Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175423 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Laksana Fitrah
"Saat ini industri perfilman Indonesia masih fokus pada genre drama komedi, horor dan cinta. Setiap tahun film-film ini diproduksi lebih banyak daripada film-film Indonesia dengan genre lain. Di sisi lain, ada film-film Islami yang lebih memberikan keuntungan dan penjualan yang tinggi, bahkan memecahkan rekor box office film Indonesia seperti film Ayat-Ayat Cinta yang mencapai lebih dari 3 juta penonton. Apalagi film islami tidak hanya bertujuan untuk menghibur atau mendulang keuntungan, tetapi sebagai wadah dakwah kreatif yang tidak menggurui. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi film Islami dalam industri perfilman Indonesia berdasarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk menonton film Islami. Faktor-faktor tersebut adalah People, Script, Price, Promotion, Distribution, Word of Mouth (WOM), Attendence, Religiosity, dan Purchase Intention. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada industri perfilman untuk memperluas diversifikasi genre film Indonesia khususnya film. Islam dan meningkatkan kualitas perfilman Indonesia

Currently the Indonesian film industry still focuses on the comedy, horror and love drama genres. Each year, more of these films are produced than Indonesian films of other genres. On the other hand, there are Islamic films that provide more profit and high sales, even breaking box office records for Indonesian films such as the film Ayat-Ayat Cinta which reached more than 3 million viewers. Moreover, Islamic films are not only intended to entertain or gain profit, but as a place for creative da'wah that is not patronizing. Therefore, this study aims to see the potential of Islamic films in the Indonesian film industry based on factors that can influence people to watch Islamic films. These factors are People, Script, Price, Promotion, Distribution, Word of Mouth (WOM), Attendence, Religiosity, and Purchase Intention. It is hoped that the results of this study can provide recommendations to the film industry to expand the diversification of Indonesian film genres, especially films. Islam and improve the quality of Indonesian cinema"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Fauzi Rachman
"[ABSTRAK
Tesis ini meneliti tentang faktor penting yang memotivasi konsumen Generasi Y untuk melakukan penelusuran produk dari sebuah restoran pada platform media sosial Instagram, dan menguji apakah niat untuk melakukan penelusuran produk tersebut akan mempengaruhi purchase intention di masa depan dan selanjutnya mengarah kepada pertukaran/berbagi informasi produk tersebut (word-of-mouth intention) dengan teman dan kenalan. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperolah data dari penyebaran kuesioner kepada 223 responden yang berusia 16-35 pada tahun 2015 ini (kelompok Generasi Y) dan mempunyai akun Instagram serta pernah melakukan penelusuran produk sebuah restoran melalui platform tersebut, dengan melakukan pendekatan convenience sampling dan snowball sampling, dan kemudian dilakukan analisis terhadap data dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa niat konsumen untuk melakukan penelusuran produk sebuah restoran pada media sosial Instagram dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh utilitarian motivation dan keempat dimensi yang membentuknya, yaitu convenience, information availability, product selection, customized advertisement dan juga hedonic motivation serta keempat dimensi yang membentuknya, yaitu trend discovery, socializing, adventure, authority & status. Dimana dari variabel utilitarian motivation, dimensi product selection memiliki pengaruh yang paling besar terhadap niat tersebut. Sedangkan untuk variabel hedonic motivation, dimensi adventure adalah yang memiliki pengaruh yang terbesar. Lebih lanjut, penelusuran produk yang dilakukan oleh pengguna Instagram tersebut berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention dan word-of-mouth intention.

ABSTRACT
This thesis examines the important factors that motivate Generation Y consumers to browse the product of a restaurants on Instagram; as well as how the intention to browse the product will affect the purchase intention in the future and in turn lead to exchange or share the product information (word-of-mouth intention) with friends. After conducting a comprehensive literature study and crafting hypothesis, some useful data were obtained from the questionnaires distributed to 223 respondents aged 16-35 years in 2015 (Generation Y) and having Instagram account and have ever browsed the product of a restaurants through the platform, with a convenience sampling and snowball sampling approaches. This followed by an analysis of the data with Structural Equation Modeling (SEM). The research has provided us with an interisting observation whereby the consumer intentions to browse the product of a restaurants on Instagram positively and significantly influenced by utilitarian motivation and its four dimensions, namely convenience, information availability, product selection, customized advertisement and also hedonic motivation as well as its four dimensions, namely trend discovery, socializing, adventure, authority and status. Where for the utilitarian motivation, product selection has the greatest influence on the intention. As for the variable hedonic motivation, adventure has the greatest influence. Furthermore, browsing intention is linked in a significantly positive manner with purchase intention and word-of-mouth intention, This thesis examines the important factors that motivate Generation Y consumers to browse the product of a restaurants on Instagram; as well as how the intention to browse the product will affect the purchase intention in the future and in turn lead to exchange or share the product information (word-of-mouth intention) with friends. After conducting a comprehensive literature study and crafting hypothesis, some useful data were obtained from the questionnaires distributed to 223 respondents aged 16-35 years in 2015 (Generation Y) and having Instagram account and have ever browsed the product of a restaurants through the platform, with a convenience sampling and snowball sampling approaches. This followed by an analysis of the data with Structural Equation Modeling (SEM). The research has provided us with an interisting observation whereby the consumer intentions to browse the product of a restaurants on Instagram positively and significantly influenced by utilitarian motivation and its four dimensions, namely convenience, information availability, product selection, customized advertisement and also hedonic motivation as well as its four dimensions, namely trend discovery, socializing, adventure, authority and status. Where for the utilitarian motivation, product selection has the greatest influence on the intention. As for the variable hedonic motivation, adventure has the greatest influence. Furthermore, browsing intention is linked in a significantly positive manner with purchase intention and word-of-mouth intention]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wina Wijayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer-to-customer electronic word of mouth melalui TikTok terhadap purchase intention skincare product pada generasi Z di Indonesia. Media sosial merupakan media penyebaran electronic word of mouth. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menginvestigasi faktor apa yang memengaruhi eWOM usefulness dan credibility dan mengapa konsumen mengadopsi eWOM sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dengan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa aperceived persuasiveness, perceived informativeness, source expertise, dan source trustworthiness memiliki efek positif terhadap eWOM usefulness dan credibility dan pada akhirnya mempengaruhi purchase intention melalui mediasi.

This study aims to analyze the influence of customer-to-customer electronic word of mouth via TikTok on the purchase intention of generation Z’s skincare products in Indonesia. Social media is a medium to spread electronic word of mouth. This research wants to investigate factors that affect eWOM’s usefulness and credibility and why consumers adopt eWOM before they make a purchase. The quantitative research was conducted using Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). According to the results, perceived persuasiveness, perceived informativeness, source expertise, and source trustworthiness have positive effects on eWOM's usefulness and credibility, then, through mediation, affect the purchase intention."
Depok: 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuri Handayani
"ABSTRAK Dalam berbisnis, setiap pelaku pemasar ingin konsumen mengetahui informasi dari produknya. Sebelum adanya internet, untuk mendapatkan suatu informasi konsumen dapat mencarinya melalui surat kabar, majalah, televisi maupun radio. Berbeda dengan saat ini, konsumen yang ingin mendapatkan suatu informasi dapat dengan mudah mencarinya dengan mengakses internet melalui smartphone, tablet maupun personal computer. Adapun perkembangan, yang terus berkembang dalam sepuluh tahun terakhir telah menjadi channel atau jalur untuk memasarkan maupun menginfomasikan produk. Salah satu yang digunakan oleh para pelaku pemasar untuk penyebaran informasi produk dan brandnya adalah Instagram. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi utilitarian dan hedonik mempengaruhi purchase intention, word-of-mouth intention dan impulse buying, dan mengetahui bagaimana social media produt browsing memberikan pengaruh kepada utilitarian motivation dan hedonic motivation. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa hanya motivasi hedonik berpengaruh positif terhadap purchase intention, word-of-mouth intention dan impulse buying, namun tidak dengan motivasi utilitarian, dan penelusuran produk berpengaruh positif terhadap motivasi utilitarian dan hedonik.
ABSTRACT
In business, every marketer wants consumers to know about information of the its product. Before existence of internet, to get information consumers could look for it through newspaper, magazine, television or radio. Unlike today, consumers who want to get information can easily accessing the internet through smartphone, tablets or personal computers. As for development of social media, which has continued to grow in the past ten years has become channel or pathway to market and inform the products. One of the social media that used to inform the product and brand is Instagram. The purpose of this research is to determine how utilitarian and hedonic motivation influence purchase intention, word-of-mouth intention and impulse buying, and how social media product browsing influence on utilitarian and hedonic motivation. Based on the result of this study, it is know that only hedonic motivation has positive effect on purchase intention, word-of-mouth intention and impulse buying, but not with utilitarian motivation, and product browsing has positive effect on utilitarian and hedonic motivation

"
Depok: 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inan Nadya Junus
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emosi yang berupa rasa arousal tergugah dan pleasure senang terhadap satisfaction kepuasan , kemungkinan munculnya word of mouth WOM dan positive word of mouth dengan moderasi usia, jenis kelamin, dan pendapatan dalam konsumsi film di negara berkembang. Studi kasus yang diambil adalah film Indonesia. Oleh karena itu, sampel pada penelitian ini merupakan penonton film Indonesia pada 6 enam bulan terakhir yang berdomisili di Jabodetabek. Data yang diperoleh dari sampel diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM . Hasil olahan data tersebut menunjukkan bahwa arousal berpengaruh positif terhadap pleasure, arousal dan pleasure pun berpengaruh positif terhadap satisfaction. Kemudian, arousal dan satisfaction juga berpengaruh positif terhadap likelihood of WOM, dan positive WOM, namun lain halnya dengan pleasure yang tidak berpengaruh terhadap likelihood of WOM dan positive WOM. Pengaruh moderasi dari usia, jenis kelamin, dan pendapatan pun yang membuat perubahan signfikan hanya jenis kelamin saja.

ABSTRACT
This research aims to discover the impact of emotions which are the feelings of arousal and pleasure towards satisfaction, the chances of occurrence for word of mouth and positive word of mouth with a moderation on age, gender, and income upon the Indonesian movies consumptions in an emerging market. The research sample are viewers of Indonesian movies within the last six months who live in Jabodetabek. The data gained from the sample were processed using the Structural Equation Modelling method. The results showed that arousal has a positive impact towards pleasure, and both arousal and pleasure has a positive impact towards satisfaction. Moreover, arousal and satisfaction also has a positive impact towards the likelihood of WOM, and positive WOM, however pleasure does not have an impact towards the likelihood of WOM and positive WOM. On the impact of moderation on age, gender and income, only gender type made a significant change."
2017
S67601
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arifianka Rahmafebrizsa Buhron
"Kehadiran internet memunculkan fenomena electronic Word-of-Mouth yang menggeser kekuasaan untuk memulai pembicaraan terkait sebuah produk atau jasa dari pemasar ke konsumen. Penelitian ini menganalisis hubungan antara electronic Word-of-Mouth yang ditinjau dari dimensi kualitas, kuantitas, dan keahlian pengirim terhadap purchase intention dalam konteks layanan digital banking Jenius. Penelitian ini juga turut menganalisis peran moderasi brand image dan product involvement di antara electronic Word-of-Mouth dan purchase intention tersebut.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi-experiment yang dilakukan secara online. Pengujian dilakukan dengan uji ANOVA dan analisis regresi linier sederhana serta berganda yang menemukan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara electronic Word-of-Mouth yang dimoderasi oleh brand image dan product involvement terhadap purchase intention layanan digital banking Jenius.

The emergence of internet creates the electronic Word-of-Mouth phenomenon which shifts the power to start a conversation about a product or service from marketers to consumers. This research analyzes the relationship between electronic Word-of-Mouth in terms of the dimensions of quality, quantity, and senders expertise towards purchase intention in the context of digital banking services Jenius. This research also analyzes the moderating roles of brand image and product involvement between electronic Word-of-Mouth and purchase intention.
This quantitative research uses an online quasi-experiment method. This research is conducted by using ANOVA test, single and multiple linear regression analysis techniques which discover findings that there is a significant effect between electronic Word-of-Mouth that is moderated by brand image and product involvement towards purchase intention of digital banking service Jenius.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Augustina Lidya Sukandi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara penempatan produk Line dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 terhadap niat beli konsumen karena sangat sedikit penelitian tentang penempatan produk dan perilaku konsumen melalui penelitian kualitatif. Dengan melihat area penelitian ini akan menghasilkan informasi yang lebih mendalam terutama dengan pertumbuhan dari penempatan produk di film di Indonesia.
Diskusi kelompok secara kualitatif yang terdiri dari 10 mahasiswa (19-23 tahun) digunakan sebagai alat utama untuk tujuan pengumpulan data untuk mengeksplorasi pengaruh penempatan produk terhadap perilaku niat membeli, persepsi konsumen dan juga risiko yang terkait dengannya. Penelitian ini telah mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi niat membeli berbeda antara peserta laki-laki dan perempuan. Ditemukan juga bahwa penempatan yang menonjol tidak selalu berdampak negatif terhadap persepsi merek dan risiko penempatan produk tidak ditemukan dalam konteks film ini.
Berdasarkan temuan ini, ini menjelaskan perlunya penelitian lebih lanjut untuk dilakukan untuk melihat perbedaan antara jenis kelamin karena berkontribusi pada perbedaan jawaban yang signifikan tentang efek penempatan produk. Studi ini adalah salah satu makalah akademis pertama yang melihat pengaruh penempatan produk dalam kaitannya dengan kasus tertentu dengan menggunakan metode pengumpulan data kualitatif.

The core objective of this study is to look at the relationship between product placement of Line in the movie Ada Apa Dengan Cinta 2 on consumer purchase intention as there has been very little investigation on product placement and consumer behaviour through qualitative research. By looking at this research area, it will produce a greater depth of information especially with the active growth of product placement in Indonesia.
A qualitative focus group consisting of 10 university students (19-23 years old) was used as the primary tool for data collection purposes to explore the effect of product placement on purchase intention behaviour, consumers' perception and also risks associated with it. Findings reveal that factors influencing purchase intention depends between male and female participants. It was also found that prominent placement does not always impact negatively to brand perception and risk of product placement was not found in this movie context. 
Based on these findings, it shed light on the need for further research to be conducted to look at the difference between genders as it contributes to significant differences in answers on product placement effects. This study was one of the first academic papers to look at the effect of product placement in relation to a specific case using qualitative data collection methods.
"
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Purwaningrum
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena penting di dunia pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap citra merek dan niat pembelian pada smartphone samsung juga pengaruh citra merek terhadap niat pembelian smartphone samsung. Responden penelitian ini berjumlah 167 orang yang sedang mencari smartphone dan menyukai browsing di internet. Model penelitian menggunakan 3 hipotesis dan diuji dengan metode analisis structural equation model (SEM).
Hasil penelitian menyatakan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap citra merek smartphone samsung namun tidak berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung. Sedangkan pada jurnal penelitian acuan menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek dan berpengaruh positif yang kuat terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung.

Along with the internet developments, electronic word of mouth had become an important phenomenon in the marketing’s world. This study focus to analyze influence of electronic word of mouth on brand image and purchase intention and also influence of brand image on purhase intention smartphone samsung. Respondents of this study are 167 people who are looking for smartphone and liked browsing on the internet. The tree hypoteses research model in this study are tested with Structural Equation Modelling (SEM).
The results found that electronic word of mouth effect brand image of smartphone samsung but doesn’t effect purchase intention of smartphone samsung and the brand image effect on purhase intention of smartphone samsung. While the research journal reference found that electronic word of mouth had positive effect on brand image and strong positive effect on purchase intention of smartphone samsung and brand image effect on purchase intention of smartphone samsung.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramadina Kania Trisna Putri
"Media sosial menjadi platform utama dalam pemasaran film era digital, memungkinkan interaksi langsung antara pembuat film dan audiens. Penelitian ini menganalisis peran User-Generated Content (UGC) dan Electronic Word of Mouth (eWOM) dalam meningkatkan engagement audiens melalui studi kasus film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film. Dengan pendekatan studi literatur dan analisis konten media sosial, penelitian ini menemukan bahwa UGC menciptakan buzz autentik melalui konten seperti meme, ulasan, dan video reaksi, yang mendorong eWOM secara signifikan. Kepercayaan terhadap sutradara, rumah produksi, dan elemen kreatif menjadi dasar munculnya brand evangelism, di mana audiens secara sukarela mempromosikan film. Strategi ini menunjukkan bagaimana media sosial dapat membangun keterlibatan mendalam, menjadikan film ini contoh sukses pemasaran digital.

Social media has become a key platform for film marketing in the digital era, enabling direct interaction between filmmakers and audiences. This study analyzes the role of User-Generated Content (UGC) and Electronic Word of Mouth (eWOM) in enhancing audience engagement through the case of the film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film. Using a literature review and social media content analysis, the study finds that UGC generates authentic buzz through content like memes, reviews, and reaction videos, significantly driving eWOM. Trust in the director, production house, and creative elements serves as the foundation for brand evangelism, where audiences voluntarily promote the film. This strategy highlights how social media fosters deep engagement, making this film a successful example of digital marketing."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tikka Aprilomanda
"Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetaui pengaruh iklan dan publisitas di media massa terhadap word of mouth film "Ada Apa dengan Cinta ?" Penelitian dilakukan di satu sekolah menengah umum, yaitu SMUN 6 Jakarta. Pertimbangannya adalah SMUN ini merupakan salah satu SMU yang terkenal dan siswanya banyak berasal dari kalangan menengah ke atas, yaitu kalangan yang mampu untuk menonton di bioskop sehingga diharapkan akan lebih mudah mendapatkan siswa yang pernah menonton film "Ada Apa dengan Cinta ?" di bioskop. Penelitian dilakukan dengan memakai pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa SMUN 6 kelas 1, 2, dan 3. Karena populasi terdiri atas lapisan atau beberapa stratum, agar sampel mencerminkan lapisan-lapisan pada populasi sehingga representatif, maka penarikan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara acak berlapis (stratified random sampling). Data digali menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert. Kemudian data dianalisis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis regresi didapat R square sebesar .552, yang mengindikasikan bahwa ketiga variabel independen dapat menjelaskan 55,2% dart variansi variabel word of mouth. Dari uji F, menunjukkan adanya pengaruh atau hubungan antara variabel independen secara bersama-sama terhadap word of mouth (signifikansi uji F = 0,000 < signifikansi alpha = 0,05). Sedangkan uji t, diketahui signifikansi iklan di media massa 0,008 signifikansi alpha 0,05, maka Ho ditolak, artinya iklan di media massa mempunyai pengaruh terhadap word of mouth. Signifikansi publisitas di media massa adalah 0,0229 < signifikansi alpha = 0,05, maka HO ditolak, artinya publisitas di media massa mempunyai pengaruh terhadap word of mouth. Signifikansi kecepatan penyebaran informasi di media massa adalah 0,001 < alpha 0,05, maka Ho ditolak, artinya kecepatan penyebaran informasi di media massa mempunyai pengaruh terhadap word of mouth. Persamaan yang diperoleh dari analisis regresi dan menggambarkan hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah: Word of mouth = 0,722 + 0,243 Iklan + 0,165 Publisitas + 0,355 Kecepatan Penyebaran Informasi di Media Massa. Hal ini juga menunjukkan, bahwa terdapat satu atau lebih variabel independen lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini terlihat memiliki koefisien pengaruh yang cukup besar."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14253
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>