Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Sartika Yunas
"ABSTRAK
Dalam pembuatan sebuah iklan, terdapat kata-kata kunci yang terkandung didalamnya atau dalam pembahasan berikutnya akan disebut dengan Schlüsselwörter.Schlüsselwörterdalam sebuah iklan, terdapat penggunaan kata-kata pinjaman yang berasal dari bahasa Inggris (Anglizismen). Penelitian ini membahas dengan menganalisisSchlüsselwörteryang terdapaat pada iklan-iklan Nivea Jerman serta mengidentifikasi Schlüsselwörterapa saja yang merupakan Anglizismendengan menjelaskan bentuk klasifikasi Anglizismen kata-kata tersebut berdasarkan morfologinya.Metode penelitian yang digunakan dalam makalah ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka dengan teori karakteristik Schlüsselwörtermenurut Nina Janich dan Andreas Liebert,serta klasifikasi bentuk AnglizismenmenurutAstrid Stedje.Hasil dari penelitian ini menunjukkan Schlüsselwörteryang ditemukanpada iklan Nivea Jermanserta adanya penggunaan kata-kata pinjaman dari bahasa Inggris (Anglizismen) dalam Schlüsselwörteryang ditemukan.

ABSTRACT
in the created of an advertisement, there are have key words contained therein or in the subsequent discussion will be called with Schlüsselwörter.Schlüsselwörterdalam an advertisement, there is the use of loan words derived from English (Anglizismen). This study discusses the menganalisisSchlüsselwörteryang terdapaat the German Nivea ads and identify Schlüsselwörterapa are a form of classification Anglizismen Anglizismendengan explain these words based morfologinya.Metode research used in this paper is a qualitative descriptive method which is based on a literature review with theoretical characteristics Schlüsselwörtermenurut Nina Janich and Andreas Liebert, and shape classification AnglizismenmenurutAstrid Stedje.Hasil of this study indicate Schlüsselwörteryang Nivea ad ditemukanpada Jermanserta their use of loan words from English (Anglizismen) in Schlüsselwörter found"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Afriyani Anzari
"ABSTRAK
Perkembangan media telah membawa dampak positif yang memudahkan kita mendapatkan informasi kapanpun dan dimanapun. Salah satu perkembangan media tersebut adalah munculnya majalah-majalah versi online yang sering diakses oleh para remaja sebagai referensi gaya hidup modern. Dalam majalah versi online tersebut sering muncul kata-kata yang banyak mendapat pengaruh dari bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal tersebut juga mempengaruhi gaya bahasa remaja saat ini. Anglizismen merupakan fenomena perkembangan gaya bahasa remaja saat ini. Di dalam makalah ini, saya meneliti Anglizismen pada 12 artikel majalah online Bravo edisi Januari sampai Mei 2016 dan menganalisis 12 kata Anglizismen yang ditemukan dengan metode penelitian kualitatif dan studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kata Anglizismen apa saja yang digunakan dalam majalah online Bravo edisi Januari sampai Mei 2016 dan menganalisis makna, jenis makna, serta ada tidaknya pergeseran makna kata tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap artikel terdapat kata yang merupakan Anglizismen berdasarkan kategorinya masing-masing, yaitu Fremdwort, Lehnwort, Mischkomposita, Lehnveränderungen, lexikalische Scheinentlehnungen, dan semantische Scheinentlehnungen. Makna kata Anglizismen pada setiap artikel tersebut berbeda-beda tergantung pada konteksnya masing-masing dan tidak semua kata Anglizismen dalam artikel tersebut mengalami pergeseran makna. Hanya beberapa saja yang mengalami pergeseran makna.

ABSTRACT
The increasing of mass media has positive impact for getting informations easily whenever and whereever. For the example, online version for magazines are created. They always used by teenagers as modern lifestyle references. There are some words that influenced from foreign language in the content of online magazines, especially English. It also effects the teenager’s language style nowadays. Anglizismen is the phenomena of the development of teenager’s language style nowadays. In this paper, I have analyzed Anglizimen of 12 magazine articles in Bravo’s online magazine in the January until Mei 2016 issue and analyzed 12 Anglizismen words with qualitative research method and literature study. The purpose of the research is to determine what kind Anglizismen used in Bravo online magazine in the January until Mei 2016 issue and analyze the meaning of those words, the kinds of meaning and whether there is a shift in the meaning of the word. The result of the research shows that on each article has Anglizismen based on each category such as Fremdwort, Lehnwort, Mischkomposita, Lehnveränderungen, lexikalische Scheinentlehnungen, dan semantische Scheinentlehnungen. The meaning of Anglizismen in every article is different depends on each context and not all Anglizismen in article has meaning shifting. Only a few has."
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Devi Nur Indah
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Deru Ahmad Arsha
"Dewasa ini media massa merupakan sesuatu yang tidak luput dari kehidupan sehari-hari, terutama bagipara kaum remaja. Salah satu bentuk dari media massa tersebut adalah majalah remaja. Dalam majalahtersebut, biasanya sering muncul kata-kata asing, terutama dalam bahasa Inggris. Hal tersebut tentunyamempengaruhi gaya bahasa remaja saat ini. Dalam makalah ini, saya menganalisis artikel-artikel yangada dalam majalah BRAVO edisi November, Desember 2016 dan Januari 2017 berdasarkan teori Glahndalam bukunya yang berjudul Einflu des Englischen auf gesprochene deutsche Gegenwartssprachesecara morfologis. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa Anglizismen digunakan oleh kaum remaja untukmembedakan diri dari generasi lainnya dan juga untuk membangkitkan perasaan muda dan kekinian.Anglizismen juga lazim muncul dalam majalah ini, dan pembentukan Anglizismen dari kategorisubstantiva adalah yang paling sering muncul.

Nowadays, mass media is something that is unavoidable from everyday life, especially for teenagers. Oneform of mass media is teen magazine. In teen magazines, foreign origined words can often be found,especially in English. It certainly affects the way of teenager language as it is today. In this article, Ianalyze articles from BRAVO magazine edition November, December 2016 and January 2017 based onEinflu des Englischen auf gesprochene deutsche Gegenwartssprache from Glahn with a morphologicalanalysis. The result of this article shows that anglicism is used to distinguish one from anothergeneration. Anglicism is very common in this magazine, with substantive category being the most oftenthat appears."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annes Farah Utami
"Majalah adalah salah satu media yang dibaca perempuan sebagai referensi gaya hidup yang modern. Di dalam makalah ini, saya meneliti Anglizismen sebagai fenomena bahasa secara etimologis dan semantis pada enam artikel mode pada Deutsche Moden Zeitung pada tahun 1939 dan 1940, Neue Mode pada tahun 1970 dan 1971 dan SisterMag pada tahun 2012 dan 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari perkembangan penggunaan Anglizismen dalam enam artikel rubrik mode majalah.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua artikel menggunakan Anglizismen dalam bentuk Fremdwort dan Lehnwort. Fremdwort merupakan kata-kata yang diserap dari bahasa asing tanpa ada pengubahan, sementara Lehnwort merupakan kategori yang meminjam kata bahasa asing dan kemudian disesuaikan dengan bahasa Jerman.

Magazine is one of the media read by women as modern lifestyle references. In this paper, I have analysed Anglizismen as a language phenomenon ethimologically and semantically in six different fashion articles from Deutsche Moden Zeitung from 1939 and 1940, Neue Mode from 1970 and 1971, and SisterMag from 2012 and 2015. The purpose of this research is to study the development of using Anglizismen in these six fashion articles.
The result from this research shows that all six articles use Anglizismen in the form of Fremdwort and Lehnwort. Fremdwort is words that are absorbed from foreign languages without any adaptation, meanwhile Lehnwort is a category that borrows foreign words and adapts it to the German language."
2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Zhanas Zenia Suntoro
"ABSTRAK
Dalam penggunaan ragam bahasa di Jerman, terdapat kata-kata pinjaman yang berasal dari bahasa Inggris (Anglizismen) yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memberi contoh kata apa saja yang merupakan Anglizismen dan mengidentifikasi serta menjelaskan bentuk klasifikasi Anglizismen kata tersebut berdasarkan bentuk morfologinya. Metode penelitian yang digunakan dalam makalah ini adalah metode kualitatif dengan teori pembentukan kata Fleischer dan klasifikasi bentuk Anglizismen menurut Wenlian Yang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kata-kata pinjaman dari bahasa Inggris (Anglizismen) dalam praktik penggunaan bahasa di Jerman yang ditemukan dalam harian online di Jerman khususnya pada rubrik anak muda dengan bentuk morfologis yang berbeda-beda seperti yang dimuat pada Stuttgarter Zeitung, Süddeutsche Zeitung dalam rubrik anak mudanya Jetzt, dan Flensburger Tageblatt.

ABSTRACT
In the use of variety of language in Germany, there are loanwords which derived from English that are used. The purpose of this research is to explain and to give example of the words that are considered loanwords that derived from English and to identify the form of classification based on its morphology, ortography, and phonology form. The method used in this research is qualitative method with Fleischer's word forming theory and Wenliang Yang's classification of loanwords theory. The result of this research showed there are loanwords that derived from English in the use if German language which had been found on German online newspapers especially in rubric for teenagers with different forms of morphologicak structure as published in Stuttgarter Zeitung, Süddeutsche Zeitung in its rubric for teenagers Jetzt, dan Flensburger Tageblatt.;"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Titaley, Edwina Rosa
"ABSTRAK
Dalam ragam bahasa di Jerman, terdapat kosakata serapan dari bahasa Inggris (Anglizismen). Penulisan ini bertujuan untuk menjelaskan kata apa saja yang merupakan Anglizismen dan menjelaskan bentuk Anglizismen tersebut berdasarkan klasifikasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam makalah ini adalah metode kualitatif dan klasifikasi bentuk Anglizismen menurut Wenlian Yang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kosakata pinjaman dari bahasa Inggrisdalam ragam bahasa yang ditemukan dalam majalah Spiesser di Jerman khususnya edisi ke-141 dengan bentuk morfologi yang berbeda-beda.

ABSTRACT
In language diversity of people in Germany, there are loan of vocabulary of the English Language (Anglizismen). This research aims to explain what vocabularies which is Anglizismen and describes the shape of the word Anglizismen based on their classification. The method which used in this paper is qualitative method and Wenlian Yang's theory. The result showed that there are vocabularies of English in a variaty language which found in Spiesser Magazine in Germany particular edition 141 in 2012 wit a form morphologically different."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library