Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 187442 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yodsa Rienaldo
"Konsumen ada akhirnya akan bersikap (penilaian, preferensi) terhadap berbagai brand melalui sebuah prosedur evaluasi atribut dimana konsumen akan melihat dan menilai atribut-atribut yang ditawarkan oleh produk-produk dengan merek yang berbeda dan memutuskan benefit dari brand apa yang paling besar nilainya untuk memberikan sebuah solusi bagi kebutuhannya. Smartphone merupakan salah satu produk yang dapat digolongkan sebagai produk high involvement. Sebagai barang dengan banyak fungsi dan melekat dalam keseharian konsumen, proses pengambilan keputusan hingga sampai pada tingkat pembelian dan perilaku pasca pembelian akan melalui proses yang kompleks dan panjang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat preferensi yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek smartphone yang diteliti berdasarkan berbagai atribut produk yang membentuj brand image. Dengan melihat preferensi konsumen diharapkan dapat menjelaskan perilaku konsumen dalam melakukan pilihan produk smartphone."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lumban Gaol, Meylisa
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana citra merek JanSport di kalangan penggunanya. Penelitian ini juga mencoba memberi saran yang bermanfaat bagi praktisi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang Mahasiswa FISIP UI yang memiliki dan menggunakan ransel JanSport. Metode yang peneliti gunakan adalah non-probability sampling serta teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa JanSport memiliki citra merek yang positif.

This study aims to analyse the brand image of JanSport according to its product users. Researcher also attempts to provide beneficial suggestions and implications for marketing practitioners or whoever may find it useful. This research is held by using quantitative approach. The sample for this research is no less than 50 customers of JanSport Backpacks who currently posses and use the product. This research use non-probability sampling method and purposive sampling technique. The data gathered by using questionnaire as the research instrument. Data analyses procedures starts from reliability and validity test, descriptive statistics of the respondents and descriptive statistic analysis of research variable. Study concludes that JanSport has a positive brand image in the eye of its customers.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S54573
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prisca Lidya Patty
"Tujuan riset ini adalah untuk memahami bagaimana atribut produk seperti merek dan kualitas rasa dapat mempengaruhi penilaian manfaat bagi konsumen, seperti manfaat hedonik mau pun manfaat utilitarian. Riset ini juga menilik bagaimana manfaat bagi konsumen mendorong mereka untuk kembali membeli produk yang sama. Temuan di riset ini akan berguna untuk pemain teh kemasan di Indonesia, yang mengalami persaingan ketat. Dilakukan secara kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui kuesioner di dunia maya dan didistribusikan di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

The purpose of this study is to understand how product attributes, namely brand and taste attributes, affect consumers in their assessment of consumer value such as hedonic and utilitarian value. This research will also study how the consumer value will in turn affect how consumer in making their repeat purchases. This study will provide insights for RTD Tea players in Indonesia who are facing heightened competition. This research is a quantitative descriptive study, with the data collected through online survey, distributed throughout the Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Setianda Singgih
"Platform media sosial saat ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau konsumen secara cepat dan tidak terbatas waktu. Situasi ini kemudian memunculkan peluang untuk melakukan interaksi langsung dan membangun consumer-brand relationship melalui media sosial. Penelitian ini berfokus pada penggunaan twitter account resmi milik brand yang dapat terpersonifikasikan karakter-karakternya sebagai salah satu medium untuk membangun relationship dalam jangka panjang. Industri airline dan telekomunikasi di Indonesia dipilih sebagai objek karena dinilai sebagai dua industri jasa di Indonesia yang secara nature banyak melakukan interaksi dengan publik melalui platform media sosial. Pengumpulan data melalui API twitter dilakukan selama dua bulan berturut-turut pada Desember 2015-Januari 2016 pada objek penelitian twitter account @Citilink dan @IndonesiaGaruda untuk industri airline dan @Telkomsel dan XL123 untuk industri telekomunikasi. Metode analisa konten dilakukan dengan basis lima strategi pesan (positivity, openness, sharing tasks, social networking, dan assurance) dan tiga tipe pesan (informational, socio-emotional dan instrumental).
Penelitian ini memperoleh hasil strategi positivity yang dominan menjadi brand character di semua brand. Namun pada tipe pesan ditemukan hasil yang berbeda antara brand airline kelas full service yang condong dominan pada socio-emotional dan sebaliknya pada brand airline kelas low cost carrier yang condong dominan pada informational tweet. Full service airline juga cenderung banyak melakukan strategi openness. Sebaliknya low cost carrier airline dan industri telekomunikasi sangat rendah mengadopsi strategi openness. Strategi sharing tasks dan social networking tidak diminati di semua brand. Khusus untuk positivity, berkorelasi positif dengan informational tweet. Sebaliknya positivity juga berkorelasi negatif dengan instrumental tweet.

Social media platform enables companies to reach consumers quickly and anytime nowadays. This situation then triggers opportunity to carry direct interaction and to build consumer-brand relationship through social media. This study was focused on official brand twitter account usage in which could be personified their characters as one of mediums to build long term relationship. Indonesian airline and telecommunication industries were chosen as objects because they were presumed two Indonesian service industries which naturally carried many public interaction through social media platform. Data gathering through twitter API in two consecutive months was conducted on December 2015-January 2016 in each respective twitter account. They were @Citilink and @IndonesiaGaruda for airline industry and @Telkomsel and @XL123 for telecommunication industry. A content analysis was conducted with five relational maintenance strategy type (positivity, openness, sharing tasks, social networking, dan assurance) and three message types (informational, socio-emotional and instrumental).
This study obtained positivity strategy was dominant to be brand character in all brands. However there was different result in message types between full service airline brand and low cost carrier airline brand. Full service airline brand tended to be more socio-emotional. On the other hand low cost carrier airline brand tended to be more informational. Full service airline brand also tended to conduct openness strategy. On the other hand low cost carrier airline brand and two telecommunication brands conducted low portion of openness strategy. Sharing tasks and social networking were mostly not used in all brands. In particular positivity strategy positively correlated with informational tweet. On the other hand positivity strategy also negatively correlated with instrumental tweet
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindiya Kirana
"Customer-based brand equity (ekuitas merek berbasis konsumen) adalah efek diferensial dalam respon konsumen terhadap stimulus pemasaran yang bersumber dari pengetahuan konsumen terhadap merek (Keller, 1998). Ada tiga hal penting dalam defmisi ini, yaitu: efek diferensial, pengetahuan terhadap merek, dan respon konsumen terhadap aktivitas pemasaran.
Obyek dari penelitian ini adalah hubungan antara variabel-variabel pembangun, atau stimulus pemasararan dihubungkan dengan defmisi diatas, merek-merek private label Hero dan
variabel-variabel pengetahuan merek {brand knowledge) konsumen serta hubungan variabel-variabel pengetahuan merek {brand knowledge) dan preferensi terhadap peritel Hero, sebagai efek diferensial atau manfaat jika dihubungkan dengan defmisi diatas. Private label yang
dikembangkan Hero sendiri terdiri dari enam merek dan cakupannya meliputi kategori produk-produk makanan dan non-makanan dengan klasifikasi komoditi dan premium. Enam
merek private label Hero tersebut adalah: Herosave, Nature's Choice, First Choice, Fresh Choice, Reliance, dan Innosense.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pengenalan konsumen Hero terhadap merek-merek private label Hero Supermarket dan persepsi terhadap manfaat dan nilai merek-merek private label tersebut, 2) Menguji hubungan dalam model penelitian antara variabel-variabel
pembangun merek-merek private label Hero dan variabel-variabel pengetahuan merek {brand knowledge) konsumen serta hubungan variabel-variabel pengetahuan merek
{brand knowledge) dan preferensi terhadap peritel Hero.
Dalam penelitian ini, variabel-variabel yang diteliti adalah preferensi terhadap peritel, variabel-variabel dalam kelompok pengetahuan merek {brand knowledge), yaitu: tingkat pengenalan konsumen terhadap merek-merek private label Hero {brand recognition), dan penilaian konsumen terhadap nilai merek-merek private label Hero {brand image), variabel-variabel dalam kelompok unsur-unsur pembangun merek, yaitu; unsur-unsur merek {brand
element), stimulus pemasaran, dan leverage dari asosiasi sekunder dengan peritel Hero. Kemudian dikembangkan dua buah hipotesa tentang hubungan antara variabel, yaitu: 1).
Bahwa ada hubungan korelasi yang signifikan dengan arah yang positif antara kelompok variabel unsur pembangun merek dan kelompok variabel tingkat pengetahuan merek {brand knowledge), 2). Bahwa ada hubungan korelasi yang signifikan dengan arah yang positif antara kelompok variabel tingkat pengetahuan merek {brand knowledge) dan variabel preferensi terhadap peritel Hero.
Dari hasil uji dengan menggunakan analisa korelasi kanonik, yang bersumber dari jawaban 162 responden dari 4 gerai supermarket Hero di Jakarta, terhadap hipotesa pertama membuktikan bahwa ada hubungan korelasi yang signifikan dengan arah yang positif antara variabel-variabel yang diuji. Serta melalui analisa terhadap struktur fungsi kanonik diperoleh hasil bahwa variabel terpenting dalam pembentukan hubungan korelasi kanonik adalah variabel leverage dari peritel Hero dan tingkat pengenalan merek konsumen. Sedangkan untuk hipotesa kedua dengan menggunakan analisis korelasi majemuk dan parsial membuktikan bahwa ada hubungan korelasi yang signifikan dengan arah yang positif antara variabel-variabel
yang diuji.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat pengenalan konsumen terhadap merek-merek private label Hero adalah tiga merek, dengan Herosave sebagai merek yang paling dikenali, serta empat merek hanya dikenali minoritas responden. Kemudian mayoritas responden setuju bahwa merek-merek private label Hero memberikan manfaat bagi konsumen (harga, ragam produk, dan kualitas) dan menanggapi positif bahwa merek-merek private label Hero memberikan nilai yang sebanding atau lebih baik dibandingkan merek-merek yang biasa dibeli.
Dari basil penelitian tersebut digunakan untuk memberikan beberapa rekomendasi untuk pengembangan strategi merek untuk private label Hero, terutama mengenai obyektif
pengembangan merek-merek private label Hero, target konsumen, positioning, brand architecture merek-merek private label Hero, dan program customer relationship-nya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afla Azka Alia
"Penelitian ini bertujuan meneliti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi attitude towards skippable ads dan pengaruhnya terhadap brand awareness dan purchase intention. Dengan teknik Structural Equation Model menggunakan software Lisrel, penelitian ini menemukan informativeness, entertainment, dan emotional appeal memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap attitude towards advertising. Di sisi lain, irritation berpengaruh negatif serta credibility dan personalization tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude towards advertising. Attitude towards advertising sendiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dan purchase intention. Terakhir, brand awareness berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention.

This study aims to examine the factors that influence attitude towards skippable ads and their effect on brand awareness and purchase intention. With the Structural Equation Model technique using Lisrel software, this study found that informativeness, entertainment, and emotional appeal have a significant positive effect on attitude towards advertising. On the other hand, irritation has a negative effect, and credibility and personalization have no significant effect on attitude towards advertising. Attitude towards advertising itself has a positive and significant effect on brand awareness and purchase intentions. Lastly, brand awareness has a significant positive effect on purchase intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universtas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihite, Ester Lydya Natalina
"Tesis ini membahas hubungan coolness dan citra merek terhadap preferensi merek, studi pada ponsel pintar iPhone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden mahasiswa pascasarjana komunikasi Universitas Indonesia, berjumlah 163 orang. Metode analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa regresi berganda untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan coolness dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pembentukan preferensi merek ponsel pintar.

This thesis disscusses about relationship between coolness and brand image toward brand preference. This research use quantitative explanatory design, the respondents are communication college student of University Indonesia, total respondents 163. Data analysis method are descriptive statistical analysis and regression to prove hypothesizing in this research. Results from this research are: coolness and brand image have significant and positive effect toward formation of brand preference of smartphone."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43766
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Permata Herman
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis apakah terdapat perbedaan smoking intent dan brand likeability pada remaja non-perokok apabila produk rokok menggunakan format plain packaging dibandingkan dengan format existing packaging serta kaitannya dengan variabel moderasi berupa brand familiarity dan jenis kelamin sex . Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan menggunakan hasil dari independent t-test serta general linear model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan plain packaging dan existing packaging terhadap smoking intent dan brand likeability serta dimoderasi oleh brand familiarity. Namun, jenis kelamin ternyata tidak terbukti memoderasi hubungan antara format kemasan dengan smoking intend dan brand likeability.

ABSTRACT
This research aims to analyze the difference between plain packaging and existing packaging toward smoking intent and brand likeability among young non smokers and moderating effects from brand familiarity and sex. This research conducted using experimental method. The data is analyzed by using independent sample t test and general linear model. Result shows that packaging format does make differences toward smoking intent and brand likeability, and this relationship was moderated by brand familiarity. In contrast, sex variable did not have any significant moderation effect toward packaging format and smoking intent and brand likeability. "
2017
S67287
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ksatria Rizki Riza
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara pengaruh brand awareness terhadap purchase intention Go-Jek dan GrabBike. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan survey kepada calon konsumen Go-Jek dan GrabBike yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara brand awareness Go-Jek terhadap purchase intention dengan korelasi antar variabel mendekati sempurna. Untuk pengaruh antara brand awareness GrabBike terhadap purchase intention, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara brand awareness GrabBike terhadap purchase intention dengan korelasi antar variabel sangat kuat.

This study's purpose was to analyze the effect of brand awareness towards purchase intention on the Go-Jek's and GrabBike's potential consumers, the respondents are men and women aged 18-28 years who live in Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang, and Bekasi area. This study uses quantitative method approach. The results of this study indicate that there is a strong influence between Go-Jek's and GrabBike's brand awareness toward their purchase intention. the results of this study also indicate that both Go-Jek's and GrabBike's brand awareness and purchase intention have a very strong correlation between each variables."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S63906
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sibarani, Natasha
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dan mengapa konsumen menerima atau menolak perubahan merek perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Indosat Ooredoo yang pada tahun 2015 lalu baru saja terpapar fenomena perubahan merek product dari Indosat menjadi Indosat Ooredoo. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tiga buah proses sikap terhadap product rebranding. ditemukan juga perbedaan karakteristik individu yang dapat memberikan efek pada sikap konsumen.

The purpose of this research is to understand how and why consumers resist or accept corporate rebranding. The sample in this study is Indosat Ooredoo consumers in 2015 which newly exposed to the phenomenon of changes in product brand Indosat into Indosat Ooredoo. The results in this study showed three attitudes toward the product rebranding process and differences in the characteristics of individuals who can give the effect on consumer attitudes."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>