Ditemukan 115 dokumen yang sesuai dengan query
Danar Tri Kusuma Ramdani, author
Berbagai literatur mengemukakan bahwa joint attention merupakan defisit yang khas dialami anak dengan autism spectrum disorders (ASD). Joint attention merupakan dasar utama dari perkembangan sosial-komunikasi anak, dan anak dengan ASD umumnya mengalami masalah dalam hal ini (Volkmar, 2007). Pivotal response training (PRT) merupakan salah satu bentuk intervensi yang dapat diterapkan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32955
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Monika Vania, author
ABSTRAK
Pembelajaran di sekolah merupakan hal penting bagi perkembangan fisik,
kognitif, dan sosial anak (Papalia, Olds, & Feldman, 2009). Perkembangan pada
ketiga aspek ini umumnya akan menjadi kurang optimal ketika anak menunjukkan
SRB. Penelitian dengan menggunakan single-subject design ini menerapkan
contingency contract untuk meningkatkan frekuensi perilaku bersekolah pada
seorang anak laki-laki berusia 5 tahun 11 bulan....
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T34890
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dinda Aisha, author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan Cognitive Behavior Therapy CBT untuk meningkatkan self esteem Partisipan dalam penelitian ini adalah anak laki laki usia 10 tahun yang memiliki self esteem rendah Self esteem diukur dengan menggunakan skala Self Perception Profile for Children dari Susan Harter 2012 dan didukung dari hasil...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T38918
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yulita Patricia Semet, author
Perilaku agresif pada anak merupakan faktor resiko terjadinya penolakan dari teman sebaya yang dapat menurunkan motivasi dan prestasi belajar anak di sekolah. Anak dengan perilaku agresif kurang mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain secara positif, sehingga hubungan sosialnya pun terganggu. Tesis ini menerapkan social skills training (SST) dengan single-case design...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T39326
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yessica Kristanti Paramita Putri, author
ABSTRAK
Seorang anak perlu menguasai kesiapan sekolah sebelum ia masuk Sekolah Dasar.
Salah satu aspek kesiapan sekolah yang perlu dikuasai adalah keterampilan sosial,
khususnya perilaku terkait tugas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji
efektivitas program modifikasi perilaku dengan metode social modeling dan token
economy untuk meningkatkan perilaku terkait tugas di kelas anak. Desain yang
digunakan adalah...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T39023
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gerry Olvina Faz, author
Tesis ini membahas mengenai penerapan program cognitive behavioral therapy yang didasarkan pada program think good feel good untuk melihat peningkatan self esteem pada remaja putera dengan perilaku menarik diri. Penelitian ini merupakan penelitian single case dengan desain pre test-intervensi-post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CBT ini mampu mengubah core...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41756
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Puspa Rahayu Utami Rahman, author
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengelola marah pada anak usia sekolah yang agresif dengan penerapan anger management dengan pendekatan cognitive behavioral. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak laki-laki berusia 8 tahun yang memiliki kesulitan dalam mengelola marah yang termanifestasi dalam bentuk perilaku agresif. Program intervensi yang diterapkan mengacu pada...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41736
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fanny Angelia, author
ABSTRAK
Pada saat seorang anak memasuki sekolah dasar ia diharapkan sudah dapat menunjukkan perilaku berorientasi terhadap tugas saat belajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan metode self-monitoring untuk meningkatkan perilaku berorientasi terhadap tugas pada anak kelas 1 Sekolah Dasar. Desain yang digunakan adalah one group pre-test...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T43186
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Irma Safitri, author
[ABSTRAK
Kemampuan berpikir matematis pada anak sangat diperlukan untuk kehidupan di masa depannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi anak dalam kemampuan berpikir matematis adalah attentional focusing, working memory dan inhibitory control, ketiga hal ini dinamakan behavior self regulation. Behavior self regulation dengan kemampuan berpikir matematis pada anak memiliki hubungan yang signifikan, namun...
2015
T42997
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Denia Putri Prameswari, author
[Perceraian tidak hanya berdampak pada orang tua, melainkan juga pada anak dalam keluarga. Anak usia prasekolah merupakan mereka yang paling tertekan dalam menghadapi peristiwa tersebut. Dampak negatif perceraian pada anak dapat diminimalisir dengan pemberian pengetahuan sebelumnya. Pengetahuan mengenai perceraian, salah satunya dapat disampaikan melalui buku cerita bergambar. Sayangnya, di Indonesia...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T43874
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library