Ditemukan 400 dokumen yang sesuai dengan query
Nuritasari Lukman, author
2007
T38539
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Ulfa Rahmanissa, author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program peningkatan keterampilan dasar dukungan kemandirian pengasuh TPA anak usia 18-36 bulan. Program tersebut berupa pelatihan yang dilakukan pada kepada 29 pengasuh TPA di daerah Jakarta Selatan. Pelatihan pada penelitian ini menggunakan dasar experiential learning. Pemilihan subjek menggunakan teknik accidental sampling. Pelatihan ini dilakukan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54017
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Purika Desinta Prayudi, author
[ABSTRAK
PT. XYZ memiliki rencana untuk menerapkan program gender diversity di tempat
kerja, dengan fokus karyawan-karyawan yang berada di jajaran manajerial.
Namun demikian, implementasi program ini menemui kendala, yaitu rendahnya
jumlah karyawan perempuan yang berada di tingkat manajerial tersebut. Hal ini
ternyata disebabkan oleh rendahnya career aspiration mereka. Oleh karena itu,
penulis merasa perlu untuk mengetahui...
2014
T41525
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Ramdani, author
[ABSTRAK
Penelitian ini menganalisa secara kualitatif efektifitas program psikoedukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan menurunkan distres psikologis pada penderita tuberculosis paru yang sedang menjalani program medikasi. Empat orang partisipan diberikan intervensi untuk meningkatkan pengetahuan dan menurunkan distres psikologis serta dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian ini menyarankan untuk partisipan minum...
2014
T41514
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Moh Suyuti Kholil, author
ABSTRAK
Konflik bernuansa SARA di Maluku tahun 1999 hingga saat ini masih menyisakan masalah pengungsi yang belum terselesaikan dengan tuntas. Mereka masih merasakan trauma konflik, sehingga rentan konflik dan bersikap intoleran. Di ruang publik, mereka tidak menunjukkan adanya sikap intoleran, namun di ruang privat masih terdapat sikap intoleran. Dari tiga konstruk...
2016
T45238
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Aninda, author
[ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektivitas buku saku dalam meningkatkan pengetahuan ibu terkait mempersiapkan anak pertama menjadi seorang kakak. Penelitian ini menggunakan metode pre-test and post-test design kepada lima orang partisipan yang dipilih melalui purposive sampling. Karakteristik partisipan yaitu ibu yang sedang mengandung anak kedua dan memiliki anak pertama...
2015
T45322
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Gita Dwiputri, author
[ABSTRAK
Penelitian ini melihat kontribusi penggunaan gaya pengasuhan autonomy dan conformity terhadap kemampuan anak memahami kondisi mental orang lain dalam situasi yang terkait dengan moralitas (morally-relevant theory of mind atau MoToM) dan melakukan penilaian moral. Pemahaman MoToM dan penilaian moral diukur dengan morally-relevant theory of mind task dan prototypic moral transgression...
2015
T45422
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Hadijah Rahadianti Octaviani, author
[ABSTRAK
Pengasuh kurang lebih bersama dengan anak selama 10 jam dalam satu hari
sehingga sosoknya menjadi sangat berpengaruh bagi perkembangan anak. Anak
membutuhkan pengasuh yang responsif dan berpikir cepat dalam melihat suatu
masalah yang umum muncul pada anak usia dini. Seringkali pengasuh menemui
kendala dalam menghadapi anak usia dini, salah satunya dalam mengatasi
masalah ketidakpatuhan yang...
2015
T45254
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Lukas Lukman, author
[ABSTRAK
Tujuan program intervensi ini adalah untuk menciptakan perilaku mendaur ulang
sampah pada siswa SMP Negeri 5 Tambun Selatan. Theory of Planned Behavior
merupakan teori yang digunakan peneliti. Hasil studi baseline menunjukkan
variabel sikap yang paling signifikan mempengaruhi intensi mendaur ulang
sampah (β= 0,295, p<0,05). Intervensi dilakukan menggunakan melalui
pelatihan, pesan persuasif, insentif dan manajemen komunitas....
2016
T45520
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Maulida Kurniasari, author
[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pelatihan teknik read-aloud
dalam meningkatkan kualitas interaksi guru dengan siswa usia 3-4 tahun melalui
pelatihan selama 12 jam, yang dibagi dalam 3 hari dan 6 sesi. Penelitian ini
menggunakan desain pre-test dan post-test dengan guru sebagai partisipan. Alat
ukur yang digunakan adalah lembar panduan observasi interaksi guru-siswa...
2016
T45423
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library