Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Parti Widiyastuti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas kinerja operasional call center Jasa Marga Traffic Information Center dalam penanganan panggilan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas kinerja layanan call center Jasa Marga Traffic Information Center berdasarkan indikator ukuran layanan, ukuran kualitas, dan ukuran efisiensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyarankan untuk meningkatkan keefektifan kinerja call center sebaiknya perlu dilakukan pemisahan tugas antara Traffic Information Center dengan Call Center, mengoperasikan line telepon aktif dalam jumlah yang optimum serta melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing agen.

ABSTRACT
This thesis is measuring on operating performance of call center Jasa Marga Traffic Information Center on their call handling. Goals of the thesis are to know the performance effectiveness on Jasa Marga Traffic Information Center both quality and efficiency services indicator. This is a descriptive research with a quantitative approachment. The result of the research are suggest that to improve efectiveness performance on the call center should be separated between Traffic Information Center and the call center, operating the phone line with optimum number, and evaluate individual agent performance."
2013
S44023
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Rahardianto
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan komitmen organisasional dengan efektivitas kerja pada karyawan tetap PT PLN (Persero) Pusdiklat. Komitmen organisasional diukur menggunakan organizational commitment questionnaire (Mowday, Steers, dan Porter, 1979) dan Efektivitas Kerja diukur menggunakan conditions of work effectiveness questionnaire (Kanter,1989) dengan empat dimensi (Acces to Opportunity, Acces to Support, Acces to Information, Acces to Resources). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui survei yang dilakukan pada 69 karyawan tetap PT PLN (Persero) Pusdiklat dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan Pearson Correlation untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komitmen organisasional berhubungan secara positif dengan efektivitas kerja pada karyawan tetap PT PLN (Persero) Pusdiklat.

ABSTRACT
This research aims to examine and analyze the relationship of Organizational Commitment with Work Effectiveness on Permanent Employees at PT PLN (Persero) Pusdiklat. Organizational Commitment can be measured by using organizational commitment questionnaire (Mowday, Steers, dan Porter, 1979) and work effectiveness measured by conditions of work effectiveness questionnaire (Kanter, 1989) with four dimensions (Acces to Opportunity, Acces to Support, Acces to Information, Acces to Resources). This research used a quantitative approach. Data was collected through survey which conducted on 69 permanent employees at PT PLN (Persero) Pusdiklat by total sampling method. Pearson Correlation were used to test the relationship between variables. The result of this research shows that organizational commitment provide positif relationship with work effectiveness on Permanent Employees at PT PLN (Persero) Pusdiklat.
"
2015
S60867
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini membahas secara singkat perkembangan komite audit di berbagai negara lain (Amerika serikat, Inggris dan Kanada) serta di Indonesia, terutama ditinjau dari aspek historis dan praktek. Tinjauan komite audit di Indonesia mencakup penerapan pada perusahaan – perusahaan publik (termasuk perbankan Indonesia) dan BUMN, selain itu juga membahas masalah efektivitas kerja komite audit."
657 JAP 1:1 (2005)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
M. Eka Suryana
"Direktorat Jenderal Pajak mengemban tugas mengumpulkan dana masyarakat yang digali dari sumber dalam negeri di sektor pajak. Penerimaan dalam negeri dari sektor pajak dari tahun ke tahun terus meningkat rata-rata diatas 17.3%, keadaan seperti ini merupakan tugas yang sangat berat. Tugas ini akan dapat terwujud apabila didukung oleh 4 unsur yang saling menunjang yaitu undang-undang perpajakan yang adil dan sederhana, sumber daya manusia pajak yang profesional, masyarakat yang mengerti pajak dan sarana serta prasarana pelayanan masyarakat.
Dalam merealisir penerimaan dan menggali wajib pajak baru, Direktorat Jenderal Pajak terus mengintensifkannya dengan menambah kantor-kantor pelayanan pajak baru disetiap daerah yang memiliki potensi ekonomi yang memungkinkan. Pembukaan kantor-kantor baru tersebut menyebabkan tersedianya jabatan-jabatan yang perlu diisi. Cara yang paling cepat untuk mengisinya adalah dengan menambah pegawai baru, terutama untuk pegawai golongan III setara sarjana ( S1 atau S2 ) dan setelah itu kepada mereka diberi pendidikan dan pelatihan keahlian di bidang perpajakan. Adapun tujuan diberikannya pendidikan dan pelatihan adalah untuk memperoleh petugas pajak yang profesional dan berfikir spesialisasi. Adapun nama pendidikan dan pelatihan tersebut adalah Pendidikan dan Pelatihan Penyesuaian Tugas III Khusus Keahlian Pajak atau DPT-III KKP dan sebagai pelaksananya adalah Pusat Pendidikan dan Latihan Pajak ( Pusdiklat Pajak ).
Setelah mereka bekerja, selanjutnya kepada mereka dilakukan evaluasi yang meliputi unsur-unsur kemampuan penyerapan akademis, perubahan sikap kerja, loyalitas, kerja sama dan kreativitas kerja. Dari evaluasi tersebut diperoleh hasil bahwa mereka telah melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan misi Direktorat Jenderal Pajak. Hal ini mengandung arti bahwa proses alih pengetahuan perpajakan yang dilakukan oleh Pusdiklat Pajak dengan metode yang dipakai, telah berhasil sesuai dengan harapan. Oleh karena alasan itulah maka apabila ada rekrutmen pegawai baru untuk golongan III setara sarjana (S1 dan S2), sebaiknya model DPT-III KKP ini dapat ditetapkan sebagai diktat yang baku."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
T7449
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Yudi Santoso
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pegawai tentang kondisi-kondisi yang mendukung efektivitas kerja di dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Micro And Hajj Division kantor pusat PT Bank Syariah Mandiri. Penelitian bersifat univariabel dan dilakukan dengan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan metode kuesioner skala likert. Responden diambil dari 40 orang pegawai. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan empat dimensi kondisi-kondisi yang mendukung efektivitas kerja yang terdiri dari 26 indikator dengan menggunakan program aplikasi SPSS 20 for windows. Empat dimensi kondisi-kondisi yang mendukung efektivitas kerja tersebut adalah Perceptions of Access to Opportunity, Perceptions of Access to Information, Perceptions of Access to Support, dan Perceptions of Access to Resource. Berdasarkan hasil perhitungan mean kondisi-kondisi yang mendukung efektifitas kerja terbukti bahwa pegawai memiliki persepsi yang baik terhadap kondisi-kondisi yang mendukung efektivitas kerja.

This study aimed to determine the perceptions of employees about the conditions that support the effectiveness of work within the company. This research was conducted in the Micro And Hajj Division on headquarters of PT Bank Syariah Mandiri. Research is conducted by univariable and quantitative methods. The primary method of data collection was conducted using a Likert scale questionnaire. Respondents were drawn from 40 employees. Data were analyzed based on four dimensions of the conditions that support the effectiveness of work consisting of 26 indicators using the program SPSS 20 for windows. Four dimensions of the conditions that support the effectiveness of the work are Perceptions of Access to Opportunity, Perceptions of Access to Information, Perceptions of Access to Support, and Perceptions of Access to Resource. Based on the results from the calculation of the mean conditions that support the effectiveness of work proved that the employee has a good perception of the conditions that support the effectiveness of the work.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alef Aulia
"ABSTRAK
Di lini asembli PT. MSI tingkat produktifitas, efisiensi dan efektifitas proses produksi dipengaruhi oleh ukuran lot produk. Ukuran yang tidak optional dari lot ini dapat menyebabkan adanya pekerjaan yang boros serta pengambilan waktu kerja mesin dan operator proses produksi.
Analisa dalam penelitian ini dilakukan dengan menguraikan komponen kerja dari masing-masing stasiun kerja dan mengambil waktu standarnya. Kemudian dengan mencari beban stasiun kerja melalui kapasitas rata-rata tiap stasiun kerja dan kapasitas optimum lintasan proses untuk mendapatkan jumlah lot yang mungkin dapat diproses di masing-masing stasiun kerja tersebut.
Selanjutnya dilakukan perbandingan tingkat produktifitas, efisiensi dan efektifitas kerja dengan masing-masing ukuran lot yang memungkinkan diaplikasikan dalam proses produksi. Pada perhitungan berdasar pada kapasitas rata-rata tiap stasiun kerja dan juga perhitungan berdasar bottle neck diketahui bahwa beban kerja operator turun, efisiensi proses meningkat, dan penggunaan tool kit yang menyertai proses juga menurun.

"
2000
S37658
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniar Paulina S.
1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Meolana Fransisca
"ABSTRAK
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah before-after study, karena peneliti ingin melihat perubahan persepsi ketidakjelasan peran dan persepsi efektivitas kerja karyawan customer service setelah diberikan intervensi sosialisasi uraian jabatan. Penelitian ini melibatkan 33 orang karyawan customer service di Regional Jakarta 2, menggunakan satu set alat ukur yang diberikan kepada karyawan pada saat sebelum dan sesudah intervensi. Alat ukur ini terdiri dari dua alat ukur utama, yaitu persepsi ketidakjelasan peran, persepsi efektivitas kerja. Serta alat ukur tambahan sebagai penguat data, yaitu kejelasan peran dan kebutuhan akan kejelasan. Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara persepsi ketidakjelasan peran dan persepsi efektivitas kerja (r=0,587, sig. 0,01). Kondisi antara sebelum dan sesudah intervensi juga menunjukkan ada perubahan yang signifikan. Persepsi tingkat ketidakjelasan peran karyawan mengalami penurunan signifikan setelah diberikan intervensi sosialisasi uraian jabatan (Sig.2- tailed 0,000). Sementara itu, persepsi tingkat efektivitas kerja karyawan mengalami peningkatan setelah diberikan intervensi (Sig.2-tailed = 0,000).

ABSTRAK
The design that is used in this study will be before-after study, because the researcher wants to see the change of role ambiguity perception and work effectivity perception of the customer service employee after given job description socialization intervention. This study involving 33 employees in the Jakarta's regional 2, using I (one) set measuring tool that is given to the employee before and after the intervention. This measuring tool consist of role ambiguity perception and work effectivity perception. Additional instruments were utilized to evaluate role clarity and need for clarity perception. From the result that is obtained, there is relationship between role ambiguity and work effectivity (r = 0,587, sig. 0,01). The condition between before and after intervention also shows there is significance change. Role ambiguity perception of the employees are decreasing significantly after been given job description's after the intervention (Sig.2-tailed 0,000). Meanwhile, perception of work effectivity perception of the employees are increasing significantly after the intervention (Sig. 2-tailed-0,000)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
T38298
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Rose Malinda
"Sistem pengendalian manajemen dalam suatu perusahaan harus berkorelasi erat dengan manajemen sumberdaya manusia, karena sumberdaya manusia merupakan salah satu sumberdaya utama dalam pelaksanaan proses kerja dalam pencapaian tujuan perusahaan. Terjadinya pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 menciptakan perubahan sistem kerja yang membuat pelaksanaan pekerjaan tidak harus dilakukan di kantor. Perubahan sistem kerja tersebut memberikan dampak pada aspek motivasi dari sumberdaya manusia yang merupakan salah satu faktor penting dalam ssstem pengendalian manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah sistem kerja pada masa new normal dapat diterapkan secara efektif untuk dilanjutkan di masa yang akan datang. Penelitian ini mengevaluasi beberapa aspek dari variabel efektivitas kerja, kinerja pegawai, dan tingkat kepuasan kerja pegawai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, survei, dan forum group discussion. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan machine learning untuk menampilkan data statistik deskriptif. Penelitian ini hanya mengambil subjek pada divisi Akuntansi dan Keuangan pada PT. X dengan periode penelitian tahun 2022. Hasil menunjukan Organisasi dapat mengadopsi sistem new normal sebagai pengaturan kerja masa depan dengan mengidentifikasi individu dan karakteristik pekerjaan yang memiliki dampak paling signifikan terhadap produktivitas. Organisasi juga perlu mengembangkan strategi yang tepat untuk menjaga efektivitas, tingkat kepuasan, dan kinerja pegawai, agar mendukung sistem pengendalian manajemen secara optimal.

The management control system in a company must be closely correlated with human resource management, because human resources are one of the main resources in implementing work processes in achieving company goals. The occurrence of the COVID-19 pandemic since 2020 has created a change in the work system that makes work implementation not have to be done in the office. The change in the work system has an impact on the motivational aspect of human resources which is one of the important factors in the management control system. The purpose of this study is to analyze whether the work system in the new normal period can be applied effectively to be continued in the future. This study evaluates several aspects of the variables of work effectiveness, employee performance, and level of employee job satisfaction. Data collection in this study used the methods of interviews, surveys, and group discussion forums. Data processing in this study uses machine learning to display descriptive statistical data. This study only took the subject of the Accounting and Finance division at PT. X with a research period of 2022. The results show that organizations can adopt the new normal system as a future work arrangement by identifying individuals and job characteristics that have the most significant impact on productivity. Organizations also need to develop appropriate strategies to maintain the effectiveness, level of satisfaction, and employee performance, in order to support the management control system optimally."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tocyanda Mutiara Salma
"Penelitian ini membahas implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam meningkatkan efektivitas kerja Divisi Service Quality Management (SQM) di PT Panorama JTB Tours Indonesia. Dalam menghadapi tantangan industri pariwisata yang semakin terdigitalisasi, Perusahaan mengintegrasikan sistem seperti Patsy (omnichannel), Call Performance Report, Smart Travel Assistant “Alvis”, dan platform komunikasi berbasis web guna mendukung proses monitoring, evaluasi, serta pengelolaan mutu layanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap internal divisi SQM dan beberapa travel consultant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIM mampu mempercepat akses data, Menyusun, pelaporan secara lebih sistematis, dan mendukung analisis mutu layanan secara efisien. Meski demikian, keterlibatan manusia tetap memegang peran penting dalam menilai interaksi yang bersifat kontekstual. SIM terbukti berkontribusi terhadap efektivitas kerja, khususnya dalam pencapaian tujuan, kualitas dan kuantitas kerja, ketepatan waktu, serta kepuasan kerja, sekaligus memperkuat sistem pengelolaan mutu layanan secara berkelanjutan

This study discusses the implementation of Management Information System (MIS) in improving the work effectiveness of the Service Quality Management (SQM) Division at PT Panorama JTB Tours Indonesia. In response to the growing digitalization within the tourism industry, the company has integrated systems such as Patsy (an omnichannel platform), Call Performance Report, Smart Travel Assistant “Alvis,” and a web-based communication platform to support service monitoring, evaluation, and feedback management. This research adopts a descriptive qualitative method with data collected through in-depth interviews, observation, and documentation involving internal SQM personnel and several travel consultants. The findings reveal that MIS facilitates faster data access, enables more structured reporting, and supports efficient service quality analysis. Nevertheless, human involvement remains essential in evaluating context-based service interactions. MIS is proven to contribute positively to work effectiveness, particularly in achieving goals, maintaining work quality and quantity, meeting deadlines, and ensuring job satisfaction, while also reinforcing the sustainability of service quality management within the company."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>