Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175496 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adika Putera Setyahadi
"ABSTRAK
siIndustri perfilman sudah menjadi bagian yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Terus munculnya film box office menjadikan peneliti tertarik untuk mengambil film sebagai tema penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari film terhadap pembentukan imej tempat yang menjadi latar tempat filmnya serta kemudian menimbulkan intensi untuk mengunjungi lokasi tersebut. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 347 responden berusia minimal 16 tahun yang pernah menonton sepuluh judul film horror ataupun romantis yang ditentukan oleh peneliti dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imej yang terbentuk pada film horror tidak berpengaruh positif terhadap sikap untuk mengunjungi tempat yang menjadi latar di film tersebut sedangkan pada film romantic imej yang terbentuk berpengaruh positif terhadap sikap untuk mengunjungi tempat yang menjadi latar di film tersebut.

ABSTRACT
AbstractFilm industry has now become familiar and prominent in the ears of modern people. Continous premieres of box office films peaked interest to make film as the main theme of this research. The purpose of the research is to see how far films can influence the image of a place used in the backgrounds and if those locations be picked later on as a destination to go. Data are collected through spreading questionnaires to 347 respondents whose age range starts from 16 years old, having watched ten selected tittles of both romantic and horror films in the span of last six months. Data analysis is conducted using descriptive analysis and partial least squares with Smart PLS 3.0. The result shows that image shaped by horror films are not positive towards intention to visit the place chosen as the background, wheras romantic films provide positive image and results to attitude towards visiting the place shown in the film. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triss Nitisastro
"Fenomena booming-nya destinasi film menjadi sebuah hal baru dalam industri pariwisata dalam beberapa tahun terakhir seperti Kafe Filosofi Kopi dari film Filosofi Kopi, Rumah Pengabdi Setan yang menjadi latar utama film Pengabdi Setan. Dalam upaya mengelola daerah dan destinasi wisata, Kementerian Pariwisata Indonesia perlu mengetahui berbagai faktor yang dianggap berpengaruh terhadap intensi pemilihan destinasi wisata dari film yang ditonton oleh calon wisatawan. Film yang dijadikan objek penelitian adalah Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Rudy Habibie. Metode judgemental sampling digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan pre-experimental: intact-group comparison membagi kelompok penelitian menjadi experimental (responden yang sudah menonton Ada Apa Dengan Cinta 2) dan control group (responden yang sudah menonton film Rudy Habibie) dengan jumlah sebanyak 200 responden pada masing-masing kelompok dan dianalisis menggunakan pemodelan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap intensi pemilihan destinasi wisata di Indonesia dari film adalah empathy dan nostalgia. Di sisi lain, perceived risk tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap intensi pemilihan destinasi wisata.
A booming phenomenon of movie destination tourism has become a new thing in tourism industry in recent years, such as Filosofi Kopi Cafe from the Filosofi Kopi film, Rumah Pengabdi Setan which is the main setting of the film Pengabdi Setan. In terms of maintaining and developing tourism area and tourist destinations, The Indonesian Ministry of Tourism needs to know the factors considered related to
the intention to select tourist destinations from films watched by potential tourists. The film used as the object of the research is Ada Apa Yang Cinta Cinta 2 and Rudy Habibie. Judgmental sampling method used in the study with preexperimental: intact-group comparison which divided the whole group of research into experimental groups (respondents who have watched Ada Apa Dengan Cinta 2) and the control group (respondents who have watched the film Rudy Habibie)
with a total of 200 respondents in each group and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results showed that the facts intended for the intention of choosing tourist destinations in Indonesia from the film were empathy and nostalgia. On the other hand, the perceived risk is not entirely determined the intention to select tourist destinations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jennifer
"Tesis ini menganalisis sikap penonton serta minat kunjungan penonton terhadap suatu objek wisata setelah penonton tersebut menyaksikan adegan-adegan yang memperlihatkan keindahan alam dan panorama di Indonesia. Penelitian dilakukan di pada dua film yang baru saja diproduksi pada akhir 2012 kemarin. Kedua film tersebut adalah Rayya, Cahaya diatas Cahaya dan 5cm. Lokasi wisata yang muncul dalam film dan sekaligus menjadi topik penelitian ini adalah Gunung Semeru dan Kawah Ijen.
Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dan merupakan riset eksploratory yang bersifat komparatiff dimana bertujuan untuk mengetahui pengaruh movie attitude terhadap place attitude dan visit intention terhadap kedua daerah wisata tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa movie attitude berpengaruh positif terhadap place attitude dan visit intention terhadap kedua daerah wisata tersebut.

This thesis analyzed the attitude of the audience as well as interest in the audience to visit a tourist attraction after the audience watched the scenes that show the natural beauty and panoramic in Indonesia. The study was conducted in the two films recently produced by the end of 2012. The two movies are Rayya, Light upon Light and 5cm. Tourism destination that has appeared in movies and become the topic of this research is Mount Semeru and Ijen Crater.
This research is quantitative descriptive and exploratory research that is comparative which aims to determine the attitude of the place movie influence attitude and intention to visit both the tourist area. These results indicate that the movie attitude has positive effect on the place attitude and intention to visit both the tourist area.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Setiawan
"Tujuan dari studi ini adalah untuk meneliti hubungan antar keterlibatan situasional dan berkelanjutan dengan budaya pop Korea, imej kognitif, imej afektif, imej keseluruhan, dan intensi kunjungan terhadap destinasi Korea turis Indonesia. Terlebih penelitian ini ditujukan untuk meneliti pengaruh dari keterlibatan situasional dan berkelanjutan dengan budaya pop Korea terhadap imej destinasi Korea yang terbagi ke dalam : kognitif, afektif, dan keseluruhan yang akan mempengaruhi intensi kunjungan terhadap destinasi Korea. Penelitian ini menggunakan structurral equation modelling (SEM) yang akan diproses menggunakan program Lisrel 8.80. Penelitian ini menggunakan budaya pop Korea sebagai topik utama karena budaya pop Korea dewasa ini sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan situasional yang menuju ke keterlibatan berkelanjutan dapat mempengaruhi imej kognitif lalu imej afektif destinasi Korea yang membuat individu memiliki intensi untuk mengunjungi destinasi Korea untuk berlibur. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi pihak-pihak yang terlibat dalam industri wisata Korea seperti pemerintahan Korea, pemerintahan Indonesia, dan penyedia jasa wisata di Indonesia dalam merencanakan kegiatan pemasaran wisata Korea di Indonesia.

The purpose of this research is to recognize the relationships between situational involvement, enduring involvement, cognitive images, affective images, overall images, and visit intention in context of Korean pop culture and Korea destinations in Indonesia. Moreover this research is to recognize the impacts of Korean pop culture situational and enduring involvement to cognitive, affective and overall image of Korea as tourism destinations which impacts the visit intention to Korea destinations. Convenience sampling was used for this research and the samples were from Indonesia used for this research. The hypotheses are tested using structural equation modelling (SEM) using Lisrel 8.80. This research use Korean pop culture as its topic because Korean pop culture currently is one of the most popular pop culture in Indonesia and continuing to spread around the world. The results show that involvement with Korean pop culture indeed influence cognitive images then affective images of Korea destinations then influence the visit intention of potential touritst in Indonesia to visit Korea destinations. The findings in this research are useful for further research resolving simillar topic and also will give insights to parties that involved in tourism industry which are Korea government, Indonesia government, and Indonesian travel agents as references in formulating a right marketing tools for Korea tourism."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61841
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Rahayu K
"Penelitian ini didorong apresiasi pada pariwisata sebagai salah satu sektor industri yang berperan penting dalam ekonomi global, sehingga memicu pergerakan kegiatan pemasaran menuju pemasaran pariwisata. Oleh karenanya, penelitian ini meneliti tentang isu-isu vital dalam sebuah pemasaran wisata. Seperti misalnya citra destinasi wisata destination image , stereotip masyarakat destinasi wisata destination society stereotype , kedekatan terhadap destinasi wisata destination relationship closeness , sampai dengan jenis komunikasi pesan persuasif destinasi wisata destination communication type . Dengan memanfaatkan desain eksperimen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi wisata dan stereotip masyarakat destinasi wisata pada sikap terhadap destinasi wisata.Selanjutnya penelitian ini juga mengaplikasi prinsip kongruen dengan me-macthingkan antara destination image dan destination society stereotype untuk mencari kombinasi pesan persuasif yang paling sebangun dari suatu destinasi wisata, dan mengukur dampaknya pada sikap terhadap destinasi wisata. Dalam prosesnya penelitian ini mengaplikasikan relationship closeness dan destination communication type sebagai variabel moderasi, untuk memperkuat dampak tersebut. Temuan penelitian ini dapat memperkaya alternatif penelitian pemasaran pariwisata dan implikasinya, khususnya pada strategi penguatan kampanye pemasaran pariwisata.

This research is motivated by the appreciation of tourism as one of the important industrial sectors in the global economy, triggering the movement of marketing activities towards tourism marketing. Therefore, this study examines the vital issues in a tourism marketing. Such as the destination image, destination society stereotypes, relationship closeness toward a tourism destination, also the destination communication type. By utilizing the experimental design, this study aims to determine how destination image and destination society stereotype influence attitude toward tourism destinations.Furthermore, this research also apply the concept of congruence with matching destination image and destination society steretypeto find the most appropriate persuasive message combination of a tourist destination, and measuring its impact on attitudes toward tourist destinations. In the process this research applies relationship closeness and destination communication type as a moderating variable, to reinforce the impact. The findings of this study is expected to enrich alternative tourism marketing research and its implications, particularly on strategies to strengthen tourism marketing campaigns."
Universitas Indonesia, 2018
D2417
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Robbani
"Pertumbuhan pariwisata halal di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup besar dari tahun ke tahun. Pertumbuhan pariwisata tersebut didukung dengan meningkatnya jumlah wisatawan Muslim dan peningkatan pada fasilitas pariwisata halal di Indonesia. Pariwisata halal merupakan segala objek atau aktivitas pariwisata yang diperbolehkan untuk digunakan oleh Umat Islam dalam industri pariwisata (M. Battour & Ismail, 2016) . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh pengetahuan dan religiusitas seseorang terhadap intensi atau keinginan berkunjung ke destinasi wisata halal di Indonesia. Peneliti mengolah data penelitian menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Data pada penelitian ini diambil dengan metode survey kuesioner melalui media sosial pada rentan usia 18 sampai lebih dari 45 tahun. Kriteria pada penelitian ini adalah beragama Islam, berkewarganegaraan Indonesia, berusia diatas 18 tahun, dan pernah mendengar atau mengetahui konsep pariwisata halal. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh pengetahuan terhadap intensi berkunjung ke destinasi wisata halal dan pengaruh tidak langsung religiusitas melalui attitude terhadap intensi berkunjung ke destinasi wisata halal. Hasil dari penelitian ini kemudian dapat digunakan sebagai masukkan bagi pengelola pariwisata maupun pemerintah untuk memaksimalkan penginformasian mengenai pariwisata halal dalam rangka meningkatkan minat seseorang untuk berkunjung ke destinasi wisata halal.

The growth of halal tourism in Indonesia has increased significantly from year to year. This tourism growth is supported by the increasing number of Muslim tourists and the increase in halal tourism facilities in Indonesia. The growth of halal tourism in Indonesia must be maximized not only from government support but also by knowing what factors influence a person's desire or interest in halal tourism. This research was conducted with the aim of looking at the influence of knowledge and religiosity on a person's behavior on the intention or desire to visit halal tourist destinations in Indonesia. The researchers processed research data using Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) with SmartPLS 3.0 software. The data in this study were taken by using a questionnaire survey method through social media for those aged 18 to over 45 years. The criteria in this study are Muslim, Indonesian citizen, over 18 years of age, and have heard or know about the concept of halal tourism. This study resulted in the influence of knowledge on the intention to visit halal tourist destinations and the indirect effect of religiosity through attitude towards the intention to visit halal tourist destinations. The results of this study can then be used as input for tourism developers and the government to maximize information about halal tourism in order to increase interest in visiting halal tourist destinations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hamida Mutia Maharani
"ABSTRACT
Indonesia sebagai negara dengan cultural resources tertinggi di ASEAN memiliki kesempatan untuk memanfaatkan cultural resources yang dimilikinya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan salah satunya adalah dengan menyelenggarakan event. Event merupakan penggerak wisatawan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, mengeluarkan uang yang dimilikinya untuk memperoleh pelayanan di destinasi wisata. Penelitian ini fokus pada pengaruh cultural events dan elemen lain dalam destinasi wisata terhadap pembentukan destination image yang dapat menghasilkan positive behavioral intention. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis pengaruh cultural events, event brand, place brand, dan structural element terhadap affective dan cognitive image destinasi wisata. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah mengunjungi Dieng Culture Festival 6,7, atau 8. Penelitian ini menemukan bahwa place brand dan structural element berpengaruh signifikan terhadap pembentukan cognitive dan affective image. Variabel lain, yakni cultural events dan cultural event brand hanya berpengaruh signifikan terhadap affective image. Selanjutnya, kedua dimensi destination image, yaitu affective image dan cognitive image berpengaruh signifikan terhadap overall image destination image. Dalam kasus Dieng dan Dieng Culture Festival, affective image berpengaruh lebih besar terhadap pembentukan overall image. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa overall image berpengaruh signifikan terhadap intention to revisit dan intention to recommend wisatawan terhadap destinasi wisata.

ABSTRACT
Indonesia as the richest cultural resources country in ASEAN has opportunities to maintain its cultural resources to increase tourist visits. Conducting event is one of the way to increase tourist visit. Events can make someone leave their place, move to the other place conducting events, spent their money to get the services on the event site. The focus of this study is the contribution of cultural events and the other elements of tourist destination to the formation of destination image that lead to positive behavioral intention. This research used PLS SEM to analyze the effect of cultural events, event brand, place brand, and structural element to the affective and cognitive image. Respondents of this research is anyone who had been visited Dieng Culture Festival 6, 7, or 8. This research has found that place brand and structural element significantly affect both cognitive and affective image. The other variable, cultural events and cultural event brand only significantly affect the affective image of tourist destination. In the case of Dieng and Dieng Culture Festival, affective image has bigger affect to the formation of overall image than cognitive image. In this study, researcher also found that overall image of tourist destination significantly affects positive behavioral intention intention to revisit dan intention to recommend of the tourist to tourist destination. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, dan attitude toward destination di sektor pariwisata. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa batasan penelitian terkait objek yang akan diteliti yaitu online review dengan destinasi Lombok. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel sebagai responden yang memiliki kriteria pernah membaca ulasan perjalanan online untuk destinasi Lombok dan belum pernah berkunjung ke Lombok. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 163 orang responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity dan attitude toward destination memiliki pengaruh yang positif terhadap travel intention seseorang terhadap destinasi Lombok, dimana variabel dengan pengaruh terbesar terhadap travel intention adalah destination image.

This study aims to determine and analyze the influence of electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, and attitude towards destination in the tourism sector. In this case the researchers provide several limitations of research related to the object to be studied, namely online review with the destination of Lombok. Data obtained by distributing questionnaires to the sample as respondents who have criteria; have read online travel reviews for Lombok destinations and have never been to Lombok. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. Samples collected were 163 respondents. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by Smart PLS 3.0 software. Based on the results of data processing, it was found that electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity and attitude toward destination have a positive influence on a person's travel intention towards Lombok destination, where the variable with the greatest influence on travel intention is the destination image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Adhika Mulya
"Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control terhadap intensi menggunakan Transjakarta. untuk pergi ke tempat kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 82 pekerja di DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa norma subjektif merupakan determinan yang paling signifikan pengaruhnya terhadap intensi menggunakan Transjakarta untuk pergi ke tempat kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat keluarga dan teman sebagai pihak yang pengaruhnya signifikan untuk mengajak anggota keluarga atau teman-teman agar mau menggunakan Transjakarta untuk pergi ke tempat kerja.

The research explained the influence of attitude, subjective norms, and perceived behavioral control toward intention for using Transjakarta as a transportation mode to working place. This research using quantitative method with total respondents are 82 workers in DKI Jakarta. This research shown that subjective norms are the most determinant factor which significantly influences for using Transjakarta as a transportation mode to working place. At the end, this research will have intention to suggest family and friends that are significantt for others to invite his family member or friends for using Transjakarta for go to working place.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Welly Frank Wijaya
"Dalam menghadapi era informasi, wisatawan semakin sering menggunakan informasi electronic word-of-mouth (EWOM) dalam merencanakan perjalanan wisata. Berdasarkan penelitian terdahulu, EWOM dapat memberikan pengaruh terhadap citra tujuan wisata, sikap wisatawan terhadap tujuan wisata, dan niat wisatawan untuk berkunjung. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan hubungan antara informasi EWOM, citra tempat wisata, sikap wisatawan, dan niat wisatawan untuk berkunjung, maka dilakukan penelitian dengan mengambil wisatawan dari Indonesia sebagai objek penelitian dengan studi kasus daerah wisata lokal yang diwakili oleh Bali dan daerah wisata internasional yang diwakili oleh Phuket. Penelitian mengadopsi model penelitian Jalilvand et al., (2012).
Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa EWOM merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap citra tujuan wisata dan niat wisatawan untuk berkunjung pada daerah Bali, sedangkan citra tujuan wisata berpengaruh terhadap sikap wisatawan dan niat wisatawan untuk berkunjung pada daerah Phuket.

Face of the information age, most of travelers of often use electronic word-ofmouth information in planning travelling trip. Previous research show that EWOM has an influence on the destination image, tourist attitude, and visit intention. To know the effect and relationship between EWOM, destination image, tourist attitude, and visit intention, this research taking Indonesian's tourist as an research object. Case study in this research are Bali as representation from local destination and Phuket to represent international destination. This research adopted a model from Jalilvand et al., (2012). Data were processed using the Structural Equation Modelling method.
The result found that EWOM has an impact to the destination image and in case of Bali, tourist's visit intention can influence by EWOM factor. Next result prove that destination image has direct impact to tourist's attitude and in case of Phuket, tourist's visit intention can influence by destination image factor.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55749
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>