Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205952 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frida Junia
"ABSTRAK
Perkembangan busana muslim dan jilab di Indonesia sangatlah pesat. Hal ini ditandai dengan antusias masyarakat muslim, khususnya kaum wanita muslimah yang kini mulai menggemari busana muslim dan jilbab bergaya modern dengan beragam jenis style dan fashion. Selain itu pemerintah juga ingin menjadikan Indonesia sebagai World Islamic Fashion Center pada tahun 2020. Kondisi ini tidak terlepas dengan adanya peran para fashion blogger muslim yang mulai memperkenalkan berbagai jenis style fashion busana muslim yang modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kedekatan psikologis fashion blogger terhadap sikap konsumen pada fashion blog serta minat pembelian pada berbagai produk yang ditampilkan oleh fashion blogger dengan adanya variabel moderasi yakni fashion leadership dan LOV interpersonal value. Data diolah dengan menggunakan metode hierarchical regression serta linear regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedekatan psikologis fashion blogger mempengaruhi sikap konsumen terhadap fashion blog dan minat pembelian terhadap produk yang ditampilkan fashion blogger muslim. Dan variabel moderasi fashion leadership mampu memberikan pengaruh terhadap hubungan kedekatan psikologis fashion blogger pada sikap dan minat beli konsumen. Sedangkan LOV interpersonal value tidak memiliki pengaruh moderasi pada hubungan antara kedekatan psikologis fashion blogger terhadap minat beli konsumen serta sikap terhadap situs fashion blog. Dan pengujian hipotesis terakhir menunjukan bahwa sikap terhadap fashion blog memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian.

ABSTRACT
The development of fashion moslems and jilab in Indonesia is very rapid at present. It is characterized by enthusiastic the Moslem community, especially women moslem girls who is now began to like wearing Moslem fashion and jilbab style of modern with various types of style and fashion. In addition the government also wants to make Indonesia as World Islamic Fashion Center in 2020. This condition can not be separated with the role of the Moslem fashion bloggers who started to introduce various kinds of fashion styles of modern Moslem. This study aims to analyze the influence of psychological closeness fashion blogger on the attitudes of consumers on a fashion blog as well as interest in purchasing the various products displayed by fashion bloggers with fashion leadership and LOV interpersonal value as variabel moderating. The data is processed by using hierarchical regression and linear regression.The results showed that psychological closeness fashion blogger influence consumer attitudes towards fashion blog and purchase intention of the products displayed by Moslem fashion bloggers. And moderating variable fashion leadership able to give ffect to psychological closeness relationships fashion blogger on consumer attitudes and buying interest. While the value of LOV interpersonal haven?t a moderating effect on the relationship between psychological closeness fashion blogger on consumer purchase intention and attitude toward the fashion blog. And the last hypothesis testing showed that attitudes towards fashion blog has a significant positive effect on consumer purchase intention.
"
2015
S60661
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imamatul Silfia
"Tesis ini mengkaji praktik konsumsi budaya fesyen serta pemaknaan terhadap konten TikTok pada fenomena Citayam Fashion Week. Para sarjana mengkaji konsumsi budaya sebagai faktor yang melahirkan hierarki kelas sosial berbasis modal budaya atau selera, termasuk konsumsi budaya fesyen. Hierarki pada praktik konsumsi budaya fesyen menempatkan kelas pekerja pada posisi inferior secara artistik dibandingkan dengan kelas elite. Selera fesyen kelas pekerja dianggap bersifat terbatas secara ekonomi dan mereka hanya meniru selera kelas dominan. Anggapan ini membuat apropriasi budaya fesyen kelas pekerja dianggap sebagai sesuai yang asing dan subordinat. Tesis ini meneliti tren fenomena Citayam Fashion Week yang populer melalui media sosial TikTok. Partisipan Citayam Fashion Week yang diteliti dalam tesis ini berasal dari kalangan kelas pekerja. Untuk itu, studi ini menganalisis praktik konsumsi budaya fesyen partisipan Citayam Fashion Week serta bagaimana pemaknaan mereka terhadap tren konten TikTok guna memahami fenomena dari sisi internal partisipan. Studi ini menunjukkan partisipan Citayam Fashion Week mengonsumsi budaya fesyen dengan cara yang spesifik, yakni dengan konsumsi aktif yang mengeksplorasi mode fesyen, konsumsi pragmatis, dan konsumsi pasif. Sementara itu, partisipan juga memiliki posisi pemaknaan yang khusus terhadap konten TikTok. Dari hasil temuan, penelitian menyimpulkan adanya hierarki sosial pada fenomena Citayam Fashion Week melalui praktik konsumsi budaya fesyen dan tren konten TikTok. Apropriasi fesyen partisipan Citayam Fashion Week diperlakukan sebagai suatu hal yang abnormal dan representasi serta identitas mereka ditentukan oleh kelompok dominan. Temuan ini menunjukkan konsumsi budaya fesyen dan tren konten TikTok tentang Citayam Fashion Week melanggengkan kendali posisi kelas dan ekonomi oleh kelompok dominan.

This thesis examines the consumption practices of fashion culture and the meaning of TikTok content in the Citayam Fashion Week phenomenon. Scholars have studied cultural consumption as a factor that creates social class hierarchies based on cultural capital or tastes, including the consumption of fashion culture. Hierarchy in the practice of cultural consumption of fashion places the working class in an artistically inferior position compared to the elite class. The fashion tastes of the working class are considered to be economically limited and they primarily imitate the tastes of the dominant class. This assumption considers the cultural appropriation of working-class fashion as foreign and subordinate. Following this assumption, this thesis studies the the trend of the Citayam Fashion Week phenomenon which is popular through social media TikTok. It researches Citayam Fashion Week participants who come from the working class. For this reason, this study analyzes the consumption practices of Citayam Fashion Week participants' fashion culture and how they interpret the trend of TikTok content in order to understand the phenomenon from the participants’s side. This study shows that Citayam Fashion Week participants consume fashion culture in distinctive ways, namely by exploring fashion, pragmatic consumption, and passive consumption. Meanwhile, participants also have specific interpretations of TikTok content. From the findings, the study concluded that there is a social hierarchy in the Citayam Fashion Week phenomenon through the practice of consuming fashion culture and TikTok content trends. The fashion appropriation of Citayam Fashion Week participants is treated as something foreign and their representation and identity are determined by the dominant group. These findings show that consumption of fashion culture and TikTok content trends regarding Citayam Fashion Week perpetuate control of the class and economic positions by the dominant group."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Suhartini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi slow fashion consumption. Sampel dari penelitian ini merupakan generasi Z di Jabodetabek. Terdapat sebanyak 228 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk menganalisis pengaruh dari theory of planned behavior, ethical considerations, dan conscious consumption intention terhadap slow fashion consumption. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ethical considerations dan conscious consumption intention yang memengaruhi slow fashion consumption. Namun, pro-environmental attitude, subjective norms, dan ethical considerations memengaruhi conscious consumption intention. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa subjective norms memengaruhi pro-environmental attitude. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha di industri fashion untuk memprioritaskan aspek ethicality dalam proses produksinya dan menargetkan konsumen yang conscious. Penelitian berikutnya dapat menambahkan pertanyaan penyaring pada instrumen penelitian terkait apakah responden pernah membeli pakaian dari brand slow fashion untuk menghindari outcome bias.

This study aims to investigate the factors influencing slow fashion consumption. The samples used in this study includes generation Z in Jabodetabek. There were 228 respondents obtained using purposive sampling method. This study uses Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) to analyze the effect of theory of planned behavior, ethical considerations, and conscious consumption intention on slow fashion consumption. The results of this study show that only ethical considerations and conscious consumption intention that affect slow fashion consumption. However, pro-environmental attitude, subjective norms, and ethical considerations affect conscious consumption intention. This study also show that subjective norms affect pro-environmental attitude. The results of this study can be used as a reference for business in fashion industry to prioritize ethicality aspects in the production process and targeting conscious consumers. Future research can add a screening question about whether the respondent has purchased clothes from slow fashion brand in order to avoid outcome bias."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Mufida Widya Daniswara
"ABSTRAK
Untuk membedakan seseorang dengan yang lainnya diperlukan sebuah personal branding. Fashion blogger, Diana
Rikasari, merupakan seseorang yang dikenal dengan gaya quirky, warna warni, lucu, dan unik sebagai ciri khas
kuatnya. Berawal dari membangun personal branding melalui blog, Diana kemudian menjadi influencer dan
memperluas jangkauannya melalui Instagram. Tulisan ini menganalisis mengenai ciri khas yang dibangun Diana
Rikasari hingga menjadi seorang fashion influencer dengan menggunakan studi studi tentang personal branding.
Studi-studi tentang personal branding yang dimaksud merupakan identitas yang melekat pada diri seseorang dan
dikemas selaras dengan ciri khasnya, yang dapat memicu respon emosional orang lain mengenai kualitas nilai yang
dimiliki dirinya. Makalah non ilmiah ini merupakan studi literatur tentang bagaimana Diana Rikasari dapat melakukan
upaya branding dirinya melalui saluran media sosial miliknya. Sebagai studi literatur, selain melakukan kajian
terhadap studi-studi terkait personal branding dan peran influencer dalam pemasaran, makalah ini juga melihat blog
dan Instagram Diana Rikasari disamping pemberitaan terkait dirinya di media online. Makalah ini menemukan bahwa
personal branding yang dilakukan Diana Rikasari melalui pemanfaatan media sosial dan pemberitaan di media online
dapat mempengaruhi dirinya menjadi seorang influencer. Semua itu dukung dengan elemen personal branding oleh
Montoya yang paling menonjol adalah specialisation dan karakteristik influencer oleh Zietek yang paling menonjol
adalah authenticity dan cocreation.

ABSTRACT
ersonal branding is needed in order to differentiate someone from the others. As a fashion blogger, Diana Rikasari
is known quirky, colorful, playful and unique as her strong characteristic. Starting from building personal branding
through blog, Diana then became an influencer and expanded her scope through Instagram. This paper analyzes the
distinctive features built by Diana Rikasari to become a fashion influencer using studies on personal branding. By
studies of personal branding, means identity that is attached in a person and packaged consiistently with their
characteristics, which can trigger other peoples emotional responses regarding the quality of their values. This nonscientific
paper is a literature which studies on how Diana Rikasari can make her branding efforts through her social
media channels. besides reviewing studies related to personal branding and the role of influencers in marketing, this
paper also observes Diana Rikasaris blog and Instagram besides her image in online media. This paper discovers that
Diana personal branding through social media and her image in online media can influence her to become an
influencer. All of that is supported by personal branding element by Montoya which the most dominant are the
specialisation and characteristic of influencer by Zietek which the most prominent are being authenticity and cocreation."
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farida Hasna Annuha
"Saat ini wanita muslim telah melakukan revolusi gaya berpakaian dengan mengikuti tren fashion namun tetap sesuai aturan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fashion consciousness terhadap hijab fashion consumption pada hijabers Generasi X dan Y. Penelitian ini melibatkan 430 hijabers dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fashion consciousness secara signifikan berpengaruh terhadap hijab fashion consumption. Fashion consciousness pada Generasi X dipengaruhi oleh source of fashion knowledge dan fashion uniqueness. Fashion consciousness pada Generasi Y dipengaruhi oleh source of fashion knowledge, dressing style dan fashion uniqueness. Pada kedua generasi, fashion consciousnesss tidak dipengaruhi oleh fashion motivation.

Muslim women have transformed themselves in the way they dress to follow fashion trends while complying Islamic rules. This study aims to analyze the effect of fashion consciousness towards hijab fashion consumption on hijabers Generation X and Y. Data for this research were 430 hijabers from around Indonesia. The result of this research shows that fashion consciousness has significant effect on hijab fashion consumption. Fashion consciousness on Generation X is significantly affected by source of fashion knowledge and fashion uniqueness. Meanwhile fashion consciousness on Generation Y is significantly affected by source of fashion knowledge, dressing style and fashion uniqueness. On both generations, fashion consciousnesss is not affected by fashion motivation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S69829
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harris Rizki Ananda
"Nilai pasar barang mewah baik di level global maupun nasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan penjualan pasar barang mewah Indonesia saat ini menyentuh angka 6,6% per tahun. Sektor penjualan terbesar dalam pasar tersebut merupakan sektor fashion, dengan nilai sebesar lebih dari USD 700 juta per tahun. Beberapa kota besar di Asia, salah satunya Jakarta, mengalami pergeseran kelompok usia pembeli barang mewah ke yang lebih muda dimana kalangan Generasi Z menjadi kalangan yang sangat memedulikan fashion saat ini. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, keadaan pasar barang mewah tersebut bertolak belakang dengan nilai Islam yang mengajarkan hidup sederhana dan tidak materialistis. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi intensi konsumen Generasi Z muslim untuk membeli produk fashion mewah. Metode purposive sampling pada penelitian ini melibatkan 240 responden yang pernah membeli produk fashion mewah pada kategori masstige dua tahun terakhir. Dengan mengadopsi model Theory of Reasoned Action dan pendekatan kuantitatif melalui metode Structural Equation Modelling, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attitude towards behavior, subjective norms, self-esteem, dan materialism memiliki pengaruh positif signifikan terhadap intensi konsumsi fashion mewah, sementara pengaruh religiosity ditemukan tidak signifikan. Religiosity memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap attitude towards behavior dan subjective norms.

The market value of luxury goods both at the global and national levels continues to increase from year to year. Sales growth of the Indonesian luxury goods market is currently at 6.6% per year. The largest sales sector in the market is the fashion sector, with a value of more than USD 700 million per year. Several big cities in Asia, one of which is Jakarta, is experiencing a shift in the age group of luxury goods buyers to a younger one, where Generation Z is the one who really cares about fashion today. Considering that Indonesia is a country with the largest Muslim population in the world, the state of the luxury goods market is contrary to Islamic values ​​which teach a simple and not materialistic life. With this background, this study aims to analyze the factors that influence the intention of Muslim Generation Z consumers to buy luxury fashion products. The purposive sampling method in this study involved 240 respondents who had bought luxury fashion products in the masstige category in the last two years. By adopting the Theory of Reasoned Action model and a quantitative approach through the Structural Equation Modeling method, the results of this study indicate that attitude towards behavior, subjective norms, self-esteem, and materialism have a significant positive effect on the intention to consume luxury fashion, while the effect of religiosity is found to be insignificant. Religiosity has a significant negative effect on attitude towards behavior and subjective norms. "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reisha Adanna Kuntoro
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen atas upaya Social Responsibility pada fast fashion brands dan bagaimana tingkat Religiosity masyarakat mempengaruhi Purchase Intention-nya terhadap lini produk sustainable dalam fast fashion brands H&M atau Zara, dan mengetahui apakah nilai-nilai internal seperti General Attitude, Trust, dan Perceived Consumer Effectiveness turut berpengaruh. Responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seseorang yang berdomisili di Indonesia, beragama Islam, berusia 17-27 tahun (lahir di tahun 1995 - 2005), dan mengetahui salah satu fast fashion brands diantara H&M atau Zara. Peneliti memperoleh 217 responden yang sesuai kriteria melalui self-administered kuesioner yang disebar secara online melalui berbagai platform media sosial, seperti Whatsapp, Line, Instagram, dan Linkedin. Peneliti kemudian mengolah data menggunakan metode Structural Equation Model (SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data mendukung seluruh hipotesis, yaitu Perceived Social Responsibility yang dimiliki seseorang terhadap brand mempengaruhi General Attitude, Trust, dan Perceived Consumer Effectiveness-nya secara positif. Ketiga variabel tersebut juga memberikan pengaruh yang positif terhadap Purchase Intention seorang konsumen pada produk sustainable dalam fast fashion brands. Disamping itu, tingkat Religiosity juga menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap Perceived Consumer Effectiveness seseorang. Penelitian ini dapat membantu para pelaku bisnis fashion yang memiliki atau ingin menjual produk sustainable dalam memahami nilai-nilai dan menciptakan persepsi brand yang baik bagi konsumen agar dapat menyesuaikan strategi bisnisnya.

This research was conducted to find out how consumers' level of Religiosity and their perceptions of Social Responsibility efforts in fast fashion brands affects their Purchase Intentions towards sustainable product lines in H&M or Zara. This research also wants to find out whether internal values ​​such as General Attitude, Trust, and Perceived Consumer Effectiveness also contribute to this. Respondents used in this study are someone who is domiciled in Indonesia, a Moslem, aged 17-27 years (born in 1995 - 2005) and knows one of the fast fashion brands between H&M or Zara. Researcher obtained 217 respondents who met the criteria through online distributed self-administered questionnaires through various social media platforms, such as Whatsapp, Line, Instagram, and Linkedin. Researcher then processed the data using the Structural Equation Model (SEM) method with SmartPLS 3.0 software. The results of the study indicates that the data supports all hypotheses: consumer’s Perceived Social Responsibility towards a brand affects his General Attitude, Trust, and Perceived Consumer Effectiveness positively. These three variables also have a positive influence on consumer’s Purchase Intention towards sustainable products in fast fashion brands. In addition, the level of Religiosity is also one of the factors that has a positive influence on consumer’s Perceived Consumer Effectiveness. This research hopefully will help fashion managers who have or want to sell sustainable products in understanding values ​​and creating good brand perceptions for consumers in order to adjust their business strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choerunnisa Adzwafar Muwardi
"Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat faktor internal dan eksternal yang mempengangaruhi perilaku konsumen produk fashion. Peneliti mengukur pengaruh Social Influence dan vanity terhadap passionate desire seseorang terhadap fashion. Selain itu, penelitian ini juga ingin melihat peran kecenderungan eksibisionisme sebagai variabel mediator dan social comparison sebagai moderator dari passionate desire seseorang terhadap self expression word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan metode online survey. Partisipan penelitian merupakan wanita berusia 18-35 tahun. Hasil dari penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh antara social influence dan vanity, terhadap passionate desire. Passionate desire juga ditemukan memiliki hubungan
terhadap self expression word of mouth yang di mediasi oleh exhibitionism tendency. Sementara social comparison tidak memiliki peran sebagai moderator antara passionate desire terhadap self expression word of mouth.

This study aims to examined internal and external factors that influence consumer behavior in fashion products. The researcher measured the impact of Social Influence and vanity to passionate desire for Fashion and the mediating role of Exhibitionist tendency and Social Comparison as a moderator to Self Expression word of mouth. The study was conducted with quantitative approach and used online survey methodology to collect data. Participants were 200 women aged 18-35.This research found that there is a significant impact from social influence and vanity to passionate desire. There's a significant role of exhibitionism as a mediator of passionate desire and self expression word of mouth. There's no significant role of social comparison as a moderator of passionate desire and self expression word of mouth."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefani Dewinatalia
"Tesis ini membahas pengaruh kredibilitas dari social media influencers sebagai endorser dan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) terhadap perilaku konsumen milenial dalam mengadopsi layanan penyewaan pakaian online. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan responden milenial yang berdomisili di Jabodetabek. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruk pada kredibilitas endorser yang mencakup attractiveness dan expertise secara positif memengaruhi behavioural intentions yang pada akhirnya akan memengaruhi actual behaviour. Sebaliknya, trustworthiness tidak memengaruhi behavioural intention. Model UTAUT yang mencakup performace expectancy, effort expectancy, dan social influence secara positif memengaruhi behavioural intentions, sedangkan facilitating conditions memengaruhi actual behaviour pada konsumen dalam mengadopsi layanan penyewaann pakaian online.

This thesis examines the effect of social media influencers’ credibility as endorsers and the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model on millennial consumer behavior in adopting online clothing rental services. The approach used in this study is a quantitative approach with millennial respondents who live in Greater Jakarta. The method of data analysis was carried out using descriptive analysis and path analysis to prove the hypothesis in this study. The results of the study show that constructs on endorser credibility which include attractiveness and expertise positively influence behavioral intentions which will ultimately affect actual behavior. Conversely, trustworthiness does not affect behavioral intention. The UTAUT model which includes performance expectancy, effort expectancy, and social influence positively influences behavioral intentions, while facilitating conditions affect the actual behavior of consumers in adopting online clothing rental services."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Estu Putri Wilujeng
"Tesis ini bertujuan untuk memahami cara yang dilakukan oleh buruh untuk mewujudkan imaji serta hasrat dalam berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan perilaku mengonsumsi simbol kebendaan atas dorongan hasrat untuk mencapai imaji. Penulis berargumen, buruh sebagai bagian dari masyarakat konsumen juga memiliki imaji, hasrat dan fantasi dalam mengonsumsi. Konsumsi yang mereka lakukan bukan lagi konsumsi atas dasar nilai guna barang atau pertimbangan rasional lainnya, melainkan konsumsi simbolik. Hal tersebut disebabkan oleh adanya dorongan dari media dan godaan dari komoditas industri fesyen yang dihasilkan pada tempat mereka bekerja. Dorongan media dan godaan tersebut mempengaruhi imaji buruh dalam menentukan barang konsumsi. Namun, dengan adanya imaji, bukan berarti buruh dapat langsung berperilaku konsumtif, melainkan perlu cara lain untuk mendapatkan akses dalam mewujudkan imaji.
Untuk menggali permasalahan tersebut secara lebih dalam, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buruh memiliki imaji untuk mengonsumsi simbol kebendaan yang dipicu oleh media dan godaan produk fesyen tempat ia bekerja. Untuk mewujudkannya, mereka menggunakan kombinasi industri dan serikat. Industri memberi akses berupa produk fesyen dan serikat berfungsi untuk melakukan kontrol agar pihak industri tetap memberikan akses kepada buruh. Tesis ini juga menyertakan diskusi teoritik tentang perbedaan perspektif dalam memahami permasalahan konsumerisme yang terjadi pada buruh.

This thesis aims to understand how the labours consume products or services to make their dreams and desires come true. In the age of consumerism, everybody consumes symbols based on their desire to achieve their imagination.The author argues that the labours as part of consumer society, also have images, desires, and fantasies to consume. Consumption that they is not based on the value of goods or other rational judgment, instead symbolic consumption. It was caused by the encouragement of the media and the seduction of commodities that was produced in the fashion industry where they work. Media encouragement and the seduction from the production of goods affect the labour imagination in determining consumer goods. However, by having the imagination, it does not mean labours could immediately being consumptive, but they need another way to get access in realizing their imagination.
To explore these issues deeply, the author used qualitative research methods. The results showed that labours have imaginations and desires to consume symbols of consumer goods triggered by the media, namely TV series and social media, and the seduction of fashion products in where they worked. To make their imaginations and desires come true, they combined industry and unions. Industry gives access in the form of fashion products and labour unions play a control role in the industry. Consequently, the industry still provides access to the labours. This thesis also includes a theoretical discussion about different perspectives in understanding the problems that occur in the labours consumerism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46778
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>