Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sinulingga, Laura T. V., author
Sehunk & Zimmerman (2003) mengemukakan bahwa siswa yang diasumsikan termasuk kategori ?seMregu1a1ed ? adalah siswa yang aktif dalam proses belajarnya, baik secara rnetakognitif, motivasi. maupun perilaku. Mereka menghasilkan gagasan, perasaan, dan tindakan untuk mencapai tuj uan bclajarnya. Secara metakognitif mereka bisa memiliki strategi tertemu yang efektif dalam memproscs informasi. Sedangkan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Agustina Untari, author
Kualitas belajar siswa tergantung pada bagaimana ia mengarahkan dirinya sendiri di saat belajar, atau disebut dengan istilah self-regulated learning. Untuk dapat belajar secara efektif, siswa perlu mempunyai kemampuan dan kemauan untuk menggunakan berbagai strategi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas hasil belajarnya. Namun, lingkungan belajar yang banyak diterapkan di sekolah dinilai...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2568
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Darmayanti, author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah intervensi psikologis, yang pada umumnya dilakukan secara tatap muka dalam laboratorium, kelas atau Iingkungan lain, dapat dilakukan melalui jarak jauh. Intervensi psikologis pada penelitian ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan prestasi belajar dari mahasiswa tahun pertama pada pendidikan jarak jauh....
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
D686
UI - Disertasi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Fridondy Prawira Dilaga, author
Penelitian ini membahas tentang Self-Regulated Learning pada atlet putra sepakbola. Penelitian ini dilakukan pada atlet putra sepakbola timnas Indonesia U19. Penelitian ini diikuti oleh partisipan yang berjumlah 30 pemain terbaik yang tergabung dalam timnas sepakbola putra Indonesia U19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan meminta kesediaan partisipan untuk...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55848
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Zakiah Husni Ramadani, author
Perubahan-perubahan pada aspek perkembangan di masa remaja berpengaruh pada kemampuan remaja dalam meregulasi diri. Ketidakmampuan remaja dalam meregulasi diri dapat menyebabkan kegagalan akademik. Oleh karena itu, remaja harus memiliki kemampuan dalam meregulasi diri terutama dalam aspek pembelajaran atau yang biasa disebut dengan self regulated learning. Beberapa penelitian menemukan bahwa kemampuan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46980
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica Kristiyani, author
Penelitian menguji kontribusi parental beliefs dan self-regulated learning siswa secara bersama-sama terhadap pemahaman bacaan siswa SMP di Bali. Pengujian untuk melihat kontribusi antara parental beliefs suku Bali terhadap pemahaman bacaan siswa dan kontribusi self-regulated learning terhadap pemahaman bacaan juga dilakukan secara terpisah. Sampel penelitian ini terdiri dari 71 anak yang...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54524
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Kuny Zalikhatul Mardhiyah, author
Remaja perlu melakukan aktivitas eksplorasi sebelum berkomitmen terhadap pilihan karier, akan tetapi masih banyak siswa SMA yang belum melakukan eksplorasi karier dan tidak yakin dengan pilihan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri akademik dalam memperantarai hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan komitmen terhadap pilihan karier pada...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50708
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Khairun Nisa, author
Self regulated learning merupakan aspek yang penting dalam kesuksesan akademik siswa. Pada sisi personal, goal orientation diketahui mempengaruhi komitmen seseorang dalam meregulasi dirinya pada proses belajar. Pada sisi kontekstual, classroom goal structure diketahui juga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya self regulated learning siswa. Pada masyarakat Indonesia yang cenderung embedded, classroom goal...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T46975
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Tirza Naomi Miranda, author
Dalam memenuhi tanggung jawab peran ganda sebagai siswa atlet, dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat memaksimalkan aspek akademik. Strategi Self-Regulated Learning terbukti memiliki dampak positif di berbagai aspek. Kualitas proaktif siswa dalam Self-Regulated Learning salah satunya berasal dari keyakinan motivasional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran motivasi intrinsik...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library