Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 185036 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Muslim Rifai
"SEAMOLEC atau Southeast Asia Ministry of Education Organization Regional Open Learning Centre, adalah salah satu pusat pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh di Asia Tenggara. Antara tahun 2019 dan 2022, SEAMOLEC telah menyelenggarakan pelatihan daring berbasis MOOCs melalui aplikasi MOOC dan eTraining SEAMOLEC yang madding-masing berdiri sendiri. Masalah muncul karena adanya indikasi terdapat peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan tanpa mendaftar akun MOOCs SEAMOLEC, serta adanya proses bisnis yang redundan dan terpisah pada lebih dari satu aplikasi. Hal ini dapat meningkatkan risiko kesalahan pengguna. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan memperbaiki proses bisnis pelatihan SEAMOLEC. Pendekatan Business Process Improvement (BPI) dengan bantuan Business Process Model and Notation (BPMN) dan diagram use-case digunakan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi perbaikan. Metode campuran digunakan dengan menggabungkan data dari wawancara, database MOOC dan eTraining SEAMOLEC, formulir pengujian sistem, dan simulasi menggunakan aplikasi Bizagi Modeler. Hasil penelitian melibatkan rekomendasi perbaikan proses bisnis dan prototipe yang sesuai. Dengan memusatkan proses bisnis dalam satu aplikasi dan menggunakan alat-alat BPI, seperti eliminasi duplikasi, evaluasi nilai tambah, penyederhanaan, dan otomatisasi, waktu pemrosesan berhasil dikurangi sekitar 3-5 jam. Integrasi eTraining memungkinkan peserta mengakses materi pelatihan secara langsung tanpa prosedur tambahan, memastikan ketaatan pada prosedur. Prototipe diuji coba dan sesuai dengan kebutuhan, meskipun performa aplikasi perlu penelitian lanjutan. Secara keseluruhan, penelitian ini telah berhasil meningkatkan efisiensi proses bisnis pelatihan SEAMOLEC melalui integrasi aplikasi dan otomatisasi, membuktikan keberhasilan rekomendasi perbaikan yang diusulkan.

SEAMOLEC, or the Southeast Asia Ministry of Education Organization Regional Open Learning Centre, was one of the centers for the development of open and distance education in Southeast Asia. Between 2019 and 2022, SEAMOLEC organized online training based on MOOCs through the MOOCs SEAMOLEC and eTraining SEAMOLEC applications, each standing independently. Issues arose due to indications that participants were able to complete training without registering an account on MOOCs SEAMOLEC, and there were redundant and separate business processes in more than one application. This could increase the risk of user errors. This research aimed to evaluate and improve SEAMOLEC's training business processes. The Business Process Improvement (BPI) approach, assisted by Business Process Model and Notation (BPMN) and use-case diagrams, was used to analyze and provide improvement recommendations. A mixed-methods approach was employed by combining data from interviews, MOOCs, and eTraining SEAMOLEC databases, system testing forms, and simulations using the Bizagi Modeler application. The research results involved recommendations for business process improvements and a corresponding prototype. By centralizing business processes in one application and using BPI tools such as eliminating duplication, evaluating value addition, simplification, and automation, processing time was successfully reduced by approximately 3-5 hours. Integrating eTraining allowed participants to access training materials directly without additional procedures, ensuring compliance with procedures. The prototype was tested and met the requirements, although the application's performance requires further research. Overall, this research successfully enhanced the efficiency of SEAMOLEC's training business processes through application integration and automation, validating the proposed improvement recommendations."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Shaomi Safitri
"Tujuan pelatihan memberikan keterampilan bagi peserta melalui lembaga pendidikan informal, tesis ini membahas peran BLK dalam proses pelatihan serta faktor yang mempengaruhi selama pelatihan. Terdapat lima komponen dalam pelatihan: Sasaran Pelatihan, Pelatih, Bahan-bahan Latihan, Metode Latihan dan Peserta Pelatihan dimana masing-masing komponen tersebut saling melengkapi satu sama lain. Selama pelatihan di temukannya komponen yang mempengaruhi pelatihan berlangsung diantaranya Bahan-bahan latihan yang sudah tidak relevan dan kurangnya motivasi peserta untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

The purpose of training provides the skills for participants through educational institutions informal. There are five components in the target training: Target Training, Training Materials, Trainer, Methods of Training and Trainee, where each of the components complement each other. During training takes place that effects components which are, the training materials are not relevant, and the lack of motivation of participants to get a better job.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: United Nations Human Settlements Programme, 2007
R 658.312404 UNI p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Boca Raton: CRC Press, Taylor & Francis Group, 2009
620.82 HUM
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anggraini Naya Parahita
"Di era berkembangnya informasi saat ini, teknologi dan informasi sudah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Pandemi virus COVID-19 menjadi peluang sekaligus ancaman bagi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dengan kejuruan khusus bahasa dan skill yang mempersiapkan SDM untuk peluang kerja ke luar negeri. LPK adalah suatu instansi yang sudah mendapat perizinan dan memenuhi persyaratan untuk melaksanakan suatu kegiatan pelatihan kerja. Salah satu LPK kejuruan khusus Bahasa jepang tentu merasakan dampaknya dan memerlukan penyesuaian atas kondisi pelatihan saat ini yang dituntut untuk pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, penggunaan platform pembelajaran secara daring untuk LPK kejuruan bahasa Jepang ini setidaknya mampu untuk mengukur dan membangun terkait kompetensi dalam Lembaga pelatihan. Dalam hal ini dilakukan penelitian dengan mengambil studi kasus di salah satu LPK kejuruan Bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna dalam implementasi pembelajaran bahasa Jepang secara daring dengan menggunakan metode UTAUT dengan variabel konstruksi tambahan yang dikombinasikan dengan metode TAM yang telah disesuaikan dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta pelatihan dan dilakukan pengolahan data untuk mengidentifikasi faktor yang memengaruhi penerimaan dengan metode PLS-SEM. Hasil yang didapatkan adalah bahwa faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna dalam implementasi pembelajaran bahasa Jepang secara daring adalah facilitating conditions, habit, language competency, teacher influence, intrinsic value, dan self-efficacy. Faktor facilitating conditions, habit, language competency, teacher influence, intrinsic value, dan self- efficacy mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention atau niat pengguna dalam menerima pembelajaran bahasa Jepang secara daring.

In the development of information era, technology and information have changed the way we live our daily lives. The COVID-19 virus pandemic is an opportunity as well as a threat for Technical and Vocational Education and Training (TVET) with special vocational in languages and skills that prepare human resources for job opportunities abroad. TVET is an agency that has received a permit and meets the requirements to carry out a job training activity. One of the vocational institution specializing in Japanese learning, certainly felt the impact and needed adjustments to the current training conditions required for distance learning. Therefore, the use of online learning platforms for Japanese vocational institution is at least able to measure and build related competencies in training institutions. In this case, a research was conducted by taking a case study in one of the Japanese language vocational institution. This study aims to determine the factors that influence user acceptance in the implementation of online Japanese learning using the UTAUT method with additional construction variables combined with the TAM method which has been adapted to this research. Data was collected by distributing questionnaires to students and processed the data to determine the factors that influence acceptance using the PLS-SEM method. The results obtained are that the factors that influence user acceptance in the implementation of online Japanese learning are facilitating conditions, habit, language competency, teacher influence, intrinsic value, and self-efficacy. These factors which are Facilitating conditions, habit, language competency, teacher influence, intrinsic value, and self- efficacy have a significant influence on behavioral intention or user intention in accepting Japanese language learning online."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky Irawan Kesuma
"ABSTRAK
Kejadian kriminalitas di perumahan Citra Indah Jonggol terus terjadi
Banyaknya kasus pencurian yang terjadi sudah sangat meresahkan warga
perumahan Citra Indah Hal tersebut menmibulkan ketidakpuasan warga terhadap
pelayanan sekunti perumahan Citra Indah Fasihtas sekunti perumahan belum
mampu mananggulangi hal tersebut Hal mi terkait dengan kinerja petugas
sekuriti yang belum efektif Faktor faktor yang mempengaruhi kmerja petugas
sekuriti diantaranya pelatihan dan motivasi Bertolak dan itu peneliti melakukan
penelitian yang bertujuan untuk menguji pengaruh pelatthan motivasi terhadap
kinerja petugas sekuriti dan hubungannya dengan kepuasan warga Citra Indah.
Penelitian diiakukan di perumahan Citra Indah Kecamatan Jonggol
Kabupaten Bogor Pendekatan penehtian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode desknptif analitis Sampel penelitian terdin dan
petugas sekunti dan warga perumahan Citra Indah Sampel petugas sekuriti
diambil dengan rumus atau tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%
didapat jumlah responden 72 orang Sedangkan sampel dan warga perumahan
Citra Indah diambil dengan tekrnk simply random sampling dengan jumlth
responden sesuai kebutuhan analisis sebanyak 72 orang Alat analisis yang
digunakan yaitu korelasi dan regresi dengan menggunakana SPSS.
Hasil penelitian tahap I menunjukkan bahwa terdapat pengaruh masmg
masmg vanabel atara lam pelatthan terhadap kinerja petugas sekunti dan
motivasi terhadap kinerja petugas sekuriti Kemudian secara bersama-sama
variabel pelatihan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja petugas sekuriti
Selanjutnya hasil analisis tahap II menuujukkan bahwa terdapat hubungan antara
kinerja petugas sekunti dengan kepuasan warga perumahan Citra Indah Jonggol.

ABSTRACT
Crime in Perumahan Citra Indah Jonggol still happens all the time The
increasing number of theft is causing restlessness to the housing residents and it brings
dissatisfaction upon the services of security in Perumahan Citra Indah The security
facilities can not afford the overcoming of such problems related to ineffectiveness of
security s performance Factors that affects the performance of security person are vary
such as training and motivation In respect thereof research on The Impact of Training
Motivation to The Performance of Security Person and Its Correlation to the
Satisfaction of Perumahan Citra Indah Jonggol Housing Residents is done
Research takes place in Perumahan Citra Indah Kecamatan Jonggol Kabupaten
Bogor This research uses quantitative approach with analytical descriptive method
Research samples consist of security person and the housing residents itself Samples of
security officers are taken by formula or table Issac and Michael with an error level of
5% on 72 respondenf s Meanwhile samples of perumahan Citra Indah housing
residents are taken by simply random sampling with the numbers of respondents of 72
based on purposes Analysis tools uses in this research are correlation and regression in
SPSs
Result of Research in first term shows that there are effect of each variable
namely training to security person's performance and motivation to security person's
performance Together these variables affect security's performance Result of Second
term shows correlation on the performance of security person with the satisfaction of
housing residents of Perumahan Citra Indah Jonggol
"
2012
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mamat Rachmat
"ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pendidikan dan pelatihan (diklat) pegawai Direktorat Jenderal Cipta Karya, dan bagaimana pengaruh pendidikan dan pelatihan penulisan kehumasan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pegawai, khususnya pada pelatihan penulisan kehumasan bidang cipta karya.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah untuk mengetahui sistem diklat di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya digunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan untuk mengetahui pengaruh diklat terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan menggunakan metode hipotesa t-test yaitu dengan membandingkan kedua mean dari nilai pre test dan post test pada pelatihan penulisan kehumasan bidang cipta karya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
a. Sistem diktat di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya terdiri dari;
1) perencanaan, yang meliputi : (a) penyusunan kebutuhan diktat, (b) penyusunan program diktat dan (c) persiapan pelaksanaan;
2) pelaksanaan diktat;
3) evaluasi diktat, yang meliputi : (a) evaluasi sebelum pelaksanaan, (b) evaluasi pada saat pelaksanaan dan (c) evaluasi pada saat berakhirnya diktat.
b) Pendidikan dan pelatihan penulisan kehumasan bidang cipta karya mempunyai pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pegawai. Hal ini menunjukkan bahwa program pelatihan menunjukkan efektivitasnya. Efektivitas ini ditunjukkan oleh level signifikansi dari t-test bagi pre test dan post test.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cherly Kemala Ulfa
"ABSTRAK
Rancangan pelatihan yang diperolah diharapkan dapat menjadi solusi untuk
mengatasi permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh supervisor PT. X dalam
melaksanakan tugas, (imgsi dan tanggung jawabnya sebagai supervisor.
Adapun beberapa permasalahan dan kendala yang dialami oleh supervisor PT. X
pada umnmnya disebabkan karena kurang terampilnya supervisor dalam
melaksanakan keterampilan manajerial dan keterampilan berhubungan dengan
lTl8I]llSl8
Oleh sebab itu pemberian supervisory training bertujuan mengajarkan, melatih
dan mcningkatkan keterampilan manajerial dasar yang sangat pcnting dalam
pelaksanaan tugas, iimgsi dan tanggungjawab supervisor. Adapun materi yang
ada dalam supervisory training mencakup keterampilan dasar manajerial yang
dibutuhkan oleh supervisor yakni Keterampilan Kepemimpinan, Memotivasi
Bawahan, Pengambilan Keputusan, Keterampilan Komunikasi, Teamwork dan
Manajemen Konflik

ABSTRACT
he focus of the study is a supervisory training planning as one of subject of
management trainee program in PT.X. Since 2001 PT. X management attend the
Management Development Program as known Management Trainee to get
potential employees as supervisors. Beside that, the purpose of the training is
creating a future leader of the company.
The planning porpuse as a solution to solve supervisor problems related to lack of
managerial skill which need to do their jobs, functions and responsibilities. So this
supervisory training will focus to deliver the management skill such as leadership,
communication etc.
Tl1crcf`orc, the subjects in the supervisory training are leadership skill, subordinate
motivating skill, decision making skill, communication skill, teamwork, and
management conflict as important basic managerial skill to the Supervisors

"
2007
T34072
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Tri Hartanto Sukamto
"Pasai 10 BAB IH Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahlm 2002 tentang Perlindungan Anak secam jelas membuka kesempatan pada anak agar mendapat dukungan dan penghargaan terhadap pengembangan dirinya, sesuai dengan dngkat keoerdasan dan usianya. Oleh sebab itu, pemberian rangsangan yang tepat sangatlah panting pada masa lima tahun panama dalam kehidunpan anak yang dikenal dengan istilah "The Golden Age"_Konsep dari kecendasan yang semakin berkembang mengantarkan temuan bam mengenai konsep Mulnple Intelligences yang kemudian diterapkan pada Prasekolah-pmsekolah dengan tujuan untuk mengembangkan segala aspek kecerdasan yang oleh anak didiknya. Pencrapan konsep tersebui seyogyanya didukung oleh kemampuan dari pengajarnya agar penerapan terscbut dapat berjalan secara optimal, sehingga sangatlnh pcnting dalam membuat suatu rancangan modul pelatihan dalam upaya unmk mempersiapkan tenaga pcngajar agar dapat menjalankan fungsinya tersebut dengan baik. Program pelatihan ini dirancang untnk membekali pam pengajar dalam upaya penerapan konsep Multiple Intelligences secara optimal dan juga mengatasi keluhan dan kendala yang diakibatkan kesenjangan kemampuan yang mereka miliki sebelumnya Subjek penelitian adalah para pengajar di prasekolah yang mencrapkan konsep Multiple Intelligences seperti Sekolah Alam Bogor dan Global Islamic LabSchool Depok. Metodc pcngumpulan data dengnn menggunakan metode wawancara serta kuesioner bagi para pcngajar untuk didapatkan informasi yang berguna untuk menyuslm materi dari modul pelatihan yang dirancang berdasarkan basil analisa kebutuhan. Rancangan modul pelatihan dirancang beniasarkan hal-hal yang perlu dikembangkan pada para pengajar yang antara lain adalah pcngetahuan dasar mengenai perkembangan anak usia dini, kemampuan merancang pola pengajaran Multiple Intelligences yang sesuai, pengembangan kreativitas pengajar dalam penerapannya serta keterarnpilan dalam mengkornunikasikan perkembangan siswa kepada orang tuanya.

23 Year 2002 about Protection of Child clearly open opporttmity for child in order to get appreciation and support to development of themselfl as according to iutellegence storey;level and hisfher age. On that account, giving of correct excitement of vital importance at a period of five first year in child life, lt's recognized with term " The Golden Age. Conception of intelligence which progressively expand to send new finding regarding concept of Multiple Intelligences which is 1ater;then applied by preschools as a mean to develop all intellegence aspect had by its protege. Applying of the concept is properly supported by ability of its instructor so that the applying can walk in an optimal fashion, so that of vital importance in making a training module device in the effort to draw up instructor energy, so that can nm its iimction better. this Training program is designed to supply all instructor in the effort applying of concept of Multiple Intelligences in an optimal fashion as well as overcoming resulted by constraint, and sigh ability dilference which they have previously. Research Suhjek are instructors in preschool which is applying concept of Multiple Intelligences like Natural School of Bogor and Global of Islamic Labschool Depok. Method data collecting by using method interview and also quesioner to all instructor in order to got information which good for compiling items of designed training module pursuant to result of requirement analysis. Module training device designed pursuant to things required to developed by all instructors which for example; basic knowlcdges concerning growth of age child early, ability design pattem instruction of appropriate Multiple Intelligences, development of instructor creativity in its applying and also skill in communicating growth of student to its old fellow."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
T34079
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rinny Syafriadi
"Dalam menghadapi era globalisasi pada tahun 2020 mendatang, perlu dipersiapkan tenaga kezja. yang profesional Yang mampu berkornpetisi dan mempunyai kompetensi tinggi. Peningkatan kualitas SDM dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan. Balai Latihan Kerja telah melaksanakan berbagai jenis program pelatihan dan keterampilan yang sesuai dengan misi Depnaker yakni : (i) mendorong perluasan Iapangan kerja dan penempatan tenaga kerja, (ii) meningkatkan keahlian dan keterampilan serta produktivitas tenaga kerja, (iii) meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan tenaga kerja Tetapi sampai sejauh ini terlihat bahwa manajemen pelatihan yang dikelola oleh BLK belum seperti yang diharapkan. Masih banyak lulusan BLK yang belum bekerja dan tidak dapat berusaha mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen pelatihan BLK dan mencari manajemen pelatihan yang sesuai dengan BLK sehingga diharapkan setiap lulusan (outcome) dari BLK bcnar-benar bermanfaat bagi dirinya sendizi, keluarga dan masyarakat.
Temuan dari penelitian adalah bahwa banyak kelemahan manajemen pelatihan BLK yang perlu di refonnasi baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan SDM dan pengendalian program maupun pengendalian keuangan. Proses perencanaan pelatihan yang mcmakan waktu terlalu lama, perencanaan program pelatihan sebaiknya benar-benar memperhatikan kebutuhan pasar (marketable). Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan, bebcrapa peraturan yang mengakibatkan ifensiensi yang perlu diregulasi, Pengelolaan SDM mulai dari rekrutmen dan seleksi sebaiknya mengutamakan kriteria standar. Keberadaan dua instansi pengendali yang dalam menjalankan fungsinya terkesan tumpang tindih, sebaiknya mengadakan koordinasi yang lebih baik, karena temyata dalam pelaksanaannya dapat menimbulkan inefisiensi.
Balai Latihan Kelja perlu meningkatkan kerjasama dan menjadi mitra dari dunia industri dan dunia usaha. BLK diharapkan dapat menjadi scmacarn Production Traming Cenfre (PTC) yang menghasilkan jcnis-jenis produk ataupun jasa dan menjadikannya sebagai institusi pengembang program pelatihan yang potensial di daerahnya masing-masing.

In the era of globalization in the upcoming year 2020, needs to be a professional workforce that is able to compete and have high competence. Improving the quality of human resources can he improved through training and skills development. Training Center has been conducting various types of training and skills in accordance with the mission Depnakcr namely: (i) encourage the expansion of employment and placement of workers, (ii) increase the expertise and skills and productivity of labor, (iii) improve the welfare and protection of work. But until this far seen that the management training, which is managed by BLK not as expected. Many of BLK graduates who have not been worked and can not work independently.
This study aims to find out the of BLK training management and inputs for the Directorate General of Training and Productivity (Ditien Binalattas) in order to create a policy to become a professional training institution by improving the quality and performance of instructors and training providers.
The findings of this study is that many management training BLK weaknesses that need to reform both in terms of planning, implementation, management and human resources management programs and financial control. The planning process of the training takes too long, planning training programs should really consider the needs of the market (marketable). In the implementation of training activities, some of the rules that lead to inefiiecieney that need to deregulate. Human resource management from recruitment and selection criteria should be had a standard. The existence of two agencies that control the function seemed to overlap, which should make coordination better, because in its implementation may cause inefficiency.
Central Training needs to enhance the collaboration and to become partners of the industry and the business world. BLK expected to serve as Production Training Center (PTC), which generate the kind of product or service and make it as an institution of the training program developer potential in their respective regions.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T32345
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>