Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yusma Dewi Yulianti
"

Review oline yang ditulis oleh pelanggan pada saat selesai melakukan pembayaran dan penginapan di hotel, meniliki nilai bisnis yang berpengaruh terhadap pelanggan berikutnya, manejemen hotel, dan OTA atau e-commerce. Ulasan tekstual online memiliki struktur yang sangat terbuka dan sangat luas. Atribut dari ulasan tekstual online berupa subjectivity, polarity, length, dan rating masih sangat sedikit terekplorasi, sedangkan manajemen hotel dan juga peneliti dapat menggunakan atribut teknis tersebut untuk lebih memahami perilaku pelanggan. Penelitian ini menggunakan 1000 sampel review online yang didapat dari salah satu web OTA yaitu Traveloka, sampel hotel yang dipilih adalah hotel yang bersifat popular di situs web tersebut yang berasal dari 5 kota terbesar di Indonesia. Penelitian ini memprediksi kepuasan pelanggan secara keseluruhan menggunakan atribut teknis ulasan tekstual online. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat subjectivity yang tinggi akan menghasilkan rating yang rendah, dan tingkat polarity yang tinggi akan menghasilkan rating yang tinggi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pelanggan yang sedang merencanakan perjalanan membandingkan ulasan yang ada agar hotel yan dipilih sesuai dengan ekspektasi, serta bagi manajemen hotel untuk lebih memahami perilaku ulasan pelanggan online dan menerapkan tindakan manajemen ulasan online yang efisien untuk menggunakan kata-kata elektronik dari mulut ke mulut dan meningkatkan kinerja hotel.

 


Customer online review by customers have business value that affects future customer, hotel management, and OTA or e-commerce. Online textual reviews have an open-structured form. The attributes of online textual reviews in the form of subjectivity, polarity, length, and rating are still under-explored, while hotel management and researchers can use these technical attributes to better understand about customer behavior. This study using 1000 samples of online reviews from one of the OTA; Traveloka, the sample of this research using popular hotel on the website from the 5 largest cities in Indonesia. This study predicts overall customer satisfaction using the technical attributes of online textual reviews. This study found that a high level of subjectivity would give low rating, and a high level of polarity would give high rating. This research provides recommendations to future customers that comparing existing reviews are important to manage the expectations, and for hoteliers management to better understand customer online review behavior and implement efficient online review management actions to use electronic words-of-mouth to improve hotel performance.
"
2019
T53961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayang Dwi Kusumadito
"Di dalam e-commerce, salah satu cara pemasar untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah dengan menggunakan komunikasi Electronic Word of Mouth. Sebagai eWOM, online rating dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Komponen di dalam online rating yaitu rating volume dan rating valence merupakan bagian yang berpengaruh terhadap konsumen. Selain volume dan valence, rating period merupakan salah satu informasi yang juga dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan volume dan valence terhadap purchase intention, attitude towards rating, dan information credibility serta melihat pengaruh adanya rating period dalam jangka waktu yang pendek terhadap ketiga variabel tersebut.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rating valence dan volume memiliki pengaruh terhadap variabel purchase intention, attitude towards rating, dan information credibility. Rating period dapat juga dapat digunakan untuk mempengaruhi seseorang dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

In e-commerce, marketers can influence consumer purchase decision process through Electronic Word of Mouth. As eWOM, online rating can also influence consumer purchasing decisions. Valence and volume are the components of online rating that is important to influence consumer. In addition to volume and valence, the rating period is one of information that can also be used. This study aimed to compare the effect of volume and the valence towards purchase intention, attitude towards rating, and information credibility. Another objective of this study is to compare the effect of short rating period through those three variables.
The results indicate that there are siginificant effect of rating valence and volume on consumer purchase intention, attitude towards rating, and information credibility. The rating period can affect a person especially in purchase decision process."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidya Agustina
"Penelitian ini membahas mengenai proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan dalam transaksi online melalui platform customer to customer e-commerce. Proses transaksi online yang terjadi melalui platform C2C e-commerce terjadi tanpa melibatkan komunikasi secara tatap muka. Hal ini membuat adanya ketidakpastian yang dirasakan oleh pihak pembeli ketika melakukan proses transaksi online melalui platform C2C e-commerce. Untuk mengatasi rasa ketidakpastian ini, para pembeli dapat memanfaatkan informasi yang ada pada sistem reputasi, seperti online review dan online rating, dalam platform untuk membentuk online trust. Diketahui online review dan online rating merupakan salah satu bentuk electronic word of mouth yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan model lima tahap proses pengambilan keputusan pembelian milik Kotler dan Keller (2009) untuk mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian yang terjadi dalam platform C2C e commerce. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana online review dan online rating digunakan dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Paradigma yang digunakan adalah post-positivistik dengan pendekatan kualitatif dan strategi penelitian studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara dan studi literatur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi pada online review dan online rating dapat memberikan gambaran terkait reputasi penjual dan membentuk persepsi pembeli akan kualitas dari produk dan layanan yang ditawarkan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam proses pengambilan keputusan pembelian, para pembeli mengalami fase zero moment of truth. Fase ini meliputi tahap pencarian informasi dan evaluasi alternatif pilihan. Pada fase ini, pembeli mempelajari produk ataupun akun penjual melalui informasi-informasi yang diperolehnya dari media online. Salah satu informasi yang digunakan dalam zero moment of truth adalah informasi dari online review dan online rating. Hasil penelitian ini juga membahas mengenai pentingnya online trust dalam pengambilan keputusan pembelian di platform C2C e-commerce.

This study discusses the process of purchase decision making which made through online transaction in customer to customer (C2C) e-commerce platform. Online transaction which happens in C2C e-commerce doesn't involve any face-to-face interaction. It makes a buyers have an uncertainty feeling when they do the online transaction. To overcome this uncertainty, buyers can use informations on seller reputation system, such as online reviews and online ratings, in order to form an online trust. Online review and online rating have been known as a part of electronic word of mouth which has an impact on buyer's purchase decisions.
This study use Kotler and Keller's (2009) purchase making decision process to finds out the purchase decision making process which happens through C2C e-commerce. This study also aims to finds out how online reviews and online rating are used in purchase decision making process. This study uses post-positivistik paradigm with qualitative approach and case study strategy. Data were obtained from in-depth interview and literature studies.
The results of this study show that the informations in online review and online rating can provide an overview of seller's reputation and form buyer's perception of products and services quality. The results also indicate that in the purchase making decisions process, there is a zero moment of truth phase. This phase includes information seeking and alternative evaluation process. In this phase, buyers learn about the product or seller's reputation through the information that they got from online sources. One of the informations used in zero moment of truth is from online review and online rating. The results also discuss the importance of online trust in purchase making decision process on C2C e-commerce platform.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helmy Ikhsan Rianda
"Dalam Dalam e-commerce, perusahaan dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen melalui Electronic Word of Mouth. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek dua eWOM komponen (Ratings dan Reviews) sebagai variabel independen. Variabel dependen Sikap Konsumen dan Intensi Pembelian. Dengan total 120 responden (30 untuk setiap kelompok), responden diberi stimulus dari produk High Involvement (Kamera) dengan penilaian yang berbeda dan ulasan sebagai stimulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari produk rating online tinggi pada sikap konsumen dan niat beli. Review rasional lebih efektif bila konsumen menerima produk rating rendah daripada produk rating tinggi.


In e-commerce, marketers can influence consumer purchase decision process through Electronic Word of Mouth. This study used experimental method with the subject of two eWOM component (Ratings and Reviews) as a independent variables. The dependent variables are Consumer Attitude and Purchase Intention. With the total of 120 respondent (30 for each groups), respondent were given stimulus of High-Involvement product (Camera) with different ratings and reviews as stimulus. The results indicate that there are significant effect of high online rating product on consumer attitude and purchase intention. The rational reviews are more effective when consumer receive low rating product rather than high rating product."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tasya Ranie Chandra
"Penelitian ini membahas mengenai kepuasan elektronik atau e-satisfaction dan niat pelanggan untuk terus menggunakan kembali atau continued intention to reuse pengguna aplikasi layanan online food delivery menggunakan konsep The
Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology atau UTAUT2 dan fitur mobile commerce. Penelitian ini melaksanakan survei kepada 474 responden dari generasi milenial yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000 dan berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Metode penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software pengolahan data LISREL 8.51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam e-satisfaction, variabel yang terbukti signifikan mempengaruhi terdiri dari facilitating conditions, price value, hedonic motivation, online rating, dan online tracking, sementara variabel performance expectancy dan effort expectancy terbukti tidak signifikan. Dalam continued intention to reuse, variabel social influence, habit, dan e- satisfaction terbukti signifikan mempengaruhi, sementara variabel performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, price value, hedonic motivation, online rating, dan online tracking terbukti tidak signifikan mempengaruhi. Lalu, e- satisfaction juga terbukti memiliki pengaruh terhadap habit.

This study investigated online food delivery application user's e- satisfaction and continued intention to reuse using variables from The Extended Unified Theory of Acceptance and Use of Technology or UTAUT2 framework and mobile commerce features. This study surveyed 474 respondents from the millennial generation born in 1980 until 2000, domicile in Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi). The data was collected through an online questionnaire, using the Structural Equation Modelling (SEM) method with LISREL 8.51 software. The results showed that the variables which significantly influenced e-satisfaction are facilitating conditions, price value, hedonic motivation, online rating, and online tracking, meanwhile performance expectancy and effort expectancy were proven insignificant. In continued intention to reuse, the variables that significantly influenced it were social influence, habit, and e-satisfaction, while performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, price value, hedonic motivation, online rating, and online tracking were proven insignificant. Also, it was proven that e- satisfaction significantly influenced habit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library