Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Ilham Prasanto
"sejak era awal mula kepopuleranya, festival Musik telah memegang peran yang penting bagi berbagai brand sebagai salah satu alat pemasaran strategis. Hampir semua industri telah memanfaatkan festival musik sebagai platform untuk memasarkan brand branda, mulai dari brand yang lebih lumrah seperti Spotify dan Heineken hingga brand yang kurang lumrah seperti Google dan Mercedes-Benz, hal tersebut menunjukkan bahwa festival musik memiliki posisi yang kuat di dunia pemasaran. Dengan demikian, makalah konseptual ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pengalaman konsumen dalam festival musik dan bagaimana keterkaitannya dengan hubungan konsumen terhadap brand-tersebut serta bagaimana perkembangan terkini dalam studi pemasaran dapat membantu memaksimalkan penggunaan festival musik sebagai platform pemasaran untuk berbagai brand.
Music Festivals has played a significant role as a strategic marketing tool for brands since the early era of music festivals. Brands across all industries have used music festivals as a platform to market their brand, from the more related brands such as Spotify and Heineken to less related brands like Google and Mercedes-Benzes, this shows that music festival has a strong position in the marketing world. Thus, this conceptual paper aims to explore more about what factors could affect the experience of consumer in music festival and how does its linkage with the consumer-brand relationship and how the recent development in the marketing studies could help maximize the use of music festival as a marketing platform for brands."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Fafa Wibhiyadi
"Keterlibatan merupakan faktor penting dalam mempertahankan loyalitas dan partisipasi anggota pada komunitas merek online. Kemampuan lingkungan situs web untuk memengaruhi keterlibatan anggota bersama-sama dengan bagaimana setiap jenis komunitas merek online, dimulai oleh pengguna, dan dimulai oleh organisasi dapat memaksimalkan lingkungan mereka dieksplorasi. Artikel dari berbagai disiplin digunakan sebagai dasar untuk model konseptual dan proposisi. Oleh karena itu, tipologi yang disarankan oleh penulis dapat digunakan oleh pemasar untuk mengembangkan komunitas merek online mereka.
Engagement is an essential factor in maintaining members rsquo; loyalty and participation on an online brand community. The capability of a website environment to influence members engagement together with how each type of online brand community, users-initiated and organisation-initiated can maximise their environment is explored. Articles from various disciplines are used as the base for the conceptual model and propositions. Therefore, the typology suggested by the author can be used by marketers to develop their online brand community."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Amalia Mabrina
"Ini adalah kritik terhadap artikel Stephen L. Vargo dan Robert F. Lusch. Kritik tersebut akan mengevaluasi karya Vargo dan Lusch (2004) berjudul
Evolving to New Dominant Logic for Marketing yang membahas pergeseran logika pemasaran yang dominan dari apa yang dulunya berpusat pada barang dan berfokus pada hasil produksi menjadi fokus terhadap layanan dan proses. Penggunaan teori dan konseptualisasi mereka untuk menetapkan pendekatan baru ini akan menjadi poin inti dari kritik ini untuk menjawab pertanyaan pamungkas: Apakah perspektif pemasaran yang baru ini menggambarkan dengan lebih baik bagaimana pemasaran bekerja dalam praktiknya saat ini? Dalam waktu sekarang ini haruskah perspektif baru dari logika yang berpusat pada layanan ini menggantikan logika yang berpusat pada barang lama
This is a critique on Stephen L. Vargo and Robert F. Lusch`s article. The critique will evaluate Vargo and Lusch`s (2004) paper titled Evolving to a New Dominant Logic for Marketing that discuss the shifting of dominant logic of marketing from what used to be goods-centered and output-focused to be service-centered and process-focused. Their use of theory and conceptualization to set out this new approach will be the core points of this critique in order to answer the ultimate question of: Is this new perspective of marketing better portrays how marketing works in practice nowadays. In this current time should this new perspective of service-centered logic replace the old goods-centered logic."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Muhammad Nigel Cakrawardhana
"Saat aplikasi seluler meningkat, hal itu menimbulkan pertanyaan terhadap bagaimana konteks digital baru akan dipelajari. Namun, literatur yang ada tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian m-commerce telah menciptakan dikotomi palsu antara lingkungan eksternal (e-servicescape) dan respons internal (perilaku konsumen). Oleh karena itu, makalah ini mensintesis dua jalur studi untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian dalam aplikasi belanja ritel. Faktor e-servicescape seperti tata letak dan fungsionalitas dan daya tarik estetika, serta faktor perilaku konsumen seperti nilai hedonis dan utilitarian telah diperdebatkan secara positif mempengaruhi niat pembelian. Oleh karena itu, kontribusi ini ditujukan bagi akademisi dan pemasar untuk mempertimbangkan perspektif yang lebih menyeluruh untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mendorong niat pembelian dalam aplikasi belanja.
As mobile application rises, it raises concerns towards how the new digital context will be studied. However, existing literatures on factors that affect m-commerce purchase have created a false dichotomy between the external environment (e-servicescape) and internal responses (consumer behavior). Therefore, this paper is synthesizing the two pathways of study to determine the factors influencing purchase intention within retail shopping apps. E-servicescape factors such as layout and functionality and aesthetic appeal, as well as consumer behavior factors such as hedonic and utilitarian value have been argued to positively affect purchase intention. Therefore, this contribution is aimed for academics and marketers to consider a more wholesome perspective to explore the factors driving a purchase intention within a shopping app."Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Nursifaa Miranti Azzahra
"Globalisasi merek prestise yang berkembang menciptakan minat yang meningkat bagi pemasar dalam menanggapi rangsangan pemasaran oleh pengaruh dan nilai anteseden yang berbeda. Selain itu, tidak adanya definisi yang jelas tentang apa yang membuat nilai prestise dan kurangnya langkah fungsional prestise yang akurat dan tervalidasi telah menghambat perluasan studi dalam penelitian manajemen merek dan dengan demikian, implementasi pemasaran praktis. Studi ini memberikan kontribusi dalam menganalisis dan mengidentifikasi nilai-nilai yang dipersepsikan utama yang mendefinisikan konsep prestise ke literatur terkini tentang konsumsi prestise dan menyajikan perspektif tentang mengapa orang tergoda oleh produk prestise dan nilai tambahan apa yang mereka berikan.
The growing globalization of prestige brands creates an increasing interest for marketers in responding to marketing stimuli by different antecedent influences and value. Subsequently, the absence of a perspicuous definition of what makes a prestige value and the lack of accurate and validated prestige functional steps have hindered the expansion of study in brand management research and thereby the practical marketing implementation. This study provides a contribution in analyzing and identifying the key perceived values that define the concept of prestige to current literature on prestige consumption and presents perspectives on why people are seduced by prestige products and what additional values do they deliver."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library