Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Okky Prasadha Oktaviano
Abstrak :
Saat ini kita banyak menyaksikan pergeseran merek dari merek produk ke arah merek perusahaan (Raker, 1996; de Chematony,1999). Merek perusahaan berangkat jauh melebihi dari sekadar tradisi penetapan merek pada suatu produk. Merek perusahaan memang tidak berhubungan langsung secara tegas dengan keistimewaan suatu produk atau produk features, namun ini lebih mengarah pada proses penyampaian suatu kumpulan nilai-nilai dari perusahaan. Tujuan utama dari corporate branding adalah membangun suatu keserasian antara merek perusahaan dengan konsumennya melalui value proposition yang bersih (Schultz and de Chernatony,2002). Penelitian didasarkan atas identity consumption theory (Belk, 1988) dan consumer-company identification (Bhattacharya and Sen,2003) dengan tujuan untuk menyelidiki pengaruh perceived brand values attractiveness pada brand preference.Brand value attractiveness terbentuk dari perceived corporate values dan values importance. Pada penelitian ini discrtakan dua Faktor individual yaitu self monitoring dan materialism yang menjadi faktor antara pada pengaruh antara corporate brand values pada brand preference. Penelitian ini juga diinspirasikan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Sandor Czellar dan Guido Palazzo (2004) dengan metode yang digunakan regresi berganda. Pertumbuhan penting dari mengidentifikasikan kebutuhan dari konsumen mempunyai peranan penting dalam diskusi ini sebagai konsekuensi bagi perusahaan. Berdasarkan riset individual dan organizational secara psikologi, Bhattacharya dan Seri (2003) telah mengusulkan suatu kesatuan kerangka kerja identitas konsumen dan perusahaan. Menurut mereka, nilai utama dari identitas suatu perusahaan dikomunikasikan kepada berbagai stakeholders-dalam hal ini konsumen yang pertamadalam berbagai element komunikasi. Menciptakan suatu keseiarasan antara nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan dan nilai-nilai yang dipegang oleh konsumen merupakan tujuan dari proses komunikasi Terdapat berbagai faktor individu yang menciptakan nilai-nilai yang dipegang oleh konsumen diantaranya adalah self monitoring dan materialism seperti yang diteliti dalam karya ilmiah ini. Pada penelitian ini ditemukan bahwa corporate brand value tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada brand preference bila disertakan variabel antara yaitu self monitoring dan materialism secara bcrsamaan. Namun self monitoring dan materialism dapat menciptakan pengaruh yang signifikan terhadap hubungan corporate brand value dan brand preference secara terpisah. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah berdasarkan teori, value-based branding dapat dikembangkan dalam berbagai produk dan servis kategori. Oleh sebab itu akan sangat rnenarik apabila penelitian ini dikembangkan lebih lanjut pada berbagai kategori produk dan servis yang lainnya yang bertujuan mcmbangun suatu efektifitas brand strategy berdasarkan nilai-nilai yang dipegang konsumen.
Nowdays, we are witnessing a shift from product branding to corporate branding (Aaker,1996; do Chernatony,1999). Corporate branding goes far beyond the well-established tradition of product branding. It does not explicitly deal with product features, but rather transports a well-defined set of corporate values. The general aim of corporate branding is to build a sustainable bond between the branded company and its customers through a clear value proposition (Schultz and de Chematony,2002). This Research build on identity consumption theory (Belk1988) and consumers-company identification (Bhattacharya and Scn,2003) to investigate the impact of perceived corporate values on brand preference. In this research also include two individual difference factors, self monitoring and materialism as possible moderators of the impact of corporate values on brand preference. This research is inspired from former research that conducted by Sandor Czellar and Guido Palazzo that using multiple regresion method. The growing importance of identity needs for customers decisions leads to discusions on consequences for corporations. Drawing on research in individual and organizational psycology, Bhattacharya and Seri (2003) have recently proposed an integrative framework of consumer-company identification. According to them, the core values of corporate identity are communicated to diverse stakeholders-in the first to consumers- by a variety of communicational elements. To create a hormony value between company and customers is the importance goal from this communication proces. There is a lot factor that create values on the consumers, including self monitoring and materialism as part of topic in this research. The finding on this research show that corporate brand value does not give significant impact on brand preference when moderat by self monitoring and materialism. However self monitoring and materialsm give a significan impact to relation between corporate brand value and brand preference separately. Recommendation for future research is based on theory, value-based branding able to extend in the various product and services categories. It would be interesting to extend this research in another product or services to provide insights about brand strategy effectiveness based on consumer values.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18317
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Wahyudi
Abstrak :
Pada saat ini, Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di ASEAN. Pada tahun 2014 pasar otomotif di Indonesia mencapai 1,2 juta unit, jumlah tersebut didominasi oleh kendaraan non-komersial atau passenger car yang kurang lebih 70% dari market otomotif nasional. Market otomotif nasional menunjukkan trend peningkatan setiap tahunnya. Dalam 4 tahun terakhir pertumbuhan selalu diatas 10% per tahunnya. Pada market otomotif nasional, segment yang memiliki kontribusi paling besar adalah MPV Low yaitu, sebesar kurang lebih 33%. Hal ini dikarenakan, sebagian besar masyarakat Indonesia cenderung membutuhkan kendaraan keluarga dengan harga terjangkau. Pada awalnya, segment MPV Low dikuasai oleh dua pemain utama, yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Penjualan Avanza dan Xenia meningkat setiap tahunnya, bahkan selama 8 tahun kedua produk tersebut menjadi market leader pada segmentnya di pasar otomotif nasional. Namun pada tahun 2012, Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin muncul sebagai kompetitor bagi Avanza dan Xenia. Kedua brand tersebut sangat ingin menguasai pasar pada segment tersebut karena merupakan pasar terbesar di industri otomotif Indonesia. Dengan munculnya produk kompetitor dengan harga yang kompetitif mengakibatkan market share Avanza dan Xenia di segment MPV Low menurun. Selain itu juga, pada tahun 2014 Honda mulai masuk ke dalam segment MPV Low dengan produknya, yaitu Honda Mobilio. Honda Mobilio merupakan produk yang dipersepsikan sebagai produk high end dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena kelas menengah di Indonesia memiliki preferensi terhadap brand dengan image yang baik, pada merek Honda. Honda Mobilio dengan image yang baik dapat dengan cepat diterima oleh konsumen. Bahkan di tahun 2014 ini, dapat diprediksikan bahwa Honda Mobilio dapat mengalahkan Xenia yang selama ini berada di posisi No.2. Keberhasilan suatu produk dapat memilki penjualan yang baik yaitu memiliki customer value yang baik juga. Pada penelitian ini menggunakan model pengaruh brand innovation terhadap customer value yang dikembangkan oleh Yung-Chieh Chien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel ? variabel yang mempengaruhi customer value sehingga dapat dilakukan usulan perbaikan terhadap brand Daihatsu Xenia. ......Currently, Indonesia is one of the largest automotive market in the ASEAN. In 2014 the automotive market in Indonesia reached 1.2 million units, the number is dominated by non-commercial vehicles or passenger cars that approximately 70% of the national automotive market. National automotive market showed an increasing trend each year. In the last 4 years the growth above 10% per year. In the national automotive market, MPV Low segment has the greatest contribution namely, by approximately 33%. Because, the majority of Indonesian people tend to need a family car at an affordable price. Before, Low MPV segment dominated by two major players, there are Toyota Avanza and Daihatsu Xenia. Avanza and Xenia increasing sales every year. But in 2012, Suzuki Ertiga and Chevrolet Spin emerged as a competitor for the Avanza and Xenia. Both of these brands are eager to dominate the market in the segment because it is the largest market in the automotive industry in Indonesia. With the advent of competitor products at competitive prices resulting in market share in the segment Avanza and Xenia MPV Low decreased. In addition, in 2014, Honda began to enter into the Low MPV segment with its products, namely Honda Mobilio. Honda Mobilio is a product that is perceived as a high-end product with price that affordable by the people of Indonesia. Therefore, the middle class in Indonesia have a preference for a brand with a good image, the brand Honda. Honda Mobilio with a good image can be quickly accepted by consumers. Even in 2014, it can be predicted that Honda Mobilio can beat Xenia who had been in position No. 2. The success of a product can have the good sales that have good customer value as well. In this study, using a model of brand influence on customer value innovation developed by Yung-Chieh Chien. The purpose of this study was to determine the variables that affect customer value so it can be proposed improvements to the brand Daihatsu Xenia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Fitriana Subroto
Abstrak :
Marketing manager sering kali menggunakan gender cues dalam kemasan maupun iklan produk sebagai salah satu cara untuk memposisikan brandmereka sesuai gender dari target konsumen mereka. Hal ini menyebabkan saat ini semakin banyak produk yang dibedakan menjadi dua versi, yaitu versi maskulin dan versi feminin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan asosiasi gender seperti warna merah muda dan biru pada brand perception dan purchase intention konsumen berdasarkan tingkat gender stereotyping tendency konsumen. Analisis varians dilakukan untuk menguji 2 (gender cue: masculine vs feminine) x 2 (competence cue: high vs low) dengan menggunakan desain eksperimen between-subject(n=204). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gender cues mengaktifkan persepsi yang berbeda pada konsumen, dimana masculine cues meningkatkan persepsi competence, dan feminine cues meningkatkan persepsi warmth. Maka bagi brand dengan tingkat competence yang tinggi, menggunakan feminine cues dapat membantu meningkatkan purchase intention melalui persepsi warmth. Sebaliknya, bagi brand dengan tingkat competence yang rendah, penggunaan masculine cues lebih dapat membantu meningkatkan purchase intention melalui persepsi competence. Temuan dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa efek penggunaan gender cues terhadap brand perception dipengaruhi oleh tingkat gender stereotyping tendency dari masing-masing individu. ...... Marketing managers often use gender cues in product packaging and advertising as a way to position their brands according to the gender of their target consumers. This has caused more and more products to be divided into two versions, which are masculine version and feminine version. This study aims to determine the effects of using gender cues such as pink and blue on consumer’s brand perception and purchase intention based on the level of their gender stereotyping tendency. Analysis of variance was conducted to test 2 (gender cues: masculine vs feminine) x 2 (competence cues: high vs low) using a between-subject experimental design (n=204). The results of this study indicate that using gender cues activates different perceptions in consumers, where masculine cues increase the perception of competence, while feminine cues increase the perception of warmth. Hence, for brands with a high level of competence, using feminine cues might help to increase purchase intention through the perception of warmth. On the other hand, for brands with low level of competence, using masculine cues might help increasing purchase intention through the perception of competence. The findings of this study also show that the effects of using gender cues on brand perception depends on individual’s gender stereotyping tendency.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samuel Raditya Argo Kuncahyo
Abstrak :
Untuk brand fashion, hal terpenting adalah pelanggan. Sebuah brand harus mempertahankan keunggulan kompetitif dengan citra yang kuat dan positif. Makalah ini berfokus pada analisis persepsi brand dan strategi pemasaran media sosial dari brand fashion Elhaus. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa persepsi konsumen sangat dipengaruhi oleh prinsip brand dan pengaruh dari lingkungan konsumen. Penelitian ini berusaha untuk menyelidiki bagaimana persepsi masyarakat terhadap brand fashion Elhaus melalui media sosial. Selain itu, penelitian ini akan mengkaji strategi pemasaran Elhaus dalam memanfaatkan platform media sosial Instagram untuk mengiklankan barang mereka dan berinteraksi dengan pelanggan. Data dikumpulkan melalui analisis konten dari jurnal akademik relevan yang membahas tentang persepsi konsumen terhadap brand fashion. Temuan utama menunjukkan bahwa persepsi konsumen dipengaruhi oleh pengaruh budaya dan sosial, ulasan dari orang lain, cara brand mempresentasikan barang mereka dengan berkolaborasi dengan individu atau bisnis lain dan bagaimana brand berkomunikasi dengan pelanggan mereka.  ......For a fashion brand the most important thing is it customers. A brand must sustain competitive advantage with a strong and positive image. This paper focuses on anlysing the brand perception and social media marketing strategies of the fashion brand, Elhaus. Previous research shows that consumer perception is heavily impacted by the brand’s values and influences from their environment. This study seeks to investigate how the public perceives the fashion brand Elhaus through social media. Additionally, this study will examine Elhaus' marketing strategy for leveraging the social media platform Instagram to advertise their goods and interact with customers. The data are collected through content analysis from relevant academic journals that discuss consumer perception on fashion brands. The main findings shows that consumer perception is impacted by socio-cultural influences, the reviews from other people, the way that the brand deliver their goods by collaborating with other individuals or businesses and how the brand communicate with their customers. 
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmah Pradnya Murti
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana video blog vlog mampu mempengaruhi presepsi konsumen dan keinginan untuk membeli luxury fashion brand. Studi ini berfokus pada Youtube, salah satu video sharing site yang memfasilitasi penggunanya untuk menonton dan mengupload video ke halamannya. Dengan menggunakan parasocial interaction PSI dan social comparison sebagai kerangka teori, studi ini mengusulkan model yang melihat pengaruh dari karakteristik youtube vlogger Social Attractiveness, Physical Attractiveness, dan Attittude Homophily terhadap PSI; PSI terhadap luxury brand perception Luxury Brand Value, Brand-user Imagery Fit, dan Brand Luxury dan brand purchase intention. Peneliti melakukan pilot test terlebih dahulu dengan uji statistik freidman test untuk menentukan Youtube Vlogger yang digunakan dalam penelitian ini. Kemudian, peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modelling SEM untuk main test. Hasil penelitian memperlihatkan karakteristik dari youtube vlogger yaitu social attractiveness dan attitude homophily dibuktikan memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction. Namun karakteristik youtube vlogger physical attractiveness tidak memiliki pengaruh positif terhadap parasocial interaction. Sementara, parasocial interaction dibuktikan memiliki pengaruh positif terhadap brand luxury perception Luxury Brand Value, Brand-user Imagery Fit, dan Brand Luxury yang kemudian memberikan pengaruh positif pada purchase intention.
ABSTRACT
The objective of this study is to examine how video blog vlog influence consumer perception and purchase intention on luxury fashion brand. This study focuses on one video sharing site, Youtube, that facilitates user to watch and share original video. Using parasocial interaction PSI and social comparison theory, this study proposes a model that assess the influence of characteristics of video blogger vlogger ex social attractiveness physical attractiveness attitude homophily on PSI PSI effect on luxury brand perception ex Luxury Brand Value, Brand user Imagery Fit, dan Brand Luxury and brand purchase intention. Pilot test is conducted with freidman test to determine the appropriate vlogger to be used in this study. After that, researcher use Structural Equation Modelling SEM to analyze the main test. The result of this research shows that two out of three of the characteristics of youtube vlogger, which are social attractiveness and attitude homophily have a positive influence on PSI. But the other characteristic, which is physical attractiveness, does not positively influence on PSI. Additionally, positive effect occurs between PSI and luxury brand perception Luxury Brand Value, Brand user Imagery Fit, dan Brand Luxury and between luxury brand perception Luxury Brand Value, Brand user Imagery Fit, dan Brand Luxury and purchase intentions.
2017
S69696
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kirana Saraswati Nugroho
Abstrak :
Tujuan dari makalah ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan CLMRS dalam rantai pasokan terhadap niat beli konsumen Indonesia terhadap TNC industri kakao. Secara khusus, tujuannya adalah untuk menganalisis apakah persepsi merek memediasi efek, sementara dimoderasi oleh tingkat pendidikan. Desain/metodologi/pendekatan – Data dikumpulkan menggunakan Qualtrics, perangkat lunak survei online. Dari 352 responden, setengah subjek diberikan stimulus implementasi CLMRS Nestlé, Mondelēz, dan Hershey, dan setengah lainnya hanya diberikan produk ketiga perusahaan tersebut. Setelah memproses informasi, para peserta diminta untuk mengevaluasi persepsi merek dan niat beli mereka. Temuan – Hasil menunjukkan bahwa penerapan CLMRS secara langsung memengaruhi persepsi merek dan niat beli konsumen terhadap produk Nestlé, Mondelēz, dan Hershey. Persepsi merek ditemukan sebagai prediktor langsung niat beli; namun, tingkat pendidikan tidak memprediksi persepsi merek. Orisinalitas/nilai – Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berarti bagi perusahaan industri kakao bahwa CLMRS dapat menjadi strategi CSR yang sesuai untuk meningkatkan persepsi merek konsumen Indonesia dan meningkatkan niat beli mereka. Kata Kunci Sistem Mediasi dan Remediasi Pekerja Anak, Tingkat Pendidikan, Persepsi Merek, Minat Beli Makalah Penelitian Jenis Kertas. ......The purpose of this paper is to examine the effect of implementing the CLMRS in supply chain on Indonesian consumers’ purchase intention towards cocoa industry TNCs. In particular, the aim is to analyze if brand perception mediates the effects, while being moderated by education level. Design/methodology/approach – The data were collected using Qualtrics, an online survey software. From 352 respondents, half the subjects were presented with the stimuli of Nestlé, Mondelēz, and Hershey’s CLMRS implementation, and the other half were only presented with the three firms’ products. After processing the information, the participants were asked to evaluate their brand perception and purchase intention. Findings – The results indicated that the implementation of CLMRS directly affect consumers’ brand perception and purchase intention towards Nestlé, Mondelēz, and Hershey’s products. Brand perception was found to be a direct predictor of purchase intention; however, education level did not predict brand perception. Originality/value – The outcome of this study provides meaningful insights for cocoa industry companies that the CLMRS could be a suitable CSR strategy to enhance Indonesian consumers’ brand perception and increase their purchase intention. Keywords Child Labor Mediation and Remediation System, Education Level, Brand Perception, Purchase Intention Paper Type Research Paper.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Sari
Abstrak :
The research regarding luxury products in developed economies can be found in many literatures, on the other hand similar research in developing economies are still limited. Since this topic is still underexplored, particularly in developing economies, the purpose of this study is to investigate Indonesian consumers’ perception of two different luxury brands that comes from different countries, namely BMW (Germany) and Lexus (Japan). Data was collected from diverse Indonesian BMW and Lexus owners. The consumers’ general brand perception and perceived values of luxury car are examined in this study. Data analysis used structural equation modeling (SEM). Results indicated that Indonesian consumers considered Japanese luxury car’s (Lexus) conspicuous value higher than German luxury car (BMW). Nevertheless, BMW was considered to have higher value in all of the rest of the aspects studied such as quality value, social value, and hedonic value. Even though so, the result of the study finds that Lexus owners have a higher purchase intention than BMW owners. The research concludes that luxury brand perception is highly affecting consumers’ purchase intention in this luxury automotive industry.

Penelitian mengenai produk mewah (luxury products) di negara maju dapat ditemukan di banyak literatur, namun penelitian serupa di negara berkembang masih terbatas. Karena topik ini masih relatif kurang dieksplorasi di negara berkembang, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen Indonesia mengenai dua merek luxury brands yang berasal dari berbagai negara, yaitu BMW (Jerman) dan Lexus (Jepang). Data dikumpulkan dari berbagai pemilik BMW dan Lexus di Indonesia , kemudian penelitian ini meneliti persepsi umum konsumen mengenai merek dan nilai-nilai yang dirasakan (perceived value) dari merek mobil mewah. Analisis data penelitian dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) mengungkapkan bahwa bahwa konsumen Indonesia menganggap mobil mewah Jepang (Lexus) memiliki conspicuous value yang lebih tinggi dari mobil mewah asal Jerman (BMW). Namun demikian, BMW dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi dalam semua aspek lainnya yang diteliti dalam penelitian ini seperti nilai kualitas (quality value), nilai sosial (social value), dan nilai hedonis (hedonic value). Meskipun demikian, hasil studi tersebut menemukan bahwa pemilik Lexus memiliki niat beli lebih tinggi dari pemilik BMW. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi merek mewah sangat mempengaruhi niat beli konsumen dalam industri otomotif mewah.
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2014
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library