Ditemukan 141191 dokumen yang sesuai dengan query
Anthony Christofer
"Dalam situasi pandemi COVID-19 aplikasi pesan antar makanan menjadi sebuah bantuan bagi mereka yang tidak bisa pergi dari rumah. Dengan banyaknya jumlah aplikasi pesan antar yang bermunculan maka kompetisi pun semakin ketat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan repurchase intention melalui program yang menarik perhatian seperti diskon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh customer loyalty program terhadap repurchase intention di aplikasi pesan antar makanan dengan melihat peran customer satisfaction sebagai moderator. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental terhadap 260 partisipan mahasiswa pengguna aplikasi pesan antar makanan berusia minimal 18 tahun. Manipulasi dibagi menjadi dua jenis yaitu customer loyalty program tipe tier system dan charge an upfront fee for VIP benefits yang diberikan secara acak kepada partisipan. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok manipulasi terhadap repurchase intention. Customer satisfaction juga tidak ditemukan memiliki pengaruh signifikan sebagai moderator, namun memiliki pengaruh langsung terhadap repurchase intention pada aplikasi pesan antar makanan. Customer satisfaction dapat diteliti dan juga menjadi fokus lebih lanjut untuk penelitian di masa depan.
Because of the COVID-19 pandemic, food delivery apps became a huge help for those who could not leave their homes. With the large number of food delivery applications that sprung up, the competition got tougher. One way to compete is to attract customers with programs that catch their attention such as discounts. This study aims to determine the influence of customer loyalty programs on repurchase intention in food delivery applications by looking at the role of customer satisfaction as a moderator. The study was conducted using experimental methods on 260 student participants who recently use food delivery applications and were at least 18 years old. The manipulation was divided into two types, tier system and charge an upfront fee for VIP benefits which were given randomly to participants. The results showed that there was no significant difference between the two manipulation groups on repurchase intention. Customer satisfaction was also not founded to have a significant impact as a moderator, but had a direct influence on repurchase intention in food delivery applications. Customer satisfaction therefore could be a variable that would be interesting to be look into in future research."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ali Zahir
"Di masa pandemi covid-19, hampir seluruh sektor ekonomi terkena dampaknya. Salah satu sektor yang bisa bertahan kuat adalah industri transportasi dan logistik online. Industri ini bisa kuat menghadapi resistensi dampak dari pandemi dikarenakan kapabilitasnya bisa menghubungkan banyak orang dengan berbagai macam kebutuhan dengan minim kontak fisik. Selanjutnya, situasi pascapandemi kemudian membuat mobilitas masyarakat semakin masif dan pesat setelah pemerintah Indonesia secara resmi mencabut aturan pembatasan sosial yang selama ini menghambat pertumbuhan ekonomi. Melihat hal tersebut, Gojek sebagai operator layanan aplikasi transportasi online terbesar di Indonesia menyampaikan rencana visi dan misi mereka di acara tahunan Gojek Outlook 2023. Perubahan strategi secara besar akan dilakukan perlahan-lahan oleh Gojek dengan mengurangi biaya promosi yang selama ini mereka keluarkan dan mengalihkannya ke dalam peningkatan pelayanan maupun optimisasi berbagai keputusan bisnis yang mendukung Gojek dalam mendapatkan profitabilitas. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh customer review sebagai variabel yang mencerminkan pendapat konsumen mengenai layanan Gojek saat ini terhadap variabel customer satisfaction dan customer loyalty ditambah dengan brand image sebagai moderasi. Penelitian dengan jenis kuantitatif ini menggunakan metode survei yang disebarkan pada bulan November-Desember 2023 pada masyarakat Generasi Z dan Milenial di Jabodetabek dan mendapatkan 153 responden. Sementara itu data text mining juga dilakukan untuk data kualitatif pada aplikasi Gojek dan mendapatkan 45.273 dataset. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan software SPSS, Smart PLS 3.0, dan Orange. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa beberapa dimensi customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Lalu brand image dan customer satisfaction yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Begitupun dengan peran brand image sebagai moderasi terhadap customer loyalty. Namun, tidak ada satupun dimensi customer review yang berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty diikuti beberapa dimensi customer review terhadap customer satisfaction.
During the Covid-19 pandemic, nearly all economic sectors were affected. One sector that can remain robust is the online transportation and logistics industry. This industry can sustain itself in facing the impact of the pandemic due to its capability to connect many people with various needs with minimal physical contact. Furthermore, the post-pandemic situation made people's mobility even more massive and rapid after the Indonesian government officially lifted the social restrictions that had hampered economic growth. Observing this trend, Gojek, as the largest online transportation application service operator in Indonesia, presented its vision and mission plan at the annual Gojek Outlook 2023 event. Gojek aims to make significant strategic changes gradually by reducing the promotional costs they have been incurring and redirecting them to improve services and optimize various business decisions that support Gojek in achieving profitability. For this reason, this research was conducted to analyze the influence of customer reviews as a variable that reflecting consumers opinions on current Gojek services. The study focused on the variables of customer satisfaction and customer loyalty, with brand image considered as a moderating factor. This quantitative research employed a survey method distributed in November-December 2023 among Generation Z and Millennial communities in Jabodetabek, with 153 respondents. Additionally, text mining data was conducted for qualitative data on the Gojek application, resulting in 45,273 datasets. The collected data was then processed using SPSS, Smart PLS 3.0, and Orange software. The research results indicate that several dimensions of customer reviews have a positive and significant effect on customer satisfaction. Moreover, brand image and customer satisfaction positively and significantly influence customer loyalty, with brand image playing a role as a moderator of customer loyalty. However, none of the customer review dimensions show a significant effect on customer loyalty, followed by several customer review dimensions on customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kennard Sohan
"Tesis ini menganalisa retail mix yang memiliki 6 dimensi yaitu lokasi, manajemen produk, harga, bauran komunikasi, desain dan tampilan toko serta pelayanan pelanggan dan brand image yang memiliki 3 dimensi yaitu brand strength, brand favorability, dan brand uniqueness terhadap customer satisfaction dengan melalui customer satisfaction sebagai variabel mediasi di Lotte Mart Kelapa Gading.
Lotte Mart merupakan salah satu hipermarket terbesar di Jakarta yang memiliki tema atau gaya Korea. Metode riset dari penelitian ini adalah deskriptif riset dengan teknik sampel non-probability. Berdasarkan data dari 220 pelanggan Lotte Mart, didapat bahwa retail mix dan brand image berpengaruh terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction.
This thesis analyze retail mix that have 6 dimensions consists location, merchandise management, price, communication mix, store design and also display and customer service and brand image that have 3 dimensions consists brand strength, brand favorability, and brand uniqueness toward customer loyalty with customer satisfaction as mediating variable at Lotte Mart Kelapa Gading.Lotte Mart is one of the largest hypermarket or retailer in Jakarta, that have Korean style or theme. The research method for this research is descriptive research with non-probability sampling technique. Based on 220 Lotte Mart customers, the retail mix and brand image have influences on customer loyalty through customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hariyo Tri Sedewo
"Skripsi ini meneliti tentang pengaruh outcome quality, interaction quality dan peer-to-peer quality terhadap customer satisfaction dan customer loyalty pada industri kedai kopi. Dalam penelitian ini diambil responden dari dua sampel kedai kopi yang berbeda yaitu kedai kopi Florist dan kedai kopi Starbucks yang tersebar di seluruh pulau Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa outcome quality dan interaction quality memiliki pengaruh terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer satisfaction. Sementara peer-to-peer quality tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction namun memiliki pengaruh langsung terhadap customer loyalty.
This research is analyze about the effect of outcome quality, interaction quality and peer-to-peer quality on preference, customer satisfaction and customer loyalty in the coffee shops industry. In this study, respondents were drawn from two different samples of coffee shops, Florist coffee shops and Starbucks coffee shops spread across the Java Island. The method used in this research is Structural Equation Model (SEM). The results of this study prove the outcome quality and interaction quality has an influence on customer loyalty mediated by customer satisfaction. While peer-to-peer quality has no effect on customer satisfaction but has a direct influence on customer loyalty."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S69997
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vivie Nurjaningrum Putri Rantyanti
"Tantangan untuk memperoleh kepuasan dan loyalitas pelanggan semakin besar di persaingan yang semakin kompetitif saat ini. Terutama pada sektor perbankan yang menawarkan produk yang relatif sama seperti sektor perbankan. Studi sebelumnya telah membuktikan bahwa inovasi layanan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari untuk kelangsungan hidup perusahaan dan sangat penting untuk mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam industri perbankan. Di sisi lain, model konseptual yang matang mengenai faktor yang mepengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan sudah lebih dulu ditemukan dengan mempertimbangkan service quality sebagai antecedent. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi model konseptual baru dari kepuasan dan loyalitas pelanggan di industri perbankan Indonesia dengan inovasi layanan dan konsep kualitas layanan sebagai anteseden, dengan juga dimensi kualitas layanan yang digunakan. Untuk memvalidasi model konseptual yang diusulkan, survei online dilakukan dan data dari 274 pelanggan bank ritel sampel di Indonesia digunakan. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil SEM menunjukkan bahwa inovasi layanan berpengaruh positif terhadap kualitas layanan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, sedangkan service quality berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, namun tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Studi ini memperkaya studi yang ada yang berfokus pada kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam perbankan terutama dalam konteks negara berkembang.
Customer satisfaction and loyalty are more challenging to obtain in today increasingly competitive market including banking sector which offered relatively similar product. Earlier study has proven that service innovation is an inevitable necessity for firm's survival and is critical to influence the customer satisfaction and loyalty in banking industry. On the other hand, a well-developed conceptual model of satisfaction and loyalty in service industry has been established, considering service quality as the antecedent. This study is aimed to develop and validate a new conceptual model of customer satisfaction and loyalty in Indonesia banking industry with service innovation and service quality concept as the antecedent, with also employed service quality dimensions. In order to validate the proposed conceptual model, online survey was conducted and data from 274 sampled customers of retail bank in Indonesia was used. The data analysis employed Structural Equation Modeling (SEM). SEM results show that service innovation has positive effect to service quality, customer satisfaction and loyalty while service quality has positive impact on customer satisfaction, and customer satisfaction has positive impact on customer loyalty. However, the effect of service quality to customer loyalty was not supported. This study enriches existing study which focus on customer satisfaction and loyalty in banking especially in emerging country context. Moreover, this study provides additional knowledge with incorporating service innovation and service quality as antecedent of customer satisfaction and loyalty in banking industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fitri Raihani
"LinkAja sebagai salah satu dompet digital di Indonesia memiliki target dalam meningkatkan transaksi pengguna aktif yang sehat dan loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mobile wallet service dimensions yaitu perceived service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived cost, dan perceived security terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada pengguna LinkAja di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 165 responden yang merupakan pengguna LinkAja di Jabodetabek, berusia minimal 17 tahun/sudah memiliki KTP, dan telah melakukan transaksi pada aplikasi LinkAja minimal dua kali dalam enam bulan terakhir. Analisis deskriptif dan uji regresi menggunakan SPSS digunakan dalam menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa mobile wallet service dimensions berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction dan customer loyalty, customer satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty, serta mobile wallet service dimensions juga berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada pengguna aplikasi dompet digital LinkAja di Jabodetabek. Lebih lanjut, dimensi dari mobile wallet service yaitu perceived service quality, perceived usefulness, dan perceived security ditemukan memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, sedangkan customer loyalty dipengaruhi oleh dimensi perceived service quality, perceived cost, dan perceived security.
LinkAja, as one of the digital wallets in Indonesia, aims to increase healthy and loyal active user transactions. This study analyzes the impact of mobile wallet service dimensions, namely perceived service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived cost, and perceived security, on customer loyalty through customer satisfaction among LinkAja users in Jabodetabek. The research utilizes a quantitative approach and purposive sampling technique, distributing questionnaires via Google Form to 165 respondents who are LinkAja users in Jabodetabek, aged at least 17 years old/already have an ID card, and have conducted transactions on the LinkAja application at least twice in the last six months. Descriptive analysis and regression tests using SPSS were used to analyze the data. The findings indicate that mobile wallet service dimensions significantly affect customer satisfaction and customer loyalty. Additionally, customer satisfaction significantly influences customer loyalty, and mobile wallet service dimensions also significantly affect customer loyalty through customer satisfaction of the LinkAja users in Jabodetabek. Furthermore, the dimensions of mobile wallet service, namely perceived service quality, perceived usefulness, and perceived security, are found to influence customer satisfaction, while customer loyalty is influenced by perceived service quality, perceived cost, and perceived security."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alfari Nabawi Putra Aji
"Penelitian ini menguji pengaruh kualitas layanan elektronik terhadap minat beli kembali konsumen melalui kepuasan konsumen pada e-commerce Zalora Indonesia. Variabel yang akan diuji pada penelitian ini adalah variabel e-service quality, variabel repurchase intention dan variabel customer satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian ini dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan Pria ataupun Wanita berusia 18 tahun keatas yang berdomisili di Jabodetabek dan minimal pernah membeli produk melalui Zalora Indonesia sebanyak satu kali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear, regresi berganda, uji analisis jalur dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction berhasil memediasi e-service quality untuk meningkatkan customer repurchase intention pada Zalora Indonesia.
This study examines the effect of e-service quality toward customer repurchase intention through customer satisfaction on e-commerce Zalora Indonesia. The variable that used in this research is e-service quality, repurchase intention and customer satisfaction. This research uses quantitative approach and the data collected through survey by distributing questionnaires to 100 respondents who are man or woman age above 18 years old, lived in Jabodetabek area and have bought a product from Zalora Indonesia at least once. The analysis technique used in this research is linear regression, multiple regression, path analysis, and sobel test. The result shows that customer satisfaction did mediated e-service quality to increase customer repurchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fitri Amalia
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh customer experience terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada pelanggan Genki Sushi di outlet Plaza Senayan. Sampel penelitian ini berjumlah 144 responden yang diambil dengan menggunakan
purposive sampling. Analisis data digunakan dengan menggunakan smartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara customer experience terhadap customer loyalty, terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara customer experience terhadap customer loyalty,dan terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara customer satisfaction terhadap
customer loyalty.
The purpose of this study is to analyze the affect of customer experience on customer loyalty through customer satisfaction at Genki Sushi customers at Plaza Senayan outlets. This research sample amounted to 144 respondents taken using purposive sampling. Data analysis is used using smartPLS 3.0. The results of the study show that there is a strong and positive effect between customer experience on customer loyalty, there is a strong and positive effect between customer experience on customer loyalty, and there is a strong and positive effect on customer satisfaction on customer loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vania Rachma Putri
"Aplikasi Asuransi Digital muncul sebagai aplikasi yang berinteraksi dengan pelanggan perusahaan yang signifikan, berpotensi meningkatkan efisiensi layanan pelanggan sekaligus mengurangi biaya. Penelitian ini menerapkan kualitas layanan & kualitas layanan pemulihan dengan aplikasi asuransi digital untuk mengetahui pengalaman, kepuasan, dan loyalitas pelanggan terhadap aplikasi asuransi digital. Penelitian ini menggunakan variable efficiency, fulfilment, security, availability and compensation, responsiveness, contact sebagai kosntruk dari e-service quality dan e-recovery service quality yang kemudian diteliti pengaruhnya terhadap Customer Experience dan Customer Satisfaction.untuk mendorong Customer Loyalty. Analisis PLS-SEM dilakukan pada data yang diperoleh melalui kuesioner online yang disebar melalui jejaring sosial serta ikatan individu. Sebanyak 261 pengguna aplikasi asuransi digital menjadi responden dengan syarat bahwa mereka memiliki polis asuransi aktif dan telah menggunakan aplikasi asuransi digital untuk melakukan transaksi selama minimal 6 bulan terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kualitas layanan dan kualitas layanan pemulihan berpengaruh positif terhadap pengalaman dan kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya memengaruhi loyalitas pelanggan. Temuan ini membuka wawasan baru tentang bagaimana loyalitas pelanggan terbentuk dalam industri asuransi.
Digital Insurance Application is emerging as a significant corporate customer-facing application, potentially increasin customer service efficiency while reducing costs. This study applies service quality & recovery service quality with digital insurance applications to determine customer experience, satisfaction, and loyalty to digital insurance applications. This study uses the variables efficiency, fulfillment, security, availability and compensation, responsiveness, contact as constructs of e-service quality and e-recovery service quality which are then examined for their effect on customer experience and customer satisfaction to encourage customer loyalty. An analysis using PLS- SEM was performed on informasi obtained from online questionnaires distributed through social networks and personal connections. The study included 261 customers of a digital insurance application World Health Organization met specific criteria: having an active insurance policy and conducting transactions on the digital insurance platform for at least 6 months. The analysis results revealed that service quality and service recovery significantly influence customer experience and satisfaction, ultimately leading to a positive impact on customer loyalty. These findings provide valuable new insights into customer loyalty within the insurance industry."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Bagus Trinugraha
"Traveloka adalah startup online travel agent terbesar di Indonesia. Dalam kasus ini, perusahaan memilih antara mengembangkan hedonic value atau lebih condong ke utilitarian value yang dibawa. Penelitian ini melihat tentang bagaimana pengaruh hedonic value dan utilitarian value secara langsung terhadap customer loyalty ataupun secara tidak langsung melalui customer satisfcation. Penelitian ini juga berfokus pada generasi Z, yaitu generasi yang dari lahir sudah bersentuhan dengan internet dan cenderung memiliki keterbukaan terhadap internet yang tinggi. Penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif serta menggunakan model pengukuran Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengolah data. Pengolahan data berdasarkan pada data yang berjumlah atas 330 responden. Responden telah disaring sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, yaitu; berusia 18-26 tahun (Generasi Z), pernah menggunakan aplikasi traveloka untuk memesan penginapan dalam kurun waktu 1 tahun ke belakang, dan berdomisili di Indonesia. Penelitian ini menghasilkan hasil bahwa hedonic value dan utilitarian value tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty, tetapi hedonic value dan utilitarian value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty secara tidak langsung, yaitu melalui customer satisfaction. Terakhir, customer satisfaction terbukti secara positif dan signifikan memediasi hubungan antara hedonic value dan utilitarian value dengan customer loyalty. Implikasi manajerial dan saran bagi penelitian selanjutnya akan dibahas lebih lanjut pada penelitian ini.
Traveloka is the biggest online travel agent startup in Indonesia. In this case, the company chooses between developing hedonic value or leaning more towards the utilitarian value it brings. This study looks at how the influence of hedonic value and utilitarian value directly on customer loyalty or indirectly through customer satisfaction. This study also focuses on generation Z, which is the generation that has been in contact with the internet since birth and tends to have high openness to the internet. This research is quantitative and uses a Structural Equation Modelling (SEM) measurement model to process the data. Data processing is based on data that totals 330 respondents. Respondents have been screened according to the required criteria, namely, 18-26 years old (Generation Z), have used the Traveloka application to book lodging within the past 1 year, and domiciled in Indonesia. This study resulted in the results that hedonic value and utilitarian value did not have a positive and significant effect on customer loyalty, but hedonic value and utilitarian value had a positive and significant effect on customer loyalty indirectly, namely through customer satisfaction. Finally, customer satisfaction is proven to mediate the relationship positively and significantly between hedonic value and utilitarian value with customer loyalty. The managerial implications and suggestions for further research will be discussed further in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library