Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138692 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prisna Maharani Santoso
"ABSTRAK
Penelitian mengenai efektivitas pemimpin mulai mengarah kepada persepsi
bawahan terhadap efektivitas pemimpinnya dan bukan karena performanya
(Hannah, Sumanth, Lester, & Cavarretta, 2014). Behavioral integrity, yang
merupakan pola konsisten antara ucapan dengan tindakan pemimpin yang dinilai
oleh bawahan, merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi efektivitas
pemimpin. Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan positif antara
behavioral integrity dan efektivitas pemimpin, dengan demikian penelitian ini
melanjutkan penelitian-penelitian tersebut dengan beragumen bahwa hubungan
antara behavioral integrity dan efektivitas pemimpin dapat terjadi apabila
dimediasi penuh oleh cognitive trust dan affective trust. Penelitian ini dilakukan
terhadap 215 orang pegawai di bidang jasa dengan metode survei menggunakan
kuesioner. Hasil analisis parallel multiple regression menggunakan PROCESS
menunjukkan bahwa hubungan antara behavioral integrity dengan efektivitas
pemimpin hanya dapat terjadi apabila dimediasi penuh oleh cognitive trust dan
affective. Ini berarti behavioral integrity baru dapat memengaruhi efektivitas
pemimpin apabila bawahan memiliki cognitive trust dan affective trust kepada
pemimpinnya.

ABSTRACT
Leadership theories have shifted over the last few decades from a focus on
objective measure of performance toward subordinate?s evaluation of leaders?
behaviors relevant to team performance. Behavioral integrity, which refer to
subordinate?s perception of pattern of word-deed alignment, is one of the most
important factors that influence subordinate?s evaluation of their leaders?
effectiveness. We extend previous research by arguing that the importance of
behavioral integrity on leader effectiveness is mediated by two forms of trust:
cognitive trust, which refer to trust that based on performance-relevant cognitions
such as competence, reliability, and dependability; and affective trust, which refer
to the emotional bonds between individuals that are grounded upon expressions of
genuine care and concern for the welfare of the other party. To test the
hypotheses, we collected data from 215 employees in the service industry. Using
parallel multiple regression by PROCESS, we find that the relationship between
behavioral integrity and leader effectiveness is fully mediated by cognitive trust
and affective trust, suggesting that behavioral integrity will only take place when
subordinate have cognitive and affective trust on their leaders. This research is
particularly important because it delineate the mechanism under which
behavioral integrity impact leader effectiveness"
2016
T45557
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shabrina Haya Zahradila
"Saat ini, tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi fenomena yang dikenal luas dikarenakan perbedaan sentimen yang muncul dari berbagai pihak. Telah ditemukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan menumbuhkan banyak keuntungan karena dapat menjadi strategi sebuah perusahaan, tidak hanya untuk pihak eksternal, tetapi untuk internal organisasi itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk memeriksa apakah ada hubungan antara persepsi karyawan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan komitmen organisasi afektif melalui mediasi motivasi intrinsik, keadilan prosedural, dan kepercayaan karyawan. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, di mana 231 responden telah dikumpulkan untuk mengisi kuesioner online. Responden adalah karyawan dari berbagai jenis industri yang telah bekerja minimal satu tahun dalam organisasi mereka. Data yang dikumpulkan diproses menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), di mana telah ditemukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan memiliki efek tidak langsung terhadap komitmen organisasi afektif melalui motivasi intrinsik dan kepercayaan karyawan. Di sisi lain, keadilan prosedural ditemukan tidak memiliki hubungan mediasi antara konstruksi.

In present days, corporate social responsibility has become a widely-known phenomenon as different sentiment arises from various parties. It has been found that corporate social responsibility foster much benefit as it can alter into a company’s blueprint, not only for the external, but for the internal of the organization itself. This research is conducted to examine whether there is a relationship between employee’s perception of corporate social responsibility and affective organizational commitment through the mediation of intrinsic motivation, procedural justice, and employee trust. The research is categorized as quantitative research, where 231 respondents have been gathered to fill in an online questionnaire. Respondents are employees from various types of industries that have worked for minimum one year in their organization. The gathered data is processed using Structural Equation Modeling (SEM), where it has been found that corporate social responsibility have an indirect effect towards affective organizational commitment through intrinsic motivation and employee trust. On the other hand, procedural justice is found to have no mediating relationship between the construct."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosa Nabiila Mardhiyyah Thaib
"Organisasi perlu melakukan perubahan agar dapat bertahan dan bersaing. Dalam mencapai kesuksesan implementasi perubahan, komitmen karyawan terhadap perubahan menjadi hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran moderasi dari kepercayaan pada atasan terhadap hubungan antara kepemimpinan perubahan dan komitmen afektif terhadap perubahan. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 109 responden dari 7 perusahaan. Penelitian ini menggunakan alat ukur Komitmen Afektif Terhadap Perubahan (Mangundjaya, 2013a; 2013b; 2019a), alat ukur Kepemimpinan Perubahan (Mangundjaya, 2019b), dan alat ukur Behavioral Trust Inventory (Gillespie, 2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pada atasan tidak memoderasi hubungan antara kepemimpinan perubahan dan komitmen afektif terhadap perubahan.

Organizations need to change in order to survive and compete. In a successful change implementation, employees’ commitment to change becomes important. This study was conducted to see the moderating role of trust in supervisor in relationship between change leadership and affective commitment to change. The total number of respondents in study were 109 respondents that came from 7 companies. This study used several measures, including Commitment to Change Scale adapted by Mangundjaya (2013a; 2013b; 2019a), Change Leadership Scale developed by Mangundjaya (2019b), and Behavioural Trust Inventory developed by Gillespie (2003). Results showed that trust in supervisor does not moderate the relationship between change leadership and affective commitment to change."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Adiansyah
"Komitmen untuk berubah diperlukan untuk mendukung keberhasilan perubahan organisasi. Salah satu faktor yang berperan penting mempengaruhi komitmen untuk berubah adalah kepemimpinan transfomasional. Kepemimpinan transformasional dibuktikan memunculkan rasa percaya seseorang terhadap pemimpinnya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran kepercayaan pada pemimpin dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional (M= 4.567, SD= 0.612) dengan komitmen afektif (M=4.573, SD=0.693) dan normatif (M=4.255, SD=0.53) untuk berubah. Responden penelitian (164) adalah karyawan di perusahaan sektor keuangan (bank dan asuransi).
Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh positif kepemimpinan transformasional terhadap komitmen afektif untuk berubah (r=0.2909, p<0.005, one tail) maupun komitmen normatif untuk berubah (r=0.3003, p<0.005, one tail) tetapi tidak ditemukan adanya mediasi kepercayaan pada pemimpin dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional dengan komitmen untuk berubah.

Commitment to change is needed to support the success of organizational change. One of the factors that play an important role in influencing commitment to change is transfomational leadership. Transformational leadership is proved to elicit follower trust on leader.
This study aims to prove the role of trust on leader in the relationship between transformational leadership (M = 4,567, SD = 0.612) with affective commitment to change (M = 4,573, SD = 0.693) and normative commitment to change (M = 4.255, SD = 0.53). Research respondents (164) are employees in the financial sector (bank and insurance).
The results of this study prove the positive influence of transformational leadership on affective commitment to change (r = 0.2909, p <0.005, one tail) and normative commitment to change (r = 0.3003, p <0.005, one tail) but no mediation effect of trust on leader in relationship between transformational leadership and commitment to change.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S68469
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutapea, Marchia Gloria
"Kegiatan belanja online lebih berisiko dibandingkan belanja tradisional. Akibatnya, konsumen mempersepsi risiko lebih tinggi pada saat belanja online. Kepercayaan adalah penentu tindakan dalam situasi di mana konsumen mempersepsi risiko dalam belanja online. Perceived risk merupakan ketidakyakinan konsumen tentang kerugian atau keuntungan dalam transaksi tertentu (Naiyi, 2004). Perceived risk terbagi menjadi tujuh faktor, yaitu financial risk, delivery risk, fraud risk, process and time loss risk, product risk, privacy risk, dan information risk. Sedangkan trust didefinisikan sebagai kesediaan menjadi rentan terhadap orang atau tindakan orang lain (Gefen, 2002). Trust terdiri dari tiga dimensi, yaitu integrity, benevolence, dan ability. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perceived Risk in Online Shopping atau PR-OS (Naiyi, 2004) yang diadaptasi dan Specific Online Consumer Trust atau SOCT (Gefen, 2002) yang diadaptasi. Responden 453 mahasiswa diperoleh secara accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara perceived risk dan trust pada konsumen belanja online (r = -0.408, p = 0.000). Hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin tinggi persepsi risiko konsumen maka semakin rendah kepercayaan konsumen terhadap kegiatan belanja online. Dengan demikian, toko online dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan cara memberikan layanan yang terbaik dengan menampilkan testimonial dari konsumen yang berhasil melakukan kegiatan belanja online sebelumnya.

Online shopping is riskier than traditional shopping. As a result, consumers perceive higher risk in online shopping. Trust is a determinant of action in situations where there is a perceived risk of negative outcomes. Perceived risk represents consumers uncertainty about loss or gain in a particular transaction (Naiyi, 2004). While Trust is a willingness to be vulnerable to the actions of another person or people (Gefen, 2002). Perceived risk consists of seven factors, such as financial risk, delivery risk, fraud risk, process and time loss risk, product risk, privacy risk, dan information risk. Trust consists of three dimensions, namely integrity, benevolence and ability. Instruments that used in this study are Perceived Risk in Online Shopping atau PR-OS (Naiyi, 2004) that has been modified and Specific Online Consumer Trust atau SOCT (Gefen, 2002) that has been modified as well. The 453 college students as respondents were chosen by an accidental sampling technique. The result of this study shows that there is a significant negative relationship between perceived risk and trust among online shopping consumer (r = -0.408, p = 0.000). This result can be intepreted as the higher consumers perceived risk, the lower consumers’ trust in online shopping. Thus, one of the efforts that online shops can do to increase consumers trust is by providing the best service and displaying testimonials from consumers who managed to do a success online shopping.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S54052
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Megatian Ananda Kemas
"Kesuksesan organisasi dalam menghadapi tantangan dan kompleksitas dunia usaha amat ditentukan oleh kesiapan untuk berubah dari anggotanya. Hal ini seringkali dipengaruhi oleh budaya yang ada dalam organisasi. Kesenjangan budaya organisasi yang dipersepsikan oleh anggota organisasi akan memicu kesiapan individu untuk berubah ketika mereka menyadari bahwa kondisi saat ini bukanlah kondisi yang ideal. Di sisi lain, tingkat kesiapan individu untuk berubah dipengaruhi oleh komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh persepsi kesenjangan budaya organisasi terhadap kesiapan individu untuk berubah melalui komitmen organisasional yang pada industri makanan dan minuman. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner terhadap 283 responden. Analisa dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk melihat hubungan antara persepsi kesenjangan budaya organisasi, komitmen organisasional, dan kesiapan individu untuk berubah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kesenjangan budaya organisasi saat ini dan yang disukai berpengaruh positif terhadap kesiapan individu untuk berubah dan berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasional. Sementara komitmen organisasional menunjukkan pengaruh positif terhadap kesiapan individu untuk berubah.

The success of an organization in the face of challenges and complexity of the business world is largely determined by the readiness to change of its members. This is often influenced by the culture that exists within the organization. Cultural gap perceived by the member of organization will trigger individual readiness to change when they realize that current conditions are not ideal. On the other hand, the level of individual readiness to change is strongly influenced by the commitment to the organization. This study aims to understand the influence of organizational culture gaps on individual readiness to change through organizational commitment in the food and beverage industry. The measurement was conducted using a questionnaire to 283 respondents. The Structural Equation Modelling (SEM) method was used to analyze structural relationship between organizational culture gaps, organizational commitments and individual readiness to change. The results showed that current and preferred organizational culture gaps positively affect individual readiness to change and negatively affect organizational commitments. While the organizational commitment shows positive influence on individual readiness to change. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Fauziah
"Setiap organisasi perlu melakukan berubahan agar dapat bertahan hidup, eksis dan berkembang. Akan tetapi, perubahan organisasi seringkali mengalami kegagalan, salah satu penyebabnya adalah kurangnya komitmen karyawan untuk berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kesiapan individu untuk berubah dan kepercayaan organisasi terhadap komitmen afektif untuk berubah. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari 328 karyawan yang bekerja diberbagai perusahaan perbankan di wilayah JABODETABEK. Komitmen afektif untuk berubah diukur menggunakan Commitment to Change Inventory, kepercayaan organisasi diukur menggunakan Organizational Trust Inventory dan kesiapan individu untuk berubah diukur menggunakan Readiness for Change Scale.
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesiapan individu untuk berubah r = 0,64, p < 0,01 dan komitmen afektif untuk berubah serta hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan organisasi r = 0,30, p < 0,01 dan komitmen afektif untuk berubah. Hal tersebut menunjukkan bahwa individu dengan kesiapan untuk berubah dan kepercayaan organisasi yang tinggi memiliki komitmen afektif untuk berubah yang juga tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kesiapan individu untuk berubah ? = 0,63, p < 0,01 memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap komitmen afektif untuk berubah dibandingkan dengan kepercaayaan organisasi ? = 0,09, p < 0,05.

Every organizations need to change in order to survive, exist and develop. However, not every organizational change program was successful. This research aimed to examine the impact between individual readiness for change and organizational trust toward affective commitment to change. Participants of this research are 328 employees who work in various organization in the JABODETABEK area who facing changes. Affective commitment to change was measured using Commitment to Change Inventory, organizational trust was measured by Organizational Trust Inventory, and individual readiness for change measured using Readiness for Change Scale.
The result of this study proves that there is a significant positive correlation between individual readiness for change r 0,64, p 0,01 and affective commitment to change, and also a significant positive correlation between organizational trust r 0,30, p 0,01 and affective commitment to change. It implies that people with high individual readiness for change and organizational trust also have high affective commitment to change. This research also found that individual readiness for change 0,63, p 0,01 had stronger impact to affective commitment to change than organizational trust 0,09, p 0,05.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imanuel Arifin Supriatna
"Perbankan diperkirakan menjadi salah satu bidang usaha yang akan terkena dampak disrupsi dalam perkembangan industry 4.0. Bank Central Asia sebagai perusahan perbankan swasta terbesar di Indonesia tidak melakukan strategi pengurangan karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi serta peran mediasi Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan Bank Central Asia di Divisi Sentra Layanan Perbankan Elektronik. Target responden penelitian adalah karyawan tetap di Divisi SLPE BCA. Proses analisa data menggunakan metode SEM-PLS untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menemukan bahwa kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap OCB baik secara langsung maupun melalui peran mediasi Komitmen Organisasional. Sebaliknya budaya organisasi berpengaruh signifikan baik secara langsung maupun melalui peran mediasi Komitmen Organisasional. Oleh karena itu proses internalisasi budaya sangat penting dilakukan kepada setiap karyawan agar tujuan organisasi yang telah ditetapkan bisa tercapai.

Banking is estimated to be one of the business sectors that will be affected by disruption in industrial development 4.0. Bank Central Asia as the largest private banking company in Indonesia doesnt carry out a strategy to reduce employees. The purpose of this study was to look at the effect of Transformational Leadership and Organizational Culture with the mediating role of Organizational Commitment on Organizational Citizenship Behavior (OCB) of Bank Central Asia (BCA) employees in the Division of Electronic Operations Centers (COE). The target of the research respondents is permanent employees. The data analysis process uses the SEM-PLS method to see the relationships between variables. The results of the study found that Transformational Leadership didnt influence OCB either directly or through the mediating role of Organizational Commitment. Instead Organizational Culture has a significant effect both directly and through the mediating role of Organizational Commitment. Therefore, the process of cultural internalization is very important for each employee so that the organizations stated goals can be achieved."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54050
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhanni Rahman
"Mengetahui pentingnya mempertahankan hubungan penuh rasa percaya antar sesama, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi kerelawanan dan kepercayaan interpersonal. Metode penelitian yang dipakai adalah korelasional dan partisipan dalam penelitian ini merupakan relawan yang berasal dari kalangan usia emerging adulthood yaitu 18 s.d. 29 tahun yang berjumlah 1334 orang dari berbagai kota di Indonesia. Kepercayaan interpersonal diukur dengan menggunakan alat ukur Propensity to Trust Scale yang dikembangkan oleh Evans dan Revelle 2008 , sementara itu motivasi kerelawanan diukur dengan Volunteer Functions Inventory yang dikembangkan oleh Clary, Snyder, Ridge, Copeland, Stukas, Haugen, dan Miene 1998.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari enam dimensi motivasi kerelawanan mdash;values, social, dan understanding mdash;berhubungan positif dan signifikan terhadap kepercayaan interpersonal, sedangkan dimensi protective berhubungan negatif dan signifikan terhadap kepercayaan interpersonal. Hasil analisis lebih lanjut juga menunjukkan adanya pengaruh motivasi kerelawanan pada keenam dimensi motivasi kerelawanan, terutama pada dimensi values dan understanding. Kedua dimensi tersebut berpengaruh lebih kuat terhadap kepercayaan interpersonal dibandingkan dengan keempat dimensi motivasi kerelawanan lainnya; yaitu protective, career, social, dan enhancement.

Given the importance of maintaining trustful relationship, the goal of the present research was to determine whether volunteer motivations correlate with interpersonal trust. A correlational design was employed and measures were obtained from 1334 volunteers from various cities in Indonesia. Interpersonal trust was measured using Propensity to Trust Scale by Evans and Revelle 2008 , while volunteer motivations were measured using Volunteer Functions Inventory by Clary, Snyder, Ridge, Copeland, Stukas, Haugen, and Miene 1998.
The results demonstrated that three of six designated dimensions of volunteer motivations mdash values, social, and understanding mdash were positively correlated with interpersonal trust while the other dimension namely protective was found negatively correlated with interpersonal trust. Advanced analysis also determined that six designated dimensions of volunteer motivations have influence on interpersonal trust, especially values and understanding. Both dimensions have stronger influences towards interpersonal trust compared to the other dimensions they are protective, career, social, and enhancement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chusminah S.M.
"Tesis ini menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior melalui mediasi komitmen organisasi (Studi Kasus Pada AUTO2000 Cabang Yos Sudarso Jakarta). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei terhadap 150 orang karyawan AUTO2000 Cabang Yos Sudarso Jakarta. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisa statistik deskriptif dan SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1), kepemimpinan berpengaruh signifikan positif terhadap OCB, 2) budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap komitmen organisasi dan 3) komitmen organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap OCB. Lebih lanjut ditemukan pula, kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan serta budaya organisasi dan OCB tidak berpengaruh positif.

This thesis analyzes the influence of transformational leadership and organizational culture on organizational citizenship behavior through the mediation of organizational commitment (A Case Study AUTO2000 Yos Sudarso Branch). This research is a quantitative research with survey method on 150 employees AUTO2000 Yos Sudarso Branch. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis and Structural Equation Modelling.
The results showed that 1), transformational leadership positive significant effect on OCB, 2) organizational culture has a significant positive effect on organizational commitment, 3) positive significant effect of organizational commitment on OCB, but 4) transformational leadership does not have positive effect on organiational commitment, 5) the last results indicates that organizational culture has no significant impact in the OCB. There's no strong mediating effect of organizational commitment on this study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43684
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>