Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166451 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratna Herawati
"Munculnya jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi sangat mengambil perhatian masyarakat di Jabodetabek untuk menggunakan aplikasi tersebut dan bergabung menjadi pengemudi maupun pengguna. Namun, masih banyak sekali kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang dirasakan baik dari sisi pengemudi maupun pengguna. Sebuah penelitian terkait persepsi pengguna dan pengemudi terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk terus mengembangkan jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi ini. Penelitian ini berfokus pada studi kasus PT Gojek Indonesia. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses pengadopsian pengguna dan pengemudi terhadap produk teknologi jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi akan dilakukan menggunakan model terintegrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Analisis akan dilakukan dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi pengemudi kesan positif yang dirasakan tergolong rendah, namun kebermanfaatan dirasakan tergolong tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu meningkatkan kualitas aplikasi untuk meningkatkan kesan positif. Dari sisi pengguna, kesan positif dan kebermanfaatan sudah dinilai cukup tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu mempertahankan posisi dengan memberikan beberapa inovasi agar terus dapat berkompetisi.

The new service of online transportation reservation is currently popular, encouraging other people to join as a driver and as a user. However, there are still many difficulties in using the applications from both the driver's side and the user’s side. A related study of users and drivers perception about technology adoption is needed to develop transportation reservation applications. This research focuses on case study of PT Gojek Indonesia. Analysis of factors related to users and drivers’ technology adoption of transportation reservation applications will be done using the integrated model Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). The analysis will be conducted and the data will be processed using the method of Structural Equation Modelling (SEM). The results showed low attitude towards behavior, yet high perceived usefulness from the driver's side so Gojek is expected to improve the quality of its application to enhance the positive impression from the driver's side. From the user side, the attitude towards behavior and perceived usefulness has been rated high enough so that Gojek is expected to maintain their current position by providing some innovation."
2016
S62057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harun Al Rasyid
"Kepopuleran smartphone dan perangkat digital lainnya membuat fungsi navigasi online berbasis aplikasi menjelma menjadi sebuah win-win solution bagi pihak pengguna, pemilik bisnis lokal, dan pemerintah. Meskipun begitu, kesulitan-kesulitan yang masih dirasakan pengguna dalam menggunakan fungsi navigasi online disinyalir dapat mengancam keberlanjutan pemakaian dan menghentikan kebermanfaatan yang dirasakan. Penelitian ini berfokus menguji adopsi teknologi pada fungsi navigasi online menggunakan kombinasi TAM, TPB, DIT, dan TRA berdasarkan metodologi SEM. Penelitian ini mengambil studi kasus di Indonesia, khususnya di Jabodetabek, untuk dua bahan kajian, yaitu Google Maps dan Waze, atas dasar diakuisisinya Waze oleh Google pada tahun 2013.
Hasil penelitian menunjukkan tingginya kesan positif yang dirasakan perihal kebermanfaatan dan kemudahan yang dirasakan baik untuk Google Maps dan Waze. Analisis usefulness/EOU, technology adoption lifecycle, dan technology lifecycle menunjukkan bahwa Google Maps dan Waze telah diadopsi oleh early majority dan berada di ujung kurva. Hal ini mengindikasikan tahap mature di dalam product life cycle dan karena itu, pihak pengembang aplikasi seyogyanya mulai berfokus pada pengembangan bisnis daripada pengembangan teknis dan spesifik mengingat kedua aplikasi ini telah memiliki bargaining power yang tinggi. Selain itu pihak pengembang juga seyogyanya mulai berfokus pada inovasi radikal agar tidak tergeser oleh teknologi baru yang diusung pesaing.

The proliferation of smartphones and other digital devices contributed to the rising of online navigation services as a win-win solution for users, local business owners, and the government. Despite the enormous advantage, difficulties perceived during usage could threaten the sustainability of usage and hinder the advantage. This research is focused on studying online navigation services technology adoption using a combination of TAM, TPB, DIT, and TRA within the framework of SEM. This research uses a study case in Indonesia, particularly in Greater Jakarta Area, on two objects, Google Maps and Waze, based on the acquizition of Waze by Google in 2013.
Result found a highly positive impression on usefulness an ease of use for the two applications. Analyses of usefulness/EOU, technology adoption lifecycle, and technology lifecycle found out that Google Maps and Waze have been adopted by the "early majority" and that the two applications are then positioned on the edge of the technology lifecycle curve. This indicates a "mature" stage in the product life cycle and therefore, the developer of the two applications is ought to be more focused on business development rather than on technical and specific aspects considering that they already have a strong "bargaining powers" within users eyes. Also, the developer is ought to start focusing on radical innovation to secure current position on the market should any new technology be developed by competitors.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63326
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidabutar, Yosua Grandy Ara
"ABSTRAK
Permasalahan kota yang terjadi memicu pemerintah melalui Program Jakarta Smart City untuk bekerja sama dengan PT. Qlue Performa Indonesia yang menyediakan aplikasi Qlue Smart City untuk melaporkan masalah di Jakarta. Akan tetapi, partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi tersebut masih rendah dan dapat menghambat program Jakarta Smart City yang dijalankan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi aplikasi Qlue sehingga didapatkan strategi peningkatan pengguna aplikasi tersebut. Kombinasi model adopsi teknologi UTAUT dan TTF digunakan untuk kemudian diuji dengan menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan task-technology fit berpengaruh terhadap adopsi pengguna aplikasi Qlue. Selanjutnya, dilakukan analisis berdasarkan teori technology adoption life cycle yang menunjukkan bahwa pengguna Qlue saat ini masuk kedalam kategori early adopters. Disisi lain, penelitian ini juga menggunakan importance-performance analysis dalam merumuskan strategi pengembangan fitur aplikasi.

ABSTRACT
City issues occurred had driven government via Jakarta Smart City to collaborate with PT. Qlue Performa Indonesia whom has Qlue Smart City Application for people to report any issues around Jakarta. However, people rsquo s participation in using this application is still low and inhibit Jakarta Smart City program ran by the government. This research aims to analyze factors affecting technology adoption of Qlue, so strategies for increasing user of Qlue can be developed. The combination of technology adoption model UTAUT and TTF is used to be tested by structural equation modeling. Results show that performance expectancy, effort expectancy, social influence, and task technology fit significantly affect user adoption of Qlue application. Analysis of technology adoption life cycle is also done in this research showing that Qlue user are in early adopter stage. Besides, this research uses importance performance analysis to develop the strategies for application features development."
[2017;2017, 2017]
S66980
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fany
"Perkembangan era big data telah mendorong industri untuk mengadopsi teknologi data analitik untuk kebutuhan internal audit bekerja lebih efisien dan efektif. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi data analytics untuk audit internal oleh sebuah perusahaan swasta. Kerangka teoritis studi berlandaskan pada Technology, Organization, and Environment (TOE) yang mengelaborasi komponen lingkungan dalam membahas faktor-faktor yang mendorong pengadopsian sebuah teknologi. Dengan metode studi kasus dan menggunakan in-depth interview untuk pengumpulan data primer di samping data sekunder, penelitian ini melakukan wawancara kepada 4 partisipan yang bekerja sebagai auditor internal di PT. XXX. Hasil temuan mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi adopsi data analytics di PT. XXX dari konteks teknologi ditentukan adalah relatif advantage dan complexity, sementara konteks organisasi ditentukan oleh quality of human resources dan top management support. Pada prakteknya, pemanfaatan data analytics di PT. XXX adalah untuk mencari anomali dalam populasi audit, menerapkan audit berkelanjutan (continuous auditing) serta analisa data audit dengan merekam lebih dari 1 juta data. Penggunaan data analytics untuk kegiatan audit masih cukup terbatas sehingga regulator diharapkan dapat membentuk standar audit dan mengadakan training untuk meningkatkan keterampilan auditor dalam penggunaan data analytics. Para akademisi juga diharapkan dapat menyusun dan membentuk kurikulum praktik untuk mempersiapkan para lulusannya berkiprah di dalam penggunaan data analytics.

The big data era has driven industry to adopt data analytics technology, particularly in the field of internal audit. This study systematically investigates into factors that influence the adoption of data analytics technology for internal audit by a private company. Technology, Organization, and Environment (TOE) framework is used to explain the antecedents of the adoption of data analytics technology. Using a case study design and in-depth interviews for primary data collection, the findings reveal that technological and organizational contexts are the major drivers of technology adoption in data analytics. In practice, the use of data analytics at PT. XXX is to identify the presence of anomalies in the audit population, implement continuous auditing and analyze audit data by using more than 1 million data. The use of data analytics for audit activities is still found limited, therefore regulators are advised to set reformed audit standards and provide training to enhance the use of data analytics. In addition, the role of academics to develop hands-on curriculum for students to develop their skills in data analytics is deemed crucial in promoting the advancement of data analytics technology for internal audit work.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhomas Setia Pramudhita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Kerangka konseptual penelitian didukung oleh teori Teknologi-Organisasi-Lingkungan (TOE) untuk mengeksplorasi fenomena dan menjawab pertanyaan penelitian. Desain kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang diperoleh dari wawancara dengan 11 narasumber, sementara proses triangulasi digunakan untuk memvalidasi data keuangan perusahaan terkait dengan rasio keuangan. Temuan mengungkapkan bahwa adopsi teknologi ERP di PT XYZ didorong oleh perceived benefit, perceived compatibility, dan perceived complexity Selanjutnya, manajemen puncak, ketersediaan sumber daya perusahaan, dan dukungan pemerintah memiliki peran penting dalam mendorong adopsi teknologi. Kesimpulannya, penelitian ini menemukan bahwa perusahaan mengalami peningkatan rasio gross profit nargin setelah mengadopsi teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) daripada sebelumnya

This research is aimed at investigating into factors that drive the adoption of Enterprise Resource Planning (ERP) at PT XYZ and their impact on firm performance. The conceptual framework of the study is underpinned by Technology-Organization-Environment theory (TOE) to explore phenomena and answer research questions. A qualitative design is utilized to collect and analysis data that are derived from 11 interviews meanwhile triangulation process relies on corporate archives that are related to financial ratios. Findings reveal that technology adoption of ERP at PT. XYZ is driven by perceived benefit, perceived compatibility, and perceived complexity Furthermore, top management, the availability of corporate resources, and government support has an important role in fostering technology adoption. In conclusion, the study finds that company experiences higher gross profit margin ratio after adopting ERP technology than before.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herdaya Adiyasa
"Minat cloud computing semakin meningkat seiring meningkatnya popularitas teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor yang memengaruhi organisasi dalam mengadopsi layanan cloud computing. Secara perspektif akademik, penelitian ini dilakukan untuk melanjutkan penelitian adopsi cloud computing di Indonesia. Bersamaan dengan itu, penelitian ini juga diusulkan untuk membantu PT Mastersystem Infotama MSI mengidentifikasi faktor yang memengaruhi adopsi layanan cloud computing oleh pelanggannya. Penggunaan kerangka kerja technology-organization-environment TOE diusulkan sebagai dasar model penelitian. Hipotesis-hipotesis diusulkan sesuai dengan konteks yang ada pada TOE. Responden adalah perusahaan yang merupakan pelanggan dari MSI. Dari data 179 responden, hasil uji menggunakan PLS menunjukkan bahwa dukungan manajemen puncak adalah pendorong utama. Kompleksitas teknologi adalah satu-satunya penghambat. Kemudian faktor lain seperti faktor keuntungan relatif, faktor keselarasan rencana adopsi dengan rencana bisnis, dan faktor tekanan kompetitif juga terbukti mendorong adopsi layanan cloud computing.

Interest in cloud computing is increasing as the popularity of internet technology increases. This study aims to investigate the factors that affect the organization in adopting cloud computing services. From an academic perspective, this research is conducted to continue the cloud computing adoption research in Indonesia. At the same time, the study is also proposed to help PT Mastersystem Infotama MSI identify factors that influence the adoption of cloud computing services by its customers. The use of technology organization environment TOE framework is proposed as the basis for the research model. The hypotheses are proposed according to the context of the TOE. Respondents are companies that are customers of MSI. From the data of 179 respondents, test results using PLS indicate that top management support is the main driver. The complexity of technology is the only obstacle. Then other factors such as relative advantages, alignment of adoption plans with business plans, and competitive pressure factors also proved to encourage the adoption of cloud computing services."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Denisha Vanda Ersa Firsty
"UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. E-commerce memiliki banyak keuntungan bagi UMKM yang meliputi keunggulan kompetitif, pangsa pasar yang lebih besar dan layanan pelanggan yang lebih baik, antara lain. Pengguna Indonesia sudah mahir dengan e-commerce namun sayangnya baru 19% UMKM Indonesia yang mengadopsi e-commerce. Penelitian ini mengkaji variabel-variabel yang mempengaruhi adopsi teknologi e-commerce pada UMKM Indonesia dengan menggunakan Technology Acceptance Model, Technology Organization Environment (TOE) framework dan Diffusion of Innovation (DOI) Theory. Kuesioner survei dilakukan untuk mengumpulkan data dari 260 pemilik UMKM di industri makanan dan minuman yang telah atau belum mengadopsi teknologi e-commerce untuk bisnisnya. Hasilnya dihitung menggunakan regresi logistik dan Relative Importance Index (RII) untuk mendapatkan variabel mana yang relevan dalam adopsi e-commerce di UMKM Indonesia. Dari penelitian terungkap bahwa keuntungan relatif, manfaat yang dirasakan, keamanan, pengetahuan TI karyawan dan dukungan pemerintah memiliki pengaruh penting dalam adopsi e-commerce bagi pemilik UMKM. Strategi adopsi e-commerce direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian.

MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) play a significant role in Indonesia's economy. E-commerce has many advantages for MSMEs which includes competitive advantage, greater market share and better customer service, among others. Indonesian users are already proficient with e-commerce but unfortunately only 19% of Indonesian MSMEs have adopted e-commerce. This research investigates the variables that influence e-commerce technology adoption in Indonesian MSMEs using Technology Acceptance Model, Technology Organization Environment (TOE) framework and Diffusion of Innovation (DOI) Theory. A survey questionnaire was conducted to collect data from 260 MSME owners in the food and beverage industry who have or have not adopted e-commerce technology for their business. The result was calculated using logistic regression and Relative Importance Index (RII) to get which variables are relevant in e-commerce adoption in Indonesia MSMEs. From the research, it is revealed that relative advantage, perceived usefulness, security, employee’s IT knowledge and government’s support have a crucial influence in e-commerce adoption for MSME owners. An e-commerce adoption strategy was recommended based on the study’s results."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desi Arisandy
"[Skripsi ini membahas tentang fenomena mobile commerce transportasi darat seperti ojek online, pemesanan taksi maupun pembelian e-ticketing yang menawarkan sejumlah layanan produk dan jasa yang canggih untuk pengguna
ponsel dan sedang digemari oleh penggunanya. Pemesanan layanan transportasi melalui perangkat mobile (pembelian mobile) telah menjadi nyaman melalui aplikasi mobile layanan transportasi, tetapi banyak konsumen masih tidak
memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal. Dari perspektif mobile vendor (penyedia layanan jasa aplikasi transport), mempertahankan pelanggan saat ini dan memfasilitasi pembelian lanjutan mereka sangat penting untuk membuat keuntungan dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor penentu yang mempengaruhi intensitas niat
konsumen konsumen dalam menggunakan aplikasi mobile layanan transportasi darat. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan 159 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan menjadi faktor penentu utama dalam mempengaruhi niat keberlanjutan konsumen. Variabel kepuasan dipengaruhi oleh aliran dan kepercayaan yang dipengaruhi oleh kualitas
informasi, kualitas layanan serta privasi dan keamanan. Hasil penelitian ini memberikan beberapa implikasi penting untuk penelitian mobile commerce terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.

This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that offers a number of advanced products and services for mobile users and are favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile purchases) have become comfortable transportation services through mobile applications, but many consumers still do not take advantage of the application to the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their continued very important to make a profit and achieve sustainable development. Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159 respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions. Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the quality of information, quality of service as well as privacy and security. The results provide some important implications for mobile commerce research on consumer behavior in the purchase., This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground
transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that
offers a number of advanced products and services for mobile users and are
favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile
purchases) have become comfortable transportation services through mobile
applications, but many consumers still do not take advantage of the application to
the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their
continued very important to make a profit and achieve sustainable development.
Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer
intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159
respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major
determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions.
Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the
quality of information, quality of service as well as privacy and security. The
results provide some important implications for mobile commerce research on
consumer behavior in the purchase.]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia-Absari Khalil
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat menggunakan kembali aplikasi online dating berdasarkan tiga domain yaitu task driven, technology driven, dan social driven. Penelitian ini menggunakan Expectation Confirmation Model (ECM) sebagai dasar pada model penelitian, kemudian mengintegrasikannya dengan Task Technology Fit Model (TTF) dan Theory Planned Behaviour (TPB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner ke pengguna aplikasi ABC. Data valid yang terkumpul sebanyak 271 sampel dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square-SEM (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini adalah perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, dan social norm merupakan faktor yang secara langsung memengaruhi niat menggunakan kembali apilasi online dating. Sementara itu, task technology fit dan confirmation merupakan faktor yang secara tidak langsung memengaruhi niat menggunakan kembali aplikasi online dating. Faktor-faktor tersebut diharapkan dapat menjadi perhatian bagi manajemen PT XYZ untuk meningkatkan kualitas aplikasi ABC sehingga dapat meningkatkan jumlah pengguna aktif.

ABSTRACT
The present research was aimed to study factors affecting the continuance usage intention of online dating application based on three driven domains: task driven, technology driven, and social driven. The study adopted an Expectation Confirmation Model (ECM) integrated with Task Technology Fit Model (TTF) and Theory Planned Behaviour (TPB). Online survey was conducted to 271 active users of ABC application. Data collected included of the user perception on perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, social norm, task technology fit and confirmation. Data was statistically analyzed by Partial Least Square-SEM (PLS-SEM). Results showed that perceived usefulness, perceived enjoyment, satisfaction, and social norm were found to be the closely related factors affecting the continuance usage intention of online dating application, while the factors of task technology fit and confirmation had indirect effect on the continuance usage intention. It implies that there is a need of special attention from the company management to these crucial factors to ensure the user satisfaction and to increase the number of active users of PT XYZ."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Felisa Fitriani
"ABSTRAK
Teknologi pembayaran non tunai terus dikembangkan dari waktu ke waktu untuk pencapaian transaksi yang efisien, termasuk salah satunya dengan pengembangan teknologi uang elektronik yang saat ini merambah ke media telepon selular dengan instrumen NFC. Agar tercapainya transaksi non tunai yang dapat digunakan seluruh kalangan masyarakat, maka transaksi dengan uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC dinilai tepat untuk dapat menjangkau baik masyarakat yang tergolong banked maupun unbanked. Penelitian ini berfokus untuk menguji adopsi teknologi pembayaran uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC menggunakan model UTAUT berdasarkan metodologi SEM, dengan studi kasus Telkomsel TCASH. Penelitian dilakukan pada masyarakat Jabodetabek yang tergolong banked maupun unbanked. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana bagi masyarakat banked, TCASH bermanfaat dan memudahkan bagi hidupnya sedangkan bagi masyarakat unbanked, hal ini belum dirasakan dan penggunaan TCASH bagi mereka masih membutuhkan dorongan yang besar dari luar. Oleh karena itu, sebaiknya pihak Telkomsel membuat strategi inovasi yang tepat untuk mempertahankan posisinya di kalangan masyarakat banked dan membuat pengembangan bisnis yang lebih sesuai untuk masyarakat unbanked.

ABSTRACT
Teknologi pembayaran non tunai terus dikembangkan dari waktu ke waktu untuk pencapaian transaksi yang efisien, termasuk salah satunya dengan pengembangan teknologi uang elektronik yang saat ini merambah ke media telepon selular dengan instrumen NFC. Agar tercapainya transaksi non tunai yang dapat digunakan seluruh kalangan masyarakat, maka transaksi dengan uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC dinilai tepat untuk dapat menjangkau baik masyarakat yang tergolong banked maupun unbanked. Penelitian ini berfokus untuk menguji adopsi teknologi pembayaran uang elektronik melalui telepon selular dengan NFC menggunakan model UTAUT berdasarkan metodologi SEM, dengan studi kasus Telkomsel TCASH. Penelitian dilakukan pada masyarakat Jabodetabek yang tergolong banked maupun unbanked. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana bagi masyarakat banked, TCASH bermanfaat dan memudahkan bagi hidupnya sedangkan bagi masyarakat unbanked, hal ini belum dirasakan dan penggunaan TCASH bagi mereka masih membutuhkan dorongan yang besar dari luar. Oleh karena itu, sebaiknya pihak Telkomsel membuat strategi inovasi yang tepat untuk mempertahankan posisinya di kalangan masyarakat banked dan membuat pengembangan bisnis yang lebih sesuai untuk masyarakat unbanked."
2017
S68597
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>