Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 227635 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ridhani Ramadhana
"Semakin berkembangnya sebuah industri, maka peran Public Relations (PR) semakin penting terutama bagi industri kelapa sawit yang sering menjadi sasaran kampanye negatif dengan berbagai isu lingkungan dan sosial. Munculnya laporan Associated Press pada 18 November 2020 terkait eksploitasi perempuan di industri kelapa sawit mendorong Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk untuk melakukan manajemen isu dalam rangka mempertahankan citra perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen isu PR di PT Astra Agro Lestari Tbk dalam menghadapi isu perempuan melalui program Agrovaria Lovepink. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data, teknik yang dilakukan adalah in-depth interview dengan berfokus pada langkah-langkah manajemen isu yang dilakukan mulai dari penyusunan rencana hingga evaluasi oleh Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan PR PT astra Agro Lestari tbk melakukan proses manajemen isu ketika isu tersebut berada di ¬fase emerging issue dan melakukan program pengendalian melalui implementasi strategi event, publikasi, kolaborasi/kerjasama, dan social responsibility yang dibalut dalam sebuah program bernama Agrovaria Lovepink.

As an industry develops, the role of Public Relations (PR) becomes increasingly important, especially for the palm oil industry, which is often the target of negative campaigns on various environmental and social issues. The emergence of an Associated Press report on the exploitation of women in the palm oil industry on 18 November 2020 prompted the public relations department of PT Astra Agro Lestari Tbk to implement issue management in order to maintain the company's image. Therefore, this study aims to determine the implementation of PR issue management at PT Astra Agro Lestari Tbk in dealing with women's issues through the Agrovaria Lovepink programme. This study uses a constructivism paradigm with a qualitative approach and a case study research strategy. To collect data, the technique used was in-depth interviews, focusing on the issues management steps that were carried out from the preparation of the plan to the evaluation by the public relations department of PT Astra Agro Lestari Tbk. The results of this study show that PT Astra Agro Lestari Tbk. PR carries out an issue management process when the issue is in the emerging issue phase and carries out a control programme through the implementation of event strategies, publications, cooperation/collaboration and social responsibility wrapped in a programme called Agrovaria Lovepink."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irnintha Adjani
"Klinik kecantikan Sothys adalah sebuah klinik kecantikan yang berbasis di Paris, Perancis. Didirikan pada tahun 1946, Sothys telah menjadi salah satu brand ternama di Eropa. Sothys mengerti bahwa keinginan untuk memperoleh kecantikan adalah sesuatu yang universal sehingga ia membuka cabang di lebih dari 80 negara, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia, klinik Sothys terdapat di Jl. Kyai Maja, Kebayoran baru, Jakarta selatan, dimana kawasan tersebut merupakan tempat yang sangat strategis untuk menjalankan sebuah bisnis. Klinik kecantikan ini telah berdiri selama 25 tahun sejak tahun 1999. Sothys Indonesia menargetkan pasarnya pada pria dan wanita yang berusia 35 tahun keatas, tingkat pendapatan untuk kelas atas, dan untuk para pelanggan tetap yang sudah ada semenjak pertama kali klinik ini dibangun.Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan pemilik klinik Sothys dan beberapa karyawan, diketahui permasalahan utama yang terjadi dalam perusahaan ialah tidak adanya regenerasi dalam perusahaan dimana seluruh karyawan yang ada dalam perusahaan seluruhnya berusia diatas 30 tahun, sehingga dengan begitu tidak ada informasi-informasi baru seperti saat ini beberapa pesaing usaha klinik kecantikan memiliki kisaran harga yang sama dengan Sothys, padahal target pasar pesaing dapat menjangkau seluruh lapisan umur. Oleh sebab itu, setelah diberikan informasi mengenai potensi untuk memperluas target pasar ini, pemilik klinik kecantikan  memberikan izin untuk membantu membuat program rencana humas dalam menambah target pasar klinik Sothys Indonesia. Pernyataan masalah yang ada di Klinik Sothys Indonesia secara spesifik ialah tingkat kesadaran masyarakat khususnya parah generasi muda tergolong rendah, karena belum mempunyai sistem publikasi yang optimal. Maka dari itu penulis membuat usulan program yaitu publikasi dan spesial event agar dapat menjadikan wadah informasi bagi masyarakat kemudian dapat memperluas target pasar yang nantinya akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Sothys skincare is a beauty clinic that is based from Paris, France. Built since 1946, Sothys is one of the leading brand of beauty in Europe. Sothys understands that beauty is something universal so they opened their clinic at more than 80 country including Indonesia. In Indonesia, Sothys is located in Jl. Kyai Maja, South Jakarta. Which ia a very strategic location. Sothys Indonesia was build eversince 25 years ago at 1999. Sothys Indonesia targeted their consumer qith the  criteria  of male and female above 35 years old, high acquisition, and for their regular costumer. Based on interview with vice president of Sothys Indonesia and a few employees, it is known that the common problem at Sothys are there are no updated information about the market challenger. They assumed that their prices is only affordable by people of upper class so they do not reach the middle class, even when the other market challenger with the same price they can reach every ages. Therefore, after giving the information that they have potential to expand their target of costumer, they approved to make a marketing public relations plan to expand their consumer target. So, writer are suggesting a Marketing Public Relations program to rebrand Sothys’s image and to help increase market target."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ressi Putri Avicenia
"ABSTRAK
Makalah ini akan membahas mengenai bagaimana Starbucks mengimplementasikan ketiga
pilar yang disebut dengan konsep Triple Bottom Line (TBL) dalam program Corporate Social
Responsibility (CSR) sebagai salah satu strategi Hubungan Masyarakat (Humas). Makalah ini
juga akan membahas mengenai bagaimana Starbucks berhasil mengintegrasikan kepentingan
perusahaan dan kepentingan dari pemangku kepentingannya ke dalam program CSR. Hasil
dari analisis yang dilakukan adalah Starbucks telah berhasil mengimplementasikan konsep
TBL untuk menjawab isu dari 3 aspek yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan pada program
CSR-nya. Program CSR Starbucks juga memberikan manfaat pada reputasi dan hubungan
antara Starbucks dan para pemangku kepentingan. Hubungan baik tersebut dijalin dengan
cara meningkatkan kualitas hidup dari pemangku kepentingannya yang juga memiliki
dampak kepada keberlangsungan perusahaan.

ABSTRACT
This paper will discuss about how Starbucks implemented the three pillars of Triple Bottom
Line (TBL) concept into their Corporate Social Responsibility (CSR) program as a part of
Public Relations (PR) strategy. This paper will also discuss about how Starbucks successfully
integrated their corporate goals and the interests of their stakeholders into the CSR program.
The results of the analysis is that Starbucks has successfully implemented the concept of TBL
to address the issue of the 3 aspects such as social, economic and environmental in their CSR
program. Starbucks CSR program also provided benefits to the reputation and the beneficial
relationship between Starbucks and their stakeholders. Beneficial relationship is maintained
by improving the stakeholders’ quality of life and at the same time have an impact on the
sustainability of the company.
"
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Raviali Ramadhan
"Penelitian ini penting dilakukan untuk memahami manajemen Community Relations pada program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. X.PT. X adalah perusahaan sub holding Pertamina (Persero), dengan mayoritas saham dimiliki oleh Patra Drilling Services Indonesia (97%) dan sisanya dimiliki oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) (3%). Penelitian ini fokus pada program Pengolahan Sampah Organik Sawit yang bertujuan mendukung perekonomian rumah tangga petani kelapa sawit di Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada tahun 2022. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengungkap bahwa PT. X telah berhasil melaksanakan manajemen Community Relations yang baik. Program CSR yang dijalankan memberikan dampak positif pada hubungan dengan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan komunikasi yang efektif, menjaga keberlanjutan hubungan, dan meningkatkan transparansi program CSR sebagai langkah penting untuk diterapkan oleh PT. X. Dengan mengimplementasikan rekomendasi ini, PT. X Dapat memperkuat hubungan dengan komunitas dan mencapai tujuan sosial dan lingkungan yang diinginkan.

This research is important to understand Community Relations management in the Corporate Social Responsibility (CSR) program of PT. X. PT. X is a Pertamina (Persero) sub holding company, with the majority of shares owned by Patra Drilling Services Indonesia (97%) and the remainder owned by Pertamina Hulu Energi (PHE) (3%). This research focuses on the Palm Oil Organic Waste Processing program which aims to support the household economy of oil palm farmers in Rokan Hilir Regency, Riau in 2022. Using a qualitative descriptive approach, this research reveals that PT. X has successfully implemented good Community Relations management. The implemented CSR program has had a positive impact on relations with the community. This study recommends developing effective communication, maintaining relationship sustainability, and increasing the transparency of CSR programs as important steps to be implemented by PT. X. By implementing this recommendation, PT. X Can strengthen relationships with communities and achieve desired social and environmental goals."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asifa Nur Aisyah
"Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) merupakan kebijakan manajemen yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial atas apa yang sudah ?diambil? oleh perusahaan dan diperlukan kegiatan komunikasi untuk mengkomunikasikan program CSR tersebut. Sebagai perusahaan minyak dan gas bumi, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) membuat program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP) sebagai program CSR dan menggunakan komunikasi persuasif dan sosialisasi sebagai strategi komunikasi.
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi dari strategi komunikasi, berupa komunikasi persuasif dan sosialisasi yang telah dilakukan pada program OTAP. Evaluasi yang dilakukan adalah untuk melihat apakah sosialisasi yang dilakukan sudah mampu mengubah persepsi, sikap dan perilaku masyarakat terkait dengan penanaman mangrove. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan studi melalui wawancara mendalam dan observasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa sosialisasi yang dilakukan telah mampu mengubah persepsi, sikap dan perilaku masyarakat terkait dengan penanaman mangrove. Hal ini dapat dilihat dari tingkat partisipatif dan inisiatif masyarakat terkait dengan penanaman mangrove sudah mulai meningkat. Namun, didalam pelaksanaan strategi komunikasi itu sendiri, masih belum optimal dikarenakan masih kurangnya keterlibatan perusahaan dan belum adanya peran serta aparat Desa dalam rangka menerapkan peraturan terkait dengan hama penganggu tanaman mangrove.

Corporate Social Responsibility (CSR) program is a management policy of the company as a form of social responsibility for what has been ?taken? by the company and required communication activities for communicating the CSR program. As an oil and gas company, PT Pertamina Hulu Energi Offshore West Java (PHE ONWJ) make the program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP) as a CSR program and use persuasive communication and socialization as a communication strategy.
This study aimed to evaluate the implementation of communication strategy in the form of persuasive communication and socialization has been done on OTAP program. The evaluation is to see whether the persuasive communication and socialization done already capable in order to changing perceptions, attitudes and behavior related to the mangrove implantation. This reserach method performed qualitative study through interviews and observations.
The results obtained from this study is that persuasive communication and socialization has been able to change perceptions, attitudes and behaviour related to mangrove implantation. It can be seen from the level of partisipatory and community initiatives related to mangrove implantation has begun rise. However, in the implementation of the communication strategy itself, is still not optimal due to the lack of involvement of companiees and the lack of participation of village officials in order to apply the regulations relating to pest of mangrove plants."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T45662
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Ramadhani
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang implementasi Corporate Social Responsibility Mitsubishi
Education Program membentuk Corporate Image, Studi pada PT. Krama Yudha
Tiga Berlian Motors. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang
digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi sebuah program CSR
dapat membentuk citra perusahaan pada Mitsubishi CSR Education Program. Melalui
penelitian ini diketahui implementasi program ini sudah sangat baik, namun belum
ditunjang oleh sosialisasi yang efektif. Meskipun demikian, program CSR terbukti
dapat membentuk citra perusahaan di mata para penerima bantuan. Untuk masa
mendatang, penelitian ini dapat disertai dengan melakukan evaluasi perencanaan dan
evaluasi proses untuk dapat memperkaya hasil penelitian terhadap citra perusahaan
dan tercapainya tujuan CSR.

ABSTRACT
This thesis discusses the Implementation Analysis Corporate Social Responsibility
Mitsubishi Education Program the Formotion Corporate Image in PT. Krama Yudha
Tiga Berlian Motors. The research use qualitative method in order to describe how
the implementation of a CSR program could form the corporate image on Mitsubishi
CSR Education Program. The research discovered that the implementation of the
program is already been well-executed but haven?t been supported by effective
socialization. However, the CSR program is proved to have been successful in
forming the corporate image on its participant. In the future, this research should be
equipped with a planning and process evaluation in order to enrich the result of the
research related on corporate image and reaches the CSR purposes."
2016
T46314
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saskia Eka Wibowo
"ABSTRAK
Salah satu tugas utama praktisi PR adalah menjaga hubungan dengan komunitasnya. Hal ini di
implementasikan dalam pelaksanaan program-program CSR yang bermanfaat. Program CSR dewasa
ini diharapkan untuk tidak hanya mampu membawa perubahan yang nyata bagi masyarakat akan
tetapi dikomunikasikan dengan baik kepada target audiens komunitasnya sesuai dengan pesan yang
disampaikan. Kemunculan media baru telah membawa dampak bagi berkembangnya komunitas
dunia maya sebagai salah satu audiens baru, dimana hal itu mengindikasikan perlunya komunikasi
program dalam bentuk baru. L’OREAL Sustainability Commitment merupakan rangkaian program
CSR L’OREAL yang dipublikasikan kepada target audiens di dunia maya.
Makalah ini berusaha untuk melihat bagaimana bentuk komunikasi yang dilakukan L’OREAL
dengan penggunaan media baru dalam rangka publikasi program CSR sehingga program tersebut
sukses dipublikasikan ke audiens dunia maya dalam rangka peningkatan interaktivitas audiens. Hasil
analisis menunjukkan bahwa program-program CSR PT. L’OREAL Indonesia berhasil masuk ke
dalam ranah digital memanfaatkan platform media baru dengan segala karakteristiknya, antara lain :
interaktivitas, konvergensi dan user generated. Akan tetapi, hasil analisis juga menunjukkan bahwa
perlu adanya penambahan konten orisinal dari L’OREAL Indonesia melalui platform medianya
kepada audiens komunitas lokal agar meningkatkan interaktivitas akan program-program.

ABSTRACT
One of the Public Relations Practitioners’ duty is to maintain the relationship with the community
involved. It is implemented by the execution of CSR Programs that are beneficial for the
stakeholders. The CSR program nowadays must not only bring real changes to the community, but
also being communicated well to the targeted audience in synchronization with the messages. The
rise of new media develops a new form of community audience, which is cyber community. This
indicates that company needs to communicate the CSR programs in new forms. L’OREAL
Sustainability commitment is a series of CSR program that is published to the targeted cyber
community.
This journal is intended to see how the usage of new media in communicating Loreal CSR programs
could increase the interactivity of the targeted cyber community. The analysis shows that PT.
L’OREAL Indonesia’s CSR Programs successfully penetrate the cyber community by using the new
media platforms with its characteristic such as interactivity, convergence and user generated. The
analysis also shows that there is a need to add the original content from PT. L’OREAL Indonesia
within their media platform for their local audience to bring more interactivity."
[, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mitchelle Aura Alridzki
"Makalah ini membahas strategi kampanye #KerenTanpaNyampah public relations The Body Shop Indonesia yang melakukan press launch pada 14 September 2021 dalam memperkenalkan program Refill Station. Terdapat latar belakang keberlanjutan dan ekonomi sirkular; rumusan masalah pertanggungjawaban atas limbah; dengan tujuan mengetahui dan menganalisis strategi dan kegiatannya. Tipe kampanyenya, yaitu Campaign Model of Successful Organization dengan nilai berkelanjutan serta unique, selling, dan position melalui ethically sourced dan naturally-based ingredients. Program ini memiliki tujuan public awareness akan lingkungan dan alam serta behavior modification keyakinan sustainable beauty; peran publisitas dan inform or image melalui media sosial; dan strategi atau pendekatan persuasif untuk refill dan edukatif mengenai sampah. Tekniknya, yaitu secara tidak langsung partisipatif melalui unggahan, asosiasi sustainable beauty, serta ganjaran manfaat lingkungan dan berhemat.

This paper discusses the #KerenTanpaNyampah public relations campaign strategy of The Body Shop Indonesia which conducted a press launch on September 14, 2021 in introducing the Refill Station program. There is a background of sustainability and circular economy; formulation of the problem of responsibility for waste; with the aim of knowing and analyzing its strategies and activities. The type of campaign is Campaign Model of Successful Organization with sustainable values and unique, selling, and positioning through ethically sourced and naturally-based ingredients. This program has the goal of public awareness of the environment and nature as well as behavior modification of sustainable beauty beliefs; the role of publicity and inform or image through social media; and persuasive strategies or approaches to refill and educate about waste. The technique is indirectly participatory through posts, sustainable beauty associations, and rewards for environmental benefits and savings.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Maulizal
"Tesis ini membahas strategi Public Relations PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) sebagai perusahaan pengelola Kawasan Industri Pulogadung (KIP) dalam mengernbangkan dan mengkomunikasikan Corporate Social Responsibilities (CSR). Keberadaan KfP yang berdekatan dengan masyarakat sekitarya memerlukan CSR sebagai faktor yang penting dalam meningkatkan citra organisasi, simpati publik yang terbangun dari praktik CSR yang tepat sasaran akan berdampak secara lebih luas, misalnya masyarakat, akan merasa memiliki perusahaan. Disamping itu kesuksesan perusahaan, tidak hanya ditentukan keberhasilan bisnisnya, tetapi juga kemampuannya menyukseskan program memberdayakan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif Sedangkan untuk memperoleh data yang dibutuhkan, digunakan tclmik observasi terlebih dahulu, dan kemudian tehnik wawancara mendalam dengan narasumber yang telah ditentukan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T32406
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wulan Syafitri
"ABSTRAK
Community relations merupakan salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility, yang diartikan sebagai hubungan antara perusahaan dengan komunitas sekitar perusahaan. Sedangkan Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab sosial yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aktivitas community relations yang telah dilakukan oleh PT. Chevron Pacific Indonesia cabang Rumbai, Pekanbaru, sebagai bentuk penerapan corporate social responsibility. Kegiatan yang dianalisis merupakan kegiatan pada bidang lingkungan, pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan yang dilaksanakan sebagai wujud penerapan corporate social responsibility oleh perusahaan. Tulisan ini akan didukung dengan teori dan konsep terkait, seperti teori triple bottom line, corporate social responsibility, dan juga community relations. Hasil dari analisis memperlihatkan bahwa kegiatan community relations yang dilakukan sebagai penerapan corporate social responsibility berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Community relations merupakan salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility, yang diartikan sebagai hubungan antara perusahaan dengan komunitas sekitar perusahaan. Sedangkan Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab sosial yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aktivitas community relations yang telah dilakukan oleh PT. Chevron Pacific Indonesia cabang Rumbai, Pekanbaru, sebagai bentuk penerapan corporate social responsibility. Kegiatan yang dianalisis merupakan kegiatan pada bidang lingkungan, pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan yang dilaksanakan sebagai wujud penerapan corporate social responsibility oleh perusahaan. Tulisan ini akan didukung dengan teori dan konsep terkait, seperti teori triple bottom line, corporate social responsibility, dan juga community relations. Hasil dari analisis memperlihatkan bahwa kegiatan community relations yang dilakukan sebagai penerapan corporate social responsibility berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

ABSTRACT
Community relations is part of Corporate Social Responsibility, which is defined as the relationship between the company and the community around the company. While Corporate Social Responsibility is a social responsibility that must be fulfilled by every company. This paper aims to determine the extent of community relations activities that have been done by PT. Chevron Pacific Indonesia branch of Rumbai, Pekanbaru, as an implementation of corporate social responsibility. Activities analyzed are activities in the field of environment, education, infrastructure, and health and implemented as a company rsquo s corporate social responsibility. This paper will be supported by related theories and concepts, such as triple bottom line theory, corporate social responsibility, and community relations. The results of the analysis show that community relations activities that have been done as the implementation of corporate social responsibility have a positive impact on the surrounding community."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>