Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 198661 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rendi Tegar Pratama
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan perilaku konsumen produk makanan anjing dan kucing berdasarkan Theory of Planned Behaviour. Berdasarkan teori, peneliti menggunakan model teoritis yang terdiri dari variabel attitude, subjective norms, perceived behavioural control (PBC), intention, behaviour dan diperluas dengan dimasukkannya variabel self-identity dan social norms. Survei dilakukan terhadap 300 pemilik anjing dan kucing melalui penyebaran kuesioner menggunakan platform online. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software LISREL 8.8 Full Version dan hasilnya menunjukkan bahwa intention cenderung dipengaruhi oleh attitude, subjective norms, perceived behavioural control (PBC), self-identity dan social norms. Selain itu, niat untuk membeli produk makanan anjing dan kucing cenderung mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Studi ini mendukung keselarasan Theory of Planned Behaviour dengan pemasaran produk makanan anjing dan kucing serta memperluas pemahaman tentang perilaku konsumen makanan anjing dan kucing.

The purpose of this research study was to identify the factors that determine the consumer behaviour of dog and cat food products based on the theory of planned behaviour. According to the theory, researchers propose a theoretical model consisting of the constructs of attitude, subjective norms, perceived behavioural control (PBC), intention, behaviour, and expanded with the inclusion of the self-identity and social norms construct. The survey was conducted with 300 dog and cat owners through a questionnaire distribution using an online platform. Data obtained were analyzed using structural equation model using LISREL 8.8 Full Version software and the results indicate that the intention tends to be influenced by the attitude, subjective norms, perceived behavioural control, self-identity and social norms constructs. Furthermore, the intention to purchase dog and cat food products tend to influence consumer purchasing behaviour. The study supports the alignment of the theory of planned behaviour (TPB) adherence to the marketing of dog and cat food products, extending the understanding of the behaviour of the dog and cat food consumers."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nico Wibawa
"Indonesia merupakan negara dengan potensi pertumbuhan penjualan barang mewah yang besar, terutama pada produk fashion. Namun, di sisi lain Indonesia juga merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Konsumsi barang mewah sering dianggap sebagai konsumsi untuk menaikkan status dan menunjukkan sifat cinta dunia, yang mana hal ini bertolak belakang dengan konsep agama Islam.
Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah purchase intention dan purchase behavior produk fashion dipengaruhi atau tidak oleh tingkat religiusitas konsumen dengan menggunakan model extended Theory of Planned Behavior TPB . Sampel pada penelitian ini adalah konsumen Muslim yang pernah melakukan pembelian produk fashion mewah kategori affordable. Data diolah dengan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling PLS SEM pada SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap purchase intention. Perceived behavioral control juga berpengaruh positif terhadap purchase behavior. Selain itu, religiusitas ditemukan tidak memoderasi hubungan antara attitude, subjective norm, perceived behavioral control, purchase intention, dan purchase behavior pada produk fashion mewah.

Indonesia is a country with huge potential growth in sales of luxury goods, especially in fashion products. However, on the other hand Indonesia is also a country with the largest Muslim population in the world. Consumption of luxury goods is often regarded as status consumption and show the nature of love of the world, which is contrary to the concept of Islam.
This study aims to analyze whether purchase intention and purchase behavior of fashion products is affected or not by the level of consumer religiosity by using an extended framework of the Theory of Planned Behavior TPB. The sample in this study is Muslim consumers who have made purchases of affordable luxury fashion products. The data were processed using Partial Least Square Structural Equation Modelling PLS SEM in SmartPLS 3.
The results showed that attitude, subjective norm, and perceived behavioral control have positive effect on purchase intention. Perceived behavioral control also has a positive effect on purchase behavior. Furthermore, religiosity does not moderate the relationship between attitude, subjective norm, perceived behavioral control, purchase intention, and purchase behavior on luxury fashion products.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Richard, Jean
"ABSTRAK
Tesis ini membahas intensi perilaku konsumen terhadap Big Cola yang didasari oleh ?Theory of Planned Behavior ?. Kemudian dengan teori tersebut peneliti mengeksplorasi pengaruh dari setiap variabel yaitu sikap, norma subyektif dan perceived behavior control terhadap intensi perilaku konsumen kepada produk Big cola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dengan mengolah beberapa variabel independen yaitu sikap, norma subyektif dan perceived behavior control dengan satu variabel dependen yaitu intensi menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa semakin kuat pengaruh perceived behavior control maka semakin tinggi intensi konsumen terhadap Big Cola. Perceived behavior control mempengaruhi intensi konsumen terhadap produk Big Cola dengan signifikan.

Abstract
This study focused on intention behavior based on ?Theory of Planned Behavior?. Then with that theory the researcher explore the effect of every variable which are attitude, subjective norm, and perceived behavior control against consumer behavior intention to Big Cola. This research is using quantitative research with descriptive design by developing several independent variables that are attitude, subjective norm, and perceived behavior control with one dependent variable which is intention using multiple linier regression. The results of this research explain that the stronger affect of perceived behavior control the higher consumer intention toward product Big Cola. Perceived behavior control affects consumer intention toward product Big Cola significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T29456
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Ayu Maharani
"Digitalisasi sangat mempengaruhi dalam perindustrian musik yang mengubah kebiasaan mendengarkan musik dengan layanan berlangganan ketimbang membeli secara satuan. Pembahasan literatur ini berfokus untuk menjabarkan pengaruh-pengaruh kepada individu dalam memutuskan untuk berlangganan layanan streaming musik berbayar dan berusaha untuk memahami bagaimana keyakinan konsumen dalam layanan streaming musik yang mempengaruhi niat untuk menggunakan layanan secara berbayar. Pembahasan sebelumnya menemukan keterlibatan interaksi kompleks antara faktor teknis, ekonomi, sosial, dan psikologis menjadi faktor penentu dalam keputusan tersebut. Faktor penentu tersebut dapat ditentukan oleh faktor eksternal dan internal dari individu. Riset ini berusaha melebarkan literatur perilaku konsumen di dalam bisnis layanan digital. Spotify akan menjadi layanan yang akan dibahas karena merupakan pemimpin pasar dari industri layanan streaming musik. Penulis menggunakan Theory of Planned Behaviour sebagai alat untuk menjelaskan keputusan seseorang dalam berlangganan layanan musik berbayar. Keputusan dalam berlangganan tersebut ditentukan oleh Perceived Behavioural Control yang merupakan menjadi salah satu penentu bagian dari perilaku yang dapat mempengaruhi pemikiran seseorang mengenai tindakan yang akan diambil yang dihasilkan dari nilai subjektif seseorang. Kontrol ini ditentukan oleh faktor-faktor seperti kemampuan pengguna maupun pengaruhi dari orang-orang disekitarnya untuk mengendalikan tindakan dalam berlangganan berbayar atau tidak. Fitur-fitur berlangganan secara bersama yang dimiliki Spotify yang memiliki pengaruh dari tekanan sosial dan juga keringanan ekonomi dalam memutuskan seseorang berlangganan berbayar.

Digitalization has impacted the music industry that has been changing the music activity to subscribing a digital service rather than buy separately. This literature study focused on describing the influences to individuals decision making on subscribing to the digital streaming service and understanding the consumer confidence in the streaming service that influenced the move to paid services. Previous study had found the complex relation of technical, economic, social, and psychological factors within interaction. Those determinant factors are able to be completed by external and internal factors within individuals. This study strives to widen the consumer behavior study in the digital services business. Spotify as the market leader in the digital streaming service will be examined as the main case. The writer admitted the Theory of Planned Behaviour as tools for explaining someone's decision to have a paid subscription. Perceived behavioral control shapes the decision behavioral from someone’s subjective norms. This control is determined by several factors such as the user's ability to decide the service's worthiness or the external factors as the peer groups or families. The extended subscribing features such as family plan or sharing plan moreover has influences in communal stimulus and economic remission on someone’s decision to having paid subscription."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Emirsyah Irsan
"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengaruh pengetahuan CSR konsumen terhadap perilaku pembelian produk hijau. Penelitian ini menggunakan sampel konsumen muda berusia 16-30 tahun yang berdomisili di Indonesia ketika pengambilan data survey dilakukan. Terdapat 233 respon yang valid yang dikumpulkan dengan menggunakan metode convenience sampling. Data dalam penelitian ini diproses dan dianalisa dengan menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM). Penelitian ini menemukan bahwa perilaku pembelian produk hijau dipengaruhi secara langsung oleh pengetahuan CSR konsumen dan sikap konsumen terhadap lingkungan. Penelitian ini juga menemukan bahwa anggapan efektifitas konsumen memoderasi hubungan antara pengetahuan CSR konsumen dan perilaku pembelian produk hijau, namun tidak memoderasi hubungan antara pengetahuan CSR konsumen dan sikap konsumen terhadap lingkungan. Meski begitu, sikap konsumen terhadap lingkungan tidak dipengaruhi oleh pengetahuan CSR konsumen, serta tidak terdapat hubungan moderasi yang disebabkan sikap konsumen terhadap lingkungan, antara pengetahuan CSR konsumen dan perilaku pembelian produk hijau. Studi ini diharapkan dapat memberi masukan terhadap pemerintah untuk mengetahui seberapa jauh konsumen muda di Indonesia telah memprioritaskan membeli produk ramah lingkungan. Serta untuk perusahaan, untuk mengetahui pentingnya melakukan kegiatan CSR dan mengkomunikasikannya secara efektif kepada konsumen.

The purpose of this study is to understand whether consumer CSR knowledge influences green purchase behavior. The sample used in this study is young Indonesians aged 16-30 at the time the survey was taken. There were 233 valid responses collected using the method of convenience sampling. The data is processed and analyzed using the Partial Least Square—Structural Equation Model (PLS-SEM). This study finds that consumer CSR knowledge and environmental attitude directly influence green purchase behavior. Moreover, perceived consumer effectiveness moderates the relationship between consumer CSR knowledge and green purchase behavior but not in the relationship between consumer CSR knowledge and consumer environmental attitude. Meanwhile, consumer environmental attitude is not influenced by consumer CSR knowledge. Also, consumer environmental attitude does not mediate the relationship between consumer CSR knowledge and green purchase behavior. This study is expected to assist the government in measuring how far young Indonesian consumers have shifted to preferring a more environmentally-friendly product and for the company to assess the importance of exercising CSR activities and communicating effectively with the consumer."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Muhammad Naufal
"Maraknya femonena hijrah di kalangan para selebriti di Indonesia dewasa ini memberikan pengaruh yang kuat kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman agama Islam, salah satunya transaksi jual beli emas yang sesuai dengan ketentuan syariah. Semakin maraknya fenomena tersebut membuat lembaga jual beli emas berbasis syariah dapat menerapkan strategi pemasaran influencer baru yang menyasar kepada kalangan muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh fenomena hijrah di kalangan para selebriti terhadap niat masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli emas sesuai syariah di lembaga jual beli emas berbasis syariah dengan fokus fisik emas berupa emas batangan. Penelitian ini melibatkan 175 responden dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan model penelitian yang mengadopsi Theory of Planned Behavior (TPB) serta hasil teoretis dari literatur sebelumnya yang berkaitan dengan pemasaran influencer yang mempengaruhi intensi. Hasil penelitian menemukan bahwa trust, perceived expertise, dan perceived congruence dapat memberikan pengaruh terhadap transaction intention secara langsung maupun tidak langsung, yaitu melalui attitude toward the celebrity dan brand attitude.

The rise of the hijrah phenomenon among celebrities in Indonesia today gives a strong influence on society to increase understanding of Islam, one of which is gold transactions in accordance with sharia principles. The increase of this phenomenon has made sharia-based gold buying and selling institutions able to implement a new influencer marketing strategy that targeting Muslims. This study aims to analyze how the influence of the hijrah phenomenon among celebrities on consumer intention to carry out sharia-compliant gold transactions at sharia-based gold institutions with gold bullion as the focused form of gold. This study involved 175 respondents and was analyzed using the PLS-SEM method with a research model that adopted the Theory of Planned Behavior (TPB) as well as theoretical results from previous literature related to the influencer marketing that affects intention. The results of the study found that trust, perceived expertise, and perceived congruence can influence transaction intentions directly or indirectly, which is through attitudes toward the celebrity and brand attitude."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Myrza Fandhika Putra Soeripto
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh empat dimensi homophily (sikap, latar belakang, nilai dan moral, dan penampilan), keterikatan emosional antara vlogger dan audiens, dan keahlian vlogger terhadap popularitas food vlogger dan pengaruh popularitas food vlogger terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan survey daring menggunakan Google Form kepada 245 responden berumur 17-54 tahun, dan merupakan penonton konten food vlogger di YouTube. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software pengolahan data LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa popularitas food vlogger memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari keempat dimensi homophily, hanya dimensi nilai dan moral yang memiliki pengaruh positif terhadap popularitas food vlogger, dan hanya dimensi sikap dan nilai dan moral yang memiliki pengaruh positif terhadap keterikatan emosional antara food vlogger dengan audiens. Selain itu, keahlian food vlogger juga memiliki pengaruh positif terhadap popularitas food vlogger. Di sisi lain, tidak terdapat pengaruh positif antara keterikatan emosional food vlogger dan audiens dengan popularitas food vlogger.

This study discusses the influence of the four dimensions of homophily (attitude, background, values and morals, and appearance), emotional attachment between the vlogger and the audience, and the expertise of the vlogger on the popularity of food vloggers and the influence of the popularity of food vloggers on consumer purchase decisions. This study conducted a survey of 245 respondents aged 17-54 years, and are viewers of food vlogger content on YouTube. Data was processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method with LISREL 8.80 software. The results showed that the popularity of food vloggers has a positive influence on consumer purchasing decisions. Of the four homophily dimensions, only values and moral dimensions have a positive influence on the popularity of food vloggers, and only the attitude and values and morals dimensions have a positive influence on the emotional attachment between the food vlogger and the audience. Food vlogger expertise also has a positive influence on the popularity of food vloggers. On the other hand, there is no positive effect between the emotional attachment of food vloggers and their audience to the popularity of food vloggers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rohman Riadi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap niat beli item dalam game online Mobile Legends: Bang - Bang. Mobile Legends merupakan salah satu game online yang populer di Indonesia. Dalam game ini, pemain dapat membeli berbagai item, seperti skin karakter dan berbagai item lainnya untuk meningkatkan pengalaman bermain. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online kepada 240 responden dan terdapat 203 responden yang merupakan pemain aktif Mobile Legends. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian adalah Theory of Planned Behavior (TPB) yang meliputi sikap terhadap perilaku pembelian, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku pembelian dan norma subjektif memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap niat beli item dalam game MLBB. Sementara itu, kontrol perilaku ysng dirsasakan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Selain itu, faktor-faktor lain seperti motivasi ekstrinsik dan jenis kelamin, juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli item game MLBB. Temuan ini menunjukkan bahwa pemain yang merasa mampu untuk melakukan pembelian cenderung memiliki niat yang lebih besar untuk membeli item dalam game MLBB. Selain itu, jenis kelamin dan motivasi ekstrinsik memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pembelian niat neli item game MLBB.

This study aims to analyze consumer behavior towards the intention to purchase items in the online game Mobile Legends: Bang - Bang. Mobile Legends is one of the most popular online games in Indonesia. In this game, players can buy various items, such as character skins and other items, to enhance their gaming experience. This study employs a quantitative approach by distributing an online questionnaire to 240 respondents, of which 203 are active Mobile Legends players. The theory used as the basis of the research is the Theory of Planned Behavior (TPB), which includes attitudes towards purchasing behavior, subjective norms, and perceived behavioral control. The results indicate that attitudes towards purchasing behavior and subjective norms have a negative and significant impact on the intention to purchase items in the game MLBB. Meanwhile, perceived behavioral control has a positive and significant influence. Additionally, other factors such as extrinsic motivation and gender were also found to have a positive and significant effect on the intention to purchase items in the game MLBB. These findings suggest that players who feel capable of making purchases tend to have a greater intention to buy items in the game MLBB. Furthermore, gender and extrinsic motivation significantly influence the intention to purchase items in the game MLBB."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Razif Syauqi Adriananta
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penumpang maskapai penerbangan bertarif rendah. Penelitian ini mengacu pada penelitian Pan dan Truong (2018) yang dilakukan di Cina, namun karena kesamaan budaya, maka penelitian ini dapat diterapkan di Indonesia. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku, harga tiket, frekuensi penerbangan, akses, dan kecenderungan dalam menghindari ketidakpastian sebagai variabel bebas, sikap sebagai variabel intervening dan niat dalam berperilaku sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah maskapai penerbangan bertarif rendah, dimana teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel terdiri dari 200 responden. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap penumpang, kualitas layanan, harga tiket, dan frekuensi penerbangan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi behavioral intention pada penumpang maskapai bertarif rendah. Sedangkan kualitas pelayanan juga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi sikap dari pelanggan. Kemudian, dari hasil pengujian persepsi kontrol perilaku, norma subyektif, akses, kecenderungan dalam menghindari ketidakpastian, serta efikasi diri teknologi tidak berpengaruh terhadap niat.

This study aims to analyse the factors that influence the intention of LCC airline passengers. This study refers to the research of Pan and Truong (2018) conducted in China but due to the similarity of culture this research can be applied in Indonesia. The variables in this study consist of service quality, subjective norms, perceived behavioural control, price, frequency, access, uncertainty avoidance as independent variables, attitude as intervening and behavioural intention variables as the dependent variable. The sample in this study is the use of LCC airlines where the sample technique used is purposive sampling. The number of samples consisted of 200 respondents. Data analysis method uses Structural Equation Modelling. The results showed that passenger attitude, service quality, price, and frequency were factors that could influence behavioural intention on LCC airline passengers. Meanwhile, service quality is also a factor that can affect attitude. Meanwhile from the test results, perceived behavioural control, subjective norms, access, risk avoidance and technology self efficacy does not have influence on intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fikri Muhammad Kasyfi
"Laporan ini bertujuan untuk menjabarkan tipe-tipe konsumen berdasarkan teori-teori mengenai kepribadian manusia. Teori kepribadian menerangkan adanya pengaturan yang dinamis dalam sistem psikofisik individu yang menentukan karakteristik perilaku dan pemikiran mereka (Allport, 1961). Melalui wawancara terhadap dua konsumen, laporan ini berusaha untuk menunjukkan bahwa kepribadian konsumen menjadi lebih rumit ketika mereka memilih sebuah produk. Seperti diketahui, saat ini terdapat begitu banyak pilihan merek maupun produk yang ditawarkan. Kepribadian adalah sesuatu yang unik yang dimiliki seseorang yang mencerminkan perpaduan antara perilaku dan karakteristik orang tersebut, dan karenanya diikuti oleh kemampuannya untuk merespon hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Berdasarkan kenyataan ini, kepribadian konsumen dianalisa dengan tujuan untuk memperoleh strategi marketing yang cocok bagi pangsa pasar ini. Keunikan dalam kepribadian konsumen merupakan sebuah tantangan bagi bisnis untuk bisa memahaminya, sebab terdapat begitu banyak pasar yang perlu dianalisa, terlebih juga karena saat ini selera pasar begitu beragam. Tidaklah heran bahwa analisa kepribadian tidak dapat menjamin keberhasilan sebuah strategi marketing; walaupun hal tersebut membantu bisnis menemukan startegi marketing yang tepat dan juga, namun tak terbatas pada, produk yang tepat.

The purpose of this report is to describe the type of consumer based on personality theories. Personality theory explains about the dynamic organization within the individual of those psychophysical systems that determine the characteristics behavior and thoughts (Allport, 1961). Using interview to two consumers this report identifies that the personality of a consumer are getting more complex in purchasing a product. There are more option in products and brands that the consumers can choose. Personality is a unique particular characteristic that everybody has that reflects their blend of behavior and characteristics, and therefore followed by the ability in responding surrounding events. Therefore, the personality of the consumer shall be analyzed to be able to fit in the right marketing strategy to them and harness it. The unique aspect of the personalities in each person is really a challenge for a business to understand, as there are numerous markets that should be studied, especially that tastes are also varied among people nowadays. It's a no wonder that personality analysis could not assure the success of a marketing strategy; though it will help the business to make a right marketing strategy and also, but not limited to, product.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>