Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zalva Putri Naildy
Abstrak :
Saat ini, para peneliti memiliki perhatian khusus pada media sosial karena media sosial tidak hanya sebagai alat komunikasi bagi penggunanya. Media sosial telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran, yang membawa pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial yang digunakan oleh Somethinc terhadap ekuitas merek dan respon pelanggan, berdasarkan aktivitas pemasaran mereka di Instagram. Dengan tiga variabel: Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Respons Pelanggan, dan Ekuitas Merek, kuesioner tertutup dibuat untuk responden dengan latar belakang berbeda untuk menjawab tiga hipotesis dalam penelitian ini. Survei dilakukan dengan menanyai 170 orang dari berbagai latar belakang, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, profesi, dan domisili. Kemudian, tanggapan tersebut diolah dan dianalisis dengan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran media sosial Somethinc secara signifikan memiliki pengaruh pada ekuitas merek dan respons pelanggan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan efek mediasi dari variabel ekuitas merek terhadap hubungan antara aktivitas pemasaran media sosial dan respons pelanggan terhadap pengguna produk kecantikan Somethinc di DKI Jakarta. ......Many researchers are currently paying attention on the concept of social media since social media is not only a communication tool for its users. Social media has become an essential part of the marketing strategy of business activities, leading to a significant influence on consumers' purchase intentions. This research aims to determine the effect of social media marketing used by Somethinc on brand equity and customer response, based on their marketing activities on Instagram. With three variables: Social Media Marketing Activities, Customer Responses, and Brand Equity, a closed questionnaire was created for the participants with different backgrounds to answer three hypotheses in this study. A survey was conducted by questioning 170 people from different backgrounds, such as gender, age, educational level, profession, and domicile. Then, the responses were processed and analyzed with statistical analyses. The findings deduced that Somethinc's social media marketing activities positively and significantly impact brand equity and customer response. In addition, the study results also show a mediating effect of the brand equity variable on the relationship between social media marketing activities and customer responses to Somethinc beauty product users in the DKI Jakarta.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adjani Prasanna Sulaeman
Abstrak :
Sebagai langkah menghadapi kondisi kompetitif internasional, dibutuhkan peran pembaharuan strategi bagi seluruh pihak supaya mampu bertahan di tengah persaingan global. Strategi yang dimanfaatkan juga harus mengarah kepada nilai tambah perusahaan, salah satunya berupa inovasi baru oleh perusahaan dalam mengembangkan produk maupun jasa yang ditawarkan. Inovasi ini mampu memberikan keunggulan dalam kondisi bisnis perusahaan demi kelangsungan hidup usaha supaya mampu berkembang baik untuk perusahaan sendiri, ekonomi nasional, maupun menghadapi arus bisnis dunia yang kian kompetitif. Dalam kondisi terburuk perusahaan, inovasi terbuka mampu mengakomodasi perusahaan dalam menghasilkan strategi terbaru sebagai langkah menyelesaikan masalah yang esensial seraya menciptakan reputasi yang baik. Kekayaan perusahaan, penghasilan atas investasi, serta dampak yang tidak diinginkan yang berasal dari inovasi terbuka yang dialami merupakan celah perusahaan untuk melaksanakan revolusi organisasi. PT Grab Indonesia adalah salah satu perusahaan yang memiliki banyak inovasi dimana inovasi-inovasi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan minat masyarakat. Terdapat beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh PT Grab Indonesia, namun masih ada beberapa inovasi yang harus dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui bagaimana tingkat pelaksanaan dari segi teknologi eksplorasi dan bagaimana tingkat pelaksanaan dari segi eksploitasi yang dapat dilakukan oleh PT Grab Indonesia untuk melakukan open inovasi. Metode penelitian ini telah menggunakan dua teknik yaitu penyebaran kuesioner serta didukung oleh wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari segi technology exploration itu masih belum dijalankan dengan baik oleh PT Grab Indonesia, sedangkan kalau dari segi technology exploitation itu tentunya sudah dijalankan dengan baik oleh PT Grab Indonesia. ......As a step to face international competitive conditions, the role of strategy renewal is needed for all parties so that they are able to survive in the midst of global competition. The strategy used must also lead to added value for the company, one of which is in the form of new innovations by the company in developing the products and services offered. This innovation is able to provide superiority in the company's business conditions for the survival of the business so that it is able to develop both for the company itself, the national economy, and to face increasingly competitive world business flows. In the worst conditions of the company, open innovation is able to accommodate companies in producing new strategies as a step to solve essential problems while creating a good reputation. The company's wealth, return on investment, and the unwanted impact that comes from open innovation that is experienced is a gap for companies to carry out organizational revolution. PT Grab Indonesia is a company that has many innovations where innovations are made to meet community needs and community interests. There are several innovations that have been made by PT Grab Indonesia, but there are still some innovations that must be done. The purpose of this research is to find out the level of implementation in terms of exploration technology and the level of implementation in terms of exploitation that can be carried out by PT Grab Indonesia to carry out open innovation. This research method has used two techniques, namely distributing questionnaires and supported by in-depth interviews. The results of the study show that in terms of technology exploration, PT Grab Indonesia has not implemented it well, while in terms of technology exploitation, it has been carried out by PT Grab Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Nabila
Abstrak :
Pandemi COVID-19 mengharuskan perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work from Home (WfH) untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Hal ini berdampak pada tingkat keterikatan karyawan pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kepribadian dengan menggunakan Big 5 Personality Traits dan Honesty-humility yang dimoderasi dengan variabel kepemimpinan otentik terhadap tingkat keterikatan pegawai ditempat kerja mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen e-kuesioner (Google Form) dan disebarluaskan kepada pegawai fungsional di kantor pusat BUMN Jasa Survei. Teknik pengambilan sampel berupa nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jumlah 159 pegawai tetap fungsional di Kantor Pusat BUMN Jasa Survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel personality trait dengan variabel employee engagement serta menunjukan bahwa Variabel authentic leadership dapat memoderasi hubungan antara variabel personality trait dengan variabel employee engagement. Studi ini merekomendasikan agar perusahaan dapat mempertahankan tingkat kejujuran dan kerendahan hati pada pegawai fungsional dengan menciptakan lingkungan kinerja yang kondusif. Selain itu, pimpinan harus menjadi role model bagi para pegawai dan mendorong pegawai untuk berani menyuarakan pandangan mereka. ......The COVID-19 pandemic requires companies to implement a Work from Home (WFH) system to break the chain of the spread of the coronavirus. This study impacts the level of employee engagement with the company. This study aims to analyze the effect of personality variables using Big 5 Personality Traits and Honesty-humility moderated by authentic leadership variables on the level of employee engagement in their workplace. This study aims to analyze the effect of personality variables using Big 5 Personality Traits and Honesty-humility moderated by authentic leadership variables on the level of employee engagement in their workplace. This study uses a quantitative method with an e-questionnaire instrument (Google Form) and is distributed to functional employees at the head office of Survey State-Owned Enterprise (BUMN). The sampling technique was non-probability sampling with purposive sampling type with a total of 159 functional employees at the Head Office of the Survey State-Owned Enterprise (BUMN). The quantitative data collected were then analyzed using SPSS Software to perform regression analysis. The results of this study indicate that the personality trait has a positive relationship with employee engagement and the authentic leadership variable can moderate the relationship between the personality trait and the employee engagement. This study recommends that companies maintain a level of honesty and humility in functional employees by creating a conducive performance environment. In addition, leaders must be role models for employees and encourage employees to dare to voice their views.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sela Inike Natalia
Abstrak :
Pandemi COVID-19 berdampak signifikan pada sistem kerja yang mengubah praktik working from office (WFO) menjadi working from home (WFH). Untuk itu diperlukan karyawan yang terampil dalam menggunakan teknologi untuk menunjang aktivitas kerja. Namun, kondisi ini dapat berdampak pada prestasi kerja. Penelitian ini dan untuk menganalisis pengaruh kecemasan TIK dan kecanduan smartphone terhadap kinerja semua dosen tetap di Sekolah Administrasi Institut Nasional Administrasi Publik (NIPA) (Jakarta, Bandung, Makassar). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik sampling jenuh. Survei dilakukan terhadap 135 responden menggunakan kuesioner online dan dianalisis menggunakan PLS-SEM pada lima variabel: kecemasan TIK, kecanduan smartphone, gangguan, efikasi kerja, dan kinerja kerja, dengan tujuh hipotesis diuji. Studi tersebut menunjukkan bahwa kecemasan TIK secara positif mempengaruhi interupsi, interupsi secara negatif mempengaruhi kemanjuran dan kinerja pekerjaan. Sementara itu, efek kecemasan TIK terhadap efikasi kerja, efek kecanduan ponsel cerdas terhadap gangguan, dampak kecanduan ponsel cerdas terhadap efikasi kerja, dan efek efikasi kerja terhadap kinerja tidak terbukti. Oleh karena itu, rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk memfasilitasi berbagi pengetahuan terkait kompetensi TIK atau literasi. Selain itu, NIPA harus memperkuat jaminan keamanan pilihan teknologi terhadap hak intelektual dosen dan mengintegrasikan tuntutan kebutuhan TIK dengan prosedur administratif-teknis. ......COVID-19 pandemic significantly impacts the working system that shifts working from office (WFO) practice into working from home (WFH). It requires skilful employees in using technology to support work activities. However, this condition could impact job performance. This study aimed to analyze the effect of ICT anxiety and smartphone addiction on work performance for all permanent lecturers at the National Institute of Public Administration (NIPA) School of Administration (Jakarta, Bandung, Makassar). A quantitative method was used with a saturated sampling technique. The survey was conducted on 135 respondents using online questionnaires and analyzed using PLS-SEM on five variables: ICT anxiety, smartphone addiction, interruption, job efficacy, and job performance, with seven hypotheses tested. The study shows that ICT anxiety positively affects interruptions, interruption negatively affects job efficacy and performance. Meanwhile, the effects of ICT anxiety on job efficacy, smartphone addiction effects on interruption, the impact of smartphone addiction on job efficacy, and job efficacy effects on job performance are not proven. Therefore, the recommendation of this study is to facilitate the sharing of knowledge related to ICT competence or literacy. In addition, NIPA must strengthen the guarantee of the security of technology choices against lecturers' intellectual rights and integrate the demands of ICT needs with administrative-technical procedures.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marchia Nur Annisa
Abstrak :
Pariwisata merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pemasukan negara. Sejalan dengan hal tersebut, loyalitas wisatawan dalam kaitannya dengan mengunjungi kembali suatu destinasi wisata menjadi salah satu hal yang penting. Hal tersebut selanjutnya juga dipengaruhi oleh rasa cinta, hormat, dan puas akan pengalaman yang dimiliki. Demikian pula dengan destinasi wisata sejarah dan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tourism experience, lovemarks, dan brand satisfaction terhadap brand loyalty wisatawan DKI Jakarta yang pernah mengunjungi destinasi wisata berbasis sejarah dan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini berjenis eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 orang yang diperoleh melalui kuesioner online dengan metode non probabilita. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara tourism experience dan lovemarks, lovemarks dan brand satisfaction, lovemarks dan brand loyalty, serta brand satisfaction dan brand loyalty. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tourism experience, lovemarks, dan brand satisfaction dapat mempengaruhi brand loyalty. ......Tourism is one of the most important things for state income. In line with this, tourist loyalty in relation to revisiting a tourist destination is one of the important things. This is then also influenced by a sense of love, respect, and satisfaction with the experience they have. Likewise with historical and cultural tourist destinations in the Special Region of Yogyakarta. Therefore, this research aims to analyze the effect of tourism experience, lovemarks, and brand satisfaction on brand loyalty for DKI Jakarta tourists who visit historical and cultural-based tourist destination in Special Region of Yogyakarta. This research is an explanatory type with a quantitative approach. A total of 120 samples were obtained by using an online questionnaire which was taken using a nonprobability method. The results showed that tourism experience had a direct effect on lovemarks; lovemarks has direct effect on brand satisfaction; lovemarks has direct effect on brand loyalty; and brand satisfaction has effect on brand loyalty. Based on the results of this study, it can be concluded tourism experience, lovemarks, and brand satisfaction on brand loyalty for DKI Jakarta tourists who visit historical and cultural-based tourist destination in Special Region of Yogyakarta.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melly Tri Tauristdania
Abstrak :
Dewasa ini, jasa pesan antar makanan secara daring semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat karena kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkannya. Dalam hal ini, perusahaan harus dapat memberikan kualitas layanan belanja seluler yang maksimal untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan serta nantinya akan berdampak pada munculnya loyalitas dari pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan belanja seluler dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Traveloka Eats Delivery di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada 180 responden yang merupakan pengguna Traveloka Eats Delivery, pernah melakukan setidaknya dua kali pembelian, dan berdomisili di DKI Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif serta pengumpulan data menggunakan metode survei dengan purposive sampling. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda dengan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan belanja seluler memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Disamping itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Traveloka Eats Delivery di DKI Jakarta ......Nowadays, online food delivery services business is growing and widely used by the society because of its practicality and convenience it offers. In this case, the company must be able to provide maximum of mobile shopping service quality to gain customer satisfaction and have an impact on the emergence of customer loyalty. The purpose of this study was to analyze the effect of mobile shopping service quality and customer satisfaction on customer loyalty on Traveloka Eats Delivery users in DKI Jakarta. This research was conducted by distributing online questionnaires to 180 respondents who are Traveloka Eats Delivery users, have made at least two purchases, and live in DKI Jakarta. The approach used in this study is a quantitative approach and data collection using survey method with purposive sampling. The data in this study were processed using simple and multiple regression analysis with SPSS. The results of this study indicate that the mobile shopping service quality had a significant impact on customer satisfaction and customer loyalty. In addition, the results of the study also indicate that customer satisfaction had a significant impact on customer loyalty on Traveloka Eats Delivery users in DKI Jakarta.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gladys Victory Rizandhy
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer interactivity dan influencer authenticity dari influencer bernama Titan Tyra terhadap emotional attachment dan brand trust dalam menciptakan loyalty untuk bisnisnya, yaitu Secondate. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada pengikut akun Instagram Titan Tyra dan hipotesis di uji menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil olah data menunjukkan bahwa influencer interactivity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap influencer authenticity dan emotional attachment. Kemudian, influencer authenticity berpengaruh signifikan terhadap brand trust. Serta, emotional attachment berpengaruh langsung dan tidak langsung signifikan pada loyalty. ......This study aims to analyze the effect of influencer interactivity and influencer authenticity from an influencer named Titan Tyra on emotional attachment and brand trust in creating loyalty for her business, namely Secondate. This study uses a quantitative approach with a survey method on Titan Tyra’s Instagram followers and the hypotheses were tested using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results show that influencer interactivity significantly affects influencer authenticity and emotional attachment. Also, influencer authenticity has a significant effect on brand trust. Moreover, directly and indirectly, emotional attachment significantly affects loyalty through brand trust.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raina Allya Hartawan
Abstrak :
Dalam konteks pemasaran, teknologi dan internet telah memberikan dampak lintas batas dan menciptakan paradigma baru untuk para pelaku bisnis dimana internet dan teknologi sebagai sarana pemasaran dalam pasar, pelaku bisnis maupun perusahaan dapat memenuhi willingness to buy dan customer satisfaction yang dimiliki oleh konsumen. Tercatat, faktor yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen tersebut ialah kesesuaian informasi dengan produk pada saat produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Produk kosmetik merupakan salah satu pasar konsumen yang berkembang paling pesat di e-commerce dan menjadi kategori produk yang paling banyak dicari pada e-commerce, termasuk Shopee. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh augmented reality terhadap customer satusfaction dan willingness to buy yang dimediasi dengan customer experience, serta efek moderasi trust dan trade-off between price and value dan trust pada generasi Z yang mengkonsumsi Maybelline di aplikasi Shopee. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling pada 150 responden yang didapatkan melalui online questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa augmented reality berpengaruh secara signifikan terhadap willingness to buy dan customer satisfaction. Selain itu, customer experience memediasi pengaruh augmented reality dengan customer satisfaction dan willingness to buy. Selanjutnya, trade-off between price and value dan trust tidak memoderasi hubungan antara. augmented reality dengan customer experience. ......In the context of marketing, technology and the internet have had a cross-border impact and created a new paradigm for business people where the internet and technology support towards marketing in the market, business people and companies can meet the willingness to buy and customer satisfaction. It is noted that the factor that can fulfil the wants and needs of these consumers is the gap between perceived and expectation of the information of the product. Cosmetic products are one of the fastest growing consumer markets in e-commerce and are the most sought product category in e-commerce, including Shopee. This study aims to analyze the effect of augmented reality on customer satisfaction and willingness to buy mediated by customer experience, as well as the moderating effect of trust and the trade-off between price and value in the Zs who consume Maybelline in the Shopee application. The study used a quantitative approach through purposive sampling technique on 150 respondents obtained through an online questionnaire. The results showed that augmented reality had a significant effect on willingness to buy and customer satisfaction. In addition, customer experience mediates the effect of augmented reality on customer satisfaction and willingness to buy. Furthermore, the trade-off between price and value and trust does not moderate the relationship between. augmented reality with customer experience.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Larasati
Abstrak :
Pesatnya pertumbuhan media sosial dan e-commerce membuka sebuah era baru yaitu social commerce, dimana orang didorong untuk terlibat dalam berbagai interaksi sosial yang kondusif. Sociolla merupakan social commerce yang menyediakan produk skincare terpopuler di Indonesia, penelitian ini akan mengukur pengaruh technology attractiveness pada social involvement dan engagement dengan mempertimbangkan personal interest yang berperan sebagai moderasi untuk mengetahui bagaimana technology attractiveness dan community involvement berpengaruh pada social commerce, Sociolla. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada 165 responden yang didapatkan melalui kuisioner secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa community involvement berpengaruh secara signifikan terhadap social commerce engagement, task dan social attractiveness berpengaruh signifikan terhadap community involvement, sedangkan physical attractiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap community involvement. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa personal interest tidak memoderasi antara task, social, dan physical attractiveness pada community involvement, serta community involvement pada social commerce engagement. ......Growth in social media and e-commerce are opening a new era, namely social commerce, where people are involved in engaging in various conducive social interactions. Sociolla is social commerce that provides the most popular skincare products in Indonesia, this study will measure the influence of technology attractiveness on social involvement and engagement by considering personal interests that act as moderating to find out how the attractiveness of technology and community involvement affect social commerce, Sociolla. This study uses a quantitative approach with a purposive sampling technique on 165 respondents obtained through an online questionnaire. The results showed that community involvement had a significant effect on social commerce engagement tasks and social attractiveness had a significant effect on community involvement, while physical attractiveness had no significant effect on community involvement. This study also revealed that personal interest did not moderate between task, social, and physical attractiveness on community engagement, as well as community involvement on social trading engagement.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Verens Elvira
Abstrak :
Inovasi telah menjadi hal vital dalam menjaga keberlangsungan organisasi dalam jangka panjang. Dalam menciptakan inovasi, perguruan tinggi berperan sebagai aktor utama dalam memberikan hasil penelitian dan inovasi dari sumberdaya unggul yang dimilikinya. Sebagai Universitas yang menyandang nama bangsa, UI memiliki tanggung jawab besar untuk berkontribusi dalam penciptaan inovasi di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan inovasi di UI, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendorong dan penghambat yang mempengaruhi proses inovasi khususnya inovasi produk di UI agar dapat merumuskan strategi dalam peningkatan inovasi.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik pengumpulan data mixed method dengan survey dan wawancara kepada aktor inovasi di Universitas Indonesia yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tenaga  kependidikan.  Penelitian ini menemukan bahwa faktor pendorong proses inovasi yang paling tinggi dirasakan adalah kebebasan dalam berinovasi, munculnya unit khusus terkait inovasi, dan dukungan dalam bentuk pelatihan dan pengembangan keterampilan. sedangkan faktor penghambat proses inovasi yang paling tinggi dirasakan adalah praktik manajemen inovasi yang berbeda di tiap fakultas, birokrasi pemerintah yang rumit dan tidak transparan, serta budaya organisasi di UI yang terlalu birokratis. ...... Innovation has become crucial in maintaining the long-term sustainability of organizations. In creating innovation, universities play a key role as the main actors in providing research results and innovations from their excellent resources. As a university bearing the nation's name, Universitas Indonesia has a great responsibility to contribute to the creation of innovation in Indonesia. In order to enhance innovation at UI, this research aims to analyze the driving factors and barriers that influence innovation process, especially product innovation at UI, to formulate strategies for enhancing innovation. This study utilized quantitative approach with mixed method data collecting method through surveys and interviews to innovation actors at the University of Indonesia, including students, lecturers, and educational staff. The study found that the highest perceived drivers of innovation process are freedom in innovation, the emergence of specialized units related to innovation, and support in the form of training and skill development. Meanwhile, the highest perceived barriers to innovation barriers are differing innovation management practices in each faculty, complex and non-transparent government bureaucracy, and an overly bureaucratic organizational culture at UI.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>