Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 72613 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Firman Iskandar
"Penelitian mengenai model struktural termasuk anteseden brand community commitment, brand community commitment, dan outcomes brand community commitment (loyalty behaviors) sudah pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti brand community commitment dengan obyek penelitian yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community pada komitmen dari brand community, dan menyelidiki melalui mekanisme mana komitmen dari brand community mampu meningkatkan berbagai loyalty behaviors (repurchase intentions, positive word-of-mouth, dan constructive complaints). Untuk menguji hipotesis, sebanyak 120 fans JKT48 yang terdaftar sebagai member dalam Official Fan Club JKT48 digunakan sebagai sampel, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling.
Dari hasil penelitian ini diperoleh jalur positif yang signifikan antara: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. Penelitian ini menunjukkan trust dan affect adalah faktor penting dalam meningkatkan brand community commitment pelanggan. Manajer brand community harus membantu pengguna untuk mengembangkan ikatan emosional dengan brand community dan merek. Dalam penelitian ini, affect lebih berpengaruh daripada trust pada brand community commitment dan loyalty behavior. Situs brand community dan aktivitas pengguna komunitas harus dirancang untuk memfasilitasi peningkatan trust dan affect terhadap brand community.

Research on the structural model including antecedents of brand community commitment, brand community commitment, and brand community outcomes (loyalty behaviors) has been done before. This research intends to examine the brand community commitment with different research objects from previous research. The purpose of this research is to analyze the effect of trust and affect toward a brand community on the commitment of brand communities, and investigate the mechanism through which the commitment of a brand community is able to increase various loyalty behaviors (repurchase intentions, positive wordof-mouth, and constructive complaints). To test the hypotheses, a total of 120 fans of JKT48 listed as member of the Official Fan Club JKT48 was used as samples, then analyzed it using Structural Equation Modeling.
From the results of this research obtained the significant positive path between: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. This research suggests trust and affect are vital factors in enhancing customers brand community commitment. Brand community managers should help users to develop an emotional bond with the brand community and the brand. In this research, affect is more influential than trust on brand community and loyalty behavior. Brand community website and community user activity should be designed to facilitate the enhancement of trust and affect toward the brand community.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevie Sarasshati
"Tujuan dibuatnya skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari sikap dan perilaku anggota komunitas merek terhadap komitmen dan pengaruh dari komitmen terhadap tipe loyalitas dengan komitmen sebagai mediator. Studi kasus dilakukan kepada komunitas automotive Bintaro Bimmers Community. Penelitian ini diolah dengan software SPSS 20, menggunakan teknik Regresi Linier Berganda.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa sikap dan perilaku anggota komunitas BBC berpengaruh positif terhadap komitmen dan komitmen berpengaruh positif terhadap tipe loyalitas. Selain itu, Komitmen terbukti memediasi affect terhadap komplain yang membangun dan kepercayaan terhadap seluruh tipe loyalitas yaitu minat pembelian ulang, WOM, dan komplain yang membangun.

The objective of this thesis is to determine the effect of community member attitude and behavior toward brand community commitment and brand community commitment towards loyalty types whereas community commitment as a mediator. This study involves automotive community named Bintaro Bimmers Community. This research was processed with SPPS ver. 20 software, using multiple linear regression techniques.
The results show that there are positive effects between attitude and behavior of BBC members toward community commitment and community commitment has positive effect towards community commitment. Furthermore, commitment mediates between affect towards constructive complain and trust towards all loyalty types e.g repurchase intention, WOM, and constructive complaint.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Prabowo
"Industri otomotif saat ini semakin berkembang. Berdasarkan data statistik Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pencapaian penjualan kendaraan bermotor khususnya roda empat pada tahun 2013 lalu mencapai 1.226.901 unit (domestic auto market & export import category) atau ada kenaikan sebesar 10% jika dibandingkan tahun 2012 yaitu 1.116.230 unit. Namun tahun 2015 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, salah satu penyebabnya dari siklus hidupnya (lifecycle) yang sudah masuk tahap dewasa (maturity). Berbagai program telah dikembangkan dan diimplementasikan untuk meningkatkan customer loyalty. Namun, jenis loyalty program yang diperlukan tetapi tidak cukup untuk meningkatkan customer loyalty dari berbagai sisi.
Kepentingan penelitian di brand community diawali oleh fakta bahwa brand community membantu perusahaan untuk menarik konsumen individu dan untuk memperkuat customer relationship. Penelitian ini dibuat untuk menganalisa pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community dalam komitmen dari brand community, dan menguji melalui suatu mekanisme komitmen dalam brand community yang dapat meningkatkan loyalty behaviors. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara signifikan dan positif. Sampeldari 160 responden anggota Toyota Fortuner Club of Indonesia yang ikut berpartisipasi mengisi kuesioner (online dan offline). Dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling).

The automotive industry is currently growing. Based on statistical data Gaikindo (Indonesian Automotive Industry Association), the achievement of sales of four-wheeled motor vehicles, especially in 2013 and reached 1,226,901 units (domestic auto market and export import category) or there is an increase of 10% when compared to the year 2012 is 1,116. 230 units. However, 2015 has decreased compared to previous years, one of the causes of the life cycle (lifecycle) which has entered the mature stage (maturity). Various programs have been developed and implemented to increase customer loyalty. However, the type of loyalty program necessary but not sufficient to improve customer loyalty from all sides.
Brand research interests in the community initiated by the fact that the brand community helps companies to attract individual consumers and to strengthen the customer relationship. This study was made to analyze the influence trust and Affect towards a community brand in the commitment of the brand community, and investigate through a mechanism in the brand community commitment to increase loyalty behaviors. Results from this study showed significant and positive. A sample of 160 respondents member of the Toyota Fortuner Club of Indonesia who participated fill out a questionnaire (online and offline). And data analysis using SEM (Structural Equation Modelling).
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Witha Shofani Rizka
"Karena mengidentifikasi dirinya dengan sebuah komunitas, anggota dari brand community membentuk attitudinal, behavioral loyalty terhadap merek yang mereka sukai serta oppositional loyalty terhadap merek yang dianggap sebagai rival. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi antecedent dari brand community identification berdasarkan uses and gratification theory, lalu melihat pengaruh dari brand community identification terhadap loyalitas terhadap brand. Oleh karena itu, structural equation modelling digunakan untuk menguji kerangka teoritis yang diajukan. Sebanyak 315 responden yang terdiri atas anggota ARMY Indonesia menjadi sampel pada penelitian ini. Hasilnya, diketahui bahwa perceived human dan brand-related value menjadi alasan konsumen untuk mengidentifikasikan dirinya dengan sebuah komunitas merek, serta brand community identification diketahui sebagai prediktor dari loyalitas terhadap brand.

To stand up for the brands they support, members of brand communities develop attitudinal and behavioral loyalty towards the brand they love, as well as oppositional brand loyalty towards other rival brands. This study identifies the antecedents of brand community identification based on the uses and gratification theory, while also examining the relationship between brand community identification and brand loyalty. Structural equation modeling was used to test the theoretical framework based on an online survey of 315 BTS’s brand community members (ARMY) in Indonesia. The analytical results reveal that perceived human and brand-related value of the brand social media page (Weverse) lead members to identify with a brand community and identification is a strong predictor of loyalty to the brand. Based on the analytical results, this study provides suggestions to the managers of human brands to develop values that can increase identification and loyalty towards the brand."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhika Gilang Respati
"Perkembangan smartphone android yang begitu pesat menarik peneliti untuk melakukan penelitian terhadap loyalitas merek para pengguna smartphone android. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga yang tinggi terhadap pembelian kembali produk smartphone android dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh masa penggunaan terhadap pembelian kembali produk smartphone android. Data diolah menggunakan regresi linier dengan kesimpulan tidak ada pengaruh antara harga terhadap pembelian kembali dan bahwa masa penggunaan konsumen pengguna smartphone android memiliki pengaruh terhadap pembelian kembali. Disarankan untuk produsen android berusaha untuk bisa mempertahankan penjualan tetap tinggi dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Untuk penelitian selanjutnya supaya bisa mendapatkan gambaran yang lebih konkret dan lebih jelas mengenai loyalitas merek pada pengguna smartphone android. Untuk penelitian yang lebih mendalam harus memasukkan loyalitas merek pada pengguna smartphone android ke dalam analisa.

Android smartphone developments so rapidly attract researchers to conduct research on brand loyalty Android smartphone users. This thesis aims to determine whether there is any influence of high prices on the repeat purchase on android smartphone products and to find out if there is any influence term of use against the repeat purchase on android smartphone products. The data is processed using linear regression with the conclusion there is no effect between price with repeat purchase and term of usage of android smartphone users have an influence on repeat purchase. Recommended for android producer attempt to remain high for maintain sales with consumers and keeps a good relationship with consumers. For further research in order to get a more concrete and more clear about brand loyalty on android smartphone users. For further in- depth studies should be conducted put brand loyalty of android smartphone users for analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathia Humayro Hamidah
"Penggunaan sosial media yang marak membuat perusahaan harus beradaptasi untuk dapat bertahan di industri. Salah satu cara untuk mengoptimalkannya dengan pemberdayaan pelanggan melalui komunitas berbasis sosial media. Indonesia dengan masyarakat mayoritas muslim menjadi negara yang tepat untuk melakukan bisnis busana muslim sehingga banyak perusahaan yang bergerak di bidang ini. Oleh karena itu, perusahaan harus memaksimalkan kualitas dan membangun loyalitas pelanggan terhadap merek. Penelitian ini akan membahas bagaimana pengaruh engagement type (active engagement level dan passive engagement level) terhadap psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment) dalam meningkatkan brand community commitment untuk menumbuhkan brand loyalty pada pelanggan. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang dilakukan pada aplikasi IBM AMOS 26, penelitian ini menemukan bahwa engagement type (active engagement level dan passive engagement level) berpengaruh positif terhadap psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment), psychological empowerment (intrapersonal empowerment dan interactional empowerment) berpengaruh positif terhadap brand community commitment, dan brand community commitment berpengaruh positif terhadap brand loyalty.

The widespread use of social media makes companies have to adapt to be able to survive in the industry. One of the way to optimize it is by empowering customers through social media-based communities. Many companies are engaged in this industry because Indonesia is a country where the majority of people embrace Islam. Therefore, companies must maximize quality and build a strong brand loyalty. This study will discuss how the influence of engagement types (active engagement level and passive engagement level) on psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment) in increasing brand community commitment to escalate brand loyalty among customers. Using the Structural Equation Model (SEM) method on the IBM AMOS 26, this study found that engagement type (active engagement level and passive engagement level) has a positive effect on psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment), psychological empowerment (intrapersonal empowerment and interactional empowerment) has a positive effect on brand community commitment, and brand community commitment has a positive effect on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitepu, Ofalyn Octarya
"ABSTRAK
Teori dan penelitian terbaru telah menunjukkan keberhasilan brand community dalam menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan (Carlson, Suter, & Brown, 2008). Oleh karena itu, pemasar menjadi semakin tertarik menciptakan brand community. Namun, dasar-dasar psikologis persepsi pelanggan tentang komunitas dengan pengguna merek lain kurang dieksplorasi. Teori yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah Social Identity Theory dengan menguji anteseden baru dari Psychological Sense of Brand Community (PSBC) di kalangan pengguna iPhone. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menilai hubungan yang dihipotesiskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSBC berkontribusi positif terhadap komitmen dan loyalitas pengguna iPhone.

ABSTRACT
Recent theory and research efforts have demonstrated the efficacy of brand communities at establishing long-term relationships with their customers (Carlson, Suter, & Brown, 2008). Therefore, marketers become increasingly interested in creating brand communities. However, the psychological underpinnings of customer perceptions about the community with other brand users are less explored. The theory applied in this study is Social Identity Theory by examining new antecedents from Psychological Sense of Brand Community (PSBC) among iPhone users. Structural Equation Modeling (SEM) was used to assess the hypothesized relationships. The findings showed that PSBC positively contributes to iPhone users commitment and loyalty
"
2020
T54924
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mita Karima
"Kepuasan dan komitmen terhadap suatu merek dapat mempengaruhi kesetiaan merek serta keinginan untuk membeli kembali merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari kepuasan merek dengan anteseden nilai, kualitas dan ekuitas merek yang dirasakan serta komitmen merek dan dampaknya terhadap kesetiaan merek dan keinginan membeli kembali pada merek Toyota. Hasil survey dari 120 sampel dengan metode analisis structural equation modeling (SEM), menyatakan bahwa kepuasan dan komitmen terhadap merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesetiaan merek dan keinginan membeli kembali merek khususnya pada merek Toyota. Walaupun hanya nilai dan kualitas merek yang dirasakan yang secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan merek.

Brand satisfaction and brand commitment affected the automotive brand loyalty and repurchase intention. This study focused to analyze influence of brand satisfaction, with perceived brand value, quality, and equity as antesedents of brand satisfaction and brand commitment especially Toyota users and impacted their brand loyalty and repurchase intention to the Toyota brand. Survey of 120 sample who analyzed with structural equation modeling (SEM), suggested that brand satisfaction and brand commitment on automotive affecting their brand loyalty and brand repurchase intention. But only perceived brand value and quality that directly affected the brand satisfaction, perceived brand equity didn’t directly affect the brand satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53185
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Kirana Anggreni
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience dan SNS Brand Community Commitment terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention dalam konteks BTS Twitter brand community. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan anggota aktif dari komunitas brand BTS di Twitter yang berdomisili di Indonesia, berusia 18-29 tahun dan pernah membeli produk official merchandise BTS dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Kuesioner menggunakan platform Google Forms dan disebarkan secara online melalui Twitter. Terdapat sebanyak 419 responden yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini. Selanjutnya, data yang dikumpulkan diolah dengan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi dari SNS Brand Community Experience yaitu Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience dan Relationship-based Experience memiliki pengaruh positif terhadap SNS Brand Community Commitment dengan pengaruh paling besar dari variabel Entertainment Experience. SNS Brand Community Commitment juga ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap Brand Attitude dan Repurchase Intention. SNS Brand Community Commitment juga memediasi secara positif hubungan antara SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) dengan Brand Attitude dan Repurchase Intention. Selebihnya, Brand Attitude juga memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention dan juga memediasi antara variabel SNS Brand Community Commitment dan Repurchase Intention.

This study aims to determine the effect of Social Networking Site (SNS) Brand Community Experience and SNS Brand Community Commitment on Brand Attitude and Repurchase Intention in the context of BTS Twitter brand community. The samples used in this study are active members of the BTS brand community on Twitter who resided in Indonesia, aged 18-29 years and have purchased BTS official merchandise products within the last 3 months. The questionnaire utilized Google Forms platform and was spread online through Twitter. There was a total data from 419 respondents who were successfully collected in this study. The data collected was processed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (SEM) method with the SmartPLS software. The results of this study indicate that all dimensions of the SNS Brand Community Experience, namely Information Experience, Entertainment Experience, Homophily Experience and Relationship-based Experience, have a positive influence on SNS Brand Community Commitment with the greatest influence coming from the Entertainment Experience variable. SNS Brand Community Commitment was also found to have a positive influence on Brand Attitude and Repurchase Intention. Moreover, SNS Brand Community Commitment also positively mediates the relationship between SNS Brand Community Experience (IE, EE, HE, RE) with Brand Attitude and Repurchase Intention. Lastly, Brand Attitude also has a positive influence on Repurchase Intention and also mediates between SNS Brand Community Commitment and Repurchase Intention variables."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aprilina Prastari
"Penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana pemilik brand memanfaatkan komunitas dalam membangun brand positioning. Komunitas yang dipilih dalam penelitian ini adalah komunitas yang lebih banyak menggunakan social media dalam berpromosi atau melakukan kegiatan komunikasi dengan target marketnya. Selain untuk membangun brand positioning, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana pemilik brand mengelola komunitas dan menggerakkan anggota-anggota komunitas untuk mempromosikan merek tersebut ke luar komunitas.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk membangun brand positioning yang kuat, pemilik brand perlu mengomunikasikannya secara jelas dan konsisten, memiliki daya saing dibanding kompetitornya dan kredibel. Dalam mengelola komunitas online, pemilik brand juga perlu memerhatikan kualitas isi sehingga bermanfaat bagi anggota-anggotanya.

This piece of work aims to show how brand owner can use community in building brand positioning through social media. Community used as case study for this research is owned by a company and mostly use social media to promote or communicate its brand to the target market. This study also explains on how the brand owner manage and motivate the community to promote the brand outside it.
This study concludes that to build strong brand positioning, brand owner should communicate the positioning statement clearly and consistently, has competitiveness comparing with its competitors and credibel. In managing online community, brand owner needs to provide good content so give benefit to its members.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T34827
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>