Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wahyu Nugroho
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social comparison dan citra tubuh pada mahasiswa. Pengukuran social comparison menggunakan alat ukur Body Comparison Scale milik Fisher, Dunn, & Thompsom (2002). Untuk pengukuran citra tubuh menggunakan alat ukur MBSRQ dari Thomas Cash (1989). Partisipan berjumlah 102 responden mahasiswa dengan rentang usia 18 sampai 29 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara social comparison dan citra tubuh pada mahasiswa. (r=0,121; p=0,210). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi data dasar dalam mengembangkan penelitian selanjutnya mengenai social comparison dan citra tubuh.

This research was conducted to find the correlation between social comparison and body image among college students. Social comparison was measured using instrument of Body Comparison Scale from Fisher, Dunn, & Thompsom (2002). Body image was measured using instrument of MBSRQ from Thomas Cash (1989). The participants of this research are 102 responden of college studets who have emerging adulthood ages, 18 until 29 years old (r=0,121; p=0,210). The main results of this study showed no significant relationship between social comparison and body image among college students. The results of this study are expected to be the basis of data in developing further research on social comparison and body image.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63799
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gianisha Mahardini
"Selfie merupakan sebuah fenomena kontemporer meskipun sejarahnya menyebutkan bahwa konsep selfie sudah terjadi bahkan sejak lebih dari 200 tahun yang lalu. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran aspek self melalui pola kecenderungan untuk membandingkan diri dengan orang lain (Gibbons & Buunk, 1999) dan motives of self-evaluation (Sedikides & Strube, 1997; Tesser, 2003) dari pelaku selfie yang berada di tiga tahap perkembangan berbeda. Penelitian ini melibatkan 154 responden yang menjawab survei dalam jaringan. Hasil penelitian menggambarkan adanya pola yang linier negatif antara usia perkembangan dengan skor frekuensi selfie dan social comparison orientation. Dorongan untuk menonjolkan diri ketika melakukan selfie tampak dominan pada kelompok remaja yang frekuensi selfienya berada di atas rata-rata total responden.

Selfie is rather a contemporary phenomenon yet its history says otherwise; that it‟s been established since almost more than 200 years ago. This study was conducted to describe the aspects of the selfie-doers‟ self through the trend of dispositional tendency to compare with other people (Gibbons & Buunk, 1999) and the motives of self-evaluation (Sedikides & Strube, 1997; Tesser, 2003). 154 respondents who answered to online survey were involved in this study. The results say that there‟s a negative linear trend between the developmental age and the selfie frequency, as well as between the developmental age and the social comparison orientation score. The self-enhancement motive is found dominant within the adolescence respondents whose selfie frequency is the highest among other groups."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S56938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhilah Eryananda
"Pemberian umpan balik dan social comparison erat kaitannya dalam menentukan performa akademik siswa di sekolah. Penelitian eksperimental di sebuah SMA Di Jakarta dilakukan untuk mengetahui jenis umpan balik, jenis social comparison mana yang paling mempengaruhi performa akademik dan apakah social comparison memoderasi efek dari perbedaan jenis umpan balik terhadap performa. Penelitian dilakukan pada anak SMA kelas X (N=102). Partisipan dibagi atas dua kondisi yaitu yang mendapat umpan balik deksriptif (berisi komentar berupa informasi tentang apa yang sudah sesuai dan belum sesuai, mengapa sudah sesuai, apa yang perlu ditambahkan agar sesuai) atau umpan balik evaluatif (komentar singkat apakah jawaban sudah atau belum tepat, serta poin dari jawaban tersebut). Siswa diminta mengerjakan ujian pelajaran kewarganegaraan dalam bentuk esai 5 soal, lalu diberikan umpan balik. Dari hasil ujian tersebut, partisipan yang mendapat nilai tinggi akan diberi tanda bintang dan melakukan downward comparison, dan yang tidak mendapat bintang akan melakukan upward comparison. Lalu, partisipan diminta merevisi ujian berdasarkan umpan balik yang diberikan.
Hasil penelitian menunjukkan partisipan yang mendapat umpan balik deskriptif memiliki performa akademik yang signifikan lebih tinggi dibanding partisipan yang mendapat umpan balik evaluatif dengan F (102) = 30,645, p"<.05, begitu juga dengan siswa yang melakukan upward comparison dengan F (102) ="11,648, p <.05. Namun, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari interaksi antara jenis umpan balik dan jenis social comparison terhadap performa akademik dengan F (102) = 0,181, p>.05. Selain itu, hasil penelitian ini menemukan bahwa jenis kelamin, rasa suka terhadap pelajaran Kewarganegaraan, dan nilai UAS di semester sebelumnya memiliki korelasi yang signifikan dengan performa akademik.

Feedback and social comparison closely related in determining student's academic performance at school. An experimental study in high school in Jakarta was conducted to determine the type of feedback, the kind of social comparison which most effect on academic performance and whether social comparison moderating the effects of different types of feedback on performance. The study was conducted on first grader (N""= 102). Participants were divided into two conditions; participants received descriptive feedback (content an information about which one is correct and incorrect, why it is correct, what needs to be added to make it correct) or evaluative feedback (comments whether the answer is correct or not, as well as the points of the answer). Participants will be asked to take an essay test about Citizenship, and given feedback. From the results of the test, participants who get high scores will be marked with a star and do downward comparison and student who did not get the star will do upward comparison. Then, participants will be asked to revise the exam based on the feedback given.
As a result, participants who receive descriptive feedback perform at a significantly higher than participants who receive evaluative feedback F (102) = 30.645, p <.05, as well as students who perform upward comparison F (102) = 11.648, p <.05. However, no significant effect interaction between the type of feedback and the kind of social comparison on academic performance F (102) = 0.181, p >.05. In addition, the results of the study found that gender, interest towards Citizenship lessons, and the results of UAS in the previous semester are significantly correlated with academic performance.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S64283
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Fadlin Ananta
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara social comparison dan motivasi berprestasi pada mahasiswa di Indonesia. Partisipan penelitian ini adalah 488 mahasiswa program sarjana dan diploma dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Social comparison diukur dengan menggunakan INCOM oleh Gibbons dan Buunk (1999). Motivasi berprestasi diukur dengan menggunakan AMS-R oleh Lang dan Fries (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social comparison dimensi ability tidak berkorelasi secara signifikan dengan motivasi berprestasi dimensi hope of success, namun berkorelasi secara positif dan signifikan dengan dimensi fear of failure. Social comparison dimensi opinion berkorelasi secara positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi dimensi hope of success dan dimensi fear of failure. Dari hasil tersebut, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan untuk melihat pengaruh antara kedua variabel itu.

This study was conducted to investigate the correlation between social comparison and achievement motivation among college students. The participants were 488 undergraduate and diploma students from various universities in Indonesia. Social comparison was measured by INCOM, constructed by Gibbons and Buunk (1999). Achievement motivation was measured by AMS-R, constructed by Lang and Fries (2006). The results show that social comparison?s ability dimension is not significantly correlated with hope of success dimension of achievement motivation, but positively and significantly correlated with the fear of failure dimension. Social comparison's opinion dimension is positively and significantly correlated with achievement motivation's hope of success dimension and fear of failure dimension. Based on these findings, further research is suggested to find the effect between these two variables.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63429
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Delia
"Menjadi mahasiswa di perguruan tinggi terbaik di Indonesia merupakan suatu tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Demotivasi misalnya, tidak dapat dihindarkan ketika menjadi mahasiswa karena melihat sesama teman perkuliahan yang memiliki prestasi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan antara academic social comparison dan rasa bersyukur pada mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengukuran variabel dalam menggunakan alat ukur Social Comparison menggunakan Iowa-Netherland Comparison Orientation (INCOM) Scale oleh Gibbons & Buunk (1999) yang sudah diadaptasi ke dalam konteks akademis dan alat ukur rasa bersyukur menggunakan Gratitude-Questionnaire-6 item (GQ-6) oleh McCullough, Emmons, dan Tsang (2002). Terdapat 305 responden yang terdiri atas mahasiswa UI. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang tidak signifikan antara academic social comparison dan rasa bersyukur pada mahasiswa UI.

Being a student in the best university in Indonesia become a challenge for some people. Demotivated can not be avoided when you are a college student at Univesitas Indonesia (UI) because of seeing other fellow students who had a better performance. The purpose of this study was to investigate the correlation between academic social comparison and gratitude among college students in UI. This research was a quantitative research. Academic social comparison was measured by Iowa-Netherland Comparison Orientation (INCOM) Scale constructed by Gibbons & Buunk (1999) that has been adapted to academic context. Gratitude was measured by Gratitude Questionnaire 6 items (GQ-6) constructed by McCullough, Emmons, & Tsang (2002). There were 305 respondents that consist of UI's students. The result of the study show that there is no significant correlation between academic social comparison and gratitude among college students in Universitas Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63051
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karima Septiani Kristyaningsih
"Unggahan media sosial mengenai kegiatan magang atau bekerja sebelum lulus yang dianggap rewarding dapat berujung pada fenomena fear of missing out (FoMO) pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran social comparison orientation (SCO) sebagai mediator dalam hubungan antara self-esteem dan FoMO pada mahasiswa pencari lowongan magang dan kerja. Pada penelitian sebelumnya, FoMO cenderung dirasakan oleh individu yang memiliki self-esteem rendah dan SCO yang tinggi. Di saat yang sama, individu dengan SCO tinggi diketahui memiliki karakteristik self-esteem yang rendah. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah RSES (Rosenberg, 1965), FoMO (Crumby dkk., 2019), dan INCOM Scale (Gibbons & Buunk, 1999). Data diambil dari 112 mahasiswa aktif yang sedang tidak mengikuti kegiatan magang/bekerja dan sedang mencari lowongan magang/pekerjaan. Hasil analisis PROCESS Macro simple mediation (Model 4) menunjukkan bahwa SCO secara penuh memediasi hubungan antara self-esteem dan FoMO (B = -0,589, 95%CI [-0,941/-0,238], p = 0,001). Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pencari lowongan magang/pekerjaan yang memiliki self-esteem rendah lebih mungkin untuk mengalami FoMO karena kecenderungannya untuk membandingkan diri dengan orang lain.

Social media uploads regarding internship or work activities before graduation which considered to be rewarding may lead to the Fear of Missing Out (FoMO) phenomenon among undergraduate students. This study aims to examine the role of Social Comparison Orientation (SCO) on the relationship between self-esteem and Fear of Missing Out (FoMO) on internship and job-seeking undergraduate students. In previous research, FoMO tended to be experienced by individuals with lower self-esteem and higher SCO. At the same time, individuals with higher SCO are known to be characterized by having lower self-esteem. The measuring instruments used in this study are RSES (Rosenberg, 1965), FoMO (Crumby et al., 2019), and INCOM Scale (Gibbons & Buunk, 1999). Data were collected from 112 active undergraduate students who were not participating in internship/work activities and were looking for internship/job vacancies. The result of PROCESS Macro Simple Mediation (Model 4) showed that SCO fully mediated the relationship between self-esteem and FoMO (B = -0,589, 95%CI [-0,941/-0,238], p = 0,001). This study provides evidence that internship and job-seeking undergraduate students with lower self-esteem are more likely to experience FoMO due to their tendency to compare themselves with others."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Larissa Dewi
"

Social comparison dalam bidang akademik mengacu pada kecenderungan individu untuk membandingkan kinerja akademik, kemampuan, atau prestasi mereka dengan rekan-rekannya dalam lingkungan akademik. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa social comparison dikaitkan dengan dampak negatif yang memengaruhi psychological well-being. Namun, temuan lain menunjukkan bahwa social comparison juga dapat menjadi faktor protektif. Memahami faktor protektif dan faktor risiko yang memengaruhi psychological well-being menjadi penting untuk mendukung kesejahteraan psikologis mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran social comparison dalam konteks akademik terhadap psychological well-being serta mengidentifikasi dimensi apakah yang paling berperan terhadap psychological well-being mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini melibatkan 152 partisipan mahasiswa dengan rentang usia 20-25 tahun, dari universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Alat ukur yang digunakan adalah Ryff’s Psychological Well-Being Scale (RPWB) dan Academic Social Comparison Scale (ASCS). Hasil menunjukkan social comparison berkontribusi sebesar 16,1% terhadap psychological well-being mahasiswa. Dimensi yang paling berperan terhadap psychological well-being mahasiswa adalah dimensi downward comparison dan upward comparison. Penelitian ini memberikan masukan kepada penelitian selanjutnya untuk lebih mendalami faktor-faktor lainnya yang memengaruhi psychological well-being pada tingkat pendidikan tinggi.

 

Social comparison in the academic setting to the tendency of individuals to compare their academic performance, abilities, or achievements with those of their peers within an academic setting. Previous research has shown that social comparison is associated with negative impacts on psychological well-being. However, other findings suggest that social comparison can also serve as a protective factor. Understanding the protective and risk factors influencing psychological well-being is crucial to supporting the psychological welfare of students. Therefore, the aim of this study is to examine the role of social comparison in the academic context on psychological well-being and to identify which dimensions most significantly affect the psychological well-being of students working on their theses. This study is quantitative research with a correlational design. It involves 152 student participants, aged between 20 and 25 years, from both public and private universities in Indonesia. The measurement tools used are the Ryff’s Psychological Well-Being Scale (RPWB) and the Academic Social Comparison Scale (ASCS). The results indicate that social comparison contributes 16.1% to the psychological well-being of students. The dimensions that play the most significant role in students' psychological well-being are downward comparison and upward comparison. This study suggests that future research should further explore other factors that influence psychological well-being in higher education settings

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beatrice Christjia
"Penelitian terdahulu menemukan bahwa mahasiswa akhir memiliki kecemasan tinggi karena mementingkan pencapaian akademik yang menunjang karir ke depannya. Posselt et al. (2016) juga menemukan bahwa berada pada lingkungan dengan kemampuan tinggi membuat individu lebih cemas dibandingkan berada di lingkungan dengan kemampuan beragam. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk melihat hubungan positif antara perbandingan sosial dan kecemasan akademik pada mahasiswa akhir di tiga perguruan tinggi terbaik Indonesia. Partisipan penelitian berjumlah 165 mahasiswa semester 7 hingga 14. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara perbandingan sosial dan kecemasan akademik mahasiswa akhir di UI, ITB, dan UGM (rs(165)=0.397,p<0.01,one-tailed). Mahasiswa diharapkan untuk fokus pada hal positif dari diri sendiri dan keadaan ketika melakukan perbandingan sosial.

Research has found that final-year students have high academic anxiety because they prioritizes academic achievements that support their future career development. Posselt et al. (2016) has also found that when students are in high-ability environment will be more anxious than in mixed-ability environment. Therefore, the research aims to see relationship between social comparison and academic anxiety in final students in top three Indonesian universities. This research’s participants are 165 students from 7 to 14 semesters. Recent research found that there were positive and significant relationship between social comparison and academic anxiety in final-year students of top three Indonesian universities (rs(165)=0.397, p<0.01, one-tailed). Students are expected to focus on the positive side of self and situation in social comparison."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Mutia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Social Comparison, Self Presentation, Constraints, Travel Envy Terhadap Intention To Visit Destination. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan teknik snowball sampling dengan menggunakan googleforms. Kuesioner dibuat secara online pada link berikut: http://bit.ly/risettravelenvy Kemudian tautan kuesioner ini disebarkan melalui berbagai aplikasi instant messaging seperti LINE, WhatsApp, dan Instagram Message. Total kuesioner yang tersebar dan terkumpul adalah sejumlah 229 dengan jumlah responden yang lolos dalam kualifikasi sejumlah 229 responden. Sampel penelitian yang telah terkumpul sebanyak 229 tersebut merupakan representatif dari pengguna Social Network Site Instagram terdiri dari jenis kelamin pria sebanyak 103 (44,7%) dan wanita sebanyak 126 (55,3%). Metode statistik menggunakan Structural Equation Model dengan software AMOS 24.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima dan berpengaruh signifikan, hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Nick Hajli, Yichuan Wang, Mina Tajvidi (2018).

This study aims to determine the relationship of Social Comparison, Self Presentation, Constraints, Travel Envy to Intention to Visit Destination. Data collection was done by questionnaire distributed using the snowball sampling technique using googleforms. The questionnaire was made online at the following link: http://bit.ly/risettravelenvy Then the link to this questionnaire was disseminated through various instant messaging applications such as LINE, WhatsApp, and Instagram Message. Total questionnaires spread and collected were 229 with the number of respondents who passed the qualifications of 229 respondents. 229 research samples that have been collected are representative of Instagram Social Network Site users consisting of 103 (44.7%) male and 126 (55.3%) women. The statistical method uses the Structural Equation Model with AMOS 24.0 software. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted and have a significant effect, this is in line with previous research conducted by Nick Hajli, Yichuan Wang, Mina Tajvidi (2018)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moudy Dianviera
"Wanita muda adalah pengguna media sosial yang aktif. Dengan ketergantungan mereka pada media soaial, perlu
dimengerti bagaimana media sosial dapat mempengaruhi persepsi tentang citra tubuh diantara mereka. Citra tubuh
adalah bagaimana kita secara mental “melihat” tubuh kita dan memiliki persepi dan sikap. Dengan meningkatnya
ketidakpuasan tubuh di kalangan wanita muda, penting untuk mengetahui akar masalahnya. Ruang lingkup utama
makalah ini adalah untuk menyelidiki proses yang mendasari antara penggunaan media sosial dan masalah citra
tubuh. Makalah ini akan memanfaatkan metode tinjauan pustaka sistematis dengan mengumpulkan beberapa jurnal
terkait secara purposive. Berdasarkan temuan artikel ini, peneliti meyakini bahwa Instagram adalah platform
terkuat yang berkontribusi pada citra tubuh remaja putri. Namun demikian, budaya, televisi, orang tua, teman
sebaya, dan berbagai platform media sosial juga secara signifikan memengaruhi perhatian terhadap citra tubuh
baik secara negative maupun positif.

Young women are active social media users. With their reliance on social media, it is necessary to understand
ways that social media can influence perceptions of body image among them. Body image is how we mentally
“see” our bodies and has both perceptual and attitudinal. With the rise of body dissatisfaction among young
women, it is important to know the roots of the problem. The main scoping of this paper is to investigate the
underlying processes between social media use and body image concerns. This paper will utilize the systematic
literature review method by conducting several related journals purposively. Based upon the findings of this article,
Researchers believed that Instagram is the most powerful platforms that contributes on young women’s body
image. Nevertheless, culture, televisions, parents, peers, and various social media platforms also significantly
influence body image concerns in both negative and positive ways.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>