Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13570 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ann Arbor: University of Michigan Press, 2016
302.231 HAL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rubina Winnie Miranda
"ABSTRAK
Vietnam dan Thailand merupakan dua negara Asia Tenggara dengan proses modernisasi yang berbeda satu
dengan yang lainnya. Vietnam pernah berada di bawah rezim komunis, sedangkan Thailand cenderung pro-
Amerika dan promodernisasi di masa Perang Dingin hingga setelahnya. Namun, keduanya sama-sama
mengonsumsi Hallyu secara masif, menganggapnya sebagai simbol modernitas pan-Asia. Hallyu dilokalisasi
dan dijadikan sebagai standar bagaimana budaya populer seharusnya diproduksi. Dengan kerangka teori sirkuit
budaya, penelitian ini menganalisis dimensi-dimensi yang terkait dengan penyebaran Hallyu di Thailand dan
Vietnam dan bagaimana kedua negara tersebut melokalisasi Hallyu sebagai produk lokalnya.

ABSTRACT
Vietnam and Thailand are two Southeast Asian countries that have been through different modernization
process one and another. While Vietnam was once under a communist regime, Thailand was an ally of the U.S.
and tend to be pro-modernization during the Cold War era the following era. However, both countries consume
Hallyu massively and view it as a symbol of pan-Asian modernity. They also look up to Hallyu as a standard for
how pop culture is supposed to be produced by localizing it. Using a modified circuit of culture as a theoretical
framework, this paper examines the interrelated dimensions associated with Hallyu proliferation in Thailand and
Vietnam, and how two countries localize Hallyu as their own local products."
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jungsoo Kim
"The huge popularity of Korean pop culture overseas, labeled Hallyu,
otherwise known as the Korean Wave, is an unprecedented event in the cultural
history of Korea. Many foreign observers tend to see it as the result of the Korean
government?s policy efforts. This paper claims that Hallyu in essence is an unintended
?success without design.? No one, including the Korean government,
intentionally planned it. There were five key factors that made it possible: the
competitiveness of Korean culture industries, political economic changes in
East Asian countries, entrepreneurs in show business, fragmentary governmental
support, and global digital networks. Each of these factors has independently
contributed in its own way to the success of Hallyu. The fact that Hallyu is not a
product of any deliberate plan has some important implications for cultural policy
and culture industries."
Graduate School of Public Administration Seoul National Universiarty, 2016
370 KJPS 31:3 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Solikhin
"Fokus dari laporan ini adalah untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian produk kosmetik Korea dengan menganalisis faktor- faktor seperti kegunaan yang dirasakan dari kosmetik Korea, nilai persepsi , perilaku terhadap daya beli kosmetik Korea , norma subjektif , perilaku terhadap daya beli kosmetik Korea yang dikelola oleh pengaruh paparan dari drama korea , dan norma subjektif yang dikelola oleh pengaruh paparan Korean drama dari riset ini. Kuantitatif analisis ini deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku terhadap subjektif kosmetik Korea dan norma telah berpengaruh positif terhadap niat untuk membeli kosmetik Korea, selain itu, nilai persepsi dan kesadaran kosmetik Korea juga secara tidak langsung berpengaruh terhadap niat beli. Namun , hasil studi ini menunjukkan bahwa pengaruh paparan dari drama korea juga tidak mempunyai pengaruh pada niat untuk membeli kosmetik Korea.

The focus of this study is to examine the factors that influence purchase intention of Korean cosmetics by analyzing several factors namely awareness Korean cosmetics, perceived value, attitude towards purchasing Korean cosmetics, subjective norm, attitude towards purchasing Korean cosmetics that moderated by exposure of Korean drama, and subjective norm that moderated by exposure of Korean drama.This research is using quantitative descriptive analysis. This research finds that attitude towards Korean cosmetics and subjective norm has positive influence on purchase intention, moreover, perceived value and awareness of Korean cosmetics also indirectly influence on purchase intention. However, this study finds that exposure of Korean drama does not have any influences on purchase intention to Korean cosmetics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S62257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jauza Almazhifa Sas Indirana
"Seiring dengan popularitas Korean Wave yang terus tumbuh, kini telah memasuki fase baru yang biasa disebut Hallyu 2.0 atau New Korean Wave yang menandakan penggunaan media sosial sebagai media distribusi utamanya. Makalah ini menunjukkan bagaimana media sosial digunakan untuk meningkatkan soft power Korea Selatan di era New Korean Wave dengan melakukan ringkasan komprehensif dari jurnal akademik dan bukubuku yang berhubungan dengan topik tersebut. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, Korean Wave terbukti menjadi sumber daya budaya yang dapat meningkatkan soft power Korea Selatan dan media sosial telah berhasil membantu budaya populer Korea untuk menembus pasar global.
As the popularity of Korean Wave continuously grows, it has now entered a new commonly referred as Hallyu 2.0 or the New Korean Wave denoting the use of social media as its main medium of distribution. This paper shows how social media is being used to enhance South Korean soft power in the era of the New Korean Wave by undertaking a comprehensive summary from academic journals and books correlating with the topic. Due to its intensifying popularity outbreak, Korean Wave is proven to be a cultural resource that can increase South Korea`s soft power and social media have successfully aiding Korean popular culture to penetrate the global market."
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Judika Margaretha
"Some people call it a "virus", others view it as an "addiction". Inilah yang terjadi pada fenomena Korean Wave atau disebut juga Hallyu. Fenomena ini menjadi sebuah budaya global alternatif yang mampu merambah melalui drama TV dan K-pop yang menjadi ancaman dan mempunyai tempat sendiri diantara maraknya Hollywood dan Bollywood melalui tayangan-tayangannya tersebut. Melihat hal tersebut peneliti menjadi tertarik untuk melihat kebelakang history media di Korea dalam milestone perkembangan penggunaan media di Korea. Makalah ini berfokus dalam upaya mencari milestone industri media dan kebijakannya yang digunakan oleh pemerintah Korea sehingga memberikan image Korea yang begitu melekat kepada negara lain. Untuk menggali hal tersebut, metode yang digunakan dalam makalah ini adalah studi dokumen dari annual report, rancangan kebijakan, literatur yang dikeluarkan Kementrian Kebudayaan Korea, Jurnal Komunikasi dan tesis mengenai Korean Wave yang nantinya akan menjawab perkembangan kebijakan dan penggunaan media oleh Korea. Makalah ini diharapkan mampu memberikan pembelajaran bagi negara-negara lain dalam membuat kebijakan dan memanfaatkan media yang dimiliki untuk membuat fenomenanya sendiri.

Some people call it a "virus", others view it as an "addiction". That’s "Korean Wave" ("Hallyu" in Korean). This phenomenon has become an alternatif culture that consists principally of two forms of media, television serials and pop music (K-pop), has it own popularity among Hollywood and Bollywood. Researcher see this phenomenon as something unique and interesting because the Korean government took full advantage of this national phenomenon and began aiding Korean media industries in exporting Korean pop culture. This global expansion has contributed to enhancing South Korea’s national image and its economy. How the authors developed and conducted this research by using document studies from annual report, strategy and policy planning, and literature from Ministry Culture, Sport, and Tourism Korea, Communication Journal, and thesis from other university that contain Korean Wave. The purpose of the research is to figure out the possibility for other country to adopt the strategy of the Korean Wave in the interest of creating their own Wave.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Rachma Syahrizal
"ABSTRAK
Korean Wave atau lebih dikenal dengan istilah Hallyu merupakan sebuah fenomena tren budaya Korea telah mencapai tingkat popularitas yang tinggi di seluruh dunia (Eun, 2013). Salah satu efek dari Hallyu adalah tingginya peningkatan industri operasi plastik di Korea Selatan dan kejadian tersebut telah banyak menarik perhatian bahkan dari media yang berpengaruh seperti The Economists, New York Times, ABC News, Business Insider, the Atlantic, dan NBC (Wang, 2015). Dalam karya ilmiah ini, peneliti akan mendiskusi lebih dalam akan efek Hallyu, terutama dari subkultur K-pop, terhadap industri operasi plastik di Korea Selatan serta keuntungan dan kerugiannya dalam pandangan fans Kpop generasi muda. Peneliti juga meneliti penyebab dan alasan mengapa industri operasi plastik Korea Selatan telah menjadi salah satu komponen utama dari Hallyu, serta pro dan kontra dari masalah tersebut.

ABSTRACT
Korean Wave or commonly referred to as Hallyu is a phenomenon in which Korean popular culture has reached a high distinction across the globe (Eun, 2013). One of the impacts of Hallyu is the tremendous enhancement of the plastic surgery industry in South Korea and it has drawn numerous attention even from the influential media such as The Economists, New York Times, ABC News, Business Insider, the Atlantic, and NBC (Wang, 2015). In this paper, the researcher discusses the impact of Hallyu, especially its K-pop subculture, towards the plastic surgery industry in South Korea as well as its advantages and disadvantages in the eyes of the young generation of K-pop fans. The researcher also sees through the causes and reasons of why South Korean plastic surgery industry has been one of the main components of Hallyu, as well as the pros and cons to this issue."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yulian Dwi Cahyo
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi saat ini memberikan dampak yang besar terhadap penyebarluasan Korean Wave atau Hallyu, yakni penyebarluasan budaya Populer Korea secara global. Keberhasilan Korean Wave atau Hallyu dalam memperkenalkan budaya populer Korea kendati terdapat perbedaan latar belakang budaya perlu dijadikan perhatian. Mengingat hal tersebut, penulis menggunakan metode studi literatur dengan pengkajian reflektif dalam usaha mengetahui fenomena Korean Wave atau Hallyu secara luas. Hasilnya keberhasilan fenomena ini tidak lain karena keberhasilan Korean Wave atau Hallyu dalam memainkan peran emosi. Emosi hadir akibat adanya reaksi tubuh terhadap kehadiran produk Korean Wave atau Hallyu pada diri seseorang, seperti penggemar yang merasakan bahagia karena ia gemetar setelah menyaksikan idolanya secara langsung. Hal ini sesuai dengan teori emosi William James yang menjelaskan bahwa emosi hadir karena adanya reaksi tubuh melalui persepsi terhadap rangsangan yang terjadi pada eksternal tubuh manusia. Penelitian ini berfokus pada reaksi ketubuhan yang terjadi melalui persepsi sebagai pemicu ketertarikan emosional terhadap fenomena Korean Wave atau Hallyu.

The development of information and communication technology in current era of globalization has a huge impact on the spread of Korean Wave or Hallyu, which is the spread of Korean popular culture globally. The success of the Korean Wave or Hallyu in introducing Korean popular culture despite differences in cultural backgrounds need to be taken into attention. In consideration of this, the author uses the literature study method with reflective assessment in an attempt to know the Korean Wave or Hallyu phenomenon at a large scale. As as result, the success of this phenomenon is due to the success of the Korean Wave or Hallyu in playing role of the emotions. Emotions are present due to the bodily reaction to the presence of Korean Wave or Hallyu product in a person, such as a fan who feels happy because he is trembling after witnessing his idol live. This is in accordance with William James’ theory of emotion which explains that emotions are present due to bodily reactions through perception of stimuli that occur in the external human body. This research focuses on bodily reactions that occur through perception as a trigger for emotional attraction to the phenomena of Korean Wave or Hallyu."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Korea : Jimoondang, 2008
KOR 302.235 19 KOR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>