Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115457 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aris Subagio
"

Web 2.0 telah merubah bentuk word of mouth tradisional menjadi word of mouth baru berbasis Internet yaitu electronic word of mouth (eWOM). Melalui eWOM, konsumen membagikan pengalamannya berupa opini dan informasi mengenai suatu produk dan merek. Merek yang memiliki nilai lebih di mata konsumen akan mempunyai ekuitas merek yang kuat juga, sehingga akan mendorong minat pembelian yang lebih tinggi. Tesis ini membahas mengenai pengaruh eWOM melalui ekuitas merek terhadap minat pembelian pada pemasaran pendidikan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dan sifat penelitian eksplanatif. Populasi pada penelitian ini adalah wisudawan program Sarjana Universitas Paramadina periode April 2019 yaitu 131 wisudawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dari hasil pengisian kuesioner, hanya 94 kuesioner yang diolah lebih lanjut berdasarkan pertanyaan saringan pada penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur. Analisis jalur digunakan untuk mengetahui jalur yang paling efektif dalam pembentukan minat pembelian pada konteks pemasaran pendidikan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung eWOM melalui ekuitas merek merupakan jalur yang paling efektif dalam pembentukan minat pembelian, sedang pengaruh langsung eWOM pada pembentukan minat pembelian memiliki nilai yang lebih kecil. Kesimpulan dalam penelitian ini, universitas dalam membentuk minat pembelian calon konsumen potensialnya harus menciptakan eWOM yang mampu membentuk ekuitas merek yang baik di mata calon konsumen potensialnya, sehingga minat pembelian konsumen akan menjadi tinggi.


Web 2.0 has transformed traditional forms of word of mouth into new Internet-based word of mouth or electronic word of mouth (eWOM). Through eWOM, consumers share their experiences in the form of opinions and information about a product and brand. Brands that have more value in the eyes of consumers will have strong brand equity, so that it will encourage higher purchase intentions. This thesis discusses the effect of eWOM through brand equity on purchase intentions in higher education marketing. This research was conducted with a quantitative approach through survey methods and explanatory research. The population in this study are 131 graduates of the Paramadina University Bachelor Program in the April 2019 period. The sampling technique uses total sampling. Based on filter questions in this study, only 94 questionnaires were processed further. The data analysis method used in this study is path analysis. Path analysis is used to determine the most effective pathway in the formation of purchase intentions in the context of higher education marketing. The results showed that the indirect influence of eWOM through brand equity was the most effective path in the formation of purchase intentions, while the direct influence of eWOM on the formation of purchase intention had a smaller value. The result of this study suggests that universities, in forming the purchase intention of potential customers, must create eWOM which is able to shape a good brand equity in the eyes of potential customers. This strategy, assumed, will increase the consumer’s purchase intention.

"
2019
T54408
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viranti Mustika Sari
"Seiring dengan pertumbuhan dan evolusi internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (eWOM) di social media twitter terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah terpapar informasi mengenai holycowsteak dan belum pernah bersantap di holycowsteak dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik snowball. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan multiple regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth (eWOM) di social media twitter memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli.

Following the growth and evolution of the Internet, electronic word of mouth have become an important phenomenon. The objective of this research is to analyze how the effect of electronic word of mouth (eWOM) in social media twitter toward purchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research is 100 respondent exposed about holycowsteak restaurant via social media twitter and have not eat at holycowsteak, collected using non-probability sampling and snowball technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with multiple regression. The result of this research indicate that electronic word of mouth (eWOM) in social media twitter have a strong effect toward purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Nurizki
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh eWOM di media sosial terhadap purchase intention pada layanan YesBoss Indonesia. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah terpapar informasi mengenai YesBoss dan belum pernah menggunakan YesBoss. Data dianalisis dengan regresi sederhana SPSS 23.0, dari uji data yang dilakukan menunjukan terdapat pengaruh eWOM sebesar 53,3 %, yang menunjukan bahwa electronic word of mouth di media sosial memiliki pengaruh yang kuat terhadap purchase intention.

The purpose of this study was to determine the influence of eWOM in social media on purchase intention in YesBoss Indonesia service. Data were obtained through questionnaires spread to 100 respondents exposed about YesBoss service via social media and have not try in YesBoss. Data were analyzed with SPSS version 23.0 simple regression, and the final results showed that eWOM significantly affect with a power of 53,3 % indicate that electronic word (eWOM) in social media have a strong effect toward purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S63842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savira Rahma Frida
"Artikel ini mendiskusikan implikasi word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap brand image. Data sekunder berupa penelitian terdahulu menunjukkan adanya implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image. Analisis dilakukan dengan pendekatan exploratory sequential mixed methods. Artikel ini juga mendiskusikan perkembangan implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image selama lima tahun terakhir dari 10 jurnal dengan pendekatan mixed method dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian terdahulu cenderung termasuk dalam bidang studi ilmu sosial, berlokasi di Asia, menggunakan WOM dan eWOM sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen, serta dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kualitatif berbasis desk review menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara WOM dan eWOM dengan brand image. WOM dan eWOM berpengaruh dalam membentuk brand image dalam benak konsumer. Apabila pengalaman konsumer dengan suatu brand bersifat positif, konsumer akan terdorong menyebarkan WOM atau eWOM yang positif, begitu pula sebaliknya.

This article discusses the implications of word of mouth (WOM) and electronic word of mouth (eWOM) on brand image. Secondary data in the form of previous research shows the implications of WOM and eWOM on brand image. The analysis was performed using an exploratory sequential mixed methods approach. This article also discusses the development of the implications of WOM and eWOM on brand image during the last five years from 10 journals using mixed method and quantitative approaches. Quantitative analysis shows that previous research tends to belong to the field of social science studies, located in Asia, using WOM and eWOM as independent variables and brand image as dependent variables, and is carried out with a quantitative approach. Qualitative analysis based on desk review shows that there is an interdependence between WOM, eWOM and brand image. WOM and eWOM are influential in shaping the brand image in the minds of consumers. If the consumersā€™ experience with a brand is positive, consumers will be encouraged to spread positive WOM or eWOM, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Camelia Hasena
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh electronic word of mouth di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc melalui brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan menggunakan metode survey. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan pengguna TikTok, mengetahui dan belum pernah membeli produk skincare Somethinc. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 22 dan uji sobel menggunakan kalkulator online. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa keempat hipotesis penelitian ini diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara e-WOM di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc, pengaruh antara e-WOM di TikTok terhadap brand image Somethinc, pengaruh antara brand image Somethinc terhadap purchase intention produk skincare Somethinc, dan pengaruh antara Electronic word of mouth di TikTok terhadap purchase intention produk skincare Somethinc melalui brand image.

This study aims to determine how the influence of electronic word of mouth on TikTok on purchase intention of Somethinc skincare products through brand image. This study uses a quantitative approach with data collected using a survey method. The research instrument used a questionnaire distributed via google form. The number of samples in this study were 100 respondents who were TikTok users, knew about and had never bought Somethinc skincare products. The analysis technique used in this research is simple linear regression using SPSS version 22 and sobel test using an online calculator. The results of this study indicate that the four hypotheses of this study are accepted. It was concluded that there was an influence between e-WOM on TikTok on purchase intention of Somethinc skincare products, the influence between e-WOM on TikTok on Somethinc's brand image, the influence between Somethinc brand image on purchase intention of Somethinc skincare product, and influence between Electronic word of mouth on TikTok. towards purchase intention of Somethinc skincare products through brand image."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Krizia Joshua
"Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.

Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Santi Prameswari Ramadhani
"[Jumlah restoran yang meningkat menyebabkan pergeseran tren, yaitu semakin banyaknya orang yang lebih memilih makan di restoran, khususnya restoran bertipe casual dining yang menawarkan pengalaman yang lebih dari hanya sekedar makan. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan media sosial, sehingga memunculkan suatu platform baru bagi pelanggan untuk menyebarkan eWOM mengenai restaurant experience. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis atribut-atribut restaurant experience yang dapat mempengaruhi motif pelanggan dalam menyebarkan eWOM positif mengenai restoran casual dining. Data penelitian ini diolah dengan metode multiple regression. Hasil penelitian menunjukan bahwa food quality, atmosphere, dan price fairness berpengaruh positf terhadap concern for others, sedangkan food quality, service quality, dan atmosphere berpengaruh positif pada expressing positive feelings dan helping restaurant company.

The increasing number of restaurants created the shift of trend, in which more people prefer to dine in restaurants, specifically restaurants with a casual dining type that offer more experience than plain dining. This is in accordance with the rapid development of social media, resulting in a new platform for customers to spread eWOM about their restaurant experience. This study aims to
analyse the attributes of restaurant experience that can affect the motives of the customers in spreading positive eWOM on casual dining restaurants. The data are processed using the multiple regression method. Results show that food quality, atmosphere, and price fairness positively influence the concern for others, while food quality, service quality, and atmosphere positively influence the
expressing positive feelings and the helping restaurant company.
, The increasing number of restaurants created the shift of trend, in which
more people prefer to dine in restaurants, specifically restaurants with a casual
dining type that offer more experience than plain dining. This is in accordance
with the rapid development of social media, resulting in a new platform for
customers to spread eWOM about their restaurant experience. This study aims to
analyse the attributes of restaurant experience that can affect the motives of the
customers in spreading positive eWOM on casual dining restaurants. The data
are processed using the multiple regression method. Results show that food
quality, atmosphere, and price fairness positively influence the concern for others,
while food quality, service quality, and atmosphere positively influence the
expressing positive feelings and the helping restaurant company.
Key Words : Restaurant experience, Positive eWOM motivations, Concern for
others, Expressing positive feelings, Helping restaurant company]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61834
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faya Rizti Khoiriyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap minat beli produk fashion yang dijual pada toko online di Instagram. Lebih khusus lagi penelitian ini ingin mengetahui dari banyaknya dimensi yang membentuk Electronic Word of Mouth, dimensi mana yang paling mempengaruhi minat beli khususnya pada produk fashion yang dijual pada toko online di Instagram. Penelitian menggunakan konsep Electronic Word of Mouth dan konsep minat beli sebagai konsep utama dalam penelitian ini. Dengan menggunakan teknik sampling purposive, jumlah sampel yang didapatkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 121 responden yang diambil dengan menggunakan metode kuesioner berupa survei online. Data dari responden kemudian diuji menggunakan analisis faktor dan uji regresi. Dari pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli pada produk fashion pada toko online di Instagram. Lebih lanjut lagi, dimensi yang memiliki pengaruh paling kuat adalah dimensi Messages Trustworthiness di mana kepercayaan pesan merupakan hal yang paling utama dipertimbangkan sebelum seseorang mengambil tindakan atas pesan yang telah disampaikan oleh orang lain dalam dunia maya.

Internet growth influence every aspects, included economic. This thing causes trade happens not only in real life but also in cyberspace. This phenomenon causes many online shop appear which sell all things that community need. But, there is an impact because of this. Consumer difficult to choose which online shop has truthworthiness and it makes consumer need experience from another consumer or we called Elecronic Word of Mouth. Therefore, the aim of this research is to investigate the influence of Electronic Word of Mouth on purchase intention, especially for fashion items that are sold in Instagram online shop. This research is also to know which Electronic Word of Mouth dimension has strongest influence on purchase intention. Electronic Word of Mouth and Purchase Intention is used as main concept on this research. Sampling technique use purposive sampling and 121 participants were recruited using online questionaire for this study. Data obtained from these participants were analyzed using factor analysis and standard regression. The result shows that Electronic Word of Mouth has strong influence toward purchase intention of fashion items in Instagram online shop. Messages Trustworthiness or level of message reliability was found to be the most influential factor when it comes to ones consideration before making purchase decison."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Joshua Bona Rifman
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi suatu fenomena pemasaran kekinian. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh electronic word of mouth terhadap brand image dari iFlix di wilayah Jabodetabek yang diukur dengan variabel electronic word of mouth dan brand image. Metode penelitian kuantitatif dengan online survey pada pelanggan iFlix selama 6 bulan terakhir di JabodetabekĀ  dan pernah mendapatkan informasi yang berhubungan dengan iFlix. Hasil penelitian menunjukkan variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel brand image pada iFlix di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini merekomendasikan agar iFlix harus tetap mempertahankan dan meningkatkan penggunaan media sosial sebagai sarana basis informasi produk maupun perusahaan. Dengan demikian, konsumen baru maupun pelanggan dapat dengan mudah mencari serta mendapatkan informasi tentang produk iFlix. Selain itu, kualitas dari iFlix yang sudah baik harus tetap dipertahankan agar mampu selalu bersaing dengan industri yang sejenis.
.....Along with the development of the internet, electronic word of mouth has become a contemporary marketing phenomenon. This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth on the brand image of iFlix in the Jabodetabek area as measured by electronic word of mouth and brand image variables. Quantitative methods using online surveys of iFlix customers during the last 6 months in Jabodetabek and have received information related to iFlix. The results showed that the variable electronic word of mouth had a significant influence on the variable brand image on iFlix in the Jabodetabek area. This study recommends that iFlix must maintain and increase the use of social media as a means of product and company information base. This way, new consumers and customers alike can easily find and get information about iFlix products. In addition, the good quality of iFlix must be maintained so that it can always compete with similar industries."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Nuraini
"Perkembangan teknologi internet dan penggunaan media sosial membuat electronic word of mouth menjadi salah satu bentuk penyebaran pesan yang digunakan oleh konsumen untuk mencari informasi terkait sebuah produk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth di social media Youtube terhadap keputusan pembelian produk lipstik Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan terdiri dari dua variabel yaitu variabel electronic word of mouth dan variabel keputusan pembelian. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini berjumlah 96 responden yang pernah terpapar pesan electronic word of mouth di social media Youtube mengenai produk lipstik Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth di social media Youtube memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

The growth of internet and the use of social media has made electronic word of mouth become one of the dissemination form of a message that is used by consumer to seek for a product's information. The purpose of this research is to analyze the influence of electronic word of mouth on social media Youtube towards Wardah lipstick product purchase decision. This research uses quantitative approach and consist of two variables which are electronic word of mouth and purchase decision. The data were collected through questionnaire with purposive sampling technique. The sample of this research are 96 respondents who have been exposed to an electronic word of mouth on social media Youtube about Wardah's lipstick product. The result of this research shows that electronic word of mouth on social media Youtube have a strong influence towards purchase decision."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>