Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86307 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitri Devita
"ABSTRAK
Penelitian ini menjelaskan tentang penilaian pemustaka terhadap unsur pemasaran yang
ada di Perpustakaan Freedom Institute. Unsur pemasaran yang dinilai oleh pemustaka
adalah berdasarkan unsur 4C yaitu, Costumer Value, Cost to The Customer,
Communication dan Convenience. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan
metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Responden yang berpartisipasi dalam
penelitian ini adalah 100 pemustaka yang datang ke perpustakaan selama masa penelitian.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, keempat unsur pemasaran yang ada di
Perpustakaan Freedom Institute mendapatkan penilaian baik dari pemustaka.

ABSTRACT
This research describes the user assessment of the marketing elements that exist in the
Library of Freedom Institute. Marketing elements that were rated by the user are based on
the elements that 4C, Customer Value, Cost, Communication and Convenience. This
thesis used a quantitative approach and methods of the survey by distributing
questionnaires. Respondents who participated in the study were 100 who come to the
library during the research period. The results of this study suggest that, the four elements
of marketing at Freedom Institute Library gets good ratings from users."
2014
S54623
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nurma Dewi
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan promosi di
Perpustakaan Umum Kabupaten Purbalingga, sebagai bagian dari kegiatan
komunikasi perpustakaan kepada masyarakat penggunanya, yang dilakukan
dengan cara memahami tiap tahapan promosi yang dilakukan oleh perpustakaan.
Alasan tahapan tersebut dilakukan, hambatan yang dihadapi dalam setiap tahapan,
hasil yang didapatkan, evaluasi keseluruhan tahapan promosi serta kemampuan
staf perpustakaan dalam menjalankan tiap tahapan promosi. Penelitian ini
dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra promosi Perpustakaan Umum
Kabupaten Purbalingga tidak mengawali kegiatannya dengan memahami
karakteristik masyarakat pengguna, akibatnya pada tahap eksekusi promosi, pesan
dan saluran promosi yang diberikan tidak mampu mengenai masyarakat pengguna
secara efektif. Pada tahap pasca promosi pihak perpustakaan tidak melakukan
evaluasi dan tidak mampu mengembangkan kegiatan promosi. Kemampuan staf
dalam tiap tahapan promosi juga belum memadai, staf cenderung pasif, kurang
komunikatif, dan kurang menghargai masyarakat pengguna, kondisi yang
demikian menyebabkan pelaksanaan kegiatan promosi di Perpustakaan Umum
Purbalingga belum bisa memberikan hasil yang diinginkan.

ABSTRACT
The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.;The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user?s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn?t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results., The aim of this thesis is to understand the promotion made by the Public
Library in Purbalingga; the promotion is divided into three steps: pre promotion,
execution and post promotion. The thesis investigates every step of promotion
concerning their rationale, evaluates the results of each step, also focusing on the
difficulties of staff and their abilities. The thesis uses a case study method
combined with a qualitative approach. The result is that the pre promotion step
does not entail a careful understanding of the library user’s characteristics; the
execution step cannot reach the users effectively through the right channels and
messages. Concerning the post promotion step the library doesn’t evaluate and
develop their promotion activities. The thesis relates these findings to lack of
abilities of the staff in every step of promotion; the staff has poor communication
skills, they are too passive, and, also, they lack a clear understand of who their
(potential) users are. The Public Library in Purbalingga cannot achieve their
expected results.]"
2015
T44618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aprilia Mardiastuti
"Menghadapi era industri 4.0, Perpustakaan UGM memanfaatkan media viral untuk memasarkan produk dan layanannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemanfaatan media viral untuk memasarkan produk dan layanan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, serta memberikan usulan pengembangannya di masa depan. Penelitian
yang dilakukan berjenis deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara kepada 8 orang informan dan diskusi kelompok. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dengan menggunakan analisis SWOT. Media viral yang dimanfaatkan Perpustakaan UGM untuk memasarkan produk dan layanannya berupa media sosial dan website. Produk dan layanan perpustakaan yang dipasarkan meliputi
koleksi, unit pelayanan, dan kegiatan. Perpustakaan UGM telah memanfaatkan media yang bersifat viral untuk untuk memasarkan produk dan layanan yang ada. Ke depan, Perpustakaan UGM perlu menambah media viral Youtube dan Line.

ABSTRACT
To prepare the industrial era 4.0, the UGM Library uses viral media to market its products and services. The research
objective is to determine the viral media usage to market Gadjah Mada University Library products and services, as
well as to propose future developments. Qualitative descriptive research with data collection methods in the form of
interviews with 8 informants and focus group discussions. Data analysis included data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification using a SWOT analysis. Viral media used by UGM Library to market its
products and services in the form of social media and websites. Library products and services that are marketed include
collections, service units, and activities. UGM Library has utilized viral media to market existing products and services. In the future, the UGM Library needs to add youtube and line viral media."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2019
020 PUS 26:3 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Andreina Caniggia
"Skripsi ini menjelaskan tentang pencapaian target pengguna Perpustakaan Umum Freedom yang dilihat dari Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam, kajian pustaka lalu dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Komunikasi Pemasaran Terpadu harus diterapkan secara intensif dan berkelanjutan untuk membangun branding awarness dalam masyarakat dan mencapai visi misi Perpustakaan. Selain itu, untuk perkembangan dalam Perpustakaan, Komunikasi Pemasaran Terpadu pun hadir dalam elemenelemennya sebagai berikut: Iklan, Pemasaran Langsung, Pemasaran Interaktif, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, dan Penjualan Personal.

This mini-thesis describes the achievement of the target users who viewed the Public Library Freedom viewed from Integrated Marketing Communications. This study uses qualitative research methods with indepth interviews, literature review, analyzed and interpreted. The results suggest that integrated marketing communications should be applied intensively and sustainably to build branding awarness in society and achieve the vision mission of the Library. In addition, for developments in the Library, Integrated Marketing Communications was present in the elements as follows: Advertising, Direct Marketing, Interactive Marketing, Sales Promotion, Public Relations, and Personal Selling."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42875
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Steven Yehezkiel
"Tesis ini membahas tentang bagaimana branding dan tagline dari Universitas Kristen KridaWacana (UKRIDA), yaitu Loving, Enlightening, Advanced, Determined atau disebut LEAD membangun budaya organisasi di unit perpustakaan universitas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memanfaatkan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Penulisan Penelitian ini menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai LEAD masih belum terlihat penerapannya dalam mempengaruhi budaya organisasi perpustakaan UKRIDA, walaupun sudah melaksanakan berbagai aspek yang mewakili brand dan tagline dari LEAD. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan Perpustakaan UKRIDA harus meningkatkan brand awareness dalam lingkungan perpustakaan UKRIDA sendiri secara rutin dan juga sebaiknya ada evaluasi tentang pengetahuan dan pelaksanaan nilai LEAD dalam lingkungan unit perpustakaan UKRIDA untuk melihat sejauh mana nilai LEAD dapat diterapkan, karena penelitian ini melihat bahwa nilai dari LEAD ini memiliki manfaat yang baik jika dijalankan.


This thesis discusses how the branding and tagline of Kridawacana Christian University (UKRIDA), namely Loving, Enlightening, Advanced, Determined or called LEAD build organizational culture in the university library unit. This research uses qualitative research methods using observation, interviews and document analysis. The writing of this research uses the inductive method. The results of the study conclude that thevalue is LEAD application ofstill not visible in influencing the organizational culture of UKRIDA libraries, even though it has implemented various aspects that represent the brand and tagline of LEAD. Therefore, this study suggests that the UKRIDA Library should increase brand awareness in the UKRIDA library itself on a regular basis and there should also be an evaluation of the knowledge and implementation ofvalues LEAD in the UKRIDA library unit to see the extent to which values LEAD can be applied, because this study sees that the value of LEAD has good benefits if executed."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Wulandari
"Pemasaran perpustakaan memegang peranan penting dalam meningkatkan jumlah pengunjung, meningkatkan keterpakaian fasilitas dan koleksi perpustakaan maupun meningkatkan citra perpustakaan dan lembaga induknya. Di era digital natives ini, perpustakaan perlu mengaplikasikan strategi bauran pemasaran seperti yang dilakukan pada pemasaran perusahaan agar pemasaran papustakaan dapat berjalan secara menyeluruh dan bukan hanya sekedar usaha promosi tentunya dengan memperhatikan karateristik yang melekat pada generasi sekarang yang memiliki kebutuhan berbeda terhadap perpustakaan dari generasi sebelumnya baik terhadap koleksi, fasilitas layanan maupun ruangan perpustakaan. Siklus pemasaran perpustakaan dipadukan agar program pemasaran yang dilakukan memiliki perencanaan yang jelas. memastikan program-program kerja perpustakaan berjalan secara berkesinambungan, terarah pada target dan terukur dengan jelas. Dengan demikian tujuan pemasaran perpustakaan dapat tercapai."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2017
020 VIS 19:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Amelia
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan koleksi pada salah satu perpustakaan perguruan tinggi di Jakarta Tujuan dari penilitian ini untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi dan penyebab kurangnya pemanfaatan koleksi pada perpustakaan tersebut Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengukur tingkat pemanfaatan koleksi adalah dengan melakukan evaluasi koleksi Evaluasi koleksi dilakukan dengan cara mengambil sampel pada setiap kelas koleksi perpustakaan kemudian dihitung tingkat pemanfaatan relatifnya Hasil dari evaluasi pemanfaatan koleksi dapat dijadikan bahan pertimbangan pengembangan koleksi pada perpustakaan Pada perpustakaan Kalbis Institute pemanfaatan koleksi terfokus pada beberapa subjek tertentu Subjek ilmu sosial matematika dan sains serta subjek kesusasteraan merupakan subjek yang tingkat pemanfaatan koleksinya paling tinggi Sedangkan tingkat pemanfaatan koleksi terendah ada pada subjek seni dan pariwisata yang Bila dilihat dari tahun terbit koleksi dengan tingkat pemanfaatan tertinggi berasal dari koleksi terbitan tahun 2007 2012 sedangkan untuk tingkat pemanfaatan yang rendah berasal dari koleksi terbitan tahun 2013

ABSTRACT
This undergraduated thesis discuss about collection utilization on one of university libraries in Jakarta The purpose of this research determine the level of usage and the causes lack of the library collection One of the ways that can be done to measure the level of collection usage is to evaluate the collection Evaluation of the collection done by taking samples at any class library collection and then calculated the relative utilization rate The results of the usage evaluation of the collection can be made into consideration development of collections in the library In KALBIS Institute library collection usage focused on several spesific subject Social science mathematics and science and linguistic are the subject with highest usage Art and tourism subjet is the lowest collection usage According to year of publication a collection of the highest usage rate is derived from the collection that published in 2007 2012 while for the low usage rate is derived from a collection published in 2013 "
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54620
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darmanto
"Tesis ini tentang strategi pemasaran perpustakaan perguruan tinggi yang dilakukan di Perpustakaan Universitas ? Universitas Kristen Satya Wacana (PUUKSW) Salatiga untuk membahas dan menganalisa langkah-langkah yang telah dilakukan oleh PU-UKSW dalam kaitannya dengan strategi pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Dalam temuan penelitian ini terungkap bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PU-UKSW tidak terencana dan terprogram dengan baik, sekalipun langkah-langkah strategi pemasaran: segmentation, targeting dan positioning serta bauran pemasaran (4P/PC) dilakukan. Dari hasil penelitian tersebut menyarankan bahwa PU-UKSW perlu merumuskan ulang visi-misi dan memasarkannya secara internal untuk dipahami staf, serta PU-UKSW membuat perencanaan marketing strategis untuk melakukan pemasaran yang berhasil dan memasukkannya dalam program kerja secara terstruktur. Untuk dunia kepustakawanan perlu memasukan satu unit dalam struktur organisasi yang menangani pemasaran secara khusus dan untuk dunia pendidikan kepustakawanan perlu membekali mahasiswa dengan bidang pemasaran perpustakaan.
This thesis is about the marketing strategy implemented in a university library _ Satya Wacana Christian University Library Salatiga. It discusses and analyses the stages that the library has taken in terms of marketing strategy. This research is a qualitative research with a descriptive design. The findings indicate that the library has not prepared a wellplanned marketing strategy, although it has carried out the stages in marketing strategy, which are segmentation, targeting, positioning and marketing mix (4P/PC). This research recommends that SWCU library 1). Should redefine its vision and mission statement and market it internally to its staff, 2). Prepare a strategic marketing plan and include it in the library?s program. In regards to librarianship, it is necessary to have a marketing unit within a library?s organizational structure; while in relation to library education, it is necessary to include library marketing in the curriculum.;This thesis is about the marketing strategy implemented in a university library _ Satya Wacana Christian University Library Salatiga. It discusses and analyses the stages that the library has taken in terms of marketing strategy. This research is a qualitative research with a descriptive design. The findings indicate that the library has not prepared a wellplanned marketing strategy, although it has carried out the stages in marketing strategy, which are segmentation, targeting, positioning and marketing mix (4P/PC). This research recommends that SWCU library 1). Should redefine its vision and mission statement and market it internally to its staff, 2). Prepare a strategic marketing plan and include it in the library?s program. In regards to librarianship, it is necessary to have a marketing unit within a library?s organizational structure; while in relation to library education, it is necessary to include library marketing in the curriculum."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T 28640
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rose Olivia Elza Noor
"Skripsi ini membahas tentang kualitas layanan perpustakaan di Pusdiklat Kementerian Perdagangan menurut pengguna berdasarkan metode Libqual+?. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan kualitas layanan perpustakaan Pusdiklat Kementerian Perdagangan berdasarkan kesenjangan antara tingkat harapan dan kenyataan yang diterima oleh pengguna dengan menggunakan metode Libqual+? yang terdiri dari tiga dimensi, yaitu Affect of Service, Information Control, dan Library as Place. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan Pusdiklat Kementerian Perdagangan berada dalam zone of tolerance. Kualitas layanan perpustakaan sudah memenuhi harapan minimum dari responden, tetapi belum memenuhi harapan yang diinginkan oleh responden.

This thesis discusses about the quality of library in The Ministry of Trade Education and Training Centre according to the users based on the method Libqual+?. The goal is to describe the quality of library services in The Ministry of Trade Education and Training Center based on the gap between expectation and reality levels received by the user by using Libqual+? that comprised of three dimensions, which Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This research is quantitative research with survey method.
The results showed that the quality of library services in The Ministry of Trade Training Centre is in the zone of tolerance. The quality of library services already meet the minimum expectations of the respondents, but has not met expectations desired by the respondents.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61465
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pfeil, Angela B.
"Corporations know that marketing to kids is big business?with children influencing more than $500 billion in family purchases each year. Research shows brand loyalty can start as early as age two; familiarity with logos and mascots, as early as six months. Children?s librarians need to take marketing to heart and adapt accordingly, according to youth services expert Pfeil. Creating kid-friendly marketing programs is the first step. While providing library professionals with guidelines for preparing a complete, comprehensive marketing plan, Going Places with Youth Outreach offers tips for getting children?s attention, from where to post event flyers (child?s eye height, please) to taking storytime to where restless children might be waiting (how about the DMV?)"
Chicago: American Library association, 2005
e20436059
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>