Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182732 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elrika Dwimarsya Christina
"Skripsi ini membahas dan menganalisis tentang pengaruh electronic word-of-mouth terhadap intensi wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo, dengan menerapkan Theory of Planned Behavior yaitu dengan mempertimbangkan attitude, subjective norms serta perceived behavioral control. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang sudah pernah membaca online review seputar Labuan Bajo namun belum pernah berkunjung ke daerah tersebut sebelumnya. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intention untuk berkunjung ke Labuan Bajo, namun berpengaruh signifikan terhadap attitude, subjective norms serta perceived behavioral control yang berperan sebagai variabel mediasi.

This study discusses and analyzes the effect of electronic word of mouth on tourist intention to travel to Labuan Bajo and applying the Theory of Planned Behavior by considering attitude, subjective norms and perceived behavioral control. The sample of this research is tourists who have read online review about Labuan Bajo but have never visited the place before. The data were processed using Structural Equation Modeling method.
The result of the research shows that electronic word of mouth does not significantly influence tourist intention to visit Labuan Bajo, but it has significant effect on attitude, subjective norms and perceived behavioral control that acts as mediation variable.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Krizia Joshua
"Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.

Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indriati Permanasari
"Pariwisata merupakan industri yang berperan dalam perekonomian suatu negara. termasuk penciptaan lapangan kerja. Oleh karena itu, banyak negara bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi wisatawan untuk mengunjungi kembali suatu destinasi. Hipotesis diuji secara empiris dengan mengambil sampel 250 wisatawan nusantara dan Labuan Bajo sebagai objek penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa destination attributes berpengaruh terhadap experience quality wisatawan, baik secara positif maupun negatif. Selain itu, beberapa dimensi dari experience quality memiliki pengaruh signifikan terhadap trip satisfaction, di mana hal ini berkorelasi positif dengan intention to revisit wisatawan. Model penelitian mengeksplorasi hubungan tersebut dengan menggunakan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai proses pengambilan keputusan wisatawan untuk mengunjungi kembali sebuah destinasi, dalam konteks pariwisata di negara berkembang, yaitu Indonesia.

Tourism has long been known for its potential contribution to a countrys economy, including job creation. Therefore, many countries are aiming to develop and grow their tourism industry. This study aims to analyse factors that influenced travellers intention to revisit a destination. The hypotheses were empirically tested with samples of 250 Indonesian tourists and Labuan Bajo as the object analysed. The findings revealed that various destination attributes influenced the travellers experience quality, either positively or negatively. Furthermore, some dimensions of the travellers experience quality have a significant effect on the travellers trip satisfaction and subsequently, it positively correlates with their intention to revisit the destination. The research model explored the relationship by using a Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) approach. The research findings hopefully offer key insights into the process of traveller decision making upon whether to revisit a destination, in the context of tourism in an emerging market, namely Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, dan attitude toward destination di sektor pariwisata. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa batasan penelitian terkait objek yang akan diteliti yaitu online review dengan destinasi Lombok. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel sebagai responden yang memiliki kriteria pernah membaca ulasan perjalanan online untuk destinasi Lombok dan belum pernah berkunjung ke Lombok. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 163 orang responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity dan attitude toward destination memiliki pengaruh yang positif terhadap travel intention seseorang terhadap destinasi Lombok, dimana variabel dengan pengaruh terbesar terhadap travel intention adalah destination image.

This study aims to determine and analyze the influence of electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, and attitude towards destination in the tourism sector. In this case the researchers provide several limitations of research related to the object to be studied, namely online review with the destination of Lombok. Data obtained by distributing questionnaires to the sample as respondents who have criteria; have read online travel reviews for Lombok destinations and have never been to Lombok. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. Samples collected were 163 respondents. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by Smart PLS 3.0 software. Based on the results of data processing, it was found that electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity and attitude toward destination have a positive influence on a person's travel intention towards Lombok destination, where the variable with the greatest influence on travel intention is the destination image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Welly Frank Wijaya
"Dalam menghadapi era informasi, wisatawan semakin sering menggunakan informasi electronic word-of-mouth (EWOM) dalam merencanakan perjalanan wisata. Berdasarkan penelitian terdahulu, EWOM dapat memberikan pengaruh terhadap citra tujuan wisata, sikap wisatawan terhadap tujuan wisata, dan niat wisatawan untuk berkunjung. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan hubungan antara informasi EWOM, citra tempat wisata, sikap wisatawan, dan niat wisatawan untuk berkunjung, maka dilakukan penelitian dengan mengambil wisatawan dari Indonesia sebagai objek penelitian dengan studi kasus daerah wisata lokal yang diwakili oleh Bali dan daerah wisata internasional yang diwakili oleh Phuket. Penelitian mengadopsi model penelitian Jalilvand et al., (2012).
Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa EWOM merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap citra tujuan wisata dan niat wisatawan untuk berkunjung pada daerah Bali, sedangkan citra tujuan wisata berpengaruh terhadap sikap wisatawan dan niat wisatawan untuk berkunjung pada daerah Phuket.

Face of the information age, most of travelers of often use electronic word-ofmouth information in planning travelling trip. Previous research show that EWOM has an influence on the destination image, tourist attitude, and visit intention. To know the effect and relationship between EWOM, destination image, tourist attitude, and visit intention, this research taking Indonesian's tourist as an research object. Case study in this research are Bali as representation from local destination and Phuket to represent international destination. This research adopted a model from Jalilvand et al., (2012). Data were processed using the Structural Equation Modelling method.
The result found that EWOM has an impact to the destination image and in case of Bali, tourist's visit intention can influence by EWOM factor. Next result prove that destination image has direct impact to tourist's attitude and in case of Phuket, tourist's visit intention can influence by destination image factor.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55749
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sudirman Saad
Jakarta: COREMAP II, 2009
303.33 SUD b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Alfred Rodriques Januar Nabal
"Dinamika kepariwisataan Labuan Bajo telah menghasilkan perkembangan perkotaan Labuan Bajo menjadi kota wisata. Fenomena ini disebut dengan urbanisasi pariwisata, yaitu perkembangan kota Labuan Bajo untuk tujuan produksi, penjualan, serta konsumsi barang dan jasa yang memberikan kesenangan bagi wisatawan atau pengunjung. Secara spasial, fenomena ini terlihat pada perkembangan kawasan pesisirnya sebagai pusat aktivitas komersial yang menunjang kebutuhan konsumsi wisatawan atau pengunjung. Dalam perspektif urbanisasi pariwisata, muncul bentuk ruang konsumsi pada kawasan tersebut. Namun, jauh sebelum menjadi pusat kegiatan komersial pariwisata, kawasan pesisir telah manjadi tempat tinggal bagi masyarakat setempat. Karena itu, perkembangan kawasan pesisir ini turut mengancam posisi masyarakat setempat. Dengan menggunakan model studi kasus instrumental dalam pendekatan kualitatif, penelitian ini hendak membangun penjelasan tentang pembentukan ruang konsumsi di kawasan pesisir kota Labuan Bajo yang mengancam eksistensi masyarakat setempat. Penelitian ini menunjukkan, pembentukan ruang konsumsi pada kawasan pesisir kota Labuan Bajo menjadi bagian dari produksi ruang kapitalistik. Melalui sentralisasi kapital dan konfigurasi spasial oleh negara dan swasta/privat, terjadi serangkaian abstraksi yang membentuk ruang konsumsi sebagai ruang sosial baru di kawasan pesisir kota Labuan Bajo. Signifikannya penggunaan kawasan pesisir sebagai pusat aktivitas komersial pariwisata turut menghasilkan dominasi ruang konsumsi yang diisi oleh pemilik modal, tenaga kerja, dan wisatawan atau pengunjung sebagai kelompok sosial baru di kawasan tersebut. Dominasi tersebut mengancam eksistensi masyarakat setempat melalui reduksi ruang sosial masyarakat setempat sebagai kelompok sosial lama. Munculnya fenomena perpindahan langsung maupun tekanan perpindahan mengindikasikan ancaman eksistensi masyarakat setempat karena pembentukan ruang konsumsi di kawasan pesisir kota Labuan Bajo.

Labuan Bajo tourism has resulted in the urban development of Labuan Bajo into a tourist city. This phenomenon is called tourism urbanization, namely the development of the city of Labuan Bajo for the purpose of producing, selling, and consuming goods and services that provide pleasure for tourists or visitors. Spatially, this phenomenon can be seen in the development of the coastal area as a center of commercial activity that supports the consumption needs of tourists or visitors. In the perspective of tourism urbanization, a form of consumption space appears in the area. However, long before becoming the center of commercial tourism activities, the coastal area has become a place of residence for the local community. Therefore, the development of this coastal area also threatens the position of the local community. By using an instrumental case study model in a qualitative approach, this study aims to develop an explanation of the formation of consumption space in the coastal area of Labuan Bajo city which threatens the existence of the local community. This study shows that the formation of consumption space in the coastal area of the city of Labuan Bajo is part of the production of capitalistic space. Through the centralization of capital and spatial configuration by the state and the private sector, a series of abstractions occur that form the consumption space as a new social space in the coastal area of Labuan Bajo city. The significance of the use of coastal areas as centers of tourism commercial activity also results in the dominance of consumption space filled by owners of capital, labor, and tourists or visitors as new social groups in the area. This domination threatens the existence of the local community through the reduction of the local community's social space as an old social group. The emergence of the phenomenon of direct displacement and displacement pressure indicates a threat to the existence of the local community due to the formation of consumption space in the coastal area of Labuan Bajo city."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Rizky Utami
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh dari e-WOM dalam media sosial Path™ terhadap intensi membeli pada konsumen restoran “baru”. Penelitian ini didasari oleh fenomena maraknya penggunaan internet untuk mencari informasi mengenai restoran “baru”. Informasi yang didapatkan dari orang lain mengenai sebuah restoran melalui internet disebut sebagai electronic word-of-mouth. Hennig-Thurau dkk (2004) mendefinisikan e-WOM sebagai pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh konsumen yang potensial, aktual, dan terdahulu mengenai produk atau perusahaan via internet. Penelitan ini merupakan field experiment yang dilakukan kepada 64 partisipan yang tergolong sebagai konsumen emerging well-off-youth; 30 partisipan pada kelompok kontrol; 34 partisipan pada kelompok eksperimental.
Manipulasi berupa e-WOM mengenai restoran diberikan selama lima hari melalui media sosial Path™. Setelah itu, intensi membeli partisipan diukur melalui alat ukur Intensi Membeli (Ko, 2012). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh e-WOM dalam media sosial Path™ terhadap intensi membeli pada konsumen restoran “baru” (F = 7.182; p < 0.01). Dengan demikian, pemilik bisnis restoran “baru” dapat menggunakan e-WOM untuk melakukan promosi dan juga konsumen restoran dapat menjadikan e-WOM sebagai sarana untuk mencari informasi mengenai restoran “baru”.

The objective of this study was to determine the effect of e-WOM on Path™ social media towards “new” restaurant consumer’s purchase intention. This study is based on the phenomena of the use of internet to seek information about a “new” restaurant. The information from the other people about restaurant which obtained through the internet was called electronic word-of-mouth (e-WOM). Hennig-Thurau et al (2004) defines e-WOM as “any positive or negative statement made by potential, actual, or former customers about a product or company, which is made available to a multitude of people and institutions via the Internet”. This study was a field experiment and conducted to 64 participants which all of them were classified as into well-off-youth consumers; 30
participants was in control group; 34 participants was in experimental group.
Manipulation in this study was e-WOM about a “new” restaurant that given for five days straight on Path™. Afterward, purchase intention was measured by purchase intention scale (Ko, 2012). The result of this study shows that there was an effect of e-WOM on Path™ social media towards “new” restaurant consumer’s purchase intention (F = 7.182; p < 0.01). Thus, “new” restaurant owners could use e-WOM for promoting their restaurant and also consumers could use e-WOM as a tool for searching informations about a “new” restaurant.;"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kenia Ritka Ayutimur
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word-of-mouth (e-WOM) positif terhadap intensi membeli pengguna TransjakartaTM. Penelitian ini adalah penelitian field experiment dengan desain non equivalent control group design (dengan dan tanpa e-WOM) prestest-postest. Partisipan adalah mereka yang pernah menggunakan TransjakartaTM dan memiliki akun instant messaging LINETM. Penelitian dilakukan dengan memberikan manipulasi e-WOM positif sebanyak delapan buah kepada partisipan di kelompok Eksperimen (KE) (n = 46) selama tujuh hari melalui instant messaging LINETM dan kelompok Kontrol (KK) (n = 35) tidak diberikan manipulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM positif pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap intensi membeli (t -2.677 = 0.500 (p < 0.05 )), yang berarti pada penelitian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan selisih mean antar kelompok. Hal ini juga berarti bahwa pada penelitian ini e-WOM positif tidak memiliki pengaruh terhadap intensi membeli. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya mengenai e-WOM positif yang lebih sempurna.

This study aimed to understand the effect of positive electronic word-of-mouth (e-WOM) towards purchase intention on TransjakartaTM user. This was a field experimental research with a non-equivalent control group design (with and without e-WOM) prestest-posttest. The participants are those who have used TransjakartaTM and had an account for instant messaging LINETM. This research was done by giving eight manipulation to participants in experiment group (KE) (n = 46) for seven days via instant messaging LINETM and the control group (KK) (n = 35) was not given any.
The results shows that the positive e-WOM did not have a significant effect on purchase intentions (t -2.677 = 0.500 (p < 0.05)), which means that there are no significant differences between the increase in the mean between the two groups. This means that the positive e-WOM in this study did not have an effect towards purchase intention. Therefore, this study can act as a reference to make better future research about the effect of positive e-WOM.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60776
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>