Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 97210 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Sumekar
"Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menangkap kebijakan menajemen dan aktivitas layanan anak di lima perpustakaan umum Kotamadya DKI Jakarta. Penelitian ini memberikan gambaran tentang 1) kondisi dan aktivitas layanan anak di 5 perpustakaan umum kotamadya DKI Jakarta saat ini, apakah sesuai dnegan standar IFLA dan Pedoman Perpustakaan Nasional RRI; 2) perkembangan dan aktivitas layanan anak di perpustakaan tersebut selama 5 tahun, 1990 s.d. 1994; 3) manajemen layanan anak; 4) hambatan dalam penyelenggaraan layanan anak di perpustakaan tersebut; 5) mengindentifikasi tingkat pengetahuan para pembuat keputusan di kelima perpustakan umum tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif, yakni mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan masalah penelitian, membandingkan persamaan dan perbedaan antar gejala yang ditemukan, Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan 1) Kondisi dan penyelenggaraan layanan anak di kelima perpustakaan umum Kotamadya DKI Jakarta saat ini kurang sesuai dengan standar IFLA dan Pedoman Perpustakaan Nasional RI; 2) Perkembangan layanan anak dari tahun 1990 s.d 1994 kurang berkembang, bila dikaitkan dengan pemanfaatannya dapat disimpulkan bahwa layanan anak kurang dimanfaatkan; 3) Kebijakan manajemen yang dilakukan kelima perpustakaan tersebut kurang tepat, dan tidak ditemukan konsep pemikiran responden untuk meningkatkan layanan anak; 4) secara umum hambatan yang menjadi Kendala dalam pengembangan layanan anak di kelima perpustakaan adalah faktor anggaran, SDM, dan teknik perencanaan yang statis; 5) Tingkat pengetahuan responden tentang layanan anak masih perlu ditingkatkan.
Hasil penelitian ini dikemukakan suatu konsep yang digambarkan melalui model sistem pembinaan layanan anak yang terpadu untuk tujuan meningkatkan minat baca."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmad
"Skripsi ini membahas proses layanan anak ditinjau dari sudut pandang pustakawan Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan, layanan, dan kendala yang terjadi pada proses layanan anak di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana sudah berjalan cukup lancar. Pustakawan telah melayani anak sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan visi dan misi perpustakaan yakni menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Namun menurut penulis masih dibutuhkan seorang staf yang memiliki kemampuan dan kompetensi secara khusus dalam melayani anak.

This objective of this research is to discuss about the process of childrens services that Yayasan Pustaka Kelana Library gives based on the librarian overview. The purpose of this study is to identify the opinion, services and the problem happens in the processed of children services at the Yayasan Pustaka Kelana Library. The research is a case study by using qualitative method. The data collection was taken by using participant observation, in-depth interviews and literature review. The results of this research shows that the implementation of children services in Yayasan Pustaka Kelana Library has been done fairly well. The librarians has served the children according to their needs well enough based on their library vision and mission, to gain the children's interest of reading at early age. However, the writer experienced that Yayasan Pustaka Kelana Library still requires a staff which has the good capability and competence in children serving."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Kurniawati
"Sebagai bagian dari masyarakat suatu bangsa, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, pilar utama yang melanjutkan pembangunan suatu bangsa. Anak-anak harus mempunyai bekal pendidikan yang cukup agar tumbuh menjadi orang dewasa yang arif dan bijaksana serta berguna bagi bangsa. Oleh karena itu sejak dini anak harus sudah diberi pengenalan akan bahan bacaan yang dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas, sebagai salah satu sarana yang paling utama bahan bacaan merupakan sumber dari berbagai macam ilmu pengetahuan dan sarana rekreasi. Perpustakaan umum merupakan sarana untuk mendapatkan bahan bacaan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat secara cuma-cuma.
Layanan anak sebagai salah satu perangkat penting penunjang visi dan misi perpustakaan umum maka layanan anak harus dijalankan secara profesional sehingga menjadi layanan anak yang berkualitas baik. Layanan anak yang berkualitas baik pada perpustakaan umum akan menjadi sebuah sarana yang efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat sejak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah:
a. Mengetahui pelaksanaan layanan anak di KPAK-JP dilihat dari koleksi, sasaran pengguna, pustakawan anak, ruangan dan perabot, kegiatan layanan anak serta jaringan kerjasama dengan institusi lain
b. Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan layanan anak di KPAK-JP
Penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan analisis dokumen."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S226
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyawati
"Skripsi ini mengenai pelaksanaan layanan anak di Perpustakaan Umurn Kotamadya Jakarta Timur (PUJT), dengan data utama berasal dari pendapat anak-anak pemakai layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat anak-anak terhadap kegiatan layanan anak di PUJT, yang terdiri dari layanan peminjaman buku, bimbingan menibaca, layanan rujukan, mendongeng dan pertunjukan boneka serta layanan mainan, juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan tersebut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap anak-anak pemakai layanan, Kepala Perpustakaan dan staf di bagian layanan anak, sedangkan observasi dilakukan terhadap kegiatan layanan anak di PUJT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan layanan anak d PUTT sudah dilaksanakan dengan cukup baik, misalnya dalam hal jumlah jenis layanan yang diadakan untuk anak-anak, koleksi anak, ruangan dan perabot. Layanan peminjaman buku dan layanan mendongeng dan pertunjukan boneka sudah dilaksanakan dengan baik, sedangkan dalam hal layanan bimbingan membaca sebagian besar responden ternyata tidak pernah bertanya kepada pustakawan, di sisi lain pustakawan juga bersikap pasif dan tidak pernah membantu responden tanpa ditanya atau dimintai tolong terlebih dahulu. Layanan rujukan dan mainan dari segi koleksi dan ruangan sudah cukup baik, tetapi ternyata masih kurang dimanfaatkan oleh anak-anak.
Hambatan-hambatan yang dihadapi perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan anak adalah: minat baca anak yang masih kurang, kurangnya dana untuk promosi, lokasi perpustakaan yang kurang strategis, kurangnya pengetahuan staf di bagian layanan anak mengenai layanan perpustakaan untuk anak, kurangnya bacaan anak tentang Indonesia, karangan pengarang Indonesia maupun majalah anak di pasaran serta kurangnya pemanfaatan layanan rujukan oleh anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S15402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrinna
"Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi anak, khususnya koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu pengelolaan koleksi anak mulai dari pengadaan koleksi, pengolahan, temu balik dan kegiatan layanan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpumda DKI Jakarta yang memahami topik dari penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta.Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara (depth interview), dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta, yaitu bila dilihat dari koleksi buku sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari koleksi buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia pemustaka anak. Selain itu terdapat juga koleksi non-buku berupa mainan namun di dalam mainan yang ada tidak dapat digunakan oleh anak karena dikhawatirkan akan rusak. Hambatan dalam pengelolaan koleksi anak di Perpumda ini, yaitu anggaran dan lokasi perpustakaan.

The study is about the management of children collection in public library of DKI Jakarta. Problems of study are processing, retrieval, services in order children collection is used eficiently and effectively. The research approach is qualitative research with case study method. Methods of data collection are observation, interviews (depth interview), and document analysis.
The result of the research in children's collection management in Perpumda DKI Jakarta shown that book collection management is met users needs. It could be seen from the collection of books which already fullfilled the needs of children users. In addition, there also non-book collection such as toys. But, all the toys are unusable because of avoiding the damage. The obstacle in managing children collection in Perpumda is the limit of budget and the location is not strategic.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43265
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurullita Akmalia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukan
oleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggota
aktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari -
April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus
pembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan dengan
perkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih buku
bacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan buku
bacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan oleh
anak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukai
dan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan judul
dan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalami
hambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan oleh
ketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anak
Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalam
menemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukan
bahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antara
perilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihat
dari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi.

ABSTRACT
This research discusses the book selection process carried out by children as
young as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with the
frequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in Public
Library Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to the
case study method. In this study discusses the selection process associated with
the development of children's books, the factors that affect children in selecting
books, as well as discuss the barriers experienced by children in the book
selection process. The results of this study are in the book selection process
conducted by third informant reading a book of their choosing based on what they
like and they need. In addition, the findings in this study children tend to choose
books based on titles and images contained on the cover of the book. Only one
informant who experience barriers to reading the book selection process caused by
inaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in Public
Library Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficult
for children in need. The results of this study also showed that in the book
selection process looks a match between the behavior of the informant with the
development stage of children at the age of which can be seen from the
development of cognitive, language, social, and emotional."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindy Priyanka Estri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua mengajak anaknya berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan Anak Rimba Baca, serta latar belakang ekonomi, pendidikan, dan sosial yang mendukung terjadinya motivasi pemanfaatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari sepuluh pemustaka dan dua orang pihak perpustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: motivasi intrinsik orangtua adalah edukasi, rekreasi, dan sosialisasi. Motivasi ekstrinsik yang menjadi pendorong untuk memanfaatkan perpustakaan adalah tempat dan koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Motivasi pemanfaatan dapat timbul karena didukung latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua, kebiasaan membaca dalam keluarga dan kegiatan sekolah yang mendukung.

The purposes of this research are to identify the intrinsic and extrinsic motivation of the parents who bring their children for using Rimba Baca and the economic, academic, and social background which are supported the motivations. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. There are twelve informants in this research, consists of are ten users, and two people from Rimba Baca Children Library.
The conclusions from this research are: intrinsic motivations of the parents are education, recreation, and socialization. Extrinsic motivations of the parents to use the library are place and collections in that library. The motivations of library use can emerge because they are supported by economic and academic background of the parents, reading habit in the family, and supporting school activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tricia Angelina
"Penyeleksian buku bacaan merupakan tahap awal sebelum membaca namun bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Anak-anak seringkali tidak memiliki kebutuhan informasi yang spesifik ketika ingin memilih buku bacaan. Pertimbangan-pertimbangan anak untuk memilih buku biasanya terjadi pada saat proses penyeleksian. Anak-anak biasanya memperhatikan elemen-elemen yang terdapat pada buku seperti judul, sampul buku, ilustrasi, tebal buku, juga isi cerita. Selain itu, penyeleksian anak-anak juga dipengaruhi oleh kondisi atau suasana pada saat penyeleksian.
Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa pengalaman membaca anak-anak sangat berpengaruh dengan bagaimana mereka menyeleksi buku bacaannya. Anak-anak yang memiliki banyak pengalaman membaca melakukan penyeleksiannya dengan lebih mendalam seperti melihat ringkasan dibelakang buku atau membaca sedikit buku sebelum memilih. Selain itu, anak-anak yang memiliki banyak pengalaman membaca dapat melakukan penyeleksian secara mandiri. Akan tetapi, sangatlah baik jika pustakawan tidak lepas tangan terhadap penyeleksian yang dilakukan oleh anak-anak. Pustakawan sebaiknya juga berperan dalam membantu serta mengarahkan anak-anak dalam menyeleksi buku yang sesuai dengan minat mereka sehingga mereka dapat menjadi life-long readers.

Book selection is the first stage before someone reading but it is not an easy step to do. Children often have no specific strategy when they are going to select their book. They usually consider what they want to read while they are doing the selection. They usually consider some elements of book like title, cover, illustration, thickness, and also the story. Children are sometimes influenced by their surroundings selection situation.
Based on the research result, it appears that children’s reading experience influences their selection. Children with high experience are able to do their selection deeper by observing the review on the back or peeking inside the book. Besides, children with high experience in reading feel more confident at selection process, they are able to do their own selection by them self. But, it will be great if librarians keep an eye on their selection. Librarians must take part to help them and lead them to select the book according to their interest so they will be life-long readers."
2013
S45399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chandra Hermawan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi
bagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya di Yayasan Kasih
Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalam
menjalani pengobatannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
studi kasus. Dalam prosesnya, dilakukan analisis koleksi dengan pendekatan
pengguna dan penggunaan diukur melalui persepsi pengguna, observasi pengguna
dan pengujian atas manfaat koleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi
anak yang disediakan YKAKI melalui program Sekolah-Ku didasarkan pada visi
dan misi program, perkembangan anak, pendidikan dan biblioterapi yang
diberikan melalui story telling bagi anak usia 0-6 tahun. Koleksi yang digunakan
yaitu 9,2% dari total koleksi. Namun, dalam proses pemanfaatan terdapat kendala
yaitu bahan bacaan yang dikenal masih perlu ditambah dan ditingkatkan kualitas,
menyesuaikan bahan bacaan dengan kondisi anak dan administrasi kegiatan
biblioterapi. Untuk itu, diperlukan perhatian agar membuat kebijakan
pengembangan koleksi dan ketersedian koleksi, meningkatkan pengetahuan SDM
guru/konselor mengenai manajemen koleksi anak dan laporan statistik
pemanfaatan koleksi.

ABSTRACT
This research describes about usage of child’s collection for bibliotherapy to
children with cancer in healing treatment at YKAKI. The Research conducted to
analyze the usage of child’s collection for bibliotherapy to children with cancer in
healing treatment. The type of this research is “qualitative” by “case studying”
method. The useful of collections analysis by user and using approach and the
useful was measuredby the perception of user, user’s obsevation and the test of
The usage of collection. The result of this research shows of the child’s collection
was provided YKAKI through “Program Sekolah-Ku” based on vision and mision
program, children development, education grade and biblioteraphy has been given
through story telling for children age 0-6 years. The collection was adopted
approx 9,2% from the number of collections. The obstacle was discovered of the
usage process are the reading materies was known still need enhance and advance
the quality, adapting the reading materies to child’s condition and the
administrative of biblioteraphy activity. Based on fact was discovered during the
research, it necessary to make the policy of collection development and providing
the collection, advance the human resources knowledge (teachers or concelors)
relate to the management of children’s collection and statistic report of the
collection usage."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diandra Nessia Alisty
"Penelitian ini merupakan penelitian tentang pemanfaatan yang dilakukan oleh pemustaka di Layanan Koleksi Anak Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dilihat dari aspek koleksi, layanan, fasilitas, dan pustakawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pemanfaatan yang telah dilakukan oleh pemustaka Layanan Koleksi Anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan yang dilakukan oleh pemustaka belum berjalan secara maksimal. Hal ini karena terkendala oleh beberapa faktor diantaranya adalah adanya ketidaksesuaian koleksi dengan pemustaka anak, kurangnya perhatian pihak Layanan Koleksi Anak terhadap sarana penelusuran informasi, kurangnya sumber daya manusia dalam kegiatan saat ada kunjungan, pustakawan yang belum cukup proaktif, dan adanya distorsi dalam penyelenggaraan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

This research is about the utilization done by the user in the Child Collection Services National Library of Indonesia seen from the aspect of the collection, the service, the facilities, and the librarian. The purpose of this study is to identify the utilization that has been done by the Child Collection Services user. This research is a qualitative research with descriptive method. The results showed that the utilization done by user not run maximally. This is caused by several factors such as the existence of non conformity between the collection and the users, the lack of attention of the Child Collection Services to the information tracking facilities, the lack of human resources in the activities when there is a visit, librarian who has not been proactive enough and distortion in the implementation of National Library of Indonesia. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>