Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dhomas Setia Pramudhita
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Kerangka konseptual penelitian didukung oleh teori Teknologi-Organisasi-Lingkungan (TOE) untuk mengeksplorasi fenomena dan menjawab pertanyaan penelitian. Desain kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang diperoleh dari wawancara dengan 11 narasumber, sementara proses triangulasi digunakan untuk memvalidasi data keuangan perusahaan terkait dengan rasio keuangan. Temuan mengungkapkan bahwa adopsi teknologi ERP di PT XYZ didorong oleh perceived benefit, perceived compatibility, dan perceived complexity Selanjutnya, manajemen puncak, ketersediaan sumber daya perusahaan, dan dukungan pemerintah memiliki peran penting dalam mendorong adopsi teknologi. Kesimpulannya, penelitian ini menemukan bahwa perusahaan mengalami peningkatan rasio gross profit nargin setelah mengadopsi teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) daripada sebelumnya ......This research is aimed at investigating into factors that drive the adoption of Enterprise Resource Planning (ERP) at PT XYZ and their impact on firm performance. The conceptual framework of the study is underpinned by Technology-Organization-Environment theory (TOE) to explore phenomena and answer research questions. A qualitative design is utilized to collect and analysis data that are derived from 11 interviews meanwhile triangulation process relies on corporate archives that are related to financial ratios. Findings reveal that technology adoption of ERP at PT. XYZ is driven by perceived benefit, perceived compatibility, and perceived complexity Furthermore, top management, the availability of corporate resources, and government support has an important role in fostering technology adoption. In conclusion, the study finds that company experiences higher gross profit margin ratio after adopting ERP technology than before.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chusnul Chotimah
Abstrak :
Dampak pandemi Covid-19 yang belum pernah di prediksi sebelumnya, menuntut perusahaan mengembangkan kapasitas adaptif mereka agar mampu bertahan. Sifat industri yang masih tradisional membuat dampak yang dialami sektor konstruksi menjadi berbeda dan unik, khususnya pada Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa konstruksi. Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, Badan Usaha Milik Negara dituntut untuk meningkatkan kapabilitas inovasinya agar tetap mampu beradaptasi dengan kondisi, di samping tetap memberikan kontribusi sebagai bagian dari kewajibannya terhadap negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapabilitas inovasi yang dimiliki perusahaan dan bagaimana dampaknya terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan menggunakan qualitative content analysis dengan menggabungkan hasil wawancara dan telaah pustaka. Temuan mengungkapkan bahwa PT XYZ sebagai Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa konstruksi memiliki ketiga dimensi kapabilitas inovasi, yaitu: fokus-pelanggan, fokus-pemasaran, dan fokus teknologi. Kehadiran kapabilitas inovasi yang berfokus pada pelanggan menjadikan perusahaan memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia. Berikutnya, adanya kapabilitas inovasi yang berfokus pada pemasaran yang dimiliki mampu melahirkan program pemasaran inovatif yaitu creative financing. Pada kapabilitas inovasi fokus-teknologi, mampu membuat perusahaan menjawab tantangan teknologi yang ada melalui hasil konstruksi khususnya pada proses design and build maupun build-operation-transfer yang lebih mutakhir dibandingkan dengan pesaingnya. Ketiga kapabilitas inovasi yang dimiliki tersebut memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan yang diukur melalui ROA, ROS, dan ROE. Dalam praktiknya perusahaan perlu agile dan adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnis yang terjadi agar dapat lebih memahami perubahan kebutuhan pelanggannya. Pemerintah juga perlu berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif khususnya antar Badan Usaha Milik Negara, agar dapat mendorong pulihnya industri jasa konstruksi yang terdampak akibat pandemi. ......The Covid-19 pandemic impact that was previously unpredicted required companies to develop their adaptive capacity to survive. The traditional-still industry natures in construction sector made the impact felt different and unique, especially for State-Owned Enterprises in that sector. Having a role in national economic development, State-Owned Enterprises are required to improve their innovation capabilities to be able to adapt to conditions, while continue contributing as part of their obligations to the country. This research aims to find out what innovation capabilities a company has and analyze its impacts on the company performances. The analysis was carried out using qualitative content analysis by combining the results of interviews and literature reviews. The findings shows that PT XYZ as a State-Owned Enterprise in the field of construction services has three dimensions of innovation capability, namely: client-focus, marketing-focus, and technology-focus. The presence of the client-focused innovation capabilities enabled the company to achieve an award from the Indonesian Record Museum. In addition, the existence of marketing-focused innovation capabilities brings in new innovative marketing program called creative financing. The technology-focused innovation capabilities have made the company able to respond to the existing technological challenges through construction activities, especially through design and build process or build-operation-transfer process which is more up to date compared to its competitors. These three innovation capabilities have a positive impact on the company's performance growth, measured by ROA, ROS, and ROE. Finally, companies need to be agile and adaptive against changes that occur in business environments to better understand their customers changing needs. The government also need to participate in creating conducive business environments, especially between State-Owned Enterprises, so that it can encourage the recovery especially for the construction service industry which has been affected by the pandemic.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyan Nur Ramadhan
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis penggunaan kerangka logic model dalam penerapan Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP) yang diberlakukan di seluruh Lembaga Pemerintah Pusat mulai tahun anggaran 2021. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah tentang penggunaan logic model pada proses perumusan Program, Kegiatan, Output, dan Outcome dalam rangka penerapan RSPP di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta bagaimana strategi untuk memperbaiki kekurangan pada proses perumusannya tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dan wawancara terhadap pihak-pihak yang terlibat langsung dalam proses inti dengan menggunakan tahapan pembangunan logic model dari Wholey, Hatry, dan Newcomer (2010) sebagai alat analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa logic model belum digunakan secara optimal dalam proses perumusan Program, Kegiatan, Output dan Outcome dalam rangka penerapan RSPP. Hal ini disebabkan karena dalam proses perumusan tersebut belum semua tahapan pembangunan logic model dilakukan. Dari analisis ini juga direkomendasikan tiga strategi perbaikan yaitu agar lembaga mendefinisikan elemen logic model kedalam tabel logic, menggambarkan visualiasi diagram logic model dan melakukan verifikasi terhadap model bersama stakeholders. ......This study analyzes the use of the logic model framework in the application of the Planning and Budgeting System Redesign (RSPP), which will be implemented in all Central Government Institutions starting in the 2021 fiscal year. The question in this study is about the use of logic models in formulating Programs, Activities, Outputs, and Outcomes in the context of implementing RSPP at the Corruption Eradication Commission (KPK) and how to correct deficiencies in the formulation process. The research method used is a qualitative descriptive case study. Data collection was through document analysis and interviews with parties directly involved in the core process using the stages of building logic models from Wholey, Hatry, and Newcomer (2010) as analytical tools. The analysis results show that the logic model has not been used optimally in formulating Programs, Activities, Outputs, and Outcomes in the context of implementing RSPP. The result also shows that in the formulation process, not all stages of logic model development have been carried out. From this analysis, three improvement strategies recommendation, namely so that the institution defines the logic model elements in the logic table, describes the visualization of the logic model diagram and verifies the model with stakeholders.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adelia Talitha Nur Laily
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengidentifikasi dampak kepemilikan sertifikasi ISO 27001:2013 terhadap peningkatan pendapatan, retensi pelanggan, dan keamanan sistem informasi dalam konteks scale-up business pada perusahaan startup delman.io. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan delman.io lebih dipengaruhi oleh strategi bisnis yang diimplementasikan, seperti kualitas layanan, target pasar yang jelas, inovasi produk, pemasaran digital, strategi pertumbuhan, serta penghematan biaya. Meskipun demikian, penerapan ISO 27001:2013 memberikan dampak positif terhadap retensi pelanggan. Kepemilikan sertifikasi ini membantu delman.io dalam menarik dan mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan kepercayaan dan menunjukkan komitmen terhadap keamanan informasi yang ada. Selain itu, sertifikasi ISO 27001:2013 juga memberikan keunggulan kompetitif bagi delman.io dalam memenangkan penawaran. Penerapan ISO 27001:2013 juga berdampak signifikan terhadap keamanan sistem informasi yang ada pada delman.io. Standar ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko keamanan informasi serta mengembangkan kebijakan dan prosedur keamanan yang terstruktur. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemilikan sertifikasi ISO 27001:2013 memiliki peran penting dalam meningkatkan keamanan informasi dan retensi pelanggan bagi delman.io, meskipun tidak memiliki dampak langsung yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan. ......This study aims to assess the influence of ISO 27001:2013 certification ownership on revenue growth, customer retention, and information system security in the business development of the startup company delman.io. A case study approach with a qualitative methodology was employed. The qualitative approach facilitated in-depth insights through interviews. The findings indicate that delman.io's revenue growth was predominantly driven by effective business strategies such as service quality, targeted and digital marketing, product innovation, growth strategies, and cost savings. However, the possession of ISO 27001:2013 certification positively impacted customer retention. The certification enhanced customer trust, demonstrating the company's commitment to information security and providing a competitive edge in securing contracts. Furthermore, implementing ISO 27001:2013 significantly improved information system security at delman.io by identifying and evaluating information security risks and establishing comprehensive security policies and procedures. In conclusion, this study highlights the crucial role of ISO 27001:2013 certification in improving information security and customer retention at delman.io, although its impact on revenue growth remains limited.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Safitri
Abstrak :
Indonesian Hemophilia Society (IHS) merupakan organisasi advokasi hemofilia yang tergabung sebagai anggota di World Federation of Hemophilia (WFH). IHS harus bertransformasi agar menciptakan nilai tambah lebih besar bagi penyandang hemofilia di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan kerangka four levers of control. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan melakukan wawancara dengan Pengurus Pusat dan donatur, menyebarkan kuesioner kepada Pengurus Cabang dan Anggota organisasi, serta menganalisis dokumen organisasi. Berdasarkan hasil penelitian, visi dan misi disempurnakan agar dapat menjadi belief system yang dapat mendukung pengendalian manajemen. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa organisasi IHS harus menjadi lebih formal serta dikelola secara profesional dan akuntabel agar memperoleh dukungan pemangku kepentingan dan meningkatkan kesejahteraan pasien hemofilia. Oleh sebab itu, IHS harus menyusun rencana untuk mentransformasi organisasi dengan memfokuskan pada analisis sumber daya dan pembuatan standar prosedur untuk memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan. Untuk memantau keberhasilan strategi tersebut, IHS dapat menggunakan diagnostic control system dengan empat perspektif dalam kerangka balanced scorecard. ......The Indonesian Hemophilia Society (IHS) is a hemophilia advocacy organization and a national member organization of the World Federation of Hemophilia (WFH). IHS must transform to create greater added value for people with hemophilia in Indonesia. This study aims to analyze the transformation to achieve the organization's goals with the framework of four levers of control. The research uses the case study method by conducting interviews with the National Chapter managers and donors, distributing questionnaires to Regional Chapter managers and organization members, and analyzing organizational documents. Based on the research results, the vision and mission are refined to become a belief system that can support management control. In addition, this study also finds that for IHS to receive stakeholder support and improve hemophilia patient’s welfare, IHS must become more formal and be managed professionally and accountably. Therefore, IHS must develop a plan to transform the organization by focusing on resource analysis and creating standard procedures to meet stakeholder expectations. To monitor the success of this strategy, IHS can use a diagnostic control system with four perspectives in the balanced scorecard.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Velasri Vebraudia
Abstrak :
Organisasi XYZ merupakan unit kerja dibawah Instansi X yang berperan sebagai auditor internal di lingkungan pemerintahan. Organisasi XYZ melakukan pengawasan dalam rangka peningkatan ruang fiskal yang didapatkan dari audit PNBP. Sampai saat ini, audit PNBP masih dilakukan secara manual. Proses pelaporan hasil audit yang dilaksanakan secara manual menimbulkan beberapa permasalahan seperti kemungkinan adanya kesalahan rumus perhitungan PNBP ketika melakukan kompilasi lampiran pada laporan audit, penyimpanan data audit masih berantakan, adanya pemborosan kertas selama proses reviu secara manual dan lamanya proses reviu karena dilakukan dalam 3-4 tahap dan membutuhkan kehadiran fisik dari Tim Reviu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pelaporan hasil audit secara cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rancangan sistem informasi dalam bentuk aplikasi komputer yang akan membantu mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari pelaksanaan audit secara manual. Hasil penelitian telah memberikan gambaran proses yang akan dijalankan oleh aplikasi tersebut. Rancangan aplikasi e-laporan hasil audit PNBP di Organisasi XYZ dirancang menggunakan kerangka FAST (Framework for the Application of System Thingking) dari Whitten dan Bentley (2007) dari tahapan penentuan ruang lingkup sampai dengan desain logika berupa rancangan model data, model proses dan model tampilan aplikasinya. ......The XYZ organization is a unit of Organization X which acts as an internal auditor in the government. The XYZ organization conducts supervision to increase fiscal capacity obtained from PNBP audits. Until now, audits have been carried out manually. Reporting audit results that are carried out manually causes several problems, such as possibility of formula errors in the PNBP calculation formula when compiling the appendix report, messy audit data storage, and paper wastage during the manual review process. The review process is long because it is carried out in 3-4 stages and requires the review team's attendance in the office. An information system is needed to help the audit report be completed quickly and accurately to resolve the problems. This study aims to design an information system as a computer application that will resolve problems arising from implementing manual audits. This research provides an overview of the process that the information will carry out. The application design of e-reporting PNBP audit in XYZ Organization was designed using the FAST (Framework for the Application of System Thinking) framework from Whitten and Bentley (2007) from scope definition to the logical design for data model designs, model process, and model user interface
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Rose Malinda
Abstrak :
Sistem pengendalian manajemen dalam suatu perusahaan harus berkorelasi erat dengan manajemen sumberdaya manusia, karena sumberdaya manusia merupakan salah satu sumberdaya utama dalam pelaksanaan proses kerja dalam pencapaian tujuan perusahaan. Terjadinya pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 menciptakan perubahan sistem kerja yang membuat pelaksanaan pekerjaan tidak harus dilakukan di kantor. Perubahan sistem kerja tersebut memberikan dampak pada aspek motivasi dari sumberdaya manusia yang merupakan salah satu faktor penting dalam ssstem pengendalian manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah sistem kerja pada masa new normal dapat diterapkan secara efektif untuk dilanjutkan di masa yang akan datang. Penelitian ini mengevaluasi beberapa aspek dari variabel efektivitas kerja, kinerja pegawai, dan tingkat kepuasan kerja pegawai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, survei, dan forum group discussion. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan machine learning untuk menampilkan data statistik deskriptif. Penelitian ini hanya mengambil subjek pada divisi Akuntansi dan Keuangan pada PT. X dengan periode penelitian tahun 2022. Hasil menunjukan Organisasi dapat mengadopsi sistem new normal sebagai pengaturan kerja masa depan dengan mengidentifikasi individu dan karakteristik pekerjaan yang memiliki dampak paling signifikan terhadap produktivitas. Organisasi juga perlu mengembangkan strategi yang tepat untuk menjaga efektivitas, tingkat kepuasan, dan kinerja pegawai, agar mendukung sistem pengendalian manajemen secara optimal. ......The management control system in a company must be closely correlated with human resource management, because human resources are one of the main resources in implementing work processes in achieving company goals. The occurrence of the COVID-19 pandemic since 2020 has created a change in the work system that makes work implementation not have to be done in the office. The change in the work system has an impact on the motivational aspect of human resources which is one of the important factors in the management control system. The purpose of this study is to analyze whether the work system in the new normal period can be applied effectively to be continued in the future. This study evaluates several aspects of the variables of work effectiveness, employee performance, and level of employee job satisfaction. Data collection in this study used the methods of interviews, surveys, and group discussion forums. Data processing in this study uses machine learning to display descriptive statistical data. This study only took the subject of the Accounting and Finance division at PT. X with a research period of 2022. The results show that organizations can adopt the new normal system as a future work arrangement by identifying individuals and job characteristics that have the most significant impact on productivity. Organizations also need to develop appropriate strategies to maintain the effectiveness, level of satisfaction, and employee performance, in order to support the management control system optimally.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fany
Abstrak :
Perkembangan era big data telah mendorong industri untuk mengadopsi teknologi data analitik untuk kebutuhan internal audit bekerja lebih efisien dan efektif. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi data analytics untuk audit internal oleh sebuah perusahaan swasta. Kerangka teoritis studi berlandaskan pada Technology, Organization, and Environment (TOE) yang mengelaborasi komponen lingkungan dalam membahas faktor-faktor yang mendorong pengadopsian sebuah teknologi. Dengan metode studi kasus dan menggunakan in-depth interview untuk pengumpulan data primer di samping data sekunder, penelitian ini melakukan wawancara kepada 4 partisipan yang bekerja sebagai auditor internal di PT. XXX. Hasil temuan mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi adopsi data analytics di PT. XXX dari konteks teknologi ditentukan adalah relatif advantage dan complexity, sementara konteks organisasi ditentukan oleh quality of human resources dan top management support. Pada prakteknya, pemanfaatan data analytics di PT. XXX adalah untuk mencari anomali dalam populasi audit, menerapkan audit berkelanjutan (continuous auditing) serta analisa data audit dengan merekam lebih dari 1 juta data. Penggunaan data analytics untuk kegiatan audit masih cukup terbatas sehingga regulator diharapkan dapat membentuk standar audit dan mengadakan training untuk meningkatkan keterampilan auditor dalam penggunaan data analytics. Para akademisi juga diharapkan dapat menyusun dan membentuk kurikulum praktik untuk mempersiapkan para lulusannya berkiprah di dalam penggunaan data analytics. ......The big data era has driven industry to adopt data analytics technology, particularly in the field of internal audit. This study systematically investigates into factors that influence the adoption of data analytics technology for internal audit by a private company. Technology, Organization, and Environment (TOE) framework is used to explain the antecedents of the adoption of data analytics technology. Using a case study design and in-depth interviews for primary data collection, the findings reveal that technological and organizational contexts are the major drivers of technology adoption in data analytics. In practice, the use of data analytics at PT. XXX is to identify the presence of anomalies in the audit population, implement continuous auditing and analyze audit data by using more than 1 million data. The use of data analytics for audit activities is still found limited, therefore regulators are advised to set reformed audit standards and provide training to enhance the use of data analytics. In addition, the role of academics to develop hands-on curriculum for students to develop their skills in data analytics is deemed crucial in promoting the advancement of data analytics technology for internal audit work.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library