Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154164 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Velysia Sanjaya
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung dan tidak langsung antara motivasi dan kepuasan wisatawan terhadap destinasi wisata melalui peran experiental-related factors dan destination image yang dipersepsikan oleh para wisatawan selama berwisata di situs warisan. Sampel penelitian ini merupakan Warga Negara Indonesia yang pernah berwisata ke Candi Borobudur dalam waktu satu tahun terakhir. Pengolahan data penelitian ini menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan 442 sampel responden. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi dan kepuasan wisatawan melalui peran destination image dan salah satu experiental-related factors. Temuan ini membantu dalam memahami faktor penentu perilaku dan kepuasan dari wisatawan terhadap situs wisata warisan.

ABSTRACT
This study aims to determine the direct and indirect effects between motivation satisfaction of tourists towards the heritage destination through the role of experience related factors and destination images perceived by tourists during a visit to a heritage destination. The sample are Indonesian citizens who had traveled to Borobudur Temple last year. The research is using Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) for processing data from 442 respondents. The result indicate that there is a significant effect between motivation-satisfaction through the role of destination image and one of the experiental related factors. These findings contribute to understanding the determinants of tourists behavior and satisfaction towards a heritage destination."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Aryanti Prima Restu
"Penelitian ini menganalisis mengenai program tata kelola destinasi pariwisata atau lebih dikenal dengan sebutan Destination Management Organization yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata. Apakah program tersebut berhasil dalam perannya dalam meningkatkan perekonomian daerah dan memeratakan manfaat ekonomi dari pariwisata kepada masyarakat lokal. Dengan menggunakan analisis kovarians untuk membandingkan koefisien Gini antara kabupaten/kota dengan program DMO dengan kabupaten/kota tanpa program DMO pada saat sebelum dan setelah pelaksanaan program didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Namun secara deskriptif terdapat indikasi bahwa program DMO akan mengurangi ketimpangan pendapatan di kabupaten/kota yang mendapatkan program tersebut.

This study aim to analyze whether the Destination Management Organization program conducted by the Ministry of Tourism is successful in its role increasing the local economy and distributing the economic benefits of tourism equally to the local communities. Using analysis covariance to compare the Gini coefficient between districts cities with DMO program with the district city without DMO program before and after the implementation of the program, this study showed that there was no significant difference between the two groups. However descriptively there are indications that the DMO program will reduce inequality in districts cities with the program.
"
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T47005
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natia Humairah
"Studi ini meneliti hubungan antara halal tourism (pariwisata halal), tourist experience (pengalaman wisata), dan constraint (kendala) untuk mengidentifikasi peran khusus dari atribut-atribut dalam membentuk destination image (citra daerah tujuan) dan revisit intention (intensi mengunjungi kembali) ke Lombok. Populasi penelitian terdiri dari 330 tanggapan survei dari wisatawan domestik Lombok. Untuk mencapai tujuan ini, pemodelan persamaan struktural digunakan untuk menganalisis data menggunakan PLS untuk menguji dampak dimensi dan variabel yang mempengaruhi destination image dan revisit intention. Lima dimensi halal tourism attributes (lingkungan sosial, fasilitas, makanan dan minuman, layanan, dan staf), empat dimensi tourist experience (escapism, entertainment, esthetics, dan education), tiga dimensi constraint (avaibility, structural, dan interpersonal), tiga dimensi destination image (scenery, infrastructure, affective dan water sports), dan tiga atribut revisit intention diidentifikasi. Analisis regresi kuadrat terkecil parsial menunjukkan bahwa tourist experience menentukan peran terbesar dalam destination image. Hasil penelitian menentukan apakah keberadaan faktor pariwisata halal dapat mempengaruhi citra tujuan dan membuat wisatawan untuk mengunjungi kembali Lombok di masa depan, oleh karena itu pemasar dapat menciptakan nilai tambah untuk daerah tujuan wisata yang dikelola dengan mempertimbangkan faktor-faktor pariwisata halal.

This study examines the relationship between halal tourism, travel experience, and constraint to identify the particular role of the attributes in forming destination image and revisit intention to Lombok. The study population comprises of 330 survey responses from domestic tourists of Lombok. In order to achieve this objective, structural equation modelling was used to analyze the data using PLS to examine the impact of dimensions and variable that influence destination image and revisit intention. Five dimensions of halal tourism (social environment, facilities, food and beverages, service, and staff), four dimensions of travel experience (escapism, entertainment, esthetics, and education), three dimensions of constraints (avaibility, structural, and interpersonal), three dimension of destination image (scenery, infrastructure, affective, and water sports), and three attributes of revisit intention were identified. Partial least squares regression analysis shows that tourism experience defining biggest roles in the destination image. The results determine whether the existence of halal tourism factors can affect the destination image and make a tourist to revisit Lombok in the future, therefore marketers can create added value for managed tourist destination areas by taking into the factors of halal tourism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Agustin Pratama Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh travel motivation dan destination image terhadap intention to visit halal destinaton yang dimoderasi oleh novelty seeking behavior. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 229 wisatawan nusantara. Peneliti menggunakan survey online sebagai cara memperoleh responden. Data diolah dengan menggunakan Equation Structural Modelling.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa faktor yang signifikan dan berhubungan positif terhadap intention to visit halal destination hanya travel motivation dan affective destination image. Untuk faktor lainnya tidak signifikan terhadap intention to visit halal destination. Selain itu, dalam penelitian ini juga diketahui adanya pengaruh moderasi baik dari cognitive destination image maupun affective destination image, meskipun begitu kedua variabel tersebut memiliki hasil pengaruh yang berbeda.

The purpose of this study is to understand the effect of travel motivation and destination image to intention to visit halal destination. This study also use novelty seeking behavior as moderating variable. This researh is quantitative research with 229 respondents. Researcher use online survey to get respondents. The data is processed by using Equation Structural Modeling.
The result of the research is only travel motivation and affective destination image that significant and positively related to intention to visit halal destination. The other factors not significant to intention to visit halal destination. In addition, in this study also known the influence of moderation both from cognitive destination image and affective destination image, although both variables have different effects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52050
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Surya Dinata
"[Membangun keterikatan destinasi adalah kunci dalam pemasaran kepariwisataan saat ini Sebuah studi menjelaskan bahwa secara teori model untuk membangun kepuasan dalam berwisata dapat didasari oleh rasa keterikatan pada destinasi yang rasa keterikatan tersebut dapat diciptakan dari kredibilitas suatu informasi dan citra destinasi itu sendiri. Hubungan keempat variabel tersebut diuji pada 187 responden yang mengunjungi Pulau Tidung Hasil olahan data dengan SEM mengindikasikan bahwa kredibilitas informasi dan citra suatu destinasi dengan melalui mediasi keterikatan destinasi dapat mempengaruhi kepuasan berwisata. Studi ini dapat memberikan implikasi manajerial terhadap praktek kepariwisataan.

Building emotional destination attachment is a key tourism destination branding issue in todays tourism market. The current study aims to develop and test a comprehensive theoretical model for destination branding are destination source credibility destination image and destination attachment as antecedents of destination satisfaction. These relationships are examined for a sample of 187 tourists visiting Tidung Island Indonesia The SEM indicates that destination source credibility and destination image could indeed affect tourist perceptions of destination satisfaction with regard to destination attachment. The findings offer important implications for tourism management and practice., Building emotional destination attachment is a key tourism destination branding issue in today rsquo s tourism market The current study aims to develop and test a comprehensive theoretical model for destination branding are destination source credibility destination image and destination attachment as antecedents of destination satisfaction These relationships are examined for a sample of 187 tourists visiting Tidung Island Indonesia The SEM indicates that destination source credibility and destination image could indeed affect tourist perceptions of destination satisfaction with regard to destination attachment The findings offer important implications for tourism management and practice ]"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61330
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusreni Nur Ariefah
"ABSTRAK
Pariwisata merupakan sektor yang paling potensial untuk mendatangkan devisa dan mudah menciptakan lapangan kerja. Sebagai negara dengan jumlah Muslim terbanyak di dunia, Indonesia sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor motivasi turis terhadap kepuasan turis pada turis Muslim Indonesia menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan motivasi turis dan berpengaruh positif terhadap kepuasan turis dan variabel Islamic norms and practices mampu memoderasi pengaruh pull motivation terhadap kepuasan turis namun tidak untuk push motivation.

ABSTRACT
Tourism is the most potential sector to increase foreign exchange and easily to create job opportunities. As the country with the largest Muslim population in the world, Indonesia has the potential to develop a halal tourism. This study aims to analyze the factors of motivation on tourist satisfaction for Indonesian tourist Muslim using multiple regression analysis. The result of this research shows that tourist motivation has influence towards overall tourist satisfaction and the variable of Islamic norms and practices are able to moderate the effect of pull motivation on the overall tourist satisfaction but not to push motivation."
2017
S67731
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Khanza
"Aktivitas pemasaran diperlukan dalam industri pariwisata. Salah satu pemasaran yang dilakukan adalah melalui aktvitas E-Wom. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara E-Wom, Destination Image, Attitude Toward Destination, dan Travel Intention. Penelitian ini melibatkan 140 responden yang peneliti dapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan langsung di Singapura melalui teknik convenience sampling dan snowball sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa attitude toward destination wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap travel intention wisatawan dan destination image berpengaruh secara signifikan terhadap attitude toward destination wisatawan pada studi kasus Provinsi DKI Jakarta.

Marketing activities are needed in tourism industry. One of which is through the use of E-Wom. The purpose of this quantitative study is to analyze the effect among E-Wom, Destination Image, Attitude Toward Destination, dan Travel Intention. The study consists of 140 respondents administered through the distribution of online and direct questionaires in Singapore with the use of convenience sampling and snowball sampling methods.
The empirical results from the structural model suggest that tourist's attitude toward destination significantly effects tourist's travel intention and destination image significantly effects tourist's attitude toward destination, especially in the case of DKI Jakarta.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62672
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nimeesha Sanya Atika
"Pulau Bintan merupakan sebuah destinasi wisata yang menghadirkan wisata dengan kekayaan wisata alam bahari. Untuk mendatangkan wisatawan, maka strategi pemasaran loyalitas tercipta akibat adanya kepuasan wisatawan akibat pengalaman perjalanan di sebuah destinasi pulau. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh travel experience terhadap destination loyalty melalui tourist satisfaction dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara travel experience terhadap destination loyalty, melalui mediasi tourist satisfaction. Hasil lain menunjukan bahwa tourist satisfaction menjadi faktor yang memiliki pengaruh langsung yang signifikan dalam menciptakan destination loyalty. Terdapat saran dari penelitian ini yaitu perlunya peningkatan untuk pembangunan daerah dalam menyediakan pelayanan dan fasilitas Pulau Bintan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan wisata.

intan Island is destination that presents with natural landscape of marine tourism. To increase tourist visit, destination loyalty is marketing strategy to created tourist satisfaction with the travel experience in an island destination. This research was conducted to analyze the effect of travel experience on destination loyalty with mediation tourist satisfaction with a quantitative approach. The results showed that there was an effect between travel experience on destination loyalty, through the mediation of tourist satisfaction. Other results show that tourist satisfaction is a factor that has a significant direct effect in creating destination loyalty. There are suggestions from this research, namely need for improvement in regional development in providing services and facilities for Bintan Island to improve travel experience in destination."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inda Susanti
"Indonesia memiliki banyak bangunan tua bernilai sejarah yang sebagian mangkrak. Dengan inovasi dan kreativitas, salah satu bangunan tua bekas pabrik gula di Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, berhasil direnovasi dan difungsikan sebagai rest area jalan tol sekaligus destinasi wisata dan sentra UKM. Diresmikan pada Maret 2019, Rest Area Km 260B Heritage Banjaratma saat ini menjadi satu-satunya rest area berkonsep heritage di Indonesia. Rest area ini dibangun dengan mempertahankan bentuk asli fisik dari pabrik gula yang dibangun pada jaman Hindia Belanda sekitar tahun 1908. Keunikannya menjadikan rest area di tol Trans Jawa ini viral di media sosial. Penelitian ini bertujuan melihat aspek pemasaran viral dan komunikasi media sosial dalam mempromosikan dan membangun awareness sekaligus masyarakat tentang suatu destinasi wisata. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari wawancara dengan pengelola dan pengunjung rest area, observasi lapangan, dokumentasi, studi pustaka dan data internet. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi dengan analisis yang bersifat induktif. Kesimpulannya, sesuatu yang unik dan berbeda akan mudah menjadi viral di media sosial. Penelitian ini memiliki implikasi praktis yaitu sebagai kisah sukses pemasaran viral dalam mempromosikan destinasi heritage. Selain itu juga menjadi percontohan untuk pengembangan rest area berkonsep destinasi wisata heritage ke depannya.

Indonesia has many old buildings of historical value that are partially stalled. With innovation and creativity, one of the old buildings formerly a sugar factory in Banjaratma, Brebes, Central Java, was successfully renovated and functioned as a toll road rest area as well as a tourist destination and Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) center. Inaugurated in March 2019, Banjaratma Heritage Rest Area 260B is currently the only rest area with a heritage concept in Indonesia. This rest area was built by maintaining the original structure of a sugar factory that was built in the Dutch colonial era, precisely in 1908. Its uniqueness makes the rest area in Trans Java toll road viral on social media. This study aims to look at aspects of viral marketing and social media communication in promoting and building public awareness about rest area as a tourist destination using descriptive qualitative research with the case study method. Data obtained from interviews with manager and visitors to the rest area, visitors, field observations, documentation, library research, and internet data. Data collection techniques were carried out by triangulation with inductive analysis. In conclusion, something unique and different will quickly become viral on social media. This research has practical implications as a viral marketing success story in promoting heritage destinations. Besides, it also became a model for the development of rest areas with the concept of heritage tourism destinations in the future. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>