Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 239596 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Danang Fajar Pamungkas
"Informasi mengenai negara asal suatu produk adalah salah satu pertanda yang menimbulkan persepsi tertentu di benak konsumen mengenai kualitas dan nilai dari suatu produk. Studi mengenai Country of Origin menjadi penting dalam konteks pemasaran internasional, mengingat banyaknya negara yang terafiliasi dalam aliansi strategis dan memproduksi produk yang melibatkan citra negara-negara yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari Country of Brand (COB) dan Country of Manufacturing (COM) Origin dari produk mobil penumpang terhadap evaluasi merek dan kemauan konsumen untuk membelinya di negara berkembang, dengan mempertimbangkan etnosentrisme sebagai faktor moderasi. Peneliti melakukan cross-sectional survey untuk mengetahui efek tersebut pada merek mobil yang berasal dari Korea Selatan dan dibuat di Indonesia, dengan melibatkan 273 sampel, yang kemudian diolah menggunakan Structural Equation Modelling.
Hasil penelitian menunjukkan COM dari Indonesia dan COB dari Korea Selatan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap evaluasi merek dan kemauan untuk membeli konsumen secara parsial. COM diketahui memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap evaluasi merek pada konsumen yang memiliki tingkat etnosentrisme tinggi. Penelitian ini kemudian memberikan Implikasi manajerial bagi perusahaan otomotif yang berasal dari negara yang tidak terlalu dominan di sektor otomotif untuk melibatkan negara tujuan pasarnya dalam hal produksi dan promosi guna meningkatkan evaluasi merek dan kemauan konsumen domestik untuk membeli produknya.

The country-of-origin information of a product is one of the ques that creates certain perceptions in consumers’ minds about the quality and value of a product. The study of Country of Origin becomes important in international marketing context, considering the fact that many countries are affiliated in strategic alliances to produce products that involve the images of those countries.
This study aims to determine the effect of Country of Brand (COB) and Country of Manufacturing (COM) Origin of passenger car products towards brand evaluation and consumer willingness to buy in developing countries, by considering ethnocentrism as a moderating factor. This research was conducted with cross-sectional survey to determine the effect on South Korean car brands which made in Indonesia, involving 273 samples, which were then processed using Structural Equation Modelling.
The results showed that COM from Indonesia and COB from South Korea had a significant positive effect on brand evaluation and partial purchase intention of consumers. COM is known to have a stronger influence on brand evaluation in consumers who have a high level of ethnocentrism. This research then provides managerial implications for automotive companies from countries that are not too dominant in the automotive sector, to involve their target market countries in terms of production and promotion in order to improve domestic consumer’s brand evaluation and willingness to buy.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Saraswati Brodjonegoro
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh country of origin image terhadap brand equity beserta dimensinya untuk dua merek kosmetik (Wardah dari Indonesia dan Innisfree dari Korea Selatan) pada pasar kosmetik di Indonesia, khususnya Kawasan Jabodetabek. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form dan diukur menggunakan skala likert 1-5. Jumlah sampel yang valid diperoleh dari 167 responden yang sebelumnya telah menggunakan dan/atau kosmetik merek Wardah dan Innisfree. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS untuk analisis statistik deskriptif dan SmartPLS untuk analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa country of origin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity (brand awareness, perceived quality, dan brand loyalty) pada merek Wardah dan Innisfree. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh antara country of origin terhadap brand equity sedikit lebih kuat pada merek Wardah dibandingkan dengan merek Innisfree.

This study aims to analyse the effect of country of origin on brand equity and its dimensions for two cosmetics brands (Wardah from Indonesia and Innisfree from South Korea) in Indonesian cosmetics market, especially in Jabodetabek region. The study uses a quantitative method through online questionnaires via Google Form and measured with five-point Likert scale. Valid samples were collected from 167 respondents who have previously used and/or bought Wardah and Innisfree cosmetics. The data obtained were processed using SPSS for descriptive statistical analysis and SmartPLS for SEM-PLS analysis. The results of this study shows that the relationship between country of origin and brand equity (brand awareness, perceived quality, dan brand loyalty) has positive and significant effect on Wardah and Innisfree. Results of this study also shows that the relationship between country of origin and brand equity on Wardah are stronger than Innisfree."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silitonga, Cynthia Permata br
"Penelitian ini penting dilakukan terhadap produk dari negara asal tertentu di dalam memahami perilaku konsumen dan gambaran produknya diterima dengan baik di negara tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap consumer purchase intention melalui brand image dan brand evaluation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei pada target konsumen skincare Laneige di Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 160. Cronbach’s alpha dan confirmatory factor analysis (CFA) digunakan untuk menilai reliabilitas serta validitas. Structur Equation Model (SEM) digunakan dalam pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa country of origin memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap purchase intention. Brand image memiliki pengaruh full mediation sebagai variabel mediator sedangkan brand evaluation memiliki pengaruh no mediation sebagai variabel mediator.

The study is necessary to employ towards a product from a particular country in understanding consumer behavior and market respon in the entry country. This research was conducted because in the intense global competition, producers need to understand the factors that cause purchase intention so that their products can be accepted by the public. This study uses a quantitative approach to survey methods on Laneige skincare target consumers in Jakarta. The sample in this study amounted to 160.Cronbach's alpha and confirmatory factor analysis (CFA) were used to assess reliability and validity. The Structural Equation Model (SEM) is used in hypothesis testing. The results showed that country of origin has a positive but insignificant effect on purchase intention. Brand image has a full mediation effect as a mediator variable, while brand evaluation has no mediation effect as a mediator variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Vega Septyanti
"Persaingan pasar yang begitu ketat memaksa pemasar mencari cara untuk memenangkan produknya di pasar. Brand equity menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan di mata konsumen. Brand equity tidak hanya didapatkan dari strategi promosi seperti harga dan iklan saja namun juga dari negara asal sebuah merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh country-of-origin image terhadap brand equity dengan mempertimbangkan perceived quality, brand loyalty, dan brand awareness/association yang dimiliki konsumen pada industri laptop di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang berdomisili di Jabodetabek yang pernah membeli dan menggunakan produk laptop dalam kurun waktu enam tahun terakhir. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM dan juga menggunakan metode Analysis of Variance ANOVA untuk melihat perbedaan antar merek laptop dan antar negara asal merek laptop. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country-of-origin image memiliki pengaruh positif terhadap perceived quality, brand loyalty, dan brand awareness/association, namun country-of-origin image tidak berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived quality dan brand awareness/association tidak memediasi hubungan antara country-of-origin image dan brand equity, hanya brand loyalty yang memediasi hubungan antara kedua variabel tersebut.

The market competition is so tight forcing marketers to find ways to win their products in the market. Brand equity becomes a way to increase company value in costumers rsquo eyes. Brand equity is not only gained by promotional strategies such as pricing and advertising but also by brand rsquo s country of origin. This study aims to analyze the effect of country of origin image towards brand equity by considering perceived quality, brand loyalty, and brand awareness association in Indonesia laptop industry. Data for this research were collected from college student in Jabodetabek who have ever bought and used laptop in the last six years. The data were analyzed using Structural Equation Modelling SEM method using LISREL 8.51 and also using Analysis of Variance ANOVA method to analyze differences between laptop brands and between laptop brand rsquo s country of origin. The result of this research shows that country of origin image has positive effect on perceived quality, brand loyalty, and brand awareness association, whilst country of origin image tidak berpengaruh signifikan terhadap brand equity. Furthermore, the results shows that perceived quality and brand awareness association does not mediating the relationship between country of origin image and brand equity, only brand loyalty which mediating the relationship among those variables.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silmi Aprilia Andari
"Menurut penelitian, Reconfigurable Manufacturing System (RMS) adalah konsep yang paling mungkin untuk membantu produsen agar tetap kompetitif di persaingan pasar. RMS adalah kelas sistem manufaktur yang kompleks, dimana memerlukan pemahaman menyeluruh tentang perencanaan proses dan penjadwalan untuk mendapatkan hasil yang efisien, oleh karena itu masih dianggap sulit untuk dipahami oleh para praktisi. Meskipun begitu, RMS tidak berkembang dan terkenal di kalangan industri. Di sisi lain, serious game adalah media pembelajaran yang efektif bagi para insinyur untuk membuat keputusan praktis yang masuk akal dengan menggabungkan perolehan pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang langkah awal dalam membuat serious game yang akan meningkatkan pemahaman tentang RMS dengan memperkenalkan karakteristik intinya. Permainan ini akan mengharuskan pemain untuk menentukan peningkatan optimal pada sistem manufaktur dengan mengkonfigurasi ulang elemen pada sistem tersebut. Model awal yang dihasilkan dalam penelitian ini akan mencakup elemen sistem yang menggambarkan karakteristik inti RMS dan bagaimana elemen tersebut diimplementasikan dalam serious game.

According to studies, the Reconfigurable Manufacturing System (RMS) is the most likely concept to assist manufacturers in remaining competitive in the market. RMS is a complex class of manufacturing systems, which necessitates a thorough understanding of process planning and scheduling to produce efficiently, and is, therefore, difficult to understand by practitioners. Besides their interest, RMS is not developed and is well known in the industry. On the other hand, serious games were an effective learning tool for engineers to make sensible, practical decisions by combining knowledge and skill acquisition. This research aims to design the first steps of creating a serious game that would improve understanding of RMS by introducing its core characteristics. This game would require the player to determine the optimum upgrade for a manufacturing system by reconfiguring the system's elements. The preliminary model generated in this study will include system elements that describe the core characteristics of RMS and how they are implemented in the serious game.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azelia Puteri
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan prosedur kerja atau Standard Operating Procedure (SOP) rancangan sistem pemantauan kualitas supplier yang mempertimbangkan level non-conformity. Sistem yang ada di manufaktur elektronik sebagai tempat penelitian belum cukup efektif, penanganan untuk semua non-conformity yang terjadi menggunakan Corrective Action Request (CAR) form. Untuk merancang sistem ini, metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD).
Penelitian ini menggunakan historical data dari non-conformity yang terjadi selama bulan Juli – Desember 2021. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah sistem pemantauan kualitas supplier berupa prosedur kerja atau SOP yang mengklasifikasikan level non-conformity berdasarkan critical level yang merujuk pada dampak non-conformity tersebut pada bisnis perusahaan dan juga dihasilkan corrective action yang sesuai dengan level non-conformity.

The purpose of this study is to obtain working procedures or Standard Operating Procedures (SOPs) of supplier quality monitoring system designs that consider the level of non-conformity. The existing approach used in electronics production is ineffective in handling all non-conformities that occur utilizing the Corrective Action Request (CAR) form. The key method employed in this research to design this system is Quality Function Deployment (QFD).
This research used the non-conformities data that happened between July and December 2021. This study yielded a supplier quality monitoring system in the form of work procedures or SOP, which classifies the level of non-conformity based on the critical level, which refers to the impact of the non-conformity on the company's business and also produces corrective actions based on the level of non-conformity.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Padantya Adi Wijaya
"Industri konstruksi merupakan salah satu industri yang memiliki risiko tinggi terhadap lingkungan. Proses rantai pasok menjadi salah satu perhatian utama karena dampaknya yang besar pada lingkungan. Rendahnya penerapan praktik ramah lingkungan pada industi konstruksi di indonesia menyebabkan konsumsi energi dan produksi gas rumah kaca terus mengalami kenaikan tiap tahun yang akan berdampak buruk pada lingkungan salah satunya menyebabkan perubahan iklim. Selain itu, kurangnya penerapan praktik hijau ini akan berdampak pada kinerja ekonomi dan organisasi perusahaan. Pemilihan strategi yang tepat dalam penerapan manajemen rantai pasok hijau (GSCM) merupakan solusi untuk menghadapi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemilihan strategi implementasi GSCM yang optimal pada industri konstruksi untuk meningkatkan kinerja keberlanjutan dengan metode Analytic Network Process (ANP) dan korelasi sederhana. Metode ANP digunakan untuk menentukan prioritas dari strategi GSCM dan metode korelasi sederhana digunakan untuk menentukan hubungan dari strategi GSCM dengan keberlanjutan. Berdasarkan analisis ANP, strategi berbasis efisiensi merupakan strategi yang menempati peringkat pertama sehingga strategi berbasis efisiensi dipilih sebagai strategi GSCM di industri konstruksi. Hubungan yang terjadi antara strategi berbasis efisiensi dengan keberlanjutan baik pada kinerja lingkungan, ekonomi dan sosial memiliki nilai positif secara signifikan dengan kategori moderat. Dengan hal ini, penerapan strategi berbasis efisiensi dapat meningkatkan kinerja keberlanjutan melalui implementasi praktik GSCM di konstruksi. 

The construction industry is one of the industries that have high environmental risks. The construction supply chain process is the main concern due to environmental damage.  The lack of green practices implementation in the Indonesian construction industry causes energy consumption and gas emissions to continue to rise every year which will negatively impact the environment. In addition, the lack of green practices implementation can impact the economic and organizational performance. The strategy selection of green supply chain management (GSCM) is the solution to overcome this problem. This study aims to select the right GSCM strategy in the Indonesian construction industry to increase sustainability performance using the Analytic Network Process (ANP) and correlation analysis. The ANP method is used to prioritize the GSCM strategies, whereas correlation analysis is used to identify the correlation between GSCM strategy and sustainability performance. Based on the ANP, the efficiency-based strategy has the highest weight and is selected to be the GSCM strategy to implement in the Indonesian construction industry. The correlation that occurs between efficiency-based strategy and sustainability performance (environmental, economic, and social) has a significant and positive impact with a moderate category. Therefore, the implementation of an efficiency-based strategy can improve sustainability performance through the implementation of GSCM practices in construction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suryo Utomo
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh country of origin image terhadap pembentukan brand equity pada salah satu produk otomotif, yaitu kendaraan roda dua dengan mengambil studi kasus pengguna sepeda motor Bajaj Pulsar. Dalam penelitian ini, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan program LISREL 8.5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin image mempunyai pengaruh positif serta signifikan terhadap sumber brand equity. Selain itu sumber brand equity yang merupakan variabel mediasi terdiri dari tiga variabel, yaitu brand distinctiveness, brand loyalty, dan brand awareness. Hanya variabel brand loyalty yang mempunyai pengaruh positif serta signifikan terhadap brand equity. Sebaliknya country of origin image tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand equity. Interpretasi, limitasi, dan implikasi manajerial akan didiskusikan lebih lanjut.

This research investigates the effect of country of origin image on the formation of brand equity on one of the automotive product, specifically in two-wheeled vehicle. The case study used is Bajaj Pulsar Motorcycle. In this research, Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL 8.5 program has been used to process the data. The result shows that country of origin image has a positive and significant effect on brand equity dimensions. Furthermore, among three mediating variables of brand equity dimensions (those are brand distinctiveness, brand loyalty, and brand awareness/associations), it is proven that there is only one mediating variable, brand loyalty, which has a positive and significant effect on brand equity. However, it is found that country of origin image has not significant effect on brand equity. Interpretations, limitations, and managerial implications are discussed further."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S43945
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Firdaus
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity terhadap repurchase intention dan word-of-mouth, dengan country of origin dan product type sebagai variabel moderasi pada pengguna Merek Nike yang berada di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. 160 Responden telah menjawab kuesioner. KMO dan cronbach’s alpha telah digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas. Analisis akhir dilakukan dengan program SPSS, dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa brand equity berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention dan word of mouth. Product type secara signifikan memoderasi pengaruh brand equity terhadap repurchase intention dan word-of-mouth. Namun, country of origin tidak memoderasi pengaruh brand equity terhadap repurchase intention dan word-of-mouth.

This study aims to analyze the effects of brand equity on repurchase intentions and word-of-mouth, with country of origin and product type as moderation variables on users of the Nike Brand residing in Jabodetabek. This study uses a quantitative method in which the research is conducted by spreading questionnaires. 160 Respondents have submitted the questionnaires. KMO and cronbach’s alpha has been used for validity and reliability tests. The final analysis is done with the SPSS program, using the multiple linear regression method. The findings of this study concluded that brand equity significantly affects repurchase intention and word of mouth. Product type also significantly moderates the effects of brand equity to repurchase intention and word-of-mouth. However, country of origin does not moderate the effects of brand equity to repurchase intention and word-of-mouth."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Malela, Erza Sidhi Rangga
"Tujuan dari skripsi adalah untuk menginvestigasi seberapa besar pengaruh country-of-origin terhadap konsumer Indonesia dalam mengevaluasi dan keputusan pembelian produk high-end fashion brand. Riset kuantitatif telah dilakukan melalui pengumpulan data dari 125 responden. Hasil menunjukkan bahwa konsumer Indonesia menggunakan country-of-origin dalam batas sedang. Konsumer Indonesia melihat COO sebagai cue penting dalam mengidentifikasi COO yang dianggap desirable untuk produk high-end fashion brand. Namun, dibandingkan harga, kualitas, desain, dan merek, COO merupakan variabel yang kurang penting dalam mengevaluasi dan kepemutusan pembelian produk high end fashion brand.

The purpose of this research is to investigate to what extent country-of-origin affects Indonesian consumers’ evaluation and purchasing decision in high-end fashion brands. Quantitative research was employed in data collection, with using a survey on 125 respondents. Results showed that that for Indonesian consumers, COO cues are being used in a moderation or only has medium impact. Indonesian consumers perceived COO as an important cues on determining their preference on which COO is preferred when it comes to purchase the high-end fashion products. However, compared to other variables such as price, quality, design, and brand, COO is the least important item to be used to evaluate and purchase high-end fashion products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>