Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iqbal Mohammad
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang terjadi antara learning organization terhadap kinerja pegawai dengan employee engagement sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari data sekunder dan survei yang dilakukan pada 83 pegawai Ground Handling PT. Gapura Angkasa dengan menggunakan metode non-probablity sampling dengan metode accidental. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan causal step dan sobel test untuk menguji pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung diantara variabel-variabel utama. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa learning organization mempunyai pengaruh pada kinerja pegawai secara signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya indikasi bahwa learning organization dapat mempengaruhi employee engagement, disisi lain employee engagement juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Hasil analisis penelitian ini juga mengindikasikan bahwa learning organization secara tidak langsung mempengaruhi kinerja pegawai dengan employee engagement sebagai variabel Intervening.


Aims of this study is to analyze the effect between learning organizations on employee performance with employee engagement as a intervening variable. This study uses a quantitative approach. The data obtained from secondary data and surveys conducted on 83 Ground Handling employees of PT. Gapura Angkasa using non-probablity sampling, with the accidental method. This study uses regression analysis with causal step and sobel test to examine the direct and indirect effect between the main variables. The results indicate that the learning organization has a significant influence on employee performance. The results of this study also indicate that there is an indication that learning organizations can affect employee engagement, on the other hand employee engagement can also affect employee performance. the analysis of this study also indicate that learning organizations indirectly affect employee performance with employee engagement as a Intervening variable.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqa Akbar Romdloni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude toward behavior, social norm dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur entrepreneurial intention adalah theory of planned behavior, Ajzen 1991. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei penyebaran kuesioner untuk memperoleh data, penarikan sampel sendiri menggunakan teknik total sampling, adapun sampel yang terkumpul adalah sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada dua variabel independennya yaitu attitude toward behavior dan perceived behavioral control terhadap entrepreneurial intention, namun social norm tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap entrepreneurial intention pada founder dan co-founder startup inkubasi DIIB UI.

ABSTRACT
This study aims to analyze the influences of attitude toward behavior, social norm and perceived behavioral control on entrepreneurial intention of DIIB UI s incubated startup founder and co-founder. This study used theory of planned behavior, Ajzen 1991 to measure the intention. This study used a quantitative approach by using survey method, in obtaining data, this study used a structured questionnaire. Total sampling is used for determining the sample number. The sample collected on this study were 60 respondents. The results of this study indicate that there is a significant influence among two independent variables, that is attitude toward behavior and perceived behavioral control toward entrepreneurial intention, while social norm did not have a significant influences on incubated startups founder and co-founder in DIIB UI entrepreneurial intention.>i/>
"
Depok: Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evie Oktafia
"Motivasi usaha terbagi menjadi tiga faktor yaitu mix motivation, predominantly opportunity motivation, dan necessity motivation. Pelaku usaha di negara berkembang cenderung memiliki motivasi mix motivation. Motivasi mempengaruhi pertumbuhan jumlah usaha yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta terkhususnya Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, mengetahui faktor motivasi usaha menggunakan Exploratory Factorial Analysis; mengetahui tingkat motivasi usaha indigenous enterprise di Kabupaten Gunungkidul; dan menganalisis pengaruh motivasi usaha terhadap pertumbuhan usaha menggunakan regresi linear sederhana. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data mixed method. Secara kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan secara kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam sebagai informasi pendukung hasil data kuantitatif. Responden merupakan indigenous enterprise yang merupakan pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada sub sektor craft kriya dan fesyen sehingga sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa faktor motivasi usaha indigenous enterprise di Kabupaten Gunungkidul adalah mix motivation. Tingkat motivasi usaha indigenous enterprise adalah rendah dan terdapat pengaruh antara motivasi usaha terhadap pertumbuhan usaha pada indigenous enterprise di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini membuktikan bahwa indigenous enterprise juga memiliki mix motivation dan diperkuat dengan tiga kategori pengusaha yang ada di Kabupaten Gunungkidul yaitu berdasarkan warisan, berdasarkan lingkungan, dan berdasarkan hasil pelatihan dinas terkait."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Sari
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis pengaruh kepuasan gaji dan budaya organisasi terhadap intensi keluar karyawan Bank DKI KC Depok. Dimensi dari kepuasan gaji mengacu pada teori Heneman dan Schwab 1985 yang terdiri dari tingkat gaji, kenaikan gaji, tunjangan dan struktur/administrasi penggajian dengan total 18-item pertanyaan. Dimensi budaya organisasi mengacu pada budaya kerja Bank DKI yang terdiri dari profesional, integritas dan customer focus dengan total 9-item pertanyaan. Dimensi intensi keluar mengacu pada teori Mobley et., al 1977 yang terdiri dari niat keluar dan niat untuk mencari pekerjaan lain dengan total 3-item pertanyaan. Teknik pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada setiap karyawan Bank DKI KC Depok yang berjumlah 35 orang responden total sampling . Hasil penelitian melalui uij parsial menunjukkan bahwa variabel kepuasan gaji mempengaruhi intensi keluar dan memiliki arah hubungan yang negatif terhadap intensi keluar sehingga apabila nilai kepuasan gaji semakin besar maka nilai intensi keluar semakin kecil dan sebaliknya. Uji parsial budaya organisasi menunjukkan bahwa adanya pengaruh budaya organisasi terhadap intensi keluar. Kepuasan gaji dan budaya organisasi secara simultan mempengaruhi intensi keluar dengan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,494 sehingga mengindikasikan bahwa 49,4 variabel intensi keluar dijelaskan oleh variabel kepuasan gaji dan variabel budaya organisasi.

ABSTRACT
This study analyzed the influence of pay satisfaction and organizational culture on employee turnover intention of Bank DKI Branch Depok. Pay satisfaction refers to the theory of Heneman and Schwab 1985 which consists of pay level, pay raise, benefits and pay structure administration. Dimensions of organizational culture refers to the work culture of Bank DKI consists of professional, integrity and customer focus. Turnover intention refers to the theory of Mobley et., al consists of intent to leave and intent to search for another. The primary data is collected through questionnaire distributed to all of the employees of Bank DKI Branch Depok with total of 35 respondents total sampling . Results through partial test shows that pay satisfaction influenced turnover intention and there is negative relationship which can be interpreted that if the value of pay satisfaction greater than the value of turnover intention is smaller and vice versa. The partial test of organizational culture shows that organizational culture influences turnover intention. Pay satisfaction and organizational culture influence turnover intention in simultaneously way with the value of coefficient determination R Square is 0.494 which indicates that 49.4 of turnover intention variable can be explained by the variable of pay satisfaction and organizational culture. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Aini Hidayah
"Penelitian ini menganalisis pengaruh Digital Leadership Capability terhadap Employee Innovation Performance dengan mediasi Digital Platform Capability pada perusahaan teknologi di Daerah Khusus Jakarta. Dengan metode kuantitatif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM), data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan tetap yang menggunakan platform digital dalam pekerjaan mereka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuantitatif melalui kuesioner terstruktur, dan teknik penarikan sampel menggunakan metode non-probabilitas purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 192 orang. Hasil menunjukkan bahwa Digital Leadership Capability memiliki pengaruh signifikan terhadap Employee Innovation Performance, baik secara langsung maupun melalui mediasi Digital Platform Capability. Temuan ini menegaskan bahwa pengembangan kepemimpinan digital yang efektif dapat mendorong kolaborasi digital, meningkatkan keterampilan karyawan, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung inovasi yang lebih cepat dan efisien di era transformasi digital.

This study analyzes the influence of Digital Leadership Capability on Employee Innovation Performance with the mediation of Digital Platform Capability in technology companies located in Daerah Khusus Jakarta. Using a quantitative method and Structural Equation Modeling (SEM) analysis, data were collected through the distribution of questionnaires to permanent employees who utilize digital platforms in their work. Data collection was conducted quantitatively using structured questionnaires, and the sampling technique employed was non-probability purposive sampling. The study involved a total of 192 respondents. The results show that Digital Leadership Capability has a significant influence on Employee Innovation Performance, both directly and through the mediation of Digital Platform Capability. These findings emphasize that effective digital leadership development can promote digital collaboration, enhance employee skills, and create a work environment that supports faster and more efficient innovation in the era of digital transformation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theresia Myra Saviera
"Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengukuran keberlanjutan pariwisata indigenous menggunakan importance-performance analysis dari perspektif penduduk. Pariwisata indigenous berkelanjutan menjadi dimensi yang dibingkai melalui konsep inisiatif pariwisata indigenous serta desa wisata dalam mendaya gunakan kewirausahaan sosial, komunitas indigenous serta inisiatif pariwisata indigenous dan konsep bottom of pyramid menuju keberlanjutan. Penelitian ini mengkaji tiga dimensi keberlanjutan (triple bottom line) yakni lingkungan, sosial-budaya, dan ekonomi secara umum sebagai kerangka kerja menggunakan pendekatan kuantitatif berupa kuesioner sebagai instrumen penelitian serta wawancara mendalam. Sampel penelitian ini merupakan Penduduk Desa Wisata Nglanggeran yang terlibat dalam sektor pariwisata dan ditarik menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode importance performance analysis dapat mengidentifikasi aktivitas pariwisata indigenous yang membutuhkan perbaikan kinerja agar Desa Wisata Nglanggeran dapat berkelanjutan. Kemudian, penelitian ini juga menyajikan penjelasan kesenjangan antara importance dan performance pada beberapa inisiatif aktivitas pariwisata indigenous serta memberikan rekomendasi berdasarkan observasi di lapangan, proses pengumpulan data dan analisis peneliti.

This study aims to explain the measurement of indigenous tourism sustainability using importance-performance analysis from the residents’ perspectives. Sustainable indigenous tourism used as uni-dimension that frames the concepts of indigenous tourism initiatives and tourist villages to empower social entrepreneurs, indigenous community and the initiatives towards sustainable tourism while also using bottom of the pyramid concept. This study also uses three dimensions of sustainability (triple bottom line) generally as the framework. Using the quantitative approach through the questionnaire as a research instrument and in- depth interview, the sample of this research is Villagers of Desa Wisata Nglanggeran who involved in the tourism sector collected using purposive sampling. The result of this research shows that the usage of importance- performance analysis method able to identify which indigenous tourism activities that require betterment for Desa Wisata Nglanggeran towards sustainability. The second result of this research also shows the gap of the importance and performance from the initiatives of indigenous tourism activities, also proposing recommendations based on the field observation, data gathering process, and researcher’s analysis."
Depok: 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Putri Kusuma
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh orientasi pasar perusahaan terhadap kinerja tenaga penjual. Penelitian ini berfokus pada tenaga penjual pada perusahaan PT Asuransi Jiwa X. Responden pada penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 168 responden yang dikumpulkan dengan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS ver 24 menggunakan metode simple regression analysis, multiple regression analysis, dan menggunakan sobel test. Hasil penelitian menemukan bahwa sales agents performance dipengaruhi secara positif oleh market orientation dan dapat diketahui bahwa sales agents customer orientation memediasi secara parsial antara pengaruh market orientation terhadap sales agents performance.

This Study Aims To Analyze At The Effect Of Corporate Market Orientation On The Performance Of Agent. This Study Focuses On Sales Agent At The PT Life Insurance X. Respondents In This Study Were Conducted With A Total Sample Of 168 Respondents Collected By Non-Probability Sampling Method. Data Collected In This Study Were Processed With The Application Of SPSS Ver 24 Using Simple Regression Analysis, Multiple Regression Analysis, And Using Sobel Tests. The Results Found That Agents Performance Is Positively Influenced By Market Orientation And It Can Be Seen That Agents Customer Orientation Partially Mediates Between The Influence Of Market Orientation On Sales Agents Performance.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Sumarni Apriliani
"Penelitian ini bertujuan untuk memberi penjelasan hasil analisis pengaruh modal psikologis terhadap kebahagiaan di tempat kerja melalui flow experience sebagai variabel mediasi. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dan data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara daring kepada responden. Sampel yang diambil adalah pekerja kantoran/white-collar workers di wilayah Jakarta dan Depok yang telah bekerja minimal selama satu tahun sehingga pekerja lebih mengetahui kondisi tempat kerjanya dan mampu menjawab pertanyaan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling, lalu didapatkan responden sebanyak 119 orang. Mengambil banyak teori utama dari psikologi positif terkait variabel yang diambil, didapatkan hasil temuan bahwa terdapat pengaruh modal psikologis terhadap kebahagiaan di tempat kerja dengan flow experience yang memediasi secara parsial. Selain melalui variabel mediasi, hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh simultan dan parsial dari modal psikologis dan flow experience terhadap kebahagiaan di tempat kerja. Perlu diperhatikan bahwa penelitian ini mengasumsikan kedua wilayah tersebut memiliki karakteristik yang sama sehingga tidak dilihat perbedaannya

This study aims to provide an analysis of the effect of psychological capital on happiness at workplace through flow experience as a mediating variable. Quantitative methods were used in this study and primary data was obtained through online questionnaires. The samples taken are white-collar workers in Jakarta and Depok who have worked for at least one year so that workers know more about the conditions of their workplaces and are able to answer the questions. The sampling technique used was convenience sampling, and then obtained 119 respondents. Taking many of the main theories from positive psychology related to the variables taken, it is found that there is an effect of psychological capital on happiness at workplace with flow experience that mediates it partially. Apart from mediating variables, the results of the study also show a simultaneous and partial effect of psychological capital and flow experience on happiness at workplace. It should be noted that this study assumes that the two regions have the same characteristics so that there are no differences"
Depok: Fakultas Ilmu Admnistrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Yuliana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived organizational support terhadap turnover intention pada karyawan PT Waskita Karya Persero Tbk. di kantor pusat. Variabel perceived organizational support diukur berdasarkan teori Rhoades, Eisenberger, dan Armeli, yang terdiri dari 3 dimensi yaitu Fair Organizational Procedures, Supervisor Support, dan Favorable Rewards Job Conditions, ketiga dimensi diturunkan ke dalam 36 indikator. Sedangkan variabel turnover intention diukur berdasarkan teori Mobley, Horner, dan Hollinsworth, dengan 6 dimensi dan diturunkan menjadi 12 indikator, dimensi-dimensi tersebut yaitu Thought of Quitting, Evaluation of Expected Utility of Search, Intention to Search, Search, Evaluation of Alternatives, Dan Intention to Quit.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Responden pada penelitian ini sebanyak 162 karyawan tetap PT Waskita Karya Persero Tbk. kantor pusat yang telah bekerja minimal satu tahun. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perceived organizational support memiliki pengaruh yang negatif dengan tingkatan sedang terhadap turnover intention karyawan PT Waskita Karya Persero Tbk.

This research aims to analyze the effect of perceived organizational support on turnover intention on employees of PT Waskita Karya Persero Tbk. The perceived organizational support variables measured by using concept from Rhoades, Eisenberger, and Armeli, which consisted of 3 dimensions Fair Organizational Procedures, Supervisor Support, and Favorable Rewards Job Conditions, all three dimensions were downgraded to 36 indicators. Meanwhile, the turnover intention variables are measured based on Mobley, Horner, and Hollinsworth theories, with 6 dimensions, the dimensions are Thought of Quitting, Evaluation of Expected Utility of Search, Intention to Search, Search, Evaluation of Alternatives, and Intention to Quit.
This research uses quantitative method by using questionnaire as a research instrument. Respondents in this research was 162 permanent employees of PT Waskita Karya Persero Tbk. head office that have worked for at least one year. The data of this study were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results of this study indicate that perceived organizational support has a negative effect with the level of moderate to employees turnover intention at PT Waskita Karya Persero Tbk.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Firdaus Bandu
"

 

Tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi elemen penting bagi perusahaan terkait employer branding. Dampak dari employer branding (EB) perusahaan bergantung pada bagaimana penerima informasi menafsirkan pesan atau impresi yang perusahaan lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap generasi millennial sebagai pencari kerja terkait kegiatan CSR terhadap daya tarik organisasi berbasis CSR. Peneliti melakukan studi empiris di Indonesia, mengumpulkan data dari sampel millennials yang berasal dari tiga universitas ternama. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS, kemudian di analisis menggunakan model regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap generasi millennial terkait Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh terhadap Employer Attractiveness berbasis Corporate Social Responsibility.


 

Corporate social responsibility has become an important element for companies related to employer branding. The impact of a company's employer branding depends on how the recipient of the information interprets the message or impression from the company. The aim of this research is to examine how millennial job seekers’ attitudes toward CSR influence CSR-based employer attractiveness (EA). This research conducted an empirical study in Indonesia, collecting data from Millennials who came from the top three universities. The data processed using SPSS, then analyzed using regression model. The results indicates that the attitude of the millennial generation has an impact on CSR-based employer attractiveness.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>