Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137578 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iskan Susanto
"[ABSTRAK
Era digital mendorong bisnis untuk terus berinovasi dalam menciptakan layanan dan produk inovatif di bidang teknologi. Investasi dalam bentuk proyek Teknologi Informasi(TI) diperlukan untuk menunjang kebutuhan tersebut. Namun, kenyataannya banyak proyek TI yang mengalami kegagalan. Kegagalan proyek TI tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan TI akan tetapi juga dapat dipengaruhi oleh faktor luar TI. Berdasarkan penelitian, salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan proyek TI adalah perubahan organisasi TI secara radikal. Selain itu, perubahan organisasi berdampak pada peningkatan jumlah delay proyek sistem informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak yang diakibatkan oleh perubahan organisasi dalam manajemen proyek TI dan memberikan rekomendasi perbaikan, peningkatan serta penyempurnaan kepada organisasi yang menerapkan perubahan organisasi. PMBOK(Project Manajement Body Of Knowledge) digunakan sebagai pedoman dalam perumusan kerangka pemikiran serta pengembangan hipotesis. Metode kualitatif digunakan dengan studi kasus di salah satu perusahaan telekomunikasi. Analisis dilakukan dengan membandingkan hipotesis dengan hasil wawancara.
Penelitian menemukan bahwa proses area dari manajemen proyek TI yang terkena dampak paling besar adalah proses area waktu sedangkan proses area yang paling kecil dampaknya adalah proses area procurement. Rekomendasi yang diberikan adalah menerapkan manajemen proyek dengan standar yang sudah diakui dan knowledge management serta mengkomunikasikan perubahan organisasi.

ABSTRACT
Digital era has encouraged business to innovate and create inovative services and product in technology. Investments on Information Technology(IT) project was needed to deliver it, but many IT projects were failed. That failure is not only influence by IT environment itself but also influence by outside IT factor. In this research, researcher found one of factor which led IT project failure is radical organizational changes. In addition, organizational changes has impact on delay of IT project delivery.
The objectives of this research are to analyze the impact of organizational change on IT project management and give recommendation for enhancement and improvement to organization which implement organizational changes. PMBOK(Project Manajement Body Of Knowledge) was used as reference to develop a theorytical framework and hipothesis theory. This research using qualitative method with case study on a telecommunication company. Analysis is done by comparing theory with the inteview result.
By this research, it found that project management process area which has the biggest impact by organization changes is project delivery time, otherwise the smallest impact is on procurement area. The recommendation are implement project management standart which recognized, to apply knowledge management and communicate the organizational changes., Digital era has encouraged business to innovate and create inovative services and product in technology. Investments on Information Technology(IT) project was needed to deliver it, but many IT projects were failed. That failure is not only influence by IT environment itself but also influence by outside IT factor. In this research, researcher found one of factor which led IT project failure is radical organizational changes. In addition, organizational changes has impact on delay of IT project delivery.
The objectives of this research are to analyze the impact of organizational change on IT project management and give recommendation for enhancement and improvement to organization which implement organizational changes. PMBOK(Project Manajement Body Of Knowledge) was used as reference to develop a theorytical framework and hipothesis theory. This research using qualitative method with case study on a telecommunication company. Analysis is done by comparing theory with the inteview result.
By this research, it found that project management process area which has the biggest impact by organization changes is project delivery time, otherwise the smallest impact is on procurement area. The recommendation are implement project management standart which recognized, to apply knowledge management and communicate the organizational changes.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Goretti Goneta Irne Renggani
"Penerapan teknologi informasi (TI) di dalam sebuah organisasi harus bisa memberikan pengaruh yang positif. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh TI terhadap knowledge management (KM) dan kinerja proyek, dengan menguji secara empiris pengaruh TI terhadap KM, pengaruh KM terhadap kinerja proyek, dan pengaruh TI terhadap kinerja proyek.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan tipe penelitian berupa studi kasus pada PTXYZ. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang TI, dimana operasional bisnisnya berbasis proyek dan memiliki dukungan TI yang sudah terintegrasi. Kuisioner dalam penelitian ini diukur berbasis proyek. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, dimana 100 sampel proyek akan diambil secara acak dari populasi proyek-proyek di PT XYZ yang dikelola oleh Project Management Office (PMO) selama tahun 2011-2012. Kuisioner tersebut ditujukan untuk 100 proyek dan diberikan kepada semua project manager (PM) yang bekerja di lingkungan PT XYZ dan terlibat dalam proyek-proyek di tahun 2011-2012. Masing-masing PM dapat mengisi lebih dari satu kuisioner sesuai dengan proyek yang ditanganinya pada rentang waktu tersebut. Hasil pengembalian kuisioner adalah sebanyak 84 proyek. Metode yang digunakan untuk melakukan analisa data adalah Partial Least Square (PLS).
Hasil temuan dalam penelitian ini adalah TI berpengaruh postif terhadap tingkat penerapan KM dan kinerja proyek di PT XYZ. Sebaliknya, KM tidak berpengaruh dalam meningkatkan kinerja proyek di PT XYZ.

Application of information technology (IT) within an organization should have positive impacts. This research was conducted to gain a deeper understanding and investigate the impacts of IT on knowledge management (KM) and project performance by examine empirically the impacts of IT on KM, the impacts of KM on project performance, and the impact of IT on project performance.
This paper presents a case study of projects? level of KM and projects performance, focuses on the XYZ Company. PT XYZ is a major player in the IT industry, which have business operation based on project and haveintegrated IT systems. The questionnaire in this research was measured based on project. 100 project samples was drawn at random from the population. The population in this research refer to all projects in PT XYZ that was managed by the Project Management Office (PMO) in 2011-2012. The questionnaire is intended for 100 projects and given to all project manager (PM) who worked in PT XYZ and was involved in the projects in 2011-2012. Each PM can fill more than one questionnaire in accordance with the project that he managed. The number of returned questionnaire was 84 projects. The partial least square (PLS) approach was used to analyze data and validate the research model.
The findings indicate that levels of IT application are positively associated with projects? level of KM and project performance. Conversely, KM has no effect on project performance at PT XYZ.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Adikara Badrus
"Tingkat kesuksesan sebuah peroyek bergantung pada bagaimana organisasi mengelola proyeknya. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesuksesan suatu proyek adalah tingkat kematangan manajemen proyek. Terdapat korelasi antara tingkat kematangan manajemen proyek dengan tingkat keberhasilan perusahaan dalam melakukan implementasi sebuah proyek. Diantara beberapa faktor yang mempengaruhi kematangan manajemen proyek, budaya organisasi merupakan satu faktor yang jarang dianalisa korelasinya pada literatur sebelumnya. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisa untuk mendapatkan tingkat dominansi dimensi budaya organisasi organisasi dengan mengacu pada framework GLOBE. Kemudian berdasar framework manajemen proyek PRINCE2, penulis melakukan analisa untuk mengetahui perspektif manajemen proyek, selanjutnya melakukan pengukuran tingkat kematangan manajemen proyek berdasar teori P3M3, dan terakhir penulis melakukan analisa untuk mengidentifikasi pengaruh budaya organisasi terhadap kematangan manajemen proyek.
Penelitian dilakukan di PT. PQR dan terbatas hanya pada departemen yang terlibat langsung dalam proyek. Penulis menggunakan metode focus group discussion, wawancara, quesioner, studi dokumentasi dan observasi langsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dimensi budaya organisasi PT. PQR didominasi oleh budaya organisasi humane orientation dan memiliki tingkat kematangan manajemen proyek sebesar 2.00 dari skala 5.00. Selain itu juga ditemukan bahwa budaya organisasi memberikan pengaruh yang bervariasi terhadap kematangan manajemen proyek perusahaan.

The level of success on an IT project is depend on how an organization manage its project. One of factor for its goal is the maturity level of a project management. It has founded that there is a correlation between the project management maturity level with the successful on how organization do their project implementation. Among many factors which has influenced to it, organization culture is one of factor which still rarely has been studied before. On this research, writer try to analyze to get the dominant level of cultural organization dimension based on Global framework, and then to know the project management perspective based on PRINCE2 project management framework, do some measurement of project management maturity level based on P3M3 theory, last but not least, writer also has analyzed to identify the impact of organization culture on project management maturity level.
Research has been done on P.T PQR and has only focused on some departments which get involved with the project. Writer has used FGD method, doing some interviews, make some questioners, do the documentation study and some observations. The result of this research shows that the dimension of PT.PQR culture is dominant by its humane oriental culture and has about 1.71 maturity level (from scale of 5.5 level). Through this research, it has obviously founded that the culture of an organization also give some variety impacts on the project management maturity level.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Laura
"Tekanan untuk menghasilkan produk atau layanan yang baru untuk pasar yang semakin bervariasi berdampak pada marak dilakukannya proyek antar organisasi atau tim. Diharapkan dari proyek antar organisasi atau tim dapat ditemukan produk inovatif yang dapat meningkatkan kualitas dari keluaran proyek. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan e-commerce dengan pengujung terbanyak di Indonesia yang menerapkan proyek antar organisasi atau tim. Namun persentase ketepatan waktu proyek antar organisasi atau tim di PT XYZ masih belum mencapai angka yang ditetapkan. Salah satu akar masalahnya adalah karena belum pernah dilakukan pengukuran tingkat kematangan manajemen proyek antar organisasi atau tim di PT XYZ. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kematangan manajemen proyek antar organisasi atau tim di PT XYZ dan rekomendasi peningkatannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pengukuran tingkat kematangan manajemen proyek menggunakan Kerzner Project Management Maturity Model (KPMMM). Pengukuran dilakukan secara kuantitatif menggunakan kuesioner KPMMM yang sudah divalidasi oleh para pakar. Kuesioner KPMMM yang digunakan terdiri dari 80 pertanyaan mencakup knowledge area scope, schedule, integration, resource, procurement, quality, risk, dan communication management dalam PMBOK. Responden yang dipilih merupakan manajer proyek yang menangani satu atau lebih dari proyek antar organisasi atau tim di PT XYZ. Hasil dari analisis kuesioner menyatakan bahwa proyek antar organisasi atau tim di PT XYZ belum lulus dari tingkat 1 karena rata-rata skor yang diperoleh dari seluruh knowledge area masih di bawah 600 dengan knowledge area schedule, integration, resource, procurement, dan risk management yang masih perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan tingkat kematangan manajemen proyek antar organisasi atau tim di PT XYZ disusun rekomendasi berdasarkan best practice dalam PMBOK edisi 6 dilengkapi dengan PMBOK edisi 7 dan menurut Kerzner yang kemudian divalidasi oleh para pakar. Terdapat empat rekomendasi pada knowledge area schedule management, empat rekomendasi pada knowledge area integration management, empat rekomendasi pada knowledge area resource management, satu rekomendasi pada knowledge area procurement management, tiga rekomendasi pada knowledge area risk management, dan tiga rekomendasi proyek secara global menurut Kerzner.

Urgency to produce a new product or service for an increasingly varied market affects the trend of inter-organization or inter-team project implementation. The expectation from inter-organizational or inter-team project is that an innovative product that can increase the quality of the project output can be found. PT XYZ is one of the e-commerce companies with the most user in Indonesia that implement inter-organization or inter-team project. But the on-time percentage for inter-organization or inter-team projects in PT XYZ still has not reached the target. One of the possible root causes is project management maturity level for inter-organization or inter-team project in PT XYZ never being measured. The purpose of this research is to know project management maturity level of inter-organization or inter-team project in PT XYZ and the improvement recommendation. To reach that purpose, project management maturity measurement using Kerzner Project Management Maturity Model (KPMMM) is being held. The measurement is being done by quantitative method using KPMMM questionnaire that has already been validated by the experts. The questionnaire contains 80 questions including scope, schedule, integration, resource, procurement, quality, risk, and communication knowledge area from PMBOK. The chosen participants are project managers that are responsible for one or more inter-organization or inter-team projects in PT XYZ. The result of the questionnaire analysis states that inter-organization or inter-team projects in PT XYZ is still not pass from level 1 because the average of the score from all of the knowledge area still under 600 with schedule, integration, resource, procurement, and risk management knowledge area need to be improved. To improve the project management maturity level of the inter-organization or inter team project in PT XYZ, recommendation based on best practice from PMBOK 6th edition completed by PMBOK 7th edition and based on Kerzner is being proposed. The improvement recommendation is validated by the experts. There are four recommendations on schedule management knowledge area, four recommendations on integration management knowledge area, four recommendations on resource management, one recommendation on procurement management knowledge area, three recommendations on risk management knowledge area, and three recommendations for project as a general based on Kerzner."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fauzy As Sidiqy
"Menurut laporan CHAOS yang dikeluarkan oleh Standish Group pada tahun 2015, hanya sekitar 29% proyek TI yang mengalami kesuksesan. Penerapan manajemen proyek merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proyek di perusahaan. PT. XYZ sebagai perusahaan terkemuka dibidang solusi TI masih mengalami kendala dalam menerapkan manajemen proyek di perusahaan. Kompetensi dari manajemen proyek dapat diwakilkan melalui tingkat kematangan manajemen proyek di perusahaan. Pengukuran terkait kematangan manajemen proyek di PT. XYZ masih belum pernah dilakukan. Untuk itu, dilakukan sebuah penelitian terkait tingkat kematangan manajemen proyek di PT. XYZ. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap tingkat kematangan manajemen proyek di perusahaan menggunakan model kematangan Kerzner (KPMMM). Setelah nilai tingkat pengukuran didapatkan, kemudian dilakukan wawancara dengan para pakar manajemen proyek untuk menyusun rekomendasi-rekomendasi peningkatan tingkat kematangan manajemen proyek perusahaan. Hasil dari penelitian adalah tingkat kematangan manajemen proyek PT. XYZ berada pada tingkat 1 dan kemudian disusun lima rekomendasi bersama pakar sebagai upaya peningkatan tingkat kematangan. Kelima rekomendasi tersebut yaitu penyusunan manajemen portofolio perusahaan, peningkatan jumlah dan kompetensi SDM, penyusunan prosedur pelaksanaan proyek, penggunaan tools dalam mengelola proyek, dan penyusunan manajemen perubahan.

According to the CHAOS report released by Standish Group in 2015, only 29% of IT projects can be categorized as success. The implementation of project management is one of the factors that influence the success of the project in the company. PT. XYZ, as a leading company in the field of IT solutions, still has problems in implementing project management inside the company. The competence of project management in the company can be represented by the maturity level of project management. Measurements related to project management maturity at PT. XYZ has never been done before. For this reason, a research was conducted regarding a measurement of the project management maturity at PT. XYZ. This research uses qualitative and quantitative methodologies. The quantitative method is used to measure the maturity level of project management in companies using the Kerzner maturity model (KPMMM). After getting the value of the measurement level, interviews with project management experts are then conducted to formulate recommendations for increasing the level of maturity of the company's project management. The results of this research are the maturity level of PT. XYZ is at level 1 and then five recommendations are prepared with experts as an effort to increase the level of maturity. The five recommendations are making the company portfolio management, increasing the number and competence of project managers, preparing the procedures for implementing projects, using tools in managing projects across the company, and preparing the change management."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Univeristas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Roro Lidya Ajeng Udyawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bisnis perusahaan berupa restrukturisasi di suatu unit organisasi yang dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Studi kasus dilakukan di PT. XYZ melalui pengukuran efisiensi dan efektivitas pada area yang mengalami restrukturisasi dengan tujuan perluasan titik distribusi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian efisiensi melalui DEA (Data Envelopment Analysis) dan penilaian efektivitas melalui pendekatan CLV (Customer Lifetime Value) dengan variabel beban operasional dan nilai penjualan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan peningkatan efisiensi dan efektivitas perusahaan sudah tercapai meskipun dengan persentase peningkatan yang berbeda.

This research aims to evaluate the company's business strategy in the form of restructuring in an organizational unit owned by a company engaged in the distribution sector. Case study conducted at PT. XYZ through the measurement of efficiency and effectiveness in areas undergoing restructuring with the aim of expanding distribution points. The analytical method used in this study is efficiency assessment through DEA ​​(Data Envelopment Analysis) and effectiveness assessment through the CLV (Customer Lifetime Value) approach with operating expense variables and sales value. The results of this study indicate that the goal of increasing the efficiency and effectiveness of the company has been achieved even though with a different percentage increase."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Fahmi Hakimi
"ABSTRAK
PT XYZ adalah salah satu organisasi yang memiliki kemampuan untuk melakukan implementasi teknologi informasi pada suatu organisasi. Perusahaan yang fokus dalam memberikan solusi perangkat lunak dengan manajemen yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Solusi yang ditawarkan oleh perusahaan antara lain adalah enterprise data warehouse dan enterprise reconciliation. Namun saat ini masih banyak proyek yang tidak bisa berjalan tepat waktu dan biaya. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya project portfolio management di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan rancangan pengembangan kapabilitas project portfolio management PPM yang sesuai untuk perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai kapabilitas kematangan yang ada pada PT XYZ dan rancangan pengembangan kapabiltas PPM. Nilai kematangan dengan pendekatan perhitungan rata-rata didapatkan nilai 1.96. Sedangkan nilai kematangan dengan pendekatan nilai terendah yaitu 1.

ABSTRACT
PT XYZ is one of the organizations that has ability to implement information technology in an organization. The company is focusing on delivering software solutions with proven experienced management for more than 20 years. Solutions offered include enterprise data warehouse and enterprise reconciliation. In terms of project performance, some projects are completed according to expectations of management. However, there were still many projects that did not complete on time and on budget. One of the reasons was the absence of project portfolio management in the company. The purpose of this study is to produce a design development of project portfolio management capability that is appropriate for the company. The results from this study is value of capability maturity that exist in PT XYZ and design for capability development PPM. Maturity value using the approach of the average value is 1.96. Maturity value using the approach of the lowest value is 1."
2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gentri Adiningtyas
"Sudah menjadi hal yang wajar pada fase terakhir manajemen proyek, kemudian akan diserahkan pada tim operasional. Merupakan hal yang sangat penting dalam memastikan manajemen perubahan yang terintegrasi antara tim proyek dengan tim operasional berjalan baik. Karya Akhir ini mengupas bermacam faktor-faktor keberhasilan dalam implementasi manajemen proyek yang terintegrasi dengan Business as Usual (BaU). Penelitian dilaksanakan di sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Fast-Mover Consumer Goods (FMCG) yang telah mengimplementasikan manajemen proyek terintegrasi dengan operasional BaU sebagai wujud manajemen pelayanan TI. Studi ini mengadopsi rancang bangun PMBOK dan ITIL, serta penelitian terdahulu, dan mendapatkan informasi data melalui wawancara dan survei perbandingan berpasangan. Kemudian data dianalisa dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) guna mendapatkan peringkat faktor keberhasilan. Penelitian ini akan memperkaya literatur yang berkaitan dengan manajemen proyek dan pelayanan TI. Hasil dari penelitian, dapati tujuh faktor penting dalam implementasi manajemen proyek yang terintegrasi dengan BaU. Tiga peringkat teratas ialah komitmen dan keterlibatan karyawan yang tepat, dukungan top management, serta tujuan dan keuntungan perubahan terhadap bisnis. Namun, didapati juga beberapa aspek yang masih bisa dikembangkan oleh perusahaan agar mencapai hasil yang lebih maksimal.

At the last phase of an IT project, it will transfer to the operations team. It is critical to ensure the change management process integrated between project and operations is working smoothly. The study highlights success factors from implementing project management integrated with Business as Usual (BaU). This research is conducted on a multinational Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) company that has already implemented project management integrated with IT Service Management. The study adopts PMBOK and ITIL frameworks, previous studies, guided interviews, and pairwise comparison surveys. Then, data analysis was conducted using the Analytic Hierarchy Process (AHP) in order to get a list of ranking success factors. This research can enrich existing literature, especially regarding IT project management and service areas. The study concludes that implementing project management integrated with BaU has seven success factors. The top three success factors are employees’ commitment and involvement, top management support, goals, and benefits of change towards business. Still, the company can make some improvements to achieve better outcomes."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sidauruk, Teofilus Gabe
"PT XYZ (XYZ) adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi (TI), khususnya jasa transaksi pembayaran elektronis. XYZ adalah perusahaan yang berbasis proyek dalam pemenuhan layanan dan produk kepada pelanggan, sehingga pelaksanaan proyek menjadi hal yang krusial.Manajemen proyek yang baik diperlukan agar layanan dan produk TI yang diberikan XYZ kepada pelanggannya dapat optimal. Dengan menggunakan model kematangan manajemen proyek, XYZ dapat mengetahui tingkat kematangan pelaksanaan manajemen proyeknya dan dapat mencapai tingkat kematangan yang diinginkan berdasarkan standar dari model tersebut. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah tingkat kematangan manajemen proyek XYZ berdasarkan project management maturity model (PMMM), dan rekomendasi perbaikan.

PT XYZ (XYZ) is a company that provides IT services, specializing in switching and payment services. In delivering these services, XYZ is a project based company, so project management and implementation becomes crucial. Excellent project management is needed so services can be delivered optimally. Project management maturity level assesment based on the project management maturity model (PMMM) can be done to give XYZ a description regarding the current level of maturity. The result of this research will be the maturity level of current project management and recommendations to improve the maturity level."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Parikenan
"Saat ini kepuasan pelanggan bukan hanya dilihat dari sisi fungsionalitas sistem, namun dilihat juga dari sisi stabilitas dan kualitas produk perangkat lunak terhadap fault dan error pada sistem. Kualitas perangkat lunak juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan karakter dan fitur dari suatu perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berdasarkan konsep tersebut ditemukan bahwa kualitas suatu proyek dapat berhubungan dengan kualitas dari permintaan. pengguna. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen perangkat lunak untuk mengelola teknologi, pengetahuan, dan kebutuhan pengguna terhadap perangkat lunak.

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui tingkat kematangan manajemen proyek dan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan di PT XYZ. Penelitian ini meggunakan framework CMMI-DEV sebagai pengukuran manajemen proyek yang menghasilkan nilai daru suatu level managemen proyek. Setelah itu didapat kesenjangan antara hasil penngukuran saat ini dengan level berikutnya. Untuk memberikan rekomendasi dilakukannya pemetaan terkait hasil pengukuran CMMI-DEV kepada model PMBOK, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang diharapkan perusahaan.

Dari hasil penelitian ini didapat tingkat kematangan perusahaan masih pada tingkat 1. Penulis memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan pada tingkat kematangan 2 CMMI-DEV dan dipetakan dengan model PMBOK.


Nowadays customer satisfaction is not only looking for in terms of system functionality, but also in terms of stability and quality of software products against faults and errors in the system. Software quality can also be defined as a set of characters and features of a software that suits the needs of users. Based on this concept it is found that the quality of a project can be related to the quality of demand. the user. Therefore software management is needed to manage technology, knowledge, and user requirements for the software.

This study tries to determine the level of project management maturity and recommendations for improvement that can be applied at PT XYZ. This study uses the CMMI-DEV framework as a measurement of project management that generates value from a level of project management. After that, there is a gap between the results of the current measurement and the next level. To provide recommendations to do mapping related to measurement results of CMMI-DEV to the PMBOK model, so that it can provide recommendations expected by the company.

The result of this study is the company’s maturity level is still at level 1. The author provides recommendations for improvement based on the CMMI-DEV maturity level 2 and is mapped with the PMBOK model.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>