Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13941 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Leonnard
"Aplikasi sepeda motor kini menjadi sarana transportasi yang populer di kota-kota besar di negara-negara berkembang. Hal ini karena tingginya tingkat mobilitas masyarakat dihadapkan pada tingginya tingkat kemacetan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas layanan terhadap e-WOM melalui kepuasan konsumen dengan menggunakan PLS SEM-path modeling Temuan empiris menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diuji terbukti. Kualitas layanan memiliki pengaruh positif yang signifikan secara langsung terhadap kepuasan dan tidak langsung terhadap e-WOM. Selanjutnya, dari indikator kualitas layanan, indikator yang paling berpengaruh adalah interaksi pengemudi dengan konsumen. Temuan ini berbeda dengan transportasi umum yang tidak menggunakan aplikasi online dimana indikator fasilitas fisik memiliki pengaruh tertinggi yang membentuk persepsi konsumen terhadap kualitas layanan. Hasil penelitian ini ditutup dengan diskusi dan implikasi manajerial."
Jakarta: FEB UIN Syarif Hidayatullah, 2018
650 ESENSI 8:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Syahdani Guci Fahmy
"Adanya perkembangan internet yang cepat menggeserkan paradigma e-commerce menjadi social commerce (s-commerce). Salah satu platform s-commerce yang sedang marak di Indonesia adalah TikTok. Media sosial ini menawarkan penggunanya untuk melihat informasi yang tersebar pada for you page, berkomunikasi dengan satu sama lain, hingga memperbolehkan penggunanya untuk secara bebas membagikan pendapat dan informasi hingga bertransaksi terkait produk atau jasa (eWOM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari eWOM kepada niat pembelian konsumen sehingga dapat menjadi masukan untuk s-commerce dalam mengembangkan strategi yang lebih baik untuk mendorong keterlibatan eWOM di antara pengguna s-commerce. Penelitian ini didasarkan pada teori dari Elaboration Likelihood Model (ELM), Theory of Reasoned Action (TRA), dan Social Support Theory (SST) yang diolah menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan menggunakan data kuesioner dari 228 responden. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa information credibility, social support, innovativeness, website quality, dan attitude towards eWOM adalah faktor penentu eWOM Engagement di s-commerce TikTok yang kemudian Attitude towards eWOM serta eWOM Engagement mempengaruhi purchase intention pada s-commerce TikTok.

The rapid growth of the internet has shifted the e-commerce paradigm to social commerce (s-commerce). One of the most popular s-commerce platforms in Indonesia is TikTok. This social media offers its users to view the information spread on the for you page, communicate with each other, to allow users to freely share opinions and information to transact related to products or services (eWOM). This study aimed to examine the impact of information circulating on TikTok in the form of eWOM on consumer purchase intentions. This study is based on the theory of the Elaboration Likelihood Model (ELM), Theory of Reasoned Action (TRA), and Social Support Theory (SST) which were processed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using questionnaire data from 228 respondents. The results of this study prove that information credibility, social support, innovativeness, website quality, and attitude towards eWOM are the determinants of eWOM involvement in TikTok s-commerce then Attitude towards eWOM and eWOM Engagement affect consumer purchase intentions in TikTok s-commerce."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angela Dewi Falencia
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh restaurant satisfaction, knowledge sharing motivation, dan technology acceptance factors terhadap electronic word-of-mouth intention serta menganalisis pengaruh restaurant satisfaction dan knowledge sharing motivation terhadap electronic word-of-mouth intention dengan peran moderasi technology acceptance factors pada konsumen Kintan Buffet Kota Kasablanka Mall Jakarta Selatan yang menggunakan Instagram. Dalam penelitian ini, knowledge sharing motivation terbagi menjadi dua dimensi, yaitu egoism dan altruism. Selain itu, technology acceptance factors juga terbagi menjadi dua dimensi, yaitu perceived usefulness dan perceived ease-of-use.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 125 sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan mentode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menunjukkan bahwa hanya egoism, altruism, dan perceived usefulness yang mempengaruhi eWOM intention. Selanjutnya, hasil peran moderasi dari technology acceptance factors menunjukkan bahwa hanya perceived ease-of-use yang memoderasi hubungan antara altruism dan eWOM intention.

This research aims to analyze the effect of restaurant satisfaction, knowledge sharing motivation, and technology acceptance factors on electronic word of mouth intention and analyze the effect of restaurant satisfaction and knowledge sharing motivation on electronic word-of-mouth intention with the role of moderating technology acceptance factors on Kintan Buffet Kota Kasablanka Mall South Jakarta consumers that use Instagram. In this research, knowledge sharing motivation is divided into two dimensions, i.e. egoism and altruism. In addition, technology acceptance factors are also divided into two dimensions, i.e. perceived usefulness and perceived ease-of-use.
This research applies quantitative approach through the distribution of questionnaires to 125 samples taken using purposive sampling technique. The results of the research using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) show that only egoism, altruism, and perceived usefulness influence eWOM intention. Furthermore, the results of the moderating role of technology acceptance factors indicate that only perceived ease-of-use moderates the relationship between altruism and eWOM intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanisa Isma Sabira
"Dengan semakin pulih dan berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia, termasuk diantaranya heritage tourism, museum telah muncul sebagai salah satu atraksi utama yang menawarkan pengalaman budaya dan sejarah yang unik bagi wisatawan. DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki beragam museum sebagai daya tarik pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pengalaman wisatawan akan service quality yang dialami saat mengunjungi museum di DKI Jakarta, destination attachment yang dirasakan terhadap museum tersebut, dan intention mereka untuk terlibat dalam electronic word-of-mouth (eWOM). Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality dengan ketiga dimensinya serta destination attachment berpengaruh positif terhadap eWOM intention wisatawan museum. Selain itu, ditemukan bahwa dimensi service quality yang paling berpengaruh terhadap eWOM intention adalah outcome quality.

The recovery and development of the tourism sector in Indonesia, including heritage tourism, has made the museum emerge as one of the main attractions that offers a unique cultural and historical experience for tourists. DKI Jakarta is one of the regions in Indonesia that has a variety of museums as a tourism attraction. This study aims to explore the relationship between tourist experiences of service quality experienced when visiting the museum in DKI Jakarta, a destination attachment felt to the museum, and their intention to be involved in electronic word-of-mouth (eWOM). The data in this study were analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results showed that service quality with all three dimensions along with destination attachment positively affected the eWOM intention of museum tourists. In addition, it was found that the most influential dimension of service quality on eWOM intention is outcome quality."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suswandoyo Biyoga
"Penelitian ini membahas penggunaan electronic word of mouth sebagai output dari kualitas pelayanan dan kepuasan jasa layanan ojek, yang dimediasi oleh teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigm post-positivis. Pelanggan yang diwawancara dipilih berdasarkan pengalaman konsumsi dan kegiatan berbag idi media sosial(twitter). Peneliti mendapatkan hasil data primer melalui wawancara mendalam.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pelanggan yang puas dengan layanan sukarela akan membagi pengalaman yang baik di media sosial(twitter). Dalam hal ini empati yang merupakan dimensi kualitas layanan memainkan peran penting dalam mendorong konsumen untuk mengkomunikasikan pengalaman positif yang dirasakan melalui Twitter sebagai wujud kontribusi untuk membantu mempromosikan perusahaan.

This study discusses the use of electronic word of mouth as an output of service quality and satisfaction of motorcycle taxiservice (ojek), which are mediated by technology. This study used a qualitative method with post-positivist paradigm. Customers who interviewed are selected based on their consumption experiences and sharing activities in social media (twitter). Researcherobtain the results of primary data through in-depth interviews.
Results from this study concluded that costumers who are satisfied with the services will voluntarily share the good experience in social media (twitter). In this case "empathy" which is dimension of quality services play an important role in encouraging consumers to communicate positive perceived experience through Twitter, which can be concluded as the contribution to helppromoting the company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43889
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Joshua Bona Rifman
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi suatu fenomena pemasaran kekinian. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh electronic word of mouth terhadap brand image dari iFlix di wilayah Jabodetabek yang diukur dengan variabel electronic word of mouth dan brand image. Metode penelitian kuantitatif dengan online survey pada pelanggan iFlix selama 6 bulan terakhir di JabodetabekĀ  dan pernah mendapatkan informasi yang berhubungan dengan iFlix. Hasil penelitian menunjukkan variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel brand image pada iFlix di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini merekomendasikan agar iFlix harus tetap mempertahankan dan meningkatkan penggunaan media sosial sebagai sarana basis informasi produk maupun perusahaan. Dengan demikian, konsumen baru maupun pelanggan dapat dengan mudah mencari serta mendapatkan informasi tentang produk iFlix. Selain itu, kualitas dari iFlix yang sudah baik harus tetap dipertahankan agar mampu selalu bersaing dengan industri yang sejenis.
.....Along with the development of the internet, electronic word of mouth has become a contemporary marketing phenomenon. This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth on the brand image of iFlix in the Jabodetabek area as measured by electronic word of mouth and brand image variables. Quantitative methods using online surveys of iFlix customers during the last 6 months in Jabodetabek and have received information related to iFlix. The results showed that the variable electronic word of mouth had a significant influence on the variable brand image on iFlix in the Jabodetabek area. This study recommends that iFlix must maintain and increase the use of social media as a means of product and company information base. This way, new consumers and customers alike can easily find and get information about iFlix products. In addition, the good quality of iFlix must be maintained so that it can always compete with similar industries."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savira Rahma Frida
"Artikel ini mendiskusikan implikasi word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap brand image. Data sekunder berupa penelitian terdahulu menunjukkan adanya implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image. Analisis dilakukan dengan pendekatan exploratory sequential mixed methods. Artikel ini juga mendiskusikan perkembangan implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image selama lima tahun terakhir dari 10 jurnal dengan pendekatan mixed method dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian terdahulu cenderung termasuk dalam bidang studi ilmu sosial, berlokasi di Asia, menggunakan WOM dan eWOM sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen, serta dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kualitatif berbasis desk review menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara WOM dan eWOM dengan brand image. WOM dan eWOM berpengaruh dalam membentuk brand image dalam benak konsumer. Apabila pengalaman konsumer dengan suatu brand bersifat positif, konsumer akan terdorong menyebarkan WOM atau eWOM yang positif, begitu pula sebaliknya.

This article discusses the implications of word of mouth (WOM) and electronic word of mouth (eWOM) on brand image. Secondary data in the form of previous research shows the implications of WOM and eWOM on brand image. The analysis was performed using an exploratory sequential mixed methods approach. This article also discusses the development of the implications of WOM and eWOM on brand image during the last five years from 10 journals using mixed method and quantitative approaches. Quantitative analysis shows that previous research tends to belong to the field of social science studies, located in Asia, using WOM and eWOM as independent variables and brand image as dependent variables, and is carried out with a quantitative approach. Qualitative analysis based on desk review shows that there is an interdependence between WOM, eWOM and brand image. WOM and eWOM are influential in shaping the brand image in the minds of consumers. If the consumers’ experience with a brand is positive, consumers will be encouraged to spread positive WOM or eWOM, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sara Febrilia
"Kehadiran panduan dan direktori seputar restoran meningkatkan kesempatan terjadinya percakapan dalam bentuk electronic word of mouth eWOM . Fenomena ini memberikan dampak besar bagi para pemasar, khususnya di industri food and beverage karena informai eWOM terbukti dapat memengaruhi keputusan konsumsi konsumen. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh dari percakapan dalam bentuk eWOM yang disampaikan pada fitur review Zomato terhadap intensi membeli konsumen. Untuk itu, penelitian ini mengembangkan model penelitian melalui integrasi antara konsep Information Adoption Model IAM dengan Technology Acceptance Model TAM . Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structural Equation Modelling SEM berdasarkan data yang diperoleh melalui survei kepada pengguna Zomato dengan kisaran usia antara 18 hingga 34 tahun. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa kualitas, kredibilitas, kegunaan, sikap terhadap informasi, serta kesediaan mengadopsi informasi merupakan faktor-faktor eWOM yang mampu memengaruhi intensi membeli konsumen. Implikasi manajerial serta saran bagi penelitian selanjutnya juga dibahas pada penelitian ini.

Restaurant search and discovery service have created valuable opportunities for electronic word of mouth eWOM conversations. This phenomenon impacts marketers, especially in food and beverage industry as this easily accessible information could greatly affect consumption decision. The aim of this study is to examine the influence of these conversations in Zomato rsquo s review on consumer rsquo s purchase intention. For this purpose, a conceptual model was developed based on the integration of Information Adoption Model IAM and related components of Technology Acceptance Model TAM . The new model was validated through Structural Equation Modelling SEM based on survey collected from Zomato rsquo s user with range of 18 to 34 years old. The results confirm that quality, credibility, usefulness, attitude towards information, and information adoption are the key factors of eWOM that influence consumers rsquo purchase intention. Managerial implications are discussed as well as recommendations for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67189
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucky Herpionita
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang dapat mendorong konsumen untuk menyampaikan electronic word of mouth pada restoran Union, Loewy, dan Skye. Variabel yang di uji pada penelitian ini di antaranya self-relevant value reflected appraisal of self, conspicuous value dan self-image congruence dan restaurant relevant value restaurant quality dan price fairness dengan variabel moderasi opinion leadership. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 445 responden, pria dan wanita dengan rentang usia 17 ndash; 35 tahun, yang pernah mengunjungi restoran tersebut. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Statistical Package for the Social Sciences SPSS 22 , dengan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif secara langsung pada variabel self-relevant value reflected appraisal of self, conspicuous value dan self-image congruence terhadap electronic word of mouth sedangkan, pada variabel restaurant relevant value restaurant quality dan price fairness terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap electronic word of mouth. Hasil penelitian ini membuktikan variabel opinion leadership tidak memoderasi kelima variabel independen terhadap electronic word of mouth.

ABSTRACT
The purpose of this is to examine the factors wich drive consumer to spread Ewom on Union, Loewy, and Skye. The variables tested in this study are selfrelevant value reflected appraisal of self, conspicuous value and self image congruence and restaurant relevant value restaurant quality and price fairness also opinion leadership as moderating variable. The data is collected using questionnaire to 445 respondents, man and woman from 17 to 35 years old. Who have visited the restaurant mentioned. The data in this research is run by Statistical Package for the Social Sciences SPSS 22 with multiple regression method. The result shows that there is a direct positive influence on self relevant value reflected appraisal of self, conspicuous value and self image congruence towards electronic word of mouth meanwhile restaurant relevant value restaurant quality and price fairness is proven having no influence on electronic word of mouth. This research is also proven that opinion leadership has no moderating effect on all independent variable toward electronic word of mouth."
2017
S65914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Friscila
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pesan word-of-mouth melalui kode referal. Kode referal dipakai para pemasar untuk menaikan jumlah pengguna yang baru pertama kali dengan memberikan hadiah bagi pengguna pertama kali, dan biasanya kode referal dapat memberikan keuntungan bagi pemberi pesan maupun penerima pesan dan bagi pemasar karena dapat menaikan jumlah pelanggan. Penelitian ini mengambil studi kasus transportasi berbasis online yang baru-baru ini merupakan tren bisnis baru, yang sedang banyak melakukan promosi yang salah satunya ialah menggunakan kode promo referal untuk menaikan awareness konsumen terhadap jasa tersebut dan banyak orang menyebarkan kode referal tersebut dengan cara word-of-mouth. Dengan mengambil sampel penelitian dari 140 responden, data hasil penelitian diolah menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa perbedaan keahlian pengirim pesan, kekuatan pesan mempunya pengaruh positif terhadap pesan word-of-mouth menggunakan kode referal, sedangkan homophily dan brand equity mempunyai pengaruh negatif terhadap pesan word-of-mouth menggunakan kode referal. Sedangkan pesan word-of-mouth melalui kode referal berpengaruh positif terdahap keinginan untuk menggunakan transportasi berbasisi aplikasi online

ABSTRACT
This study examines the factors that can enhancing the influenced word-of-mouth messages by the referral promo code. Usually, referral code is used by marketers to increase the number of users for the new customers to give a reward for first-time users, it can be beneficial for the message sender and receiver. From the marketers perspective, it can increase the number of subscribers. This study takes transportation online basis as a case study which can be fact as a new business trends. One of promotion activation that the business usually do during introduction new product is using the referral promo code to gain the awareness of consumers so that people spread the referral code by word-of-mouth. By acquiring sample of 140 respondents, the data were analyzed by using Structural Equation Modelling. The research results show the expertise differential of the sender and receiver message and the strength of the message factors has a positive influence on enhancing word-of-mouth message by using the referral code, however, homophily and brand equity factors have negative influence on enhancing word-of-mouth message by using referral code. Meanwhile, the message of word-of-mouth by referral code has positive effect in people's willingness to use the transportation online basis"
2016
S63862
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>