Ditemukan 120412 dokumen yang sesuai dengan query
Hizky Mahar Adhiguna
"Blog ecommerce semakin populer dalam menyediakan informasi produk, ulasan, dan mengarahkan user traffic ke situs-situs ecommerce. Studi terbaru melaporkan bahwa sebagian besar pengguna ecommerce mempercayai ulasan online seperti rekomendasi dari keluarga atau teman. Hal ini menunjukkan bahwa konten yang terdapat dalam blog ulasan produk memainkan peran penting dalam mengarahkan pengguna ke situs ecommerce. Studi ini menguji dampak kualitas konten dalam artikel ulasan produk kecantikan terhadap click intention pengguna terhadap situs-situs ecommerce. Kualitas konten dievaluasi berdasarkan Substance, Writing and Language, Presentation of Content, References, Authorship, Audience, dan Advertisements. Analisis semi-eksperimental dan regresi logistik dilakukan pada data survei dari responden perempuan yang menilai artikel ulasan produk kecantikan. Temuan menunjukkan adanya hubungan positif antara Substance, Presentation of Content, dan Authorship dengan Click Intention, sementara Writing and Language, References, dan Advertisement tidak menunjukkan korelasi yang signifikan. Selain itu, terdapat hubungan negatif antara Audience dan Click Intention. Penelitian ini mengatasi kesenjangan literatur dengan mengidentifikasi faktor-faktor signifikan dari kualitas konten yang mempengaruhi Click Intention, menekankan pentingnya penilaian kualitas konten dan memberikan strategi untuk perbaikan. Studi ini menawarkan wawasan berharga bagi perusahaan ecommerce untuk mengoptimalkan biaya pemasaran dan mencapai indikator kinerja utama.
Ecommerce blogs are increasingly popular for providing product information, reviews and driving traffic to ecommerce websites. Recent study reported most of ecommerce users trust online reviews as much as recommendations from family or friends. This indicates that the content found in product reviews blog plays a crucial role in driving users to ecommerce websites. This study examines the impact of content quality in beauty product review articles on click intention towards ecommerce websites. Content quality is evaluated based on Substance, Writing and Language, Presentation of Content, References, Authorship, Audience, and Advertisements. Semi-experimental and logistic regression analyses were conducted on survey data from female respondents who evaluated beauty product review articles. Findings indicate a positive association between Substance, Presentation of Content, and Authorship with Click Intention, while Writing and Language, References, and Advertisement show no significant correlation. Furthermore, a negative relationship exists between Audience and Click Intention. This research addresses the literature gap by identifying significant factors of content quality that influence click intention, emphasizing the importance of content quality assessment and providing strategies for improvement. The study offers valuable insights for ecommerce companies to optimize marketing expenses and achieve key performance indicators."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tiara Hikmah
"Penelitian ini membahas mengenai hedonic shopping value yang terdiri dari novelty, fun, escapism, dan praise terhadap sikap konsumen terhadap kegiatan belanja online atau attitude toward online purchasing dan intensi pembelian produk diskon atau discounted product purchase intention dalam konteks single days discount atau biasa disebut dengan Harbolnas di Indonesia. Penelitian ini melaksanakan survei kepada 229 responden dari kelompok umur yang lahir pada tahun 1968 hingga 2006 dan berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Metode penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software pengolahan data LISREL 8.51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam attitude toward online purchase, variabel yang terbukti signifikan memengaruhi terdiri dari novelty, fun, praise, dan juga escapism. Dalam discounted product purchase intention, variabel attitude toward online purchase terbukti signifikan memengaruhi.
This study investigated hedonic shopping value consisting of novelty, fun, escapism, and praise on consumer attitudes towards online purchasing activities and discounted product purchase intentions in the context of single days discount or commonly referred to as Harbolnas in Indonesia. This study conducted a survey of 229 respondents from age group born from 1968 to 2006 and domiciled in Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi). The method of distributing questionnaires is done online using Google Form and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with data processing software LISREL 8.51. The results of this study shows that in attitude toward online purchases, the variables that have been shown to have a significant influence consist of novelty, fun, praise, and also escapism. In discounted product purchase intention, the attitude toward online purchase is proven to have a significant influence."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Onno W. Purbo
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001
380.1 ONN m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dadang Kusbiantoro
"Teknologi dan informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Pemanfaatan teknologi dan informasi dilakukan di berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang perdagangan atau yang sering disebut dengan e-commerce. PT Global Digital Niaga merupakan pelaku usaha e-commerce yang mengelola blibli.com, sedangkan Nuansa Media selaku pengelola bukabuku.com. Kedua situs tersebut menjual produk salah satu produk utamanya adalah buku. Bukabuku.com dan blibli.com menerapkan prinsip efisiensi melalui pencantuman klausula baku pada perjanjian pembelian buku, hal ini dilakukan demi menghindari negosiasi yang berlarut-larut.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) memberikan batasan-batasan aturan mengenai klausula baku. Pada klausula baku yang ditetapkan oleh bukabuku.com dan blibli.com terdapat klausula yang bertentangan dengan aturan Pasal 18 UUPK sehingga dapat merugikan konsumen. Oleh karena itu klausula tersebut batal demi hukum dan pihak pengelola bukabuku.com dan blibli.com wajib menyesuaikan klausula-klausula baku tersebut dengan aturan UUPK.
Technology and information is developing very rapidly. Utilization of technology and information made in various fields, one of which is in field of trade or often called e-commerce. PT Global Digital Niaga is an e-commerce business that manages blibli.com, while Nuansa Media manages bukabuku.com. Both website sells one of its main products is books. Bukabuku.com and blibli.com applies the efficiency principle through the inclusion of standard clause on the online book purchase agreement, it is also being done to avoid lengthy negotiation. The Law Number 8 Year 1999 regarding consumer protection (UUPK) gives limitation for the use of standard clauses. The standard clauses set by bukabuku.com and blibli.com contained clauses that are contrary to the Article 18 of UUPK that can harm consumers. Therefore the clauses are considered ?null and void? and the managers of bukabuku.com and blibli.com are obliged to accomodate their standard clauses within the regulation of UUPK."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2012
S43753
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Yasmin Zhafira Fadhila
"Berkembangnya sebuah tren baru untuk memanfaatkan media sosial sebagai platform jual beli mendorong pengguna media sosial untuk memberikan ulasan terkait suatu produk. Hal ini berguna untuk mempermudah masyarakat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi review helpfulness dari ulasan produk kecantikan berbentuk short video dan live streaming pada aplikasi TikTok serta menganalisis hubungan review helpfulness terhadap purchase intention. Penelitian ini mengadopsi Information Adoption Model yang banyak digunakan peneliti dalam menjelaskan kebermanfaatan dari sebuah informasi. Penelitian ini terdiri dari dua bagian, pertama terkait dengan ulasan online dalam bentuk short video dan yang kedua terkait dengan ulasan online dalam bentuk live streaming. Analisis kuantitatif pada penelitian ini dilakukan terhadap 533 data bebas outlier pada penelitian 1 dan 342 data pada penelitian 2. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan SMART PLS 4. Pada kedua penelitian ini ditemukan adanya pengaruh yang signifikan dari review helpfulness terhadap purchase intention. Pada penelitian 1 disimpulkan bahwa source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, dan review popularity memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap review helpfulness dari ulasan dalam bentuk short video. Selain review helpfulness, pada penelitian 1 juga ini ditunjukkan bahwa purchase intention dipengaruhi secara langsung oleh source expertise, source homophily, dan source popularity. Pada penelitian 2 ditemukan bahwa review helpfulness dari ulasan dalam bentuk live streaming dipengaruhi oleh source expertise, review relevancy, review completeness, dan perceived enjoyment. Dibuktikan juga adanya pengaruh signifikan dari two-way communication terhadap source trustworthiness.
The emergence of a new trend in utilizing social media as a platform for buying and selling has prompted social media users to provide reviews related to a product. This is beneficial in facilitating other consumers to obtain information about a product before deciding to purchase it. This study aims to identify the factors that influence the helpfulness of reviews of beauty products in the form of short videos and live streams on the TikTok application, as well as analyze the relationship between review helpfulness and purchase intention. The study adopts the Information Adoption Model, which researchers widely use to explain the usefulness of the information. The study consists of two parts: the first is related to online reviews in the form of short videos, and the second is related to online reviews in the form of live streaming. Quantitative analysis in this study was conducted on 533 outlier-free data in Study 1 and 342 data in Study 2. The data were analyzed using the partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) approach with the assistance of SMART PLS 4. Both studies found a significant influence of review helpfulness on purchase intention. In Study 1, it was concluded that source expertise, source trustworthiness, review relevancy, review completeness, and review popularity positively and significantly influence the review helpfulness of short video reviews. In addition to review helpfulness, Study 1 also showed that purchase intention is directly influenced by source expertise, source homophily, and source popularity. In Study 2, it was found that the review helpfulness of live stream reviews is influenced by source expertise, review relevancy, review completeness, and perceived enjoyment. It was also proven that there is a significant influence of two-way communication on source trustworthiness."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Addina Lutfiandari
"E-commerce diprediksi terus berkembang dan menjadi incaran pelaku bisnis untuk menjadikan e-commerce sebuah alternatif strategi berbisnis. E-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang baik pada tahun 2017. Pebisnis online perlu memperhatikan aspek evaluasi produk. Selain itu, perlu juga memperhatikan aspek kepercayaan dalam lingkup online. Aspek e-commerce adoption juga patut diperhatikan agar dapat menyesuaikan ekspektasi konsumen dan membangun kepercayaan dengan konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor evaluasi produk, kepercayaan, dan aspek e-commecre adoption terhadap repurchase intention pada pembelian produk kecantikan di webite Sociolla. Desain penelitian ini menggunakan conclusive descriptive dengan pengambilan sampel secara judgmental sampling. Kriteria sampel yang menjadi responden adalah wanita yang berdomisili di JABODETABEK dan telah melakukan pembelanjaan produk kecantikan di Sociolla. Penyebaran kuesioner penelitian dilakukan secara online kepada konsumen produk kecantikan yang telah melakukan pembelian di Sociolla. Data terkumpul sebayak 203 kuesioner yang telah diisi oleh konsumen Sociolla.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online trust dan perceived value mempengaruhi repurchase intention. Temuan lainnya adalah perceived quality berpengaruh terhadap perceived value. Variabel website reputation memiliki pengaruh terhadap perceived quality dan perceived value. Variabel online trust dapat mempengaruhi perceived usefulness. Pada temuan penelitian ini meunjukkan juga bahwa Variabel perceived value memiliki pengaruh paling besar terhadap repurchase intention.
E commerce is predicted to continue to grow and become the target of business people to make e commerce an alternative business strategy. E commerce in Indonesia shows good growth in 2017. Online businessmen need to pay attention to aspects of product evaluation. In addition, it is also necessary to pay attention to the aspects of trust in the online scope. Aspects of e commerce adoption are also noteworthy in order to adjust consumer expectations and build trust with consumers. This study aims to look at the effect of product evaluation factors, trust, and e commerce aspects of adoption on repurchase intention for Sociolla rsquo s consumers. The design of this study using conclusive descriptive with sampling by judgmental sampling. The sample criteria that became respondents were women who were domiciled in JABODETABEK and had been spending on beauty products at Sociolla. The dissemination of research questionnaires was conducted online to consumers of beauty products who had made purchases in Sociolla. Data collected as 203 questionnaires that have been filled by consumers Sociolla. The results of this study indicate that online trust and perceived value variables affect repurchase intention. Other findings are that perceived quality influences perceived value. Website reputation variables have an influence on perceived quality and perceived value. Online trust variables can affect perceived usefulness. The findings of this study also show that perceived value variables have the greatest influence on repurchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adelya Gabriel
"Kemajuan teknologi serta pandemi COVID-19 mendorong masyarakat di Indonesia untuk berbelanja secara online. Disamping kemudahan yang dirasakan masyarakat ketika berbelanja secara online, masih terdapat kekurangan yang dirasakan yaitu masyarakat tidak dapat mencoba produk yang akan mereka beli. Oleh karena itu, fitur virtual try on berbasis augmented reality (AR) hadir sebagai solusi atas kekurangan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi AR pada produk kecantikan dan fashion terhadap intensi keberlanjutan penggunaan fitur dan intensi berbelanja di e-commerce. Pada penelitian ini, peneliti memilih e-commerce di Indonesia yang memiliki fitur virtual try on untuk diteliti, yaitu Shopee, JD.ID, Saturdays, Sephora, dan Lazada. Perancangan model penelitian ini disusun berdasarkan teori Stimulus, Organism, Response (SOR) yang digunakan untuk menyelidiki faktor-faktor penelitian menggunakan AR characteristics. Penelitian ini menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 26 dan AMOS 26. Pada penelitian ini, data responden yang valid dan digunakan dalam tahap analisis berjumlah total 549 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interactivity, novelty, hedonic value, dan satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap continuance intention. Selain itu, continuance intention juga berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Hasil dari penemuan penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi masukkan bagi para penyedia layanan e-commerce serta pengembang AR untuk dapat meningkatkan layanan bagi pengguna untuk berbelanja online khususnya fitur virtual try on. Penelitian ini juga memperkuat serta memperluas penelitian sebelumnya, khususnya yang menerapkan implementasi AR pada e-commerce dan memberikan temuan baru bahwa continuance intention berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang sebelumnya hanya dibahas pada penelitian terkait implementasi AR pada games. Selain itu, diharapkan juga peningkatan layanan tersebut memberikan keuntungan bagi pengguna agar mendapatkan pengalaman berbelanja online yang lebih menyenangkan serta keuntungan bagi penyedia layanan e-commerce dengan meningkatkan niat berbelanja pengguna di e-commerce.
The growth of technology and the COVID-19 pandemic have encouraged people in Indonesia to do online shopping. Apart from the convenience that people feel when shopping online, there are still disadvantages because they can not try the products that they’re going to buy. Therefore, the feature virtual try on based on augmented reality (AR) is here as a solution to the perceived shortcomings. This study aims to determine the effect of AR implementation on beauty and fashion products on the intention to continue using features and the intention to shop in e-commerce. In this study, researchers chose e-commerce that has a virtual try on feature in Indonesia, such as Shopee, JD.ID, Saturdays, Sephora, and Lazada. The design of this research model is based on the Stimulus, Organism, Response (SOR) theory which is used to investigate research factors using AR characteristics. This study used the Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the help of the IBM SPSS Statistics 25 and AMOS 26 programs. In this study, the respondent data were valid andused in the analysis phase totaling 549 respondents. The results of the study show that interactivity, novelty, hedonic value, and satisfaction have a significant effect on continuance intention. In addition, continuance intention also has a significant effect on purchase intention. This research also strengthens and expands on previous research, especially those applying AR implementation in e-commerce and provides new findings that continuance intention has a significant effect on purchase intention which was previously only discussed in research related to AR implementation in games. The results of this research are also expected to be an input for e-commerce service providers and AR developers to be able to improve services for users to shop online, especially the virtual try on feature. In addition, it is also hoped that this service improvement will provide benefits for users to get a more enjoyable online shopping experience as well as benefits for e-commerce service providers by increasing user shopping intentions in e-commerce.Dokumen Naskah Lengkap Skripsi: PDF icon 20231003_210121_adelya_gabriel-skripsi-full_text-2023.pdf"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cut Zahra Nabila Fahmi
"Kemajuan teknologi serta pandemi COVID-19 mendorong masyarakat di Indonesia untuk berbelanja secara online. Disamping kemudahan yang dirasakan masyarakat ketika berbelanja secara online, masih terdapat kekurangan yang dirasakan yaitu masyarakat tidak dapat mencoba produk yang akan mereka beli. Oleh karena itu, fitur virtual try on berbasis augmented reality (AR) hadir sebagai solusi atas kekurangan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi AR pada produk kecantikan dan fashion terhadap intensi keberlanjutan penggunaan fitur dan intensi berbelanja di e-commerce. Pada penelitian ini, peneliti memilih e-commerce di Indonesia yang memiliki fitur virtual try on untuk diteliti, yaitu Shopee, JD.ID, Saturdays, Sephora, dan Lazada. Perancangan model penelitian ini disusun berdasarkan teori Stimulus, Organism, Response (SOR) yang digunakan untuk menyelidiki faktor-faktor penelitian menggunakan AR characteristics. Penelitian ini menggunakan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 26 dan AMOS 26. Pada penelitian ini, data responden yang valid dan digunakan dalam tahap analisis berjumlah total 549 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interactivity , novelty, hedonic value, dan satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap continuance intention. Selain itu, continuance intention juga berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Hasil dari penemuan penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi masukkan bagi para penyedia layanan e-commerce serta pengembang AR untuk dapat meningkatkan layanan bagi pengguna untuk berbelanja online khususnya fitur virtual try on. Penelitian ini juga memperkuat serta memperluas penelitian sebelumnya, khususnya yang menerapkan implementasi AR pada e-commerce dan memberikan temuan baru bahwa continuance intention berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang sebelumnya hanya dibahas pada penelitian terkait implementasi AR pada games. Selain itu, diharapkan juga peningkatan layanan tersebut memberikan keuntungan bagi pengguna agar mendapatkan pengalaman berbelanja online yang lebih menyenangkan serta keuntungan bagi penyedia layanan e-commerce dengan meningkatkan niat berbelanja pengguna di e-commerce.
The growth of technology and the COVID-19 pandemic have encouraged people in Indonesia to do online shopping. Apart from the convenience that people feel when shopping online, there are still disadvantages because they can not try the products that they’re going to buy. Therefore, the feature virtual try on based on augmented reality (AR) is here as a solution to the perceived shortcomings. This study aims to determine the effect of AR implementation on beauty and fashion products on the intention to continue using features and the intention to shop in e-commerce. In this study, researchers chose e-commerce that has a virtual try on feature in Indonesia, such as Shopee, JD.ID, Saturdays, Sephora, and Lazada. The design of this research model is based on the Stimulus, Organism, Response (SOR) theory which is used to investigate research factors using AR characteristics. This study used the Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method with the help of the IBM SPSS Statistics 25 and AMOS 26 programs. In this study, the respondent data were valid and used in the analysis phase totaling 549 respondents. The results of the study show that interactivity, novelty, hedonic value, and satisfaction have a significant effect on continuance intention. In addition, continuance intention also has a significant effect on purchase intention. This research also strengthens and expands on previous research, especially those applying AR implementation in e-commerce and provides new findings that continuance intention has a significant effect on purchase intention which was previously only discussed in research related to AR implementation in games. The results of this research are also expected to be an input for e-commerce serviceproviders and AR developers to be able to improve services for users to shop online, especially the virtual try on feature. In addition, it is also hoped that this service improvement will provide benefits for users to get a more enjoyable online shopping experience as well as benefits for e-commerce service providers by increasing user shopping intentions in e-commerce."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Joshua Jeffrey Kurniawan
"
ABSTRAKTerlepas dari kenyataan bahwa penjual daring telah lama dianggap sebagai matinyaekuivalen mereka, penjual / pengecer memahami bahwa selalu ada risiko di balikinteraksi online misalnya anonimitas atau kedekatan dan menanggapi denganpengenalan saluran komersial multi-platform. Setelah mengurangi beberapa risiko yangterkait dengan online, pengecer saluran-multi mendapatkan keunggulan yang sangatbesar dan, akibatnya, intenseritas dari pengecer murni klik. Penelitian ini mencobauntuk memberikan bukti empiris yang bermanfaat bagi pengecer online, melaluipengukuran dampak fitur web klik-dan-bata murni-klik pada kepercayaan persepsinilai. Memanfaatkan survei anonline, sekitar 550 subjek dengan pengalamansebelumnya akan diakomodasikan ke dalam model penelitian dengan bantuanpemodelan persamaan struktural untuk menjelaskan hubungan timbal balik dalammodel penelitian. Temuan empiris menunjukkan bahwa klik murni dapat dengan amanmengharapkan peningkatan interaksi lalu lintas pendapatan denganmempromosikan kesadaran fisik bersamaan dengan platform komersial online mereka.Bukti yang memadai, karena kepercayaan nilai adalah anteseden perilaku, dapatmembenarkan keputusan untuk mengembangkan kehadiran offline.
ABSTRACTDespite the fact that online sellers have long been considered as the demise of theiroffline equivalents, sellers/retailers understand that there is always a risk behind theonline interaction (e.g. anonymity or proximity) and respond with the introduction ofmulti-platform commercial channel. Having reduced several online-related risks, themulti-channel retailers gain quite an immense prominence and, consequently, an intenserivalry from the pure-click retailers. The present study attempts to provide empiricalevidence beneficial to online retailers, through measuring the impacts of both the click-and-brick's & pure-click's web-features on trust & value perceptions. Utilizing anonline survey, around 550 subjects with previous experience will be accommodatedinto the research model with the help of structural equation modelling to explain thecausal relationships in the research model. The empirical findings suggest that pure-click may safely expect increased interactions (traffic & revenue) by promoting the physical awareness concurrently with their online commercial platform. Adequate evidences, as trust & value are behavioral antecedents, may justify the decision to develop an offline presence."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50405
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nadia Kirana Paramita
"
ABSTRAKKehadiran produk Beauty and Personal Care (BPC) kian berkembang di Indonesia seiring perkembangan zaman. Penjualan dan pemasaran produk-produk BPC semakin bergeser, tidak hanya secara luring namun juga secara daring. Produk BPC mulai dipasarkan secara digital mengikuti konsumennya. Sociolla sebagai e-commerce BPC memasarkan produk-produk dari berbagai brand yang bekerjasama dengannya melalui ketiga pilar commerce, content, dan community. Ketiga pilar tersebut merupakan situs daring sociolla.com (commerce), journal.sociolla.com (content), dan soco.id (community). Integrasi antara pemasaran digital di ketiga pilar tersebut pada akhirnya menciptakan beauty ecosystem bagi target konsumen Sociolla. Menjadi penting bagi pemasar untuk mempelajari kategori produk dan metode pemasaran digital yang sesuai dengannya. Seperti pada Sociolla yang menggunakan strategi promotion, memberikan product knowledge, serta menyediakan platform bagi target konsumennya untuk menciptakan user generated content.
ABSTRACTThe Appearance of Beauty and Personal Care (BPC) products are thriving in Indonesia from time to time. The sale of BPC products are shifting, not only from offline sales, but also online. BPC products are starting to be marketed digitally following their consumer. Sociolla as a BPC e-commerce markets products from their affiliated brands with the three pillars of commerce, content, and community. Those three pillars are sociolla.com (commerce), journal.sociolla.com (content), and soco,id (community) websites. The integration between the digital marketing on those three pillars in the end creates a beauty ecosystem for Sociolla target consumer. It had become an importance for marketer to learn the product category and the right digital marketing methods for it. Like Sociolla that used promotion strategy, giving product knowledge, and giving platform for their target consumer to create user generated content."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library