Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205457 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Radissa Shafi Maharani
"Dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas bisnis industry event, penyelenggara acara semenjak terjadinya gelombang pertama pandemic covid-19 memutuskan untuk beralih menyelenggarakan acara secara digital atau secara virtual. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perihal makna dari pergantian acara secara  langsung menjadi acara secara virtual serta dampaknya pada generasi milenial dan z di Indonesia. Dengan mempertimbangkan keminatan dan pengetahuan akan teknologi terkini, dapat diasumsikan bahwa generasi M/Z tersebut lebih unggul daripada generasi lain dalam hal kepekaan teknologi terbaru. Fokus penelitian ini mengarah pada pentingnya komunikasi pada acara virtual, keterlibatan, interaksi, dan hubungannya dengan pengalaman terhadap acara virtual yang nantinya dapat memengaruhi kepuasan konsumen yang mengarah pada perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan sampel 230 responden generasi milenial dan z di Indonesia yang pernah menghadiri acara virtual (online) dalam waktu 3 tahun terakhir. Structural equation modelling digunakan untuk menganalisis data. Hasil pengolahan dan analisis data, menunjukkan hubungan positif antara Online Consumer-to-Consumer Interaction dan Effective Communication terhadap Virtual Event Experiences yang mempengaruhi secara postifif terhadap Visitor’s Satisfaction. Sehingga pengunjung acara virtual memiliki niat perilaku positif (positive behavioral intention) terhadap acara virtual. Temuan daripada penlitian ini diharapkan dapat mengantisipasi penerapa acara virtual dimasa yang akan datang pada industry bisnis terkait, terutama pada industri bisnis pariwisata di Indonesia.

In order to increase the productivity of business event industry, event holders who have experienced restrictions during the first wave of the COVID-19 pandemic, have decided to shift all types of activities on to the digital field. This paper was made to examine the meaning behind the shifting of virtual events and the impact it made on Millennials and Z generations’s behavioural intention in Indonesia. Considering the level of interest and susceptibility to technology, it can be assumed that millennials and Z generations are more superior than other generations in this matter. This paper focused on the importance of online event’s communication, engagement, interaction, and its relation to online event experiences, that may affect consumer’s satisfaction that leads to consumer’s behaviour. The model on this paper uses samples of 230 respondent of Millennials and Z Generations in Indonesia that have attended virtual (online) events in the last 3 years. Structural equation modelling is used to analyse the data. The results show a positive relations of Online Consumer-to-Consumer Interaction and Effective Communication to Online Event Experiences that affects Visitor’s Satisfaction. So that visitors of virtual events has positive Behavioral Intentions toward virtual event. The findings of this paper may anticipate the future of implementing virtual events on any business-related industries, more so on the tourism business industry in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bianti Traviata Prakarti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari perilaku belanja online yang diukur dengan sikap, motif, keakraban, dan perilaku pencarian terhadap keputusan berbelanja kembali pada generasi millennial dan Gen Z di Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan penduduk Indonesia, terdapat 145 responden dengan umur 17-25 (Generasi Z) dan 139 responden untuk umur 26-40 (Millennial). Penelitian ini menggunakan PLS-SEM Multigroup Analysis dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua generasi memiliki niat pembelian ulang yang sama tetapi motivasi yang berbeda mendorong mereka. Millennial mungkin lebih termotivasi oleh motif nilai, sedangkan Gen Z lebih termotivasi oleh motif sosial.

This study aims to determine the extent to which the influence of online shopping behavior as measured by attitudes, motives, familiarity, and search behavior on repurchase intention among the millennial and Gen Z generations in Indonesia. The sample used in this study is Indonesian, there are 145 respondents aged 17-25 (Generation Z) and 139 respondents aged 26-40 (Millennial). This study uses the PLS-SEM Multigroup Analysis in processing data. The results of this study suggest that both generations have similar repurchase intentions, but different motivations drive them. Millennials may be more motivated by values, while Gen Z may be more motivated by social motives."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthfan Fadhila Henryantoputra
"Saat ini banyak penelitian yang telah meneliti efek dari iklan personalisasi pada periklanan tradisional. Namun, masih sedikit yang meneliti efeknya terhadap iklan di media sosial khususnya Instagram. Dengan menggunakan metode PLS-SEM, penelitian ini memfokuskan efek dari iklan personalisasi yang dirasakan oleh konsumen di Instagram pada reaksi sikap dan perilaku konsumen (kredibilitas iklan, penghindaran iklan, skeptisisme iklan, sikap iklan, niat perilaku, dan keterlibatan pelanggan) terhadap iklan. Penelitian ini menggunakan data sampel pengguna Instagram generasi Z yang menggunakan aplikasi media sosial tersebut dalam satu minggu terakhir. Berdasarkan data sampel yang didapat, hasil temuan menunjukkan 14 dari 15 hipotesis didukung. Temuan ini membuktikan bahwa iklan personalisasi mampu meningkatkan respons positif konsumen (misalnya meningkatkan kredibilitas dan sikap iklan) dan mengurangi respons negatif mereka terhadap iklan (misalnya menurunkan skeptisisme iklan dan kecenderungan untuk menghindari iklan). Respons yang positif ini terbukti mampu meningkatkan kemungkinan konsumen untuk membeli serta keterlibatan mereka terhadap iklan personalisasi.

Today many studies have examined the effect of personalized advertising on traditional advertising. However, few have examined the effect on advertising on social media, especially Instagram. By using the PLS-SEM method, this study focuses on the effects of personalized advertising felt by consumers on Instagram on the reaction of consumers' attitudes and behavior (ad credibility, ad avoidance, ad skepticism, attitude towards ad, behavioral intentions, and customer engagement) on advertising. This study uses sample data of Z generation Instagram users who had used the social media application in the past week. Based on the sample data obtained, the findings show that 14 of the 15 hypotheses are supported. This finding proves that personalized advertising can increase consumers' positive responses (e.g., increase the credibility and attitude of advertisements) and reduce their negative responses to advertisements (e.g., reduce advertising skepticism and tendency to avoid advertising). This positive response is proven to be able to increase the likelihood of consumers to buy and their involvement in personalized advertising."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhita Agistya
"Perkembangan teknologi tengah mengalami kemajuan pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia khususnya di integrasi Artificial Intelligence (AI) di berbagai sektor, salah satunya adalah penggunaan virtual influencer sebagai social media endorser. Penelitian ini menganalisis pengaruh Virtual Influencer’s Perceived Anthropomorphism terhadap Satisfaction With Experience dan Purchase Intention yang dimediasi oleh Social Presence, Cognitive Response (Credibility dan Perceived Usefulness), dan Affective Response (Perceived Enjoyment dan Flow) pada konsumen kalangan Gen Z di Indonesia. Dengan fokus penelitian pada Arbie Seo, virtual influencer yang sedang tren di Indonesia, penelitian ini menggunakan 479 sa­­mpel data responden melalui penyebaran kuesioner online kepada responden yang pernah melihat konten Arbie Seo sebagai virtual influencer di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Virtual Influencer’s Perceived Anthropomorphism, Social Presence, Perceived Usefulness, dan Perceived Enjoyment yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Satisfaction With Experience. Begitu juga Satisfaction With Experience yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Sedangkan, Credibility dan Flow tidak berpengaruh signifikan terhadap Satisfaction With Experience. Temuan dalam penelitian ini dapat digunakan perusahaan untuk mempertimbangkan aspek dan karakteristik virtual influencer sebagai endorser produk mereka di kalangan Gen Z.

The rapid advancement of technology, particularly in Indonesia, has led to the integration of Artificial Intelligence (AI) across various sectors, such as the use of virtual influencers as social media endorsers. This study aims to analyze the impact of Virtual Influencer's Perceived Anthropomorphism towards Satisfaction With Experience and Purchase Intention, mediated by Social Presence, Cognitive Response (Credibility and Perceived Usefulness), and Affective Response (Perceived Enjoyment and Flow) among Gen Z consumers in Indonesia. Focusing on Arbie Seo, a trending virtual influencer in Indonesia, the study employs 479 respondent data samples collected through an online questionnaire to specific respondents who have watch Arbie Seo's content as a virtual influencer on social media. The findings show that Virtual Influencer's Perceived Anthropomorphism, Social Presence, Perceived Usefulness, and Perceived Enjoyment have significant effect on Satisfaction With Experience. In turn, Satisfaction With Experience also affect Purchase Intention significantly. However, Credibility and Flow do not have significant effect on Satisfaction With Experience. These findings can help companies in considering aspects and characteristics of virtual influencers as endorsers for their products among Gen Z consumers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evan Ariestine N.K.
"Era baru perbankan di Indonesia telah tiba dengan adanya transformasi digital di sektor perbankan. Bank digital menjadi pilihan utama masyarakat generasi muda khususnya generasi milenial dan generasi Z. Bagaimana konsumen memilih bank digital dan terus menggunakannya? Penelitian ini mencoba menjawab pertanyaan dengan memahami peran keterikatan pelanggan (customer engagement) terhadap minat penggunaan berkelanjutan (continuous usage intention). Penulis menghubungkan aplikasi bank digital dengan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan pelanggan akan komitmen untuk mengikatkan diri ke aplikasi bank digital yang dipilih. Penulis menggunakan structural equation modelling (SEM) untuk menguji model penelitian dengan sampel pelanggan generasi milenial dan generasi Z (n = 200). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari kepuasan pelanggan (customer satisfaction) ke keterikatan pelanggan (customer engagement) dan minat penggunaan berkelanjutan (continuous usage intention) pelanggan generasi tersebut. Temuan ini dapat memberikan masukan untuk pengembangan aplikasi dan strategi pemasaran yang sesuai dengan pelanggan, terutama generasi milenial dan Z. Perusahaan aplikasi digital lainnya di Indonesia bisa menarik kesimpulan apa harapan pelanggan milenial dan generasi Z. Sepengetahuan penulis, belum banyak artikel yang membahas bank digital, hubungan antara penggunaan aplikasi yang merupakan pengaruh anteseden terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap minat penggunaan berkelanjutan di Indonesia.

A new era of banking in Indonesia has arrived with digital transformation in the banking sector. Digital banks are the main choice of young people, especially millennials and Generation Z. How do consumers choose digital banks and continue to use them? This research tries to answer the question by understanding the role of customer engagement on continuous usage intention. The author connects digital bank applications with customer satisfaction and customers will be committed to attaching themselves to the selected digital bank application.
The author uses structural equation modeling (SEM) to test the research model with a sample of millennial and Generation Z customers (n = 200). The results of the study show that there is a positive influence of customer satisfaction on customer engagement and continuous usage intention of this generation of customers. These findings can provide input for application development and marketing strategies that suit customers, especially millennials and Z generations. Other digital application companies in Indonesia can conclude what the expectations of millennial and Generation Z customers are. To the author's knowledge, there have not been many articles discussing digital banks, the relationship between application use which is an antecedent effect on customer satisfaction, and the effect of customer engagement on continuous usage intention in Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christabel Vena Karina
"Perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan bisnis digital yang sangat menjanjikan dan terus berkembang. Bagi manajemen pengembang dan juga pemilik bisnis di sektor e-commerce, repurchase intention pelanggan merupakan hal yang krusial bagi keberlangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Generasi Y dan Generasi Z dalam melakukan repurchase di e-commerce, dengan mengadaptasi model penelitian terdahulu yang mengeksplorasi peran mediasi trust dan e-satisfaction terhadap atribut e-commerce yaitu security, ease of use, dan privacy concerns. Pengambilan data menerapkan metode purposive sampling dengan jumlah responden 387 individu dari seluruh Indonesia yang datanya kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa security, ease of use, dan privacy concerns tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap repurchase intention pelanggan, melainkan memiliki pengaruh tidak langsung yang harus dimediasi oleh variabel trust dan e-satisfaction.

E-commerce is a very promising digital business that continues to grow throughout the year. To developers and business owners in the e-commerce sector, repurchase intention is a critical success factor for the survival of the business. The present study aims to analyze factors that impacts Gen Y and Gen Z’s e-commerce repurchase intention, by adapting an empirical model from previous study and explore the mediating role of trust and e-satisfaction to the attributes of e-commerce, namely security, ease of use, and privacy concerns. Purposive sampling method was used in this study with total a total of 387 respondents’ data collected and then analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings suggest security, ease of use, and privacy concern have no direct effecet to repurchase intention, but indirect effect which mediated by trust and e-satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibrahim Ananda Survijanto
"Salah satu produk yang paling banyak dibeli melalui e-commerce Indonesia adalah apparel, khususnya bagi Generasi Z dan Milenial. Dengan persaingan e-commerce Indonesia yang ketat dan biaya yang diperlukan untuk menarik pelanggan baru lebih besar dibanding mempertahankan pelanggan yang sudah ada, perusahaan-perusahaan e-commerce memerlukan cara untuk menjaga atau meningkatkan customer loyalty. Maka dari itu, penelitian ini menginvestigasi pengaruh online shopping experience produk apparel melalui dimensi website experience, product experience, service experience, brand experience, dan emotional experience terhadap customer loyalty Generasi Z dan Milenial pada e-commerce Indonesia. Penelitian dilaksanakan melalui survey terhadap 179 responden Generasi Z/Milenial pelanggan produk apparel di e-commerce Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan uji regresi linear berganda menggunakan IBM SPSS Statistics 24 dan menunjukkan hasil bahwa product experience dan emotional experience memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer loyalty. Sementara itu, website experience, service experience, dan brand experience tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap customer loyalty. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini dapat membantu manajer pemasaran perusahaan e-commerce Indonesia dalam mengalokasikan sumber daya agar dapat menjaga/meningkatkan customer loyalty pelanggan produk apparel dari Generasi Z dan Milenial.

One of the most purchased products through Indonesian e-commerce is apparel, especially for Generation Z and Millennials. With Indonesia's e-commerce fierce competition and the costs required to attract new customers being greater than retaining existing customers, e-commerce companies need ways to maintain /increase customer loyalty. Therefore, this research investigates the influence of the online shopping experience for clothing products through the dimensions of website experience, product experience, service experience, brand experience and emotional experience towards the loyalty of Generation Z and Millennial customers in Indonesian e-commerce. The research was conducted through a survey of 179 Generation Z/Millennial respondents, customers of apparel products in Indonesian e-commerce. This research was carried out using multiple linear regression tests using IBM SPSS Statistics 24 and showed the results that product experience and emotional experience have a significant positive influence on customer loyalty. Meanwhile, website experience, service experience, and brand experience do not have a significant positive influence on customer loyalty. Based on these results, this research can help marketing managers of Indonesian e-commerce companies in allocating resources to maintain/increase customer loyalty for apparel product customers from Generation Z and Millennials."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Furqon Anshori
"Kehadiran dan peran retail dan pasar online di Indonesia tidak bisa diabaikan. Tingginya akses dan transaksi yang dilakukan secara online menimbulkan kekhawatiran terhadap praktik etika antara pelaku bisnis online dengan pelanggannya. Tesis ini membahas persepsi pelanggan terhadap etika ritel online dan dampaknya terhadap persepsi risiko dan repurchase intention. Penelitian ini juga memperkenalkan analisis tambahan berdasarkan kelompok generasional yaitu Milenial dan Generasi Z; dan juga analisis berdasarkan tingkat keterlibatan produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berhasil mengumpulkan 500 responden melalui survei daring sebagai metode utama pengumpulan data. Hasil analisis menyimpulkan bahwa persepsi etika ritel online berpengaruh negatif terhadap persepsi risiko dan berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Analisis tambahan juga menemukan bahwa terdapat: perbedaan signifikan dalam persepsi etika ritel online dan repurchase intention antara generasi Milenial dan Gen Z; dan perbedaan signifikan dalam persepsi risiko dan repurchase intention antara pelanggan produk dengan keterlibatan tinggi dan pelanggan produk dengan keterlibatan rendah.

The presence and role of online retailers and marketplaces in Indonesia cannot be underestimated. The high number of access and transactions carried out online brings forth concern of ethical practices between online businesses and their customers. This thesis discusses customers' perception of online retail ethics and their impact on risk perceptions and repurchase intentions. This research also introduces additional analysis on generational groups with Millennials and Generation Z; and product categories based on the level of product involvement. The study is a quantitative research that has successfully collected 500 respondents through an online survey as the main method of data collection. The analyses concluded that perception of online retail ethics has a negative effect on perceived risk and a positive effect on repurchase intention. The additional analyses also discovered that there are: significant differences in perception of online retail ethics and repurchase intention between Millennials and Gen Z; and significant differences in perceived risk and repurchase intention between customers of high-involvement and low-involvement products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosmalia Sari Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh environmental reputation terhadap job pursuit intention yang dimediasi oleh organizational attractiveness dan organizational prestige pada generasi Z Indonesia. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode convenience sampling dan cross-sectional design dengan jumlah sampel 612 responden. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental reputation tidak memiliki pengaruh positif terhadap job pursuit intention. Sedangkan environmental reputation memiliki pengaruh positif terhadap organizational attractiveness dan organizational prestige. Selanjutnya, organizational attractiveness dan organizational prestige memiliki pengaruh positif terhadap job pursuit intention. Kontribusi teoritis dari penelitian ini adalah dapat menemukan pengaruh positif environmental reputation terhadap job pursuit intention ketika dimediasi oleh organizational attractiveness dan organizational prestige. Selain itu, kontribusi praktis dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan untuk dapat meningkatkan job pursuit intention generasi Z Indonesia

This study aims to understand the effect of environmental reputation on job pursuit intention which is mediated by organizational attractiveness and organizational prestige on Indonesia generation Z. This quantitative study approach with convenience sampling and cross-sectional design with a sample of 612 respondents. Data is analyzed using Structural Equation Modelling (SEM). The result of the study show that environmental reputation does not have a positive influence on job pursuit intention. While environmental reputation has a positive influence on organizational attractiveness and organizational prestige. Furthermore, organizational attractiveness and organizational prestige have a positive influence on job pursuit intention. The theoretical contribution of this study is to be able to find the positive effect of environmental reputation on job pursuit intention when mediated by organizational attractiveness and organizational prestige. In addition, the practical contribution of this research is as a provision of considerable factors in maximazing the job pursuit intention of Indonesian Z generation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daulay, Maharani Az-Zahra
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer experience, customer satisfaction, dan influencer marketing terhadap customer loyalty dari brand kecantikan lokal. Selain itu, customer demographics sebagai moderasi dari pengaruh-pengaruh tersebut juga dianalisis dengan menggunakan subjek generasi milenial dan generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif berupa cross-sectional survey melalui kuesioner daring untuk menguji 6 hipotesis. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, Peneliti mengumpulkan 309 responden yang memenuhi kriteria berupa warga negara Indonesia (WNI), tergolong dalam generasi milenial atau generasi Z, pernah membeli produk kecantikan lokal dalam kurun 6 bulan terakhir, dan aktif dalam menggunakan media sosial. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS. Hasil pengolahan data menunjukkan terdapat 3 hipotesis yang terbukti secara signifikan, yaitu terdapat pengaruh positif dari customer experience terhadap customer loyalty, pengaruh positif dari customer satisfaction terhadap customer loyalty, dan pengaruh positif dari influencer marketing terhadap customer loyalty. Kemudian, moderator customer demographics ditemukan tidak memiliki peranan signifikan pada pengaruh customer experience, customer satisfaction, maupun influencer marketing terhadap customer loyalty. Penemuan dari penelitian memberikan wawasan bagi brand kecantikan lokal di Indonesia agar dapat meningkatkan customer loyalty dengan meningkatkan customer experience, customer satisfaction, dan influencer marketing.

This research aims to analyze the impact of customer experience, customer satisfaction, and influencer marketing on customer loyalty to local beauty brands. Additionally, it examines the role of customer demographics, specifically millennials and Generation Z, as a moderating factor in these influences. The study employs a quantitative approach through a cross-sectional survey conducted via an online questionnaire to test six hypotheses. Using purposive sampling, the researchers gathered data from 309 respondents who met the criteria of being Indonesian citizens, belonging to the millennial or Generation Z generation, having purchased local beauty products in the last six months, and actively using social media. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS software. The results revealed that three hypotheses were significantly supported: customer experience positively influences customer loyalty, customer satisfaction positively influences customer loyalty, and influencer marketing positively influences customer loyalty. However, customer demographics did not moderate the relationships between customer experience, customer satisfaction, and influencer marketing with customer loyalty. These findings offer valuable insights for local beauty brands in Indonesia to enhance customer loyalty by focusing on improving customer experience, satisfaction, and influencer marketing strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>