Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114238 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Safiral Alam
"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan dari dimensi variabel intrinsic motives yang terdiri dari concern for others, self enhancement, dan social benefit, serta variable extrinsic motives terhadap e-wom participation, selanjutnya e-wom participation tersebut di mediasi dengan variabel personal identification dan social identification untuk mengetahui pengaruhnya terhadap e-loyalty. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dan deskriptif yang dilakukan satu kali dalam satu periode. Responden penelitian ini berjumlah 150 orang e-commerce user dengan aktivitas online shop terakhir adalah 6 bulan. Model penelitian dengan sembilan hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menyatakan bahwa intrinsic motives dan extrinsic motives berpengaruh signifikan dan positif terhadap e-wom participation pada e-commerce. E-wom participation memiliki pengaruh signifikan positif terhadap personal dan social identification. Personal site identification berpengaruh positif signifikan terhadap e-loyalty, dan social site identification tidak memiliki pengaruh terhadap e-loyalty pada e-commerce.

ABSTRACT:
The purpose of this study is to identify the impact and relation from dimension of variable intrinsic motives which is consist of concern for others, self enhancement, and social benefit, also extrinsic motives variable toward e-wom participation, and then that e-wom participation on e-loyalty with intervening variable which is consist of personal site identification and social site identification. This research uses exploratory and descriptive design research conducted in one time period (cross sectional design). Respondents of this study are 150 people who have account of e-commerce and have been done last six month online shopping activity. The six-hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling (SEM). The study states that the intrinsic motives and extrinsic motives significant and positive impact on e-wom participation in e-commerce. e-WOM participation have a positive significant effect on personal and social site identification, and then personal site identification have a positive significant effect on e-loyalty and social site identification have no significant effect on e-loyalty."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Trianda Sulawargana
"Pemanfaatan teknologi digital dan internet di Indonesia telah meluas dari sekedar mempermudah untuk berkomunikasi dan pencarian informasi; Internet sudah menjadi basis dalam menjalankan bisnis. Untuk bisnis berbasis daring seperti industri e-commerce, terjadi perluasan konsep reputasi menjadi electronic reputation. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh e-WOM terhadap e-reputation pada industri e-commerce di Indonesia dan menjelasakan interaksi berbagai dimensi e-WOM dengan e-reputation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan survei kuesioner. Penelitian ini mengambil 170 sampel pengguna internet yang mengetahui dan menggunakan situs atau aplikasi e-commerce dan pernah melihat atau membicarakan e-commerce di internet dengan teknik pengambilan sampel convinience sampling dan diolah menggunakan teknik PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel electronic word-of-mouth memberikan pengaruh langsung terhadap e-reputation, dengan dimensi trust sebagai dimensi e-WOM yang paling berpengaruh secara signifikan disusul dengan dimensi intensitas sebagai dimensi yang berpengaruh kedua. Maka dari itu, kepercayaan menjadi dimensi dominan yang menentukan bagaimana seseorang menyampaikan pendapat mengenai perusahaan kepada khalayak, dan kemudian kepercayaan juga yang menjadi faktor pembentuk persepsi seseorang terhadap informasi yang diterima.

Utilization of digital technology and the internet in Indonesia has expanded from only for communicate and search for information, the internet has become the basis for doing business. For online-based businesses such as the e-commerce industry, there's expand of concept called electronic reputation. The purpose of this study is an explanation of e-WOM on e-reputation in the e-commerce industry in Indonesia and interaction of electronic word-of-mouth dimensions with e-reputation. The research method used is quantitative research. This study took 170 samples of internet users who know and use e-commerce sites or applications and have seen or discussed e-commerce on the internet with sampling techniques convinience sampling and the data analyze with SEM-PLS techniques. The results of this study indicate that electronic word-of-mouth variables have a direct influence on e-reputation, with the dimension of trust as the main influence of e-WOM dimension and intensity being the secondary influence. Therefore, trust becomes the dominant dimension that determines how individuals expresses their opinion about the company to others, and then trust also becomes a factor forming a person's perception of the information received."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariotejo Buwono
"Bisnis ritel Indonesia saat ini berada di peringkat 12 dunia dan berkembang cukup baik dimana pada Tahun 2014 pertumbuhannya mencapai angka 14,5%. Dengan melihat
pasar yang cukup baik, perusahaan-perusahaan ritel di Indonesia telah beralih menggunakan media digital marketing untuk semakin memperluas pasarnya sehingga
bermunculan beragam website belanja online. Untuk merespon tingkat persaingan yang semakin tinggi, perusahaan memerlukan diferensiasi yang lebih unik untuk
menghasilkan unique value propositions. Sejalan dengan analogi dari tujuan pemasaran konvensional dalam konteks digital marketing sasaran utamanya adalah untuk menciptakan customer loyalty sehingga dapat membangun purchase intention dan word of mouth. Penelitian ini memiliki konteks terhadap bisnis ritel di Indonesia yang
mengaplikasi layanan e-commerce dengan secara spesifik meneliti tentang efek 8 (delapan) e-business factor yang dapat membangun customer loyalty e-commerce (eloyalty).
Selain itu, dengan memperhatikan telah banyaknya penelitian yang memfokuskan kepada peran customer characteristic dan product characteristic, maka penelitian ini mencoba memfokuskan kepada konteks website characteristic. Website characteristic memiliki peran yang cukup dominan dimana konsumen semakin senang melakukan browsing dan website yang memiliki suatu ciri khas dapat menjadi sebuah hal yang dapat memprovokasi konsumen untuk melakukan kunjungan berulang hingga
terciptanya purchase intention dan word of mouth. Oleh karena itu, untuk memperdalam hal tersebut peneliti juga mencoba untuk menganalisa peran desain e-commerce website
dan dimensi-dimensi yang ada di dalamnya terhadap peningkatan purchase intention dan word of mouth. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa customization dan contact interactivity yang merupakan dimensi dari e-business factor memiliki pengaruh terhadap e-loyalty. Sedangkan aesthetics dan functionality yang merupakan dimensi dari website design memiliki pengaruh terhadap purchase intention dan word of mouth. Selain itu, symbolism dengan dimediasi oleh website attitude juga memiliki pengaruh terhadap purchase intention dan word of mouth
This study has the context of the retail business in Indonesia that apply e-commerce services to specifically examine the effects of 8 (eight) e-business factor that can build customer loyalty e-commerce (e-loyalty). Moreover, taking into account the amount of research has focused on the role of customer and product characteristic characteristic, this research tries to focus on the context characteristic website. Based on the results obtained from this study is that the customization and interactivity contact which is the dimension of e -business factors have an influence on e-loyalty. While the aesthetics and functionality are the dimensions of website design has an influence on purchase intention and word of mouth. Additionally, Symbolism, moderated by the website attitude also had an influence on purchase intention and word of mouth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kenia Ritka Ayutimur
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word-of-mouth (e-WOM) positif terhadap intensi membeli pengguna TransjakartaTM. Penelitian ini adalah penelitian field experiment dengan desain non equivalent control group design (dengan dan tanpa e-WOM) prestest-postest. Partisipan adalah mereka yang pernah menggunakan TransjakartaTM dan memiliki akun instant messaging LINETM. Penelitian dilakukan dengan memberikan manipulasi e-WOM positif sebanyak delapan buah kepada partisipan di kelompok Eksperimen (KE) (n = 46) selama tujuh hari melalui instant messaging LINETM dan kelompok Kontrol (KK) (n = 35) tidak diberikan manipulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM positif pada penelitian ini tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap intensi membeli (t -2.677 = 0.500 (p < 0.05 )), yang berarti pada penelitian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan selisih mean antar kelompok. Hal ini juga berarti bahwa pada penelitian ini e-WOM positif tidak memiliki pengaruh terhadap intensi membeli. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya mengenai e-WOM positif yang lebih sempurna.

This study aimed to understand the effect of positive electronic word-of-mouth (e-WOM) towards purchase intention on TransjakartaTM user. This was a field experimental research with a non-equivalent control group design (with and without e-WOM) prestest-posttest. The participants are those who have used TransjakartaTM and had an account for instant messaging LINETM. This research was done by giving eight manipulation to participants in experiment group (KE) (n = 46) for seven days via instant messaging LINETM and the control group (KK) (n = 35) was not given any.
The results shows that the positive e-WOM did not have a significant effect on purchase intentions (t -2.677 = 0.500 (p < 0.05)), which means that there are no significant differences between the increase in the mean between the two groups. This means that the positive e-WOM in this study did not have an effect towards purchase intention. Therefore, this study can act as a reference to make better future research about the effect of positive e-WOM.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60776
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Maria Analia Vinesta
"Meningkatnya aktivitas jual beli online (e-commerce) menyebabkan terjadinya pergeseran pada proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Web 2.0 membantu konsumen mencari informasi guna mengatasi ketidakpastian yang dirasakan ketika melakukan aktivitas belanja online. Informasi yang beredar pada platform web 2.0 disebut electronic word-of-mouth (eWOM). Proses komunikasi eWOM akan berbeda pada setiap konsumen dengan karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik konsumen mempengaruhi komunikasi eWOM, serta mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi eWOM terhadap pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Kuesioner yang berhasil didapatkan berjumlah 397 dengan 325 data yang valid. Data diolah menggunakan teknik Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang berpengaruh terhadap komunikasi eWOM hanyalah consumer involvement. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa informasi eWOM memiliki pengaruh pada pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Hasil penelitian memberikan implikasi pada konsumen maupun pelaku bisnis e-commerce. Konsumen perlu meningkatkan kesadaran akan risiko dan pentingnya pengetahuan serta pengalaman sebelum melakukan pembelian online. Sementara itu, bagi pelaku bisnis e-commerce perlu menjaga hubungan baik dengan konsumen karena dapat mendorong terjadinya persebaran eWOM positif.

The increasing of e-commerce activities causes a shift in the process of consumer purchase decision. Web 2.0 technology helping consumers to search for information in order to cope with the uncertainty that is felt when doing online shopping activity. Information circulating on the Web 2.0 platform is called electronic word-of-mouth (eWOM). The process of eWOM communication will be different for consumer with different characteristic. The goal of this study is to determine how the consumer characteristic affect eWOM communication, and how eWOM communication affect consumer purchase decision. The data was collected by distributing online questionnaire. 397 questionnaires were collected with only 325 of them were valid. The data was processed using Structural Equation Modeling techniques. The result showed that the only consumer characteristic that influence eWOM communication is consumer involvement. The results also showed that eWOM has influence on consumer purchase decision. The results then have implications for consumers and e-commerce business. Consumers need to raise awareness of the risks and the importance of knowledge and experience before making an online purchase. Meanwhile, the e-commerce businesses need to maintain good relations with consumers because itcan lead to the spread of positive eWOM."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzia Nashiha
"[ABSTRAK
Kemajuan teknologi internet dan media sosial memberikan Electronic Word of Mouth (e-WOM) kemampuan untuk mencapai lebih banyak orang dan memiliki pengaruh yang lebih besar dalam memengaruhi sikap dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh e-WOM yang tercipta di media sosial terhadap reputasi PT GO-JEK Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat eksplanatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa e-WOM berpengaruh secara signifikan terhadap reputasi perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa intensitas dan e-WOM positif berpengaruh signifikan dalam membangun reputasi perusahaan. Sedangkan e-WOM negatif berpengaruh signifikan dalam merusak reputasi perusahaan.
ABSTRACT
The growth of internet technology and social media giving Electronic Word of Mouth (e-WOM) the ability to reach more people and greater influence in consumer?s attitudes and behaviour. The purpose of this research is to reveal the influence of e-WOM created in social media on the reputation of PT GO-JEK Indonesia. The research method is quantitative research with explanative approach. The results of this study found that e-WOM significantly effect the corporate reputation. In addition, the study also found that the intensity and positive e-WOM effect is significant in building the corporate reputation. While negative e-WOM effect is significant in damaging the corporate reputation., The growth of internet technology and social media giving Electronic Word of Mouth (e-WOM) the ability to reach more people and greater influence in consumer’s attitudes and behaviour. The purpose of this research is to reveal the influence of e-WOM created in social media on the reputation of PT GO-JEK Indonesia. The research method is quantitative research with explanative approach. The results of this study found that e-WOM significantly effect the corporate reputation. In addition, the study also found that the intensity and positive e-WOM effect is significant in building the corporate reputation. While negative e-WOM effect is significant in damaging the corporate reputation.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S62668
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angellica Brigita
"E-commerce semakin berkembang pesat saat ini. Terdapat berbagai pilihan aplikasi e-commerce di Indonesia yang dapat digunakan oleh konsumen. E-commerce perlu memiliki kualitas layanan dan fitur yang berkualitas serta andal sehingga dapat unggul dari kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality, personalization, E-WOM, dan customer support system (CSS) terhadap keberhasilan e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Jumlah responden yang mengisi kuesioner penelitian ini sebanyak 108 responden. Responden pada penelitian ini merupakan pengguna e-commerce Shopee dari kalangan generasi milenial dan generasi Z. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear dan menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality, personalization, E-WOM, dan CSS masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan e-commerce. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa e-service quality, personalization, E-WOM, dan CSS secara simultan memiliki pengaruh terhadap e-commerce success. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diantara keempat variabel independen pada penelitian ini, e-service quality merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan e-commerce.

E-commerce is rapidly growing nowadays. There are various options of e-commerce applications in Indonesia that can be used by consumers. E-commerce needs to have high-quality and reliable service quality and features in order to excel over competitors. This research aims to analyze the influence of e-service quality, personalization, E-WOM, and customer support system (CSS) on e-commerce success. This study uses a quantitative approach with data collection using an online questionnaire. The number of respondents who filled out the questionnaire is 108 respondents. The respondents in this research are Shopee users from the millennial generation and generation Z. This study uses linear regression analysis and is processed using IBM SPSS Statistics 25 software. The result of this study indicate that e-service quality, personalization, E-WOM, and CSS each have a positive and significant influence on e-commerce success. The result also show that e-service quality, personalization, E-WOM, and CSS simultaneously have an influence on e-commerce success. The result show that, among the four independent variables in this study, e-service quality is the variable that has the most infuence on e-commerce success."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Mifrohatun Fathiyah
"Meningkatnya penggunaan internet menjadi salah satu faktor yang membuat electronic word of mouth menjadi sumber informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri atas 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang berusia 18-25 tahun, pernah mengakses situs Zomato dan pernah membaca review tentang restoran yang ada di situs tersebut. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisa regresi linear sederhana. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen.

The increasing of internet usage has become one of the reason why electronic word of mouth is used as information source nowadays. The objective of this research was to analyze the effect electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com towards consumer’s puchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research were 100 students of Universitas Indonesia, with the age of 18-25 years old, who had ever accessed Zomato.com and read the restaurant review written on the site. The research's datas were collected using questionnaire and analyzed using simple regression analysis. The result of this research indicated that electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com affects consumer’s purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina Nur Zatadini
"Perkembangan teknologi menciptakan sistem komunikasi berbasis internet antar konsumen. Konsumen dapat membagikan ulasannya dalam menggunakan suatu produk serta konsumen lain dapat membaca, menilai, dan mempertimbangkan ulasan tersebut. Dalam memilih kosmetik, konsumen muslim salah satunya dapat mengandalkan pengalaman yang disampaikan oleh konsumen yang telah menggunakan suatu produk kosmetik bersertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari kredibilitas dan kuantitas E-WOM pada niat konsumen muslim di Indonesia dalam melakukan pembelian secara online pada produk kosmetik bersertifikasi halal. Model penelitian berbasis pada mediasi yang dimoderasi pada citra merek halal dan konteks situasional pada aspek penghindaran penyakit. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Berdasarkan pengumpulan dan pembersihan data, diperoleh sejumlah 354 responden muslim di Indonesia yang pernah berbelanja online dan pernah melihat ulasan tentang produk kosmetik bersertifikasi halal dalam waktu tiga bulan terakhir. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM pada software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memengaruhi online purchase intention, E-WOM quantity berpengaruh signifikan positif dan E-WOM credibility tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini turut menemukan halal brand image berperan sebagai mediasi parsial pada pengaruh dari E-WOM quantity terhadap online purchase intention dan memediasi penuh dari E-WOM credibility terhadap online purchase intention. Sementara itu, situational context tidak terbukti signifikan dalam memoderasi E-WOM credibility dan E-WOM quantity terhadap halal brand image.

Technological developments have created an internet-based communication system between consumers. Consumers can share their reviews on using a product and other consumers can read, rate, and consider these reviews. In choosing cosmetics, Muslim consumers can rely on the experience conveyed by consumers who have used a halal-certified cosmetic product. This study aims to analyze the influence of the credibility and quantity of E-WOM on the intention of Muslim consumers in Indonesia to make online purchases of halal-certified cosmetic products. The research model is based on moderated mediation on halal brand image and situational context on aspects of disease avoidance. Quantitative research was conducted by distributing online questionnaires. Based on data collection and cleaning, a total of 354 Muslim respondents in Indonesia were obtained who had shopped online and had seen reviews about halal-certified cosmetics product in the last three months. The analysis in this study uses the PLS-SEM method in the SmartPLS 4.0 software. The results of the study show that in influencing online purchase intentions, the quantity of E-WOM has a significant positive effect and the credibility of E-WOM has no significant effect. This study also finds that halal brand image acts as a partial mediation in the influence of E-WOM quantity on online purchase intentions and fully mediates E-WOM credibility on online purchase intentions. Meanwhile, the situational context is not proven to be significant in moderating the credibility of E-WOM and the quantity of E-WOM on halal brand image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carina Putri Paramitha
"Industri pariwisata adalah salah satu sektor industri yang memberikan kontribusi banyak terhadap perekonomian Indonesia. Salah satu jenis pariwisata yang berkembang dengan pesat adalah ecotourism. Destinasi Desa Ecotourism
Penglipuran Bali menjadi destinasi ecotourism unggulan di Bali yang mana hal ini dibuktikan melalui peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya dan menjadi hasil pencarian teratas di TripAdvisor. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh e-WOM terhadap visit intention pada Desa Ecotourism Penglipuran Bali dengan destination image sebagai variabel penghubungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 wisatawan domestik menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi dan Sobel Test untuk melihat pengaryg antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-WOM memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap visit intention melalui destination image. Namun, pengaruh e- WOM terhadap visit intention melalui destination image memiliki nilai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh e-WOM terhadap visit intention secara langsun

Tourism has become the industrial sector that contributes a lot to the Indonesian
economy. Ecotourism is one of tourism sector that has grown rapidly. Penglipuran
Bali Ecotourism Village is a leading ecotourism destination in Bali which is proven
by increasing tourist visit every year and become the top search result for
“Ecotourism village in Bali” on TripAdvisor. This study was conducted to analyze
the effect of e-WOM on visit intention in Penglipuran Bali Ecotourism Village with
destination image as the mediator. This research used a quantitative approach by
distributing questionnaires to 100 domestic tourists using non-probability sampling
techniques. The data analysis technique used is the regression analysis and Sobel
Test to see the influence between variables both directly and indirectly. The results
showed that e-WOM had direct and indirect effects on visit intention through
destination image. However, the effect of e-WOM on visit intention through
destination image has a greater influence value than the value of e-WOM influence
on visit intention directly.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>