Ditemukan 101846 dokumen yang sesuai dengan query
Aldian Nugraha
"Penelitian ini membahas mengenai kegiatan evaluasi terhadap sitem temu kembali pada OPAC di Perpustakaan Kementerian Perdagangan RI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat keefektifan kinerja GLiS sebagai sarana temu kembali informasi perpustakaan Kementerian Perdagangan RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menghitung nilai recall dan precision dan respon waktu. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dan wawancara yang hanya sebagai pendukung observasi. Penelitian ini sebelumnya belum pernah dilaksanakan di perpustakaan tersebut. Maka dari itu perlu adanya penilaian terhadap efektivitas sistem temu kembali supaya kita mengetahui seberapa baik sistem temu kembali informasi OPAC di Perpustakaan Kementerian Perdagangan RI dalam memenuhi tujuannya. Adapun hambatan yang ditemukan dalam penilaian recall dan precision dikarenakan oleh beberapa faktor yakni tidak sesuainya subjek yang digunakan oleh penggua dalam pencarian dengan subjek yang diinput dan pengguna belum sepenuhnya memahami aplikasi sistem temu kembali yang digunakan.
This research discusses an activity of evaluation retrieval system of OPAC at Ministry of Trade of RI Library. The purpose of this research is to identify the level of effectiveness of GLIS performance as a means of retrieval of the ministry of trade of RI library information. This research is quantitative research by calculating the value of recall, precision, and response time. The method of this research is the literature study and interviews as a supporting observation. This research has not previously been implemented in the library. Therefore, there is need for an assessment of the effectiveness of the retrieval system so that we know how well the information retrieval OPAC in the Library of the Ministry of Trade of Indonesia in meeting its objectives. The barriers are found in the assessment of recall and precision due to several factors namely the incompatibility of subjects used by the user in the search to the subject that is inputted and users do not fully understand the application retrieval system used."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69928
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sultan Fajri Aditya
"OPAC sebagai sarana temu kembali informasi sangat dibutuhkan bagi pengguna perpustakaan. Salah satu Perpustakaan yang telah memanfaatkan OPAC adalah Perpustakaan LAPAN Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan OPAC sebagai sarana temu kembali informasi di website Perpustakaan LAPAN Bandung. Penelitian ini menggunakan Metode Evaluasi Inspeksi Kebermanfaatan dalam meninjau pemanfaatan sistem OPAC dari 165 butir checklist sistem OPAC yang harus dipenuhi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hanya sebesar 41,82% butir checklist yang terpenuhi, artinya OPAC LAPAN Bandung masih belum baik. Oleh karena itu, Perpustakaan LAPAN Bandung perlu mengoptimalkan pengembangan website OPAC sehingga dapat lebih efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Adapun keluhan yang ditemui pengguna akibat kurangnya efektivitas OPAC adalah sulit menemukan informasi terkait ketersediaan buku. Pengguna masih harus mengandalkan penelusuran mandiri ke rak buku atau bertanya langsung kepada pustakawan.
OPAC as a means of information retrieval is needed for library users. One of the libraries that uses OPAC is the LAPAN Bandung Library. This study aims to see the use of OPAC as a means of retrieving information on the LAPAN Bandung Library website. This study uses the Usability Inspection Evaluation Method in reviewing the utilization of the OPAC system from the 165 items of the OPAC system checklist that must be fulfilled. The results of the study show that only 41.82% of the 165 items of the OPAC system checklist were met. This shows that the quality of OPAC LAPAN Bandung is still poor. Therefore, Lapan Bandung Library needs to optimize the development of its OPAC website so that it can effectively and efficiently satisfy the needs of its users. The users complained the ineffectiveness of OPAC that it is difficult to find information regarding the availability of books. Users still have to independently browsing on the bookshelf or ask the librarian directly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nurul Aini Rahayu
"OPAC (Online Public Access Catalog) merupakan salah satu sarana temu kembali informasi yang penting untuk diimplementasi oleh perpustakaan karena tidak hanya dapat membantu pustakawan dalam mengelola koleksi perpustakaan, tetapi juga dapat membantu pengguna menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan secara mudah dan fleksibel. Meskipun demikian, OPAC dapat mengalami permasalahan ketika pencarian dilakukan seperti dokumen yang ditemukan tidak relevan dengan kueri yang diberikan oleh pengguna, informasi yang tersedia di OPAC tidak lengkap, dan sebagainya. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui dan menilai seberapa efektif dan efisien kinerja OPAC Perpustakaan UI berdasarkan kriteria evaluasi sistem temu kembali informasi Salton dan McGill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja OPAC Perpustakaan UI dinilai efektif dan efisien, hal ini terlihat dari rata-rata nilai precision yang berada di angka 0.87 atau tingkat precision tinggi, rata-rata waktu respons pencarian berada di angka 1,81 yang dinilai cepat, kecilnya upaya pengguna yang dibutuhkan, tampilan antarmuka OPAC Perpustakaan UI dan hasil pencarian yang disajikan dengan yang baik dan mudah untuk dipahami, serta lengkapnya cakupan koleksi yang tersedia di OPAC Perpustakaan UI.
OPAC (Online Public Access Catalog) is an retrieval information tool which is considered important to be implemented by a library because it does not only help the librarians in managing the library’s collections but it also helps the users in retrieving the library materials easily and flexibly. Even so, OPAC might experience some problems such as documents that are retrieved are not relevant to the query given by the user, the information available in the OPAC is incomplete, and so on. Therefore, this study is conducted to find out and assess how effective and efficient the performance of UI Library’s OPAC based on Salton and McGill’s information retrieval system evaluations criteries. The results of this study indicate that the performance of UI Library’s OPAC is considered to be effective and efficient, which can be seen from the average of precision value which is at 0,87 and or a high level precision, the average search response time is at 1,81 seconds which is considered fast, small user effort is required, the interface display of UI Library’s OPAC and the search results that are well-presented and easy to understand, as well as the complete collection coverage that is provided in the UI Library’s OPAC."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Alexander Sapto Utomo Putro
"Skripsi ini membahas mengenai penelusuran informasi dengan menggunakan OPAC, hambatan yang dialami pemakai saat melakukan penelusuran dan tingkat keberhasilan dalam temu kembali dokumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menyarankan untuk memperbaiki fitur dan isi yang terdapat di OPAC, menambah fasilitas komputer dan membuat panduan mengenai penggunaan OPAC yang baik. Hal tersebut dilakukan agar mempermudah dan mempercepat pengguna dalam melakukan proses penelusuran informasi di perpustakaan.
This essay discussed about information retrieval through OPAC, barriers experienced by user, and success rate in document retrieval. This research using qualitative methods and case studies presented by descriptive. Results of the essay is suggesting to fix the contents and feature of OPAC, adding computer facilities and create guidelines on the use of OPAC good. This is done in order to simplify and speed up the user in the process of information retrieval in the library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54903
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Latisha Sahrani Syafril
"Perpustakaan Badan Narkotika Nasional merupakan salah satu perpustakaan di Jakarta yang telah menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System) dalam pelayanannya sebagai sarana temu kembali informasi, berupa OPAC. Online Public Access Catalog (OPAC) adalah sistem katalog yang dapat diakses secara online dan dapat digunakan oleh pengguna untuk menelusuri data koleksi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan OPAC dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara dan observasi dalam rentang waktu April hingga Mei 2022. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah OPAC sudah dimanfaatkan secara administratif, sehingga bisa membantu pustakawan dalam temu balik.
The National Narcotics Agency Library is one of the libraries in Jakarta that has used SLiMS (Senayan Library Management System) in its services as a means of information retrieval, in the form of OPAC. Online Public Access Catalogue (OPAC) is a catalogue system that can be accessed online and can be used by users to browse library collection data. This study aims to identify the use of OPAC and identify the obstacles faced in its use. This study uses a qualitative research approach with descriptive research methods, the techniques used in collecting data in this research are interviews and observations in the period April to May 2022. The conclusion that can be drawn from this research is that OPAC has been used administratively, so it can help librarians in meeting back."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ahmad Yasin
"Penelitian ini membahas mengenai evaluasi sarana sistem temu kembali informasi di Perpustakaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT . Nabi dan Shafi 2017 mengatakan bahwa untuk mencapai recall dan precision relatif yang lebih tinggi, manajemen professional informasi dan manajemen software perlu untuk mengidentifikasi kelemahan pada sintaks dan semantik dari manajemen kosakata dan peningkatan dalam efisiensi pendekatan penanganan sumber pengetahuan melalui ekspresi subjek spesifik oleh para pengunjung. Cleverdon pada 1966 mengidentifikasi 6 enam kriteria dalam evaluasi sebuah sistem temu kembali informasi, mencakup: coverage cakupan, time lag jeda waktu, recall, precision, form presentation tampilan, dan user effort upaya pengguna. Untuk tujuan ini, penelitian ini mengevaluasi sarana temu kembali informasi di Perpustakaan BPPT dan mengobservasi tanggapan pengguna terhadap sarana temu kembali informasi yang digunakan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, studi dokumen, analisis audio visual kualitatif dan wawancara. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma alat bantu temu kembali informasi dari katalog fisik seperti kartu ke katalog online berbasis web untuk meraih kebutuhan pengguna dengan efektif dan efisien. Namun, sudahkah sarana temu kembali informasi menyediakan informasi relevan kepada pengguna? Penelitian terhadap evaluasi sarana sistem seperti penelitian ini sangat diperlukan untuk dilakukan untuk fungsi sistem temu kembali informasi bisa ditingkatkan. Menurut Lancaster 1979 dan Kent 1971, sistem temu kembali informasi berfungsi untuk mengidentifikasi sumber informasi yang relevan dengan ketertarikan dari target pengguna, menganalisis konten dari sumber informasi dokumen, menampilkan konten dari sumber yang telah dianalisis dengan cara yang sesuai dengan pencocokkan query yang di-input oleh pengguna, menganalisis query pengguna dan menampilkannya dalam bentuk yang sesuai dengan database, mencocokkan pernyataan pencarian yang relevan, dan membuat penyesuaian yang diperlukan dalam sistem berdasarkan tanggapan dari pengguna.
This research explores information retrieval tool system evaluation at Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT library. Nabi and Shafi 2017 asserted that to achieve higher relative recall and precision, information professional and software management need to identify the flaw of syntax and semantic of vocabulary management as well as improve the efficiency of knowledge source approach through specific subject requested by library users. Cleverdon 1966 identified 6 six criteria to evaluate an information retrieval system, including scope, time lag, recall, precision, form presentation and user effort. For that purpose, this research evaluates information retrieval tool at BPPT library and observes what is users rsquo views about the library rsquo s information retrieval tool. This research is using qualitative approach with descriptive method. Data is collected through observation, document study, qualitative audio visual analysis and interviews. Information and communication technology development has changed retrieval tools paradigm from catalogue to web based online catalogue to reach out users rsquo needs efficiently and effectively. However, has the retrieval tool provided relevant information to users Research on tool system evaluation such as this one is absolutely necessary to be conducted in order that retrieval tool function can be enhanced. According to Lancaster 1979 and Kent 1971 retrieval system tool serves to identify information sources relevant to the interest of target users, analyze content from information sources, display content from sources having been analyzed in a way that matches the query inputted by users, analyze users query and display it in a form corresponding to the database, match relevant query statement and make any necessary adjustments in the system based on users rsquo feedback."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aditya Mega Ichwani
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas tentang evaluasi koleksi di perpustakaan Kementerian Sosial RI menggunakan metode konspektus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi koleksi buku perpustakaan Kementerian Sosial RI serta melihat kesesuaian koleksi yang dimiliki perpustakaan Kementerian Sosial RI. Penelitian ini menggunakan metode konspektus dengan pendekatan kualitatif. Evaluasi koleksi pada penelitian ini berpusat pada koleksi perpustakaan (collection-centered). Data dikumpulkan dan ditulis ke dalam lembar kerja konspektus serta dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi buku terbitan departemen sosial berada pada tingkatan 1, 2a, 2b, dan 4; koleksi buku terbitan non-departemen sosial berada pada tingkatan 1b, 2a, dan 2b; dan koleksi referensi yang berada pada tingkatan 2. Penilaian koleksi dilakukan oleh peneliti yang kemudian diberikan kepada pustakawan untuk dinilai kembali. Analisis bahasa pada terbitan departemen sosial, non-departemen sosial dan koleksi referensi memperlihatkan bahwa mayoritas koleksi memiliki indikator P yang berarti bahan literatur didominasi oleh bahasa Indonesia yang merupakan bahasa utama perpustakaan.
ABSTRACTThis thesis discusses the evaluation of book collection at the Library of Ministry of Social Affairs using the Conspectus Method. This study is aimed to evaluate the collection of the Ministry of Social Affairs Library. This study uses conspectus method with a qualitative approach. Evaluation of the collection in this study is focused on the collection. The data are collected and written into the worksheet and through the interview. The result of this study shows that the collection published by the social departement is in level 1, 2a, 2b, and 4; the collection published by the non social departement is in level 1b, 2a, and 2b; the reference collection is in level 2. The assessment of the collection done by researcher and given to the librarian to reassessed. Analysis of the language on the social departement, non social departement, and reference collection shows that the majority of collection has P indicator which means the material of literature is dominated by Indonesian language which is the primary language of the library."
2015
S59453
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Taufik Ridwan
"Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menggambarkan pemanfaatan OPAC dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan di perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon oleh pengguna masih belum optimal. Kendala dalam penggunaan OPAC terdiri dari dua, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.
Diantara kendala internal yang ditemukan diantaranya 1) tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan penelusuran dengan OPAC, 2) terlalu banyak temuan (list) dan 3) harus tahu dengan kata kunci yang tepat. Kendala eksternal yang dihadapi pengguna dalam menggunakan fasilitas OPAC diantaranya, 1) sering mati lampu, 2) akses OPAC yang lambat, 3) keterbatasan jumlah komputer, 4) komputer banyak yang rusak dan 5) perbedaan antara informasi di OPAC dan di rak.
The objectives of this study is to describe the utilization of OPAC and identify the obstacles encountered in its utilization. This study used a qualitative approach by collecting data through interviews, observation and documentation. The results of this study concluded that the utilization of the library of the Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon by the user is still not optimal. Constraints in the use of OPAC consists of two, namely the internal constraints and external constraints. Among the internal constraints that are found include 1) do not have much time to do a search with OPAC, 2) too many findings (list), and 3) must know the appropriate keywords. External constraints faced by users in using the OPAC facilities including, 1) often there is electricity, 2) a slow OPAC access, 3) limited number of computers, 4) there are many demaged computers 5) there are different information between OPAC and on the shelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29235
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Galih Panuntun
"
ABSTRAKPenelitian ini membahas strategi promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Kementerian Sosial RI. Dalam melakukan promosi, perpustakaan ini melaksanakan sebuah kegiatan yang disebut Bibliobattle. Bibliobattle adalah kegiatan melombakan buku untuk menjadi buku yang terbaik di antara buku lainnya yang dilombakan dengan cara deskripsi buku. Strategi promosi yang digunakan dengan memanfaatkan kegiatan Bibliobattle adalah strategi dorong. Penyebaran informasi mengenai pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara mulut ke mulut dari pustakawan ke rekannya sampai peserta yang pernah ikut kegiatan ini. Pada pelaksanaan Bibliobattle, kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari penonton yang hadir. Setelah kegiatan ini berjalan, perpustakaan mengalami peningkatan pada jumlah kunjungan dan jumlah keterpakaian koleksi.
ABSTRACT<>br>
This study discuss the promotion strategy that done by the Ministry of Social Affairs Library. In executing promotion, this library is perform an activity called Bibliobattle. Bibliobattle is an competition activity that the presenter must describe the content of books that presenter reads to win the books. The promotion strategy that used is push strategy. Dissemination of information about this activity is done by mouth to mouth by librarian to colleagues and by participants that joined this activity. This activity received high enthusiasm from the audience that attend Bibliobattle. After Bibliobattle held, the visitors of library and number of collection used is increasing."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library