Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 28481 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zuhad Zaisyar
"Proyek Individu merupakan kelanjutan dari proyek kawasan Transit Oriented Development yang terletak di Mangga Besar yang berfokus pada pengembangan "Green Village Transit". Proyek individu bertujuan untuk mendukung visi "Green Village Transit" dengan memilih Slow Fashion sebagai proyek individu. Slow Fashion dipilih karena industri mode merupakan salah satu industri yang tidak sustainable dan juga Slow Fashion sesuai dengan poin ke 12 Sustainable Development Goals. Dalam perancangan pusat ritel ini digunakan konsep "Arsitektur Regeneratif" yang terdiri dari empat poin utama: Transparency, Simplicity, Clean, dan Transformability sehingga Dengan menerapkan konsep Arsitektur Regeneratif, proyek ini bertujuan untuk menciptakan pusat ritel yang berkelanjutan, mendukung Slow Fashion, serta memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan.

The Individual Project is a continuation of the Transit Oriented Development project located in Mangga Besar, which focuses on the development of "Green Village Transit". The Individual Project aims to support the vision of "Green Village Transit" by choosing Slow Fashion as the individual project. Slow Fashion was chosen because the fashion industry is one of the unsustainable industries, and Slow Fashion aligns with Goal 12 of the Sustainable Development Goals. In the design of this retail center, the concept of "Regenerative Architecture" is applied, which consists of four main points: Transparency, Simplicity, Cleanliness, and Transformability. By applying the concept of Regenerative Architecture, the project aims to create a sustainable retail center that supports Slow Fashion and has social and environmental responsibility.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cyrillia Safina Hadi
"Peningkatan sampah tekstil yang terus merugikan lingkungan merupakan urgensi bagi seluruh pihak untuk bersama-sama menangani masalah tersebut, baik dari pihak perusahaan pakaian maupun pihak masyarakat. Akan tetapi, mayoritas konsumen enggan membeli produk pakaian ramah lingkungan karena harganya yang premium atau lebih mahal daripada pakaian lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk melihat faktor-faktor yang mendorong konsumen muslim generasi Z dan milenial di Indonesia untuk bersedia membayar harga premium pada produk pakaian muslim modest ramah lingkungan. Penelitian ini mengumpulkan data primer melalui survey yang disebarkan secara online ke seluruh Indonesia yang akan diolah menggunakan metode PLS-SEM yang diuji dengan software SmartPLS 4. Ditemukan bahwa dari 309 sampel konsumen muslim generasi Z dan milenial yang diuji, environmental concern memberikan pengaruh terbesar dan signifikan secara tidak langsung terhadap willingness to pay price premium produk pakaian muslim modest ramah lingkungan. Social influence dan attitude memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay price premium melalui (re)purchase intention. Akan tetapi, altruism dan word of mouth tidak mempengaruhi willingness to pay price premium. Consumer mindset yang dimiliki konsumen berhasil memoderasi hubungan attitude dan symbolic meaning terhadap (re)purchase intention.

The increase in textile waste that continues to harm the environment is an urgency for all stakeholders to jointly address the problem, both from the clothing company and the community. However, the majority of consumers are reluctant to buy environmentally friendly clothing products because they are premium or more expensive than other clothing. Therefore, this study aims to look at the factors that encourage generation Z and millennial Muslim consumers in Indonesia to be willing to pay premium prices for eco-friendly modest Muslim fashion. This study collects primary data through surveys distributed online throughout Indonesia which will be processed using the PLS-SEM method tested with SmartPLS 4 software. It was found that of the 309 samples of generation Z and millennial Muslim consumers tested, environmental concern has the largest and significant indirect effect on willingness to pay price premium for environmentally friendly modest Muslim clothing products. Social influence and attitude have a positive and significant influence on willingness to pay price premium through (re)purchase intention. However, altruism and word of mouth do not affect willingness to pay price premium. Consumer mindset owned by consumers, successfully moderates the relationship between attitude and symbolic meaning on (re)purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shania Salsabila
"Pemasaran hijau merupakan strategi pemasaran dengan pendekatan ramah lingkungan terhadap segala aspek kegiatan bisnis. Pertumbuhan eksponensial strategi pemasaran ini didasari oleh perubahan perilaku konsumsi masyarakat yang beralih untuk menonsumsi produk ramah lingkungan. Sejauh Mata Memandang merupakan bisnis fesyen lokal yang telah menerapkan konsep pemasaran ini sejak pertama berdiri. Proses produksi dan kegiatan bisnis mereka secara keseluruhan membawa agenda pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah strategi green marketing dapat berpengaruh terhadap niat pembelian konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, survei disebarkan kepada 153 responden yang mengetahui pemasaran hijau Sejauh Mata Memandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemasaran hijau oleh Sejauh Mata Memandang terbukti berpengaruh secara positif terhadap niat pembelian konsumen.

Green marketing is a marketing strategy with an environmentally friendly approach to all aspects of business activities. The exponential growth of this marketing strategy is based on shift on people’s consumption behaviour who choose to consume environmentally friendly products. Sejauh Mata Memandang is a local fashion business that has implemented this marketing concept since its establishment. Their production processes and business activities as a whole carry an environmental preservation agenda. This study was conducted to determine whether the green marketing strategy can affect consumer purchase intentions. Using a quantitative approach, the survey was distributed to 153 respondents who know green marketing by Sejauh Mata Memandang. The result of the study indicates that the application of green marketing by Sejauh Mata Memandang is proven to have a positive effect on consumers' purchase intentions."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Ramakarna
"The purpose of this study is to understand how the Extended Theory of Planned Behaviour, which comprises of Attitude, Subjective Norm, and Perceived behavioural Control can affect the purchase intention of Green Products. Antecedents were also added as an extension, which are environmental knowledge and environmental concern to add on within the framework, so that readers will understand how these to antecedents are affecting our daily behaviour as consumers of green products. Additionally, the moderating role of government support is also added the analyse the effectiveness of government in inciting consumers to purchase green products, which is important in the current state of our environment. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kristel Elissa
"ABSTRAK
Industri produk kecantikan dan perawatan pribadi natural di Indonesia terus berkembang. Konsumen semakin
sadar dan teredukasi tentang isu lingkungan, sehingga mereka mulai menggunakan produk kecantikan dan
perawatan pribadi yang mengandung bahan natural dan ramah lingkungan. Agar sebuah merek ramah lingkungan
memiliki diferensiasi dari kompetitor dan dapat membuat konsumen melakukan pembelian, perlu dilakukan
strategi green brand positioning (GBP) melalui atribut fungsional maupun manfaat emosional yang dirasakan
konsumen. Love Beauty and Planet (LBP) yang menyatakan mereknya sebagai merek kecantikan dan perawatan
pribadi yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan natural telah melakukan implementasi strategi GBP. Pada
jurnal makalah ini, analisis dilakukan pada kemasan produk, media sosial, dan situs resmi LBP terhadap sejumlah
aspek fungsional dan emosional dari strategi GBP yang telah dieksekusi. Hasil analisis GBP dari LBP dipetakan
ke dalam tiga komponen brand image, yaitu kekuatan, kesukaan, dan keunikan, untuk melihat aspek apa saja yang
dapat membangun image merek ramah lingkungan. Analisis menunjukkan bahwa LBP melakukan strategi GBP
dengan menyampaikan atribut fungsional dan manfaat emosional yang ditawarkan merek, yang fungsinya saling
mendukung. Implementasi strategi GBP dari LBP dapat membangun kekuatan, kesukaan, dan keunikan LBP.

ABSTRACT
Natural beauty and personal care industry in Indonesia is continuously growing. Consumers are getting more aware
and educated towards environmental issue, as they are starting to use more natural and environmentally friendly
beauty and personal care products. For a green brand to gain differentiation among competitors and convince
consumers to make purchase, a brand needs to launch green brand positioning (GBP) strategy through
communicating their functional attributes and emotional benefits. Love Beauty and Planet (LBP), a beauty and
personal care brand that identify itself as a natural and environmentally friendly has already implemented GBP
strategy. In this paper, analysis was done on LBP`s product packaging, social media, and official web site towards
a number of functional and emotional aspects of the executed GBP strategy. Analysis result on LBP`s GBP strategy
was mapped to the three components of brand image, which is strength, favorability, and uniqueness, to see which
aspect could potentially build a green brand`s image. Analysis showed that LBP did both functional and emotional
GBP, since it complements each other. Also, LBP`s GBP strategy could build the strength, favorability, and
uniqueness association of the brand.
"
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Trizyana Selvrina Irawan
"Saat ini, banyak perusahaan yang menerapkan green marketing untuk merespon peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat. H&M merupakan perusahaan yang aktif terlibat dalam penerapan green marketing. Namun, setelah penyelidikan lebih lanjut, ditemukan bahwa H&M bersalah atas greenwashing, yaitu. menyimpang dari green marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi greenwashing konsumen terhadap niat beli produk "Conscious" H&M yang dimoderasi oleh green concern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei terhadap green consumer Gen Z yang berusia 18-25 tahun dengan jumlah sampel 150 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa greenwashing perception berpengaruh langsung dan signifikan terhadap green word-of-mouth. Kemudian green word-of-mouth berpengaruh dan signifikan terhadap green purchasing intentions. Lalu, greenwashing perception berpengaruh signifikan terhadap green purchasing intentions melalui green word-of-mouth. Penelitian juga mengungkapkan bahwa green concern tidak memoderasi antara greenwashing perception terhadap green purchasing intentions dan greenwashing perception tidak berpengaruh signifikan terhadap green purchasing intentions.

Many businesses are now implementing green marketing in order to respond to the growing public awareness of environmental issues. H&M is one of the companies that is taking a proactive approach to green marketing. However, further investigation revealed that H&M had engaged in greenwashing, or the deviation from green marketing. The purpose of this study is to examine the impact of consumer perceptions of greenwashing on green purchasing intentions of H&M 'Conscious' products through green word-of-mouth moderated by green concern. With a total of 150 research samples, this study used a quantitative approach with survey methods on Generation Z green consumers aged 18-25 years old. The findings revealed that greenwashing perception has a direct and significant impact on green word-of-mouth. Then, green word-of-mouth influences green purchasing intentions significantly. Furthermore, greenwashing perception influences green purchasing intentions via green word-of-mouth. Green concern does not moderate the effects of greenwashing perception on green purchasing intentions, and greenwashing perception has no effect on green purchasing intentions."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kobayashi, Dewi Sella Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan untuk membayar lebih untuk produk hijau bagi Generasi Z dan Generasi Y di Indonesia melalui analisis mengenai Environmental Concerns, Green Future Estimation, Green Perceived Benefits, dan Green Perceived Quality berdasarkan teori Signalling. Sampel penelitian terdiri dari konsumen produk hijau yang telah membeli produk hijau dalam 6 bulan terakhir, tinggal di Indonesia, dan berusia antara 18 hingga 42 tahun. Kuesioner disebar secara daring. Jumlah responden yang terkumpul dalam penelitian ini sebanyak 164. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak PLS-SEM. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dua faktor, yaitu Environmental Concerns dan Green Perceived Benefits, memiliki pengaruh positif terhadap kemauan konsumen Generasi Z dan Y untuk membayar lebih untuk produk hijau. Namun, faktor Green Future Estimation dan Green Perceived Quality tidak berpengaruh signifikan terhadap kemauan mereka untuk membayar lebih. Temuan ini memberikan wawasan berharga mengenai faktor-faktor yang membentuk perilaku pembelian konsumen yang peduli lingkungan di pasar Indonesia. Pemasar yang menargetkan demografi ini dalam industri produk ramah lingkungan dapat memanfaatkan temuan ini untuk menginformasikan strategi mereka secara efektif.

This research aims to investigate the factors that influence willingness to pay more for green products of Indonesian Generation Z & Generation Y through the analysis of Environmental Concerns, Green Future Estimation, Green Perceived Benefits, and Green Perceived Quality based on the Signalling theory. The sample consists of green products consumers who have purchased green products in the last 6 months, reside in Indonesia, and are aged between 18 to 42 years old. The questionnaire is distributed online. The total number of respondents collected in this study was 164. The collected data was analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) method using PLS-SEM software. The findings of this study demonstrate that two factors, namely Environmental Concerns and Green Perceived Benefits, have a positive influence on the willingness of Generation Z and Y consumers to pay more for green products. However, the factors of Green Future Estimation and Green Perceived Quality do not significantly impact their willingness to pay more. These results offer valuable insights into the factors that shape the purchasing behavior of environmentally conscious consumers in Indonesia's market. Marketers targeting this demographic in the eco-friendly products industry can leverage these findings to inform their strategies effectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riandini Putri Andjani
"Peran kehumasan menjadi fungsi penting dalam berbagai brand perusahaan, tak terkecuali perusahaan fast moving consumer goods (FMCG). Praktisi public relations dapat meningkatkan citra dan kesadaran publik terhadap brand dan pesan di dalamnya, salah satunya melalui kampanye dengan metode storytelling terkait komunikasi lingkungan. Danone-AQUA, brand air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi salah satu brand yang menggunakan praktek public relations dalam menjalankan kampanye ramah lingkungan melalui gerakan #BijakBerplastik. Penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode studi analisis dokumen melalui website, media sosial, dan kampanye Danone-AQUA ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kampanye untuk brand image perusahaan. Data yang dipilih adalah unggahan sorotan dari Instagram AQUA @sehataqua. Analisis dilakukan dengan mengkaji kampanye gerakan #BijakBerplastik yang sarat akan komunikasi lingkungan, yaitu isu sampah plastik, isu daur ulang, dan isu keberlanjutan. Pesan kampanye public relations gerakan #BijakBerplastik berhasil meraih berbagai penghargaan dan sukses menanamkan brand image Danone-AQUA sebagai perusahaan berkelanjutan.

Public relations is an important function in various corporate brands, including fast- moving consumer goods (FMCG) companies. Public relations practitioners can increase public image and awareness of the brand and its messages through storytelling campaigns related to environmental communication. Danone-AQUA, a brand of bottled drinking water (AMDK), is one of the brands that use public relations practitioners in carrying out environmentally friendly campaigns through the #BijakBerplastik movement. Qualitative research conducted using document analysis study method through websites, social media, and the Danone-AQUA campaign aims to descriptively elaborate the type of campaigns on the company's brand image. Collected data are highlights from AQUA’S Instagram @sehataqua. The analysis was carried out by examining the #BijakBerplastik movement campaign, full of environmental communication, which were discussing plastic waste, recycling, and sustainability. The message of the public relations campaign for the #BijakBerplastik movement has won various awards and has succeeded in instilling the Danone-AQUA brand image as a sustainable company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hardian Reza Dharmayanda
"Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat dan berdampak pada peningkatan kebutuhan masyarakat akan produk-produk peralatan elektronik home appliances. Namun, penggunaan produk-produk home appliance ini juga berdampak pada lingkungan. Oleh karena itu, produsen, regulator, dan marketers membutuhkan pemahaman untuk bagaimana konsumen yang sadar lingkungan di Indonesia dalam melakukan pembelian.
Studi ini dimaksudkan untuk mengembangkan kerangka kerja dari extended Theory of Planned Behavior (TPB) untuk mengeksplorasi parameter-parameter independen seperti eco-innovation, green product, environmental concern, environmental knowledge, green perceived value, green perceived risk beserta parameter mediasi greent trust dan consumer attitude yang mempengaruhi green purchase intentions dari konsumen untuk membeli produk elektronik home appliances di Indonesia.
Penelitian menggunakan studi empiris dengan metode kuantitatif melalui survei kuesioner kepada 280 responden untuk memverifikasi hipotesis dan mengeksplorasi implikasi pada implikasi praktisnya pada perusahaan. Structural Equation Modeling (SEM) diterapkan untuk memverifikasi kerangka penelitian.
Beberapa kesimpulan penting yang didapat diantaranya bahwa beberapa variabel, seperti environmental concern, eco-innovation, dan green perceived value, memiliki hipotesis yang berbeda dari asumsi awal yang didapat pada referensi penelitian sebelumnya. Selain itu, attitude sebagai variabel mediasi memiliki pengaruh yang lebih dominan daripada green trust terhadap purchase intentions dari green home appliances.

Indonesia is experiencing significant economic growth, increasing consumer demand for home appliances but it has impact to the environment. Thus manufacturers, regulators, and marketers need a valuable insight into in understanding how to effectively target environmentally conscious consumers in Indonesia.
This study aims to establish a comprehensive framework utilizing the Extended Theory of Planned Behavior (TPB) to assess the determinants influencing Indonesian consumers' purchase intentions toward environmentally friendly home appliance products in Indonesia. The research analyzes the impact of eco-innovation, green products, environmental concerns, knowledge, and perceived value and risks associated with green products.
This study adopts an empirical research design and gathers data using a quantitative methodology via survey questionnaires from 280 respondents. The robustness of the research is further enhanced by the use of structural Equation Modeling (SEM) to validate the proposed research framework and test various hypotheses concerning the relationships between the identified factors and green purchase intentions.
This section will summarize the key results of the research, such as the most significant determinants of purchase intentions and the strength of the mediating effects between green trust and consumer attitude. This indicates that several variables, such as environmental concern, eco-innovation, and green perceived value, have contrasting results from preliminary assumptions based on references. Also, attitude is important as a mediating variable rather than green trust to influence consumer purchase intentions towards green home appliance products.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Grasella Adani
"ABSTRAK
Riset ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari strategi ramah lingkungan
terhadap niat pembelian dan pemasaran dari mulut ke mulut dengan studi kasus
IKEA Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel-variabel seperti:
pemasaran ramah lingkungan, tanggung jawab sosial, citra produk, reputasi
perusahaan, niat pembelian, dan pemasaran dari mulut ke mulut. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling
dengan menggunakan sampel consumer yang pernah berkunjung dan membeli
produk IKEA. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa pemasaran ramah
lingkungan mempunyai dampak positif terhadap tanggung jawab sosial dan citra
produk. Tanggung jawab sosial memiliki dampak positif terhadap citra produk.
Citra produk mempunyai dampak positif terhadap reputasi perusahaan.
Pemasaran ramah lingkungan mempunyai dampak positif terhadap niat
pembelian dan pemasaran dari mulut ke mulut dimediasi oleh citra produk. Hasil
temuan dalam penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk penelitian berikutnya
dan untuk perusahaan IKEA Indonesia untuk menilai faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi niat pembelian dan pemasaran dari mulut ke mulut ketika IKEA
sudah menjalankan bisnis ramah lingkungannya.

ABSTRACT
This research focus on observing the impact of Green Marketing on
Purchase Intention and WOM Intention in the case of IKEA Indonesia. This
study examines several variables; green marketing, social responsibility,
product image, corporate reputation, purchase intention, and WOM
intention. Convenience sampling is used with the samples of people who
have been to IKEA Indonesia and bought its products. This research shows
that green marketing has a positive impact on social responsibility and
product image. Social responsibility has a positive impact on product image.
Product image has a positive impact on corporate reputation. Green
marketing has a positive impact on purchase intention and WOM intention
mediated by product image. However, corporate reputation has a negative
impact on WOM intention and purchase intention. The result of this study
is beneficial for future research and IKEA Indonesia to evaluate factors that
might affect WOM intention and purchase intention when IKEA business
is transforming into green business."
2017
S66101
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>