Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 69688 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitra Muri
"This classroom action, research was conducted to see the improvement of students' ability in writing a narrative text. the research was done at SMAN 3 Padangpanjang, the second year scicnce class 1 (XI IA 1) in three cycles. There were 23 students in this class. The data were collected thrugh pre test formative test and observaton. The students were listened to song's and led them to tell the stories of the songs they listened well by taking what the the stories in the songs as a model. Through observaton and formative test, it seemed that the students liked and enjoyed riting a narrarive text. It seemed that the students liked and enjoyed writing a narrative text.it could be seen from the achievement improved from cycle to cycle and from their test result. In the first cycle, there was improvement 57% in average. In the second cycle, there was improvement 65% in averae. In the third cycle, there was improvement 71% in average. In conclusion, the sutdents ability in writing can be improved gadually if they now what and how to write and the use of the approapriate teaching aids are very important."
Padang panjang: Dinas pendidikan Kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11: 1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Yenita
"English is one of foreign language learned by junior high school students. learning consist of learning four integrated skills, listening , speaking, reading and writing .Writing is supposed to be the most difficult skill for the students. In this case the writer tried to use an approach in learning and teaching process, that is RDAS ( Read discuss arrange and stick)."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Soulaya Lestary
"Tulisan ini merupakan penelitian mengenai metode pengajaran efektif bahasa Inggris pada siswa ESL/EFL dengan menggunakan metode kajian pustaka. Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT) dan pembelajaran kooperatif dianggap sebagai metode yang bermanfaat dalam menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, penggunaan lagu dalam pengajaran bahasa Inggris−sebagai bagian dari metode pengajaran tersebut, memiliki peran penting dalam membantu siswa EFL/ESL mencapai target dari pembelajaran bahasa. Dalam bagian pendahuluan, tulisan ini mencakup pembahasan mengenai masalah-masalah yang terjadi dalam kelas ESL/EFL dan alasan lagu dianggap sebagai alat pedagogis yang penting. Secara khusus, akan dibahas cara lagu dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan mendengarkan dan pengucapan, serta sebagai alat dalam pengajaran kosa kata dan struktur kalimat. Kemudian di bagian akhir tulisan, penjelasan akan berpusat pada penggunaan lagu dalam menciptakan proses belajar-mengajar yang menyenangkan. Terakhir, tulisan ini menyimpulkan bahwa penggunaan lagu dalam pengajaran bahasa Inggris mendukung presepsi tersebut.

This paper is a research focusing on effective teaching methods in teaching English to EFL/ESL students by using literature review. Communicative Language Teaching (CLT) and cooperative learning are considered useful methods in mastering English. Therefore, teaching English through songs − as part of the methods, has an essential role to help EFL/ESL students achieve the goal of learning a language. As the introduction, it will cover the elaboration of problems that occur in ESL/EFL classrooms and reasons of why songs are viewed as an important pedagogy. Accordingly, explanation of how songs can actually aid learners to enhance listening and speaking skill will be further discussed, as well as the implementation of songs in building up vocabularies and sentence structure. Eventually, the use of songs in creating a fun teaching and learning process will be emphasized on the last section. Finally, the research concludes that the use of songs in teaching English for the learners supports the notion."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Onny Putri Kinanti
"Onomatope dalam bahasa Jerman merupakan bahasan yang menarik yang masih jarang diteliti. Onomatope dapat ditemukan dalam berbagai macam karya sastra, salah satunya di dalam lagu anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan menganalisis onomatope yang terdapat dalam 21 lagu anak-anak Jerman yang diunduh dari website http://www.songtexte.com/news/die-schnsten-kinderlieder-mit-liedtext berdasarkan teori onomatope oleh Stephen Ullmann. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis onomatope primer lebih banyak ditemukan dibandingkan onomatope sekunder. Selain itu, dalam penelitian ini dibuktikan bahwa onomatope dalam bahasa Jerman yang berasal dari bunyi binatang sering muncul seperti suara keledai, burung dan lebah.

Onomatopoeia in German language is the interesting topics that is still rarely researched. Onomatopoeia can be found in a variety of literary work such as in children songs. This research aims to classifies and analyzes onomatopoeia in 21 children songs downloaded from the website http www.songtexte.com news die schnsten kinderlieder mit liedtext based on onomatopoeia theory by Stephen Ullmann. The results of this research shows that primary onomatopoeia is more often be found than secondary onomatopoeia. Besides, in this research is also proved that onomatopoeia in German language which come from animal rsquo s sound are often appear such as donkey rsquo s sound, bird and bee."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Zulfa Adani
"Penelitian yang bertopik ldquo;Makna Konotatif Lirik Lagu ldquo;Auf Uns rdquo; Karya Andreas Bourani ldquo; ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa masyarakat sekarang ini hanya sekedar mendengarkan lagu namun tidak benar-benar paham makna dari setiap kata yang menyusun sebuah lagu, terutama kata-kata yang mengandung makna konotatif.. Berhubungan dengan topik yang diangkat dalam karya tulis ini, tujuannya adalah untuk menjelaskan makna konotatif yang terdapat dalam lagu tersebut dan juga bagaimana kebahagiaan digambarkan di dalam lagu ldquo;Auf Uns rdquo; karya Andreas Bourani dalam albumnnya yang berjudul ldquo;Hey rdquo; yang dirilis pada tahun 2014. Adapun teknik penelitian yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah dengan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima belas kutipan lirik yang mengandung makna konotatif dan kelima belas lirik tersebut menggambarkan bahwa kebahagiaan dapat diraih dengan kesetiaan, kebersamaan dan optimisme.

This research was done because the fact that people nowadays are no longer care about the meaning of songs they listen to, especially the ones that has connotative meaning. The chosen song that will be analyzed is ldquo;Auf Uns rdquo; by Andreas Bourani through literature study. Moreover, the purpose of this study is to analyze the connotative meaning found in Andreas rsquo;s hit song which was a huge success in the year it was being released 2014 . Not only the song that has such positive vibes, but also the lyric that filled with lots of positivity. It mainly tells us how to cherish people who stick with us through ups and downs and to always put 100 in everything that we do so we wont regret it any other day. Based on those fact, this study intended to find how happiness is describe by the song and It turns out that there are 15 citation of the lyric that has connotative meaning which tells that happiness can be achieved by being faithful, surrounded by loved ones and optimism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rifka Alfi Hidayawati
"Artikel ini membahas tentang domestikasi penerjemahan yang menyesuaikan dengan budaya dan bahasa sasaran dalam penerjemahan lirik lagu idol group perempuan dari Jepang yaitu AKB48 ke dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan domestikasi dalam penerjemahan lirik lagu AKB48 sebagai bahasa sumber dan lirik lagu JKT48 sister idol group AKB48 dari Indonesia sebagai bahasa sasaran yang dilatarbelakangi oleh kondisi sosial, budaya dan tradisi masyarakat Indonesia. Data penelitian diambil dari lirik lagu AKB48 yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang digunakan pada pementasan JKT48. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripstif. Penelitian dilakukan dengan menganalisis 10 data yang terdapat pada 8 lagu AKB48 dan JKT48 dengan menggunakan metode LGR Leipzig Glossing Rules dan teori penerjemahan domestikasi, teori kebudayaan serta teori semantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 8 lagu terdapat 4 kelompok domestikasi yaitu religi, wilayah, sosial dan bahasa. Dari 4 kelompok domestikasi yang ditemukan, domestikasi yang paling banyak muncul adalah domestikasi religi dan wilayah.

This article discuss domestication a translation adjusting to the culture and target language in the translation of a girl idol group from Japan AKB48 rsquo;s song lyric into Indonesian. The purpose of this research is to show domestication in AKB48 rsquo;s song lyric as source language and JKT48 rsquo;s sister idol group of AKB48 from Indonesia song lyric as target language with Indonesia rsquo;s social, cultural, and tradition condition as a background. The research data is taken from AKB48 rsquo;s song lyric, translated into Indonesian language as used in JKT48 rsquo;s performance show. Method used in this research is the descriptive analysis. This research is done by analyzing 10 data in 8 AKB48 and JKT48 rsquo;s song with LGR Leipzig Glossing Rules method and the theory of domestication translation, theory of culture, and theory of semantics. The result shown that in 8 song there are 4 domestication group which is religion, area, social, and language. From the 4 domestication group, religion and area domestication group found the most.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Indri Sulastri
"Artikel ini berfokus pada isu lingkungan alam yang ditampilkan dalam lagu Respire karya Mickey 3D. Dalam artikel ini, lagu Respire akan dibahas menggunakan pendekatan ekokritik, sebuah cabang dari sastra yang mempelajari produk budaya seperti teks, film, iklan, lagu, serta media lainnya yang memberikan potret tentang hubungan manusia dengan lingkungan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis struktural dan analisis semiotika melalui analisis aspek semantik dan pragmatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan analisis pada lirik lagu.
Hasil analisis menunjukkan bahwa lirik lagu ini membahas isu lingkungan alam dalam berbagai permasalahan berbeda, yakni kerusakan alam akibat perbuatan manusia, gambaran lingkungan ideal yang hilang di masa depan, dan masalah lingkungan yang sulit diperbaiki karena keadaan alam semakin parah.

This article focuses on natural environmental issues featured in the song Respire, written by a rock music group named Mickey 3D. In this article, the song Respire will be discussed using the ecocritical approach, a branch of literature that studies cultural products such as texts, films, commercials, songs, and other media that provides a picture of the human relationship with the environment.
The theory used in this study is the structural analysis and semiotic analysis theory through analysis of semantic and pragmatic aspects. The method used in this study is a qualitative method by analizing the song lyrics.
Results of the analysis show that the lyrics of the song contains several environmental issues, namely nature damage caused by human actions, the ideal picture of the environment lost in the future and environmental problems that are difficult to repair.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Yenita
"English is an international language . In this Global era, english is realy needed since english is used in many countries.In this research, the researcher applies PQ4R method."
Padang panjang: Dinas pendidikan Kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11: 1 ( 2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Teresa Angelina Kaluge
"Riset yang mengkaji pengaruh regulasi diri terhadap strategi menulis di Indonesia belum banyak dilakukan. Penelitian ini mengkaji pengaruh perbedaan individu khususnya gender terhadap strategi menulis berbasis regulasi diri dengan melibatkan minat akademik sebagai mediator dan bertujuan menghubungkan strategi menulis dengan gender siswa seraya
memperhitungkan minat akademik ketika belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Data diperoleh lewat survei dengan instrumen berupa kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 324 orang pemelajar
bahasa Inggris sebagai bahasa asing dari empat sekolah menengah atas swasta di kota Malang.
Analisis statistik deskriptif dan inferensial multivariat digunakan untuk mengolah data yang diperoleh peneliti. Hasil olah data mengungkap bahwa penggunaan strategi menulis berbasis regulasi diri oleh siswa tergolong baik. Perbedaan gender ditemukan pada strategi "perencanaan". Apabila minat akademik Bahasa Inggris dimasukkan sebagai variabel kovariat, maka perbedaan gender ditemukan pada lebih banyak strategi menulis. "Nilai" berpengaruh terhadap "prakarsa diri", "perencanaan", dan "menghasilkan teks". "Pengetahuan"
berpengaruh pada kelima dimensi strategi menulis. Selain itu, "keterlibatan" berpengaruh terhadap "prakarsa diri", "revisi", dan "respon terhadap balikan". Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi memaparkan perbedaan gender terhadap strategi menulis dalam praktik belajar dan mengajar. Pengajar disarankan untuk memertimbangkan perbedaan gender ketika memperkenalkan strategi menulis, baik secara eksplisit maupun implisit.

Studies on the effect of self-regulation towards writing strategies in Indonesia had not been
widely carried out. This research attempted to test the effect of individual differences,
particularly gender on writing strategies based on self-regulation while taking into account the
academic interest as mediator. This research was conducted quantitatively using a correlational
design. Data were obtained through a survey model where online questionnaires were
distributed to 324 high school students who were studying English as a foreign language. Four
private schools from Malang city were the sources of samples. The data were processed using
descriptive and inferential multivariate statistical analyses. The results showed that the use of
self-regulation-based writing strategies by students was classified as good with gender
differences was found in the 'planning' strategy. However, after inputing variables of academic
interest as covariates, then gender differences were found in several writing strategies. 'Value'
influences 'self-initiating', 'planning', and 'text-generating'. 'Knowledge' affects the five
dimensions of writing strategy. In addition, 'engagement' affects 'self-initiating', 'revising',
and 'acting on feedback'. Theoretically, this research contributed to explaining gender
differences in writing strategies in teaching and learning practices. Teachers were advised to
consider gender differences when introducing writing strategies, either explicitly or implicitly.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Afifuddin Dimyathi
Sidoarjo, Jawa Timur: CV. LISAN ARABI, 2016
492.7 AFI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>