Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34481 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adi Zakaria Afiff
"For years marketing concept as the basic philosophy in marketing has been widely accepted by many marketing and business practioners. However, in 2003, the well known marketing scholar Philip Kotler introduced a new philosophy of marketing in his famous marketing management textbook. This article then try to trace the history of the new philosophy and answer the qutestion of whether the new philosophy can replace the previous marketing concept. Relating the customer concept philosophy to the concept of relationship marketing in business to business market, service market and consumer market resulted in the conclusion that the customer concept can not fully replace marketing concept. Further, this article proposed the usage of consumer involvement toward products offered as a basis for distincting the basic philosophy of marketing management to be used."
2006
MUIN-XXXV-1-Jan2006-3
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sofjan Assauri
"Pemberian customer service yang baik dapat diharapkan tercapainya kepuasaan para pelanggannya. Kepuasaan pelanggan membentuk persepsi pelanggan terhadap produk yang dipasarkan perusahaan, sehingga hal ini dapat memposisikan produk tersebut di mata pelanggan. Oleh karena itu customer service dapat memberikan dampak bagi keberhasilan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa keberhasilan perusahaan dalam melayani pelangannya sehingga pelanggan mendapatkan kepuasaan apabila misi perusahaan tersebut menekannka npada pelanggan atua customer orientation, dengan mengembangkan berbagai upaya bagi pemenuhan kebutuhan dan keinganan para pelanggannya."
2003
MUIN-XXXII-01-Jan2003-25
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kristian Satrio Wicaksono
"Trend bersepeda semakin meningkat belakangan ini. Melihat fenomena tersebut, Para produsen sepeda dalam negeri berlomba-lomba untuk dapat meningkatkan penjualan mereka. Tiga produsen tersebut adalah Polygon, Wimcycle dan United. Polygon memiliki strategi yang berbeda dengan kompetitornya dimana polygon memiliki jaringan ritel yang cukup baik bernama Rodalink. Salah satu tujuan dari strategy tersebut adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang berkunjung ke outlet. Salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan melakukan Experiential Marketing strategy (sense, feel, think, act, relate), yaitu menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan di toko.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan studi kasus di Rodalink Kalimalang. Penelitian menggunakan desain riset deskriptif dengan metode survei. Sampel dihimpun dengan metode nonprobability sampling dengan teknik convinience sampling sebanyak 100 sampel. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Untuk mencapai tujuan penelitian data diolah dengan teknik analisa data Regresi.
Hasil menunjukan bahwa Sense, Feel, Act Marketing memiliki pengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap Loyaltas Pelanggan, sedangkan untuk Think Marketing memiliki pengaruh negative dan tidak signifikan bagi loyalitas pelanggan. Satu-satunya yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah Relate Marketing. Hal ini menunjukan bahwa Experiential Marketing memiliki pengaruh terhadap Loyalitas pelanggan di Rodalink kalimalang.

Trend cycling has increased lately. Seeing this phenomenon, the domestic bycycle manufacturers vying to increase their sales. Three manufacturers are Polygon, Wimcycle and United. Polygon has a different strategy with its competitors which polygon has a pretty good retail network called Rodalink. One goal of the strategy is to increase the loyalty of customers who visit the outlet. One way to increase customer loyalty is by Experiential Marketing strategy (sense, feel, think, act, relate), which creates a pleasant shopping experience at the store.
This study aims to determine how much influence the variable Experiential Marketing to Customer Loyalty Kalimalang Rodalink case study. The study used a descriptive research design using survey method. Samples were collected by the method nonprobability sampling with sampling techniques convinience sampling as much as 100 samples. Measuring instrument used was a questionnaire using a Likert scale. To achieve the research objectives of data processed by data analysis regressions.
The results showed that the Sense, Feel, Act Marketing has a positive but not significant effect on customer Loyalty, while for Think Marketing has a negative and insignificant effect for customer loyalty. The only one that has a positive and significant effect was Relate Marketing. This shows that the Experiential Marketing has an influence on customer loyalty in Rodalink Kalimalang.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44043
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryzky Pamungkas
"Industri garmen saat ini menghadapi tantangan cukup besar dalam memenuhi permintaan buyer dari luar negeri. Tren fast fashion membuat siklus produksi garmen menjadi lebih pendek dan membuat pabrik garmen harus bekerjasama dengan suplier yang dapat diandalkan, terutama suplier benang jahit, untuk memenuhi kebutuhan produksi di pabrik garmen dalam waktu singkat. Penelitian ini menekankan pentingnya membangun kemitraan strategis antara pabrik garmen dan suplier benang jahit dalam kerangka hubungan pemasaran B2B untuk memastikan rantai pasok yang efektif dan berkesinambungan. Penelitian terdahulu menyatakan terdapat pengaruh positif antara commitment, trust, dan Relative dependence terhadap customer satsifaction dan customer loyalty dalam hubungan distributor dan seller. Penelitian ini membangun model untuk menganalisis lebih lanjut pengaruh faktor-faktor Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, Benevolence-based Trust, dan Relative dependence untuk mencapai customer satisfaction dan customer loyalty dalam hubungan pabrik garmen dan suplier benang jahit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang dikirimkan kepada pabrik garmen yang berada di Propinsi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel penelitian. Temuan dari penelitian ini menyatakan Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, dan Benevolence-based Trust dapat meningkatkan customer satisfaction dan customer loyalty, namun relative dependendence ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dan customer loyalty. Temuan ini memberikan wawasan baru bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi bisnisnya.

The garment industry is currently facing considerable challenges in meeting the demands of overseas buyers. The fast fashion trend has shortened garmen production cycles and forced garmen factories to work with reliable suppliers, especially sewing thread suppliers, to fulfil the production needs of garmen factories in a short period of time. This research emphasises the importance of building strategic partnerships between garmen factories and sewing thread suppliers within the framework of B2B marketing relationships to ensure an effective and sustainable supply chain. Previous research states that there is a positive influence between commitment, trust, and Relative dependence on customer satisfaction and customer loyalty in distributor and seller relationships. This study builds a model to further analyse the influence of Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, Benevolence-based Trust, and Relative dependence factors to achieve customer satisfaction and customer loyalty in the relationship between garmen factories and sewing thread suppliers. The research method used is quantitative method with data collection through surveys sent to garmen factories located in Banten, West Java, and DKI Jakarta Provinces. Data analysis was conducted using SmartPLS to determine the relationship between the research variables. The findings of this study state that Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, and Benevolence-based Trust can increase customer satisfaction and customer loyalty, but Relative dependence was found to have no significant effect on customer satisfaction and customer loyalty. These findings provide new insights for companies in developing their business strategies."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denies Septorano
"Perkembangan bisnis konstruksi yang cepat dan dinamis, saat ini menuntut perusahaan untuk mampu bersaing dalam ketatnya kompetisi bisnis. Pendekatan strategi pemasaran dalam industri konstruksi di Indonesia, saat ini tidak sebatas bermain pada alat-alat promosi, tetapi lebih ditekankan pada pemberian nilai tambah pada produk yang dihasilkan dan menciptakan kualitas dari hubungan bisnis antara klien dan perusahaan sebagai strategi promosi perusahaan. Selain itu salah satu tujuan strategi pemasaran dari suatu perusahaan pada umumnya ditekankan pada kepuasan pelanggan, dari kepuasan pelanggan tersebut akan tercipta loyalitas konsumen, kemudian market share akan semakin meningkat, serta berakhir pada tingkat profitabilitas yang tinggi. Penelitian ini akan lebih jauh membahas mengenai faktor-faktor yang membentuk kepuasan pada perusahaan jasa konstruksi PT. Waskita Karya dan analisis kinerja perusahaan ditinjau dari kepuasan pelanggan dengan menggunakan pendekatan metode Importance Performance Analysis (IPA). Output dari penelitian ini adalah mendapatkan faktor-faktor yang membentuk kepuasan dan data tingkat kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan oleh PT Waskita Karya, yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan pelayanan pada perusahaan tersebut serta mendapatkan faktor utama yang perlu diperbaiki untuk tetap memiliki keunggulan bersaing.

Rapid and dynamic developments in the construction business currently require companies to be able to compete in a tight business competition. Approach to marketing strategy in the construction industry in Indonesia, is not currently playing in limited promotional tools, but with more emphasis on providing added value to the products and creating quality of the business relationship between the client and the company as a promotional strategy of the company. Moreover one of the goals of the marketing strategy of a company is generally focused on customer satisfaction, customer satisfaction will create customer loyalty, and market share will increase rapidly, and end on a high level of profitability. This research will further discuss the factors influencing customer satisfaction in construction company PT.Waskita Karya, and analysis of company performance in terms of customer satisfaction by using the method of approach Importance Performance Analysis (IPA). The output of this research is to get the factors influencing customer satisfaction and customer satisfaction level data on services provided by PT Waskita Karya, which can be used as a benchmark of success in the service of the company and get the key factors that need to be improvedto retain competitive advantage.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangkuti, Freddy
Jakarta: Gramedia, 2002
658.812 RAN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kalalo, Nicholas Patra
"Tesis ini menganalisa peran dari metode CIS dalam mengukur tiogkat kepuasan konsumen I pengguna website yang memasarkan produk atau .iasa digital. Tesis ini sekaligus juga menganaiisa kepuasan terhadap performa website Panorama Tours dan lebih .iauh lapi mengukur penilaian korurumen I pengguna website terhadap tiap dimensi metode CIS dari website Panorama Tours. Dari penelitian ini. didapatkan basil bahwa metode CIS layak untuk digunakan sebapai metode untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen Ipengguna suatu website yang memasarkan produk atau jasa digital.

This thesis analyzes the role of the CIS metbod for measuring the cus!Omers I users satisfitction level of the website that seUs digital products or services. This thesis also analyzes both the customer /user satisfuction with the performance of Panorama Tours Web site and further assessment of users of the website to measure each CIS method dimension of the Panorama Tours Website. From this study. the result shows that the CIS metbod is feasible to be used as a method for."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33549
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Trya Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh customer experience terhadap revisit intention melalui mediasi customer satisfaction pada Spincity Bowling Alley. Customer experience diperoleh dari berbagai pelayanan dan aktivitas yang diupayakan penyedia usaha yang berkaitan tertentu dengan mengoptimalkan sense (indera), feel (emosional), think (kognitif), act (tindakan), dan relate (hubungan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil penelitian memnunjukkan bahwa pengalaman berkunjung ke Spincity Bowling Alley berpengaruh dengan keingan pengunjung untuk datang kembali dengan melihat kepuasan pelanggan selama berkunjung.

The purpose this research is to examine the effect of customer experience on revisit intentions through mediation of customer satisfaction at Spincity Bowling Alley. Customer experience is obtained from various services and activities that are pursued by business providers related to certain things by optimizing senses, feel, think, act, and relate. This study uses a quantitative approach, the type of explanatory research, by distributing questionnaires to 100 respondents with a non-probability sampling technique. The results of the study indicate that the experience of visiting Spincity Bowling Alley has an effect on the desire of visitors to come back by looking at customer satisfaction during their visit."
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fayadiva
"Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelingkung berupa elemen dinding pada sebuah toko terhadap tanggapan pengunjung. Penelitian mendalam terkait pengaruh pelingkung toko dengan tanggapan pengunjung perlu dilakukan untuk dijadikan pertimbangan perancangan bagi arsitek dan pemilik properti. Studi literatur dilakukan sebagai tahap awal pada penelitian ini untuk menemukan faktor yang mempengaruhi perilaku pengunjung. Faktor tersebut kemudian digunakan sebagai variabel dalam eksperimen. Eksperimen dilakukan menggunakan video simulasi tiga buah toko elektronik dengan penataan pelingkung yang berbeda. Dinding sebagai elemen pelingkung disusun berbeda pada setiap toko yaitu mengelilingi empat sisi, mengelilingi dua sisi dan tidak ada dinding sama sekali. Dua set kuisioner juga digunakan sebagai metode pada penelitian ini yang diisi oleh 163 responden yang berpartisipasi pada eksperimen ini. Penelitian ini menemukan bahwa toko yang disimulasikan tidak memiliki pelingkung berupa elemen dinding dapat mempengaruhi tanggapan pengunjung untuk menetap lebih lama di dalam toko. Faktor lainnya yang mempengaruhi durasi pengunjung menetap di dalam toko adalah jenis kelamin, jumlah tabungan dan umur pengunjung. Penelitian ini juga menemukan bahwa durasi pengunjung menetap di dalam toko dapat mempengaruhi keputusan mereka membeli produk yang dijual. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan pengelola properti dalam merancang toko yang tepat untuk meningkatkan pengalaman belanja pengunjung. Arsitek dapat mempertimbangkan keberadaan pelingkung saat merancang bangunan properti. Penelitian ini juga dapat dikembangkan dengan menggunakan konteks toko selain toko elektronik untuk melihat pengaruh kebaradaan pelingkung terhadap tanggapan pengunjung.

This study discussed the effect of enclosure on customer responses. The spatial quality of a store can affect the behavior of customers when shopping. The development of retail uses temporary stores without enclosure as a new way to promote their products. In-depth research related to the influence of the stores enclosure with customer responses needs to be done to be used as design considerations for architects and property owners. A literature study was conducted as an initial step in this study to find factors that influence customer behavior. The factors are then used as a variable in the experiment. Experiments carried out using video simulations of three electronic stores with different enclosure arrangements. Walls as an element of the enclosure are arranged differently in each store (4 walls, 2 walls, 0 walls). Two sets of questionnaires were also used as a method in this study and were filled out by 163 respondents who participated in this experiment. This study found that a simulated store that does not have an enclosure can influence the response of customers to stay longer inside. Other factors that influence the duration of visitors staying in the store are gender, the amount of savings, and the age of visitors. The study also found that the duration of visitors staying in the store could influence their decision to buy the products. The results of this research can be utilized by property developers in designing the right stores to enhance the shopping experience of visitors. The architects can consider the existence of enclosure when designing property buildings. This research can also be developed by using a different store context other than an electronic store to see the effect of the enclosure on the customer responses."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Timur
"ABSTRACT
Customer Satisfaction is inevitable factor that must be considered by company. There are 2 (two) conditions that significant on telecommunication industry during 2011. First, Telecommunication and Transportation Industry had highest GDP growth compared to other service industries. This condition was challenged with telecommunication market environment with tight competitive environments among service provider which made telecommunication service as commodity from subscriber perspective. PT. XL Axiata Tbk, a challenger in Indonesia telecommunication industry, has passed 2011 with remarkable achievement. There might be customer satisfaction factor that involve to support this telecommunication company. As Service Company, one of customer satisfaction factor is good service quality, front line service which come from satisfied employees. To understand customer and employee satisfaction level, NPS can be an alternative tool to measure both satisfactions. Further steps will be conducted to provide significant factor that influence PT. XL Axiata customer and employee satisfaction. Based on analysis, several recommendations will be proposed to improve both satisfaction levels."
2012
T32199
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>