Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122510 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Salsabila Ramadhani
"Adanya ratifikasi Paris Agreement oleh Indonesia memberikan konsekuensi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca secara bertahap. Ekonomi hijau menjadi salah satu gagasan ekonomi yang tidak hanya menyejahterakan sosial dan masyarakat, tetapi juga berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. Salah satu wujud ekonomi hijau adalah konsumsi produk ramah lingkungan. Berangkat dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi beralih ke produk ramah lingkungan pada konsumen muslim Indonesia. Hal tersebut dicapai dengan menggunakan theory of planned behavior yang diintegrasikan ke dalam push-pull-mooring theory. Dengan memanfaatkan data primer berupa kuesioner melalui metode Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), sebanyak 715 responden telah berkontribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa switching cost, religiosity, attitude towards behavior, subjective norms, perceived behavioral controls, mempengaruhi secara signifikan terhadap intensi beralih ke produk ramah lingkungan pada seorang muslim. Implikasi dari temuan ini adalah intensi beralih seseorang dapat dipengaruhi oleh sisi religiositas yang juga berpengaruh pada attitude towards behavior sehingga tingginya religiositas dapat meningkatkan intensi beralih seseorang. Hasil penelitian ini juga diharapkan mampu memperkuat preferensi pemerintah untuk lebih mengedepankan produk ramah lingkungan yang memperhatikan environment, social, dan governance.

Indonesia's ratification of the Paris Agreement has the consequences of gradually lowering greenhouse gas emissions. The green economy became one of the economic ideas that not only improved social and societal, but also contributed to sustainable development. One of the forms of the green economy is the consumption of environmentally friendly products. Based from that background, this study aims to analyze the factors that influence the intensity of switching to environmentally friendly products in Indonesian Muslim consumers. This is achieved by using the theory of planned behavior that is integrated into the push-pull-mooring theory. By leveraging primary data in the form of questionnaires through the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method, a total of 715 respondents contributed. The results showed that switching costs, religiosity, attitude towards behavior, subjective norms, perceived behavioral controls, significantly affect the intensity of switching to green products in a Muslim. The implication of this finding is that a person's shifting intensity can be influenced by the religiosity side that also affects the attitude towards behavior so that the more religiosity increases the intensity of a person's switching. The results of this study are also expected to strengthen the government's preference for more green products that pay attention to environment, social, and governance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Handy Putranto
"Penelitian ini menguji bagaimana perbedaan sikap lingkungan, perhatian lingkungan, sikap serius terhadap permasalahan lingkungan, tanggung jawab lingkungan, pengaruh teman sebaya, identitas pribadi terhadap lingkungan dan pengetahuan lingkungan berpengaruh terhadap intensitas pembelian produk ramah lingkungan pada konsumen remaja laki-laki dan perempuan. Berdasarkan data 200 konsumen ditemukan bahwa pada remaja laki-laki, faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap intensitas pembelian produk ramah lingkungan adalah sikap lingkungan, perhatian lingkungan dan pengaruh teman sebaya. Sedangkan pada remaja perempuan, faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap intensitas pembelian produk ramah lingkungan adalah sikap lingkungan, perhatian lingkungan, tanggung jawab lingkungan dan pengaruh teman sebaya.

This research examined how gender differs in environmental attitude, environmental concern, perceived seriousness on environmental problems, environmental responsibility, peer influence, self identity and environmental knowledge affect green purchase intention for male and female adolscence. From the data of 200 consumers confirmed that in male adolscence, factors that significantly affect green purchase intention is environmental attitude, environmetal concern and peer influence. Meanwhile in female adolscence, factors that significanly affect green purchase intention is environmental attitude, environmental concern, environmental responsibility and peer influence.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46530
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cyrillia Safina Hadi
"Peningkatan sampah tekstil yang terus merugikan lingkungan merupakan urgensi bagi seluruh pihak untuk bersama-sama menangani masalah tersebut, baik dari pihak perusahaan pakaian maupun pihak masyarakat. Akan tetapi, mayoritas konsumen enggan membeli produk pakaian ramah lingkungan karena harganya yang premium atau lebih mahal daripada pakaian lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk melihat faktor-faktor yang mendorong konsumen muslim generasi Z dan milenial di Indonesia untuk bersedia membayar harga premium pada produk pakaian muslim modest ramah lingkungan. Penelitian ini mengumpulkan data primer melalui survey yang disebarkan secara online ke seluruh Indonesia yang akan diolah menggunakan metode PLS-SEM yang diuji dengan software SmartPLS 4. Ditemukan bahwa dari 309 sampel konsumen muslim generasi Z dan milenial yang diuji, environmental concern memberikan pengaruh terbesar dan signifikan secara tidak langsung terhadap willingness to pay price premium produk pakaian muslim modest ramah lingkungan. Social influence dan attitude memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay price premium melalui (re)purchase intention. Akan tetapi, altruism dan word of mouth tidak mempengaruhi willingness to pay price premium. Consumer mindset yang dimiliki konsumen berhasil memoderasi hubungan attitude dan symbolic meaning terhadap (re)purchase intention.

The increase in textile waste that continues to harm the environment is an urgency for all stakeholders to jointly address the problem, both from the clothing company and the community. However, the majority of consumers are reluctant to buy environmentally friendly clothing products because they are premium or more expensive than other clothing. Therefore, this study aims to look at the factors that encourage generation Z and millennial Muslim consumers in Indonesia to be willing to pay premium prices for eco-friendly modest Muslim fashion. This study collects primary data through surveys distributed online throughout Indonesia which will be processed using the PLS-SEM method tested with SmartPLS 4 software. It was found that of the 309 samples of generation Z and millennial Muslim consumers tested, environmental concern has the largest and significant indirect effect on willingness to pay price premium for environmentally friendly modest Muslim clothing products. Social influence and attitude have a positive and significant influence on willingness to pay price premium through (re)purchase intention. However, altruism and word of mouth do not affect willingness to pay price premium. Consumer mindset owned by consumers, successfully moderates the relationship between attitude and symbolic meaning on (re)purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Setyaningrum
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing yang terdiri dari ecolabel, ecobrand, environmental advertising awareness, green product, green price, green promotion dan demographic terhadap brand image produk lampu LED Philips di kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dan kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari pengguna produk lampu Philips LED di kota Bandung yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Teknik pengolahan dan analisis daya yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, da analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat empat variabel yang memiliki pengaruh terhadap brand image diantaranya adalah environmental advertising (1,787), environmental awareness (3,508), green product (1,808) dan green price (2,211). Besarnya pengaruh green marketing terhadap brand image adalah sebesar 67,4%"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2017
330 AGREGAT
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Bianca Jasmine Alfitrah Putri Rosadi
"Maraknya isu lingkungan telah membuat masyarakat lebih banyak mengonsumsi produk hijau, salah satunya kosmetik hijau (green cosmetics) yang tidak hanya ramah lingkungan namun sejalan dengan prinsip syariah. Namun demikian, penjualan kosmetik hijau di Indonesia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian produk kosmetik hijau oleh konsumen Muslim di Indonesia. Penelitian ini mengadopsi kerangka Theory of Planned Behavior dengan tambahan beberapa variabel dan metode penelitian kuantitatif dengan Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM). Data primer dikumpulkan dengan metode non-probability sampling dan melibatkan 500 responden Muslim Indonesia yang pernah membeli produk kosmetik hijau dalam 6 bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku memiliki hubungan signifikan positif terhadap intensi pembelian produk kosmetik hijau, dimana sikap memiliki pengaruh yang paling signifikan positif terhadap intensi tersebut. Adapun variabel pengetahuan lingkungan, motif ekologi, dan religiositas memiliki pengaruh signifikan positif terhadap sikap untuk membeli produk kosmetik hijau. Sedangkan variabel kesadaran kesehatan dan kolektivitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap untuk membeli produk kosmetik hijau. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukkan terhadap pelaku industri kosmetik hijau dalam menyusun strategi pemasaran yang sesuai, antara lain dengan mempromosikan produk kosmetik hijau oleh ahli dibidang terkait, memasukkan nilai religiositas ke dalam iklan, dan pelabelan ramah lingkungan pada kosmetik hijau. Hasil ini juga diharapkan bermanfaat bagi pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat seputar lingkungan serta akademisi sebagai rujukan bagi penelitian sejenis dan memperkaya literatur terkait kosmetik hijau di Indonesia maupun global.

The rise of environmental issues has made people consume more green products, one of which is green cosmetics that are not only environmentally friendly but in line with sharia principles. However, sales of green cosmetics in Indonesia are still very limited. Therefore, this study aims to determine the factors that influence the purchase intention of green cosmetics products by Muslim consumers in Indonesia. This study adopts the Theory of Planned Behavior framework with the addition of several variables and quantitative research methods with Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM). Primary data was collected using non-probability sampling method and involved 500 Indonesian Muslim respondents who had purchased green cosmetics products in the last 6 months. The results showed that the variables of attitude, subjective norms, and behavioral control have a significant positive relationship with the intention to purchase green cosmetics products, where attitude has the most significant positive influence on the intention. The variables of environmental knowledge, ecological motives, and religiosity have a significant positive influence on the attitude to buy green cosmetics products. While the variables of health awareness and collectivity do not have a significant influence on the attitude to buy green cosmetics products. The results of this study are expected to provide input to green cosmetics industry players in developing appropriate marketing strategies, including promoting green cosmetics products by experts in related fields, incorporating religiosity values into advertisements, and environmentally friendly labeling on green cosmetics. These results are also expected to be useful for the government to increase public knowledge about the environment and academics as a reference for similar research and enrich the literature related to green cosmetics in Indonesia and globally."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brethauer, Dale
""Nine in ten new products undergo a rigorous research and development procedure, require new manufacturing processes -- and still never earn a dime! A major reason for this staggering new product failure rate is the inability of companies to internally transfer products-in-development from one department to the next. This book explains how to remove the barriers from that transfer process and consistently get new products to market one step ahead of the competition. How are today's most successful new product development programs using familiar tools and techniques in new and innovative ways? This timely guide features eye-opening case studies and examples, then helps decision makers visualize a restructured transfer process and quickly develop and implement that process. New Product Development and Delivery will allow managers of any company, regardless of size, to improve profitability, increase competitiveness, and promote teamwork and cooperation throughout the entire organization.""
New York: [American Management Association, ], 2002
e20438129
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Erinetta Puspita Anjani
"Agama Islam telah mengajarkan pengikutnya untuk memerhatikan keadaan sesama, termasuk lingkungan. Semakin tinggi dan beragamnya permasalahan lingkungan telah mengubah faktor-faktor konsumsi konsumen menjadi semakin peduli dan menuju ke arah yang lebih ramah lingkungan. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui peran religiosity pada green purchase intention konsumen Muslim di Indonesia. Penelitian ini terdiri dari 269 responden dengan menggunakan metode convenience sampling. Analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan softwareLisrel 8.8 untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mendukung peran religiositypada green purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh religiosity terhadap collectivism dan eco-literacy, collectivism terhadap environmental concern dan attitude towards green products, eco-literacy terhadap environmental concern, environmental concern terhadap attitude towards green products, dan attitude towards green products terhadap green purchase intention.

Islam teaches its followers to be mindful of others, including to the environment. The increasing and more diverse of the environmental problems have changed the consumption factors of consumers becoming more mindful and being more environmentally friendly. The purpose of this study is to find out the role of religiosity on the green purchase intention of Muslim consumers in Indonesia. Structural Equation Modelling (SEM) using Lisrel 8.8 software was used to analyze which factors support the role of religiosity in the green purchase intention. This research consists of 269 respondents with convenience sampling method. The results showed that there was a religiosity influence on collectivism and eco-literacy, collectivism towards the environmental concern and attitude towards green products, eco-literacy towards the environmental concern, environmental concern towards attitude towards green products, and attitude towards green products towards green purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Fitria Ulfah
"Masalah lingkungan yang terjadi, menyebabkan peningkatan kesadaran dan gerakan pencegahan terhadap kerusakan lingkungan. Hal ini juga berdampak pada berubahnya pola konsumsi masyarakat. Trend saat ini menunjukkan adanya peningkatan konsumsi produk ramah lingkungan oleh konsumen. Begitupun umat islam yang notabene diajarkan mengenai penjagaan lingkungan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh religiosity terhadap pembelian green products di Indonesia dengan melihat 4 variabel yaitu collectivism, eco-literacy, environmental concern, dan attitude towards green product. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS dan AMOS dengan metode pengolahan data Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari religiosity terhadap collectivism dan eco-literacy, eco-literacy terhadap environmental concern dan attitude towards green product, collectivism terhadap attitude towards green product, dan environmental concern terhadap attitude towards green product.

The environmental problem that happen today, increase people awareness and movement to prevent environmental problem. It also affects the consumption pattern of consumer in society. The trend shows that there is the increase of green product consumption in society. Then, That increase is also shown in moslem consumer that having thought of environmental protection in their religion. This study purpose was to find out how the role of religiosity in purchase of green products in Indonesia by analyzing 4 variables, collectivism, eco-literacy, environmental concern, and attitude towards green products. The data were analyzed using SPSS and AMOS with the Structural Equation Modelling (SEM) method. The finding of this study showed that there were influence of religiosity to collectivism and eco-literacy, eco-literacy to environmental concern and attitude towards green products, collectivism to environmental concern, and environmental concern to attitude towards green products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marleen Prigita
"ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan sektor industri dan populasi menyebabkan permasalahan sampah di Indonesia. Pemerintah mulai menerapkan peraturan untuk membatasi penggunaan plastik. Upaya ini membutuhkan dukungan dari konsumen dan perusahaan. Konsumen diharapkan mengadopsi perilaku konsumsi berkelanjutan sustainable consumption) dalam kehidupan sehari-hari mereka, dan perusahaan didesak untuk melibatkan kelestarian lingkungan environmental sustainability) dalam strategi mereka. Dengan demikian, produk ramah lingkungan green product muncul sebagai salah satu solusi yang dapat mengurangi masalah kelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian produk ramah lingkungan bagi Generasi Y dan Generasi Z di Indonesia. Generasi Y dan Generasi Z dikenal memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan mereka adalah konsumen potensial saat ini dan di masa depan. Karena itu, penting bagi pemasar marketer) untuk memahami perilaku konsumsi mereka. Penelitian ini didasarkan pada Theory of Planned Behavior (TPB) yang dikembangkan dengan menambahkan 5 (lima) konstruk laten baru, yaitu environmental concern, environmental knowledge, willingness to pay premium, moral attitude, dan health consciousness. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 349 responden dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis data menyatakan bahwa semua variabel (kecuali environmental concern,memiliki pengaruh positif terhadap niat beli (purchase intention)

ABSTRACT
The rapid growth of the industrial sector and population causes waste problems in Indonesia. The government began implementing regulations to limit the use of plastics. However, this effort need support from both consumers and companies. Consumers were expected to adopt sustainable consumption in their daily life, and companies were urged to involve environmental sustainability in their strategy. Thus, green products appear as one of the possible solutions for reducing environmental sustainability issues. This study aims to analyze factors that could influence green product purchase intention for Generation Y and Generation Z in Indonesia. Generation Y and Generation Z were known for their concerns toward the environment, and they are the potential current and future consumers. Therefore, it is essential to understand their consumption behavior. This study is based on the theory of planned behavior (TPB) framework that was extended with additional variables, namely environmental concern, environmental knowledge, willingness to pay premium, moral attitude, and health consciousness. Data were collected by distributing questionnaires to 349 respondents adopting purposive sampling approach. Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The result reported that all variables, except environmental concern, have positive influence on purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan Dwi Novanto
"Krisis energi saat ini telah mempengaruhi produsen elektronik untuk membuat produk-produk yang lebih hemat energi terutama perangkat komputer. Produkproduk Teknologi Informasi (TI) yang hemat energi merupakan salah satu bentuk Green IT, yaitu penggunaan teknologi informasi secara efisien dan efektif serta meminimalisasi dampak buruk pada lingkungan. Salah satunya adalah membuat atau memilih sistem operasi yang memiliki manajemen daya dan efisiensi yang baik. Skripsi ini bertujuan mengetahui sistem operasi yang paling efisien dan hemat daya. Sistem operasi yang akan diuji yaitu Windows XP, Windows Vista, Windows Seven, Ubuntu, Ubuntu Netbook, dan Linuxmint. Pengujian dilakukan dengan berbagai cara yaitu menggunakan powermeter HIOKI untuk pengujian konsumsi daya, Super Pi untuk pengujian performa CPU dan pengujian performa boot dengan menggunakan Boot Racer untuk Windows dan Bootchart untuk Linux. Untuk konsumsi daya, sistem operasi yang terhemat bagi laptop adalah Ubuntu Netbook, yaitu lebih hemat hingga 10,67% untuk kondisi Idle dan 13,94% untuk memutar video. Untuk konsumsi daya desktop, sistem operasi yang terhemat adalah Linuxmint, yaitu lebih hemat hingga 8,80% untuk memutar video. Untuk Performa boot laptop, Ubuntu yang tercepat dengan 25 detik, 40% lebih cepat dari Linuxmint(yang terlama) dan untuk Desktop, Windows XP merupakan yang tercepat dengan 18 detik, 36% lebih cepat dari Linuxmint. Uji performa dengan Super PI menunjukkan bahwa seluruh sistem operasi relatif sama kemampuannya. Sistem operasi terbaik untuk desktop yang dipakai sebagai server, penyuntingan video atau 3D rendering/gaming adalah Windows Seven. Untuk desktop pemakaian ringan seperti kantor, multimedia atau home theather, Linuxmint merupakan sistem operasi terbaik. Untuk laptop, Ubuntu Netbook yang terbaik.

Current energy crisis has affected the electronics manufacturers to make products that more energy-efficient especially for computer. Energy saving IT?s products are one kind of Green IT, which is usage of IT efficiently and effectively that also reduce side effect to the environment. Operating system as a basic component of a computer plays a major role in power management and efficiency of a computer. This thesis goal is to reveal the most efficient and energy saving operating system. The operating system that will be tested are Windows XP, Windows Vista, Windows Seven, Ubuntu, Ubuntu Netbook, and Linuxmint. The testing will be conducted with various ways, that is using HIOKI powermeter for power consumption, Super Pi for CPU performance testing and boot performance testing with Boot Racer for Windows and Bootchart for Linux. For laptop power consumption, the best are Ubuntu Netbook, 10,67% saver in Idle and 13,94% saver for playing video. For desktop power consumption, Linuxmint is the best with 8,80% saver for playing video. For laptop boot performance, the best is Ubuntu with 25 seconds, 40% faster than Linuxmint (the slowest) and the best for desktop is Windows XP with 18 seconds, 36% faster than Linuxmint. For Super Pi performance every operating system relatively have the same performance. The best operating system are, for Heavy usage e.g server, video editing, or 3D rendering/gaming is Windows Seven. For light usage, some of which are office work, multimedia or home theatre, Linuxmint is the best OS. For laptop, Ubuntu netbook."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1873
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>