korea’s tourism.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Dammi Islamianto
"Ketatnya persaingan dunia otomotif di Indonesia, memaksa para produsen untuk mengeluarkan inovasi produknya. Dalam persaingan tersebut, ternyata mobil LMPV tetap menjadi kategori mobil yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Fenomena ini ternyata membuat para produsen di bidang otomotif mengambil spekulasi untuk terjun ke dalam persaingan mobil kelas LMPV tersebut. Toyota merupakan pionir mobil di kelas LMPV dengan produknya Toyota Avanza. Walaupun kini Toyota Avanza memiliki banyak kompetitor di kelasnya, angka penjualan produk ini masih menduduki posisi teratas. Alasan Toyota Avanza menduduki posisi teratas karena memperhatikan elemen-elemen marketing mix seperti produk, harga, tempat/keterjangkauan, dan promosi. Keempat elemen marketing mix tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

The tight competition of automotive market in Indonesia forces the producexrs to create innovation in their product. In that competition, LMVP cars are still the most attractive cars for Indonesian society. This phenomena pushes the car producers to start entering the LMVP class. Toyota is the pioneer in the LMVP class with the Toyota Avanza. Although now Avanza has a lot of competition they are still on top above than the other competitors. The reason why Avanza is on top because it takes into consideration elements of mix marketing such as product, price, place and promotion. Those four elements can influence the decision making of consumers.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Putri Diana
"Iklan margarin di Jerman memang banyak jenis dan mereknya. Berbagai produsen iklan berlomba-lomba membuat sebuah iklan menjadi semenarik mungkin agar dapat diterima di kalangan masyarakat. Seperti halnya produsen margarin bermerek Becel juga mebuat iklan sedemikian rupa sehingga iklan tersebut dikenal oleh masyarakat luas dengan ciri khasnya. Ciri khas ini kemudian yang disebut sebagai citra yang sengaja maupun tidak sengaja ditimbulkan dari komposisi gambar dan kata-kata dalam sebuah iklan. Kata-kata tersebut pastilah mempunyai makna denotatif dan konotatif yang membentuk citra suatu produk. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna dari setiap kata-kata yang terdapat pada unsur-unsur iklan tersebut agar pada akhir penelitian dapat ditarik kesimpulan mengenai citra tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka. Hal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah unsur-unsur dalam iklan serta makna denotatif dan konotatif dari kata-kata yang termasuk Höchwörter-Plastikwöter-Schlüsselwörter sehingga dapat ditentukan citra dari sebuah produk.
Berdasarkan hasil penelitian, citra yang ingin ditampilkan oleh produsen iklan margarin bermerek Becel adalah mengenai kesehatan tubuh manusia. Walaupun produk tersebut merupakan produk makanan namun keunggulannya bukan hanya soal rasanya melainkan juga kesehatan produknya yang sudah terjamin dapat menurunkan kolesterol meskipun produk tersebut adalah sebuah produk margarin.

Margarine advertisement in Germany has a lot of kinds and brands. Every advertising company tries to create their advertisments as interesting as possible to appeal the market. The margarine from Becel branded also creates its advertisment popular with their signatures. Then, these signatures are called as the intentional or unintional image to be showed in pictures or words in advertisment. Those words have certain denotative and connotative meanings which produce the product’s image. Therefore, the purpose of this research is to explain the meaning of each word in all part of the advertisement so we can see how the image is being produced.
In this research, the method which is used is qualitative method and as the resource is from literatures as the resource. The concern of this research is to analyze the substances of advertisements and the denotative and connotative meanings of words which is classified as Höchwörter-Plastikwöter-Schlüsselwörter. Therefore, the image of the product can be defined.
According to the result of this research, the image which represented by advertising company of Becel branded is about the human health. Although these products are food products, but the advantages are not just a matter of taste but also the health product which is claimed to reduce cholesterol reduce cholesterol even that the product is a product of margarine.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Fachrunissa
"[ ABSTRAK
Kemajuan teknologi yang ada dewasa ini turut memicu timbulnya perilaku konsumtif masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan melalui iklan yang dipublikasikan dengan bantuan media. Iklan sebagai salah satu bentuk teks persuasif yang berfungsi untuk menarik minat publik seringkali menggunakan pilihan kata dan gambar tertentu untuk membuatnya menarik dan mudah diingat. Pilihan kata dalam bahasa yang digunakan dalam iklan inilah yang dinamakan dengan unsur retorika. Melalui penelitian kepustakaan dan metode analisis-deskriptif, jurnal ini bertujuan untuk mengetahui unsur retorika apa saja yang muncul dalam tujuh iklan mobil BMW. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam sepuluh iklan mobil BMW yang diteliti terdapat unsur retorika yang muncul dalam bentuk yang berbeda-beda.
ABSTRACT The progress of technology, which we can found today results in consumptive behavior of the society. This can be proved by the publication of product advertisements. As one of the persuasive texts, advertisements often use certain words, sentences, and pictures to draw people?s attention and to make them more attractive. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven car advertisements of BMW Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms., The progress of technology, which we can found today results in consumptive behavior of the society. This can be proved by the publication of product advertisements. As one of the persuasive texts, advertisements often use certain words, sentences, and pictures to draw people’s attention and to make them more attractive. This special use of certain words and sentences is known as rhetorical figures. Through literature research and analytical-descriptive method, this journal aims to know which rhetorical figures are found in seven car advertisements of BMW Germany. Based on the research result, it can be concluded that there is at least one kind of rhetorical figures in each advertisements that emerge in various forms.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yosef Budi Susanto
"Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep Orientasi Pasar pada perusahaan kecil, dan menengah UKM, dengan strategi produksi make-to-order MTO. Dengan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki, perusahaan UKM membutuhkan manajemen pemasaran berbeda dengan perusahaan besar. Dalam hal Orientasi Pasar, UKM membutuhkan Orientasi Pasar yang lebih bersifat kultural daripada behavioral proses. Berbagai penelitian terdahulu tentang Orientasi Pasar, dilakukan dengan obyek penelitian perusahaan besar. Dengan temuan yang menunjukkan Orientasi Pasar berpengaruh signifikan positif terhadap kapabilitas maupun kinerja, termasuk pemasaran, organisasional, dan kekaryawanan.Logika model yang ingin dibangun pada penelitian ini mengacu pada kerangka teoritis pada meta-analisis yang dilakukan oleh Kircha et al 2005, yang melakukan analisis berbagai penelitian terdahulu tentang Orientasi Pasar. Ada beberapa faktor individual pemimpin UKM, yakni Kepemimpinan stratejik dan Orientasi Kewirausahaan, yang membangun Orientasi Pasar, yang selanjutnya akan berimplikasi pada diperolehnya Kapabilitas Pemasaran Dinamik dan Kinerja Pemasaran. Adapun teori dasar yang digunakan adalah adopsi Resource Based Theory ke dalam Manajemen Pemasaran oleh Srivastava et al 2005. Pada model, diduga ada faktor-faktor kontingensi yang mempengaruhi dampak Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Lingkungan bisnis yang tubulen, berubah dengan cepat dan tak terduga, akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ICT, diduga berperan pada terbangunnya Kinerja Pemasaran. Selaras dengan Ramaswami et al 2006, lingkungan bisnis turbulen harus direspon dengan kapabilitas yang bersifat dinamis, mampu berubah setiap saat, untuk mendapatkan kinerja pemasaran yang baik pada berbagai situasi apapun. Rancangan penelitiannya adalah rancangan penelitian deskriptif konklusif, diperkuat dengan pengamatan langsung dan studi literatur. Populasi penelitian adalah para pelaku UKM sepatu yang berada pada sentra industri sepatu Cibaduyut, yang sebagian besar penjualan diperoleh dari model bisnis 'maklun', Pada model bisnis maklun ini, pelaku UKM menerima order dari perusahaan lain pemilik merek besar, sebagai bentuk strategi produksi make-to-order MTO. Respondennya adalah para pendiri/pengelola yang masih mengelola langsung perusahaan tersebut, dengan ukuran sample sebesar 111 responden Hair, 2010. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey responden, dengan analisis data menggunakan SEM. Analisis datanya adalah analisis deskriptif, analisis model pengukuran, dan analisis model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Hal ini terjadi karena model bisnis maklun, sebagai wujud strategi Make-To-Order, membuat berbagai kebijakan operasional para pengrajin sangat ditentukan oleh para pemegang merek yang memberi order kepada mereka, sehingga kinerja perusahaan mereka tidak tergantung pada seberapa tinggi Orientasi Pasar mereka.
Hasil pengujian juga menunjukkan Orientasi Pasar berpengaruh negatif terhadap Kapabilitas Pemasaran Dinamik. Temuan ini menunjukkan bahwa model bisnis Make-To-Order pada UKM, menjadi batas peran atau pengaruh Orientasi Pasar terhadap berbagai konsep pemasaran lain. The limit of Market Orientation theory lies in MTO-SME. Temuan lain adalah Kompetensi Kepemimpinan Stratejik berpengaruh positif terhadap Orientasi Pasar, namun Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Orientasi Pasar. Hal ini menunjukkan bahwa para pelaku SME tidak perlu memiliki Orientasi Kewirausahaan, misalnya kemandirian dan keberanian mengambil resiko, dalam berbisnis dengan model bisnis MTO. Sementara, Lingkungan Bisnis berperan moderasi positif pada terbangunnya Kinerja Pemasaran. Hal ini bisa dijelaskan, mengingat populasi penelitian adalah perusahaan UKM, dimana mereka memiliki keterbatasan sumberdaya dan dengan sistem operasi bisnis yang berbasis pesanan order-based, membuat kinerja mereka terpengaruh turbulensi Lingkungan Bisnis. Jika mereka dengan baik menjalankan Orientasi Pasar, seperti memperhatikan pesaing, mendapatkan pelanggan dengan cara maklun order-based, maka kinerjanya dapat menjadi baik.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Kapabilitas Pemasaran Dinamik sangat menentukan diperolehnya Kinerja Pemasaran. Karena kapabilitas ini tidak dibangun oleh Orientasi Pasar, dan Orientasi Pasar tidak sigifikan membangun kinerja Pemasaran, maka penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui orientasi stratejik apa yang membangun Kinerja Pemasaran dan Kapabilitas Pemasaran Dinamik, pada konteks MTO-SME. Salah satu orientasi stratejik yang dapat dipertimbangkan adalah Orientasi Produksi. Beberapa saran manajerial juga disampaikan terkait temuan hasil penelitian.

The objective of this research is to study the impact of Market Orientation MO and Dynamic Marketing Capability DMC on Marketing Performance MP of small and medium enterprise SME, with specific production strategy Make-To-Order MTO. It is hypothesized that in the environment of SME with MTO, the concepts of Market Orientation MO, Dynamic Marketing Capability, and Marketing Performance MP, and the relationship between them, has a specific characteristic.The logic of the model was built based on meta-analysis done by Kircha et al 2005. There are two individual factors of SME leaders, i.e. Strategic Leadership and Entrepreneurial Orientation, that build Market Orientation, and at the end affecting the Dynamic Capability and Market Performance. The theory used to support this logic of the model was the basic theory of Resource Based Theory, adopted into marketing management, by Srivastava et al 2005. The model showed there is a contingent factor affecting the relationship between Market Orientation and Marketing Performance, i.e. Turbulent Business Environment. This turbulence was the reason of the importance of Dynamic Marketing Capability to be developed by SMEs. The descriptive research design, supported by exploratory research, is done by analyzing the measurement and structural model of the constructs. The study is done with the population of Shoe Home Industry at Cibaduyut, Indonesia, with 'Maklun' local business model as the representation of MTO strategy. The respondents are the owner, or top management of the SMEs, involving in the daily operation and decision making, with the sample size of 111. An analysis is also done on the possibility of Business Environment BE as the contingent factor of the relationship between MO and MP. The measurement test and structural model analysis is done with Structural Equation Modelling SEM approach, using LISREL 8.8 and SPSS 16.00.
The result shows that MO does not have a significant impact on MP, and it has negative impact on DMC. Meanwhile, DMC has positive impact on MP. These findings bring us to the conclusion that in the context of MTO SME, it does not need to have a high MO to have a good performance. The findings also showed that MO has a negative impact on Dynamic Marketing Capability DMC, or in other word MO does not build DMC. This, brings us to the conclusion that 'the limit of MO theory lies in MTO SME'. Another findings showed that SLC has a positive impact on MO, but EO does not impact on MO. This showed that MTO-SMEs doesn't need to have dimensions of EO, such as innovation, independency, risk taking, due to the situation that their revenues mostly come from captive market, in the form of the products ordered by big brand. Last but not least, analysis on the contingent factor shows that the relationship of MO and MP is significantly positive moderated by BE. The negative impact of MO on DMC shows that DMC does not mediate the relationship between MO and MP. The research has 2 contributions, first is the curve of the relationship between MO, DMC, and MP, in the context of MTO SME. The second, is 4 types quadrants of MTO SME based on the level of its DMC and MO. One of the research limitations is, besides MO, there is no factors affecting DMC is analyzed. Another strategic orientation, such as production orientation, or innovation and technology orientation may be considered as the factors in the future research.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
D2457
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Addam Zein
"[ ABSTRAK
Sebagai grup idola, JKT48 menuai sukses di Indonesia. Mengikuti kesuksesan versi aslinya, AKB48 yang
berasal dari Jepang. Dikatakan bahwa kunci kesuksesannya adalah karena cara mereka berinteraksi dengan
penggemarnya, memberikan pengalaman yang unik dan berkemesan membentuk hubungan yang lebih dalam.
Pengalaman itu diberikan melalui marketing tools khusus milik JKT48, yaitu pertunjukan rutin di Theater
JKT48, handshake event, dan acara pemilihan yang dikenal sebagai Seinbatsu Sousenkyo. Karena semakin hari
produk semakin susah dibedakan karena jumlahnya semakin banyak. Sehingga pemasar kesulitan membuat
produknya menonjol. Oleh karena itu para pemasar mulai memberikan experience pada produk yang mereka
tawarkan sebagai nilai lebih dan pembeda untuk konsumen. Strategi ini disebut experiential marketing, yang
berfokus menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan pada konsumen untuk menjalin hubungan yang kuat
dengan konsumen. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi, mengidentifikasi, dan memahami
praktek experiential marketing dalam tiga marketing tools JKT48, yang membuatnya sukses di Indonesia. Studi
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil yang ditemukan adalah bahwa JKT48
menggunakan strategi, experiential marketing, sensory marketing, dan pengalaman berpartisipasi kepada
penggemarnya.
ABSTRACT As an idol group JKT48 is doing pretty good in Indonesia. Following the success of its original version AKB 48
from Japan. It is said the key of such success is the way they interact with their fans, by giving them unique and
memorable experience, which makes deeper connection. They deliver the experience by their special marketing
tools; routine show JKT48 Theater; handshake Event, and voting event which known as Seinbatsu Sousenkyo.
Because products become more commoditized making them hard to stand out, marketers start giving experience
to their offering to create more value to the customers. This is called as experiential marketing, which focus on
creating unique and memorable experience to connect with customers in engaging way. The purpose of this
article is to explore, identificate, and understand the experiential marketing practice in the three marketing tools
of JKT48, which have made it success in Indonesia. This study applies qualitative approach with descriptive
method. This study found JKT48 employs experiential marketing, sensory marketing, and customer participation
experience strategy to their fans.;As an idol group JKT48 is doing pretty good in Indonesia. Following the success of its original version AKB 48
from Japan. It is said the key of such success is the way they interact with their fans, by giving them unique and
memorable experience, which makes deeper connection. They deliver the experience by their special marketing
tools; routine show JKT48 Theater; handshake Event, and voting event which known as Seinbatsu Sousenkyo.
Because products become more commoditized making them hard to stand out, marketers start giving experience
to their offering to create more value to the customers. This is called as experiential marketing, which focus on
creating unique and memorable experience to connect with customers in engaging way. The purpose of this
article is to explore, identificate, and understand the experiential marketing practice in the three marketing tools
of JKT48, which have made it success in Indonesia. This study applies qualitative approach with descriptive
method. This study found JKT48 employs experiential marketing, sensory marketing, and customer participation
experience strategy to their fans., As an idol group JKT48 is doing pretty good in Indonesia. Following the success of its original version AKB 48
from Japan. It is said the key of such success is the way they interact with their fans, by giving them unique and
memorable experience, which makes deeper connection. They deliver the experience by their special marketing
tools; routine show JKT48 Theater; handshake Event, and voting event which known as Seinbatsu Sousenkyo.
Because products become more commoditized making them hard to stand out, marketers start giving experience
to their offering to create more value to the customers. This is called as experiential marketing, which focus on
creating unique and memorable experience to connect with customers in engaging way. The purpose of this
article is to explore, identificate, and understand the experiential marketing practice in the three marketing tools
of JKT48, which have made it success in Indonesia. This study applies qualitative approach with descriptive
method. This study found JKT48 employs experiential marketing, sensory marketing, and customer participation
experience strategy to their fans.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Made Devicca Surya
"Go-Jek merupakan transportasi online yang dikenal masyarakat Indonesia. Dalam mempertahankan diri dari pada pesaing, maka Go-Jek harus siap bersaing dengan competitor lainnya dan terus mengembangkan inovasi untuk dapat bertahan di industry transportasi online ini. Oleh karena itu, Go-Jek harus merumuskan strategi pemasaran yang efektif agar dapat meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasarnya. Go-Jek menggunakan alat komunikasi, yaitu Bauran Promosi atau dikenal dengan Marketing communications Mix untuk meningkatkan keputusan pembelian dari konsumen. Alat yang digunakan untuk pengukuran dari Marketing communications Mix yang terdiri dari Advertising, Sales Promotion, Event, Direct Marketing, Internet Marketing, Personal Selling, dan Word-of-mouth. Tiap indikator tersebut mempunyai cara dan peran masing-masing dalam pendekatan ke konsumen. Penelitian ini akan berfokus pada hubungan secara langsung dari Marketing communications Mix yang digunakan Go-Jek terhadap keputusan pembelian atau penggunaan jasa, baik hubungan secara langsung atau menggunakan mediator dari Brand Trust, Brand Credibility, dan Brand Commitment. Penelitian diharapkan dapat memberikan masukan untuk penelitian selanjutnya, khususnya mengenai Marketing Communications Mix terhadap keputusan pembelian atau penggunaan jasa dengan ataupun tanpa mediator, di industri yang sama atau berbeda.

Go Jek is an online transportation known to the people of Indonesia. In defending from competitors, Go Jek must be ready to compete with other competitors and continue to develop innovations to survive in this online transportation industry. Therefore, Go Jek must formulate effective marketing strategies in order to increase and maintain its market share. Go Jek uses a communication tool, the Promotional Mix or otherwise known as Marketing Communications Mix to improve purchasing decisions from consumers. Tools used for measurement of Marketing Communications Mix consisting of Advertising, Sales Promotion, Event, Direct Marketing, Internet Marketing, Personal Selling, and Word of mouth. Each of these indicators has their own ways and roles in the approach to the consumer. This study will focus on the direct relationship of Marketing Communications Mix that Go Jek uses to purchase or use decisions, either directly or using the mediators of Brand Trust, Brand Credibility, and Brand Commitment. Research is expected to provide input for further research, particularly regarding Marketing Communications Mix on purchasing decisions or use of services with or without mediators, in the same or different industries.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51568
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emmanuela Kanya Majesta
"Dalam hal periklanan atau pemasaran, konsumen masa kini diketahui sudah lebih skeptis terhadap iklan atau pesan pemasaran dengan media tradisional seperti TV, majalah, radio, dan lain lain. Sebagai akibatnya, bisnis-bisnis mulai beralih ke media sosial untuk menyampaikan pesan pemasaran. Saat ini, banyak akun bisnis di media sosial yang mulai menggunakan gaya bahasa yang lebih santai dan kasual, layaknya bahasa sehari-hari, dengan tujuan untuk berinteraksi lebih akrab dengan konsumen mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan jenis konten pada media sosial sebuah merek ke awareness. Oleh karena itu, profil media sosial dua merek yang berbeda dijadikan objek penelitian. Responden pada penelitian ini berjumlah 420 orang, yang dibagi menjadi dua grup sama rata. Grup pertama diberi stimulus profil media sosial dengan konten informal, dan grup kedua diberi stimulus profil media sosial dengan konten lebih formal. Variabel yang diuji pengaruhnya pada awareness adalah emotional brand attachment responden terhadap konten media sosial dua merek tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional brand attachment tidak dapat secara langsung mempengaruhi awareness. Ada variabel mediasi yang berperan penting dalam menjembatani emotional brand attachment dan awareness, yaitu brand credibility. Implikasi manajerial untuk perusahaan-perusahaan yang sedang mengembangkan media sosial bisnis mereka adalah bahwa meningkatkan kesadaran merek melalui media sosial sebaiknya dengan cara membuat konsumen berpersepsi bahwa merek tersebut kredibel dan terpercaya.

Regarding advertising and marketing, the consumers of today's society are known to be more skeptical towards advertisements and marketing messages from traditional media such as TV, magazines, radio, etc. To cater to that, businesses recently are starting to utilize social media to convey marketing messages. Nowadays, there is a trend of businesses' social media accounts utilizing casual every day language and content, which purpose is to be able to reach and connect with their consumers better. The purpose of this research is to examine the influence of different types of a brand's social media content towards awareness. Therefore, the objects of this research are the social media profiles of two different brands. A total of 420 respondents are split into two equal groups. The first group is given a social media page that applies a more informal content and the second group is given another that applies a more formal content. The variable to be tested for an influence towards awareness is the emotional brand attachment of the respondents towards the contents of the two social media pages. Results show that emotional brand attachment by itself is unable to directly influence awareness. There is an important variable that bridges emotional brand attachment and awareness, which is brand credibility. The managerial implication from this research, especially for companies trying to improve their social media strategies, is that shaping brand awareness through social media must be done through shaping the consumers' perception that the brand is credible and trustworthy, because liking, or being attached to the brands' contents is not enough."
Depok: Universitas Indonesia, 2019
T54669
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>