Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134974 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelia Rena Rachmaddia
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perceived usefulness, competence trust dan continuous commitment dapat mempengaruhi positive word of mouth pada pengguna Aplikasi Digibank. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan single-cross sectional. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode survei dan mengambil sampel dengan metode judgmental sampling. Kuisioner disebar melalui google form dan kepada 130 responden dengan kriteria responden lahir pada tahun antara 1982 sampai 2000, menggunakan aplikasi Digibank dalam 1 bulan terakhir dan responden adalah pengguna aktif Digibank dengan menggunakan minimal 4 transaksi dalam 1 bulan. Pengolahan datanya dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software Lisrel 8.51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive word of mouth hanya dipengaruhi oleh continuous commitment, sedangkan perceived usefulness dan competence trust akan mempengaruhi positive word of mouth apabila di mediasi oleh continuous commitment.

This study described how the perceived usefulness, competence, trust and continuous commitment to affect positive word of mouth on Digibank App users. This study used a descriptive and single-cross sectional research design. This study collected data with survey methods and used judgmental sampling methods. Questionnaires distributed through google form and to 130 respondents with criteria of respondents born between 1982 and 2000, using the Digibank application in the last 1 month and respondents were active Digibank users using a minimum of 4 transactions in 1 month. Data processing analyzed by Structural Equation Modeling (SEM) using software lisrel 8.51. The results showed that positive word of mouth is only influenced by continuous commitment, while perceived usefulness and competence trust will affect positive word of mouth if mediated by continuous commitment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anzil Sifa Fauziah
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas integrasi saluran melalui omnichannel retailing terhadap keterlibatan pelanggan (customer engagement) dan hasil positif dari keterlibatan konsumen tersebut berupa niat pembelian ulang (repurchase intention) dan penyebaran pesan positif dari mulut ke mulut (positive word-of-mouth). Desain penelitian yang digunakan adalah conclusive-causal untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode single cross sectional. Metode pengumpulan data dengan menggunakan self-administrated-survey yang disebarkan secara online menggunakan google form. Data primer diperoleh dari 100 responden yang pernah mengunjungi online dan offline store Berrybenka dan berbelanja di online atau offline store Berrybenka dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Olah data dalam penelitian ini dilakukan dengan Structural Equation Modeling(SEM) dengan menggunakan software SmartPLS.3. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas integrasi saluran berpengaruh secara positif terhadap customer engagement dan customer engagement berpengaruh secara positif pada repurchase intentiondan positive word-of-mouth.

This study aims to determine the effect of channel integration quality through omnichannel retailing on customer engagement and the positive results of consumer involvement in the form of repurchase intention and the spread of positive messages by word of mouth (positive word-of-mouth) The research design used is conclusive-causal to determine the influence between variables. The sampling method used in this study is a singlecross-sectionalmethod. Methods of collecting data usedself-administered surveys that are distributed online using Google Form. Primary data was obtained from 100 respondents who had visited Berrybenkas online and offline store and shop at Berrybenkas online or offline store in the past 6 months. The data in this study was carried out by Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS software.3. The results in this study indicate that the quality of channel integration positively influences customer engagement and customer engagement positively influences repurchase intention and positive word-of-mouth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Sabtani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka konsep yang menjelaskan pengaruh product placement merek lokal Indonesia di drama korea terhadap brand recall dan word of mouth yang diadopsi dari kerangka sosialisasi konsumen (peer communication dan media exposure) untuk menilai sikap dan perilaku audiens. Pada penelitian ini, penulis menggunakan non-probability sampling dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk pengolahan data. Responden pada penelitian ini merupakan orang yang menonton drama korea, sadar adanya product placement merek lokal Indonesia di drama korea yang ditonton dan berdomisili di Indonesia. Data sebanyak 187 responden yang terdapat pada penelitian utama diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square- Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 4 dari total 6 hipotesis berpengaruh signifikan dimana peer communication dan acceptability berpengaruh positif terhadap attitude towards product placement. Secara lebih lanjut, ditemukan bahwa attitude towards product placement mampu memberikan pengaruh positif terhadap word of mouth dan brand recall audiens. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan marketer dalam penyusunan strategi pemasaran melalui product placement di drama korea.

This study aims to develop a conceptual framework that explains the influence of local Indonesian brand product placement in Korean dramas on brand recall and word of mouth adopted from the consumer socialization framework (peer communication and media exposure) to assess audience attitudes and behavior. In this study, author used non-probability sampling with the Structural Equation Modelling (SEM) method for data processing. Respondents in this study were people who watch Korean dramas, aware of the product placement of local Indonesian brands in Korean dramas that are watch and domiciled in Indonesia. Data from 187 respondents in the main study were processed using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that as many as 4 out of a total of 6 hypotheses have a significant effect where peer communication and acceptability have a positive effect on attitude towards product placement. Furthermore, it was found that attitude towards product placement can have a positive influence on the word of mouth and brand recall of the audience. The results of this research can be used by marketers in formulating marketing strategies through product placement in Korean dramas."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Conny Yuanita
"Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi word-of-mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada agensi model Perfect10. Adapun variabel yang diuji pada penelitian ini adalah outcome risk, psychosocial risk, service purchase decision involvement, WOM influence, dan tie strength. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 113 responden yang pernah menggunakan jasa agensi model Perfect10. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 24 for windows, dengan metode multiple regression.
Hasil pengolahan menunjukkan bahwa tie strength berpengaruh positif terhadap WOM influence, service purchase decision involvement berpengaruh positif terhadap WOM influence, tie strength tidak memoderasi hubungan service purchase decision involvement terhadap WOM influence, outcome risk tidak berpengaruh secara positif terhadap service purchase decision involvement, dan psychosocial risk berpengaruh service purchase decision involvement.

This study was made with the aim to determine the factors that affect the word of mouth to the consumer purchase decision on the model agency Perfect10. The variables tested in this study are outcome risk, psychosocial risk, service purchase decision involvement, WOM influence, and tie strength. This research is a descriptive quantitative research. Data were obtained from questionnaires to 113 respondents who had used the services of Perfect10 Model Management. Data analysis in this research using SPSS 24 for windows, with multiple regression method.
The result of this study found that tie strength positively affecting WOM influence, service purchase decision involvement positively affecting WOM influence, tie strength does not moderate the relationship between service purchase decision involvement to WOM influence, outcome risk does not affect service purchase decision involvement positively, and psychosocial risk positively affecting service purchase decision involvement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68906
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nine Primastita Arif
"Mengingat e-commerce telah menjadi kebutuhan utama, maka penyedia e-commerce harus meningkatkan produk dan layanannya. Layanan purna jual adalah salah satu yang harus dipertimbangkan untuk mengurangi keraguan pelanggan dalam menggunakn e- commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran layanan purna jual e- commerce (pengembalian produk, pertukaran, dan pemeliharaan) pada sikap pelanggan (membangun hubungan) dan aspek perilaku (mengembangkan niat pembelian kembali pelanggan dan dari mulut ke mulut). Penelitian ini menggunakan metode judgemental sampling dimana 255 sampel yang memenuhi syarat disesuaikan dengan kriteria tertentu. Structural Equation Model (SEM) yang didukung oleh perangkat lunak SmartPLS digunakan untuk menganalisis data. Temuan dalam penelitian ini adalah pengembalian produk dan layanan pemeliharaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan online dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan pelanggan. Sedangkan pertukaran produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan, sebagai indikator kualitas hubungan memediasi hubungan antara layanan purna jual (pengembalian produk, penukaran dan pemeliharaan), niat pembelian kembali pelanggan secara online dan WOM intention. Niat pembelian kembali dan WOM intention secara positif dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan. Implikasi penelitian akan bermanfaat bagi pembuat kebijakan, peneliti, serta industri e-commerce dalam mengimplementasikan dan mempromosikan penggunaan e-commerce.

Considering that e-commerce has become a major requirement, e-commerce providers must improve their products and services. After-sales service is one that must be considered to reduce customer doubts in using e-commerce. The purpose of this study was to investigate the role of e-commerce after-sales service (product returns, exchanges, and maintenance) on customer attitudes (relationship building) and behavioral aspects (developing customer repurchase intentions and word of mouth). This study used a judgemental sampling method in which 255 samples that met the requirements were adjusted to certain criteria. Structural Equation Model (SEM) supported by SmartPLS software is used to analyze the data. The findings in this study are that product returns and maintenance services have a significant effect on online customer satisfaction and satisfaction has a significant effect on customer trust. While product value has no significant effect on customer satisfaction. Customer satisfaction and trust, as indicators of relationship quality mediate the relationship between after- sales service (product returns, exchanges and maintenance), online customer repurchase intentions and WOM intention. Repurchase intention and WOM intention are positively influenced by trust and satisfaction. The research implications will be useful for policy makers, researchers, and the e-commerce industry in implementing and promoting the use of e-commerce. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosi Dyah Cahyani
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth (WOM) terhadap minat beli konsumen pada produk mobile WiFi 4G Bolt. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah 100 konsumen yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia dengan rentang usia 18-25 tahun, yang pernah terpapar informasi mobile WiFi 4G Bolt dari orang lain dan belum pernah menggunakan produk mobile WiFi 4G Bolt sebelumnya. Metode yang digunakan ialah non-probability sampling serta teknik purposive. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap minat beli.

The objective of this research was to analyze the effect of word of mouth communication on consumer purchase intention of mobile WiFi 4G Bolt. This research applied a quantitative approach. The sample of this research was 100 consumers who are students in Universitas Indonesia, with the range of age is 18 to 25 years old, had exposed about mobile WiFi 4G Bolt products? information through communication with other people and have not owned mobile WiFi 4G Bolt before. The method that applied on this research was non-probability sampling and purposive technique. Questionnaires were used on this research as the research instrument and the data was analyzed by simple regression. The result of this research indicated that word of mouth have a significant effect on consumer purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62343
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Ahmad Razzaq Fadillah
"Industri NFT merupakan industri yang sempat memiliki peminat investor yang sangat tinggi di kalangan pengguna internet. Namun demikian, literatur terkait pemasaran pada industri ini masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dari konsumen secondary market industri NFT melalui mediasi variabel Brand Image, terutama pada Marketplace OpenSea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada konsumen industri NFT, khususnya secondary market OpenSea. Melalui metode survei, sampel pada penelitian ini berjumlah 153 dengan ketentuan responden tersebut pernah bertransaksi pada secondary market OpenSea dan menggunakan media sosial Discord dan/atau Twitter. Hipotesis diuji dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dari konsumen industri ini, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan pengaruh mediasi variabel Brand Image.

NFT is an industry which attract many investor from the internet community. However, there are barely any literatures about the marketing in this sector. This research aimed to analyze the impact of Electronic Word of Mouth on Purchase Intention through Brand Image as the mediating variable in the NFT's Secondary Market, especially on the OpenSea Marketplace. This research used a quantitative approach with a purposive sampling technique on consumers in the NFT industry, specifically the OpenSea secondary market. Using a survey method, the sample in this research consisted of 153 respondents who had previously conducted transactions on the OpenSea secondary market and used social media platforms Discord and/or Twitter. The hypotheses were tested using the Structural Equation Modelling (SEM) method. The results of this research showed that Electronic Word of Mouth significantly affected Purchase Intention from consumers in this industry, both directly and indirectly through the mediating effect of the Brand Image variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham Mosses Leonard
"Pertumbuhan konsumsi kopi di Indonesia didorong oleh konsumsi tinggi kopi di kalangan penggemar kopi muda dari Generasi Y dan Z, membuat Indonesia menjadi konsumen kopi nomor satu di Asia Tenggara. Karena tren ini terus membentuk perilaku konsumen, mengeksplorasi dampak dari keterlibatan pelanggan di dalam toko kopi ini menjadi penting. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana keterlibatan pelanggan mempengaruhi niat beli kembali dan word-of-mouth dalam toko kopi yang menggunakan konsep grab-and-go. Sebuah survei yang melibatkan 339 responden yang familiar dengan toko kopi grab-and-go dilakukan dan data dianalisa melalui Struktural Equation Modeling (SEM). Temuan ini mengungkapkan bahwa peningkatan keterlibatan pelanggan secara signifikan berkorelasi dengan peningkatan kemungkinan niat perilaku termasuk niat beli kembali dan word-of-mouth, yang juga termasuk E-WoM. Dalam industri toko kopi yang sangat kompetitif, hasil ini menekankan pentingnya memprioritaskan strategi keterlibatan pelanggan untuk toko grab-and-go.

The growth of coffee consumption in Indonesia is driven by the high coffee consumption among young coffee enthusiasts from Generation Y and Z, making Indonesia the number one coffee consumer in Southeast Asia. As this trend continues to shape consumer behavior, exploring the impact of customer engagement within these coffee shop outlets becomes imperative. Therefore, this study aims to investigate how customer engagement influences repurchase intention and word-of-mouth within coffee shop outlets using the grab-and-go concept. A survey involving 339 respondents familiar with grab-and-go coffee shop outlets was conducted, analyzing data through Structural Equation Modeling (SEM). The findings reveal that heightened customer engagement significantly correlates with an increased likelihood of behavioral intention including repurchase intention and word-of-mouth, which also includes E-WoM. In a fiercely competitive coffee shop industry, these results underscore the importance of prioritizing customer engagement strategies for grab-and-go outlets."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Puspita Anggraini
"Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi customers sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Salah satunya dengan mencari berbagai informasi mengenai produk tersebut. Pencarian informasi ini berguna untuk mengurangi customers' uncertainty terhadap kualitas produk yang ditawarkan. Informasi ini dapat diperoleh melalui online review yang merupakan salah satu bentuk dari electronic word of mouth (eWOM). Tujuan dari penelitian ini untuk melihat keefektifan eWOM, review helpfulness, customers trust, brand attitude, dalam mempengaruhi purchase intention produk kosmetik di suatu retailer kosmetik di Indonesia, Sociolla. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui survei online dengan 155 responden. Setelah itu, Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menganalisis data. Penelitian ini menemukan bahwa eWOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap review helpfulness. Review helpfulness juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customers trust dan brand attitude. Penelitian ini juga menemukan bahwa customers trust dan brand attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Ditemukan juga bahwa review helpfulness secara tidak langsung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention dengan dimediasi oleh customers trust dan brand attitude. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa review helpfulness, customers trust, brand attitude, secara positif dan signifikan memediasi pengaruh eWOM terhadap purchase intention.

Many factors can influence customers before decide to buy a product. One of them is by looking for information about the product. Information search is useful for reducing customers' uncertainty about the quality of the product. Information can be obtained through online reviews, a form of electronic word of mouth (eWOM). This study aims to see the effectiveness of eWOM in influencing purchase intention on cosmetic retailers. The study also used review helpfulness, customers trust, and brand attitude as mediating variables in the context of Sociolla, a cosmetic retailer in Indonesia. This study used descriptive quantitative research methods by collecting the data via an online survey with 155 respondents. PLS-SEM used to analyse the data. Findings indicate that eWOM has a positive and significant effect on review helpfulness. Review helpfulness also has a positive and significant effect on customers trust and brand attitude. Customers trust and brand attitude also positively and significantly affected purchase intention. This study also found that review helpfulness has an indirect positive and significant effect on purchase intention via customers trust and brand attitude. Results suggest that review helpfulness, customers trust, and brand attitude positively and significantly mediate the effect of eWOM on purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Rahmawati
"Konsumsi fast fashion yang berlebihan merusak lingkungan, mengakibatkan pengingkatan limbah. Mendorong konsumsi pakaian berkelanjutan, seperti membeli pakaian bekas, dapat membantu mengurangi dampak-dampak tersebut. Penelitian ini berfokus pada Generasi Z dan mengkaji efek dari electronic word of mouth (eWOM) terhadap perilaku konsumsi sadar (MCB) mereka terkait pakaian bekas. Penelitian ini juga menjelajahi peran mediasi dari keterlibatan lonsumen dan sikap terhadap pakaian bekas. Penelitian ini melibatkan 201 partisipan dan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (SEM-PLS) untuk analisis. Temuan menunjukkan bahwa eWOM beerpengaruh positif terhadap sikap Generazi Z terhadap pakaian bekas dan keterlibatan konsumen. Selain itu, keterlibattan konsumen dan sikap terhadap pakaian bekas memediasi hubungan antara eWOM dan MCB. Penelitian ini berkontribusi dalam mempromosikan perilaku yang sadar dalam pembelian pakaian bekas.

Excessive fast fashion consumption harms the environment, leading to increased waste. Encouraging sustainable clothing consumption, such as buying second-hand clothes, can help mitigate these impacts. This study focuses on Generation Z and examines the effects of electronic word of mouth (eWOM) on their mindful consumption behavior (MCB) regarding second-hand clothes. It also explores the mediating role of consumer engagement and attitude towards second-hand clothing (SHC). The study involved 201 participants and utilized Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (SEM-PLS) for analysis. Findings indicate that eWOM positively influences Gen Z’s attitude towards SHC and consumer engagement. Additionally, consumer engagement and attitude towards SHC mediate the relationship between eWOM and MCB. This research contributes to promoting mindful behavior in second-hand clothes purchasing."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>