Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117947 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adinda Diandri Putri
"Meningkatnya kesadaran konsumen terkait dampak negatif dari produksi pakaian pada perusaahaan fast fashion, banyak konsumen beralih ke produk yang lebih sustainable. Sehingga, diperlukan penelitian untuk memahami lebih baik bagaimana mendorong perilaku pembelian yang berkelanjutan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual yang menggambarkan hubungan antara faktor internal yaitu karakteristik konsumen (shopping value, sustainability consciousness, perceived consumer effectiveness, environmental knowledge) dan faktor eksternal yaitu perspektif pemasaran (kriteria produk pakaian sustainable) yang mempengaruhi intensi perilaku konsumsi produk pakaian sustainable diantara kelompok generasi. Data survey yang dikumpulkan melalui kuesioner online terdiri dari 150 konsumen Generasi X, 150 konsumen Generasi Y, dan 150 konsumen Generasi Z. Analisis data akan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari analisis PLS-SEM menunjukkan beberapa faktor karakteristik konsumen dan perspektif pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intensi perilaku konsumsi pakaian sustainable. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada beberapa faktor karakteristik konsumen dan perspektif pemasaran diantara kelompok generasi. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi pelaku usaha di bidang industri mode dalam mengembangkan strategi pemasaran yang menargetkan kelompok generasi untuk mendorong konsumsi pakaian sustainable dengan memperhatikan isu keberlanjutan (lingkungan dan sosial) tidak hanya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek mereka, namun juga untuk berkontribusi dalam mengatasi krisis yang dihadapi di tanah air dan generasi selanjutnya

Increased consumer awareness regarding the negative impacts of clothing production in fast fashion companies has made a lot of consumer shift to a more sustainable product. Therefore, research is needed to understand how to effectively encourage sustainable buying behaviour. This research aims to develop a conceptual model that describes the relationship between the internal factors, namely consumer characteristics (shopping value, sustainability consciousness, perceived consumer effectiveness, environmental knowledge), and external factors namely advertising perspective (sustainable clothing product criteria) which influence the behavioural intention of consuming sustainable clothing products among generation groups. Survey data collected through online questionnaires consisted of 150 Generation X consumers, 150 Generation Y consumers, and 150 Generation Z consumers. Data analysis will be using Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method. The result from the PLS-SEM analysis shows that several factors of consumer characteristics and marketing perspective have a positive and significant effects on the behavioural intention to consume sustainable clothing. These findings show that there are significant differences in several factors of consumer characteristics and marketing perspectives between generation groups. This research could give useful recommendations for businessmen in the fashion industry in developing marketing strategies targeting generational cohorts to encourage sustainable apparel consumption by considering sustainability issues (environmental and social) not only to increase consumer trust in their brand, but also to contribute to handling the crisis that is faced in the homeland and future generations."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mollynda Ara Safia
"Koperasi merupakan badan hukum yang berorientasi pada kesejahteraan anggota pada khususnya dan kemakmuran rakyat pada umumnya. Namun, masih terdapat kasus dimana anggota memohonkan pailit Koperasinya sendiri dan juga anggota yang tidak setuju atas kepailitan tersebut. Skripsi ini membahas mengenai 2 (dua) hal yaitu mengenai perlindungan terhadap anggota koperasi yang telah dinyatakan pailit dan mengenai peran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (“Kemenkop UKM”) dalam memberikan perlindungan terhadap anggota Koperasi dalam perkara kepailitan Koperasi. Metode Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah secara kualitatif dengan bentuk penelitian yuridis-normatif yaitu pengkajian melalui hukum positif yang berlaku. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa belum terdapat aturan yang dapat mengakomodasi kepentingan anggota dalam hal kepailitan Koperasi dan masih terdapat kurangnya kesadaran hukum anggota akan kedudukannya dalam koperasi. Di sisi lain, peran Kemenkop UKM dalam upaya perlindungan anggota Koperasi dalam kepailitan adalah dengan membentuk Satuan Tugas Penanganan Koperasi Bermasalah dan melakukan sinkronisasi dengan pihak eksternal. Namun, sebagai upaya preventif, Kemenkop UKM belum membuat kebijakan kepailitan Koperasi secara terkhusus sehingga masih terdapat Koperasi yang bertindak sewenang-wenang dalam menjalankan usahanya.

Cooperatives are legal entities that are oriented towards the welfare of members in particular and the prosperity of the people in general. However, there are still cases where members apply for bankruptcy of their own Cooperative and also members who disagree with the insolvency. This thesis discusses 2 (two) things, namely regarding the protection of cooperative members who have been declared bankrupt and regarding the role of the Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises ("Ministry of Cooperatives and SMEs") in providing protection for cooperative members in cooperative bankruptcy cases. The research method used in this thesis is qualitatively with a juridical-normative form of research, namely assessment through applicable positive law. The results of research that has been carried out by the author show that there are no rules that can accommodate the interests of members in terms of cooperative insolvency and there is still a lack of legal awareness of members about their position in the cooperative. On the other hand, the role of the Ministry of Cooperatives and SMEs in efforts to protect cooperative members in bankruptcy is to form a Task Force for Handling Problematic Cooperatives and synchronize with external parties. However, as a preventive measure, the Ministry of Cooperatives and SMEs has not made a cooperative insolvency policy specifically so that there are still cooperatives that act arbitrarily in carrying out their business."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Shakira
"Fashion merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kepribadian dan cita-cita seseorang. Di tengah tren fashion global yang cepat berganti, perusahaan fashion perlu beradaptasi, sehingga fenomena fast fashion muncul. Fast fashion telah menjadi gaya hidup bagi Generasi Z dan mereka mengkonsumsi produk fast fashion untuk mengikuti tren saat ini. Dalam penelitian ini dilakukan survey untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen Generasi Z menggunakan metode multiple linear regression serta korelasinya dengan teori permintaan konsumen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi purchase intention produk fast fashion adalah faktor fashion consciousness, self-ambiguity, dan ethical judgement.

Fashion is an important part of everyday life that reflects one's personality and ideals. In the midst of rapidly changing global fashion trends, fashion companies need to adapt, so that the fast fashion phenomenon emerges. Fast fashion has become a lifestyle for Generation Z and they consume fast fashion products to keep up with current trends. In this study, a survey was conducted to determine the factors that influence the consumer behavior of Generation Z using the multiple linear regression method and their correlation with consumer demand theory. The results obtained from this study state that the factors that influence the purchase intention of fast fashion products are fashion consciousness, self-ambiguity, and ethical judgment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sonny Sumarsono
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004
334 SON m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pandji Anoraga
Jakarta: Dunia Pustaka Jaya, 1995
334 PAN m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sukanto Reksohadiprodjo
Yogyakarta: BPFE UGM, 2010
334 SUK m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Elvira Herdiani
"Pesatnya pertumbuhan industri fashion dinilai menjadi penyebab utama munculnya era fast-fashion yang membawa eksternalitas negatif berupa kerusakan lingkungan di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia, sebagai negara yang nilai-nilai keagamaan melekat pada masyarakatnya, telah menarik perhatian penulis untuk meneliti tentang bagaimana pola konsumsi produk fashion yang dilakukan oleh masyarakatnya. Hal ini dikarenakan tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk membuat kerusakan, termasuk dalam hal kegiatan pembelian produk fashion yang dalam proses pembuatannya banyak mengorbankan orang lain maupun lingkungan. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiositas, green thinking, dan green altruism terhadap intensi mengonsumsi produk sustainable fashion di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan melibatkan 522 responden di Indonesia. Dengan mengadopsi model Theory of Planned Behavior, hasil penelitian menunjukkan bahwa religiositas berpengaruh positif signifikan terhadap intensi pembelian produk sustainable fashion melalui variabel attitude towards behavior dan perceived behavioral control, sementara subjective norms terbukti tidak signifikan. Lebih lanjut, green thinking ditemukan berpengaruh positif signifkan terhadap intensi pembelian produk sustainable fashion, sedangkan green altruism terbukti tidak signifikan. Berdasarkan hasil koefisien determinasinya, penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih memfokuskan pada penggunaan variabel independen yang lebih bervariatif, serta dapat menghimpun responden dengan latar sosio-demografis yang lebih seimbang agar dapat membuka analisis lainnya dan menambah khazanah pengetahuan pembaca.

The rapid growth of the fashion industry is considered to be the main cause of the emergence of the fast-fashion era which brings negative externalities in the form of environmental damage in the world, including in Indonesia. Indonesia, as a country that has religious values attached to its people, has attracted the author to examine how the consumption pattern of fashion products is carried out by them. It is because there is no religion that teaches its adherents to cause damage, including in terms of buying fashion products, which in the manufacturing process sacrifice other people and the environment. Against this background, this study aims to analyze the effect of religiosity, green thinking, and green altruism on the intention to consume sustainable fashion products in Indonesia. This study used a quantitative approach with the Structural Equation Modeling (SEM) analysis method and involved 522 respondents in Indonesia. By adopting the Theory of Planned Behavior model, the research results show that religiosity has a significant positive effect on purchase intentions of sustainable fashion products through the attitude towards behavior and perceived behavioral control, while the subjective norms proves to be insignificant. Furthermore, green thinking was found to have a significant positive effect on the purchase intention of sustainable fashion products, while green altruism proved to be insignificant. Based on the results of the coefficient of determination, further research is expected to focus more on the use of a more varied independent variable, and to gather respondents with a more balanced socio-demographic background in order to open up other analyzes and add insight to the reader's knowledge."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Dharmesti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi dan pro-environmental attitude terhadap willingness to pay generasi milenial terhadap produk sustainable fashion. Data dikumpulkan melalui kuesioner online kepada generasi milenial yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Peneliti menggunakan model regresi berganda untuk menganalisis pengaruh informasi dan pro-environmental attitude terhadap willingness to pay generasi milenial terhadap produk sustainable fashion. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa informasi dan pro-environmental attitude memiliki pengaruh signifikan positif terhadap willingness to pay generasi milenial terhadap produk sustainable fashion. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pelaku bisnis fashion agar dapat lebih transparan dalam menjalankan proses produksinya.

This study aims to determine the effect of information and pro-environmental attitudes on the millennial generation's willingness to pay for sustainable fashion products. Data was collected through an online questionnaire to millennials domiciled in Greater Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, and Makassar. Researchers use multiple regression models to analyze the causal effect of information and pro-environmental attitude on the willingness to pay millennial generation on sustainable fashion products. The results of this study state that information and pro-environmental attitude have a significant positive effect on millennial generations' willingness to pay for sustainable fashion products. The results of this study can be used as a reference for fashion businesses to be more transparent in carrying out their production processes.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Peranginagin, Sarah Malemta
"Perkembangan teknologi yang pesat telah meningkatkan minat pada industri fashion. Namun, industri ini menerima banyak kritik atas dampak negatif terhadap lingkungan, ekonomi, dan sosial. Hal ini memulai tren sustainable fashion yang mengedepankan nilai-nilai dari lingkungan dan kemanusiaan, dan dapat meminimalisir kerugian. Salah satu produk sustainable fashion yang sedang merasakan peningkatan permintaan adalah sepatu. Namun, pendapat masyarakat terhadap produk sepatu sustainable fashion dianggap sebuah "gimmick" karena memiliki fungsi yang sama dengan harga yang lebih mahal. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen terhadap sepatu sustainable fashion dari merek Pijakbumi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan kerangka Theory of Planned Behaviour (TPB) dan metode Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar kepada 310 konsumen Pijakbumi di Indonesia. 
Hasil analisis model menunjukkan utilitarian environmental benefits, warm-glow benefits, normative belief, moral obligation, attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control mempengaruhi purchase intention. Namun, eco-literacy tidak memoderasi hubungan antara attitude dan purchase intention. Perancangan strategi menggunakan Ansoff Matrix, sedangkan Strategy to Mission Matrix digunakan untuk memvalidasi strategi. Berdasarkan perancangan strategi, diajukan 14 rekomendasi strategi, dengan hanya 3 strategi yang diprioritaskan berdasarkan penggunaan Strategy to Mission Matrix.

The rapid advancement of technology has transformed and increased interest in the fashion industry. However, this industry has received criticism for its negative impact on the environment, economy, and society. This has led the emergence of the sustainable fashion trend, which emphasizes environmental and humanitarian values and aims to minimize losses. One sustainable fashion product that is experiencing increasing demand is shoes. However, public opinion regarding sustainable fashion shoes is often seen as a gimmick due to their higher prices without significant functional differences. Therefore, this study analyses the factors that influence consumers' purchase intention toward sustainable fashion shoes from the brand Pijakbumi in Indonesia. The study employs the Theory of Planned Behaviour (TPB) framework and Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method, collecting data through questionnaires distributed to 310 Pijakbumi consumers in Indonesia.
The analysis results indicate that utilitarian environmental benefits, warm-glow benefits, normative beliefs, moral obligations, attitudes, subjective norms, and perceived behavioural control influence purchase intention. However, eco-literacy does not moderate the relationship between attitudes and purchase intentions. Strategy design utilizes the Ansoff matrix, while the strategy-to-mission matrix validates strategies. There are a total of 14 strategy recommendations are proposed, with 3 prioritized using the strategy-to-mission matrix.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Nur Rahma
"Penelitian ini membahas mengenai intensi penggunaan ritel omnichannel konsumen milenial Indonesia dalam belanja produk fesyen yang menggunakan konsep pengembangan Technology Acceptance Model atau TAM. Penelitian ini melaksanakan survei kepada 426 responden dari generasi milenial yang lahir pada tahun 1982 hingga 2002 dan berdomisili di Indonesia. Adapun metode penyebaran kuesioner dilakukan secara online menggunakan Google Form dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software pengolahan data LISREL 8.51. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam continuance intention usage, variabel yang terbukti mempengaruhi terdiri dari perceived usefulness, perceived ease of use, customer engagement, dan consumer value. Namun, tidak terdapat hubungan yang signifikan dalam variabel perceived ease of use terhadap continuance intention usage saat melalui perceived usefulness. Kemudian, continuance intention usage terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap actual use ritel omnichannel.

This study discusses the intention to use omnichannel retail by Indonesian millennial consumers in shopping for fashion products using the concept of developing the Technology Acceptance Model or TAM. This study conducted a survey of 426 respondents from the millennial generation who were born in 1982 to 2002 and domiciled in Indonesia. The data was collected through an online questionnaire, using the Structural Equation Modelling (SEM) method with LISREL 8.51 software. The result showed that the variables which significantly influenced continuance intention usage are perceived usefulness, perceived ease of use, customer engagement, and consumer value. However, perceived ease of use doesn’t have a significant effect on perceived usefulness. Finally, continuance intention usage of omnichannel does significantly affect actual use in retail omnichannel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>