Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Silvina Murniati
Abstrak :
Penelitian aktivitas pembuatan kerupuk bertujuan mengetahui tingkat risiko ergonomi terhadap keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) yang dirasakan oleh perajin kerupuk di Pabrik Mekar Jaya Sektor Informal di Jakarta Selatan menggunakan Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan penyebaran kuesioner dengan total responden 16 orang. Tahapan pembuatan kerupuk terdiri dari enam proses yang terdiri dari 32 task dengan tingkat risiko tertinggi terdapat pada kegiatan mengeluarkan adonan dari mesin penggilingan tahap satu, memindahkan adonan ke mesin penggilingan tahap dua, dan memisahkan trimming dari sarang plastik yang berarti harus segera diperbaiki karena potensi MSDs semakin besar. Keluhan subjektif paling banyak dirasakan adalah pinggang. ......This research purposes to detect risk level and musculoskeletal disorders (MSDs) complaint in cracker workers in Factory Mekar Jaya informal sector in South Jakarta using REBA and questionaires with 16 total respondent. Stages of making crackers consist of six process which consist of 32 task with the highest level of risk is in the activity of the issuing dough of the milling machine stage one, move the dough to the milling machine stage two, and separate trimming of plastic nest which means three of these activities must be repaired immediately because the greater potential MSDs. The most subjective complaint is in the waist.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
S52676
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Octavia Maharani
Abstrak :
Skripsi ini bertujuan menganalisa kesesuaian handphone, tingkat risiko ergonomi dan gambaran keluhan subjektif yang mengarah repetitive strain injury pada pengguna handphone X dan Y di Universitas Indonesia. Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan teknik penelitian observasional. Hasil penelitian disesuaikan standar menunjukan terdapat ketidaksesuaian pada panjang dan lebar untuk 10 jenis handphone , panjang dan tepi untuk 1 jenis handphone. Hasil penelitian disesuaikan antropometri menunjukan ketidaksesuaian pada panjang dan lebar untuk 12 jenis handphone. Sementara penilaian tingkat risiko ergonomi menggunakan RULA menunjukan hasil dari risiko sedang hingga tinggi dengan kisaran nilai 4-6. Hasil observasi keluhan subjektif yang mengarah pada repetitive strain injury menunjukan 88 reponden (67,7%) merasakan adanya keluhan pegal/ nyeri/ kram/ kesemutan/ mati rasa/ kaku/ tidak nyaman. Keluhan terbesar dirasakan pada bagian leher atas (28,5%), pergelangan tangan kanan (27,7%), dan leher bawah (26,2%). Untuk itu diperlukan upaya pengendalian secara ergonomi berupa perbaikan desain handphone dan administrasi seperti pembatasan waktu penggunaan, pemberian informasi cara penggunaan dan setting handphone yang ergonomi, dan melakukan peregangan selama 10 menit setiap 2 jam penggunaan tanpa henti. ......This study aims to analyze appropriatness of handphone, the risk level of ergonomics and subjective symptomps lead to repetitive strain injury from X and Y handphone users at University of Indonesia. Design study is cross sectional, with observational research techniques. The results of research showed there are mismatch just than standard at length and width for 10 types of cell phone , long and the edge for 1 type of cell phone. The results of research showed there are mismatch just than anthropometry at length and width for 12 types of cell phone. The level of ergonomic risk assessment using RULA showed results from medium to high level with range of values 4-6. The observation of subjective symptomps lead to repetitive strain injury showed 88 of respondents (67,7%) feel there are complaints of stiffness/ pain/ cramps/ numbness/ awkward/ discomfort. The biggest symptomps that occur in the upper neck (28,5%), right wrist (27,7%), and lower neck (26,2%). For it, need necessary control measures with improved ergonomic design and administrative work such as restrictions on hours of work, disseminate information of good ergonomic posture and applying setting handphone, and stretching for 10 minutes every 2 hour non stop using handphone.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S59533
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Napitupulu, Natassia
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang peranan ergonomi dalam ruang kerja terkait dengan penggunaan komputer di PT.X. Skripsi ini bertujuan agar pekerja memiliki pengetahuan mengenaipentingnya ergonomi dalam rangka meningkatkan kesehatan, terutama untuk mencegah terjadinya penyakit yang ditimbulkan akibat bekerja di depan layar komputer setiap hari. Penelitian ini adalah penelitian semi kualitatif, dengan mengambil data wawancara dari pekerja yang sehari-hari bekerja lalu kemudian melakukan analisa terhadap data-data tersebut berdasarkan standar ergonomi yang berlaku internasional.
This study sought to discover whether simple ergonomic interventions can have a significant impact on muscular pain in office workers. An office worker's environment was investigated for opportunities for physical improvements that would reduce pain that the worker suffers as a result of a shoulder injury. This study also analysis posture and subjectiver response to interviews. This study for office ergonomic. Improvements were noted especially during mouse use and source document handling. Subjective assessment of interventions revealed that the office worker was more satisfied with the new work environment and felt significantly less pain related to her shoulder injury, though problems were reported in becoming accustomed to the touchpad mouse.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suwandi Raharjo
Abstrak :
Risiko ergonomi merupakan salah satu bentuk risiko yang disebabkan karena hubungan kexja manusia, mesin (alat) dan lingkungan. Faktor risiko ergonomi terdini dari faktor fisik, faktor psikososial dan faktor individu. Faktor fisik yang terdiri dari repetition, force, poslure, vibralion, compression, dan linglcungan (cahaya, bising, suhu), psikososial misalnya job content, work/time pressure, job control, social support, job dzlssaliwaction, dan falctor individu, misalnya, umur, status sosial- ekonomi, merokok, riwayat kesehatan, jenis keiamin, onthropomerry dan aktifitas fisik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko egonomi pekerjaan pemanenan kelapa sawit secara manual dan hubungannya dengan keluhan MSDs. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah pekerja panen dan muat kelapa sawit di kebun kelapa sawit PT. X Sumatera Selatan tahun 2008. Sampel penelitian adalah selumh pekerja panen dan muat kelapa sawit yang beljumlah 117 orang. Variabel independen adalah postur, beban, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, umur, lembur dan lama kcrja. Variabel dcpenden adalah keluhan MSDs. Data diolah secara kualitatif dengan metode REBA dan analisis kuantitatif dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian, berdasarkan metode REBA tingkat risiko ergonomi panen dan muat rnasuk kategori tinggi (8 - 10), tingkat aksi 3 dan dibutuhkan tindakan scgcra. Deskripsi dari responden adalah jenis pekerjaan (pemanen = 98 dan pemuat = 19), tingakt pendidikan (5 SD = 98 dan > SD = 19), kerja lembur ( lembur = 37 dan tidak lembur = 80), lama kerja (S 2 tahun = 37 dan > 2 tahun = 80), dan umur (< 45 tahun = 112 dan 2 45 tahun = 5). Dari uji bivariat didapat hasil bahwa variabel jenis pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap keluhan MSDS yaitu untuk pckerjaan pemanenan. Sedangkan variabel yang lain, yaitu status pernikahan, tingkat pendidikan, kexja lembur, lama bekerja dan umur pekerja tidak berpengaruh signifikan terhadap keluhan MSDs. Kesimpulan, hasil score REBA hight, keluhan terbanyak dialami pada bagian leher dan punggung bawah, dan paling sedikit dari responden adalah pada bagian pantat, jenis pekerjaan berpengaruh signifikan tcrhadap jumlah keluhan. Saran kepada manajemen, perlu pengecekan kesehatan terkait keluhan otot rangka, penyuluhan kepada pekezja pzmcn dan muat TBS tentang tata cara kerja yang aman, selamat dan sehat, pengaturan waktugam keqa terkait pemulihan kcscgaran tubuh, termasuk kebijakan lembur dan program mekanisasi pekmjaan pemanenan dan pemuatan TBS. Saran untuk pekcnja, agar mclaporkan kepada Puskesbun jika merasakan/mengalami gangguan otot-rangka, menerapkan perilaku hidup sehat (tidak/kurangi merokok, waktu istirahat cukup, makan makanan bergizi seimbang) dan mcmatuhi prosedur kerja pemsahaan yang telah ditetapkan terkait kexja yang aman, sehat dan selamat. Saran lmtuk peminat K3, perlu penelitian lanjutan mengenai hubungan faktor risiko ergonomi (termasuk fbktor psikososial) dengan keluhan MSDs, aspek K3 pemanenan kelapa sawit. ......Ergonomic risk is a risk fonn due to relation among people task, machine, and environment. Ergonomic risk factor include physical factor, psichosocial factor and individual factor. The physical factor sucah as repetition, force, posture, vibration, compression, and environment (lighting, noise, temperature), psycosocial factor consist of job content, work/time pressure, job control, social support, job dissatisfaction, and individual factor suach as age, social-economic status, smoking, health historical, gender, anthropometry and other physical activities. This research aimed at knowing the ergonomic risk factor and level and MSDs discomfort on harvesters of oil palm plantation in PT. X South Sumatera. This research is classified as an observational research with the plan of cross sectional research. The research population is the workers in harvesting and fresh fruit bunch (FFB) loading to truck in PT. X South Sumatera year 2008. The research sample is total populasi as amount 117 respondences. The independent varibale are posture, force, type of job, educational level, age, over time work, and age of work. The dependent variable is MSDS discomfort. The data is processed qualitatively by REBA method and quantitative analysis with the computere help. The result of this research, ergonomic risk level (REBA) score is 8 to 10, action level 3 and necessary soon, the highest level is loading worker. The description of the respondence, type of job (harvesters = 98, loaders = 19), educational elevel (S elementary = 98 dan > elementary = 19), overtime( yes = 37, no = 80), age of work (5 2 years = 37, > 2 years = 80), and age (< 45 years = 112, 245 years = 5). The result of bivariate analysis shows that type of job has significant relations with MSDS discomfort (p-value = 0.027, OR = 0.29l, 95% CI : 0,106 - 0,799). Others variables, marital status, educational elevel, over time, age of work, and age have no significant relation with MDSs. Conclusion, REBA score is hight, the most discomfort are neck and low back, the lesst is hip/buttock. Type of job (harvesting) has significant correlation with MSDS discomfort. Suggestion for management, need checking the healthly related to MSDs discomfort, socialise to working regarding safe and health harvesting and loading FFB, arrangement of working hour related to recovery and overtime policy, mechanisation program for harvesting, for worker, inform to Puskesbun if feel discomfort of MSDS, healhty life style, and complince with company procedure, and for OIIS concemers, need the next research about ergonomic risk including psicosocial factors and MSDS discomfort of harvesting job, and OHS aspect of oil palm harvesting.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
T34286
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elisa Era Kristianti
Abstrak :
Di perkotaan khususnya daerah Jakarta, keberadaan penjual jamu gendong keliling ditemukan. Jamu dijual dengan cara digendong sehingga menimbulkan risiko ergonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat risiko ergonomi pada penjual jamu gendong di daerah Cipinang Besar Selatan pada bulan Mei - Juni 2011. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. penilaian menggunakan metode REBA dengan melakukan pengukuran pada Postur (Postur leher, Postur Punggung, Postur Lengan atas & bawah, Postur Pergelangan tangan serta Postur kaki), Beban , Pegangan, Durasi, Frekuensi. Berdasarkan hasil pengukuran REBA pada saat menurunkan bakul jamu didapatkan skor +9. Pada saat Meracik didapatkan skor +1 (sisi kanan) dan +3 ( sisi kiri). Pada saat menaikkan bakul, lengan kanan didapatkan skor +10 dan lengan kiri skor +11. Serta pada saat berjalan didapatkan skor +5. ......Particularly in urban areas of Jakarta, where herbalist carrying around is not difficult and the seller is selling medicinal herbs in a way that raises the risk of ergonomic sling. The purpose of this study was to determine the level of ergonomic risk picture at herbalist in the area carry the Big South Cipinang in May-June 2011. This study used cross-sectional study design. To determine the risk level on the herbalist ergonomic carrying current work activity, with assessment using REBA method by performing measurements on posture (neck Posture, Posture Back, Posture upper & lower arm, wrist posture and the posture of the foot), Burden, Handle, Length, frequency. Based on the measurement results at the lower basket REBA herbs obtained scores +9. At the time of dispensing obtained score +1 (right side) and +3 (left side). Raise the basket at the time, obtained the right arm and left arm score +10 score +11. As well as running obtained score +5.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abbas Zavey Nurdin
Abstrak :
ABSTRAK Latar Belakang: Prevalensi dan Insidensi kecelakaan kerja dan penyakit berhubungan pekerjaan sangat tinggi sehingga meningkatkan biaya kesehatan. Salah satu program BPJS Ketenagakerjaan adalah program kembali bekerja yang dipengaruhi oleh motivasi intrinsik pekerja. Salah satu instrumen yang dapat menilai hal tersebut adalah kuesioner Intrinsic Motivation Inventory (IMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner IMI untuk Indonesia Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang yang diawali dengan translasi dan penyesuaian budaya terhadap kuesioner IMI dengan teknik translate back translate oleh penerjemah tersumpah. Pengambilan sampel secara consecutive sampling sebanyak 72 responden yang merupakan pekerja yang ingin kembali kerja. Hasil pengisian data dilakukan uji validasi dan reliabilitas dengan reliability analysis. Hasil: Didapatkan kuesioner Intrinsic Motivation Inventory-Return to Work (IMIRTW) yang sesuai untuk Indonesia dengan 36 pernyataan yang memiliki nilai Cronbach?s alpha 0,837 serta Corrected item total correlation lebih dari 0,3. Kuesioner IMI-RTW yang valid bisa digunakan menilai motivasi intrinsik berdasarkan subskala minat atau kesenangan, kompetensi yang dirasakan, upaya atau kepentingan, tekanan, pilihan yang dirasakan, nilai dan keterkaitan.
ABSTRACT Background: The prevalence and incidence of work accidents and work related diseases is high and its steadily increasing healthcare costs. One of BPJS?s program is return to work which will be influenced by intrinsic motivation of the worker. One of the instruments that can be used to assess it is the Intrinsic Motivation Inventory (IMI) questionnaire. The aims of this study are to determine the validity and reliability of the IMI questionnaire for Indonesia. Methode: This study used cross sectional design and started with translation and cultural adjustment of IMI questionnaire with translate back translate technique performed by a sworn translator. Total sample selected using consecutive sampling were 72 workers who want to return to work. Result of data collection, was used to test the validity and reliability using reliability analysis. Results: A valid Intrinsic Motivation Inventory-Return to Work (IMI-RTW) Questionnaire could be obtained for Indonesia with 36 statements that have Cronbach's alpha value 0.837 and Corrected item total correlation more than 0.3. This IMI-RTW questionnaire can be used to assess intrinsic motivation of worker based on interest and enjoyment, perceived competence, effort or importance, pressure or tension, value or usefulness and relatedness subscale. Conclusion: Intrinsic Motivation Inventory-Return to Work (IMI-RTW) questionnaire obtained are valid and reliable for Indonesia.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Alex Johandi
Abstrak :
Pekerja pengguna komputer di PT. X berisiko terkena keluhan Musculoskeletal Disorders. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian peralatan kerja, tingkat risiko ergonomi melalui pengukuran postur kerja dan keluhan subjektif yang mengarah pada Cumulative Trauma Disorders. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional dengan pendekatan cross-sectional. Menggunakan Metode RULA dan Nordic Body Map, hasil penelitian menunjukkan terdapat ketidaksesuaian pada beberapa peralatan kerja. Sementara hasil penilaian tingkat risiko ergonomi menggunakan metode RULA pada 18 pekerja pengguna komputer yang diteliti dari 18 divisi yang ada menunjukkan risiko tinggi dan sangat tinggi dengan kisaran nilai RULA 6-7. Sedangkan hasil observasi pada keluhan subjektif yang mengarah pada Cumulative Trauma Disorders dari 153 responden yang di observasi menunjukkan 120 (78.43%) responden merasakan ada keluhan pegal/nyeri/sakit/tidak nyaman. Keluhan terbesar terjadi pada bagian pinggang (35.29%), leher bagian atas (33.98%), dan leher bagian bawah (33.33%). Disarankan untuk melakukan perbaikan pada peralatan kerja, melakukan peregangan setiap 2 jam sekali selama 1- 5 menit dan membuat media cetak untuk menambah informasi mengenai ergonomi perkantoran.
Computer users worker in PT. X are at risk of Musculoskeletal Disorders. This study aims to analyze appropriateness of work equipment, the risk level of ergonomic by measuring working postures and subjective symptoms lead to Cumulative Trauma Disorders. This is a descriptive observational study with cross-sectional approach. Using RULA and Nordic Body Map, the results showed there were a discrepancies in some working equipment. While the level of ergonomic risk assessment using RULA from 18 computer users worker observed from 18 divisions that exist indicate high and very high risk with RULA range of values 6-7. While the results of observations on the subjective symptoms lead to Cumulative Trauma Disorders from 153 respondents observed showed 120 (78.43%) of respondents feel there are complaints soreness / aches / pain / discomfort. The biggest complaint occurred at the waist (35.29%), the upper neck (33.98%), and lower neck (33.33%). It is recommended to carry out repair on work equipment, stretching every 2 hours for 1-5 minutes and make print media to increase information about office ergonomics.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S62033
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Fitriana
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang gambaran tingkat risiko ergonomi dan keluhan subjektif muskuloskeletal disorders pada pekerjaan pengantongan Pupuk Urea PT. Pupuk Sriwidaja Palembang Tahun 2016. Faktor risiko yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor risiko ergonomi (postur kerja, durasi, frekuensi dan beban) dengan metode RULA dan REBA serta faktor individu (umur, masa kerja, dan kebiasaan merokok). Penelitian ini bersifat deskriftif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 72 pekerja pengantongan pupuk urea. Hasil penelitian menunjukkan risiko tinggi terdapat pada proses kerja penyusunan karung di atas pallet. Risiko sedang terdapat pada proses kerja mengisi urea dan penjahitan. Sedangkan risiko rendah terdapat pada proses kerja melipat inner bag dan menggunting benang. Keluhan subjektif Muskuloskeletal Disorders terbanyak adalah pinggang (87,5%), bahu kanan (86,1%) dan bahu kiri (86,1%). Untuk itu perlu upaya pengendalian secara teknik dan administratif untuk menurunkan tingkat risiko dan keluhan Muskuloskeletal Disorders.
This study about description of ergonomics risk level and musculoskeletal disorders complaints from the job fertilizer packing at PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang 2016. The risk factors studied in this study is ergonomics risk factors (work posture, duration, frequency and load) with RULA and REBA methods and also individual risk factors (age, working time, and smoking). This research is descriptive with cross sectional study design. The sample study are 72 workers packing fertilizers. Result of this study is high risk level is found in working process arranging of sack in pallet. Medium risk level are found in working process filling urea and sewing sacks. While, low risk level are found working process folding inner bag and cutting the yarn. Musculoskeletal Disorders complaints is the most at waist (87,5%), right shoulder (86,1%), and left shoulder (86,1%). It is important to control the risk with engineering control and administrative control.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S64119
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizh Irfan Zufar
Abstrak :
Keadaan gawat darurat adalah keadaan yang tidak dapat diprediksi dan apabila tubuh atau jiwa kita sendiri yang menjadi taruhannya, tidak dapat dipungkiri bahwa kita pasti mengharapkan penanganan yang optimal, cepat, serta tepat. Hal ini tidak lepas dari peran para petugas parameds yang terlibat secara langsung dari segala proses penanganan pasien, dari mulai pertama kali ditemukan hingga diangkut ke ambulans. Salah satu proses yang paling penting atau paling krusial ialah proses saat pertama kali ditemukannya pasien oleh petugas paramedis. Penanganan pada proses inilah yang paling menentukan keadaan pasien pada hari-hari berikutnya. Faktor ergonomi baik ergonomi fisik maupun ergonomi kognitif tidak dapat dilepaskan dari pembahasan ini. Ergonomi fisik serta ergonomi kognitif memiliki peranannya masing-masing pada diri petugas paramedis. Pada saat penanganan awal ditemukannya pasien, alat-alat serta obat-obat darurat untuk penanganan pasien, dan seluruh obat-obat dan alat-alat tersebut semuanya terkumpul dalam tas paramedis. Tas paramedis menjadi suatu perlengkapan yang sangat membantu serta cukup sering berinteraksi dengan petugas, karena memang fungsinya mengangkut seluruh alat-alat serta obat-obatan petugas paramedis. Dalam perancangan tas paramedis adalah suatu hal yang perlu bagi perancang untuk memerhatikan domain ergonomi fisik serta kognitif untuk efisiensi dan efektifitas pekerjaan petugas paramedis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tas yang biasa dipakai pada Rumah Sakit X, dengan metode Posture Evaluation Index (PEI) dan NADI Model, berdasarkan hasil evaluasi akan diperoleh design guidelines untuk merancang prototype tas yang baru. Hasil penelitian ini adalah nilai PEI, Design Guidlines, dan perbandingan prototype tas yang baru dengan tas yang lama.
Emergency state is an unpredictable state and could happen anytime, and if our life is on the line, we can't help ourselves but demanding an optimum, quick, and accurate treatment. This can't be separated from paramedic or emergency responder role which they involved in all emergency treatmen's process, from the first time the patient is found, to mobilization to the ambulance. The most crucial process of this treatment is when they find the patient for the first time, this process will determine the next treatment, and the patient's condition in days forward. Ergonomic factors both physical and cognitive, can't be segregated from this discussion. Both physical and cognitive ergonomic has their own role in paramedics. These two domains play bigger role when the paramedics find the patients for the first time, since this process is the most crucial process as mentioned earlier. In this process, all drugs and medicine tools are stored in one bag, the emergency response bag. Emergency response bag become a very helping equipment and also the one with the most interaction with the paramedic. In designing an emergency response bag, it is necessary to pay attention to both cognitive and physical ergonomic domain for efficiency, and effectiveness of paramedics' work. This study aims to evaluate an emergency response bag that has been used by Hospital X, helped with Posture Evaluation Index (PEI) and NADI Model, based on the evaluation, it will produce design guidelines for designing new prototype of emergency response bag. The result of this study are: PEI Score, design guidelines for designing new prototype, and comparisons of the current emergency response bag and the new prototype.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Morris, Anne, 1950-
Aldershot: Gower, 1998
025.002 8 MOR h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library