Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 82712 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohamad Angga Setyo Pramuja
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi behavioral intention dari konsumen untuk dapat menggunakan layanan telemedisin khususnya pada Halodoc. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah social influence, perceived usefulness, perceived technology usage risk, dan perceived ubiquity sebagai faktor eksternal serta health anxiety dan offline consultation habit sebagai faktor internal. Selain itu, terdapat variabel perceived value dan trust yang berperan sebagai mediasi serta adanya penambahan variabel facilitating condition dan website information. Untuk menguji 13 hipotesis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian single-cross sectional survey dan metode purposive sampling sehingga didapatkan data sebanyak 582 responden yang merupakan Warga Negara Indonesia berusia antara 18-60 tahun dan pernah menggunakan layanan dari Halodoc. Dari hasil pengolahan data menggunakan metode Partial Least Square- Structural Equation Method (PLS-SEM) ditemukan hanya 11 hipotesis yang diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa social influence, perceived usefulness, perceived ubiquity, dan health anxiety memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap perceived value. Sedangkan, offline consultation habit memiliki pengaruh yang signifikan tetapi negatif terhadap perceived value. Kemudian social influence dan perceived ubiquity memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap trust. Namun, perceived technology usage risk tidak berpengaruh signifikan terhadap perceived value dan trust. Terakhir, perceived value, trust, facilitating condition, dan website information berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intention. Penelitian ini juga memberikan implikasi manajerial yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan layanan selanjutnya.

This research aims to identify the factors that influence consumer behavioral intention to use telemedicine services, particularly on Halodoc. The factors used in this study are social influence, perceived usefulness, perceived technology usage risk, and perceived ubiquity as external factors, as well as health anxiety and offline consultation habit as internal factors. Additionally, the variables perceived value and trust play a mediating role, and facilitating condition and website information are included. To test 13 hypotheses in this study, the researcher employed a single-cross sectional survey method and purposive sampling, resulting in 582 respondents who are Indonesian citizens aged between 18-60 years and have used Halodoc services. Using Partial Least Square- Structural Equation Method (PLS-SEM), it was found that only 11 hypotheses were accepted. The results show that social influence, perceived usefulness, perceived ubiquity, and health anxiety have significant and positive effects on perceived value. Offline consultation habit has a significant but negative effect on perceived value. Social influence and perceived ubiquity also have significant and positive effects on trust. However, perceived technology usage risk does not have a significant effect on perceived value and trust. Finally, perceived value, trust, facilitating condition, and website information have significant and positive effects on behavioral intention. This study also provides managerial implications that can be used as a consideration in the development of subsequent services."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Anna Emilyn Sarah
"Perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi diseluruh dunia telah mempengaruhi banyak industri dan seluruh aspek, termasuk industri layanan keuangan. Pengaruh teknologi pada layanan keuangan pula meliputi munculnya financial technology dengan layanan pembayaran secara digital. Pembayaran digital merupakan layanan keuangan yang ditawarkan untuk meminimalisir pembayaran dengan cara konvensional, sehingga menggunakan fitur teknologi dalam memenuhi kebutuhan pembayaran dan transaksi. Namun, layanan yang disediakan tersebut belum dilakukan secara menyeluruh oleh sebagian banyak pengguna karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pengguna dalam melakukan adopsi teknologi dalam hal transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami faktor penentu yang menjadi intensi pengguna khususnya pada generasi milenial dalam menggunakan teknologi keuangan dalam pembayaran digital dan transaksi keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan berdasar pada kuesioner dengan berdasar pada pendekatan bagian metode dari technology acceptance model, yaitu Unified Theory of Acceptance and Use of Technology II (UTAUT2). Metode UTAUT 2 merupakan metode yang mengkonstruksikan penentu penerimaan dari suatu sistem atau teknologi dan perilaku pengguna. Adapun pengumpulan dan proses kemudian dianalisis dengan structural equation modeling, tepatnya dengan Partial Least Square Method. Penelitian ini juga berdasarkan pada penelitian sebelumnya mengenai penerimaan pengguna dengan metode TAM atas penggunaan financial technology yang berkaitan dengan mobile payment atau digital transactions. Survei yang dilakukan dengan kuesioner diperoleh 310 responden menghasilkan penemuan penelitian yaitu faktor perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, trust, promotional offers dan perceived risk berpengaruh pada behavioral intention to use mobile payment dalam fintech.

Technological and information developments have affected many industries and all aspects, including the financial services industry. The influence of technology on financial services also includes the emergence of financial technology with digital payment services. Digital payments are financial services that minimize payments in conventional ways to use technology features to meet payment and transaction needs. However, the services provided have not been carried out comprehensively because there are factors that affect the user's intention to adopt technology in terms of transactions. This study aims to understand the determinants of users' intentions in using financial technology in digital payments and financial transactions, specifically among millennials. This research was conducted based on a questionnaire based on the user acceptance approach, the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology II (UTAUT2). The UTAUT2 method constructs to determine the acceptance of both the system or technology and user behavioral. The data collecting and process then analyzed using structural equation modeling, precisely the partial least square method. This study provides on previous research regarding the acceptance of users with the UTAUT2 method to use financial technology related to mobile payments or digital transactions. A survey conducted with a questionnaire obtained 310 respondents resulting in research findings, namely the factors of perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, trust, promotional offers, and perceived risk, which affect behavioral intention to use mobile payment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hasbi
"Transformasi Facebook, Instagram, dan Tiktok yang semulanya digunakan untuk bersosialisasi kini telah dimanfaatkan sebagai social commerce (s-commerce) untuk berjualan. Ketiga platform tersebut berhasil menduduki posisi s-commerce dengan popularitas tertinggi namun sayangnya belum banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk meningkatkan proses bisnis mereka. Kebutuhan UMKM dieksplorasi menggunakan technology affordance untuk meningkatkan perilaku intensi penggunaan s-commerce dari UMKM yang kemudian diintegrasikan dengan model Innovation Diffusion Theory (IDT) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce pada UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan 10 responden wawancara daring dan 470 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang telah menggunakan s-commerce untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Didapatkan lima konstruk technology affordance dari s-commerce, diantaranya adalah metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, dan association. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan complexity berhasil memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce oleh UMKM secara signifikan. Relative advantage dan complexity sama-sama dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance, namun relative advantage dipengaruhi paling kuat oleh brand visibility sedangkan complexity dipengaruhi paling kuat oleh customer shopping guidance. Berbeda dengan relative advantage dan complexity, compatibility hanya memiliki tiga aspek technology affordance yang memengaruhi secara signifikan, yaitu metavoicing, brand visibility, dan customer shopping guidance. Pengembangan lanjutan dari penelitian ini dapat memperdalam kegunaan platform s-commerce serta memberikan implikasi berupa saran pengembangan fitur enhanced chat bot, katalog, dan kustomisasi ads agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

The transformation of Facebook, Instagram and Tiktok, which were originally used for socializing, has now been used as social commerce (s-commerce) for sales. The three platforms successfully occupied s-commerce's position with the highest popularity but unfortunately not many MSME have used it to improve their business processes. MSME’s need are explored using state-of-the-art of technology affordance to build s-commerce behavior from MSME, then integrated with Innovation Diffusion Theory (IDT) models to identify factors that influence the behavioral intention to use s-commerce in MSMEs. This study was conducted using a mixed-method approach of 10 online interview respondents and 470 online questionnaire respondents whom both types of respondents are MSME actors who are likely to used s-commerce to support their business activities. Five technology affordance constructs were obtained from s-commerce, including metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, and association. Furthermore, quantitative data processing used the Structural Equation Model Partial Least Square called PLS-SEM method. The results of the quantitative analysis show that relative advantage, compatibility, and complexity have succeeded in significantly influencing the behavioral intention to use s-commerce by MSMEs. Relative advantage and complexity are both influenced by all aspects of technology affordance, but relative advantage is most strongly influenced by brand visibility while complexity is most strongly influenced by customer shopping guidance. In contrast to relative advantage and complexity, compatibility has only three aspects of technology affordance that significantly affect them, namely metavoicing, brand visibility, and customer shopping guidance. Further development of this research can deepen the use of s-commerce platforms and provide implications in the form of suggestions for developing enhanced chat bot features, catalogs, and ad customization so that they can be developed according to user needs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faatihah Tharra Sabbih
"Transformasi Facebook, Instagram, dan Tiktok yang semulanya digunakan untuk bersosialisasi kini telah dimanfaatkan sebagai social commerce (s-commerce) untuk berjualan. Ketiga platform tersebut berhasil menduduki posisi s-commerce dengan popularitas tertinggi namun sayangnya belum banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk meningkatkan proses bisnis mereka. Kebutuhan UMKM dieksplorasi menggunakan technology affordance untuk meningkatkan perilaku intensi penggunaan s-commerce dari UMKM yang kemudian diintegrasikan dengan model Innovation Diffusion Theory (IDT) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce pada UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan 10 responden wawancara daring dan 470 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang telah menggunakan s-commerce untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Didapatkan lima konstruk technology affordance dari s-commerce, diantaranya adalah metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, dan association. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan complexity berhasil memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce oleh UMKM secara signifikan. Relative advantage dan complexity sama-sama dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance, namun relative advantage dipengaruhi paling kuat oleh brand visibility sedangkan complexity dipengaruhi paling kuat oleh customer shopping guidance. Berbeda dengan relative advantage dan complexity, compatibility hanya memiliki tiga aspek technology affordance yang memengaruhi secara signifikan, yaitu metavoicing, brand visibility, dan customer shopping guidance. Pengembangan lanjutan dari penelitian ini dapat memperdalam kegunaan platform s-commerce serta memberikan implikasi berupa saran pengembangan fitur enhanced chat bot, katalog, dan kustomisasi ads agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

The transformation of Facebook, Instagram and Tiktok, which were originally used for socializing, has now been used as social commerce (s-commerce) for sales. The three platforms successfully occupied s-commerce's position with the highest popularity but unfortunately not many MSME have used it to improve their business processes. MSME’s need are explored using state-of-the-art of technology affordance to build s-commerce behavior from MSME, then integrated with Innovation Diffusion Theory (IDT) models to identify factors that influence the behavioral intention to use s-commerce in MSMEs. This study was conducted using a mixed-method approach of 10 online interview respondents and 470 online questionnaire respondents whom both types of respondents are MSME actors who are likely to used s-commerce to support their business activities. Five technology affordance constructs were obtained from s-commerce, including metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, and association. Furthermore, quantitative data processing used the Structural Equation Model Partial Least Square called PLS-SEM method. The results of the quantitative analysis show that relative advantage, compatibility, and complexity have succeeded in significantly influencing the behavioral intention to use s-commerce by MSMEs. Relative advantage and complexity are both influenced by all aspects of technology affordance, but relative advantage is most strongly influenced by brand visibility while complexity is most strongly influenced by customer shopping guidance. In contrast to relative advantage and complexity, compatibility has only three aspects of technology affordance that significantly affect them, namely metavoicing, brand visibility, and customer shopping guidance. Further development of this research can deepen the use of s-commerce platforms and provide implications in the form of suggestions for developing enhanced chat bot features, catalogs, and ad customization so that they can be developed according to user needs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadiya Latifah
"Transformasi Facebook, Instagram, dan Tiktok yang semulanya digunakan untuk bersosialisasi kini telah dimanfaatkan sebagai social commerce (s-commerce) untuk berjualan. Ketiga platform tersebut berhasil menduduki posisi s-commerce dengan popularitas tertinggi namun sayangnya belum banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk meningkatkan proses bisnis mereka. Kebutuhan UMKM dieksplorasi menggunakan technology affordance untuk meningkatkan perilaku intensi penggunaan s-commerce dari UMKM yang kemudian diintegrasikan dengan model Innovation Diffusion Theory (IDT) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce pada UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixed-method dengan 10 responden wawancara daring dan 470 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang telah menggunakan s-commerce untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Didapatkan lima konstruk technology affordance dari s-commerce, diantaranya adalah metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, dan association. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa relative advantage, compatibility, dan complexity berhasil memengaruhi intensi perilaku penggunaan s-commerce oleh UMKM secara signifikan. Relative advantage dan complexity sama-sama dipengaruhi oleh seluruh aspek technology affordance, namun relative advantage dipengaruhi paling kuat oleh brand visibility sedangkan complexity dipengaruhi paling kuat oleh customer shopping guidance. Berbeda dengan relative advantage dan complexity, compatibility hanya memiliki tiga aspek technology affordance yang memengaruhi secara signifikan, yaitu metavoicing, brand visibility, dan customer shopping guidance. Pengembangan lanjutan dari penelitian ini dapat memperdalam kegunaan platform s-commerce serta memberikan implikasi berupa saran pengembangan fitur enhanced chat bot, katalog, dan kustomisasi ads agar dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna.

The transformation of Facebook, Instagram and Tiktok, which were originally used for socializing, has now been used as social commerce (s-commerce) for sales. The three platforms successfully occupied s-commerce's position with the highest popularity but unfortunately not many MSME have used it to improve their business processes. MSME’s need are explored using state-of-the-art of technology affordance to build s-commerce behavior from MSME, then integrated with Innovation Diffusion Theory (IDT) models to identify factors that influence the behavioral intention to use s-commerce in MSMEs. This study was conducted using a mixed-method approach of 10 online interview respondents and 470 online questionnaire respondents whom both types of respondents are MSME actors who are likely to used s-commerce to support their business activities. Five technology affordance constructs were obtained from s-commerce, including metavoicing, brand visibility, monitorability, customer shopping guidance, and association. Furthermore, quantitative data processing used the Structural Equation Model Partial Least Square called PLS-SEM method. The results of the quantitative analysis show that relative advantage, compatibility, and complexity have succeeded in significantly influencing the behavioral intention to use s-commerce by MSMEs. Relative advantage and complexity are both influenced by all aspects of technology affordance, but relative advantage is most strongly influenced by brand visibility while complexity is most strongly influenced by customer shopping guidance. In contrast to relative advantage and complexity, compatibility has only three aspects of technology affordance that significantly affect them, namely metavoicing, brand visibility, and customer shopping guidance. Further development of this research can deepen the use of s-commerce platforms and provide implications in the form of suggestions for developing enhanced chat bot features, catalogs, and ad customization so that they can be developed according to user needs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rio Novira
"Sistem Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management System) merupakan salah satu layanan teknologi informasi yang ada di Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai sarana berbagi data, informasi dan pengetahuan antar pegawai di internal Kementerian. Sistem mulai digunakan pada awal tahun 2014, hingga tahun 2016 target jumlah pengguna sistem masih belum tercapai. Penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna sistem dengan menggunakan model penerimaan UTAUT2 yang dimodifikasi sesuai kondisi subyek penelitian. Model penerimaan terdiri atas 6 variabel independen yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, habit, system quality, information quality dan 2 variabel dependen yaitu behavioral intention dan use behavior serta 3 variabel moderator yaitu age, gender dan experience. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar ke 260 orang pegawai Kementerian Kominfo yang terdaftar sebagai kontributor serta 61 orang pegawai Kementerian Kominfo yang pernah mengikuti sosialisasi penggunaan KMS. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM). Aplikasi yang digunakan untuk membantu pengolahan data adalah Microsoft Excel dan SmartPLS versi 3.2.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa habit menjadi salah satu faktor yang mendorong penggunaan KMS oleh user. System quality dan Information Quality menjadi faktor yang mendorong niat user untuk menggunakan KMS, dimana faktor System Quality menjadi faktor pendorong terkuat.

Knowledge Management System is one of the information technology services in the Ministry of Communication and Technology Information as a means of data, information, and knowledge sharing among employees. Launched in early 2014, the target number of system users is still not reached until 2016. This research aims to investigate influencing factors of system user acceptance based on modified UTAUT2. The acceptance model consists of 6 independent variables ie performance expectations, social influences, habits, system quality, information quality and 2 dependent variables are behavioral intention and use behavior and 3 moderator variables are age, gender and experience. Data was collected using questionnaires that distributed to 260 employees who were contributors and 61 employees who had participated in the socialization of KMS. Method of processing and data analysis using Partial Least Square-Structure Equation Model (PLS-SEM). Microsoft Excel and SmartPLS version 3.2.7 are used to assist data processing. The results show the habit to be one of the factors that encourage the use of KMS by the user. System and Information quality are the factors that drive users to use KMS, where the System Quality factor is the strongest driving factor."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Sabrina Syahriani
"Skripsi ini membahas tentang Penerimaan Aplikasi Kesehatan Seluler. Teori yang digunakan untuk menganalisis topik ini adalah Teori Penerimaan dan Penggunaan Teknologi dalam Aplikasi Kesehatan. Penelitian ini melihat masalah ini dari beberapa perspektif seperti: Value, Social, Technology, dan Aging Characteristics Perspective. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui apa saja faktor yang membuat pengguna menerima aplikasi dan menunjukkan niat perilaku untuk menggunakan Aplikasi Kesehatan Seluler.
Metode untuk menganalisis data adalah metode penelitian deskriptif konklusif. Oleh karena itu, responden penelitian adalah mereka yang berusia 25-45 tahun, tinggal di Jabodetabek, dan belum mencoba Aplikasi Kesehatan Seluler sebelumnya. Pengambilan sampel dilakukan melalui non-probability convenience sampling di mana responden mengisi kuesioner online yang didistribusikan sendiri melalui platform online.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Norma Subyektif terbukti menjadi salah satu faktor dari penerimaan Aplikasi Kesehatan Seluler. Dari hipotesis tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa itu membuktikan bagaimana masyarakat Indonesia dianggap sebagai masyarakat kolektif. Untuk mengatasi hasil ini, para pemasar dapat menerapkan iklan yang terkait dengan nilai kolektif masyarakat Indonesia untuk menarik perhatian mereka dan membuat pengguna potensial ingin menyesuaikan teknologi.

This thesis discussed the Acceptance of Mobile Health Application. The theory used to analyze this topic is the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. This research sees this problem from several perspectives such as Value, Social, Technology, and Aging Characteristics Perspective. The objective of the research is to understand and know what are the factors that make the user accept the application and show the behavior intention to use the Mobile Health Application.
The method to analyze the data is conclusive descriptive research method. Therefore, the respondent of the research are those in the age range of 25 45 years old, living in Jabodetabek, and have not tried Mobile Health Application previously. Sampling conducted through non probability convenience sampling where the respondent fills out a self administered online questionnaire distributed through an online platform.
The result of this research is that Subjective Norm has proven to be one of the factors of the acceptance of Mobile Health Application. From the hypothesis, the writer can conclude that it proves how Indonesian people considered as a collective society. To address this result, the marketers can implement advertisement related with the collectiveness value of Indonesian people to grab their attention and make the potential user wants to adopt the technology.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahadi Andrian Wibowo
"Mobile banking adalah salah satu teknologi paling menjanjikan yang telah muncul dalam beberapa tahun terakhir dan terbukti memiliki dampak yang cukup besar baik dari sisi perbankan maupun nasabah. Sementara itu, saat ini industri perbankan saling bersaing dalam hal berinvestasi untuk mengembangkan produk mobile banking. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan yang selanjutnya dapat meningkatkan kepuasan dan memperkuat loyalitas nasabah pengguna mobile banking di Indonesia menggunakan model the Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Survei ini diikuti oleh 318 responden (pengguna aplikasi mobile banking di Indonesia). Data dianalisis menggunakan SEM berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa performance expectancy, effort expectancy, dan habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap use mobile banking. Selanjutnya, use mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction dan loyalty, begitu juga satisfaction terhadap loyalty pengguna mobile banking. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan perumusan kebijakan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penggunaan serta memberikan insight bagi industri perbankan dalam hal optimalisasi investasi untuk meningkatkan adopsi mobile banking dari pengguna lama yang selanjutnya dapat memberikan keunggulan kompetitif di pasar.

Mobile banking is one of the most promising technologies that have emerged in recent years and is proving to have quite an impact on both the banking and customer side. Meanwhile, currently the banking industry is competing with each other in terms of investing to develop mobile banking products. Thus, this study aims to analyze the level of usage which can further increase customer satisfaction and strengthen customer loyalty using mobile banking in Indonesia using the Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) model. This survey was attended by 318 respondents (users of mobile banking applications in Indonesia). Data were analyzed using PLS-based SEM. The results of the study show that performance expectancy, effort expectancy, and habit have a positive and significant effect on mobile banking use. Furthermore, the use of mobile banking has a positive and significant effect on satisfaction and loyalty, as well as satisfaction with the loyalty of mobile banking users. This study is expected to contribute to policy formulation considerations to identify factors that influence usage rates and to provide insights for the banking industry in terms of investment optimization to increase mobile banking adoption from existing users, which in turn can provide a competitive advantage in the market.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vikih Fitrianih
"Pandemi COVID-19 telah mendorong pemerintah untuk memanfaatkan teknologi untuk menanggulanginya, termasuk penggunaan aplikasi contact tracing. Pemerintah Indonesia secara resmi merilis dan mewajibkan penggunaan aplikasi contact tracing yang bernama PeduliLindungi. Penggunaan aplikasi PeduliLindungi merupakan upaya pemerintah dalam memerangi COVID-19. Pemerintah memerlukan kontribusi penduduk Indonesia untuk menggunakan PeduliLindungi agar proses pelacakan COVID-19 dapat dilakukan, tetapi jumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi belum memenuhi target pemerintah. Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, tren penggunaan PeduliLindungi mengalami penurunan terutama di Jawa dan Bali.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi niat keberlanjutan seseorang untuk terus menggunakan aplikasi contact tracing PeduliLindungi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji model penelitian yang dibangun berdasarkan teori Expectation Confirmation Model (ECM), Health Belief Model (HBM), dan Theory Acceptance Model (TAM). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Data yang diperoleh dari 372 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan tools SmartPLS 3.2.9.
Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi PeduliLindungi adalah service quality (kualitas layanan), system quality (kualitas sistem), perceived susceptibility (kerentanan yang dirasakan), confirmation (konfirmasi), perceived usefulness (kegunaan yang dirasakan), perceived ease of use (kemudahan penggunaan yang dirasakan), dan satisfaction (kepuasan). Penelitian ini juga memberikan implikasi secara teoritis untuk penelitian selanjutnya terkait faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan aplikasi contact tracing. Selanjutnya, implikasi secara praktis untuk pengembang aplikasi PeduliLindungi dalam meningkatkan fitur aplikasi serta pemerintah khususnya Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sebagai bahan pertimbangan dalam mengevaluasi kebijakan terkait penanganan COVID-19.

The COVID-19 pandemic has prompted the government to utilize technology to overcome it, including the use of contact tracing applications. The Indonesian government has officially released and required the use of a contact tracing application called PeduliLindungi. The use of the PeduliLindungi application is an effort by the government in fighting COVID-19. The government requires the contribution of the Indonesian population to use PeduliLindungi so that the COVID-19 tracking process can be carried out, but the number of application users has not met the government's target. According to the Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia, the trend of using PeduliLindungi has decreased, especially in Java and Bali.
The purpose of this study is to find out what factors influence a person's continuance intention to use PeduliLindungi contact tracing application. This study uses a quantitative approach to test the research model that is built based on the Expectation Confirmation Model (ECM), Health Belief Model (HBM), and Theory Acceptance Model (TAM) theory. Data was collected by distributing online questionnaires. The data obtained from 372 respondents were analyzed by the PLS-SEM method using SmartPLS 3.2.9 tools.
Based on the results of the analysis, the factors that influence the intention to continue using the PeduliLindungi application are service quality (quality of service), system quality, perceived susceptibility, confirmation, perceived usefulness, perceived ease of use, and satisfaction. This research also provides theoretical implications for further research regarding the factors that can influence continuance intention to use contact tracing applications. Furthermore, practical implications for PeduliLindungi application developers in improving application features and the government, especially the Ministry of Health of the Republic of Indonesia as consideration in evaluating policies related to handling COVID-19.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Inayah Salsabila
"Indonesia telah melakukan digitalsiasi pada industri penyiaran nasional, digitalisasi penyiaran ini ditandai dengan pelaksanaaan kebijakan Analog Switch-Off atau lebih dikenal sebagai ASO. Analog Switch-Off atau ASO merupakan penghentian siaran televisi analog yang seutuhnya dialihkan pada siaran televisi digital. Pelaksanaan Analog Switch – Off dilakukan pada tanggal 2 November 2022. Sejak dilaksanakannya ASO di wilayah Jabodetabek pada akhir tahun 2022, tingkat kepemirsaan siaran televisi digital di Jabodetabek lambat laun meningkat. Hal itu juga memilki pengaruh pada tingkat kepemirsaan siaran televisi digital di kota-kota besar lainnya yang juga mengalami peningkatan.  Terdapat banyak banyak keuntungan yang didapatkan dengan bermigrasi dari televisi analog menjadi televisi digital, keuntungan yang dapat diperoleh oleh pengguna siaran televisi digital yaitu seperti kualitas siaran televisi yang lebih berkualitas karena televisi digital memberikan kualitas gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih dibandingkan televisi analog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pengguna terhadap TV Digital setelah diberlakukannya kebijakan Analog Switch – Off dengan mengadaptasi model penelitian Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan distribusi kuesioner secara online dengan menggunakan layanan bantu berupa Google Form. Pengolahan data dilakukan dengan memanfaatkan metode Partial List Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah variabel Social Influence, Facilitating Conditions dan Habit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention. Selain itu, Faktor Behavioral Intention dan Habit juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior.

Indonesia has digitized the national broadcasting industry, and the implementation of the Analog Switch marks this broadcast digitization-Off policy, better known as ASO. Analog Switch-Off or ASO is the cessation of analog television broadcasts completely switched to digital television broadcasts. The Analog Switch–Off implementation was done on November 2, 2022. Since the implementation of ASO in the Greater Jakarta area at the end of 2022, the viewing level of digital television broadcasts in Jabodetabek has gradually increased. This also influences the viewing level of digital television broadcasts in other big cities, which have also experienced an increase. Many advantages can be gained by migrating from analog television to digital television. The benefits that users of digital television broadcasts can obtain are such as higher quality television broadcasts because digital television provides cleaner picture quality and clearer sound compared to analog television. This study aims to discover how user acceptance of Digital TV is after implementing the Analog Switch–Off policy by adapting the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) research model. Data was collected by distributing questionnaires online using an auxiliary service in the form of a Google Form. Data processing uses the Partial List Square-Structural Equation Modeling (PLS–SEM) method. The results and findings in this study are that the variables of Social Influence, Facilitating Conditions, and Habit have a positive and significant effect on Behavioral Intention. In addition, the Behavioral Intention and Habit Factors also have a positive and significant effect on Use Behavior."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>