Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sihombing, Keny Jetro
Abstrak :
Penarikan kembali atau penarikan adalah tindakan yang dilakukan oleh produsen pada produk yang memiliki a cacat dalam proses produksi atau tidak memenuhi standar yang berlaku. Acara penarikan produk atau penarikan produk sering dilakukan oleh pabrik sebagai cara untuk memenuhi hak-hak konsumen, termasuk pabrikan yang memproduksi roda empat kendaraan bermotor. Di Indonesia, ketentuan penarikan produk untuk roda empat baru kendaraan bermotor tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Jenis Kendaraan Bermotor. Sebelum adanya Menteri Perhubungan, hanya ada satu regulasi yang bisa membantu konsumen memperjuangkan hak-hak mereka dalam hal penarikan kendaraan bermotor, yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Temuan yang akan dipaparkan dalam ini studi adalah peraturan penarikan atau penarikan kendaraan bermotor cacat oleh produsen otomotif dalam hal undang-undang dan peraturan yang ada di Indonesia dan perbandingan mereka dengan Amerika Serikat, serta masalah menerapkan penarikan atau penarikan kendaraan bermotor cacat di Indonesia dan solusi tepat untuk menyelesaikan masalah.
Recall or recall is an action taken by the manufacturer on a product that has a defect in the production process or does not meet the applicable standards. Product recalls or product recalls are often carried out by factories as a way to fulfill consumer rights, including manufacturers that produce four-wheeled motorized vehicles. In Indonesia, the provisions for product withdrawals for new four-wheeled motorized vehicles are listed in the Minister of Transportation Regulation Number 33 of 2018 concerning Testing of Motorized Vehicle Types. Before the Minister of Transportation, there was only one regulation that could help consumers fight for their rights in terms of motorized vehicle recall, namely Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. The findings that will be presented in this the study is the regulation of the recall or recall of defective motor vehicles by automotive manufacturers in terms of existing laws and regulations in Indonesia and their comparison with the United States, as well as the problem of implementing the recall or recall of defective motor vehicles in Indonesia and appropriate solutions to resolve the problem.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadingga Trah Herdwangkara
Abstrak :
Product placement merupakan suatu hal yang tidak asing lagi dalam dunia pemasaran. Di Indonesia sendiri, perkembangan penggunaan product placement sudah semakin sering terlihat, misalnya pada tayangan program-program di televisi dan film. Strategi product placement yang baik haruslah dapat mencakup faktor-faktor yang berhubungan dengan audience characteristics. Audiece charac teristics sendiri digambarkan oleh product/brand familiarity, program involvement (arousal, pleasure, cognitive effort) dan star liking. Dan tingkat efektifitas product placement salah satunya dapat dilihat dari product category recall dan atau brand recall yang dihasilkan. Dengan menggunakan film Ayat- Ayat Cinta sebagai objek penelitian, skripsi ini membahas tentang hubungan yang terjadi antara audience charac eristics dengan product /brand recall pada product placement di dalam film Ayat-Ayat Cinta. Desain penelitian ini adalah penelitian eksploratif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa star liking merupakan satu-satunya variabel yang memiliki hubungan signifikan dengan product category recall, sehingga dengan demikian star liking menjadi sesuatu hal yang perlu menjadi perhatian dalam strategi product placement dalam film. Pemilihan aktor atau aktris yang sedang diidolakan dan yang sesuai dengan target konsumen serta pemilihan film yang tepat merupakan suatu strategi yang dapat digu nakan sebagai penunjang keberhasilan product placement dalam film.
Product placement is a practice that is familiar in the world of mar keting. In Indonesia, the use of product placement is more often seen, for example on television programs and movies. A good product place ment strategy must include the factors that relate to the audience characteristics. Audience characteristics described by product /brand familiarity, program involvement (arousal, pleasure, cognitive effort) and star liking. And the effectiveness of product placement can be seen from product category recall and brand recall. By using the film Ayat-Ayat Cinta as an objects of research, this essay discuss about the relationship between audience characteristics with pro duct/brand recall on product placement in film Ayat-Ayat Cinta. This research is descriptive and eksplorative interpretive. The results of this research indicate that the star liking is the only variable that has a significant relationship with product category recall, so that star liking is an important factor in the strategy of product placement in movies. Choosing an actor or actress who is liked and appropriate with target consumers and the right movie selection is a strategy that can be used to support the success of product placement in movies.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Luqman
Abstrak :
ABSTRAK
Analisis SituasiKompas Khatulistiwa merupakan perusahaan perjalanan pariwisata yang telah berdiri sejak tahun 2010.Saat ini Kompas Khatulistiwa Trip Organizer mengalami stagnansi dan bertahan pada pelanggan loyal.Kondisi pesaing banyak yang menguasai media sosial sehingga menguasai pasar.Kompas Khatulistiwa tidak memiliki perencanaan strategis dalam promosi dan media planning.Rumusan MasalahTerjadinya penurunan nilai brand Kompas Khatulistiwa di kalangan millennials. Membuat masuknya para kompetitor serupa yang memiliki kemampuan dalam promosi media sosial dapat menguasai pasar. Hal ini disebabkan karena Kompas Khatulistiwa tidak memiliki perencanaan strategis dalam promosi dan perencanaan media.SolusiMembuat program MPR yaitu Petualangan Zamrud Khatulistiwa dengan strategi experiental marketing melalui taktik special event, revitalisasi dan promosi media online, dan rekrutmen brand ambassador dan liaison officer.Tujuan ProgramMemberikan pemahaman secara kognisi dan emosional tentang brand Kompas KhatulistiwaMewujudkan pengalaman berkesan untuk memberikan gambaran positif terhadap brand.Memperoleh content sharing dari audiens terkait Kompas Khatulistiwa Trip Organizer.Khalayak SasaranTarget Khalayak PrimerSecara geografis:Masyarakat JabodetabekSecara demografis:Laki-laki dan perempuanMahasiswaSES B-CTarget Khalayak SekunderSecara geografis:Masyarakat JabodetabekSecara demografis:Laki-laki dan perempuanUsia 25-35 tahunSES A-B Pesan KunciPesan kunci yang telah dirancang oleh penulis agar pesan yang disampaikan kepada audience dapat diterima dan sesuai dengan target yang telah ditentukan yaitu: Save Your Culture Nature with Kompas Khatulistiwa. Jadwal ProgramBulan Januari ndash; Bulan Desember 2017Tempat PelaksanaanEvent Save Culture Save Nature:Pusat Studi Jepang, Universitas IndonesiaKerangka EvaluasiTahap InputTahap OutputTahap OutcomeTotal AnggaranRp. 65,100,000
ABSTRACT
Stuation AnalysisKompas Khatulistiwa is a trip organizer, which has been established for 7 years.Kompas Khatulistiwa was in a stagnant condition and stopped in loyal customers.Many competitors dominate the social media, which in turn dominate the market.The declining in booking order in the primary target.Problem StatementThe depression of brand value from Kompas Khatulistiwa Trip Organizer among millennials. It encouraged the entry of similar competitors who are active in social media promotion, dominate the market. Furthermore, Kompas Khatulistiwa did not provide the exposure of messages effectively and efficiently, due to lack of strategic planning in promotion and media planning.SolutionPetualangan Zamrud Khatulistiwa is a MPR program with experiential marketing strategy through tactics of special events, revitalization and promotion of online media, and recruitment brand ambassador and liaison officer.ObjectiveProvide an understanding of cognition and emotional about the Kompas Khatulistiwa as trip organizer.Create a memorable experience to give a positive image to the brand.Obtain related content sharing from audience of Kompas KhatulistiwaTrip Organizer.Target AudiencePrimary targetGeographically Jakarta and surrounding areasDemographically Man and WomenStudentsSES B CSecondary TargetGeographically Jakarta, Yogyakarta, and Bali.Demographically Man and Women25 35 years oldSES A B Key MessagesA key message that has been designed by the author to have a message delivered to the audience can be received and in accordance with predetermined targets, namely Save Your Culture Nature with Kompas Khatulistiwa.ScheduleJanuary ndash December 2017VenueEvent Save Culture Save Nature Pusat Studi Jepang, Universitas IndonesiaEvaluationInput PhaseOutput PhaseOutcome PhaseBudgetRp. 65,100,000
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rayi Adipitaryana Diredja
Abstrak :
ABSTRAK
Penarikan suatu produk (product recall) yang telah diluncurkan ke pasar merupakan mimpi buruk bagi setiap perusahaan karena mampu menodai kepuasan pelanggan dan tercemarnya reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh product recall terhadap reputasi perusahaan di mata pengguna. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang terdiri dari 47 pernyataan. Penelitian dilakukan pada konsumen produk yang terkena recall dengan jumlah 150 responden. Data yang didapatkan dari responden kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil dari pengujian statistik tersebut menunjukkan product recall secara signifikan mempengaruhi reputasi perusahaan. Melalui kampanye recall yang dilakukan perusahaan sebagai upaya manajemen krisis, product recall justru berpengaruh positif terhadap reputasi perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa faktor berita media terkait recall secara signifikan mempengaruhi reputasi perusahaan. Untuk itu, demi kesempurnaan teori SCCT Coombs penulis merekomendasikan penambahan faktor media massa sebagai salah satu faktor yang turut mempengaruhi orang dalam melihat reputasi perusahaan ketika terjadi krisis. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran bagi praktisi mengenai pentingnya manajemen krisis dalam upaya mempertahankan reputasi perusahaan untuk keberlangsungan bisnis.
Abstract
Withdrawal of a product (product recall) that has been launched into the market is a nightmare for any company because it can tarnish the reputation of customer satisfaction and corporate pollution. This study aimed to see whether there is effect of product recall of the company's reputation in the eyes of the user. The approach used is a quantitative approach with a survey method that consists of 47 statements. The study was conducted on the recall of consumer products affected by the number of 150 respondents. Data obtained from respondents were analyzed using Structural Equation Model (SEM). The results of statistical tests indicate product recall significantly affect the company's reputation. Through the recall campaign as an effort by the company's crisis management, product recalls precisely a positive influence on corporate reputation. The results also showed that factors related to the recall news media significantly affect the company's reputation. Therefore, for the perfection of the theory of SCCT Coombs authors recommend the addition of a factor of mass media as one of the factors that influence people in seeing the company's reputation when a crisis occurs. Thus, this study provides an overview for practitioners about the importance of crisis management in an effort to maintain the company's reputation for business continuity.
2012
T30769
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rudianto
Abstrak :
Directory of Indonesianist is one of the reference collections that a library must provide. Only a few libraries provide it. The second fact is the directory of Indonesianist is an old publication that never has a new version. This directory is printed material and limited edition, it makes the library-user difficult to find the Indonesianist data. Until this time, there is no one of directory of Indonesianist administered online. This research purposed to build an online web based directory of Indonesianist database by using SLiMS Cendana. This research has five steps: (1) preliminary investigation; (2) choosing the sample of Indonesianist data and publication using googlescholar, scholarometer and googlebooks; (3) studying SLiMS, (4) making a prototipe based on study about SLiMS in the previous step; (5) examination of the recall and precision of the search engine of the directory of Indonesianist database that has been created. The making of the application uses prototyping method by modifying SLiMS, the process prototyping using flowchart and data flow diagram (DFD), and the data prototyping using entity relationship diagram (ERD). The Indonesianists data can be presented by name, domicile, social sciences, topics research, areas of research, background of education, research titles, titles of journals, and the office where Indonesianis worked. This reserach succeed to build an online database directory Indonesianists can used in accordance with library-user needs.
Bogor: Perpustakaan IPB, 2015
020 JPI 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Didik Prata Wijaya
Abstrak :
Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kota Bandung merupakan lembaga teknis yangmempunyai tugas dan fungsi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca melalui pemberdayaan perpustakaan. Peran Online Public Access Catalog (OPAC) sebagai sistem temukembali informasi sangat mendukung sebagai salah satu sarana atau fasilitas untuk meningkatkanpelayanan kepada masyarakat terutama di bidang perpustakaan khususnya di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana recall dan precision pada OPAC Dinas Arsipdan Perpustakaan Kota Bandung; (2) efektivitas OPAC sebagai sistem temu kembali informasi di Disarpus Kota Bandung. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukanpenelusuran kata kunci pada OPAC Disarpus Kota Bandung melalui halaman websitehttp://layanan.dispusip.bandung.go.id/inlislite3/opac/. 10 Sepuluh kata kunci tersebut adalah yangpaling sering dicari atau ditelusuri oleh pengguna perpustakaan pada bulan Maret 2022 di DisarpusKota Bandung. Setiap kata kunci yang digunakan dalam proses penelusuran, hasilnyaberupa sejumlah data katalog. Data katalog yang diperoleh kemudian dianalisis dan ditentukan datamana yang relevan dan tidak relevan dengan kebutuhan informasi yang dicari berdasarkan judul, subjek buku, dan ketersediaan koleksi. Kemudian akan dilakukan perhitungan recall dan precisionuntuk mengetahui tingkat efektivitastemu kembali aplikasi INLISLite. Berdasarkan hasil pengujianterhadap OPAC Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung dengan 10 kata kunci yang palingsering ditelusuri oleh pemustaka selama bulan Maret 2022 dapat disimpulkan bahwa sistem temukembali informasi tersebut sudah efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata recall sebesar 0.96 atau 95.79 % dan nilai rata-rata precision sebesar 0.92 atau 92.31 %. Dari 10 kata kunci yaitukeperawatan, sumber daya manusia, komunikasi, metode penelitian, akuntansi, pajak, sisteminformasi, keterampilan, parenting, dan psikologi, kata kunci dengan nilai recall dan precision tertinggi adalah kata kunci metode penelitian dan parenting yaitu nilai recall 1 atau 100% dan nilai precision1atau 100%. Sedangkan nilai recall dan precision terendah adalah kata kunci komunikasi yaitu dengannilai recall 0.90 atau 90.34% dan nilai precision 0.88 atau 88.33%. Secara keseluruhan OPAC padaDisarpus Kota Bandung sudah efektif sebagai sistem temu kembali informasi.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Salman Fachry
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada proses dan mekanisme pemberhentian antarwaktu dan penggantian antarwaktu yang diatur dalam UU No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD dan UU No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik beserta UU perubahannya yaitu UU No. 2 Tahun 2011. Penelitian ini membahas dua permasalahan utama. Pertama, kewenangan yang dimiliki oleh partai politik dalam mengusulkan pemberhentian antarwaktu dan penggantian antarwaktu anggotanya yang duduk di DPR. Kedua, mekanisme ideal pemberhentian antarwaktu dan penggantian antarwaktu yang diatur oleh uu dan peraturan terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif yang menggunakan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewenangan partai politik dalam mengusulkan pemberhentian antarwaktu dan penggantian antarwaktu ini masih terus diperdebatkan oleh pihak-pihak tertentu. Kewenangan tersebut telah diajukan kepada Mahkamah Konstitusi untuk dilakukan pengujian. Hasil dari pengujian tersebut adalah hak recall yang dimiliki poleh partai politik ini tidak bertentangan dengan pelaksanaan demokrasi perwakilan, dan anggota legislatif yang telah keluar dari keanggotaanya dari partai politik tidak serta merta dinyatakan berhenti dari keanggotaan legislatif, tidak seperti pada keputusan MK sebelumnya. Disamping itu, dari data yang penulis dapatkan, ternyata masih terdapat ketidaksesuaian antara pelaksanaan proses pemberhentian antarwaktu dengan mekanisme yang diatur oleh undang-undang dan amanat kedaulatan rakyat yang ada dalam konstitusi negara Indonesia.
ABSTRACT
This research is based on the processes and the mechanism of the intertemporal dismissal and the replacement or usually named as recall which are regulated in Act No.27/ 2009 regarding MPR, DPR, DPD and DPRD and Act No. 2/2008 regarding Political Parties Act and its amendments, Act No. 2/2011. In this paper, there are two main issues. First, the political parties’s authority to proposed the dismissal and replacement of their members in the parliament (DPR). The second is to describe about the ideal mechanism of the recall process based in Indonesia for further. The method used in this study is a yuridis normatif by using the secondary data. The results showed that the political parties in Indonesia have the authority to propose the recall process for their members that registered in DPR. There are several people that disagree about this recall authority which is own by the political parties. This recall by political parties’s proposed has been tested by the constitutional court (Mahkamah Konstitusi) and the results showed that this authority to recall their members in the parliament is not contradict with the implementation of the representative democracy. Not only those, in 2013 Constitutional Court made a decision that escape from political party does not mean followed by resign from legislative member. In addition, in the case studies that is included in this matters, it turns out that there is still an incompatibality between the implementation of the recall process according to the mechanism that regulated by the law.
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
T38882
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bern Jonathan
Abstrak :
Female Daily Network perusahaan yang bergerak di bidang media sosial. Female Daily memiliki media sosial untuk membagikan pengalaman menggunakan produk kecantikan bernama Female Daily. Female Daily memiliki peraturan untuk tidak menggunakan Female Daily Platform untuk mempromosikan, menjual produk, dan layanan di platform media sosial di Female Daily. Namun, pengguna di Female Daily terkadang melanggar peraturan tersebut di post mereka dan menyebabkan pengguna lain terganggu akan hal tersebut. Admin di Female Daily kesulitan untuk mengidentifikasi pengguna yang melanggar aturan itu dan melarang post mereka yang berisi penjualan produk karena keterbatasan jumlah admin dengan jumlah post yang masuk tiap hari. Text mining juga dapat mengatasi permasalahan ini dengan menentukan klasifikasi secara otomatis dengan membuat sistem yang melakukan proses pembelajaran dengan dari kata-kata post yang tersedia. Algoritme yang bisa digunakan untuk melakukan proses text mining pada penelitian ini seperti Support Vector Machine (SVM), Naïve Bayes (NB), Decision Tree (DT), dan Random Forest (RF). Penelitian ini menggunakan kombinasi cara ekstraksi fitur, fitur kontekstual, dan melakukan balancing data. Penelitian ini menggunakan skenario penelitian untuk menganalisis ekstraksi fitur, penggunaan fitur kontekstual, dan balancing data. Algoritme terbaik dilihat dari nilai recall pada kombinasi algoritme dan fitur penelitian ini adalah Random Forest TF-IDF Unigram dan menggunakan tambahan fitur kontekstual deteksi uang dan kata-kata menjual dengan data yang seimbang. Nilai recall 88.37% didapatkan dari hasil kombinasi algoritme dan fitur tersebut. ......Female Daily Network is a company engaged in social media. Female Daily has social media to share experiences using beauty products called Female Daily. Female Daily has regulations not to use the Female Daily Platform to promote, sell products and services on social media platforms in Female Daily. However, users on Female Daily sometimes violate these rules in their posts and cause other users to be annoyed about it. Admins at Female Daily have difficulty identifying users who violate these rules and ban their posts containing product sales due to the limited number of admins with the number of posts that enter each day. Text mining can also overcome this problem by determining the classification automatically by creating a system that carries out the learning process from the available post words. Algorithms that can be used to carry out the text mining process in this research are Support Vector Machine (SVM), Naïve Bayes (NB), Decision Tree (DT), and Random Forest (RF). This study uses a combination of feature extraction, contextual features, and data balancing. This study uses research scenarios to analyze feature extraction, contextual feature usage, and data balancing. The best algorithm seen from the recall value in the combination of algorithms and features of this research is the Random Forest TF-IDF Unigram and uses additional contextual features to detect money and selling words with balanced data. The recall value of 88.37% is obtained from the results of the combination of these algorithms and features.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Fitriyani
Abstrak :
Tesis ini menganalisis brand placement dengan menguji pengaruh dari 4 variabel, yaitu brand recall, preference, intention to purchase, dan Loyalty. Berdasarkan data dari 205 responden konsumen muda yang diuji, maka dapat diketahui bahwa brand placement tidak berpengaruh secara positif terhadap brand recall, Brand placement tidak memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap brand recall, preference, intention to purchase, dan Loyalty. Brand recall memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap preference dan loyalty. Sedangkan brand recall tidak memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap intention to purchase. Kemudian preference memiliki pengaruh positif terhadap intention to purchase dan terakhir intention to purchase memiliki pengaruh terhadap loyalty. ......This thesis analyzes the brand placement by testing the effect of four variables, namely brand recall, preference, intention to purchase, and loyalty. Based on data from 205 respondents who tested young consumers, it can be seen that brand placement is not a positive influence on brand recall, Brand placement does not have a positive influence on brand recall or significant, preference, intention to purchase, and Loyalty. Brand recall or a significant positive influence on the preference and loyalty. While brand recall or did not have a significant positive effect on the intention to purchase. Then the preference has a positive influence on intention to purchase and intention to purchase last had an influence on loyalty.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triashtra Lakshmi
Abstrak :
ABSTRAK
Latar Belakang: Praktek ASI eksklusif mengalami trend penurunan dari 40% tahun 2002/2003 menjadi 32% di tahun 2007 (SDKI). Mercy Corps Indonesia menginisiasi intervensi berbasis masyarakat dengan nama Kelompok Pendukung Ibu (KP Ibu) untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku ASI Eksklusif. KP Ibu merupakan kegiatan diskusi semi-terstruktur yang rutin diadakan 2 minggu sekali dengan jumlah peserta ibu menyusui atau Ibu hamil 8- 10 orang untuk saling berbagi pengalaman, ide atau informasi seputar menyusui. Diskusi difasilitasi oleh motivator, seorang Ibu yang telah dilatih sebelumnya untuk memfasilitasi kelompok.Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan murni KP Ibu dalam meningkatkan perilaku ASI eksklusif (recall 24 jam) Metoda: Rancangan studi potong lintang menggunakan data sekunder Knowledge Practice Coverage (KPC) Healthy Start Yogyakarta Survey tahun 2009 dan 2010 di Kelurahan Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul DI Yogyakarta. Data dikumpulkan di bulan Juni 2009 (sebelum program) dan May 2010 (sesudah program) pada populasi sumber yang sama; 25 dusun terpapar, yaitu terdapat set-up KP Ibu dan 25 dusun tidak terpapar, yaitu non set-up KP Ibu. Responden merupakan Ibu menyusui dengan anak kandung usia 0 - 6 bulan. Hasil: Terdapat 57 responden yang berada di dusun terpapar dan aktif mengikuti KP Ibu dari total 636 responden sesudah program. Responden yang mengikuti kegiatan KP Ibu lebih dari 3 kali memiliki peluang untuk memberikan ASI eksklusif hampir dua kali lipat dibandingkan yang tidak mengikuti KP Ibu (PORadj=1.87; CI95% 1.02 ? 3.43) (p value 0.044) setelah dikontrol oleh variabel paritas, status pekerjaan dan cara persalinan. Responden yang mengikuti KP Ibu 1 ? 3 kali tidak memberikan peluang yang signifikan (PORadj=0.81; CI95% 0.33 ? 2.00) p value (0.638). Hasil lainnya: Peningkatan perilaku ASI eksklusif lebih tinggi di dusun set-up KP Ibu (17%, p value < 0.0005) dibandingkan dusun non set-up KP Ibu (8.8%, p value 0.001). Proporsi ASI eksklusif meningkat di semua kelompok usia pada dusun set-up KP Ibu sebelum dan sesudah program (1 bulan 56% VS 71.2%; 2 bulan 43.9% VS 59%; 3 bulan 39% VS 65.6%; 4 bulan 28.8% VS 60%; 5 bulan 32.6 VS 45%; 6 bulan 20.9% VS 28.6%) Kesimpulan: KP Ibu dapat meningkatkan perilaku ASI Eksklusif. Seorang Ibu minimal harus mengikuti kegiatan KP Ibu 4 kali dalam periode 6 bulan untuk bisa memberikan ASI secara eksklusif. KP Ibu mudah untuk di replikasi dan harus didukung sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan perilaku ASI eksklusif di komunitas
Abstract
Background: Exclusive breastfeeding rates decrease from 40% in 2002/2003 to 32% in 2007 (IDHS). Mercy Corps Indonesia initiated community-based intervention called mother-to-mother support group (MSG) to increase knowledge and exclusive breastfeeding behavior. MSG is a semi-structured discussion which routinely held once every two weeks with 8 ? 10 pregnant or lactating mothers to share experience, ideas or information around breastfeeding. Discussion is facilitated by a person, called motivator, a lactating mother who was trained beforehand to facilitate a group. Objective: To study association MSG activity in increasing exclusive breastfeeding (24 hour recall). Method: This cross-sectional design use a secondary data from Knowledge Practice Coverage Healthy Start Yogyakarta Survey in 2009 & 2010 in Banguntapan villages, Banguntapan subdistrict, Bantul district Yogyakarta. Data collected in June 2009 (before program) and May 2010 (after program) on a same source population; 25 exposed hamlets; where there are MSG set-up and 25 non-exposed hamlets; where there are no set up of MSG. Subjects are lactating mothers with 0 ? 6 months children. Result: There are 57 mothers who live in exposed hamlet and actively participate in MSG from total 636 subjects after program. Subjects who participate in MSG meeting more than 3 times have almost twice chance to exclusively breastfeed (PORadj=1.87; CI95% 1.02 ? 3.43) (p value 0.044) after controlled by confounders: parity, work status and birthing method. Subjects who participate in MSG meetings 1 to 3 times do not give a significant result in increasing exclusive breastfeeding (PORadj=0.81; CI95% 0.33 ? 2.00) p value (0.638). Other results: Exclusive breastfeeding increment is higher in exposed hamlets (17%, p value <0.0005) compare to non-exposed hamlets (8.8%, p value 0.001). Proportions of exclusive breastfeeding in baby aged 0 ? 6 months are higher in exposed hamlets before and after program (1 month 56% VS 71.2%; 2 months 43.9% VS 59%; 3 months 39% VS 65.6%; 4 months 28.8% VS 60%; 5 months 32.6 VS 45%; 6 months 20.9% VS 28.6%) Conclusions: Mother-to-Mother Support Group activity increase exclusive breastfeeding behavior. A mother must at least participate 4 times within 6 months period to sustain exclusive breastfeeding practice. MSG is easy to replicate and must be supported as one of the strategy to increase exclusive breastfeeding behavior in community.
2012
T31004
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>